Tempat-tempat ini tidak hanya memiliki air terjun tertinggi di Indonesia, tetapi juga pemandangan yang indah dan mempesona.
Keindahan alam Indonesia telah menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia, sehingga tidak heran banyak wisatawan dari daerah lain berkunjung ke Indonesia. Satu-satunya keindahan alam Indonesia yang harus Anda kunjungi dan capai adalah keberadaan air terjun tertinggi di Indonesia.
Selain ketinggiannya yang sangat jernih, air terjun ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat unik dan mempesona, dan belum pernah dipengaruhi oleh banyak penjara manusia. Seperti air terjun Sigura-Gura di Sumatera Timur, Air Terjun Payakumbuh di Lembah Harau atau Air Terjun Madakaripura di Probolinggo.
Berikut adalah 10 air terjun tertinggi di nusantara yang layak Anda nikmati keindahannya.

1. Air terjun Cipendok (92 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Air terjun Cipendok adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, yang terletak di lereng Gunung Slamet, yaitu di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun setinggi 92 meter ini memiliki pesona tersendiri karena lingkungannya masih sangat alami dan keheningan masih terasa karena belum banyak pelancong yang datang untuk merasakan keindahannya.
Udara di sekitar Curug sangat dingin, ada banyak area tanaman di tepi jalan ke lokasi Curug. Di sekitar air terjun ada juga sebuah perkemahan dan sebuah danau bernama Dam Pucung.

2. Air Terjun Curup Tenang (99 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA
Air terjun Curuop yang tenang hingga 99 meter adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan dan juga salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Curug yang terletak di desa Bedegung, Kabupaten Tanjung Agung atau berjarak sekitar 56 kilometer selatan Muara Enim berasal dari air yang tidak memiliki waktu untuk mengering di jurang Tebing Barisan dan menghasilkan sungai kecil dengan air yang cukup deras.
Air Terjun Curup Tenang adalah salah satu pulau terpenting di Sumatera Selatan yang harus Anda kunjungi.

3. Air terjun Moramo (100 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Curug Morama terletak di cagar alam Semenanjung Peropa, di Sulawesi Tenggara atau di desa Sumber Sari, kabupaten Moramo, kabupaten Konawe Selatan dan merupakan kaskade unik dengan ketinggian sekitar 150 meter. Dari ketinggian ini mengalir melalui tujuh jenis utama dan 60 spesies kecil yang secara bersamaan berfungsi sebagai tempat berteduh khas pantai.
Dari sekian banyak kolam yang berada di bawah air terjun Moramo, hanya ada satu kolam yang bisa Anda huni, yaitu kolam tingkat kedua dengan tujuh tingkat utama di sini.

4. Air terjun Curamb Citambur (100 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Air terjun Citambur hingga 150 meter terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Airnya sangat dingin dan tidak ada yang berani mandi di bawah air terjun.
Air terjun dengan pemandangan laut yang indah ini berada di kawasan alami yang masih perawan dan jarang disentuh siapa pun. Air Terjun Curamb Air Terjun ini sangat eksotis, sehingga Anda akan merasa nyaman dan tenang di air terjun.

5. Air terjun sedudo (105 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Air terjun Sedudo adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, terletak di dsa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun setinggi 105 meter ini terletak di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut.
Masyarakat setempat masih percaya bahwa air terjun ini memiliki dominasi supernatural. Lokasi tempat wisata Curug ini yang Anda kunjungi di bulan Sura (kalender Jawa). Dikatakan bahwa mitos di sini sejak era Majapahit, pada bulan itu, seharusnya membawa berkah pemuda kepada mereka yang mandi di air terjun.

6. Air terjun Jarakan (115 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Air terjun Jarakan adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Air terjun setinggi 100 meter ini memiliki bak mandi kecil di bawahnya yang bisa Anda gunakan untuk mandi atau mencuci bagian depan.

7. Air terjun Sipiso-piso (120 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Air terjun Sipiso-Piso adalah air terjun setinggi 120 meter di Dusun Hutabaringi, Desa Tongging, Kecamatan Brand, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Air terjun setinggi 120 meter meluncur dalam garis vertikal yang sempurna. Jadi Air Terjun Sipso-Piso termasuk dalam jenis Terjun.
Air terjun Sipiso-Piso terletak di tepi Danau Toba dan dibentuk oleh sirkulasi Sungai Pajanabolon, salah satu pantai khas pemasok sungai di Danau Toba. Nama Sipiso-Piso berasal dari nama gunung yang melintasi timur laut Curug. Gunung yang juga disebut sebagai Dolok Sipso-Piso ini memiliki ketinggian 1.860 meter di atas permukaan laut.

8. Air terjun Payakumbuh (150 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Dengan ketinggian sekitar 150 m, air terjun Payakumbuh di ngarai Harau atau sekitar 35 km dari kota Bukittinggi adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yang layak dikunjungi karena keindahannya. Air terjun ini terletak di antara perbukitan lembah Harau dan ngarai yang dalam.

9. Air terjun Madakaripura (200 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Curug Madakaripura adalah Curug di desa Branggah, desa Negororejo, kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, wilayah Jawa Timur. Air terjun ini melintasi area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun setinggi 200 meter ini adalah air terjun tertinggi di Jawa dan air terjun tertinggi kedua di Indonesia.
Air terjun Madakaripura memiliki bentuk ceruk yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang memungkinkan air menetes ke seluruh dunia seolah hujan seperti hujan lagi.

10. Air terjun Sigura-Gura (250 meter)

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Air terjun Sigura-Gura yang terletak di Dusun Sigura-Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kabupaten Pintu Pohan Meranti, Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia memiliki ketinggian 200 meter dan sekarang menjadi air terjun Tetinggi di Indonesia.
Air terjun di Sungai Asahan, yang terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, dikendalikan oleh gerbang reservoir Sigura-Gura yang idealnya terletak di atasnya.
Sekarang adalah 00 air terjun tertinggi di kepulauan yang bisa Anda kunjungi untuk menyaksikan keindahan dan keindahan air terjun tertinggi di Indonesia ini.

Leave a Reply