Taman Cibodas atau dikenal sebagai kebun raya Cibodas adalah sepotong rumput hijau yang dilengkapi dengan koleksi tanaman bunga. Taman, yang mencakup 80 hektar, juga memiliki tanah bergelombang dan berbukit yang berkontribusi terhadap keindahan panorama.

Lokasi Taman Cibodas

Kebun raya Cibodas berjarak sekitar 3 jam berkendara dari Jakarta. Taman ini terletak di kaki Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Taman Cibodas dan memiliki ketinggian 1.275 meter di atas permukaan laut. Tidak diragukan lagi suhu udara di sana hanya sekitar 17-27o C.

Kebun raya Cibodas

Kebun raya Cibodas

Mari kita juga melihat: Liburan yang mengasyikkan ke atraksi indah Air Terjun Malaikat Bogor

Sejarah berdirinya taman Cibodas

Awalnya taman ini adalah cabang dari kebun raya Bogor dengan nama Taman pegunungan di TjibodasTaman Cibodas dibangun oleh seorang Belanda bernama Johannes Ellias Teijsmann, seorang ahli tanaman. Karena keindahannya, fisiolog tanaman, Dr. F.W. Pergi untuk menggambarkan taman ini sebagai salah satu surga dunia. Kebun Raya Cibodas sebenarnya juga disebut Asian Paradise Garden. Itu pasti indah, bukan?

Didirikan pada tahun 1852, taman ini sebenarnya ditujukan untuk perkebunan kina. Sayangnya, seiring waktu, Cibodas tidak cocok untuk Kina yang tumbuh terlalu besar.

Curah hujan di sana mencapai 2.380 mm per tahun dengan suhu rata-rata ketika mencapai 18 derajat Celcius, jadi taman ini akhirnya didedikasikan untuk tanaman dataran tinggi tropis yang basah. Misalnya tumbuhan runjung dan pakis.

Tetapi pada saat itu, bibir Kina diambil langsung dari Belanda. Untuk mengenang ini, pengunjung dapat memasuki Kebun Raya Cibodas secara gratis setiap 11 April.

Petunjuk menuju Cibodas

Secara geografis, kawasan Taman Cibodas adalah kompleks dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak jauh dari daerah Puncak Bogor. Anda tidak perlu khawatir tentang tidak memahami arah kebun raya, karena instruksi ini mudah-mudahan dapat membantu Anda. Sebenarnya cukup mudah untuk menemukan lokasi ini.

Untuk pengguna angkutan umum, Anda dapat menggunakan layanan angkutan umum yang penting di Cipanas, Rarah, dan Cibodas. Anda dapat menemukannya di persimpangan Cimacan. Jika Anda datang dari arah Bogor atau Jakarta, Anda tentu saja melewati perkebunan teh dan Puncak untuk mencapai taman ini.

Anda juga bertemu pertigaan Paragajen, arahnya menuju Cibodas. Tetapi jika Anda datang dari arah Bandung, Sukabumi dan Cianjur, Anda bisa menjadikan Istana Cipanas (Istana Negara) sebagai patokan. Dari sana Anda bertemu dengan rumah sakit Cimacan, lalu pertigaan Paragajen, dan kemudian Anda dapat mengambil jalan kiri langsung ke kebun raya.

Kunjungi tempat lain: 41 tempat wisata wajib dikunjungi di Cianjur, Jawa Barat

Harga tiket untuk Taman Cibodas

Harga tiket yang berlaku untuk memasuki Taman Cibodas adalah:

  • Pengunjung: Rp. 16.500 / orang
  • Kendaraan roda dua: Rp. 5000
  • Kendaraan roda empat: Rp. 16.000

Jika Anda bersama grup, alangkah baiknya jika Anda memilih paket karena lebih murah. Paket berisi semua tiket masuk, konsumsi, akomodasi dan fasilitas lainnya.

Objek wisata kebun raya Cibodas

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengunjungi kebun raya Cibodas ini:

1. Taman Jepang dari sakura Jepang

Di pintu masuk ada objek yang menjadi target favorit pengunjung Cibodas, Taman Sakura, sama seperti di Jepang. Sesuai namanya, taman ini berisi pohon Sakura di hampir setiap titik taman. Untungnya, mereka yang datang ke sana bertepatan dengan semua bunga Sakura, karena bunga ini hanya berbunga 2 sampai 3 kali.

Keindahan taman Sakura di kebun raya Cibodas

Keindahan taman Sakura di kebun raya Cibodas

2. Rumah Kaca

Selain bunga sakura, yang tidak kalah menakjubkan, Taman Cibodas memiliki koleksi pohon dari berbagai varietas dan umur. Ada sekitar 5.831 contoh tanaman dari 1.206 spesies yang dapat ditemukan di sana. Tidak jauh dari koleksi ada rumah kaca dengan berbagai jenis kaktus dan tanaman anggrek.

Bahkan tanaman langka ini juga dapat ditemukan di sana. Setidaknya ada 4.000 contoh tanaman dengan 350 kaktus dan 360 anggrek yang disimpan di rumah kaca. Jika Anda pergi ke kendaraan ini, jangan lupa mampir untuk melihat bunga umpan raksasa langka yang tidak jauh dari sana.

3. Auracarua Avenue

Araucaria Aveneu akan menjadi tempat menarik berikutnya untuk dikunjungi. Jalan batu yang tertata apik dari wisma menuju kolam renang besar. Tempat itu tak terlupakan, karena ada pohon Araucaria yang kokoh di sepanjang jalan kiri dan kanan yang sudah ada sejak 1866 dan jika Anda menghitung umur sampai tahun ini, pohon Araucaria berusia lebih dari 150 tahun.

4. Air terjun Cibeureum

Ketika Anda pergi ke Taman Cibodas, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun Cibeureum, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Air terjun itu sendiri berada di ketinggian 1.675 meter di atas permukaan laut.

Air Terjun Cibeureum memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Oh ya teman-teman, bagi mereka yang suka petualangan, Anda harus mengunjungi air terjun ini. Karena untuk sampai di sini Anda harus melakukan tur jalan kaki.

Jalur yang kami ikuti sama dengan rute pendakian ke Gunung Big Pangrango melalui Cibodasm. Pengunjung akan melihat banyak plang untuk menuju ke air terjun Cibeureum. Kelelahan terbayar ketika kami tiba di lokasi air terjun Cibeureum.

5. Moss Park

Ada juga taman lumut yang lucu di kebun raya Cibodas. Di sini Anda dapat melihat bahwa setidaknya ada 235 spesies lumut yang dimiliki oleh kebun raya Cibodas.

6. Taman Rhododendron

Taman Rhododendron adalah tempat yang menarik di kebun raya Cibodas. Taman ini memiliki banyak jenis bunga di mana bunga berasal dari berbagai negara, seperti Indonesia, Cina dan Jepang. Jadi Anda harus datang ke sini untuk merekam momen yang tidak akan Anda lupakan di sini.

7. Jalan napas

Mainkan Air di Sungai Kebun Raya Cibodas

Mainkan Air di Sungai Kebun Raya Cibodas

Jika Anda pergi ke Taman Cibodas, jangan lupa membawa pakaian yang berbeda, karena rasanya tidak enak jika tidak basah. Anda dapat bermain air di Sungai Cibogo yang berasal dari Gunung Gede, jadi jangan heran jika airnya sangat jernih dan dingin. Alhasil, pengolah kebun raya Cibodas mengubah aliran sungai menjadi taman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.

8. Koleksi tanaman kuku

Salah satu yang terbesar di Jawa adalah kecanduan memakan kuku. Hehehehe.

Tentu saja bukan hanya kuku, tetapi kuku sayur. Nah, Anda bisa melihat banyak koleksi tanaman paku di sini. Setidaknya ada sekitar 34 spesies pakis dari seluruh wilayah di Indonesia. Selain sebagai sayuran, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bahan obat alami Anda.

9. Bunga hitam raksasa

Taman raksasa ini dibawa dari Jambi lo. Wow, sangat jauh. Karena ada banyak tanaman di Jambi yang menghasilkan bau busuk ini.

Bunga yang dikenakan pada tahun 2000 biasanya berbunga setiap empat tahun dan pada tahun 2018 bunga bangkai tumbuh hingga ketinggian lebih dari 3 meter.

10. Kolam renang besar

Jangan lupa mampir ke kolam besar di Taman Cibodas, oke? Kolam, yang telah ada sejak 1901, adalah habitat bagi berbagai tanaman air.

Kolam Besar Kebun Raya Cibodas via Wisataalam

Kolam Besar Kebun Raya Cibodas via Wisataalam

Fasilitas yang ada di Taman Cibodas

Cibodas menawarkan fasilitas yang sangat berkualitas seperti tujuan wisata di dalam dan luar negeri. Tempat parkir yang sangat besar tersedia. Kapasitas dapat diambil oleh ratusan bus dan tidak jauh dari pintu masuk, yang mempersingkat waktu jalan ke lokasi.

Fasilitas lain yang tersedia adalah paviliun terbuka dan teater. Ruang informasi juga tersedia. Jadi Anda tidak perlu takut kebingungan tentang tujuan. Ada juga taman bermain anak-anak hingga perkemahan seluas 3 hektar. Kombinasi fasilitas ini menjadikan Cibodas tempat wisata favorit di Jawa Barat.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Alam Air Terjun Cipamingkis Bogor Bogor Indah

Saat ini ada ketentuan lain dari manajemen, yaitu Wara Wiri. Fasilitas ini adalah kendaraan minibus yang telah disesuaikan dan digunakan sebagai kendaraan transportasi bagi pengunjung untuk menjelajahi taman. Tiketnya cukup murah, itu hanya Rp. 10.000 / orang untuk satu putaran

Bersantai Ria di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Bersantai Ria di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Tetap tersedia di sana juga

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa tinggal di Cibodas karena ada beberapa rumah tamu. Mulai di Rumah Tamu Sakura, Medinilla dan Eucalyptus. Yang perlu diingat, Anda bisa memesan kamar ini terlebih dahulu sehingga tidak habis.

Mari kita juga melihat: Taman Matahari Bogor

Tur lain dekat Taman Cibodas

Jika Anda ingin menjelajahi daerah yang lebih luas, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat berikut yang dekat dengan Taman Cibodas.

  1. Berkemah di Mandalawangi

Juga dikenal sebagai Berkemah di Mandalawangi, daerah ini terletak hanya dari pintu keluar dari kebun raya Cibodas. Di lokasi yang sama di Kompleks Aula Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tempat ini sangat ideal bagi Anda yang ingin berkemah dengan gaya. backpacker,

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman nasional seluas 21.975 hektar ditutupi dengan hutan hujan tropis dengan berbagai spesies tanaman. Mulai dari pohon raksasa bernama Rasamala hingga pemangsa serangga saku Semar. Ada juga hewan dalam bentuk macan tutul, sigung, rusa, spanduk dan bahkan anjing hutan.

  1. Kebun raya Bogor

Hanya disebutkan Kebun Raya, tetapi perbedaannya adalah bahwa taman ini memiliki museum zoologi. Sehingga kita bisa belajar tentang flora dan rekreasi yang menyenangkan di sana. Koleksinya bahkan mencapai 15.000 spesies tanaman. Selain itu, kebun raya Bogor adalah warisan kerajaan Sunda Kelapa, taman botani tertua di Asia.

Demikianlah gambaran umum tentang taman Cibodas. Tunggu apa lagi … kunjungi Kebun Raya Cibodas bersama keluarga, teman, dan kolega Anda. Anda dapat datang ke sini pada akhir pekan atau pada hari libur lainnya. Nikmati suasana alami yang bersih, nyaman dan sejuk untuk bersantai. Cobalah!

Artikel terkait: Kebun Buah Mekarsari Obyek Wisata Keluarga Bogor

Leave a Reply