Selain paspor, visa juga diperlukan untuk seseorang yang bepergian ke luar negeri. Memang ada negara yang membebaskan visa bagi orang asing. Namun, banyak juga yang mewajibkan turis memiliki visa. Seseorang dapat ditolak dan dideportasi jika dia tidak memiliki visa atau memiliki tipe visa yang salah dengannya. Jenis dan tipe visa bervariasi tergantung pada fungsi dan kebutuhannya.

Singkatnya, visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara yang berisi izin untuk memungkinkan seseorang memasuki wilayah negara yang bersangkutan. Bukan hanya visa yang bisa digunakan untuk bepergian ke suatu negara. Itulah mengapa penting untuk mengetahui jenis dan jenis visa dan fungsinya agar tidak mengalami masalah dengan imigrasi suatu negara.

Apa kata visa?

Jenis dan jenis visa beserta fungsinya

Sumber: Unsplash

Visa dapat berupa stempel yang dicap pada paspor asli. Beberapa negara juga menerapkan visa dalam bentuk stiker yang ditempelkan pada lembar paspor. Ada juga kombinasi keduanya, dicap di atas stiker dan tulisan tangan oleh petugas ketika visa dikeluarkan.

Stiker yang digunakan tidak acak, karena menggunakan teknologi canggih dengan tinta cetak tertentu dan dilengkapi dengan hologram. Tujuannya tentu saja untuk mencegah penipuan paspor atau pemalsuan. Selain data dari pemegang visa, ini adalah data lain yang akan dicetak pada visa.

1. Negara tujuan yang ingin Anda kunjungi

Nama negara secara jelas dinyatakan dalam visa. Dalam kasus-kasus tertentu, seperti visa Schengen yang memiliki banyak Negara Anggota, tidak semua visa dapat digunakan di setiap negara.

2. Tujuan kedatangan

Visa jelas akan menyatakan niat pemegang visa untuk mengunjungi suatu negara. Misalnya, fokus pada perjalanan, bisnis, pekerjaan atau belajar. Pastikan visa Anda berisi tujuan saat Anda membutuhkannya.

3. Masa berlaku visa

Ingat bahwa jenis visa memiliki fungsi dan batas waktu tertentu. Durasi setiap visa bervariasi tergantung pada jenis visa. Mulai dari hanya beberapa hari hingga bulan. Visa untuk liburan biasanya memiliki periode validitas yang lebih pendek, sementara visa untuk belajar dan bekerja memiliki periode validitas yang lebih lama.

Kenali jenis dan jenis visa dan fungsinya

Jenis dan jenis visa beserta fungsinya

Sumber: Pixabay

Sekarang setelah Anda mengetahui definisi visa dan informasi apa yang ada dalam visa, sekarang saatnya untuk mencari tahu lebih lanjut tentang jenis dan jenis visa serta fungsinya. Dengarkan baik-baik!

1. Visa kunjungan keluarga sementara / izin relatif

Apakah anak atau keluarga tinggal di luar negeri? Aku sangat merindukanmu Bisa! Jika Anda berencana untuk mengunjungi kerabat di luar negeri, Anda harus memiliki jenis visa ini. Durasi maksimum yang dapat Anda terapkan untuk visa kunjungan sementara untuk kunjungan keluarga / izin relatif adalah 90 hari atau 3 bulan.

Persyaratan untuk membuat jenis visa untuk mengunjungi kerabat adalah undangan dari kerabat di negara tujuan. Maka harus ada pernyataan bahwa keluarga di sana bertanggung jawab atas masa tinggal Anda di negara tersebut.

2. Visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata

Ini adalah jenis dan jenis visa yang paling dikenal dan paling umum digunakan oleh orang Indonesia. Jika Anda ingin liburan ke luar negeri, Anda harus memiliki jenis visa yang berfungsi sebagai tanda izin liburan di negara ini. Tetapi ada juga negara yang memperkenalkan sistem bebas visa untuk liburan.

Pemegang visa sementara untuk tujuan wisata dapat memasuki negara tujuan untuk liburan. Siapa pun dapat mengajukan permohonan untuk jenis visa ini, asalkan memenuhi semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk membuat visa. Perlu diingat bahwa setiap negara memiliki kondisi dan cara berbeda untuk membuat visa.

3. Visa sementara untuk keperluan bisnis

Saat ini semua orang dapat melakukan bisnis. Apalagi dengan kemajuan teknologi, berbisnis di rumah dan via internet bisa dilakukan. Jika Anda seorang wirausaha, mungkin ada kebutuhan yang membuat Anda melakukan perjalanan bisnis. Semoga kita bisa melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri.

Dengan jenis visa bisnis ini, Anda mendapatkan kenyamanan selama perjalanan bisnis ke negara tujuan. Kebutuhan bisnis ini dapat berupa seminar bisnis, pameran kunjungan, atau perjanjian kolaborasi dengan perusahaan.

4. Visa kerja / visa kerja

Dengan visa kerja, seseorang dapat bekerja dan menjadi karyawan perusahaan di negara tujuan. Visa kerja sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan durasi pekerjaan, yaitu visa kerja sementara, visa kerja semi-permanen atau visa kerja permanen.

Jika seseorang bekerja selama bertahun-tahun, jenis visa ini dapat diubah menjadi izin tinggal atau izin tinggal permanen atau izin tinggal permanen (PR). Namun dalam beberapa kasus, izin visa kerja terbatas pada durasi kontrak kerja dan mungkin tidak diperpanjang. Misalnya, kasus buruh migran yang bekerja di luar negeri. Setelah masa kontrak berakhir, mereka harus segera kembali ke negara asalnya sebelum mengajukan visa kerja berikutnya.

5. Transit visa

Visa transit adalah untuk transit melalui suatu negara sebelum pergi ke negara tujuan. Saat menggunakan jenis visa ini, harap dicatat bahwa visa hanya berlaku untuk area bandara (Visa Transit Bandara) atau ke semua negara tempat Anda bepergian (Visa Transit).

Jangan salah. Jika Anda memiliki visa yang hanya dapat digunakan di area bandara (Airport Transit Visa), ini berarti Anda dilarang meninggalkan area bandara, meskipun hanya untuk waktu yang singkat. Pemegang visa jenis ini tidak dapat tinggal di luar bandara sambil menunggu penerbangan berikutnya. Alasannya adalah bahwa visa hanya berlaku selama beberapa jam sebelum naik ke negara tujuan.

Mengenai visa transit, pemilik dapat meninggalkan bandara dan melakukan perjalanan singkat di negara transit seperti wisatawan pada umumnya. Validitas Transit Visa adalah 5 hari.

6. Izin belajar / izin belajar

Belum lama ini, orang Indonesia berada dalam kekacauan ketika Maudy Ayunda dipekerjakan di dua universitas yang berbeda, yaitu Universitas Stanford dan Universitas Harvard. Jenis visa ini adalah fungsi dan penggunaan yang sangat jelas, yaitu untuk izin belajar di sekolah atau universitas di luar negeri.

Jenis visa ini cukup mudah diperoleh asalkan memenuhi semua persyaratan untuk menjadi pelajar di luar negeri. Visa berlaku selama masa sekolah, juga selama liburan sekolah.

7. Pertukaran izin untuk siswa

Selain visa studi, ada visa lain untuk keperluan sekolah, yaitu visa pertukaran pelajar. Visa ini biasanya digunakan oleh seseorang yang mengikuti program pertukaran pelajar antara sekolah atau perguruan tinggi. Mengatur visa juga seringkali mudah karena biasanya dibantu oleh otoritas terkait yang memiliki program ini.

8. Visa pada saat kedatangan

Berbeda dengan jenis dan jenis visa lain yang bisa dibuat jauh sebelum perjalanan, Visa On Arrival dapat dibuat segera atau alias dadakan. Jenis visa pada saat kedatangan dibuat ketika Anda memasuki wilayah suatu negara, baik melalui bandara, pelabuhan atau berjalan kaki Anda memasuki perbatasan.

Visa ini dapat diperoleh jika kedua negara memiliki hubungan baik atau jika ada kerja sama untuk memfasilitasi pembuatan visa. Di bawah ini adalah daftar negara-negara yang mengajukan Visa on Arrival.

Daftar visa negara pada saat kedatangan di dunia - jenis visa Pergicom

Daftar visa negara pada saat kedatangan di dunia

9. Visa diplomatik

Tidak semua orang dapat mengajukan visa diplomatik jenis ini karena hanya diperuntukkan bagi diplomat. Visa ini berfungsi dan berlaku untuk orang yang bekerja untuk jangka waktu tertentu di agen perwakilan atau hanya dengan visa kunjungan diplomatik sementara.

Jenis visa ini berfungsi misalnya selama kunjungan resmi atau kerja yang biasanya dilakukan oleh perwakilan suatu negara. Membuat jenis visa ini cukup mudah karena ada rute khusus antar negara.

10. Keluar Visa

Jenis visa ini berlaku untuk orang asing yang harus meninggalkan negara itu karena ia telah ditahan atau dipenjara. Ini juga dapat bekerja untuk warga negara yang ingin meninggalkan negara itu ke negara baru. Biasanya negara tujuan ditulis dan orang tersebut hanya dapat pergi ke negara tujuan yang ditentukan dalam visa.

Terkejut, Visa Keluar akan disertai dengan larangan kembali ke negara tempat visa dikeluarkan. Hai … Saya tidak bisa kembali!

11. Visa khusus untuk karyawan internasional / izin usaha

Orang yang bekerja untuk organisasi internasional dapat mengajukan permohonan untuk jenis visa ini. Mungkin juga orang tersebut sangat cocok sehingga ia ditempatkan sebagai perwakilan di negara tersebut oleh perusahaan internasional.

12. Visa bisnis khusus / izin usaha

Hmm, apa bedanya dengan visa sementara untuk keperluan bisnis? Perbedaannya adalah bahwa orang dengan jenis visa ini dapat tinggal di negara tujuan untuk waktu yang lama karena itu bukan kunjungan sementara. Misalnya, jika Anda ingin membangun bisnis di negara tujuan.

Mempersiapkan perusahaan tentu membutuhkan waktu yang lama. Pemerintah setempat akan membuat visa khusus sehingga Anda dapat bekerja secara bebas dalam persiapan dan pengembangan bisnis. Jika bisnis Anda berkembang dan aman, jenis visa ini dapat diperpanjang dari izin tinggal sementara menjadi izin tinggal permanen. Tertarik?

Itu adalah tipe dan tipe visa dan fungsi-fungsi yang perlu Anda ketahui. Ayo bagikan dan berlangganan untuk mendapatkan pembaruan tentang kiat dan pedoman bepergian, Jangan lupa memesan tiket pesawat ke luar negeri di Difa Wisata sebelum Anda membuat visa. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promosi. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply