Tempat wisata di Purwakarta Apakah Anda mencari tempat liburan yang menarik dan menarik di Purwakarta? Purwakarta memiliki potensi wisata yang cukup banyak, wisata alam, wisata waduk, tempat wisata dan tempat wisata lainnya.

Sebelum kita bahas tempat wisata di Purwakarta, ada baiknya jika Anda mengenal kabupaten di Jawa Barat sedikit lebih awal. Purwakarta memecah administrasi di provinsi Jawa Barat. Ibukota Kabupaten Purwakarta terletak di Purwakarta dan ± 80 km sebelah timur Jakarta.

Ada banyak tempat liburan di Purwakarta yang bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Setidaknya ada 13 tempat wisata di Purwakarta yang menarik untuk dikunjungi bersama teman, pasangan atau keluarga tercinta. Salah satu tempat wisata paling terkenal di Purwakarta adalah waduk Jatiluhur. Waduk ini telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Purwakarta, Anda dapat menikmati berbagai atraksi seperti: dayung, selancar angin, ski air, berperahu motor, kapal layar dan kapal pesiar.

Tempat wisata di Purwakarta

yah DifaWisata.com akan menilai tempat wisata di Purwakarta satu per satu lebih rinci dalam hal berikut:

1. Wisata Alam Air Terjun Cipurut Curug di Purwakarta

Objek wisata alam di Purwakarta yang tidak boleh Anda lewatkan adalah air terjun Cipurut. Air terjun Cipurut berjarak 30 km dari kota Purwakarta dan terletak di kaki Gunung Burangrang. Tur air terjun ini memiliki 3 air terjun: yang paling penting memiliki ketinggian sekitar 25 meter, sedangkan dua lainnya lebih lembut dan digunakan untuk bermain skating.

Tempat wisata di Purwakarta

Tujuan wisata Cipurut Purwakarta sangat sederhana dan dapat dicapai dengan transportasi nasional atau dalam jarak berjalan kaki dari terminal Wanayasa. Wisata di Cipurut Curug sangat cocok untuk kegiatan berkemah, berpetualang atau sekedar foto narsis.

2. Obyek Wisata Keluarga Situ Wanayasa Purwakarta

Objek wisata berikutnya di Purwakarta adalah Situ Manayasa, dekat dengan air terjun Cipurut. Danau kecil ini dengan luas sekitar 7 hektar adalah salah satu tempat favorit untuk bermain di Purwakarta. Pemandangan di sekitarnya sangat indah, Anda dapat menikmati berbagai permainan di sini. Anda dapat menikmati di sekitar danau dengan berlayar di atas perahu bebek dayung. Danau ini memiliki pulau di tengah.

Obyek Wisata Keluarga Situ Wanayasa Purwakarta

Di palau ini adalah kuburan pendiri Purwakarta, RA. Suriawinata. Di danau 7ha ini, pengunjung dapat bersepeda di atas air, ikan, dan bahkan penduduk setempat menggunakannya untuk jogging.

Untuk mencapai situasi ini, Anda dapat mencapai lokasi dalam waktu kurang lebih 50 menit melalui Jl. Kapten Halim dan Raya Wanayasa.

Kunjungi juga: 21 Tempat wisata Dieng terpopuler dan tempat favorit turis

3. Objek wisata menarik dari waduk Jatiluhur di Purwakarta

Nah, inilah yang kami sebutkan sebelumnya, waduk Jatiluhur. Waduk ini adalah tempat wisata paling populer di Purwakarta yang harus dikunjungi. Objek wisata ini, yang merupakan muara Sungai Citarum, meliputi area seluas 8,3 ribu hektar dan menawarkan sejumlah besar fasilitas rekreasi dan olahraga air seperti: selancar angin, perahu layar, mendayung, ski air, dll. Lokasinya hanya 9 km dari pusat kota Purwakarta, menjadikannya tujuan wisata air. Anda bahkan dapat berkemah, menyewa bungalow, berenang, memancing, atau hanya berkeliling di sekitar waduk dengan menyewa perahu.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Bendungan, yang dibangun pada tahun 1957, adalah reservoir multifungsi pertama di Indonesia. Air tersebut berfungsi sebagai irigasi, pembangkit listrik, peternakan ikan dan air minum. Suasana waduk Jatiluhur yang dikelilingi bukit-bukit dengan pepohonan rindang, didukung oleh udara yang sangat sejuk tentu sangat cocok untuk melepas penat.

4. Wisata Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud Purwakarta

Objek wisata di Purwakarta yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Situ Buleud. Danau ini memiliki luas sekitar 4 ha. Objek wisata ini memiliki air mancur yang mirip di Singapura, yaitu di Taman Sri Baduga. Air mancur di Taman Sri Baduga dilengkapi dengan elemen efek cahaya dan api di atas air, dengan variasi gerakan yang disesuaikan dengan irama musik.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Jika irama cukup cepat, air mancur menari dengan cepat dan jika musiknya lambat, air mancur akan menari dengan anggun. Kunjungi WIB pada Sabtu malam pukul 8 malam – 10 malam untuk melihat efek cahaya. Air mancur menambah keindahannya, sehingga sangat bagus untuk bersantai dan memotret.

5. Objek Wisata keluarga Waduk Cirata

Waduk Cirata menjadi tujuan wisata berikutnya di Purwakarta. Waduk ini terletak di dekat desa Margalaksana, Cipeundeuy.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda tertarik untuk menikmati panorama indah waduk Cirata, Anda harus tahu bahwa Waduk Cirata memiliki genangan yang tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Purwakarta, dan genangan waduk cirata terluas dapat ditemukan di Kabupaten Cianjur.

Berkat reservoir Cirata, masyarakat dapat mengambil manfaat dari Sungai Citarum, karena sumber air di Sungai Citarum memberikan kontribusi penting bagi kesejahteraan penduduk. Waduk Cirata sendiri memiliki fungsi ganda, karena waduk dapat berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air dan sebagai objek wisata murah.

Untuk pergi ke objek wisata ini, Anda dapat mengikuti berbagai rute alternatif. Jika Anda datang dari Jakarta, tinggalkan jalan tol Jatiluhur sampai pertigaan berbelok ke kanan ke arah kota Kecamatan Plered. Jika Anda berangkat dari Bandung menuju jalan tol di Cikalong Wetan, lanjutkan ke reservoir. Atau jika Anda berasal dari Cianjur, Anda sebaiknya melewati Cikalong Kulon.

6. Jatiluhur Water World Tempat wisata Purwakarta

Lokasi Wisata Dunia Air Jatiluhur PurwakartaTempat wisata favorit lainnya di Purwakarta, masih di sekitar waduk Jatiluhur, Jatiluhur Waterworld! Objek wisata ini adalah taman air bertema (air) dengan berbagai atraksi menarik (seluncuran air) tempat Anda dan keluarga dapat bermain air sepuasnya, seperti meluncur dari ketinggian untuk berenang di kolam renang besar. Untuk melengkapi kegembiraan anak-anak, ada juga fasilitas untuk anak-anak, taman bermain, yang pasti akan mereka sukai. Lokasi: Objek wisata Jatiluhur Koordinat: 6 ° 32 ′ 59 ″ S, 107 ° 19 ′ 54 ″ E

Arah: 120 km dari Jakarta; 70 km dari kota Bandung. Dapat dikunjungi melalui jalan Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi), keluar di gerbang Tol Jatiluhur. Fasilitas: Seluncuran air, taman Bermai.

Jangan lewatkan: 15 tempat wisata di Sentul Paling populer dan terkenal

Sungguh memalukan jika Anda pergi ke Purwakarta dengan kendaraan yang menyenangkan dan menyenangkan ini. Di sini Anda tentu bisa bermain seluncuran air dan kemudian menumpahkan ember dan trampolin Bungge yang dapat mengaktifkan adrenalin anak-anak Anda selain Plying Fox.

7. Wisata alam sumber air panas Ciracas Purwakarta

Objek wisata Purwakarta yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sumber mata air panas Ciracas. Mata air panas ini berjarak sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Mata Air Panas Ciracas terletak di kaki bukit, dikelilingi oleh pepohonan dan sawah. Di sekitar lokasi Anda dapat melihat luasnya perkebunan teh yang terlihat hijau di kedua sisi jalan sejak persimpangan Legokhuni menuju Desa Ciracas. Ada 12 sumber air panas di sini, beberapa di antaranya terletak di sawah komunitas. Mandi di sumber air panas dapat mengobati penyakit kulit, rematik, sakit, dll.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Alamatnya

Ciracas, Kiarapedes, Purwakarta

akses

Anda dapat mencapai lokasi dalam waktu sekitar 1 jam melalui Jl. Kapten Halim

8. Wisata Giri Tirta Kahuripan di Purwakarta

Jika Anda ingin menikmati liburan bersama pasangan atau ingin berbulan madu romantis, Giri Tirta Kahuripan adalah pilihan yang tepat.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Di sini Anda dapat menikmati liburan yang menarik. Selain bersama pasangan, objek wisata Giri Tirta Kahuripan ini juga menyenangkan untuk liburan kelompok, baik bersama teman, keluarga atau kerabat. Ada banyak wahana di sini. Lokasi berada di desa Taringgul Tonggol, Distrik Wanayasa, Purwakarta.

Tempat ini menawarkan tempat akomodasi seperti vila dan pondok dengan udara sejuk dan pemandangan gunung yang indah. Fasilitas di area ini termasuk seluncuran air, pedalo, lapangan sepak bola dalam ruangan, ATV, restoran, Skypool dan akomodasi. Fasilitas yang sering dikagumi oleh pengunjung adalah skypool. Skypool adalah kolam renang yang terletak di atas bukit. Jadi seolah-olah kolam renangnya ada di udara dan kita bisa melihat pemandangan indah di bawah.

9. Tur ke Pusat Manufaktur Keramik Plered Purwakarta

Jika Anda sedang berlibur di Purwakarta, jangan lupa mampir ke Pusat Kerajinan Keramik Plended. Di sini Anda dapat melihat berbagai karya keramik. Lokasi tepatnya berada di Desa Anjun, Kecamatan Plered atau sekitar 13 km dari pusat kota Purwakarta.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Di sini Anda dapat membeli berbagai jenis kerajinan keramik, seperti tembikar, porselen, atau terakota. Dan Anda harus tahu bahwa keramik yang diproduksi di pusat ini telah diekspor ke luar negeri.

10. Wisata desa Sajuta Batu di Purwakarta

Apakah Anda ingin menikmati tempat wisata di Purwakarta yang tidak akan dilupakan? Juta desa batu adalah tempatnya. Tempat ini terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung termasuk menjelajahi desa dengan bukit-bukit alami dan sawah hijau, memancing, mendaki gunung di Gunung Parang dan olahraga off-road dan tempat perkemahan yang menarik. Lokasi ini biasanya digunakan sebagai tujuan liburan bagi siswa dan kaum muda atau untuk fotografer panoramik dan pra-pernikahan.

11. Wisata kuliner Kuliner sate Maranggi Purwakarta

Di Purwakarata ada dapur kuliner khusus yang tidak bisa Anda lewatkan, yaitu Sate Maranggi. Ada banyak penjual sate bakar, tetapi yang terkenal selalu sibuk di Cibungur, Purwakarta. Banyak pengunjung dari luar Purwakarta bahkan ingin makan sate Cibanggur maranggi.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

12. Wisata sejarah bangunan negara dan bangunan Kediaman Purwakarta

Apakah Anda ingin menikmati liburan bersejarah di Purwakarta? Anda dapat mengunjungi gedung Negara di Jl Gandanegara No. 25, yang dibangun pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1854. Gaya arsitektur Eropa masih terlihat gemuk, sekarang menjadi Kantor Bupati Kabupaten Purwakarta.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Gedung kepresidenan di Jl KK Singawinata juga memiliki arsitektur antik Eropa. Bangunan peninggalan Belanda sekarang menjadi kantor komite koordinasi untuk wilayah IV Purwakarta. Dua bangunan ini ditangkap dengan indah di kamera!

Lokasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk pelajar atau anak muda, karena negara besar tidak pernah melupakan sejarah negara tersebut. Jas merah, seperti kata Sukarno.

13. Objek Wisata Goa Jepang dan Belanda Purwakarta

Tempat wisata sejarah di Purwakarta, di bawah, adalah gua Belanda dan gua Jepang. Gua ini dibangun pada tahun 1942 oleh orang-orang pribumi paksa yang dikenal sebagai Romusha. Gua ini berfungsi sebagai bubuk mesiu dan penyimpanan senjata, serta stasiun radio untuk komunikasi tentara Jepang.

13 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Lebih jauh ke gua Belanda, yang berjarak sekitar 800 meter dari gua Jepang, kita hanya melihat satu mulut gua besar, tetapi di sebelah kiri ada mulut gua yang lebih kecil dan lebih tinggi. Dikatakan bahwa gua yang dibangun pada tahun 1941 awalnya berfungsi sebagai terowongan yang menghubungkan PLTA Bengkok, tetapi selama perang kemerdekaan ia berubah fungsinya menjadi pusat stasiun telekomunikasi militer Hindia Belanda.

Bagaimana kira-kira objek mana yang akan Anda kunjungi? Itu dia 13 tempat wisata di Purwakarta menarik untuk dikunjungi dari kami, sebenarnya ada yang lain. Sekarang kami sedang menunggu kisah Anda yang telah mengunjungi Purwakarta untuk berbagi pengalaman liburan Anda di Purwakarta sehingga dapat digunakan sebagai panduan perjalanan di Purwakarta untuk orang lain. Baca juga 18 objek wisata yang patut Anda kunjungi di Banyuwangi

Leave a Reply