Tahukah Anda bahwa ada tiga negara di pulau Kalimantan secara bersamaan? Negara-negara ini adalah Indonesia, Malaysia Timur dan Brunei Darussalam. Brunei Darussalam adalah negara kecil di Asia Tenggara yang dikenal karena kemakmuran dan disiplinnya dalam menerapkan hukum Islam. Padahal Brunei Darussalam adalah tempat wisata yang bisa dikunjungi semua orang.

Negara monarki ini memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan liburan 2020 ini tanpa memasukkan Brunei Darussalam sebagai tujuan Anda.

Pecinta wisata religi, wisata budaya, wisata alam dan wisata sejarah pasti akan menikmati liburan di Brunei. Mari kita lihat 14 tempat wisata terpopuler di Brunei Darussalam yang akan dikunjungi tahun ini!

Objek wisata keagamaan di Brunei Darussalam

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Brunei Darussalam Tujuan wisata favorit

Sumber: Instagram eelllizarr

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah tonggak sejarah Brunei, terletak di Bandar Sri Bengawan. Ciri khas masjid ini adalah kubah emas murni. Terletak di tepi Sungai Brunei di Kampung Ayer, tempat wisata di Brunei Darussalam ini selalu sibuk dengan wisatawan domestik dan asing.

Keindahannya benar-benar tidak perlu ditanyakan lagi & # 39; Pada malam hari masjid diterangi oleh lampu LED berwarna-warni. Meskipun merupakan tempat ibadah bagi umat Islam, tempat ini dapat dikunjungi oleh siapa saja, jika berpakaian sopan. Setelah menyembah dan menikmati pemandangan, Anda bisa pergi ke restoran dan kafe di sekitar masjid.

2. Masjid Asr Hassanil Bolkiah

Brunei Darussalam Tujuan wisata favorit

Sumber: Instagram ladiihoney

Setelah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Masjid Jame & Asr Hassanil Bolkiah juga merupakan salah satu ikon di Brunei Darussalam. Menariknya, kubah dan gerbang masjid Jame & Asr ditutupi dengan emas. Masjid ini luas dan megah, dilengkapi dengan taman hijau dan kolam renang yang indah. Suasana di masjid juga tenang dan teduh. Sayangnya, pengunjung dilarang mengambil foto di masjid, hanya dari luar.

Semua orang bisa datang ke sini. Tetapi wisatawan tidak diperbolehkan berkunjung selama ibadah, kecuali Anda juga ingin salat. Non-Muslim akan diminta untuk mengenakan pakaian Muslim jika mereka ingin masuk. Biasanya diberi jubah hitam untuk menikmati keindahan masjid.

Masjid "Jame" Asr Hassanil Bolkiah "juga dikenal sebagai masjid" Kiarong "karena terletak di Kampung Kiarong. Di bagian dalam masjid ada lampu gantung yang terbuat dari kristal yang dilapisi emas di bagian luar. Lampu kristal itu diimpor langsung dari Austria. Karena ukurannya yang sangat besar, bangunan masjid dapat dilihat dari pusat kota Gadong, bahkan dari jalan raya ke Bandar Seri Begawan.

3. Kuil Teng Yun

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram huzai.ika

Meskipun ia beragama Islam, Brunei Darussalam masih memiliki keragaman dan toleransi terhadap agama lain. Tidak hanya masjid, Anda juga dapat mengunjungi kuil Teng Yun. Lokasinya berada di tepi jalan tengah kota Bandar Sri Bengawan. Bangunan itu tidak terlalu luas tetapi sangat bersih dan terawat dengan baik.

Kuil Ten Yun terlihat mencolok karena memiliki warna cerah. Arsitekturnya terlihat tua karena terletak di sekitar bangunan modern yang menjulang tinggi. Pengunjung dapat berdoa sambil menyalakan dupa dengan membayar sekitar 2 BND. Selama Tahun Baru Cina, tempat-tempat wisata Brunei Darussalam akan menjadi semakin ramai dengan pertunjukan tari dan lentera.

Objek wisata alam di Brunei Darussalam

4. Taman Nasional Ulu Temburong

Brunei Darussalam Tujuan wisata favorit

Sumber: Instagram dennisallacross

Jika Anda suka petualangan, datanglah ke Taman Nasional Ulu Temburong. Di sini Anda dapat melihat beberapa air terjun yang indah disertai dengan beragam flora dan fauna yang semarak. Resor untuk menginap dan beristirahat tersedia di sini.

Sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, Anda dapat melakukan banyak kegiatan seperti arung jeramseperti, berkemahuntuk jalan malam hutanAda paket wisata yang ditawarkan oleh manajer lokal jika Anda ingin menjelajahi taman nasional ini secara maksimal.

Anda harus datang ke taman nasional yang indah ini di musim panas karena hujan akan mengganggu perjalanan Anda ke Ulu Temburong. Lokasi terpisah dari daratan Brunei, jadi pengunjung harus naik perahu lokal untuk mencapai lokasi ini. Jangan lupa untuk naik jembatan dan melihat keindahan hutan hijau dari atas saat mengambil foto!

5. Kampung Ayer

Brunei Darussalam Tujuan wisata favorit

Sumber: Instagram Potowander

Tempat wisata di Brunei Darussalam ini sebenarnya hampir menyerupai desa nelayan di Indonesia. Bangunan di Desa Ayer dibangun di atas air dan dianggap sebagai kebanggaan rakyat Brunei karena masih melestarikan budaya dan asal-usul leluhurnya.

Meski terlihat seperti desa biasa, struktur desa ini telah dipulihkan sehingga berdiri kokoh. Anda lihat di sini harmoni antara budaya tradisional dan elemen modern. Meskipun arsitektur bangunannya masih tradisional, perabotannya modern dan dilengkapi dengan modem, TV kabel, dan AC. Berbeda dengan desa nelayan di Indonesia, kan?

6. Taman Rekreasi Tasek Lama

Brunei Darussalam Tujuan wisata favorit

Sumber: Instagram abdhamidhar

Karena ini adalah salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Brunei Darussalam, taman rekreasi Tasek Lama harus disertakan daftar ember kamu Taman rekreasi ini terletak di Bandar Sri Bengawan dan terletak di daerah perkotaan yang membuatnya mudah diakses.

Jika Anda tidak punya waktu untuk mengunjungi Taman Nasional Ulu Temburong, taman ini bisa menjadi alternatif yang andal. Inilah air terjun yang sangat indah. Setelah hujan, air terjun menjadi lebih indah karena airnya mengalir lebih cepat. Drainase air lebih sedikit selama musim kemarau, jadi kurang bagus saat difoto. Jangan lupa membawa air minum sendiri ketika Anda datang ke sini, karena ada beberapa rute yang sulit ditempuh.

7. Brunei River Safari

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram gzulyusof

Tidak hanya wisata religi dan sejarah, Anda juga dapat menikmati wisata alam di Brunei. Brunei River Safari mengundang Anda untuk menjelajahi ekosistem sungai dengan kapal. Selama safari Anda mendapatkan pemandangan ekosistem bakau dan berbagai fauna yang hidup di dalamnya. Safari ini juga bisa dilakukan pada malam hari untuk memberikan suasana baru yang lebih menantang.

Jika ingin lebih, Anda bisa menyewa kapal pesiar untuk mengelilingi Sungai Brunei. Sangat cocok jika Anda bepergian ke Brunei Darussalam bersama keluarga atau rombongan. Pesiar Sungai Brunei tersedia setiap minggu.

Selama tur 2 jam, pengunjung diajak berjalan di sepanjang sungai sambil melihat hutan bakau, museum, permukiman air di Brunei dan banyak lagi. Semuanya bisa dinikmati sambil menikmati teh atau kopi yang disediakan.

8. Desa Ramah Lingkungan Sumbiling

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram n.fds

Objek wisata alam alternatif di Brunei di sebelah Ulu Temburong adalah Desa Desa Sumbiling. Tempat wisata di Brunei Darussalam ini berbentuk seperti ekosistem hutan hujan tropis dan rumah berbagai flora dan fauna eksotis. Desa Desa Sumbiling sendiri adalah desa dan akomodasi berbasis alam yang terletak di pedalaman kabupaten Temburong.

Lokasi berada di area yang sama dengan Taman Nasional Ulu Temburong. Di sini Anda dapat tinggal di pedesaan yang dikelilingi oleh hutan rindang, hulu Sungai Temburong dan jeram berbatu. Penampungannya terbuat dari bambu dan kayu agar alam tetap terjaga.

Di Sumbiling Eco Village, pengunjung dapat merasakan udara sejuk saat mereka berbaring tempat tidur gantung Nyaman Anda juga dapat merasakan dinginnya air sungai saat berkendara di atas rakit bambu tradisional atau mengemudi di atas ban karet. & # 39; Di malam hari Anda dapat mendengar simfoni manis hutan melalui suara serangga, katak, dan satwa liar lainnya. Ikuti juga tur melalui hutan yang sangat menantang!

Saat berada di Desa Ramah Lingkungan Sumbiling, Anda dapat merasakan kembali ke alam yang sebenarnya. Tangkap ikan dan udang di sungai, ambil makanan Anda sendiri, cicipi beragam buah-buahan eksotis dan masak bersama di dapur tradisional. Sempurna untuk liburan bersama sekelompok keluarga, teman, atau pasangan.

9. Taman Teknologi Agro

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram cnicni9x

Tempat wisata favorit di Brunei Darussalam sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Karena suasananya yang sejuk dan indah, Agro Technology Park biasanya digunakan sebagai tempat joging di pagi hari. Taman ini menggunakan teknologi Green House yang masih jarang ditemukan di Brunei.

Taman ini di Brunei menunjukkan berbagai jenis bunga dan tanaman obat. Setiap tanaman dilindungi oleh pagar untuk mencegah pengunjung dari memiliki tangan yang bodoh. Selain tanaman, ada juga berbagai jenis hewan untuk dilihat, seperti rusa, burung unta, burung eksotis, bahkan burung raksasa.

Taman ini memiliki banyak pohon, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang panasnya. Tiket masuk gratis, tetapi sayangnya transportasi umum jarang melewati tujuan wisata ini di Brunei. Kami sarankan untuk menyewa mobil jika Anda ingin datang ke sini.

Tur museum, istana dan monumen di Brunei Darussalam

10. Museum Royal Regalia

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram natabo

Kita semua tahu bahwa Brunei Darussalam berbentuk kerajaan dan dipimpin oleh seorang sultan yang bertindak sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Apakah Anda ingin melihat harta kerajaan sultan kuno sampai sekarang? Pergi saja ke Royal Regalia Museum.

Tempat wisata di Brunei Darussalam ini adalah bangunan indah di tengah kota Bandar Sri Bengawan. Bangunan ini mudah dikenali karena bagian depan memiliki bentuk kubah yang besar. Saat Anda masuk, Anda akan disambut oleh pendingin udara yang sangat dingin. Sangat nyaman untuk itu ngadem karena cuaca di Brunei cukup panas.

Museum ini menunjukkan koleksi barang lengkap dari sultan dan kerajaan. Semua koleksi diatur secara artistik dengan ornamen dan foto yang diatur sesuai dengan perkembangan kehidupan sultan pada waktu tertentu. Koleksi yang paling menarik adalah takhta raja yang terbuat dari emas murni. Lalu ada kereta tempat parade sultan kuno berlangsung.

Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki Museum Royal Regalia. Cukup masukkan buku tamu. Sayangnya dilarang bagi pengunjung untuk memotret di lantai 2. Bagasi juga harus ditempatkan di brankas karena keamanan di museum ini sangat ketat. Nantinya setiap pengunjung akan menerima sandal khusus untuk bergerak di sekitar ruangan.

11. Museum Teknologi Melayu

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram to_wow

Setelah puas mempelajari sejarah Brunei Darussalam di Museum Royal Regalia, saatnya bagi kita untuk mengeksplorasi perkembangan sejarah masyarakat Malaysia di Museum Teknologi Melayu. Museum di Bandar Sri Bengawan ini memberi kesan kehidupan dan perkembangan budaya masyarakat Malaysia di Brunei.

Penjelasannya diilustrasikan oleh patung orang Malaysia, lengkap dengan replika rumah tradisional, peralatan tradisional, pakaian tradisional dan desa-desa Malaysia. Museum ini menunjukkan perkembangan dari abad ke-19 hingga zaman modern.

Yang terbaik adalah naik taksi atau membawa kendaraan sendiri jika Anda ingin datang ke sini. Soalnya, transportasi agak sulit karena transportasi umum jarang melewati tempat wisata ini di Brunei Darussalam. Tujuan wisata ini gratis dan peraturannya tidak seketat Museum Royal Regalia.

12. Istana Nurul Iman

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram rumafaltado

Brunei Darussalam adalah negara yang kaya dan penuh dengan bangunan megah yang indah. Salah satunya adalah Istana Nurul Iman, kediaman resmi Sultan Haji Hassanal Bolkiah dan juga berfungsi sebagai istana negara. Nurul Iman memiliki makna cahaya iman, sebagai akibat dari Brunei sebagai negara dengan populasi Muslim mayoritas.

Istana Brunei didirikan pada tahun 1984 dan menelan biaya hingga $ 1,4 juta. Istana Nurul Iman, dibangun di atas lahan seluas 200.000 m2, mengalahkan Istana Buckingham di Inggris. Tidak heran bahwa menurut Guinness World Records istana telah dinyatakan sebagai istana terbesar di dunia.

Istana ini terletak di Bukit Lumadin, Jalan Tutong, di tepi Sungai Brunei. Ini memiliki gaya arsitektur Islam-Melayu klasik. Sayangnya, keindahan tujuan wisata Brunei tidak dapat dinikmati kapan saja. Istana hanya buka setahun sekali, yaitu pada Idul Fitri selama 3 hari.

Namun Anda masih bisa melihat kemegahan istana dari luar pagar sambil mengambil beberapa foto tentunya!

13. Satu miliar barel monumen

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram jessamarieeeeee

Monumen One Billionth Barrel adalah monumen yang dibangun pada tahun 1991. Coba tebak untuk apa benda itu dibangun? Untuk memperingati satu miliar barel minyak yang diproduksi di ladang minyak lepas pantai Seria! Sangat bagus, hanya baik jika Brunei menjadi negara kaya.

Monumen ini berada di dekat sumur pertama yang ditemukan di Ladang Minyak Seria. Tempat wisata di Brunei Darussalam ini sangat populer dengan penduduk setempat sebagai tempat bersantai setelah bekerja. Datanglah siang hari agar Anda dapat melihat keindahan matahari terbenam di Laut Cina Selatan. Pemandangannya sangat bagus.

Wisata kuliner di Brunei Darussalam

14. Pasar malam Gadong

Tempat wisata yang direkomendasikan di Brunei Darussalam

Sumber: Instagram b.jun_travel

Setelah melihat wisata religi, historis, dan alami di Brunei, kini saatnya mengisi perut Anda dan mencicipi kelezatan kuliner khas Brunei Darussalam. Pasar Malam Gadong atau Pasar Gadong adalah tempat belanja dan kuliner terkenal di Brunei. Di sini Anda akan menemukan berbagai makanan ringan dan hidangan lokal yang lezat.

Makanan Brunei sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kuliner di Indonesia, karena kita masih keluarga. Tur ke Brunei tidak lengkap tanpa mencicipi makanan jalanan yang dijual di Pasar Gadong.

Promo tiket ke Brunei

Itulah 14 tempat wisata favorit di Brunei Darussalam yang wajib Anda kunjungi. Ayo bagikan dan berlangganan untuk mendapatkan pembaruan tentang kiat dan pedoman bepergian, Jangan lupa memesan tiket pesawat ke Jepang di Difa Wisata, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promosi. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply