Tempat wisata di Pangandaran yang dikenal dengan Hawaiian Van Jabar ini lambat laun mulai dikenal di seluruh nusantara bahkan mancanegara. Istilah Hawaii tidak berlebihan. Anda bisa menikmati hamparan pantai yang berbeda dengan keunikannya masing-masing.

Sejarah mencatat bahwa kawasan ini dulunya hanyalah sebuah desa kecil yang dihuni oleh para nelayan Sunda. Mereka memilih daerah ini karena ombak lautnya yang tenang. Hal ini memudahkan mereka menemukan ikan.

Nama Pangandaran sendiri berasal dari Pangan dan Daran. Pangan artinya makanan, Daran itu pendatang. Dikombinasikan, itu menjadi sumber makanan bagi para migran. Lalu seperti apa keindahan Hawai Van Jabar sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini?

1. Pantai Batu Karas

Wisata Bekasi
foto: https://www.instagram.com/hilman_winanjar17/

Wisata di Pangandaran berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis. Tepatnya berada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Ombaknya yang cukup kuat dan tinggi, namun tidak menyurutkan keindahan yang disuguhkan.

Karena tingginya ombak di Pantai Batu Karas. Tempat ini bisa digunakan untuk olahraga selancar. Cocok untuk pemula hingga kelas menengah. Anda juga bisa belajar berselancar dari ahlinya di tempat ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyewa perlengkapan surfing dengan harga mulai dari 50.000 saja.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati adalah adanya permainan air seperti jet ski, banana boat dan snorkeling. Pengunjung juga diperbolehkan berenang. Namun, saat ombak sedang tinggi, akan ada pembatasan ketat untuk menjaga keamanan bersama.

Untuk anda yang ingin membeli ikan segar. Ada pasar ikan tidak jauh dari pantai atau Anda ingin memancing sendiri? Anda dapat menyewa perahu nelayan dan mereka akan menunjukkan tempat memancing terbaik. Bagi Anda yang ingin menikmati pantai ini lebih lama. Tidak jauh dari sini, berbagai jenis akomodasi tersedia.

Mulai dari harga 200 ribu hingga jutaan rupiah. Pesona terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah melihat senja yang romantis bersama kekasih Anda. Kombinasi udara, air laut, dan perahu nelayan yang pulang kampung merupakan suguhan yang sulit untuk dilupakan.

2. Curug Taringgul

wisata di Pangandaran

foto: https://www.instagram.com/mediapangandaran/

Wisata Pangandaran merupakan sebuah sungai yang dikelilingi lembah-lembah disekitarnya, anda dapat melihat relief-relief batuan dengan berbagai bentuk. Terletak di Jalan Cibanten, Blok Ciawitali, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang. Di sini Anda bisa menikmati permainan body rafting.

Telah mensupply berbagai jenis perlengkapan seperti helm, life jacket, sendal dan decker untuk keamanan. Jangan lupa bawa kamera bawah air. Karena banyak spot menarik di sepanjang arus yang bisa Anda temukan. Dibutuhkan 1 jam hingga 5 jam untuk menuruni sungai.

Tergantung aliran sungai dan karakter para wisatawan. Kalau suka selfie butuh waktu lama banget. Keunikan dari Curug Taringgul adalah adanya air terjun. Air ini bersumber dari persawahan warga dan langsung mengalir ke sungai. Untuk kamu yang suka adrenalin.

Tidak ada salahnya pergi ke atas air terjun lalu melompat dari sini. Selain itu, terdapat stalaktit dan stalagmit tebing yang begitu menawan. Harganya sendiri cukup murah, hanya 150 ribu per orang dengan jarak tempuh 3 kilometer.
Fasilitas yang Anda dapatkan adalah snack dan air minum kemasan, guide, balas dendam, perlengkapan keselamatan, asuransi selama tour dan makan setelah laga usai.

3. Pantai Batu Hiu

tempat wisata di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/_abie11/

Tempat wisata Pangandaran ini sering disebut dengan Tanah Lotnya Jawa Barat. Letak kawasan ini berbatasan langsung dengan Ciamis. Karena memang lebih dekat dengan Pangandaran. Banyak wisatawan yang mengira bahwa pantai ini termasuk dalam kota Hawai Van Jabar.

Untuk tiket masuknya hanya mulai dari Rp 5.000. Keunikan dari pantai ini adalah pemandangan terumbu karang yang menyerupai ikan hiu. Waktu terbaik mengunjungi objek wisata ini adalah saat musim kemarau. Dimana Anda bisa melihat pemandangan langit yang mengesankan.

Pantai Batu Hiu juga digunakan sebagai tempat penangkaran penyu hijau. Jaraknya kurang lebih 15 kilometer. Anda bisa menontonnya secara gratis. Momen terbaik adalah saat bayi penyu dilempar kembali ke laut. Banyak turis yang diperbolehkan melepaskannya.

Situ Cisamping

tempat wisata di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/berandapangandaran/

Objek wisata Pangandaran ini terletak di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang Daya tarik utama Situ Cisamping adalah airnya yang sangat jernih. Suasananya sejuk dengan kehadiran pepohonan yang tumbuh subur. Konon telaga ini tidak pernah kering, meski kemarau panjang.

Seperti yang terjadi tahun 1950. Di mana tidak ada hujan sama sekali selama 9 bulan. Menariknya, debit air di sana konstan. sepertinya tidak menurun. Hingga akhirnya warga memanfaatkannya untuk irigasi dan memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

Legenda mengatakan bahwa cerita danau ini berawal dari Dalem Sembah Agung yang sedang mencari buah hatinya. Kemudian dia menemukan sisi atau jubah putranya. Itulah sebabnya situasi ini dinamakan Cisamping. Menurut cerita warga, tempat ini juga digunakan sebagai tempat pemandian bidadari surga.

Fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini adalah permainan air seperti bebek air yang bisa disewa. Warung makan yang telah menyediakan tempat yang nyaman dan menu khas Pangandaran yang enak dan gurih. Dan ada kolam renang buatan tidak jauh dari kawasan ini.

5. Pantai Pananjung

tempat wisata di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/arip_radartv/

Tempat wisata di Pangandaran Jawa Barat ini tidak hanya berstatus wisata alam tetapi juga cagar alam yang sangat indah. Jadi Anda harus berhati-hati dan tidak merugikan diri sendiri.

Anda bisa melihat berbagai macam flora dan fauna. Seperti monyet gantung. Ingat, jangan beri mereka makan. Karena dapat merusak sifat alaminya. Ada juga trenggiling, Bison, Lutung. Serta beberapa burung yang menarik untuk dilihat.

Di dalam kawasan Taman Margasatwa Anda bisa melihat hutan sekunder yang sudah berusia 67 tahun. Di dalamnya Anda bisa melihat tanaman seperti Popohan dan Merong yang terkenal. Salah satu atraksi terbaik untuk menikmati pantai ini adalah snorkeling dan diving.

Selain terumbu karangnya yang indah dan mempesona. Anda juga bisa melihat bintang laut, kuda laut berenang bersama. Ada juga teripang dan juga tiram yang menarik. Ombak di pantai ini juga kuat. Ini sangat disukai oleh para peselancar.

Untuk kamu yang ingin berselancar, di sini juga menawarkan berbagai jenis perlengkapan selancar, lho. Ada pula sejumlah gua yang menjadi benteng pertahanan Jepang selama Perang Dunia II. Tak jauh dari bibir pantai terdapat tempat pelelangan ikan para nelayan yang baru pulang dari melaut. Anda bisa membelinya dengan harga murah dan kualitas fresh.

Kunjungi juga -> 17 tempat wisata terbaru di Serang

6. Goa Sutra Dimulai lagi

tempat wisata alam di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/rubbyeso/

Tempat wisata terbaru di Pangandaran ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi. Memiliki fenomena unik yang dikenal sebagai tirai berayun. Merupakan gunung karst yang membentuk pintu ke beberapa gua.

Dari tempat parkir ke Goa hanya 10 menit berjalan kaki. Memiliki lebar 8,44 meter dan tinggi 21,88 meter. Ke pintu barat jika Anda masuk dari timur. Memiliki lebar 12,66 meter dan tinggi 7,23 meter dengan kedalaman 56,58 meter.

Lokasi daerah ini sendiri dikelilingi oleh taman-taman lokal sehingga harus berhati-hati saat menjelajahi Goa. Karena lantainya yang licin, banyak tetesan air yang keluar dari Goa. Ada stalaktit dan stalagmit. Berbagai bukti prasejarah juga disimpan di sini, mulai dari siput, cangkang, dan masih banyak lagi.

7. Pantai Lembah Putri

tempat wisata pantai di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/one_transport_travel_bandung/

Tempat wisata Pangandaran ini terletak di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang. Pemandangan di tempat ini pun memiliki pesona yang mengagumkan. Anda bisa melihat keindahan Samudera Hindia, puncak bukit dan hamparan persawahan yang mengesankan.

Panorama lain yang bisa Anda temukan adalah keberadaan pepohonan dan burung yang lebat seperti Cangkurileung, Dudut, Perkutut, dan Burung Puyuh. Masih banyak lagi tanaman hias dan buah-buahan yang bisa kamu lihat dan dijadikan spot foto menarik.

Karena Instagrammabilitasnya, tempat ini dijadikan sebagai area prewedding. Salah satu atraksi yang wajib dilihat dan tidak boleh dilewatkan adalah sunrise dan sunset. Keindahannya lebih dari yang bisa Anda bayangkan. Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah 5 ribu rupiah.

8. Cukang Taneuh

tempat wisata terbaru di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/helfi.oc/

Objek wisata ini menjadi andalan Wisata Pangandaran. Sorotannya adalah area ini benar-benar menawan dan mengesankan. Menjadi destinasi wisata unggulan di Desa Kertajaya, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Airnya sangat jernih dengan suasana pepohonan hijau yang sungguh mengagumkan.

Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain arung jeram dengan panjang lintasan kurang lebih 5 km untuk rute pendek. Bagi yang ingin lebih menantang bisa menjajal track sepanjang 10 km. Harganya 200 ribu 225 ribu. Dengan waktu tempuh 1,5 jam hingga 6 jam.

Saat menjelajah, Anda akan ditemani oleh pemandu profesional yang ramah dan menyenangkan. Hal yang menyenangkan dari game ini adalah Anda harus berenang atau terkadang berjalan melewati berbagai rintangan dan batu. Fasilitas yang disediakan adalah jaket pelampung, helm, jaket pelampung dan sepatu karet. Untuk anda yang ingin menikmati liburan seru bersama keluarga. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tujuan.

Pesona lain yang dihadirkan disini hampir menyerupai ngarai hijau dengan pesona tebing yang menjulang tinggi dan terlihat sempurna. Untuk menambah keseruan perjalanan ini, nikmati goa dengan stalaktit dan stalagmitnya yang mempesona.

Waktu terbaik untuk mengunjungi daerah ini adalah musim peralihan. Dimana airnya akan sangat jernih dan pesonanya seperti di surga. Namun jika dikunjungi saat musim hujan, langit cenderung mendung dan berwarna kecoklatan. Lebih sedikit variasi untuk foto

9. Pantai Karang Nini

Wisata Alam Pangandaran
foto: https://www.instagram.com/lisadewif/

Tempat wisata Pangandaran ini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Kawasan ini tidak hanya cantik dengan pemandangannya, tapi juga terkenal dengan cerita-cerita legendarisnya yang diikuti dengan hati. Tentang kakek dan nenek yang jatuh cinta.

Kakek bekerja sebagai nelayan, suatu saat dia masih belum pulang. Nenek takut dia akan pergi ke pantai untuk memanggil nama kakeknya. Hingga akhirnya muncul batu yang merupakan perwujudan dari kakek yang meninggal.

Nenek berdoa agar selalu berada di samping kakek, akhirnya ia juga akan berubah menjadi batu dan saling bertentangan. Dari sini kamu juga bisa melihat pulau Nusa Kambangan yang terkadang berubah menjadi pemandangan yang epik saat senja. Perpaduan pepohonan jati dan pantai menjadi daya tarik utama kawasan ini.

Di sini Anda juga bisa melihat jalur kereta yang dijadwalkan akan diaktifkan kembali. jalur ini sebelumnya dibangun oleh Belanda. Dengan sarana transportasi, sangat mudah untuk mencapai berbagai daerah di Pangandaran. Panorama lainnya adalah adanya akuarium alami dimana ketika air laut sedang tinggi air tidak dapat keluar dan membentuk kolam.

Di dalamnya Anda bisa melihat ikan-ikan kecil, ikan hias dan terumbu karang yang terlihat cantik. Tidak jauh dari tempat ini Anda bisa menginap di beberapa penginapan yang tidak jauh dari pantai. Harga mulai dari 300 ribuan saja. Dengan fasilitas yang siap memanjakan Anda.

10. Arung Jeram Citumang

Tak hanya cantik dengan pantainya dan pesona sunsetnya saja. Tempat wisata di Pangandaran juga punya menu-menu yang memacu adrenalin yang bikin kamu ketagihan untuk memesan. Body Rafting di Sungai Citumang yang naik secara perlahan sayang untuk dilewatkan.

Keindahan alam di sekitar sungai bisa Anda saksikan. Sekitar 2 jam perjalanan dan Anda akan terpesona dengan pemandangannya. Harga tiket tergantung pada layanan tur yang Anda ikuti. Namun rata-rata mereka mematok tarif 80 ribu rupiah. Lengkap dengan perlengkapan arung jeram seperti jaket pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, helm dan goggle serta makan siang usai penjelajahan.

Dalam persiapannya, Anda biasanya diminta untuk menjaga kaki Anda di dalam kolam selama 10 menit. Kemudian selama 10 menit. Hal ini diperlukan karena arung jeram merupakan olahraga yang menggunakan seluruh anggota tubuh.

Selama perjalanan ada banyak aktivitas yang harus dilakukan. Salah satunya melompat dari tebing. Rasanya sangat mengesankan dan akan membuat Anda ingin kembali lagi dan lagi. Ada juga air terjun dan jembatan gantung yang harus dilalui untuk mencapai finish.

Ulasan sebelumnya -> 19 tempat wisata di Pandeglang

11. Pantai Karang Tirta

wisata terakhir di Pangandaran
foto: https://www.instagram.com/wulandariavila/

Tempat wisata Pangandaran ini terletak di desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih. Jalan menuju lokasi cukup bagus. Pemandangan hijau tidak luput dari pandangan. Terkadang Anda juga melihat kandang warga. Kelebihan lain dari tempat ini adalah adanya beberapa warung makan dengan berbagai jenis makanan.

Ada juga beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi untuk dilihat. Anda juga bisa menikmati kesegaran langsung dari pohonnya, pesona lain yang disuguhkan adalah panorama laguna yang banyak digunakan untuk memancing. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa membawa peralatan sendiri dan menikmati berbagai jenis ikan dengan ukuran terbesar mencapai 7 kilogram atau lebih.

Di pantai sekitarnya juga terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda coba tempati. Cuma untuk harga mulai 200 ribuan. lengkap dengan fasilitas yang menyenangkan dan suasana yang nyaman.

12. Sunset Pangandaran

Dari namanya saja Anda sudah mengetahui keunggulan dari kawasan ini. Panorama matahari terbenam sangat luar biasa, dan sulit untuk dilupakan. Tak heran jika tempat ini banyak dikunjungi wisatawan pada sore hari. Baik dari Pangandaran maupun dari luar.

Pesona lain yang bisa Anda nikmati adalah menjelajahi hutan yang ditetapkan sebagai cagar alam. Ada rusa dan monyet ekor panjang yang akan menyambut Anda. Di tempat ini kamu juga mendapatkan kolam renang yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak.

Sunset di Pangandaran sendiri merupakan pantai dengan ombak yang besar. Banyak wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini karena pemandangan matahari terbenam lebih indah dan indah dari pantai lain di Pangandaran.

Pesona terakhir yang bisa dinikmati adalah sajian kulinernya yang benar-benar menawan dan menakjubkan. Anda dapat memilih sendiri dari segi selera dan lokasi. Dari 1,5 meter bahkan 5 bintang. Suasananya benar-benar berbeda dengan suara ombak yang tidak pernah berhenti.

13. Pantai Legok Jawa

Tempat wisata di Pangandaran Jawa Barat
foto: https://www.instagram.com/agungab17/

Berada di ujung paling selatan Jawa Barat, Pangandaran dianugerahi banyak pesona dan pesona pantai. Salah satunya adalah Legok Jawa. Ciri khas daerah ini adalah anginnya yang kencang, ombaknya cukup tinggi dan mengesankan.

Banyak sekali tebing yang menjulang tinggi dan garis pantai yang cukup panjang. Hal ini menjadikan kawasan ini sebagai spot foto terbaik di Pangandaran. Anda juga bisa mengunjungi bukit koral. Ada banyak ikan kecil dan lunak di antara karang.

Jika Anda ingin melihat keindahan pantai yang sebenarnya, Anda dapat pergi ke menara suar dan melihat-lihat. Panorama pantai dari sini. Tempat terbaik yang disajikan Legok Jawa adalah matahari terbenam. Terkadang Anda bisa melihat siluet perahu nelayan yang bisa bersandar. Atau gundukan karang yang bisa dijadikan background.

Tempat wisata Pangandaran ini terletak di Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak. Bagi Anda yang ingin bermalam, tempat ini menawarkan area yang bagus untuk berkemah. Tak perlu khawatir soal makanan, banyak warung yang berjejer menawarkan aneka olahan seafood yang bikin lidah terguncang.

14. Situs Batu Kalde

wisata sejarah di pangandaran
foto: https://www.instagram.com/harispangandaran/

Bukan hanya pantai. Tempat wisata di Pangandaran dengan pesona sejarah bisa Anda temukan di Situs Batu Kalde. Konon tempat peristirahatan raja Galuh yaitu Prabu Linggawesi. Di situs ini terdapat patung sapi yang memiliki tinggi sekitar 5 meter.

Tidak jauh dari sini Anda akan menemukan kuburan tua yang berukuran sekitar 5 tahun. Menurut masyarakat, hal tersebut merupakan penghormatan kepada salah satu penghuni kerajaan Pananjung bernama Arya Sapi Gumarang. Ia berhasil meningkatkan produksi pertanian.

15. Pantai Batu Karas

Tempat wisata di Pangandaran terakhir yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Pantai Batu Karas. Terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang. Salah satu ciri khas daerah ini adalah ombaknya yang sangat tinggi. Ini terutama berlaku bagi mereka yang menggunakan selancar.

Menariknya, Anda bisa belajar peralatan selancar di sini dan juga menyewanya. Ombak di Pantai Batu Karas cocok untuk anda yang belajar surfing dan untuk kelas menengah. Aktivitas lain yang bisa Anda nikmati adalah memancing. Banyak sekali orang disekitar saat hari memancing tiba.

Jangan lupakan pemandangan matahari terbenam yang akan mengakhiri hari Anda dengan sempurna. Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati di sini adalah keberadaan beberapa toko suvenir bahari. Harganya mulai dari 5 ribu rupiah. Anda juga bisa bernegosiasi.

Jangan ragu untuk meminta akomodasi. Tak jauh dari pantai Batu Karas terdapat banyak penginapan mulai dari homestay, wisma hingga resort. Harganya pun berkisar 200 ribu rupiah. fasilitasnya lumayan lengkap, tergantung harga yang anda bayarkan.

Ulasan sebelumnya -> 20 tempat wisata di Jakarta

Tempat wisata di pangandaran memiliki pemandangan yang indah. Mulai dari pantai, air terjun dan beberapa tempat menarik untuk dijelajahi. Makanan khasnya juga tidak kalah enak untuk disantap. Tidak salah jika dijuluki Hawai Van Jabar. Tidak ada salahnya dijadikan sebagai tempat liburan untuk Anda bersama keluarga.

Jelajahi tempat wisata terindah di Semarang



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply