Pulau Madura memiliki banyak keunikan termasuk di Kabupaten Bangkalan yang wilayahnya termasuk dalam wilayah metropolitan Surabaya. Hal ini menjadikan Bangkalan sebagai destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Ada banyak tempat wisata menarik di Kabupaten Bangkalan mulai dari wisata alam, budaya, kuliner hingga wisata religi.

Selain kaya akan wisata bahari, Bangkalan juga memiliki bukit yang sangat mempesona. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata Bangkalan di akhir pekan bersama keluarga atau teman. Berikut ini adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Bangkalan yang bagus dan paling hits untuk dikunjungi.

Berikut daftar tempat wisata di Bangkalan yang direkomendasikan untuk dikunjungi yang bisa Anda pilih sebagai destinasi terbaik:

1. Bukit Kapur Jaddih

wisata bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/azizlh/

Bukit Kapur Jaddih merupakan salah satu wisata Bangkalan dengan pemandangan tebing raksasa yang sangat indah dan eksotis. Di area ini Anda akan menemukan gua-gua kecil yang mirip dengan Cappadocia di Turki.

Saat berada di Bukit Jaddih, Anda disuguhi pemandangan menarik berupa bongkahan batu kapur putih raksasa. Ada juga kolam renang Goa Potte yang terbentuk secara alami.

Bukit Jaddih dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan lingkungan yang sejuk sangat menyegarkan untuk dilihat. Di bukit ini Anda akan menemukan beberapa tempat populer untuk berfoto selfie. Dari bukit berjendela, pahatan, tangga, dinding kapur hingga kolam ada di sini.

Banyak wisatawan yang menjadikan Bukit Jaddih sebagai destinasi wisata yang instagenic. Untuk menikmati keindahan Bukit Jaddih, cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000 per orang. Sangat murah bukan?

2. Pantai Sirih Kemuning

wisata di bangkalan

Foto: https://www.instagram.com/yovannyop/

Sesuai dengan namanya, Pantai Sirih Kemuning agak kuning jika dilihat dari kejauhan, ombaknya juga terlihat kekuningan. Jika Anda menyukai laut tanpa bebatuan maka wisata pantai Bangkalan ini bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Bagian pantai ini telah ditambal dengan trotoar sehingga Anda bisa menggelar tikar dan menikmati pemandangan pantai bersama keluarga. Anda juga bisa duduk santai di bangku yang disediakan atau berteduh di bawah pohon yang rindang.

Perlu diketahui, tidak ada warung atau penjual makanan di pantai ini, jadi lebih baik jika Anda menyiapkan makan siang sendiri dari rumah. Di sekitar pantai juga terdapat penginapan bagi anda yang ingin bermalam.

Angin dan ombak laut yang tenang sangat nyaman untuk bermain di pantai. Untuk harga tiketnya, Anda hanya perlu membayar Rp 3.000 per orang, Anda bisa menikmati keindahan pantai Bangkalan ini dengan leluasa.

3. Bukit Kapur Arosbaya

tempat wisata di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/muchson_ali/

Selain Bukit Jaddih, objek wisata ini juga merupakan bekas kawasan pertambangan yang kini berubah menjadi destinasi wisata di Bangkalan. Banyak wisatawan mengunjungi bukit ini karena tertarik dengan perbukitan kapur yang tersusun tidak beraturan dan berwarna agak kemerahan.

Uniknya, hingga kini warga sekitar masih memanfaatkannya untuk pertambangan. Dinding batu kapur yang selalu basah dan lembap membuat suasana ini benar-benar sejuk. Dan gua-gua bekas bukit tambang menghasilkan pola pahatan yang sangat bagus dan bagus untuk Anda gunakan sebagai spot foto.

Karena jalannya cukup sempit, Anda hanya bisa menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menyewa jasa ojek dengan harga sekitar Rp 5.000 ke lokasi.

Nah, tiket masuknya juga sangat terjangkau, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 rupiah saja. Bagi Anda yang berencana liburan ke Pulau Madura, objek wisata yang satu ini patut Anda pertimbangkan.

4. Pantai Rongkang

tempat wisata di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/nyarehangin/

Destinasi wisata selanjutnya adalah Pantai Rongkang yang merupakan salah satu tempat wisata di Bangkalan dengan sejuta pesona keindahannya. Pantai ini didominasi oleh bebatuan, sehingga untuk sampai ke sini Anda harus melewati beberapa bebatuan yang cukup terjal.

Pantai ini ditumbuhi banyak pepohonan rindang di sekitarnya, memberikan suasana nuansa alami. Terdapat banyak bebatuan berpohon di sepanjang pantai dan perbukitan bertingkat dengan ketinggian sekitar 25 meter di atas permukaan laut.

Sore hari Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Anda akan dibuat takjub melihat pancaran sinar matahari terbenam dan pantulan cahaya lampu kapal-kapal yang berlayar menuju Selat Madura.

Akses menuju lokasi cukup sulit karena jalannya belum beraspal. Namun tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari tempat parkir yang luas, kamar mandi, restoran, dll.

Bagi Anda yang berencana ke sana, Anda hanya perlu membayar tiket mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per orang dan parkir gratis. Jadi pastikan kendaraan pribadi Anda aman.

Kunjungi juga -> Tempat Wisata di Sukoharjo yang instagramable dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

5. Bukit Bangkalan Geger

tempat wisata terbaru di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/azanastylemadura/

Bukit Geger adalah salah satu dataran tertinggi di Pulau Garam, Madura. Dengan luas sekitar 44 hektar, tempat wisata alam di Bangkalan ini sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Nuansa alam yang begitu melekat membuat bukit ini sering dijadikan sebagai tempat eksplorasi sekolah pramuka. Di bukit ini terdapat 5 gua bersejarah yang wajib Anda kunjungi, yaitu Gua Pelanangan, Petapan, Potre dan Gua Ular.

Di sini Anda juga bisa melihat berbagai hewan liar seperti ular, monyet, burung dan lain sebagainya. Demi keselamatan Anda, tidak diperbolehkan mengganggu hewan dan juga memberi makan monyet.

Untuk mencapai puncak Bukit Geger, Anda harus melewati banyak anak tangga, yang secara alami dikelilingi oleh banyak tanaman mahoni. Suasana alam yang asri dan udara segar yang jauh dari polusi akan membuat Anda betah berada di sini.

6. Pantai Sembilan Bangkalan

tempat wisata alam di bangkalan
Foto: https://portalwisata.co.id/

Pantai lain yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Sembilan. Terletak di Gili Genting Sumenep, destinasi ini memiliki pesona keindahan yang tak terbantahkan, pasir putihnya yang indah. Ditambah keindahan alam yang masih terjaga menjadikan pantai ini wajib dikunjungi.

Di sini kamu bisa berfoto selfie di jembatan kecil yang menghubungkan ke garis pantai bertuliskan "Pantai Sembilan". Anda juga bisa berfoto di ayunan di tengah pasir, dijamin foto Anda akan terlihat fotogenik.

Akses menuju pantai ini cukup mudah, Anda harus naik perahu dari pelabuhan Tanjung dengan biaya sekitar Rp 10.000 per orang. Nah, setelah sampai di pelabuhan Beringsang, kamu bisa langsung jalan kaki ke pantai.

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk tiket masuknya, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 rupiah per orang Anda bisa menikmati tempat wisata ini. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari, Anda bisa menyewa penginapan di pantai ini.

7. Mercusuar Bangkalan

tur terakhir di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/afoek_d/

Wisata Mercusuar Bangkalan merupakan salah satu objek wisata di Bangkalan yang merupakan peninggalan Belanda di desa Ujung Piring. Mercusuar yang tingginya hingga 78 meter membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan baik saat weekday maupun di hari libur.

Mercusuar yang warnanya didominasi warna putih ini juga berbatasan dengan pantai yang asri dan asri. Jika suasananya sore hari, Anda bisa menyaksikan keindahan sunset yang mempesona di Selat Madura dari mercusuar ini.

Akses jalan menuju mercusuar menambah kenyamanan Anda saat berjalan melewatinya sambil memandang indahnya panorama pantai di sekitarnya. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perbekalan dan perbekalan lainnya sebelum Anda tiba di sini agar liburan Anda semakin menyenangkan.

Untuk menuju ke sini Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 karena tidak dipungut biaya tiket masuk. Anda bisa menikmati pemandangan sekitar bersama keluarga tercinta.

8. Alun-Alun Bangkalan

tempat wisata di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/firmanfajri_/

Destinasi wisata selanjutnya yang harus dikunjungi saat berada di Madura adalah Alun-Alun Bangkalan. Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan di sini, mulai dari berkumpul bersama keluarga, kerabat, ibu-ibu bersosialisasi atau bersama rekan kerja.

Wisata ini memiliki taman yang sangat sejuk dan penataan yang rapi membuat semua orang betah untuk berekreasi di Alun-Alun Kota Bangkalan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, baik pada hari Minggu maupun saat musim liburan.

Banyak penduduk setempat yang berolahraga di sini, udaranya yang segar dan sejuk sangat cocok untuk lari pagi. Di alun-alun ini juga terdapat arena bermain khusus anak, menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata anak-anak di Bangkalan.

Akses menuju alun-alun cukup mudah, bagi anda yang datang dari luar Madura bisa melewati Jembatan Suramadu. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Madura di alun-alun ini, jadi jangan khawatir.

9. Bukit Lentera yang Ramah

tur terakhir di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/nurdin_rizqiansyah/

Nah, untuk tempat wisata yang satu ini belum banyak yang tahu. Karena Bukit Lampion Berramah merupakan tempat wisata terbaru di Bangkalan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Bangkalan.

Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang unik, dilengkapi dengan lampion kecil berwarna-warni yang menambah keindahannya. Tak heran jika banyak wisatawan lokal datang ke sini untuk berfoto instagramable.

Di sana Anda akan menemukan gardu pandang yang terbuat dari kayu cinta, yang memberikan kesan bagus. Tenang saja, platform kayu ini terbuat dari material berkekuatan tinggi, aman untuk diinjak.

Biaya masuk untuk persiapan adalah Rp 3.000 per orang dan biaya parkir Rp 2.000. Dengan tarif super terjangkau ini kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas menarik dan tempat-tempat indah untuk berfoto.

10. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

wisata keluarga di bangkalan
Foto: https://pojoksuramadu.com/

Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga namun memiliki waktu yang terbatas, Taman Rekreasi Kota Bangkalan ini bisa menjadi pilihan. Terletak di Stadion Gelora Bangkalan, Jalan Soekarno Hatta, tempat wisata keren di Bangkalan ini dikelola oleh pemerintah setempat.

Di dalamnya terdapat beberapa tempat rekreasi keluarga seperti taman bermain anak, kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang untuk anak-anak dan dewasa. Ke danau buatan bagi anda yang senang memancing sambil menikmati suasana seru di sekitar danau.

Anda juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu, tentunya dengan layanan gratis. Terdapat juga ruang terbuka hijau yang rindang yang memberikan suasana nyaman untuk duduk dan bersantai.

Atraksi permainan di sini sangat beragam dan gratis bagi pengunjung seperti ayunan, rintangan, perosotan dan mobil mini. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja sudah bisa menikmati indahnya suasana di taman ini.

Kunjungi juga -> Tempat Wisata di Tegal yang hits dengan spot kekinian terbaru.

11. Kolam Tretan

tempat wisata anak di bangkalan
Foto: https://www.placeswisata.pro/

Jika bosan mengunjungi taman tersebut, maka destinasi wisata selanjutnya yang bisa dipilih adalah Kolam Renang Tretan. Tempat wisata keluarga Bangkalan ini sangat cocok bagi anda yang mengajak keluarga dan sepupu untuk bersenang-senang bermain air.

Bangunan tinggi terdiri dari 2 lantai, lantai pertama digunakan sebagai kolam renang. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun lebih dari cukup untuk menampung banyak pengunjung yang datang saat musim liburan.

Di sini ada dua jenis kolam, yang pertama memiliki kedalaman hanya sekitar 1 meter dan diperuntukan untuk anak-anak. Kolam kedua dengan kedalaman 1,5 meter khusus untuk dewasa, yang juga dilengkapi dengan perosotan.

Lantai dua digunakan sebagai kantin makanan dan minuman dengan konsep seperti kafe. Dengan hanya Rp. 5.000 rupiah per orang untuk tiket masuk Anda sudah bisa menikmati serunya wahana air ini.

12. Museum Cakraningrat

tempat wisata di bangkalan jawa timur
Foto: https://www.instagram.com/wecarebangkalanmadura/

Bagi Anda yang ingin berwisata sambil belajar tentang sejarah, Museum Cakraningrat menjadi salah satu lokasi yang direkomendasikan. Di sini Anda tidak hanya bisa bersenang-senang, tetapi juga berkenalan dengan peristiwa masa lalu di negara kita tercinta.

Gedung Museum Wisata Bangkalan yang berdiri sejak 13 Maret 2008, memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Museum ini merupakan peninggalan Keraton Bangkalan yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kabupaten Bangkalan.

Anda bisa melihat banyak koleksi sejarah di sini, mulai dari kain batik Madura dan alat-alatnya. Dan ukiran, sisir, mangkok, gel, gagang, perlengkapan perang, hingga alat transportasi keraton ada di sini.

Anda juga dapat berfoto di museum ini untuk beberapa peralatan perang dan transportasi. Untuk masuk ke Museum Cakraningrat, htm hanya Rp. Hanya 1.000 rupiah per orang Anda sudah bisa menikmati koleksi benda-benda bersejarah.

13. Gua Pote

wisata alam bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/zain_inud/

Nah selanjutnya ada tempat wisata alam Goa Pote Bangkalan yang terletak di Desa Jaddih dekat Jembatan Suramadu. Gua yang berdinding putih semua ini masih berada di lokasi yang sama dengan Bukit Jaddih dan sudah terbentuk secara alami sejak zaman dahulu.

Uniknya, tempat ini masih merupakan tambang batu kapur yang masih aktif hingga sekarang. Maka tak heran jika Anda melewati truk tambang sambil menikmati pesona pemandangan indah di sini.

Kawasan perbukitan kapur ini terlihat seperti kawasan bersalju dengan efek warna batu kapur putih yang indah, lengkap dengan danau kecil di depannya. Meski matahari cukup terik di siang hari, pemandangannya indah dengan bentangan indah di tebing-tebing bekas penambangan.

Meski akses jalan sedikit bergelombang, namun cukup aman untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung di akhir pekan untuk menikmati panorama yang menenangkan.

14. Wisata Aer Mata Arosbaya

tempat wisata di bangkalan kabupaten
Foto: https://travelingyuk.com/

Wisata religi selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Makam Aer Mata Ibu yang terletak di Desa Buduran Kecamatan Arosbaya. Tempat wisata di Bangkalan ini memiliki area yang cukup luas dan fasilitas yang cukup lengkap.

Untuk sampai ke pintu masuk utama kompleks pemakaman, Anda harus menaiki puluhan anak tangga. Bangunannya berupa joglo terbuka dan makam Ibu Suri Syarifah berada di atas kubah. Kemudian di dekatnya ada beberapa makam keturunan dari kerajaan Madura.

Setelah mengunjungi makam Ibu Suri, Anda harus mengunjungi mata air yang terletak di kaki bukit petilasan. Konon airnya bisa membawa berkah dan menyembuhkan segala penyakit, airnya tidak pernah surut meski musim kemarau tiba.

Bagi anda yang datang kesini diharuskan membawa pulang sebotol air tawar dari sumur cukup membayar Rp. 5.000 rupiah. Apalagi di tempat wisata ini Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Madura seperti rengginang, petis madura dan lain-lain.

Meskipun administrator makam mengizinkan foto. Namun, karena lokasinya yang religius, Anda hanya perlu mengambil beberapa foto untuk menghormati tempat bersejarah ini.

15. Air Terjun Batu Raja Manitan

tempat wisata keren di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/travelleridn99/

Air Terjun Batu Raja Manitan sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati suasana air terjun yang dikelilingi banyak pepohonan rindang. Wisata terbaru di Bangkalan ini memiliki keunikan aliran air yang melebarkan semua bebatuan.

Di sini Anda bisa berenang dan bermain air sepuasnya, atau sekadar duduk santai di bebatuan. Bebatuan di sini tidak berlumut, sehingga sangat aman bagi anda yang menantang untuk mendaki bebatuan di atas.

Kondisi jalan cukup sempit sehingga Anda disarankan menggunakan kendaraan bermotor agar lebih mudah menjangkau lokasi wisata. Untuk menikmati keindahan air terjun ini tidak perlu membayar tiket masuk yang artinya gratis.

Meski fasilitas umum masih sangat minim, Anda tidak akan rugi jika berkunjung ke tempat ini. Karena air terjun Batu Raja Manitan menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri, Anda wajib mengunjunginya bersama teman atau keluarga tercinta.

Previous review -> Tempat wisata terbaru di Dieng yang selalu dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

16. Masjid Agung Bangkalan

tempat wisata di bangkalan
Foto: https://www.instagram.com/siumam/

Destinasi terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Masjid Agung Bangkalan. Tempat wisata di Bangkalan Madura ini sangat ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah terutama pada malam jum'at, hari besar agama islam.

Di tempat wisata religi ini Anda bisa mengunjungi makam Sultan Abdul Kadirun yang terletak di belakang Masjid Agung Bangkalan. Karena Masjidil Haram merupakan tempat ibadah, maka sebaiknya berfoto jika perlu agar tidak mengganggu kemeriahan pengunjung lainnya.

Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap, mulai dari masjid untuk ibadah, warung kuliner, kamar mandi umum hingga oleh-oleh/cinderamata. Akses jalan juga sangat mudah baik kendaraan bermotor, mobil maupun angkutan umum seperti bus dapat melewatinya.

Bagi Anda yang ingin berwisata religi di Madura, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi makam Sultan Abdul Kadirun. Jadi jika Anda tertarik untuk datang ke sini, masjid ini buka 24 jam sehari dan gratis untuk masuk.

Itulah beberapa tempat wisata terbaru dan sangat menarik untuk dikunjungi dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan berbagai keunikannya yang menjadikan tempat wisata di Bangkalan menjadi destinasi yang sangat bagus dan sayang untuk anda lewatkan.

Jangan lupa siapkan budget dan segala kebutuhan lainnya agar liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan. Siapkan juga kamera untuk mengabadikan keindahan momen terbaik di berbagai destinasi wisata tersebut. Selamat Liburan di Bangkalan.

Vlog Perjalanan Bulan Madu Dieng



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2021 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply