Tempat wisata terbaru di banyumas
foto: https://www.instagram.com/septiansukandar/

Tempat wisata di Banyumas menjadi destinasi untuk dicoba saat musim liburan tiba. Ada banyak hal yang bisa dinikmati di sini, termasuk pertunjukan budaya. Misalnya Wayang kulit gagrag Banyumasan. Atau juga Begalan, seni tradisional mengucapkan kata-kata saat menikah.

Anda juga bisa menikmati musik tradisional seperti Calung, Kentongan, Bongkel dan Salawatan Jawa. Kota yang dikenal sebagai kota Satria ini juga memiliki pertunjukan tari yang menarik. Seperti Sintren, kampanye pemuda, kacang hijau dan ebeg. Menariknya, hampir semua orang mempertahankan budaya ini. Sehingga tidak pudar seiring waktu.

Tidak hanya menarik dari segi budaya. Anda juga bisa melihat wisata yang menarik, nyaman, tenang, teduh, sejuk dan asri. Cocok untuk anda yang ingin lepas dari penatnya kota. Mari ikuti perjalanan kita, jelajahi kota Satria yang wajib dikunjungi.

1. Dunia Miniatur Dunia Kecil

Wisata Banyumas
foto: https://www.instagram.com/pram_pramana99/

Tempat wisata di banyumas yang hits berlokasi di jl. Raya Baturaden Barat No. 270, Ketenger, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk harga tiketnya sendiri mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Keunikan dari kawasan ini adalah Anda bisa melihat berbagai macam miniatur yang terkenal di dunia.

Tak hanya miniatur, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Slamet. Anda juga bisa menyewa berbagai pakaian tradisional seperti Kimono dan Hanbok. Bukan hanya negara lain. Anda juga bisa melihat beberapa rumah adat nusantara. Lengkap dengan sejarahnya.

Untuk mengunjungi tempat ini Anda harus membawa kamera. Karena masih banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bukan hanya pengunjung biasa. Beberapa turis luar biasa sering menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat pre-wedding mereka, lho.

Tempat lain untuk dikunjungi adalah taman bunga dan taman bermain sederhana. Area ini sangat luas sehingga memuaskan untuk berlari kesana kemari.

2. Air terjun Wanasuta

pariwisata di Banyumas

foto: https://www.instagram.com/nabil_027/

Wisata di Banyumas terletak di desa Dermaji Kecamatan Lumbir dengan tiga anak tangga. Semakin turun, semakin indah dan menarik pemandangannya. Di bawah aliran air Anda bisa melihat kolam renang yang bisa digunakan untuk mandi atau bermain.

Sebelum sampai di titik lokasi, Anda perlu berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer. Perjalanan di atas rel tidaklah mudah. Namun, hal itu akan terselubung dengan keberadaan pohon pinus. Sepanjang perjalanan, Anda juga bisa menikmati akar pohon untuk dipegang.

Jadi suhu udara sangat sejuk dan nyaman. Anda terhipnotis dan enggan untuk pergi. Terkadang ada kicauan burung yang bisa Anda dengar. Fasilitas lain yang tersedia di sini antara lain warung makan, gazebo dan toilet.

Untuk spot berfoto juga dilengkapi dengan rumah pohon kayu dan bambu. Harga tiket masuknya hanya 5.000 Rupiah. Sehubungan dengan parkir dengan harga Rp 5.000.

3. Air Terjun Jenggala

objek wisata di Banyumas
foto: https://www.instagram.com/intan.occ/

Properti wisata Banyumas terletak di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III, Kalipagu, Ketenger, Baturaden. Arusnya berasal dari pertemuan dua sungai yang membuat pemandangan di tempat ini sangat mengesankan. Harga tiketnya sendiri hanya Rp 8.000.

Ketinggiannya kurang lebih 30 meter, untuk menuju lokasi Anda harus berjalan kaki kurang lebih 800 meter. Ada dua pilihan untuk naik ojek atau berjalan kaki. Untuk kendaraan pribadi, Anda harus menitipkannya pada penghuni. Namun, bagi yang memiliki jiwa petualang, tidak ada salahnya berjalan kaki.

Pemandangannya sangat menawan dengan pipa tenaga air besar yang terhampar. Dari kejauhan Anda juga bisa melihat kehebatan Gunung Slamet. Namun, jangan biarkan keindahannya membuai Anda hingga terlelap. Karena jalannya cukup terjal, licin dan lumayan susah.

Salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan adalah hadirnya spot-spot hits foto yang instagrammable. Dimana background fotonya adalah air terjun yang jatuh. Ada juga jembatan warna-warni yang menjadi ikon air terjun. Fasilitas disini sudah lengkap.

Ada toilet bersih, mushola yang terawat dengan baik, dan beberapa warung makan dan minum tersedia untuk dibeli. Waktu terbaik mengunjungi tempat wisata di Banyumas adalah musim peralihan. Dimana kondisi air masih sangat jernih dengan drainase air yang cukup deras.

Ketimbang datang saat musim hujan, warna airnya agak keruh jadi kurang bagus dijadikan background foto. Pada musim kemarau air sedikit mengering. Drainase air tidak terlalu deras.

4. Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman

objek wisata di Banyumas
foto: https://www.instagram.com/sheilakhariza/

Jenderal Sudirman, salah satu tokoh nasional, pahlawan nasional yang cukup terkenal atas aksi heroiknya dalam merebut kemerdekaan. Tidak hanya di Jogja. Museum yang menilai dirinya juga hadir di Banyumas. Dari kejauhan Anda bisa melihat patung dirinya sedang menunggang kuda.

Beratnya sekitar 5,5 ton dan tingginya 4,5 meter. Terbuat dari perunggu asli. Tempat wisata di Banyumas, Jawa Tengah ini menyuguhkan foto dan diorama dari perjalanannya merebut kembali kota Yogyakarta. Tak hanya Diorama, kamu juga bisa melihat dua tank tempur dalam waktu bersamaan.

Bobotnya sendiri bisa mencapai 137 ton saat bobotnya kosong. Dan tambahkan 6 ton saat Anda siap bertempur. Diproduksi tahun 1952, ada koleksi tambahan berupa senjata ringan.

Untuk fasilitas lain yang sudah ada di museum ini adalah Food Court. amphitheater, gazebo, menara pandang, toilet, musala, taman bermain, panggung terbuka. Dengan tiket masuk hanya 5 ribu.

5. Air Terjun Lima Kedungbanteng

tempat wisata di banyumas
foto: https://www.instagram.com/rediraptors/

Tempat wisata di Banyumas ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki air terjun lainnya. Benar, ada lima aliran air yang bisa mengejutkan Anda.

Suasananya sangat menawan, sangat sejuk, teduh dan tenang. Ada banyak bebatuan yang bisa Anda nikmati.

Di bawah aliran air ini terdapat kolam yang cukup lebar dan menyegarkan untuk menyentuh kulit. Dari tempat parkir hingga lokasi air terjun Anda bisa menikmati wisata dengan pemandangan yang menawan. Namun, Anda harus berjalan-jalan dulu dan cukup melelahkan.

Tak jauh dari tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai menu makanan dan minuman hasil kerajinan Banyumas. Lokasi tempat wisata Banyumas ini berada di Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng. Cara menuju air terjun ini cukup sulit. Jadi lebih baik menggunakan panduan.

Kunjungi juga -> 12 tempat wisata di Purwokerto yang paling menarik

6. Wisata Husada Kalibacin

tempat wisata terbaru di banyumas
foto: https://www.instagram.com/mbakdiha/

Tempat wisata di banyumas ini terletak di desa tambaknegara, kecamatan rawalo. Pemandian ini mengandung sulfur, magnesium, kalsium, nitrit, dan sulfat yang bagus untuk kulit. Mampu menyembuhkan berbagai penyakit. seperti rematik, nyeri, tulang dan saraf.

Ada 3 jenis kolam dengan manfaat seperti saraf, tulang dan belerang. Ada juga kolam renang khusus untuk anak kecil. Tak hanya soal pemandian, di sini juga terdapat mata air yang tak pernah kering, meski musim kemarau tiba.

Sejarah mengatakan bahwa tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1892. Tidak jauh dari sini terdapat sebuah penginapan. Warung makan juga tersedia. Ada beberapa makanan khas Banyumas yang bisa Anda santap.

7. Air Terjun Nangga

Tempat wisata di Banyumas Purwokerto
foto: https://www.instagram.com/ruwang_waktu/

Tempat wisata di Banyumas ini memiliki keindahan yang luar biasa dikenal juga dengan sebutan Negeri Angin. Memiliki tujuh tingkat berupa tangga.

Memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter hingga 20 meter. Nama nangga sendiri diberikan karena bertingkat-tingkat seperti tangga.

Lokasi kawasan ini terletak di Desa Petahunan, Kecamatan Ajibarang. Berada di ketinggian kurang lebih 1200 meter di atas permukaan laut. Anda juga bisa melihat air terjun yang mengalir berupa teras-teras dan terasering seperti di Bali. Serta sawah yang mengesankan.

Harga tiketnya sendiri sekitar 10 ribu. Dari tempat parkir menuju lokasi Anda harus berjalan kaki sekitar 800 meter. Jadi persiapkan tenaga dengan baik agar bisa naik ke puncak.

Tempat ini tidak ada warung jadi sediakan air minum dan makanan. Jangan lupa membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan Curug Nangga tetap terjaga.

Di sekitar air terjun terdapat banyak spot instagrammable yang bisa kamu abadikan dalam bentuk foto maupun video. Hati-hati, bebatuan ini agak licin apalagi saat hujan. Jangan lupa untuk membawa pakaian, karena jika tidak bermain air di sini, rasanya tidak ingin ke Curug Nangga.

8. Masjid Saka Tunggal

Tempat wisata di Banyumas Jawa Tengah
foto: https://www.instagram.com/hani.rmdhn/

Tempat wisata di Banyumas selanjutnya adalah Masjid Saka Tunggal yang terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dibangun pada 1288 M. Pendirinya adalah Mbah Tolih, seorang tokoh masyarakat yang menyebarkan ajaran Islam.

Nama lain masjid ini adalah Baitussalam yang unik ditopang hanya oleh satu tiang atau dalam bahasa Jawa disebut Saka.

Anda juga bisa melihat dinding anyaman bambu. Untuk ekuitasnya mencapai 100 jamaah. Ciri unik lainnya adalah keberadaan monyet jelajah.

Menurut warga sekitar, ratusan kera tersebut diyakini sebagai santri nakal. Mereka tidak akan menyerang Anda dan terlihat lebih manja. Apalagi jika diberikan makanan seperti jagung atau roti. Jangan lupa untuk berkunjung dan berdoa disini, tentunya menarik untuk melihat tingkah laku monyet ini.

9. Mandi pitu

tempat wisata alam di banyumas
foto: https://www.instagram.com/mz.nan/

Anda mungkin sudah tahu dari namanya saja bahwa tempat ini memiliki 7 aliran air. Wisata Banyuma memiliki ketinggian hanya sekitar 1 meter yang terbentuk dari belerang yang mengalir ke bawah dan membentuk busur.

Air ini mengeluarkan asap hijau kecoklatan yang panas. Sebelum memasuki kamar mandi Anda harus menuruni banyak anak tangga. Menariknya, Anda bisa melihat banyak pemijat yang menggunakan metode air belerang di kawasan ini. Harga mulai dari 10 ribuan saja.

10. Sendang Malaikat

wisata terakhir di Banyumas
foto: https://www.instagram.com/verr_ronicc/

Terletak di desa Karangsalam, Sendang Bidadari merupakan sebuah tempat wisata di Banyumas yang tidak pernah sepi. Bahkan selalu direkomendasikan oleh masyarakat sekitar saat menanyakan tempat-tempat terindah di Baturaden. Salah satu ciri khas kawasan ini adalah pintu masuknya yang menyerupai goa.

Persiapkan fisik jika ingin ke sini. Jalan masih tertutup tanah licin saat musim hujan tiba. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu 45 menit jalan kaki. Dengan tantangan naik turun tebing, masyarakat sekitar menamakan jalur ini Gua Lawang.

Keunikan lain dari tempat ini adalah adanya dua buah air terjun yang mempesona. Selain itu, Anda juga bisa menikmati air yang jernih dimana banyak ikan-ikan kecil berkeliaran. Disarankan untuk datang ke tempat ini pada jam 10.00 pagi. Jangan terlambat.

Jalan menuju sumbernya berada di pedalaman hutan, akan sangat berbahaya jika anda pergi pada malam atau malam hari. berjalan di malam hari. Jangan lupa siapkan perbekalan berupa air minum dan makanan.

Karena Anda tidak akan menemukan toko di jalan. Namun, jangan lupa untuk mengembalikan sampah Anda dan membuangnya pada tempatnya.

Kunjungi juga -> 11 Tempat Wisata Keren di Kabupaten Banjarnegara

11. Curug Bayan

tempat wisata keluarga di banyumas
foto: https://www.instagram.com/haniifah08/

Tempat wisata di Banyumas ini terletak di Dusun II, Ketenger, Baturaden. Harga tiketnya sendiri mulai dari 7 ribu rupiah. Ketinggian air terjun ini sendiri mencapai 7 meter. Di sini Anda bisa menikmati kolam renang dengan luas 300 meter. Memiliki kedalaman 2 meter sampai 5 meter.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah musim kemarau. Dimana, di dalam kolam airnya hanya 1 meter, jadi cukup aman untuk anda berendam dan bagi yang ingin belajar berenang. Airnya sangat jernih dan menyegarkan saat disentuh kulit. Dijamin kamu tidak akan bosan disini.

Satu hal yang sayang untuk dilewatkan adalah menginap di Curug Bayan Inn. Ada villa yang disewakan dengan harga hanya 450 ribu per malam. Kondisinya sangat nyaman, kebanyakan menggunakan kayu. Jangan lupa untuk membawa kamera karena hampir seluruh areanya merupakan spot foto.
Di sekitar air terjun Anda akan disuguhkan dengan hangatnya tempe mendoan khas Banyumas dan sambal. Berbagai penghangat tubuh juga tersedia di sini. Toilet dan musala juga disediakan dan cukup bersih.

12. Hutan petualangan Baturraden

tempat wisata terbaru di banyumas
foto: https://www.instagram.com/wafdaa2007/

Tempat wisata di banyumas ini terletak di desa karangsalam. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Seperti, riverboarding yang mengajak Anda meluncur dari ketinggian 700 meter. Ikuti arus Pelus melalui jalur yang berkelok-kelok sejauh 150 meter. Air sungai sangat jernih dan menyegarkan saat menyentuh kulit.

Jika Anda memiliki adrenalin yang tinggi. Tidak ada salahnya mencoba wahana Rappelling. Anda akan diuji dengan naik turun tebing dengan peralatan keamanan yang tinggi. Untuk pemula, Anda akan diuji dengan bantalan gosok. Bagi yang sudah professional ada Curug Moprok dengan ketinggian 60 meter dan jalur yang sangat menantang.

Ada tali-tali tinggi lainnya yang terintegrasi dengan kondisi hutan. Ada tiga lagu yang bisa Anda temukan di tempat ini. Seperti sungai Pelus, Moprok dan Kintamani. Tidak hanya akan mendapatkan tali yang tinggi, kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai tantangan seru yang bisa membuat hatimu bergetar.

Area ini memiliki area camping yang cukup luas. Memiliki banyak fasilitas seperti tenda, kayu bakar. peralatan masak, pancuran, wastafel, kantong tidur dan masih banyak lagi.

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Forest Trekking. Anda bisa melakukan aktivitas ini dengan berjalan kaki melewati hutan. Ada dua track yang dihadirkan. Gunung Slamet dengan waktu tempuh hingga 6 jam atau sungai berbatu yang mengalir di sepanjang lereng gunung dalam waktu 5 jam.

Ada fasilitas lain untuk Anda nikmati. Dimulai dengan mengumpulkan dan pelatihan keluar. Untuk harga tiket, silakan hubungi administrator. Karena setiap kendaraan memiliki harga yang berbeda.

13. Curug Carang

air terjun di Banyumas
foto: https://www.instagram.com/inkrisnd/

Curug Carang terletak di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Untuk menuju objek wisata ini, Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra. Karena jalan menuju lokasi cukup terjal. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Memiliki dua aliran, yang pertama 30 meter dan yang kedua 10 meter.

Yang menarik dari tempat ini adalah kamu harus menempuh perjalanan yang mengasyikkan dengan berpegangan pada tali agar tidak terjatuh. Airnya sangat dingin tapi segar saat menyentuh kulit. Namun, keindahan tebing dan pepohonan menjadi daya tarik tersendiri yang sulit untuk dilewatkan.

14. Silent Lake

Danau Baturraden yang sunyi
foto: https://www.instagram.com/radityohari/

Tempat wisata di Banyumas ini memang mengesankan. Nama sunyi yang disematkan bukan karena suasananya tidak sibuk. Sebaliknya, itu singkatan dari surga yang tersembunyi. Letaknya di lereng Gunung Slamet. Menariknya, danau ini berada di tengah hutan pinus damar yang membuat suasana sejuk dan damai.

Untuk tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah. Anda bisa mencoba pergi ke pedesaan untuk melihat alam daerah ini dengan adanya persawahan. Setelah jalan kaki memutar anda bisa menikmati air terjun yang tidak terlalu tinggi, arusnya langsung turun ke danau.

Di bawah arus air terjun Anda akan menemukan kolam renang dengan kedalaman 2 meter hingga 6 meter. Sangat jelas sehingga Anda bisa berenang sekaligus menyelam untuk melihat bebatuan yang memantulkan cahaya. Telaga yang tenang ini juga sering digunakan warga untuk bermeditasi, mohon sopan dan jaga kelakuan Anda selama berada di sini.

15. Bukit Tranggulasih

wisata malam di Banyumas
foto: https://www.instagram.com/farhan_nur_fauzi/

Tempat wisata terbaru di Banyumas ini terletak di Desa Windujaya. Pesona yang tidak akan terlupakan di sini adalah pemandangan matahari terbit. Luas permukaannya 6,7 ​​hektar. Anda bisa berkunjung ke sini pada sore hari. Kemudian berkemah di atas dan lihat betapa menariknya Purwokerto di malam hari.

Kemudian Anda juga bisa menikmati sunrise yang menawan di sini pada pagi hari. Jangan lupa bawa air dan makanan karena tidak ada warung di sepanjang jalan menuju puncak bukit. Trek yang Anda lalui juga cukup sulit dengan kontur naik turun.

Tersedia pula berbagai fasilitas, seperti gazebo untuk beristirahat. Toilet dan musala. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah saat musim kemarau. karena jalannya tidak mulus dan Anda mencapai puncak dalam waktu 30 menit sampai 40 menit.

16. Curug Cipendok

air terjun tersembunyi di baturraden banyumas
foto: https://www.instagram.com/ika_wahyuningsih2/

Perjalanan terakhir yang kami rekomendasikan adalah Curug Cipendok. Terletak di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Untuk harga tiket mulai 10 ribu rupiah. Kawasan ini telah diperkenalkan dan dibuka untuk umum sejak tahun 1982.

Dengan ketinggian yang mencapai 92 meter. membuat pesona tempat wisata di banyumas ini semakin berkesan. Dipadukan dengan udara yang sejuk dan suasana di sekitarnya begitu memanjakan mata. Tidak salah jika dijadikan sebagai tempat penyegaran di akhir pekan.

Sayangnya air terjun ini sedang mendung karena adanya proyek PLTA. Untuk bisa menuju ke lokasi. Pertama-tama Anda harus berjalan kaki sekitar 500 meter. Diperlukan waktu sekitar 20 – 35 menit untuk sampai. Jalan yang harus Anda lalui adalah bebatuan.

Meski melelahkan, dengan sedikit keberuntungan kamu akan dihibur oleh berbagai binatang seperti elang dan monyet. Bagi kamu yang cukup jeli bisa melihat pesona anggrek hutan yang luar biasa indahnya. Serta berbagai tumbuhan liar lainnya.

Ada banyak fasilitas di sekitar air terjun. Ada gazebo, toilet bersih, mushola, dan warung yang menawarkan berbagai menu makanan khas khususnya sate. Anda juga bisa pergi ke puncak tebing yang berjarak 100 meter. Disini tempat untuk foto dengan background air terjun yang cantik.

Review Sebelumnya -> 13 Tempat Wisata di Wonosobo Kecuali Dieng #MurahMeriah

Tempat wisata di Banyumas sangat mengesankan. Anda tidak hanya menikmati kawasan pegunungan dengan banyak air terjun atau air terjun. Ada juga sebuah danau dan area perbukitan yang bagus. Jangan lupakan wisata religi yang unik dan kagumilah.

Jelajahi tempat wisata terindah di Semarang



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply