Tempat wisata di Karawang perlahan mulai menunjukkan pesona indahnya. Mulai dari air terjun, pantai, perbukitan. gua, danau, museum. Kita tidak boleh melupakan sejarah panjang kawasan di Jawa Barat ini. Jadi kota itu dijuluki sebagai kota basis pertempuran.

Menurut catatan sejarah, kawasan ini sudah lama dihuni manusia. Teori ini dibuktikan dengan ditemukannya situs Batujaya. Dimana perumahan modern telah dibangun, yang menarik adalah rumah ini sudah ada sebelum kerajaan Tarumanegara ada.

Pada tahun 1662, Karawang tercatat sebagai penghasil utama lumbung padi di pulau Jawa. Berkat keberhasilan tersebut, Raden Adipati Singaperbangsa dengan gelar Kertabumi IV diangkat menjadi Bupati pertama pada tanggal 14 September 1633. Sekaligus dijadikan sebagai hari lahir Kabupaten Karawang.

Tidak hanya menarik dari sisi sejarahnya. Kota Pangkal Perjuangan juga mempesona dari segi pariwisata. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Karawang untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman.

1. Air Terjun Cigentis

Bepergian ke Karawang
foto: https://www.instagram.com/syams2811/

Wisata pertama di Karawang yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Cigentis yang terletak di lereng Gunung Sanggabuana. Menjadi salah satu dari sekian rangkaian air terjun di Pegunungan Loji. Berada di ketinggian 1000 mdpl menjadikannya sejuk dan sejuk.

Tingginya sendiri mencapai 25 meter dan memiliki cerita menarik di dalamnya. Dulu, tempat ini tidak memiliki air sama sekali. Kemudian Prabu Siliwangi mengirimkan tentaranya untuk meminta bantuan kepada Wali Songo, yang kebetulan sedang mendidik Islam di daerah tersebut.

Dengan doa yang tidak pernah berakhir, keluarlah air. Salah satu pendekar Prabu Siliwangi yang bernama Nyai Gentis tak tega melihat limpahan air hingga akhirnya ia terjun dan menikmatinya. Itulah mengapa nama air terjun ini adalah Cigentis.

Dari tempat parkir ke lokasi Anda harus berjalan kaki 300 meter terlebih dahulu. Pemandangan yang disajikan tidak mengecewakan. Jadi perjalanannya tidak terasa. Anda juga bisa menikmati malam di tempat ini dengan mendirikan tenda.
Biasanya saat liburan sekolah kawasan ini akan ramai dengan wisatawan yang ingin bermalam di Curug Cigentis. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap. Dimulai dengan mushola, toilet dan beberapa warung makan dan minum.

Untuk harga tiketnya sendiri Rp 20.000 akan dikenakan tambahan Rp 5.000 per tenda bagi Anda yang ingin berkemah. Tempat wisata di Karawang ini terletak di desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

2. Pantai Sedari Karawang

berwisata di Karawang

foto: https://www.instagram.com/fifianasholiha/

Kawasan ini bisa dikatakan sebagai tempat yang paling sulit untuk dikunjungi saat melakukan perjalanan melalui Karawang. Namun, dengan pembangunan yang terus berjalan, telah menjadi ikon pariwisata baru yang tidak dapat tergantikan. Karena keindahannya tak kalah dengan panorama pantai Banten dan Jogja.

Wisata Karawang memiliki panorama mangrove yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Anda juga bisa berjalan-jalan dan melihat beberapa hewan yang hidup di sini.

Untuk itu anda harus menyewa perahu nelayan dengan harga Rp 20.000 / orang. Harga tiket masuk belum ditarik. Namun, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk kendaraan bermotor.

3. Desa boneka

Boneka adalah salah satu mainan yang bisa Anda beli untuk anak-anak. Bisa juga digunakan sebagai hadiah ulang tahun. Bentuknya yang lucu dengan karakter yang berbeda-beda membuatnya layak dibeli dan bisa dijadikan koleksi. Seperti halnya salah satu tempat wisata di Karawang.

Di Desa Boneka Anda dapat membeli berbagai bentuk dan ukuran. Dari harga Rp 10.000 hingga jutaan rupiah. Kualitas kain yang digunakan cukup bagus dan lembut. Dengan warna dan karakter yang sangat detail. Tak heran jika banyak orang yang menyerbu kawasan ini.

4. Pantai Tanjung Baru

tempat wisata di Karawang
foto: https://www.instagram.com/didin_8.9/

Daerahnya yang berada di pesisir Laut Jawa membuat Karawang diberkati dengan banyak pantai. Salah satunya adalah Tanjung Baru yang memiliki pesona yang mengagumkan dan mencengangkan. Ombaknya juga sangat bersahabat dengan wisatawan yang ingin mandi atau berenang.

Tempat wisata di Karawang ini dulunya berupa hutan lebat yang ditebang dan jalur akses dibuka. Tak heran jika di beberapa tempat airnya keruh.

Fasilitas yang ditawarkan cukup beragam dan banyak. Mulai dari panggung hiburan. Dimana banyak sekali hiburan yang disajikan disini setiap minggunya. Dari penampilan artis lokal hingga artis terkenal. Selain itu, terdapat juga pasar tradisional yang menjual berbagai jenis sembako. Dengan harga yang tidak terlalu mahal

Untuk memanjakan wisatawan, pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai jenis perahu untuk Anda beraktivitas. Tak perlu membawa barang apa pun dari rumah, di sini sudah tersedia beberapa warung dengan menu kuliner yang enak.

Nah, ada hal unik yang bisa Anda temukan di sini. Di mana Anda bisa menyewa perahu dan menikmati makanan di atas kapal. Sungguh, betapa romantisnya jika itu terjadi pada Anda. Anda tidak perlu membayar apa pun untuk harga tiket masuk. Kecuali tempat parkir yang dipatok Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk mobil.

Alamat kawasan ini terletak di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Indramayu.

Kunjungi juga -> 13 tempat wisata di Cirebon

5. Puncak Sempur

tempat wisata di Karawang
foto: https://www.instagram.com/riswaa_/

Setelah puas dari pantainya, saatnya untuk mendinginkan diri di Puncak Sempur yang memiliki keindahan luar biasa. Berada di ketinggian 712 mdpl membuat suasana di tempat ini sangat nyaman, menyenangkan dan membuat hati senang. Harga tiket yang harus Anda bayar adalah Rp 10.000.

Masih ditambah biaya parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000. Tak hanya menikmati negeri di atas awan Karawang. Bagi Anda yang menyukai tantangan dan pemandangan yang menawan, tidak ada salahnya berkemah di tempat ini.

Tempat wisata di Karawang ini memiliki banyak sekali spot foto yang mengesankan. Alasan paling tepat kenapa harus kesini adalah pemandangan pagi yang sayang untuk dilewatkan.

Jangan lupa bawa sampah plastik sendiri dari rumah. Kemudian buang limbah Anda. Biarkan lingkungan Puncak Sempur bersih dan alami. Tanpa adanya limbah. Buang di tempat paling bawah. Karena keindahan suatu tempat wisata akan hilang bila ada sampah, maka jagalah alam dan tanah ini.

6. Kuil Sian Jin Ku Poh

tempat wisata di Karawang
foto: https://www.instagram.com/fu_cen/

Tempat peribadatan ini terlihat menarik dari sisi bangunannya yang bercorak merah. Usianya yang telah memasuki ribuan tahun menjadi saksi sejarah kehidupan masyarakat Tionghoa di Karawang. Di area yang lebih luas Anda dapat menghadiri berbagai jenis pertunjukan dan upacara adat.
Salah satunya adalah perayaan Imlek yang begitu megah dan meriah. Sejarah mencatat bahwa nama candi ini sendiri diambil dari pendirinya yang bernama Sian Jin Ku Poh. Itu berlayar dan berhenti di tempat ini pada tahun 1700.

Selain itu, rombongan mereka menetap dan bertempat tinggal di tempat tersebut sehingga terciptalah dusun yang dikenal dengan nama Dusun Banteng. karena dulu banyak banteng di daerah ini untuk melawan penjajahan Belanda.

Di dalam vihara terdapat sebuah guci yang merupakan pusaka bernama Hio Lo. Menariknya, setelah dibangunnya Kuil Sian Jin Ku Poh, hingga kini belum diketahui keberadaannya. Ada beberapa anggapan bahwa dia tersesat karena titisan seorang dewi.

Biara yang berdiri megah ini pernah terbakar. Untungnya, Hio Lo berhasil diselamatkan. Saat ini pusaka tersebut ditempatkan di sebuah tempat suci. Ini digunakan sebagai bantuan ritual selama ibadah.
Tempat wisata di Karawang ini masih mempertahankan sistem toleransi antar umat beragama yang cukup kuat. Buktinya pada perayaan Imlek, bahkan mereka yang pindah agama pun diizinkan untuk mengikuti perayaan ini.

7. Gunung Sanggabuana

Wisata Alam Karawang
foto: https://www.instagram.com/agoes_bimaa/

Pegunungan merupakan obyek wisata yang cukup menarik. Meski harus berjuang dengan medan yang sulit. Namun, pemandangan yang tidak akan mengkhianati usaha menjadi daya tarik dan sulit untuk ditolak. Seperti Gunung Sanggabuana dengan ketinggian 1291 meter di atas permukaan laut.

Lama perjalanan kurang lebih 5 jam hingga 7 jam bagi pendaki pemula. Selama tur Anda harus melalui lereng yang berbeda. Seperti picung dan kopi yang menguras banyak tenaga. Ada juga yang namanya Tanjakan Dua jan. Konon, Anda harus naik selama 2 jam.

Bagian atasnya sendiri terdiri dari dua, untuk yang pertama Anda akan melihat begitu banyak macom suci. Sering dikunjungi para peziarah, terutama pada malam Jumat. Di puncak kedua atau disebut cimonyet, titik tertingginya ada di Gunung Sanggabuana.

Banyak pendaki memilih mendaki pada siang hari. Kemudian nikmati pemandangan matahari terbenam di sore hari. Kemudian lihat Milky Way dan lengkapi dengan pesona matahari terbit yang luar biasa. Udara yang dingin sepertinya turut memberikan kesan atmosfer tempat ini.

8. Kuil jiwa

candi di karawang
foto: https://www.instagram.com/alivikry/

Menurut penelitian, kawasan ini terdiri dari 62 candi dan berbagai peninggalan seperti arca, manik-manik, artefak, menhir dan berbagai makam kuno untuk Anda nikmati. Lokasinya sendiri berada di tengah persawahan. Konon dulu kawasan ini sering digunakan untuk peternakan oleh warga sekitar.

Namun ada yang aneh, karena dalam memelihara seekor sapi pasti seekor sapi mati tanpa sebab yang jelas. Itulah mengapa disebut kuil jiwa. Mereka menganggap kematian sebagai korban jiwa kepada tuhan.

Sumber lain menyebutkan bahwa tempat ini sebenarnya bernama Siwa. Namun, aksen Sunda yang kental mengubah namanya menjadi soul. Tingginya sendiri hanya 4,7 meter dengan luas 13 x 19 meter. Karena tidak ada pintu, Anda bisa masuk dari tenggara atau barat daya.

Dari segi arsitektur, Anda melihat daerah ini sebagai bunga teratai. Di tengahnya terdapat sebuah lingkaran yang konon pernah berdiri sebuah patung Buddha. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi candi ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Kunjungi juga -> 20 tempat wisata di Kuningan

9. Candi Blandongan

tur terakhir di Karawang
foto: https://www.instagram.com/sds_sony/

Masih di Kompleks Peninggalan Sejarah Batujaya konon terdiri dari 24 situs. Beberapa penduduk setempat meyakini kawasan ini dulunya adalah kuil besar. Sayangnya, saat ini hanya tersisa reruntuhan. Usai menikmati Candi Jiwa, tak jauh dari situ ada Blandongan yang tak kalah menarik.

Kedua situs ini merupakan candi tertua di Jawa Barat menurut para ahli sejarah. dengan bata merah dan ada tangga. Di dalamnya terdapat beberapa penemuan seperti Jimat, amulet yang ditanam seseorang saat berkunjung ke suatu tempat. Bisa juga digunakan untuk mengusir bala bantuan.

Ada juga gerabah. Juga ditemukan rekor emas 16 karat. Huruf Pallawa dan Sansekerta ditulis. Hal menarik lainnya adalah ditemukannya kerangka manusia dengan bantuan berbagai perhiasan seperti manik-manik, kaca, tanah, batu.

10. Pantai Tanjung Pakis

perjalanan terakhir di Karawang
foto: https://www.instagram.com/anwarrr_14/

Tempat wisata di Karawang ini memiliki luas pantai hingga 7 kilometer dengan luas 350 hektar. Tempat wajib yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dari Karawang sendiri maupun dari luar. Panjang pantainya diiringi ombak yang lembut, sehingga Anda bisa bermain berbagai macam hal di sini.

Mulai dari berenang, bermain pasir, layang-layang terbang, sepak bola, bola voli dan masih banyak lagi. Bahkan, ada beberapa keluarga yang memanfaatkannya untuk mengobrol dan menikmati menu makanan yang berbeda. Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi.

Transportasi umum belum tersedia di sini. Harga tiketnya sendiri cukup murah, hanya 5.000 Rupiah. Ditambah dengan biaya parkir yang harus Anda bayarkan yaitu Rp 20.000 bagi yang menggunakan mobil, bagi yang mengemudikan kendaraan bermotor dikenakan Rp 10.000.

Jika ke tempat ini jangan lupa luangkan waktu untuk menikmati berbagai menu ikan yang enak dan menggugah selera. Ada cumi-cumi, udang, kakap, gurame dan masih banyak lagi. Bisa digoreng, atau digoreng dan diolah dengan kuah asam manis atau dipadukan dengan sayuran lainnya. Harganya pun tidak terlalu mahal, mulai 50 ribu untuk dua orang.

11. Gua Dayeuh

hits tempat wisata di Karawang
foto: https://www.instagram.com/syifaakmar/

Gua ini tergolong unik karena strukturnya seperti benteng yang terbentuk dari batuan sedimen. Soal umur, jangan tanya lagi, sudah ada hampir ratusan tahun. Di dalamnya, Anda bisa melihat tebing dengan ketinggian hampir 15 meter.

Ada juga sumur citaman yang biasa digunakan warga untuk mencuci pakaian, mandi, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya eksotis dengan pemandangannya. Goa Dayeuh juga menawan dengan kacamata mistisnya. Tidak sedikit orang yang datang ke tempat ini.

Biasanya mereka melakukan pertapaan selama beberapa hari dan meminta restu agar bisa sukses dan menjadi kaya. Malam Jumat Suro adalah waktu terbaik untuk melakukan ritual jenis ini.

12. Situ Kamojing

wisata keluarga di Karawang
foto: https://www.instagram.com/segara_hegar/

Kawasan ini merupakan danau dengan luas sekitar 60 hektar. Digunakan untuk berbagai kebutuhan. Seperti pengairan sawah, rekreasi dan masih banyak lagi. Keuntungan terbesar, bagaimanapun, adalah reservoir air hujan.

Sebab, kawasan tersebut tidak pernah mengalami banjir. Anda harus terlebih dahulu memiliki izin untuk memasuki area tersebut. Biasanya warga yang mendapat izin memancing di sekitar danau. Pemandangan terbaik adalah pada sore hari.

Anda bisa menikmati keindahannya dari sebuah kafe di pinggir danau. Setiap Agustus. Kawasan ini akan dipadati dengan kegiatan Gubyuk Guyub sebagai acara memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Tertarik dengan area ini?

Lokasinya berada di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Biaya masuknya gratis. Ada biaya parkir saja, Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lihat juga -> 18 tempat wisata di Sumedang

13. Museum Situs Batujaya Tarumanegara

Lokasi Museum Batujaya Tarumanegara terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di tempat ini Anda akan bisa melihat berbagai peninggalan kerajaan Tarumanegara.

Sebelum jam buka, setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Dengan koleksi 165 buahnya, akan memastikan bahwa Anda yang menyukai sejarah tidak ada salahnya untuk pergi ke tempat ini.

14. Tugu Rawagede

perjalanan terakhir di Karawang
foto: https://www.instagram.com/_raprilia/

Monumen ini terletak di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sebuah situs sejarah berbentuk kerucut, memiliki dua lantai. Ada banyak diorama yang bisa Anda nikmati. Di bagian luar Anda bisa melihat beberapa relief tentang pembantaian tahun 1947.

Tak hanya soal sejarah, kamu juga bisa menikmati taman dengan berbagai jenis pohon hias dan pohon tinggi yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh. Disini juga terdapat ruangan dengan kapasitas 50 pengunjung yang bisa Anda sewa untuk berbagai jenis pertemuan.

Di sebelahnya, Anda bisa melihat 181 korban pembantaian dimakamkan di sana saat berziarah. Sudah ada nama. Jumlah korban sebenarnya 400 orang. tetapi beberapa diangkut ke sungai ketika mayat mereka dibuang.

15. Lapangan Karawang

Kawasan inilah yang menjadi pusat berkumpulnya warga Karawang. Hampir setiap hari, terutama di pagi hari dan & # 39; di malam hari, kawasan ini sepertinya tidak pernah sepi dari wisatawan. Mereka datang untuk berbagai tujuan. Ada yang ingin berolahraga, ada yang ingin kuliner, jalan-jalan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya pedagang kecil, pemilik toko juga menjual kuliner khas yang sudah jadi. Saat liburan sekolah, di daerah tersebut akan lebih ramai pada malam hari. Di kawasan ini juga terdapat Masjid Agung Karawang yang konon merupakan masjid tertua di Pulau Jawa.

16. Bendungan Walahar

Tempat wisata di Karawang Jawa Barat
foto: https://www.instagram.com/halokrw/

Bendungan ini terletak di Desa Kutapuhaci, Desa Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Dilihat dari kejauhan begitu menawan dengan bangunan klasik berwarna kuning. Membelah aliran sungai ke dua arah, barat dan utara, yang juga digunakan untuk mengairi sawah.

Panjangnya 200 meter dan tinggi 150 meter. Memiliki 4 pintu yang dioperasikan dari lantai 2, sedangkan untuk lantai satu digunakan sebagai jalan pintas yang menghubungkan 2 kecamatan. Selain itu tempat ini juga dijadikan sebagai kawasan wisata.

Banyak wisatawan yang tidak mau melepaskan setiap momen romantis yang biasanya hadir di sore hari. Arsitektur bendungan juga sama mengesankannya. Ini dipengaruhi oleh gaya Eropa dan Cina, di mana Anda dapat melihat gambar naga yang melambangkan feng shui.

Bagi Anda yang suka memancing, tidak ada salahnya mencoba peruntungan di sini. Warga juga sering memancing dengan jaring. Tepatnya, di bawah gedung. Anda juga akan diperlihatkan wahana sepeda air yang bisa digunakan untuk berkeliling.

Harga tiket masuk, tidak hanya biaya parkir saja yang dikenakan. Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor. Untuk menyewa perahu kayuh Rp 20.000. Sempatkan diri Anda untuk pergi ke tempat ini, ikon wisata Karawang yang menarik untuk dinikmati.

Ulasan sebelumnya -> 18 tempat wisata di Purwakarta

Perjalanan menjelajahi kota Pangkal Perjuangan selesai. Banyak sekali cerita dan kenangan untuk kamu nikmati sembari menjelajahi tempat wisata di Karawang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kawasan wisata terutama yang menyangkut sampah / Karena siapapun anda wajib menjaga dan melestarikan satwa liar Indonesia.

Jelajahi tempat wisata terindah di Semarang



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply