Tempat wisata di Siantar – Teman Horas DifaWisata.com dimanapun kamu berada Sumatera Utara, yang terkenal dengan budaya Bataknya yang kental, tampaknya menyimpan banyak potensi yang dapat kita jelajahi.

Sumatera Utara mungkin identik dengan Danau Toba, pulau Samosir, Istana Maimun dan banyak objek wisata lainnya di Sumatera Utara.

Sebelumnya kami juga meninjau daftar tempat wisata di Medan yang bisa kami kunjungi selama liburan. Pindah ke kota lain, Pematangsiantar atau lebih dikenal dengan Kota Siantar, kota terbesar kedua di Sumatera Utara.

Ternyata ada banyak tempat wisata di Siantar yang bisa kita kunjungi untuk berlibur. Kota dengan luas sekitar 79,97 km2 Ini sekitar 128 km dari kota Medan, 50 km dari Prapat dan merupakan kota persimpangan bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Danau Toba.

Tempat wisata di Siantar, Sumatera Utara

Apa saja tempat wisata di Siantar yang asik dan menarik untuk dikunjungi? DifaWisata berikut ini merangkum sepenuhnya untuk Anda:

1. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im adalah patung raksasa dengan ketinggian 22,8 meter. Sampai artikel ini ditulis (pertengahan 2018), patung ini adalah patung tertinggi di Asia Tenggara.

Lokasi patung Dewi Kwan Im berada di Kuil Avalokitesvara. Biara ini adalah salah satu candi terbesar di kota Pematang Siantar. Biara ini digunakan setiap hari untuk kebaktian Cina yang tinggal di Pematang Siantar.

Patung Dewi Kwan Im via Medanwisata

Patung Dewi Kwan Im via Medanwisata

Menurut informasi yang beredar dibutuhkan sekitar 3 tahun untuk menyelesaikan patung Dewi Kwan Im. Total uang yang dibutuhkan untuk membuat gambar ini diperkirakan mencapai 9 miliar rupiah.

Karena ukurannya yang luar biasa, patung ini telah memenangkan hadiah MURI sebagai patung tertinggi di Indonesia.

Sejak pertama kali didedikasikan sekitar 2005, patung ini selalu disibukkan dengan turis. Dari wisatawan lokal hingga wisatawan dari luar daerah, mereka semua selalu tertarik menikmati keindahan patung ini.

Di lokasi Avalokitesvara Vihara, selain melihat dan mengambil foto dengan latar belakang patung dewi Kwan Im, wisatawan juga dapat menikmati berbagai penawaran wisata lainnya seperti: kolam ikan hias, patung Shio yang dilapisi, deretan patung Patung catur Mahadewa-Raja, dll.

Jika Anda tertarik mengunjungi patung Dewi Kwan Im, lokasinya ada di Jl. Pusuk Buhit, Karo, sel Siantar. Kota Pematang Siantar. Tempat ini terbuka untuk umum setiap hari dari & # 39; di pagi hari hingga & # 39; di malam hari.

Untuk dapat melakukan perjalanan ke tempat ini, pengunjung tidak perlu membayar sama sekali. Namun, pada waktu-waktu tertentu biara ini kadang-kadang akan ditutup sementara untuk umum dan hanya terbuka untuk komunitas Cina.

2. Air terjun Katasa

Air Terjun Katasa terletak di Kampung Tonduhan, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun. Sumatera Utara. Air terjun ini terletak tidak jauh dari perkebunan kelapa sawit milik PTPN IV.

Air Terjun Katasa via Medanwisata

Air Terjun Katasa via Medanwisata

Air Terjun Katasa terdiri dari dua air terjun dengan berbagai sumber aliran air. Karena memiliki dua aliran yang berbeda, air terjun ini juga dikenal sebagai Air Terjun Kembar.

Secara umum, air terjun ini masih cukup indah. Namun, karena tidak dikelola dengan baik, fasilitas dan kondisi lingkungan di sekitar tempat ini sangat terbatas.

Di air terjun ini Anda dapat melakukan berbagai jenis kegiatan wisata. Dari berenang, bermain air, hingga memancing, semuanya bisa dilakukan di air terjun ini.

Jika ingin mengunjungi tempat ini, tempat ini bisa dicapai dalam 1,5 – 2 jam dari pusat kota Pematang Siantar. Karena tidak dikelola secara profesional, pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya masuk.

Karena gratis, jangan harap Anda bisa mendapatkan fasilitas wisata yang cukup di tempat ini. Untuk mencapai lokasi air terjun ini sendiri, Anda sebenarnya harus melintasi persimpangan yang hanya selebar 1 meter tanpa batas – paling kiri – jika Anda tidak hati-hati, kehidupan dipertaruhkan.

Ya, meski sepertinya agak berbahaya, namun keberadaan persimpangan menjadi daya tarik tersendiri karena bisa merangsang adrenalin para pengunjung.

3. Air terjun Tonduhan

Objek wisata berikutnya di Siantar adalah air terjun Tonduhan. Air terjun ini terletak di desa Buntu Bayu, Kec. Tonduhan, Simalungun. Lokasi berada di tengah-tengah area Perkebunan Kelapa Sawit, milik PTPN IV.

Air terjun Tonduhan dalam hitungan detik

Air terjun Tonduhan dalam hitungan detik

Dari pusat Pematang Siantar, air terjun ini berjarak sekitar 33 km. Dalam keadaan normal, tempat ini dapat dicapai dalam waktu kurang dari 1,5 jam dengan kendaraan bermotor.

Dibandingkan dengan berbagai air terjun lainnya di provinsi Sumatera Utara, air terjun Tonduhan diklasifikasikan sebagai tidak begitu populer. Bahkan, penampilan air terjun ini tidak kalah menarik dari air terjun lainnya.

Kondisi lingkungan keseluruhan di sekitar air terjun ini masih cukup indah. Aliran air yang mengalir melalui air terjun ini cukup deras. Pada waktu-waktu tertentu (sering selama musim hujan) air yang mengalir dari air terjun ini akan menjadi agak keruh.

Di lokasi air terjun ini Anda bisa melakukan beberapa kegiatan wisata. Dari berenang, bermain air, mengambil foto dengan latar belakang air terjun hingga memancing, semuanya bisa dilakukan di lokasi ini.

Meski lokasi air terjun ini berada di daerah terpencil, namun secara keseluruhan lokasi ini cukup mudah dijangkau. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, yang semuanya dapat digunakan untuk mengakses pintu masuk ke air terjun ini.

Biaya masuk untuk air terjun ini masih gratis. Memang benar bahwa pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor harus membayar biaya parkir 5.000 rupee.

Oh dia, untuk urusan fasilitas wisata, tempat ini masih tergolong sangat terbatas. Karena itu, jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda harus menyiapkan semua kebutuhan Anda dari rumah.

4. Air terjun Mamabu

Masih berjuang di Kec. Hatonduan, ada destinasi air terjun lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Dibandingkan dengan dua air terjun sebelumnya, air terjun ini masih relatif baru dan tidak terlalu dikenal oleh wisatawan.

Air terjun Mamabu via Wizardtravel82

Air terjun Mamabu via Wizardtravel82

Secara umum, Air Terjun Mamabu cukup luar biasa. Kondisi lingkungan di sekitar air terjun ini sangat indah. Air yang mengalir ke air terjun ini juga tergolong sangat jernih.

Air Terjun Mamabu memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Debit air yang mengalir ke air terjun tidak terlalu besar, tetapi karena air terjunnya tinggi, aliran air menjadi sangat deras.

Karena kondisi airnya yang sangat jernih, air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang dan bermain air. Selain itu, karena penampilannya yang luar biasa eksotis, air terjun ini juga sangat cocok digunakan sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus melalui area perjalanan yang cukup menantang. Di area perkebunan PTPN IV, Anda harus melewati jalan berbatu. Tidak hanya itu, ketika ia tiba di tempat parkir, Anda masih harus berjalan di jalan setapak yang cukup curam.

Karena lokasi air terjun ini sangat terpencil, kami sarankan menggunakan bantuan pemandu lokal (minta bantuan dari masyarakat sekitar). Untuk biaya panduan ini Anda hanya dapat bernegosiasi.

Oh dia, untuk biaya pendaftaran, tempat ini dapat dikunjungi secara gratis – hanya tanpa membayar biaya pendaftaran. Biaya untuk parkir kendaraan (parkir di pertanian) bahkan gratis.

5. Perkebunan teh Sidamanik

Perkebunan teh Sidamanik adalah puncak kota Pematang Siantar. Ya, jika Kota Bogor memiliki kebun teh di daerah Puncak, maka Kota Pematang Siantar memiliki kebun teh di wilayah Sidamanik.

Perkebunan teh Sidamanik via Dimedan

Perkebunan teh Sidamanik via Dimedan

Perkebunan teh Sidamanik dapat dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu area perkebunan teh Toba Sari, area perkebunan teh Bah Butong dan area perkebunan teh Sidamanik. Kebun teh ini sudah ada sejak 1917 dan masih ada sampai sekarang.

Kebun teh Sidamanik tidak berbeda jauh dengan perkebunan teh di daerah Puncak Bogor dan juga menawarkan suasana perkebunan yang sejuk dan indah. Lokasi kebun teh ini sangat bagus untuk dijadikan tempat bersantai setelah bekerja sepanjang minggu.

Di sekitar area kebun teh ini Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata seperti pemandian alam dan wisata air terjun. Lokasi kebun teh Sidamanik tidak jauh dari Danau Toba. Setelah bermain di kebun teh Sidamanik, wisatawan biasanya meluangkan waktu untuk berhenti di Danau Toba.

6. Mandi alami Aek Manik

Pemandian Alami Aek Manik tidak jauh dari Perkebunan Teh Sidamanik. Pintu masuk ke tempat wisata ini adalah beberapa ratus meter sebelum lokasi perkebunan teh. Jika Anda meninggalkan kota Siantar, pemandian alami ini dapat dicapai dalam waktu kurang dari 1 jam.

Pemandian Alami Aek Manik

Pemandian Alami Aek Manik

Kondisi air di kolam alami Aek Manik sangat jernih. Raungan yang jelas, dasar Aek (sungai dalam bahasa Batak) terlihat jelas. Dikatakan bahwa menurut masyarakat setempat tempat ini digunakan untuk mandi keluarga kerajaan Damanik.

Akses ke perjalanan ke tempat ini cukup bagus. Belum untuk sampai ke lokasi pemandian, Anda masih harus berjalan puluhan anak tangga yang cukup curam.

Ketika Anda tiba di Aek Manik, Anda pasti akan segera terkejut – dan Anda ingin "menyiram" segera untuk berenang. Ya, karena kondisi airnya sangat jernih, semua orang yang mengunjungi tempat ini pasti akan tertarik berenang.

Hingga artikel ini ditulis (pertengahan 2018), Pemandian Alam Aek Manik masih dapat dikunjungi secara gratis. Pengunjung hanya diminta untuk memberikan sumbangan sukarela yang akan digunakan untuk membayar pemeliharaan tempat ini.

7. Air terjun Bah Biak

Perkebunan teh Sidamanik masih belum ditinggalkan, tetapi ada objek wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, air terjun Bah Biak.

Lokasi air terjun Bah Biak berada tepat di tengah-tengah kawasan perkebunan teh Sidamanik. Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi perkebunan teh Sidamanik biasanya selalu meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat ini.

Air terjun Bah Biak via Kompas

Air terjun Bah Biak via Kompas

Air terjun Bah Biak tidak terlalu tinggi. Drainase juga tidak terlalu berat. Hanya saja bentuk air terjunnya sedikit unik, artinya teras mengikuti bentuk tebing berbatu yang ia pilih.

Kondisi air yang mengalir ke air terjun ini masih sangat jernih. Jika Anda suka bermain air atau bahkan mengambil foto dengan latar belakang panorama, tempat ini benar-benar sangat cocok untuk dikunjungi.

Hingga pertengahan 2018 air terjun ini masih gratis atau gratis untuk umum. Sayangnya, fasilitas wisata di tempat ini masih tergolong sangat terbatas.

8. Taman Satwa Pematang Siantar

Objek wisata berikutnya di Siantar adalah taman binatang Pematang Siantar. Taman Hewan Pematang Siantar adalah taman hewan terlengkap di provinsi Sumatera Utara. Taman hewan ini telah ada sejak zaman kolonial Belanda, yaitu sejak 1936.

Taman Satwa Pematang Siantar

Taman Satwa Pematang Siantar

Kebun Binatang Siantar memiliki luas sekitar 4,5 hektar. Di daerah yang luas itu Anda bisa melihat ratusan spesies hewan yang sangat beragam. Dari spesies mamalia, spesies reptil, spesies unggas / Aves, semua dapat Anda temukan di tempat ini.

Fasilitas wisata di Taman Hewan Pematang Siantar tergolong sangat lengkap. Dari pilihan parkir besar hingga restoran, semuanya mudah ditemukan di tempat ini.

Jika Anda tertarik mengunjungi Taman Hewan Pematang Siantar, lokasi tempat ini berada di Jl. Gunung Simanuk – Manuk, No. 2, Contoh, Siantar Barat. Kebun binatang ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 malam.

Untuk memasuki taman binatang Pematang Siantar, pengunjung harus membayar 25.000 rupee. Penggantian biaya berlaku untuk semua umur, baik orang dewasa maupun anak-anak yang lebih dari 4 tahun.

9. Pemandian alam Swimbath

Pemandian Alam Swiimbath adalah salah satu objek wisata alam di sekitar Siantar yang belum populer di kalangan wisatawan. Tempat ini berada di Nagori Naga Soppah, Kec. Bandar Huluan, Kab. Simalungun. Di antara penduduk Siantar – Simalungun, kolam alami ini umumnya dikenal sebagai kolam Bahapal.

Pemandian alam Swimbath via permatasumut

& # 39; Pemandian alam Swimbath via permatasumut

Pemandian alami ini menawarkan objek wisata utama dalam bentuk kolam renang alami yang dikeringkan langsung oleh mata air. Karena kolam di tempat ini langsung dialirkan oleh sumber, kejernihan air di kolam ini selalu terjaga dengan baik.

Di tempat ini Anda bisa berenang dan bermain air sampai Anda puas. Jika mau, Anda bisa menyewa pelampung sederhana (dari ban di dalam mobil) bersama pengelola tempat ini.

Untuk fasilitas wisata bisnis, tempat ini digolongkan memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap. Dari tempat parkir ke masjid dan restoran-restoran, semuanya hadir di tempat ini.

Waktu pengoperasian situs ini biasanya tidak terbatas. Anda dapat datang ke tempat ini kapan pun Anda mau. Biaya yang harus Anda bayar juga tergolong sangat murah, yaitu hanya 5.000 rupee per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya untuk kendaraan parkir dengan nilai penandaan 3.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk mobil pribadi.

Oh ya, jika Anda ingin menyewa tikar, Anda membayar sewa 10 ribu rupee. Dan jika Anda ingin menyewa pelampung, Anda membayar 5-10 ribu rupee, tergantung pada ukuran pelampung yang Anda sewa.

10. Thistle Falls

Sekitar 15 km dari pemandian Alam Swiimbath, ada tempat wisata lain di Siantar yang tidak boleh Anda lewatkan. Objek wisata ini adalah Thistle Falls.

Air Terjun Widuri terletak di Dusun III Dolok Merawan, Kec. Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan saluran air yang cukup deras.

Air terjun Widuri via Dutamedan

Air terjun Widuri via Dutamedan

Kondisi air yang mengalir ke Thistle Falls masih terbilang bersih. Di dasar air terjun ini Anda bisa berenang dan bermain air sampai Anda puas.

Untuk sampai ke Thistle Falls, Anda harus menuruni ratusan anak tangga dari tempat parkir yang tertata rapi. Karena area di sekitar tempat ini masih terjaga dengan baik, perjalanan turun untuk mencapai air terjun menjadi kurang melelahkan.

Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak untuk menikmati keindahan Thistle Falls. Anda hanya perlu membayar tiket masuk 5000 rupiah per orang dan biaya parkir 3000 rupiah per kendaraan.

11. Museum Zoologi

Museum zoologi adalah bagian dari taman binatang Pematang Siantar. Museum ini digunakan untuk menangkap berbagai jenis hewan mati yang dianggap istimewa. Sebagian besar hewan di museum ini berasal dari koleksi hewan Taman Hewan Pematang Siantar.

Museum Zoologi melalui lokasi budaya

Museum Zoologi melalui lokasi budaya

Beberapa hewan khusus (sudah diawetkan) yang dapat dilihat di museum ini adalah kambing kutub, terbaik liar, domba hitam bertanduk 4, ular anaconda, elang, orangutan, jerapah dan beruang hitam.

Meskipun museum ini merupakan bagian dari taman binatang Pematang Siantar, tiket masuk untuk museum ini berbeda dari tiket masuk ke taman binatang Pematang Siantar. Untuk memasuki museum ini, pengunjung harus membayar tiket masuk ke museum 10.000 rupee per orang.

12. Museum Simalungun

Objek wisata berikutnya di Siantar adalah Museum Simalungun. Museum ini terletak di Jl. Sudirman No. 20, Kota Pematang Siantar.

Museum Simalungun via Pariwisata Sumatera Utara

Museum Simalungun via Pariwisata Sumatera Utara

Pertama kali didirikan pada tahun 1939, Museum Simalungun memiliki banyak peninggalan sejarah yang berkaitan dengan budaya Simalungun. Di sini Anda dapat melihat berbagai jenis koleksi entografi dan arkeologi, yang sebagian besar berasal dari sisa-sisa kerajaan Simalungun.

Salah satu bagian paling menarik di museum ini adalah rumah tradisional Simalungun. Konstruksi rumah tradisional ini sedikit mirip dengan rumah tradisional orang Karo. Namun, detail bangunan biasanya sedikit lebih rumit.

Berada di tengah kota, Museum Simalungun sangat mudah bagi para wisatawan.

13. Cool natural baths (PAS)

Pemandian Alam Sejuk terletak di Nagori Mariah Jambi, Simalungun. Tempat ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Pematang Siantar dan dapat dicapai dalam waktu kurang dari 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Pemandian Dingin Alami (PAS) via Gadangsari

Pemandian Dingin Alami (PAS) via Gadangsari

Hampir sama dengan Pemandian Alam Swiimbath, Cool Nature Baths juga menawarkan pengalaman wisata dalam bentuk tempat berenang yang masih asli.

Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan lingkungan yang sangat ramah untuk anak-anak (karena tidak terlalu dalam), pemandian ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga.

Jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengunjunginya setiap hari dari & # 39; di pagi hari hingga pukul 18:00.

Anda tidak perlu khawatir tentang tiket bisnis. Biaya masuk untuk tempat ini sangat terjangkau, yaitu hanya 5.000 rupee per orang. Jika Anda ingin menyewa jaket pelampung, Anda akan dikenai 5-10 ribu rupiah. Sementara itu, jika Anda ingin menyewa rumah tamu (joglo untuk bersantai), Anda membayar 50.000 rupee.

14. Manuli Nauli

Manigom Nauli adalah salah satu tempat wisata di Siantar yang belum terkenal oleh wisatawan. Tempat-tempat wisata ini berada di Tomuan, Dolok Panribuan, Kec. Simalungun.

Di tempat ini Anda bisa menikmati objek wisata berupa kolam renang alami dari sumber langsung. Dikatakan bahwa karena kondisi airnya sangat jernih, banyak orang menggunakan tempat ini untuk digunakan sebagai tempat mengambil foto dan video kontemporer dari air.

Manigom Nauli Siamlungun melalui pariwisata di Sumatera Utara

Manigom Nauli Siamlungun melalui pariwisata di Sumatera Utara

Karena masih baru, fasilitas wisata di tempat ini masih sangat terbatas. Beberapa fasilitas wisata yang sudah tersedia dan dapat digunakan di lokasi ini termasuk ruang parkir, kamar mandi, tempat berlindung untuk tempat tinggal dan kursi.

Pada hari-hari normal tempat ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 malam. Harga masuk untuk tempat ini dikaitkan dengan jumlah 5.000 rupee per kendaraan roda dua dan 25 ribu rupee per kendaraan roda empat (mobil pribadi).

15. Taman Air Martoba

Meski tergolong kota kecil, namun kota Pematang Siantar juga memiliki wahana permainan air yang memadai. Taman air ini terletak di Komplek Perumahan Bersatu Maju, Jl. Wismar Saragih, Tanjung Pinggir, Pematang Siantar.

Taman Air Martoba melalui TripAdvisor

Taman Air Martoba melalui TripAdvisor

Tempat ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di kota Pematang Siantar yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Di tempat ini Anda bisa berenang dan bermain air sebanyak yang Anda inginkan.

Jika diinginkan, Anda dapat menikmati 3 slide dan kolam renang khusus untuk orang dewasa. Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga dapat menikmati dua fasilitas tambahan seperti wahana ember besar dan air mancur.

Khusus untuk kamu yang suka menyanyi, kamu juga bisa menyumbangkan suara melodimu di tempat ini, biasanya pengelola tempat ini akan menyediakan musik live di hari normal. Pengunjung dapat bernyanyi sesuka hati tanpa harus membayar.

Untuk menikmati wahana di Taman Air Martoba, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena biaya masuk ke tempat ini cukup murah, yaitu hanya 10 ribu rupiah.

Biaya hanya biaya tiket masuk. Jadi tidak termasuk tarif parkir 2.000 rupee per kendaraan, loker menyewa 5.000 rupee (opsional) dan biaya sewa joging 25.000 rupee (opsional).

16. Monumen becak Pematang Siantar

Monumen Pematang Siantar Becak adalah salah satu hits di Siantar di Jl. Merdeka Atas, kota Pematang Siantar. Monumen ini adalah bangunan baru yang diresmikan pada akhir 2016.

Monumen Becik Pematang Siantar

Monumen Becik Pematang Siantar

Sebagai informasi, becak bermotor adalah salah satu ikon Kota Pematang Siantar. Berbeda dengan transportasi becak di daerah lain, transportasi becak di Kota Pematang Siantar ditarik menggunakan Moge kuno yang bermerek BSA.

Sayangnya, karena usia dan harganya terus naik, keberadaan becak BSA di Siantar menjadi semakin langka. Karena banyak pemilik becak kesulitan menemukan bagian BSA. Di sisi lain, beberapa dari mereka juga menjual BSA mereka karena penawaran harga yang sangat menarik (hingga 50 – ratusan juta rupee).

Untuk mengabadikan sejarah BSA di Kota Siantar, Pemerintah Kota Siantar akhirnya mendirikan monumen Becak BSA. Dengan cara ini, meskipun jumlah BSA di Siantar menurun, diharapkan BSA masih bisa menjadi salah satu ikon kota Pematang Siantar.

***

Demikian ulasan tentang tempat wisata di Siantar dan sekitarnya yang bisa kami review untuk Anda. Semoga liburan Anda menyenangkan dan liburan yang tak terlupakan di Sumatera Utara.

Artikel terkait: 19 tempat wisata di Berastagi

Leave a Reply