Tempat wisata di Saragen mulai dikenal wisatawan. Namanya bisa diselingi dengan Solo yang memiliki beragam acara. Atau juga Karanganyar yang terkenal dengan panorama alamnya.

Kota berjuluk Bumi Sukowati. Dulunya tempat Pangeran Mangkubumi berperang, pusat pemerintahan Projo Sukowati. Apa yang menarik di Saragen? Cukup banyak dan juga beragam. Ada taman, sejarah, pegunungan, semuanya menarik untuk dikunjungi.

Penasaran daerah mana saja? Mari kita lihat perjalanannya di bawah ini. Jangan lupa siapkan snack dan air minum yang cukup agar perjalanan Anda ke Sragen tetap tak terlupakan.

1. Taman Bunga Ganesha Sukowati

wisata sragen
foto: https://www.instagram.com/a_prabowoo/

Tempat wisata terbaru di Sragen ini merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang paling banyak dikunjungi. Letaknya yang begitu strategis di beberapa sekolah, sehingga tidak heran jika kawasan ini menjadi tempat anak muda hingga saat ini. Suasananya cukup tenang dan teduh.

Tempat ini cocok bagi Anda yang membutuhkan tempat berteduh sementara dari teriknya sinar matahari. Tempat duduk yang cukup tersedia di sini. Lahannya juga cukup luas dengan beberapa tanaman warna warni yang bermekaran dan terlihat menawan.

2. Gunung Kemukus

pariwisata di sragen

foto: https://www.instagram.com/cak_udiient20/

Wisata di Sragen ini dikenal dengan ritual orang dewasa yang dipercaya akan mendatangkan kekayaan. Kemukus saat ini sudah selesai dibangun. Terlihat, kesan negatif tidak lagi terlihat di sini. Satu hal yang harus Anda lakukan adalah berziarah ke makam Pangeran Samudro.

Di tempat ini juga dibangun dermaga yang cukup instagramable. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera pribadi Anda. Untuk mengabadikan setiap momen menarik di sini. Anda dapat menikmati permainan, anak-anak, terbang, dan wisata jalan-jalan bersama keluarga atau teman.

Anda bisa pergi ke puncak bukit. Lihatlah pemandangan kota Saragen yang indah. Selain itu, Anda juga akan melihat vihara atau pura yang sudah cukup tua. Pura ini begitu ramai dikunjungi warga sekitar. Sering digunakan untuk beribadah.

Menurut cerita perkembangannya. Candi ini memang sengaja dibangun oleh Pangeran Samudro. Untuk salah satu keturunan kerajaan Majapahit. Sesampainya di puncak, jangan lupakan sunset dan sunrise yang tak kalah menyegarkan.

3. Alaska Kedawung

tempat wisata di sragén
foto: https://www.instagram.com/cimberlineoutdoor/

Wisata Sragen ini berupa tikar karet yang berhawa sejuk sejuk dan membuat orang ingin datang kesini lagi. Salah satu alasan yang diakui banyak wisatawan adalah jalan terbaik digunakan untuk jalur sepeda. Beberapa acara bersepeda informal sering diadakan di sana.

Medan yang sedikit menanjak dan berliku menjadi tantangan tersendiri bagi para pesepeda. Rute ini memang menarik karena pemandangan hutan yang rimbun dan rindang. Alasan lain mengapa tempat ini sering dikunjungi adalah pesona kuliner yang dihadirkan di sini.

Anda bisa menikmati sajian nasi pecel yang lezat dengan lauk telur. Atau kuliner yang paling terkenal adalah sate kambing. Banyak turis berhenti dan memakannya. Rasanya enak, dagingnya empuk dan harganya tidak terlalu mahal.
Ada banyak olahan yang bisa dipilih, mulai dari tongseng, tengkleng, gulai atau sate mentah. Jadi bisa langsung dimakan. Tak hanya kuliner, kawasan ini juga cukup terkenal di kalangan pecinta fotografi.

Banyak pekerja mengambil getah karet di pagi hari. Anda dapat mengambil gambar mereka. Atau ambil foto Anda sendiri di sini. Menunggu untuk datang besok pagi. Karena kalau sakit, satenya sering habis.

4. Museum Manusia Purba Sangiran

tempat wisata di sragén
foto: https://www.instagram.com/setyaningtyasrestu/

Tempat wisata di Sragen terletak di tiga kecamatan sekaligus yaitu Gemolong, Plupuh, Kalijambe dan Gondangrejo yang berada di Karanganyar. Ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Ini mencakup area seluas 56 kilometer persegi.

Ada sekitar 13 ribu koleksi fosil manusia purba terlengkap di Asia dan juga di dunia. Sayangnya, hanya 2 yang beruntung yang bisa dilihat. Selama disimpan di gudang. Koleksi yang dapat Anda lihat adalah fosil hewan bertulang, hewan udara, peralatan batu, hewan domestik, vertebrata.
Ada juga berbagai hewan seperti badak, rusa, banteng, kerbau dan sapi. Untuk harga tiket masuknya sendiri Rp 10.000. Fasilitas lain yang dapat digunakan antara lain gudang fosil, ruang geser, dan laboratorium. Menariknya, Anda juga bisa melihat orang-orang tua dari berbagai usia.

Jika Anda melihat ke belakang, Sangiran dulunya adalah hamparan laut yang luas. Namun, biarkan Gunung Lawu, Merapi dan Merbabu beradaptasi menjadi salib. Ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti di sini. Seperti, jangan lepaskan fosil atau replika yang ada di tempat ini.

Kini Anda tidak hanya menikmati Museum Sangiran saja. Sebagai gantinya, ada beberapa cluster yang bisa dikunjungi. Letaknya juga tidak jauh dari museum. Anda bisa menggunakan mobil sendiri untuk menuju lokasi ini. Arahkan kendaraan menuju Purwodadi.

Dari pusat kota Solo dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Sayangnya, belum ada angkutan umum yang bisa Anda gunakan. Jadi kalau dikasih dari luar kota Solo lebih baik sewa kendaraan. Mengapa Solo? Karena Museum Sangiran lebih dekat dengan Terminal Tirtonadi atau Stasiun Solo Balapan. Dari terminal Sragen.

Kunjungi juga -> 15 tempat wisata terbaru di Pati

5. Desa Wisata Betisrejo

tempat wisata di sragen
foto: https://www.instagram.com/surjo_tedjono/

Tempat wisata di Sragen ini merupakan gabungan dari tiga desa sekaligus, yaitu Jambeyan, Jetis dan Sukorejo. Berada di lereng Gunung Lawu yang berada pada ketinggian 400-500 meter di atas permukaan laut. Di sini Anda akan dibawa ke kehidupan yang menyenangkan.

Tempat yang paling cocok untuk anda yang ingin mengenalkan anak anda dengan sawah, persawahan dan seni budaya. Salah satu hiburan favoritnya adalah menjadi petani. Pergilah ke ladang dan tabur benih padi, lalu jalankan traktor. Anda benar-benar merasakan bagaimana menjadi seorang petani.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara membuat pupuk organik, pestisida atau berkebun. Anda juga bisa memerah susu kambing etawa yang bisa digunakan sebagai obat berbagai penyakit. Ada juga permainan keluar seperti bermain di lumpur atau air.

Menjelajahi hutan, body rafting dan masih banyak lagi. Hampir semuanya menyenangkan dan menarik untuk dilakukan. Jika Anda menyukai matahari terbenam, Anda bisa mengunjungi Telaga Bayut yang memiliki keindahan yang menawan.

Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai budaya dan tradisi seperti Kuda Lumping, Reog, Macapatan dan masih banyak lagi. Bagi yang ingin menginap. Tempat wisata di Sragen ini memiliki homestay dan warung makan dengan kuliner khas yang lezat.

6. Kedung Grujugo

tempat wisata terbaru di saragen
foto: https://www.instagram.com/joeluluk/

Nuansa alam yang sejuk dan teduh juga bisa Anda nikmati dengan mengunjungi Kedung Grujug. Air terjun mini dengan keindahan dan pesona yang luar biasa. Aliran airnya tidak terlalu deras, diapit oleh dua tebing yang membuatnya terlihat indah.

Di bawahnya ada kolam yang bisa digunakan wisatawan untuk berenang, enjoy. Tempat wisata di Sragen ini terletak di Dusun Pungkruk, Desa Doyong, Kecamatan Miri. Konon bebatuan di Kedung ini sudah berumur bertahun-tahun.

Di atas air terjun Anda bisa melihat sungai yang merupakan aliran dari Waduk Kedung Ombo. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini adalah memancing. Banyak ikan seperti lele, online, emas, putih, bisa Anda temukan di sini. Beberapa bahkan memiliki berat hingga 5 kilogram.

Kegiatan menangkap ikan ini merupakan mata pencaharian sebagian besar penduduk setempat. Jika beruntung Anda bisa melihat aktivitas mereka saat memancing. Baru bisa pakai, beli lagi.

Tak jauh dari Kedung, warung makan siap memanjakan Anda dengan beragam menu makanan. Sajikan ikan air tawar yang sudah diolah menjadi sajian yang nikmat nikmat. Selain sambal, sajian nasi hangat memberikan cita rasa saat disantap. Harganya hanya 20 ribu saja.

7. Banyak Pegunungan Sragen

tempat wisata di sragen jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/bang_uyut/

Tempat wisata di Sragen ini memang belum banyak dikenal wisatawan. Maklum, masih tergolong kawasan wisata baru. Keunggulan kawasan ini adalah memiliki tampilan yang sangat bagus dan sangat sepi. Pepohonan yang menjulang tinggi berpadu dengan tebing.

Terletak di Desa Srawung, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Anda bisa mendaki sampai ke puncak. Disini banyak makam yang biasanya disalahgunakan untuk mencari pesugihan, untuk mencapai puncak cukup melelahkan dan menguras tenaga.

1 jam sampai 2 jam. Anda harus membawa perbekalan sendiri dari rumah seperti air minum, makanan dan juga kantong plastik untuk tempat sampah. Cocok untuk anda yang masih pemula dan kesulitan mendaki gunung.

Tidak ada biaya masuk, Anda bisa menitipkan motor di rumah warga. Tidak disarankan untuk menginap. Karena tidak dikelola secara serius. Jadi jangan sampai ketinggalan dan jangan lupa untuk datang kembali ke tempat ini.

8. Taman Krido Anggo Sragén

tempat wisata anak di Saragen
foto: https://www.instagram.com/sheylla.fp/

Taman ini memiliki sejarah yang panjang. Dimana dulunya ada lapangan rakyat yang fungsinya diubah menjadi rumah dinas dan gedung KNPI. Saat ini, bagaimanapun, itu berfungsi sebagai taman yang menarik untuk dikunjungi. Nama itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta.

Krido artinya gerak, Anggo artinya badan. Seharusnya tidak salah meluncurkan lapangan yang digunakan untuk olahraga. Menariknya, banyak pepohonan di sini yang membuat suasana rindang dan sejuk di siang hari. Tanaman hias dan rerumputan juga ditambahkan di beberapa sudut untuk menambah kesan asri tempat ini.

Di sini juga terdapat taman bermain tradisional seperti catur, ular dan tangga. Anda juga dapat melihat panggung terbuka di mana ada live music dari beberapa band lokal setiap akhir pekan. Anda juga bisa bernyanyi bersama. Tidak sulit untuk pergi ke tempat-tempat wisata.

Anda bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Sragen. Kemudian naik kendaraan yang hanya berjarak 3 menit. Atau bisa menggunakan ojek online yang sudah tersebar di sekitar stasiun.

Kunjungi Juga -> 16 Tempat Wisata Terbaru Di Banyumas

9. Taman Ndayu

tempat liburan keluarga di Saragen
foto: https://www.instagram.com/hanggarps/

Tempat wisata di Sragen Jawa Tengah ini terletak di Gembong Rt.08/Rw.04, Saradan, Karangmalang. Untuk harga tiket masuknya, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp. 15.000.-. Kawasan ini cukup menarik untuk dikunjungi, terdapat banyak objek wisata dengan luas hingga 5 hektar.

Ada banyak aktivitas yang bisa dinikmati di sini. Mulai dari waterpark dan kolam renang. Ada untuk anak-anak yang memiliki kedalaman berbeda. Di sini Anda juga bisa menikmati seluncuran air yang tingginya tidak kurang dari 10 meter.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai satwa di dalam area kebun binatang mini. Memiliki luas kurang lebih 1 hektar. Ini memiliki sekitar 80 hewan dari 31 spesies. seperti beruang madu, kijang, kanguru, elang dan kerbau putih, ada juga ular, burung, buaya dan kura-kura.

Ada juga hewan penangkaran yang dianggap langka di sini. Selain itu, ada juga agrowisata sayuran segar yang ditanam secara hidroponik. Anda dapat mengunjungi mereka dan mempelajari cara menanamnya. Di sini mudah didapat, raja udang, buncis, buah naga, kol, tomat.

Anda juga dapat melihat peternakan ikan air tawar dan peternakan air skala besar. Juga, berbagai jenis permainan siap, seperti flying fox, yang akan melewati danau. Bebek air juga disediakan untuk atraksi air, serta taman lalu lintas yang memberikan informasi tentang rambu-rambu jalan.

Tempat wisata di Sragen ini juga telah menyediakan beberapa kuliner yang tak kalah enak. Menganggap makanan barat dan nusantara yang pasti enak untuk berolahraga. Setiap saat, kawasan ini akan menyuguhkan tontonan yang seru.

Seperti, dengan Reog, Tari Singa dan berbagai jenis musik tradisional. Bagi anda yang ingin mengadakan kegiatan atau pertemuan. Disini tersedia meeting room dan akomodasi dengan harga mulai dari 200 ribuan.

10. Taman Edu Gemolong

tempat wisata sragen
foto: https://www.instagram.com/umar.wahyu/

Tempat wisata di Sragen ini berseberangan dengan perumahan Gemolong Permai. Ada ikon gajah tua yang menarik yang bisa dijadikan foto ejekan. Selain itu, saat senja dengan pemandangan siluet, layak untuk diabadikan dalam foto dan gambar.

Di kawasan ini terdapat beberapa fasilitas seperti lapangan voli, jogging track, skateboard, juga terdapat taman yang ditumbuhi pepohonan dan pinggiran kota. Untuk harga tiket masuk gratis Anda hanya membayar Rp 3.000 untuk parkir motor. dan Rp 10.000 untuk mobil.

Tempat terbaik untuk hari sakit. Benar, ada banyak kursi yang disediakan. Bisa buat kamu istirahat dan ngobrol sama keluarga atau teman. Tidak jauh dari Gemolong, Edupark sudah menawarkan beberapa menu makan yang menyajikan menu khas Sragense yang berbeda.

11. Pemandian Air Panas Ngunut

kolam renang di sragen
foto: http://sragenholic.blogspot.com/

Tempat wisata di Sragen adalah pemandian air panas di Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo. Mengandung belerang yang dapat menyembuhkan anda dari berbagai penyakit. Harga tiketnya hanya Rp 5.000. Ada ritual menarik yang biasanya dilakukan di sini.

Ketika Anda memecahkan masalah dengan kesehatan Anda, Anda dapat menikmati di tempat ini. Setelah sembuh, kambing disembelih dan dibagikan kepada warga sekitar sebagai bentuk rasa syukur atas kesembuhan yang diberikan.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini, seperti toilet dan mushola, sudah cukup dipahami. Anda juga bisa melihat situs arca yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Menurut kepercayaan masyarakat Sragen, pemandian ini lebih efektif karena mengandung belerang murni.

12. Waduk Blimbing

wisata alam di sragen
foto: https://www.instagram.com/ridwan_auliya/

Favorit para pecinta fotografi, tempat wisata di Sragen ini terletak di Desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Ada banyak tempat untuk dinikmati. Waktu terbaik untuk hunting foto adalah hari sakit di mana pemandangan matahari terbenam sangat mengesankan dan menakjubkan.

Bagi Anda yang hobi memancing, tempat ini menawarkan begitu banyak ikan yang bisa ditangkap, dibawa pulang, dan disantap. Namun, jika sudah tidak sabar untuk menikmatinya, Anda bisa membelinya langsung di warung-warung yang ada di area waduk. Ada banyak persiapan untuk Anda nikmati.

Mulai dari ikan goreng dan bakar, tapi juga olahan lainnya yang pastinya enak untuk disiapkan. Suasana di sini sangat mendukung. Dengan pepohonan hijau bertebaran dimana-mana. Biasanya ada angin sepoi-sepoi yang membuat Anda enggan meninggalkan tempat ini. Biaya masuknya hanya Rp 5.000.

Lihat juga -> Daftar tempat wisata paling terkenal di Grobogan

13. Museum Kuno Gugus Bukuran

wisata edukasi di Saragen
foto: https://www.instagram.com/vicestr3lla/

Cluster pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Bukur. Letaknya di tengah, sehingga Anda bisa merasakan kesan alami dan sejuk sejak awal. Dari museum utama Sangiran hanya berjarak 4 kilometer. Terletak persis di desa Krikilan.

Ini memiliki 2 lantai dan empat ruang pamer. Dimana salah satunya bisa memiliki interior yang unik. Beberapa adaptasi keanekaragaman hayati terdiri dari kaca. Selanjutnya, diorama dan berbagai tengkorak telah ditemukan di sepanjang Sungai Bengawan Solo.

Hampir semua pengetahuan lengkap orang-orang zaman dahulu tersaji disini. Bagi yang ingin belajar banyak. Gugus Bukur adalah tempatnya. Dilengkapi dengan mushola dan toilet yang lengkap. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Biaya masuknya hanya Rp. 8.000. Masih ditambah dengan biaya parkir mulai 2000 rupiah. Bangunan di sini lebih bagus dan terawat dengan baik. Hampir semua ilmu revolusi tentang manusia ada di sini.

14. Museum Tua Gugus Ngebung

Museum di Sragen
foto: https://www.instagram.com/petrus_arif/

Seperti namanya, tempat ini terletak di desa Ngebung yang konon memiliki catatan sejarah yang menarik. Benar, di sinilah penggalian fosil sistematis pertama dilakukan. Hasilnya mengejutkan, banyak artefak fosil yang bisa ditemukan dan menjadi bahan penelitian.

Untuk operasional kemacetan lalu lintas setiap hari Selasa sampai Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Menariknya, Anda tidak perlu membayar tiket masuk museum. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membantu dengan cara orang tua merawat diri mereka sendiri.

Dilengkapi dengan diorama dan show screen yang cukup besar. Fasilitas untuk difabel cukup baik. Ada juga toilet dan mushola yang terawat dengan baik. Akses menuju tempat ini cukup mudah. Jarak ke Museum Sangiran hanya 1 kilometer.

15. Museum Kuno Gugus Krikilan

tempat wisata murah di sragen
foto: https://www.instagram.com/stnaimah/

Museum kuno terakhir adalah gugusan Krikilan. Memiliki 3 ruangan yaitu Sangiran Harta Karun, Ruangan Diorama Tempat Homo Erectus Dikemas dan Tangga Kemanusiaan. Di sini Anda akan menemukan bagian dengan artefak yang menarik untuk dikunjungi.

Ada juga berbagai jenis fauna seperti penyu, ikan, moluska dan berbagai habitat rawa, laut dan darat. Terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.

16. Waduk Kembangan

tempat wisata di sragen
foto: https://www.instagram.com/wadukkembangan/

Tempat wisata di Sragen terakhir yang bisa kami rekomendasikan adalah Waduk Kembangan. Pesona yang dihadirkan sungguh tenang, teduh dan menyenangkan. Sayangnya, posisi reservoir saat ini telah meningkat. Sedimentasi yang terjadi cukup parah.

Namun, tempat ini paling cocok untuk Anda yang suka berlibur. Ada banyak ikan yang bersembunyi di dalamnya. Tidak perlu waktu lama. Ukurannya juga bervariasi, hanya 300 gram, ada juga yang sampai 2 kilo. Anda bisa membawanya pulang dan memakannya di rumah.

Review sebelumnya -> Tempat Wisata Populer di Boyolali Jawa Tengah

Tempat wisata di Saragen memang tidak ada duanya. Memiliki banyak sejarah yang ternyata tidak menarik dan menarik untuk dijelajahi. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai tempat wisata. Berbagai Solo Raya. Tidak hanya budaya dan alam, ada sejarah manusia purba lainnya.

Vlog Perjalanan Bulan Madu Dieng



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2021 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply