Liburan saat puasa dipilih oleh banyak orang karena menawarkan suasana yang berbeda dan pengalaman unik. Setiap daerah memiliki tradisi dan nuansa Ramadhan sendiri. Itulah yang diperjuangkan sang kekasih musafir, Pengalaman fajar di negeri orang, berbuka puasa bersama warga sekitar, mencari hidangan lokal untuk berbuka puasa, secara alami sangat menyenangkan.

Bagaimanapun bepergian saat puasa memiliki persiapan yang tidak sama dengan bepergian di waktu normal. Agar ibadah tetap berlanjut dan liburan bisa tanpa masalah, ikuti tips liburan ketika puasa sering dilupakan musafir di bawah ini, mari!

1. Pilih tujuan perjalanan yang memiliki ini

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Instagram dududada_photo

Tips untuk liburan di mana puasa pertama memilih tujuan Ramah muslim, Kenapa begitu? Alasannya adalah untuk memudahkan Anda menemukan menu cepat halal cepat. Selain itu, suasana Ramadhan juga akan lebih terasa, sehingga pengalaman kepuasan Anda bisa lebih tak terlupakan. Tujuan Ramah muslim juga memudahkan Anda untuk menemukan tempat ibadah.

2. Perhatikan waktu Sahur dan masuk ke tujuan liburan

Objek wisata keluarga terbaik selama bulan Ramadhan

Sumber: Instagram sarah_jbll

Temukan berapa banyak waktu puasa di tujuan liburan puasa terbaik Anda. Apalagi jika ingin liburan puasa di luar negeri. Ini penting agar Anda bisa mempersiapkan dan menyesuaikan mental rute perjalanan dengan kondisi lapangan.

Tidak semua negara memiliki jam makan dan istirahat yang sama. Jadi jangan lupa untuk mengunduh jadwal sholat, makan dan aplikasi puasa.

3. Kunjungi lokasi pariwisata sebanyak mungkin

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Pixabay

Berpuasa bukanlah halangan bagi kegiatan. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda dapat melakukan kegiatan yang sama seperti ketika Anda tidak berpuasa. Tips liburan selama puasa, agar berjalan lancar, bukan dengan memaksakan diri, mereka semua punya batas. Kurangi jumlah tujuan yang akan Anda kunjungi. Jangan mengunjungi mereka semua dengan rakus, sehingga energi Anda tidak habis.

Tips menghindari lelah saat berjalan adalah memilih jadwal untuk mengunjungi lokasi wisata pada siang hari. Semua ngabuburit!

4. Pastikan bahwa tempat-tempat wisata yang akan Anda miliki memiliki fasilitas ibadah

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Instagram vitamin caffeine

Puasa Ramadhan adalah wajib dan doa adalah pilar agama. Karena itu jangan tinggalkan shalat, walaupun sedang berlibur. menjelajah fasilitas ibadah di lokasi wisata yang akan Anda kunjungi. Pastikan ada masjid atau masjid di dekatnya sehingga Anda tidak harus terlihat terganggu ketika Anda tiba di sana.

Bagaimana jika tempat wisata yang dikunjungi tidak memiliki layanan ibadah? Anda tidak perlu khawatir, cari tempat yang bersih untuk berdoa. Jangan lupa membawa perlengkapan sholat kemana-mana.

5. Jangan melakukan aktivitas ini saat liburan sedang puasa

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber Instagram mega_indahh

Meskipun olahraga baik untuk tubuh, jangan memaksakan diri selama liburan puasa. Kegiatan liburan seperti hiking, selancar atau arung jeram harus dihindari. Dikhawatirkan kegiatan berlebihan akan mengganggu ibadah Anda karena energi Anda terkuras.

Lakukan aktivitas bepergian ringan dan santai, seperti jalan-jalan ke museum, situs bersejarah, kebun binatang, masjid, dan sebagainya.

6. Bawa perlengkapan penting ini bersama Anda

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Instagram tokonove11

Seperti dibahas di atas, mengambil peralatan ibadah Anda sendiri sangat penting dilakukan selama liburan Anda. Ini untuk memudahkan Anda untuk beribadah. Apalagi peralatan sholat itu sendiri lebih bersih dan lebih higienis. Agar berat, Anda perlu membawa peralatan keagamaan dengan bahan ringan dan kecil, seperti mukena yang terbuat dari parasut dan sajadah.

Keuntungan lain dari mengambil layanan ibadat Anda sendiri adalah bahwa Anda tidak harus mengantri untuk menggunakan alat doa secara bergantian. Anda mungkin tidak punya waktu untuk mengantri!

7. Jangan membawa terlalu banyak barang

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Unsplash

Tips untuk liburan di mana puasa sering dilupakan musafir karena antusiasme yang berlebihan. Ingatlah bahwa Anda bepergian untuk bepergian, bukan bergerak. Tetapkan prioritas dan bawa barang-barang penting saja bepergian hanya.

Pilih pakaian yang nyaman dan tidak mudah tergores dengan bahan yang ringan. Pastikan pakaian yang Anda pakai menyerap keringat.

8. Konsumsi makanan ini saat sahur

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Unsplash

Tips liburan selama puasa sangat penting, agar Anda tidak pincang saat seharian berpuasa. Makanlah makanan dengan nutrisi yang baik. Juga ambil vitamin untuk menjaga daya tahan Anda selama liburan di bulan Ramadhan. Jika Anda sehat dan bugar, bepergian ke sana-sini tidak ada masalah.

Makanan yang direkomendasikan untuk konsumsi matahari terbit tidak sulit ditemukan. Misalnya apel, telur, kacang-kacangan, beras merah, oatmeal, ikan olahan, ayam, buah dan sayuran serta kurma.

9. Minumlah banyak air …

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Unsplash

Tubuh tidak mendapat asupan cairan selama puasa. Jangan minum minuman dengan pengawet, lebih baik minum banyak air. Untuk mencegah dehidrasi, dianjurkan minum 4 gelas air saat berbuka puasa dan 4 gelas lagi saat sahur.

10. Kunjungi tempat wisata & malam, seru!

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Unsplash

Jika Anda terlalu lelah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di siang hari, Anda masih bisa melakukannya setelah berbuka puasa. Terlebih saat Ramadhan, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di malam hari.

Ada festival kuliner, pasar malam, dan bazaar improvisasi yang dapat Anda kunjungi setelah sholat Tarawih. Pada kesempatan ini Anda semua dapat berburu makanan khas kuliner lokal di daerah Ramadhan.

11. Pastikan istirahat yang cukup, jangan begadang

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Unsplash

Liburan di mana puasa membutuhkan energi yang cukup banyak. Jadi pastikan tidur nyenyak. Selain tidak menjadi lemah, tidur yang cukup juga membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Hindari bermain smartphone terlalu lama sebelum saya tidur, ya. Istirahat begitu segar besok!

12. Dianjurkan untuk bertemu sesama Muslim, masalahnya …

Objek wisata keluarga terbaik selama bulan Ramadhan

Sumber: Instagram k__zee

Ada saatnya perjalanan solo memang menyenangkan dan menenangkan. Tapi tidak ada salahnya untuk mengenal sesama Muslim musafir orang lain untuk menambah pengalaman dan wawasan baru. Anda dapat mencari komunitas Muslim lokal di tujuan liburan Anda. Anda dapat berbagi informasi tentang restoran halal atau tempat wisata yang harus Anda kunjungi di daerah tersebut.

13. Harus: mengunjungi situs keagamaan

Objek wisata keluarga terbaik selama bulan Ramadhan

Sumber: Instagram abdulsalamalamri

Luangkan waktu untuk mengunjungi wisata religi di tujuan liburan Anda. Saat bepergian, Anda juga dapat menambahkan wawasan baru tentang agama. Kegiatan yang dapat Anda lakukan, misalnya, berziarah ke makam orang suci atau mengunjungi masjid dengan desain yang unik.

Eits, tapi jangan salah. Mengunjungi tempat ibadah keagamaan lainnya selama liburan puasa juga bagus. Selain belajar tentang toleransi, Anda juga dapat menafsirkan kehidupan dari sudut pandang yang berbeda.

14. Buka Puasa bersama penduduk setempat

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Instagram yayanirawan

Apakah Anda sudah dalam perjalanan ke tempat yang aneh untuk liburan, mengapa Anda tidak ingin mengenal penduduk setempat? Cara termudah untuk bertemu dengan penduduk setempat adalah pergi ke masjid terdekat untuk menikmati Takjil dan berbuka bersama. Di sini Anda dapat bertemu orang-orang baru saat Anda berbagi cerita dengan mereka.

15. lelah? Istirahat dulu

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Unsplash

Mengapa Tentu saja agar Anda tidak terjadi yang tidak diinginkan saat bepergian. Jangan paksa tubuh Anda. Jika Anda merasa lelah dan pusing, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat sebelum memulai petualangan lagi.

16. Berikan prioritas pada kenyamanan

Kiat liburan untuk puasa demi kesenangan Perjalanan

Sumber: Pixabay

Liburan di waktu normal dengan puasa tentu saja berbeda. Tidak ada salahnya memanjakan diri Anda sedikit selama liburan puasa. Pilih akomodasi dan transportasi yang nyaman. Jika Anda biasanya menghemat biaya liburan dengan menggunakan transportasi umum, Anda sesekali dapat menyewa mobil. Mobil dapat melindungi Anda dari sinar matahari dan tidak membuat Anda lelah.

Pilih juga tempat tinggal yang nyaman agar Anda bisa beristirahat.

Itulah tips liburan jika puasa sering dilupakan musafirAyo bagikan dan berlangganan untuk mendapatkan pembaruan tentang kiat dan pedoman bepergian, Jangan lupa pesan tiket pesawat ke tujuan liburan Anda di Difa Wisata, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promosi. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply