Tempat wisata di surabaya saat ini sedang berkembang pesat. Banyak daerah telah dibangun dan diperindah menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. Keunikan kota berjuluk Kota Pahlawan ini adalah obyek wisatanya didominasi oleh taman dan museum.

Dari kesehatan hingga rokok yang juga sudah ada sejak lama di Indonesia. Semua area menarik, sederhana banget. Namun, memiliki nilai jual kembali yang sangat tinggi. Tak heran, kota ini menjadi pilihan wisata alternatif, meski berstatus kota terbesar kedua di Indonesia.

Akses menuju Surabaya sangat mudah. Ada pesawat terbang, kereta api, dan kapal laut yang bisa menjadi pilihan. Transportasi juga banyak, ada ojek dan ojek online, angkutan, atau bisa juga sewa kendaraan. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi tempat yang harus Anda kunjungi di Surabaya.

1. House of Sampoerna

Wisata Surabaya
foto: https://www.instagram.com/valconnizer/

Wisata pertama di Surabaya yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi Kota Pahlawan adalah ke rumah Sampoerna. Berlokasi di Taman Sampoerna No.8, Krembangan Utara, Pabean Cantian. Dibangun pada tahun 1862 dan baru dibuka untuk umum pada tahun 2003.

Sebelum menjadi museum, bangunan ini awalnya merupakan panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Kemudian, pada tahun 1932, Liem Seeng Tee membelinya dan diservis untuk produksi rokok. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati di sini.

Di antara yang tahu sejarah rokok kretan di Indonesia. Jangan heran jika Anda memasukkan aroma cengkeh khas Sampoerna. Ada banyak koleksi seperti sepeda pertama yang digunakan untuk menjual rokok, replika kios, dan mesin penjual otomatis.

Anda juga bisa melakukan perjalanan Surabaya Heritage Track, dengan menggunakan bus yang disediakan gratis. Tujuannya berbeda setiap jam. Bagi Anda pecinta kopi, jangan lewatkan kopi tanamera yang memiliki citarasa tinggi. Ada juga menu khas yang sulit ditolak.

Anda juga bisa membeli berbagai macam suvenir seperti baju, topi, kain batik, mug, tas dan masih banyak lagi. Jangan lupa bawa kamera juga, karena banyak spot foto menarik yang sulit ditolak.

2. Kampung Bulak

berwisata di surabaya

foto: https://www.instagram.com/wayangopi/

Desa warna-warni masih menjadi impian sejumlah wisatawan. Pesona foto yang Instagrammable menjadi salah satu alasannya. Tempat wisata terbaru di Surabaya ini awalnya merupakan kawasan kumuh, tak jauh dari pantai Kenjeran.

Setelah dicat dan dibersihkan, kawasan ini menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada ratusan rumah menarik yang dijadikan pojok foto. Bukan hanya kombinasi warnanya, tapi juga muralnya yang cantik. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah pada sore hari.

Anda bisa melihat sunset khas yang menawan dari pantai Kenjeran yang berada tepat di sebelahnya. Tak hanya foto, kamu juga bisa menikmati berbagai macam oleh-oleh mulai dari gelang, kalung, baju, tas dengan harga mulai dari Rp 5.000.

Ada juga sajian sate lontong kupang yang rasanya menggugah selera. Bagi anda yang tidak memiliki tempat untuk menginap. Tak jauh dari desa Bulak, ada beberapa pilihan hotel mulai dari Rp 100.000.

3. Surabaya North Quay

tempat wisata di surabaya
foto: https://www.instagram.com/candrakaa/

Sebagai kawasan pantai, Kota Pahlawan memiliki pelabuhan yang cukup terkenal dan ramai. Masih di kawasan pelabuhan Tanjung Perak, Anda akan bisa melihat wisata Surabaya North Quay yang menarik dan berbeda.

Tour Surabaya ini akan memperlihatkan pesona kapal pesiar mewah yang terkadang berlabuh di tempat ini. Terdiri dari tiga lantai, di mana Anda bisa menikmati pesona yang menarik di setiap lantainya. Ada ruang pameran kreatif di lantai dua. Sedangkan di lantai 3 Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa.

Ada rumput buatan, pemandangan laut dan tempat makan dengan menu-menu spesial yang pasti Anda suka. Menariknya, tempat ini menjadi pelabuhan pertama yang memiliki jembatan jet. Waktu terbaik untuk menikmati keindahannya adalah pada sore hari, sekitar jam 4 sore. Anda dapat menyaksikan matahari terbenam yang memukau, kapal, dan berbagai aktivitas pelabuhan.

4. Kebun Binatang Surabaya

tempat wisata di surabaya
foto: https://www.instagram.com/riherdij/

Tempat wisata di surabaya ini terletak di Jl. Setail No, 1, Darmo, Wonokromo. Suasananya sangat asri dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Untuk harga tiket mulai Rp 10.000. Pertama kali dibuka pada tahun 1916 dengan luas saat ini 85 ribu meter persegi.

Koleksi satwa yang ada cukup banyak, termasuk aves yang kandangnya dibuat sesuai habitat aslinya. Ada pelikan, jalak bali dan hantu yang menarik untuk dilihat. Ada juga berbagai jenis mamalia seperti orangutan, kuda nil, anoa, orangutan dan jerapah.

Hewan lain untuk dinikmati adalah ular sanca, buaya, dan naga. Anda juga dapat menikmati berbagai jenis atraksi hewan. Seperti naik gajah, outbond, flying fox, naik perahu, naik unta, bom mobil, dan taman selfie. Untuk fasilitas lainnya terdapat mushola, restaurant, sofa dan banyak kursi.

Kunjungi juga -> 17 tempat wisata di Gresik terbaru

5. Masjid Cheng Hoo

tempat wisata di surabaya
foto: https://www.instagram.com/sabriyan_arsyi/

Saat Anda berkunjung ke Surabaya, tidak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi masjid yang sarat sejarah ini. Dengan gaya arsitektur oriental khas Cina. Itu dikatakan digunakan sebagai simbol perdamaian di antara komunitas agama.

Diambil dari nama pelaut terkenal negeri tirai bambu, Laksamana Cheng Ho yang konon beragama Islam. Sebuah masjid dibangun untuk kebaikan dan rasa hormatnya. Yang cukup menarik, Anda akan disuguhkan lukisan yang secara singkat menggambarkan sosoknya sebagai seorang laksamana.

Seni kaligrafi dan berbagai karakter Tionghoa menjadi dekorasi yang mempesona di langit-langit. Bentuknya persegi dengan delapan sudut, dikatakan sebagai simbol angka keberuntungan. Menyerupai bentuk seperti jaring laba-laba.

Dalam perjalanan cerita Nabi Muhammad, jaring laba-laba adalah hewan yang menyelamatkannya dari kejaran kaum Quraisy kafir. Ada empat warna yang mendominasi, yaitu merah, kuning, biru, dan hijau yang konon memiliki simbol keberuntungan, ketenaran dan kemakmuran.

Pintunya sendiri nomor 5 dan 6, yang mencerminkan rukun iman dan Islam. Terdapat pula pintu yang selalu terbuka, menandakan bahwa masjid ini selalu terbuka untuk semua orang. Bahkan, sebagian orang memanfaatkan sejuk dan sejuknya halaman rumput setiap sore untuk beristirahat sambil bersantai dan melindungi diri dari terik matahari.

6. Taman Bungkul

tempat wisata di surabaya jawa timur
foto: https://www.instagram.com/local.container/

Sepertinya ada yang kurang saat ke Surabaya bukan mengunjungi Taman Bungkul. Catatan, kawasan ini adalah yang terbaik di Asia Tenggara. Saat hari Minggu tiba, di sini akan ramai dengan orang-orang yang ingin menyejukkan diri dan rekreasi gratis.

Ada banyak tanaman hias yang bisa Anda nikmati, antara lain fasilitas yang tidak kalah menariknya adalah fasilitas olah raga. Ada jogging track, skateboard, sepeda BMX, dan bebatuan yang digunakan untuk pijat refleksi kaki. Di malam hari Anda juga mendapatkan panorama air mancur.

Anda tidak perlu khawatir tentang makanan. Banyak pedagang kaki lima yang siap menyajikan menu tradisional yang enak dan menggugah selera. Untuk air minum didapatkan air ledeng yang siap minum. Ada beberapa atraksi untuk anak, mulai dari perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit.

Tak jauh dari tempat ini, terdapat sebuah makam yang tak pernah sepi untuk dikunjungi para peziarah. terutama pada hari Kamis dan Jumat. Makam itu adalah Sunan Bungkul.

7. Masjid Al-Akbar

tempat wisata keluarga di surabaya
foto: https://www.instagram.com/cemetisthebest/

Setelah mengunjungi Masjid Cheng Ho, kamu juga wajib datang ke tempat ini. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat penyebaran agama Islam dan ibadah. Tempat ini juga bisa Anda jadikan sebagai kawasan wisata religi yang bagus.

Salah satu alasan kenapa kamu harus kesini adalah menara dengan ketinggian 99 meter ini. Dari sini Anda bisa melihat pesona Surabaya. Jam buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Saat waktu shalat tiba yaitu dzuhur dan ashar maka menara akan ditutup.

Menariknya, Masjid Al-Akbar juga menawarkan fasilitas kesehatan, termasuk bekam. Sebagai masjid terbesar ke-2 di Indonesia. Tak sedikit wisatawan yang menjadikan tempat ini menjadi area favorit untuk upacara pernikahan. Berdasarkan izin yang diberikan ke tempat penampungan.

Luasnya mencapai 22.300 meter persegi. Dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995. Bentuk kubahnya juga cukup menarik, seperti telur setengah, tinggi 27 meter dan memiliki 1,5 lapis. Adapun mihrabnya sendiri merupakan masjid mihrab terbesar di Indonesia. Penasaran untuk mengunjunginya? Anda bisa menghubungi Jl. Masjid Agung Timur. No.1, Pagesangan, Kecamatan Jembangan. Total kapasitas kotamadya di sini mencapai 59 ribu.

8. Klenteng Sanggar Agung

Tempat wisata anak-anak di surabaya
foto: https://www.instagram.com/ahmed25_al.ali/

Wisata religi yang harus dikunjungi selanjutnya adalah Vihara Sanggar Agung yang terletak di Jl. Sukolilo No.100, Bulak. Daerah ini merupakan bangunan suci tempat pemujaan umat Buddha. Hal menarik yang bisa Anda lihat di sini adalah ornamen khas Tiongkok.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kemegahan patung Dewi Kwan Im yang berada di tepi laut. Panjangnya 18 meter dan dijaga oleh dua pengawal Zhang Nan dan Tong Nun serta empat raja surgawi yang melindungi mata angin.

Luasnya mencapai 4000 meter persegi. Disekitarnya anda bisa melihat tumbuhan mangrove dengan pemandangan alam pantai Ria Kenjeran yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah sekitar pukul 17.00 sore.

Dimana Anda bisa menikmati pemandangan indah matahari terbenam yang mengesankan. Tak hanya itu, pesona Jembatan Suramadu pun bisa kamu lihat dari sini. Anda bisa masuk dan berjalan-jalan di sekitar area pura. Kecuali saat kebaktian diadakan.

Kunjungi juga -> 23 Tempat Wisata Unggulan di Banyuwangi Jawa Timur

9. Pusat makanan Grand Pakuwon

tempat wisata terbaru di surabaya
foto: https://www.instagram.com/haryadi.widodo/

Tempat wisata di Surabaya ini bisa Anda jadikan pilihan untuk dikunjungi pada sore hari. Area food court dengan konsep wisata dan permainan menarik untuk keluarga. Ada banyak spot Instagrammable yang bisa kamu jadikan spot foto. Terutama di danau buatan, undakan dan air mancur menari yang menarik, terutama di sore hari.

Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai macam permainan yang seru dan menarik. Seperti bianglala, kereta mini, perahu kayuh, trampolin dan masih banyak lagi permainan yang bisa Anda nikmati. Untuk harga gamenya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Setelah puas dengan berbagai jenis permainan dan selfie, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri dengan berbagai menu makanan yang enak dan lezat. Ada banyak pilihan menu mulai dari Western, Chinese hingga Timur Tengah nusantara.

Namun, menjadi catatan bagi anda muslim. Pilih makanan Anda dengan hati-hati. Disini tidak ada label halal. Jadi sebelum memesan ada baiknya menanyakan terlebih dahulu tentang bahan yang digunakan. Hanya dengan harga mulai dari Rp 20.000. Jika Anda datang saat akhir pekan, disarankan untuk datang sebelum jam 5 sore. Pasalnya, banyak wisatawan yang akan datang ke tempat ini untuk menikmati semua hidangan.

10. Taman Air Ciputra

wisata anak di surabaya
foto: https://www.instagram.com/femmy.andina/

Tempat wisata di Surabaya ini terletak di Boulevard Citraland, Sambikerep. Untuk harga tiketnya mulai dari 75 ribu hingga 100 ribu rupiah. Keunggulan kawasan ini adalah permainan air yang seru dan mengasyikkan. Anda bisa menikmati seluncuran dari ketinggian 15 meter.

Pergi melalui terowongan dengan kecepatan tinggi. Anda juga bisa bermain di ombak buatan yang memiliki kedalaman 1,2 meter. Atau nikmati lari toboggan dengan panjang 20 meter, tinggi 10 meter dan memiliki kecepatan 70 km / jam. Rasakan sensasi adrenalin yang sesungguhnya dari perjalanan ini.

11. Museum Kesehatan DR. Adhyatma, MPH

wisata sejarah di surabaya
foto: https://www.instagram.com/museumkeseh_ri/

Surabaya memang wilayah metropolitan yang unik. Tidak hanya terkenal dengan tamannya. tapi juga museum tentang sejarah masa lalu. Tak hanya itu, tempat wisata di Surabaya juga terkenal dengan dunia kesehatan dan medis yang berbeda, yang dikemas dengan berbagai cara.

Anda harus datang dan menemukan sendiri pesona DR. Adhyatma. Bangunan khas Belanda dengan bau tempo dulu masih dilestarikan. Selama perjalanan perdananya, dia disambut dengan beberapa foto dirinya dan semua penghargaan yang dia terima.

Anda dapat melihat artefak tua dari latihan ini di sini, serta koleksi peralatan pribadi di sini. Kawasan ini juga dijadikan sebagai kunjungan wajib bagi wisatawan yang ingin lebih mengenal kesehatan. Semuanya medis ada di sini. Termasuk pengolahan limbah rumah sakit yang jelas.

Lokasinya ada di Jl. Indrapura No, 17, Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Surabaya. Harga tiket masuknya hanya dua ribu rupiah.

12. Taman Kenjeran

tempat wisata terbaru di surabaya
foto: https://www.instagram.com/anh010/

Salah satu kawasan wisata yang sangat kami rekomendasikan adalah Taman Kenjeran. Bukan tanpa alasan, tempat ini dulunya sangat kumuh dan sering dijadikan kawasan plus-plus bagi semua kalangan. Namun, perubahannya sudah luar biasa, bukan hanya cantik, menarik, dan mengesankan.

Terletak di Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak. Ada tiga tempat untuk dipilih. Ken Park (Rp. 15.000), Atlantis Land (Rp. 125.000) yang konon telah berkembang menjadi Disney land Indonesia. Juga Waterpark (Rp.15.000). Atlantisland adalah yang paling banyak dikunjungi dari ketiganya.

Maklum, tempat ini memiliki banyak sekali wahana permainan yang mendebarkan dan menyenangkan. Beragam spot foto pun telah disiapkan untuk Anda. Selain itu, harga tiket yang dibayarkan sudah termasuk voucher makan senilai 25.000 rupiah. Area Kenpark juga tak kalah menarik. Pantai ini menawarkan pesona matahari terbenam yang bisa Anda nikmati di atas perahu nelayan.

Lihat juga -> 30 masakan khas Surabaya paling enak

13. Balai Kota Surabaya

wisata malam di surabaya
foto: https://www.instagram.com/wikipedia/

Tempat wisata di Surabaya, Jawa Timur ini pertama kali diresmikan pada tahun 1926. Dari dulu hingga sekarang, bentuk bangunannya tetap sama dan tidak berubah sama sekali. Lingkungan sekitarnya sangat asri, anda juga bisa menikmati bangunan kolonial Belanda yang menawan.

Ada juga bunker di lantai satu yang bisa dikunjungi. Namun baginya ada taman yang indah dengan air mancur. Siapkan kamera beresolusi tinggi karena di tempat ini banyak terdapat spot foto menarik yang bisa kamu abadikan dalam bentuk foto.

Terletak di Jalan Walikota Mustajab nomor 59, Ketabang, Genteng. Tiket masuknya masih gratis. Ada banyak bangku taman dan aneka ragam bunga yang menarik. Bukan hanya di pagi hari atau & # 39; Di malam hari, tapi juga di malam hari akan banyak turis di kawasan ini. Baik dari penduduk lokal maupun turis dari kota lain.

14. Monumen kapal selam

kolam renang di surabaya
foto: https://www.instagram.com/edoniarjerypratama/

Bagi anda yang sudah tidak sabar untuk berkeliling, ada tempat menarik yang berada tidak jauh dari stasiun Surabaya Gubeng. Namanya adalah monumen kapal selam. Untuk harga tiketnya mulai dari 8 ribu hingga 15 ribu rupiah. Terletak di Jl. Pemuda No. 39, Embong, Kaliasin, Genteng.

Kapal cantik ini adalah KRI Pasopati 410, yang dibongkar dan disambung kembali. Kemudian mulai dibuka pada tanggal 15 Juli 1998. Mulai tanggal 29 Januari 1962 bertugas membela urusan maritim Indonesia. Salah satunya adalah Operasi Trikora.

Terdapat 7 ruangan yang salah satunya adalah ruangan kru dan torpedo, serta ruang mesin. Tak jauh dari kawasan ini terdapat kolam renang yang dikelola layaknya pohon air. Biasanya pertunjukan Reog diberikan di sini setiap hari Sabtu dan Minggu. Untuk melihatnya, Anda akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu.

15. Ekowisata Mangrove

tempat wisata alam di surabaya
foto: https://www.instagram.com/livia_lativa/

Keindahan wisata Surabaya selanjutnya adalah kawasan mangrove yang dibuka pada tahun 2010 lalu. Terletak di Jl. Raya Wonorejo No, 1, Kabupaten Rungkut. Suasana di tempat ini sangat teduh dan menyenangkan. Anda telah diberi jembatan kayu yang membawa Anda ke berbagai sudut.

Ada beberapa paviliun yang disiapkan untuk istirahat. Banyak sekali spot foto menarik untuk kamu nikmati. Pesona kawasan mangrove bisa Anda saksikan dengan menggunakan perahu. Harganya mulai dari 15 ribu hingga 25 ribu rupiah. Satu arah, bisa menampung hingga puluhan orang.

Bagi yang ingin naik speed boat bisa menyewanya dengan kapasitas 6 orang Per perahu dikenai biaya 300 ribu rupiah. Keunikan yang bisa Anda dapatkan adalah melihat kicauan burung dan monyet melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Lama perjalanan 1 jam 30 menit. Di sekitar hutan mangrove sudah tersedia berbagai jenis menu makanan dengan olahan yang berbeda-beda seperti kepiting dan ikan laut lainnya.

16. Museum Surabaya

tempat wisata di surabaya pada malam hari
foto: https://www.instagram.com/priyonodkk/

Sejarah tempat ini cukup menarik. Yang dulunya diubah menjadi museum adalah pusat perbelanjaan. Bisa dibilang saat itu merupakan pusat perbelanjaan pertama di Surabaya. Selain itu, semua aktivitas perdagangan dihentikan pada tahun 1998.

Akhirnya pada tahun 2015 dibuka kembali sebagai museum. Konon, wisata di Surabaya ini memiliki 1000 koleksi. Termasuk replika biola yang digunakan untuk membuat lagu Indonesia Raya. Ada juga piano dari musisi Gombloh dan masih banyak lagi.

17. Monumen Jalesveva Jayamahe

tempat wisata terbaru di surabaya
foto: https://www.instagram.com/harveypanjaitan/

Pesona terakhir untuk dikunjungi adalah Monumen Jalesveva Jayamahe. Merupakan karya I Nyoman Nuarta dengan ketinggian 30,6 meter. Butuh waktu sekitar 6 tahun untuk membuatnya. Diresmikan pada tanggal 5 Desember 1996. Di sini Anda bisa melihat sebuah gong berukuran besar yang memiliki berat 2,2 ton dan diameter 5 meter.

Di dalam monumen tersebut Anda bisa melihat beberapa diorama yang menggambarkan perjuangan TNI AL untuk mempertahankan kedaulatan negara. Buka jam 7 pagi dan tutup jam 3 sore. Daya tarik lain dari monumen ini adalah spot foto terbaik di malam hari.

Review sebelumnya -> Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi Paling Menarik

Tempat wisata di surabaya masih banyak. Hampir semuanya menarik dan sulit untuk dilupakan. Selain itu, pilihan dari segi transportasi cukup banyak sehingga cukup mudah dijangkau dari satu daerah ke daerah lain. Saat ada momen liburan panjang, tak ada salahnya menjadi kota pahlawan sebagai destinasi.

Jelajahi tempat wisata terindah di Semarang



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply