Siapa yang tidak kenal Yogyakarta atau Jogja? Area khusus ini adalah salah satu tujuan liburan favorit di Indonesia. Tidak hanya wisatawan domestik, juga wisatawan asing suka berwisata ke Jogja. Nah setelah liburan dari Jogja tidak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh. Berikut adalah 18 daftar suvenir lengkap yang harus Anda beli untuk orang yang Anda cintai.

Suvenir yang direkomendasikan dari Jogja

1. Bakpia Pathuk, The Tiny Delicious

Suvenir paling lezat, murah, dan istimewa dari Jogja!

Sumber: Instagram mamiicaca1234

Jangan ke Jogja, kalau pulang, jangan bawa oleh-oleh dari Bakpia. Kue yang terbuat dari campuran kacang hijau, gula dan kemudian dibungkus tepung sangat populer di kalangan pelancong. Tidak hanya enak, cara makannya juga praktis. Inovasi masih dilakukan untuk membuat cinderamata Jogja lebih populer di kalangan milenial.

Tidak hanya rasa kacang hijau, sekarang bakpia memiliki rasa cokelat, durian, keju, beludru merahuntuk teh hijauPerkembangan ini sangat pesat ketika kue diberikan yang dipengaruhi oleh budaya Cina dan diproduksi dalam jumlah terbatas pada awal abad ke-20 di sebuah desa bernama Pathuk.

Setidaknya ada empat merek Bakpia yang selalu menjadi target wisatawan hingga saat ini. Diantaranya adalah Bakpia 25, Merlino, Citra Premium dan Kurnia Sari. Apa yang biasanya Anda beli untuk oleh-oleh?

2. Inovasi saat ini: Bakpia Kukus Tugu Jogja

Suvenir paling lezat, murah, dan istimewa dari Jogja!

Sumber: Instagram alfinkenyang

Jika Anda bosan dengan bakpia biasa, coba beli oleh-oleh dari Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bedanya dengan Bakpia Pathuk adalah tekstur di luar atau di dalam lebih lunak. Bakpia kontemporer ini muncul karena keunikannya. Sebuah kotak berisi 10 dimulai dengan Rp. 25.000. Varian rasanya cukup banyak, ada kacang hijau, kacang merah, keju dan cokelat.

3. Makanan unik Canned Gudeg, Jogja

Suvenir paling lezat, murah, dan istimewa dari Jogja!

Sumber: Instagram gudeg_kalengan

Apa kuliner paling unik dengan Yogyakarta? Ya hangat! Nangka muda olahan yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan saus sambal goreng krecek sangat mudah ditemukan di kota pelajar. Rasanya unik untuk menghangatkan, selalu dicari oleh wisatawan. Karena itu, jangan lewatkan membeli souvenir gudeg dari Yogyakarta.

Sekarang panas tidak hanya dijual dalam bentuk keranjang atau kendil. Dapur Yogyakarta lebih mudah dibawa pulang karena tersedia dalam bentuk kalengan. Masa kadaluwarsa juga cukup lama, yaitu setahun tanpa mengurangi rasanya. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir menjadi basi di jalan.

4. Walang Goreng, camilan unik dari Gunungkidul

Suvenir paling lezat, murah, dan istimewa dari Jogja!

Sumber: Instagram snack_gunungkidul

Suvenir Jogja mungkin cukup ekstrem. Bagaimana tidak, walang goreng khas dari Gunungkidul adalah camilan belalang goreng. Tidak ada salahnya mencicipi dan membawa walang goreng sebagai oleh-oleh dari Jogja. Harus menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

Jangan takut, walang goreng rasanya enak. Suvenir ini juga bisa dijadikan lauk lezat yang kaya protein. Ada tiga rasa untuk dipilih, yaitu gurih, pedas dan bacem. Harganya bervariasi, tetapi rata-rata Rp. 30.000 untuk satu pot.

5. Keripik Welut, belut lezat diproses

Suvenir Yogyakarta tidak mahal dan harus dibeli

Sumber: Instagram belut_keripik

Yogyakarta terkenal dengan budayanya yang kental. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang budaya Jogja, datanglah ke 10 desa wisata terbaik di Jogja. Jika Anda pulang sekarang, jangan lupa berbelanja untuk Welut Chips.

Berhenti di Pusat Kuliner Godean Belut, Sleman, sekitar 8 kilometer dari pusat kota. Di sini Anda akan menemukan lusinan penjual kue kering yang renyah dan lezat. Harganya sekitar Rp. 70,00 / kg, tergantung ukuran dan campuran tepung. Pusat kuliner ini juga menjual olahan sidat lainnya, seperti mangut welut, pepes welut, sego welut, dan sambal penyut welut. Enak!

6. Terjebak, bola warna-warni yang manis

Suvenir Yogyakarta tidak mahal dan harus dibeli

Sumber: Perempat Instagram

Ada banyak pilihan jajanan manis khas Jogja yang bisa Anda bawa pulang, termasuk Geplak. Makanan spesial dari wisata Bantul ini adalah kue warna-warni yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah atau gula pasir. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas menjadikan makanan ini disukai oleh masyarakat.

Pasta biasanya dikemas dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Awalnya, pasta hanya dibuat dalam dua warna, yaitu putih dan coklat. Warna putih biasanya menggunakan gula tebu, sedangkan warna cokelat terbuat dari gula aren. Seiring dengan waktu, kreasi baru muncul dalam hal warna sesuai selera. Sekarang ada pasta yang berwarna merah, kuning dan hijau. Ini juga memiliki berbagai rasa, ada jahe, stroberi, dan durian.

7. Yangko, Mocinya Jogja

Suvenir Yogyakarta tidak mahal dan harus dibeli

Sumber: Instagram dapoersikoko

Yangko adalah hidangan tradisional yang penuh warna yang terbuat dari tepung ketan dan dibungkus dengan tepung di luar. Bentuknya kotak dan rasanya sering manis dan sangat khas. Bisa dibilang, YKO adalah moto Jogja karena memiliki tekstur yang lembut dan tangguh. Sudahkah Anda mencobanya? Jangan lupa membeli oleh-oleh ini saat berlibur di Jogja.

8. Legislatif Salak Pondoh di Sleman

Suvenir Yogyakarta tidak mahal dan harus dibeli

Sumber: Instagram yenty_li3

Tidak hanya makanan ringan, suvenir lain dari Jogja adalah salak pondoh. Sleman, khususnya di lereng Gunung Merapi, telah lama dikenal sebagai tempat tumbuh salak pondoh. Uniknya, Anda bisa memilih zalacca sendiri untuk dibawa pulang atau dimakan langsung. Rasanya manis dan segar, cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Jogja.

9. Scrummy Jogja, souvenir yang dijual hari ini

Makanlah oleh-oleh dari Jogja yang harus dibeli

Sumber: Instagram jogjascrummy

Dalam beberapa tahun terakhir telah banyak seniman yang terjun ke dunia kuliner dan suvenir. Salah satu yang berkembang di Jogja adalah Scrummy Jogja. Kuliner Dude Herlino selalu sibuk dengan pembeli. Produk itu sendiri adalah kombinasi dari brownies kukus dan puff pastry berwarna krem ​​dengan bentuk persegi panjang.

Bagi yang penasaran, cobalah sendiri untuk membuktikan kejayaannya. Ada coklat, keju, mangga, apel gula, karamel untuk dipilih.

10. Cokelat Monggo, cokelat asli Indonesia

Makanlah oleh-oleh dari Jogja yang harus dibeli

Sumber: Instagram coklatmonggojogja

Apakah kamu suka cokelat? Jangan lupakan Cokelat Monggo untuk oleh-oleh. Monggo menggunakan cokelat asli Indonesia dari Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Kualitasnya tidak kalah dengan cokelat khas Belgia. Produk ini dibuat oleh sekelompok penduduk lokal dan ekspat dari Belgia. Gagasan ini bermula karena kurangnya cokelat batangan berkualitas tinggi di Indonesia.

Cokelat yang lahir pada 2005 memiliki banyak rasa, seperti susu, karamel, stroberi, durian, mangga, hingga rasa cabai merah! Wow, ini sangat unik. Keuntungan dari souvenir Jogja ini adalah penggunaannya cokelat hitam premium hingga 69 persen. Jangan lupa untuk mengunjungi Kotagede jika Anda ingin mengunjungi pabrik utama.

11. Tasuba, suvenir alternatif dari Jogja

Makanlah oleh-oleh dari Jogja yang harus dibeli

Sumber: Instagram lathifahedib

Mungkin masih jarang membeli tasuba sebagai oleh-oleh Jogja. Tasuba alias tahu bahwa bakso lebih identik dengan Semarang, tetapi Anda masih bisa menemukannya di Yogyakarta. Camilan lezat ini dapat bertahan hingga 6 bulan, bahkan tanpa bahan pengawet, sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh. Harganya sekitar Rp 32.000 dengan konten 5-10. Apakah Anda ingin mencobanya?

12. Mamahke Jogja Property dari Zaskia Adya Mecca

Suvenir paling lezat, murah, dan istimewa dari Jogja!

Sumber: Instagram mamahkejogja

Jika Dude Herlino memiliki Jogja Scrummy, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo memiliki Mamahke Jogja. Komposisi, bentuk, dan teksturnya hampir sama dengan Scrummy Jogja. Varian rasa yang ditawarkan lebih modern, seperti teh hijau, coklat pisang, coklat keju, tiramisu, beludru merah, dan kacang hijau. Harganya sekitar Rp50.000 / kotak.

Rekomendasi souvenir khas Jogja

13. Borong Berbagai Pilihan Batik Jogja

Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram aafarras

Selain makanan, Anda juga bisa membeli oleh-oleh sebagai suvenir. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah belanja batik selama liburan di Yogyakarta. Ada banyak rekomendasi tentang di mana Anda dapat membeli batik di Jogja. Mulai dari Pasar Beringharjo, Malioboro, Desa Batik Giriloyo dan Desa Batik Ngasem. Tidak hanya dalam bentuk kain, Anda juga bisa membeli batik yang sudah menjadi baju, jaket, celana, daster atau tas. Dijamin tidak puas, beli saja!

14. Suvenir dan pernak-pernik Malioboro

Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram wulan_nur_anugrah29

Malioboro, tempat ini adalah tujuan yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Jogja. Banyak toko dan penjual yang menawarkan berbagai pilihan suvenir dan pernak-pernik. Surga benar-benar untuk kamu yang suka belanja. Ada tas, pakaian, batik, kalung, cincin, gelang, mainan kayu dan souvenir lainnya.

Suvenir di Malioboro bagus untuk berbagi dengan keluarga, teman, dan keluarga. Dijamin tas tidak retak karena harganya murah!

15. Barang antik di pasar Beringharjo

Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram galihakartiko

Selain Malioboro Anda dapat membeli beberapa barang antik di pasar Beringharjo. Pasar ini menjual koin-koin tua, porselen, arca dewa, furnitur lama, hingga arca. Anda bahkan dapat menemukan setrika uap dan benda-benda unik lainnya di sini. Harganya juga ramah. Jangan lupa bernegosiasi sebelum dibawa pulang, ya.

16. Tembikar Kasongan, kerajinan tanah liat antik

Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram nicole.i.j.g

Jika Anda menyukai barang antik, jangan lupa membeli gerabah Kasongan sebagai oleh-oleh Jogja. Pot, patung, vas bunga, teko, dan kerajinan tangan dari tanah liat mudah ditemukan di Jalan Raya Kasongan (desa wisata Kasongan). Pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan tembikar di sini. Menyenangkan bukan?

17. Souvenir perak Kota Gede

Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram restatuic

Jika wilayah Kasongan terkenal dengan tembikar, Kotagede terkenal akan seni peraknya. Kemampuan untuk memotong, mengolah, dan menempa perak telah ada di tangan penduduk Kotagede selama beberapa generasi. Anda dapat membeli berbagai kerajinan perak dan suvenir di sini, seperti kalung, anting, cincin, dan bahkan gambar miniatur perak. Kualitasnya sangat bagus, bahkan diekspor ke luar negeri.

Harganya sendiri bervariasi tergantung pada motif, ukuran dan kompleksitas produksi. Apakah Anda ingin membelinya untuk kekasih tercinta?

18. Kaos Ikon

Suvenir dari Jogja

Sumber: Instagram pandjikiansantang

Oh, jika saya ingin pulang, jangan saya membeli baju Dagadu dulu? Kemeja dari merek Dagadu ini memang harum di antara wisatawan. Anda dapat membeli berbagai kaos dengan gambar dan slogan unik di sini. Sangat cocok sebagai oleh-oleh khas Jogja. Selain T-shirt, ada juga gantungan, sandal dan stiker.

Ini adalah 18 suvenir khas yang harus Anda beli dan bawa pulang. Dijamin enak, murah dan sangat unik. jadi kamu tidak sabar untuk pergi berlibur ke Jogja? Ayo, pesan tiket pesawat ke Jogja segera di Difa Wisata. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promosi. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply