Tempat wisata di Aceh Utara – Aceh Utara adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh dengan berbagai potensi wisata yang luar biasa. Aceh Utara berjarak sekitar 267 kilometer dari Banda Aceh dan memiliki ibukotanya di Lhoksukon.

Teman-teman Aceh Utara memang memiliki keindahan alam yang tidak dapat diragukan, sehingga tidak mengherankan bahwa ada banyak wisata alam di wilayah ini. Selain wisata alam, ada juga wisata sejarah yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Bagi Anda yang penasaran dengan potensi Aceh Utara, jangan lupa mengunjungi tempat wisata di Aceh Utara sebagai tujuan perjalanan Anda.

Mungkin sejauh ini beberapa dari Anda masih belum tahu lokasi Lhoksukon, walaupun Anda sudah sering mendengar nama daerah tersebut. Lokasi yang ternyata berada di Aceh Utara tentu saja berarti Anda tidak ingin ketinggalan untuk menjelajahi setiap sudut keindahan Lhoksukon dan Aceh Utara.

Jangan lewatkan: Objek wisata terbaru di Sabang

Tempat wisata di Aceh Utara

Karena alasan ini, jika Anda bepergian ke Aceh, jangan lewatkan kesempatan untuk berhenti di Aceh Utara. Sebagai referensi untuk perjalanan Anda, tempat wisata di Aceh Utara yang dapat Anda kunjungi akan dijelaskan di bawah ini.

1. Waduk Jeulikat

area: Desa Jeulikat, Kabupaten Blang Mangat, Aceh Utara

Waduk Jeuleukat via notesaifan.wordpresscom

Reservoir Jeuleukat via Notessaifan.wordpress.com

Masih di sekitar waduk di Aceh Utara selama ini, waduk Jeulikat. Dimana waduk ini adalah salah satu tempat wisata baru di Aceh Utara. Meskipun diresmikan belum lama ini, Anda dapat menemukan tempat yang bagus di reservoir ini untuk mengambil foto.

Keindahan waduk ini terbentuk secara alami, jadi Anda akan kagum ketika mengelilingi waduk ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menyeberangi waduk dengan perahu dan di bawah pengawasan seorang pemandu. Bagi wisatawan yang ingin bersantai, waduk ini juga memiliki pondok-pondok untuk bersantai.

2. Pantai Lancok

area: Gampong Lancok, Kabupaten Syamtalira Bayu, Aceh Utara

Pantai Lancok via IG @rajwana_muzella

Pantai Lancok via IG @rajwana_muzella

Aceh Utara memiliki beberapa pantai yang harus Anda kunjungi, termasuk Pantai Lancok. Pantai ini memang unik karena memiliki gubuk yang berdiri tinggi di sepanjang garis pantai.

Pantai ini memiliki eksotisme tersendiri yang dijamin akan mengejutkan Anda. Apalagi suasana di pantai ini begitu tenang dan diselingi dengan hamparan pasir putih yang membuat Anda lebih nyaman.

Selain keindahan panorama, pantai ini juga dikenal sebagai penghasil kerang darah. Biasanya, pemburu darah tidak ragu untuk langsung pergi 200-300 meter dari pantai untuk mencari kerang darah. Saat Anda mengunjungi pantai ini, jangan lewatkan wisata kuliner sambil menikmati hidangan sambil duduk di paviliun dekat pantai.

3. Pantai Meuraksa

area: Jambo Mesjid, Blang Manhole, Lhokseumawe

Pantai Meuraksa via Juliansabri.blogspotcom

Pantai Meuraksa via Juliansabri.blogspot.com

Pantai ini terletak di kabupaten Blang Mangat. Pantai ini rupanya masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga tidak mengherankan kalau suasananya masih tenang. Anda bahkan tidak perlu meragukan keindahan pemandangan pantai ini.

Selain alami, pantai ini juga dijaga kebersihannya dan banyak pohon rindang ditambahkan yang tumbuh di sekitar pantai. Di sekitar garis pantai terdapat pasir putih, batang ketapang, dan pohon waru yang memberi kesan indah di pantai ini. Ketika angin bertiup, batang pohon melambai seolah memberi keindahan alam yang sesungguhnya.

4. Pantai Krueng Geukuh

Lokasi: Kabupaten Dewantara, Aceh Utara

Pantai Krueng Geukuh via Steemitcom

Pantai Krueng Geukuh via Steemit.com

Pantai Krueng Geukuh adalah tempat wisata di Aceh Utara yang menawarkan pantai-pantai indah. Karena pantai ini memiliki pasir putih dan air laut biru yang masih bersih.

Bahkan pantai di Krueng Geukuh disebut-sebut sebagai pantai terbersih di Aceh Utara. Itu karena kesadaran masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan pantai sangat tinggi.

Nelayan di pantai ini biasanya memilih perahu tradisional agar tidak mencemari lingkungan pantai. Ketika Anda mengunjungi pantai ini, Anda tidak boleh melewatkan hidangan mie Aceh yang dijamin lezat dan menggoyang lidah Anda.

Jika Anda penasaran dengan keindahan pantai ini, datanglah ke Kabupaten Dewantara, Aceh Utara.

5. Air terjun 7 malaikat

Lokasi: Air Terjun Tujuh Bidadari, Geureudong Pase, Aceh Utara, Aceh

Air terjun 7 Bidadari via IG @ommamansudirman

Air terjun 7 Bidadari via IG @ommamansudirman

Aceh Utara tidak hanya menawarkan wisata pantai yang menawan, tetapi juga wisata air terjun yang tidak kalah indah untuk dikunjungi. Lokasi air terjun Bidadari 7 memang di tengah belantara, membuat air terjun ini masih sangat alami dan indah.

Nama air terjun ini dengan 7 malaikat rupanya berasal dari keindahan air terjun, yang memiliki 7 level, sehingga akan memberikan kesan yang menawan dan menakjubkan. Jika Anda suka bertualang, air terjun ini adalah pilihan yang tepat.

Karena perjalanan ke 7 Angel Falls menawarkan tantangan dengan medan jalan yang cukup sulit. Namun pertempuran sepertinya terbayar ketika Anda bisa melihat air terjun dengan 7 level eksotis.

6. Pantai Sawang

Lokasi: Desa Sawang, Samudra, Aceh Utara

Pantai Sawang via Steemitcom

Pantai Sawang melalui Steemit.com

Masih soal keindahan pantai di Aceh Utara, kali ini Anda bisa mengunjungi Pantai Sawang. Dimana pantai ini menawarkan keindahan yang mungkin tidak ditemukan di pantai lain, yaitu bentuk pantai seperti mangkuk dan garis pantai yang panjang.

Meski pantai ini tidak memiliki air jernih dan pasir cokelat, Anda tidak perlu meragukan keindahan pantai ini. Selain bisa menikmati panorama alam, wisatawan bisa langsung melihat aktivitas nelayan lokal di pantai ini.

Bahkan hasil tangkapan para nelayan ini juga bisa dibeli oleh wisatawan untuk dibawa pulang. Jika Anda penasaran dengan keindahan Pantai Sawang, datanglah ke Desa Sawang, Samudra, Aceh Utara. Jika Anda berangkat dari Lhokseumawe, jarak yang harus Anda tempuh adalah 29 kilometer dengan jalan akses yang cukup mudah.

7. Potong rumah tradisional Nyak Meutia

area: Masjid Pirak, Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara

Cut Nyak Meutia Traditional House via IG @ tjut.saleh

Cut Nyak Meutia Traditional House via IG @ tjut.saleh

Seperti yang Anda tahu, Cut Nyak Meutia adalah pahlawan wanita yang berasal dari Aceh Utara. Dari 1890-1910 M ia berjuang untuk memimpin pasukan untuk berperang melawan penjajah Belanda.

Dari rumah inilah Cut Nyak Meutia aktif memimpin dan memimpin strategi perang. Karena layanannya sangat bagus untuk bangsa dan Aceh, rumah itu sekarang digunakan sebagai museum sebagai bentuk penghormatan atas layanan Cut Nyak Meutia.

Rumah tradisional Cut Nyak Meutia tidak hanya museum, tetapi juga tempat wisata bersejarah bagi siswa di wilayah Aceh. Anda bisa mengenal sejarah dengan lebih baik saat bepergian.

8. Pemandian Krueng Sawang

area: Desa Sawang, Kabupaten Aceh Utara

Pemandian Krueng Sawah via IG @ dayatwarobay96

Pemandian Krueng Sawang via IG @ dayatwarobay96

Wisata Krueng Sawah adalah tempat wisata yang digunakan masyarakat setempat sebagai resor tepi laut. Dalam bahasa Aceh, Krueng berarti sungai, sehingga sungai ini sekarang telah menjadi tempat wisata dan pantai bagi masyarakat Aceh Utara.

Sungai ini memiliki bebatuan yang muncul dan ada sudut-sudut sungai yang berbeda dengan air dangkal. Krueng Sawah menawarkan pemandangan alam yang indah dan dipadukan dengan suasana alam yang indah.

Udara dingin dan air jernih juga berkontribusi pada pesona Krueng Sawah, menjadikannya lebih sibuk bagi wisatawan. Selain bisa bermain air dan menikmati pemandangan, Anda bisa membeli Durian yang terkenal di Krueng, yang sangat lezat.

Karena buah durian di daerah ini rasanya sangat manis dan sah sehingga merusak lidah durian pentinta. Bahkan untuk menikmati Durian, Anda dapat memilih sendiri dari taman. Jika Anda ingin mengunjungi pemandian Krueng Sawah, datanglah ke Desa Sawang, 49 kilometer dari pusat kota.

9. Pantai Ulee Rubek

area: Desa Ulee Rubek Kec. Seunuddon, Aceh Utara

Pantai Ulee Rubek via IG @ husnul1895

Pantai Ulee Rubek via IG @ husnul1895

Wisata pantai lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Aceh Utara adalah Pantai Ulee Rubek. Dimana pantai ini menawarkan keindahan alam yang begitu menawan. Pantai berpasir putih dan bagus dipadukan dengan lingkungan yang bersih sehingga akan memberikan perasaan yang menyenangkan.

Pasir di pantai ini, yang begitu halus, terkadang membuat wisatawan ingin memasukkannya ke dalam botol sebagai hiasan di rumah. Bepergian ke Pantai Ulee Rubek terasa lebih menyenangkan ketika Anda mencoba mengambil kerang yang tersebar di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Ulee Rubek berada di distrik Seunduddin atau sekitar 49 kilometer dari Lhokseumawe. Perjalanan ke pantai ini juga terasa lebih mengejutkan karena dalam perjalanan Anda dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah.

10. Air terjun Blang Kolam

area: Sido Muliyo, Nisam Antara, Aceh Urata

Air terjun Blang Kolam

Air terjun Blang Kolam

Air terjun ini adalah tempat wisata di wilayah Aceh Utara yang menawarkan pesona alam yang indah. Letaknya di tengah pepohonan yang rimbun dan jauh dari kota, menjadikan kawasan air terjun ini indah dan alami.

Saat memasuki area air terjun Anda akan dimanjakan oleh panorama air terjun yang eksotis. Anda bahkan bisa bermain air di bawah air terjun yang terasa dingin dan sejuk. Tetapi sebelum Anda akhirnya tiba di air terjun Blang Kolam, Anda harus berjuang melalui 660 langkah.

Perjalanan melalui ratusan anak tangga tampaknya ringan, karena selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang benar-benar menakjubkan.

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun ini, datanglah ke Desa Sido Mulyo, Kota Makmur atau sekitar 21 kilometer dari Lhokseumawe. Akses jalan menuju air terjun ini juga cukup bagus dan bisa dilalui oleh kendaraan pribadi.

11. Pantai Bantayan

Lokasi: Desa Bantayan, Seunuddin, Aceh Utara

Pantai Bantayan via IG @doniyusaputra

Pantai Bantayan via IG @doniyusaputra

Pantai Bantayan adalah salah satu lokasi wisata pantai di Desa Bantayan, Seunuddin, Aceh Utara. Pantai ini ditutup beberapa waktu lalu karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek buruk bagi pengunjung.

Tetapi karena pantai telah mengalami banyak perbaikan dan perubahan, pantai ini telah dibuka kembali untuk para wisatawan. Bahkan sekarang, Pantai Bantayan adalah tujuan yang sangat populer bagi wisatawan syariah di Aceh Utara.

Tapi jangan salah paham, meskipun penggunaan istilah syariah tidak berarti bahwa pantai ini hanya untuk kelompok tertentu. Istilah syariah berarti sopan. Untuk alasan ini, wisatawan yang datang ke pantai ini bisa ada di mana-mana, tetapi tetap harus mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya datang tidak hanya dari masyarakat setempat, tetapi juga dari berbagai daerah. Apalagi ketika akhir pekan tiba, pantai ini menjadi semakin ramai oleh wisatawan, terutama orang yang bepergian bersama keluarga.

12. Gunung Salak Nisam Antara

area: Puncak Gunung Salak, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara

Siapkan Salak Nisam Antara via IG @ lina_wiranda94

Siapkan Salak Nisam Antara via IG @ lina_wiranda94

Objek wisata berikutnya di Aceh Utara adalah gunung salak nisam di mana "puncak Bogor" terletak. Dari sini Anda dapat menikmati pemandangan dari ketinggian, hutan dengan pepohonan hijau. Ada banyak tempat instagram untuk selfie.

Selain itu, ada payung berwarna-warni yang disiapkan oleh pengelola tempat agar terlihat lebih bagus.

Jadi bagi Anda yang mengaku nits, Anda harus datang ke tempat ini, Anda tahu, jangan ketinggalan, kawan!

13. Tahap Masjid Raya

area: Panton Labu, Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara

Masjid Pase Raya via IG @rentalkamera_pantonlabu

Masjid Pase Raya via IG @rentalkamera_pantonlabu

Ingat, teman, ketika Anda memasuki waktu sholat untuk datang dan berdoa di masjid Pase. Masjid ini tetap menjadi salah satu masjid terindah di Aceh dengan arsitektur yang sangat menawan.

14. Kompleks Royal Samudra Pasai

Lokasi: Desa Samudera, Geudong, Kabupaten Aceh Utara

Kompleks Royal Samudra Pasai via RRIcoid

Kompleks Royal Samudra Pasai melalui RRI.co.id

Terakhir, Anda bisa mengunjungi kompleks kerajaan Samudra Pasai, salah satu kerajaan Islam yang pernah ada di kepulauan itu. Kerajaan ini didirikan pada 1267. Kita masih bisa menemukan bukti keberadaannya.

Ada banyak bukti sejarah dari kerajaan samudera Pasai yang masih dilestarikan. Anda dapat mengunjungi Makan Mall Mallussussh, yang sebenarnya adalah salah satu sultan Islam pertama di Indonesia.

Lokasi Makam Sultan berada di Desa Beuringen, Distrik Samudera, Geudong, Kabupaten Aceh Utara. Bukti sejarah dari kerajaan Samudra Pasai ini memang sangat tersebar di seluruh Aceh Utara. Kita bisa berjalan di sekitar Aceh Utara atau di daerah Lhokseumawe untuk menikmati menjelajahi sisa-sisa kesultanan Samudra Pasai.

Tempat wisata di sekitar Aceh Utara

Berikut rekomendasi untuk tempat wisata di sekitar Aceh Utara yang juga malang:

15. Pantai Seumadu

Lokasi: Distrik Muara Satu, Lhokseumawe

Pantai Seumadu via Kompascom

Pantai Seumadu via Kompas.com

Tempat wisata pertama di Aceh Utara yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Seumadu. Tempat wisata ini dulunya disebut Pantai Rencong, tetapi seiring berjalannya waktu, pantai akhirnya menjadi lebih terkenal sebagai Pantai Seumadu.

Ketika kita berbicara tentang pantai ini, pesona keindahannya tidak bisa lagi disangkal. Karena pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan suasana yang nyaman. Suara ombak memecah di pantai tampaknya memberikan perasaan yang menenangkan ke pantai ini.

Jika Anda penasaran dengan keindahan pantai Seumadu, datanglah ke Pulau Seumadu di distrik Muara Satu, Lhokseumawe. Anda tidak perlu khawatir, karena akses ke pulau ini sudah relatif mudah, sehingga dijamin membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.

16. Pantai Ujong Blang

Lokasi: Desa Ujong Blang, Jalan Ulee, Hagu Barat Laut dan Desa Hagu Tengah, Lhokseumawe

Pantai Ujong Blang via Jaksabewoesiatcom

Pantai Ujong Blang via Jaksabewoesiat.com

Tempat wisata berikutnya yang dapat Anda kunjungi saat bepergian di Aceh Utara adalah Pantai Ujong Blang. Dimana pantai yang satu ini merupakan kebanggaan pantai Lhokseumawe. Tak heran pantai selalu disibukkan dengan wisatawan dan menjadi tujuan wisata penting di Aceh Utara.

Pantai Ujong Blang memiliki garis pantai yang panjang dan menghadap ke Samudra Hindia. Tidak terpikirkan betapa indahnya pantai Ujong Blang, terutama air laut biru yang berkontribusi pada pesona keindahan pantai ini.

Meski menghadap Samudera Hindia, namun ombak di pantai ini relatif tenang dan dipadukan dengan pasir pantai yang luas. Selain menikmati keindahan alam, Anda bisa bermain pasir di pantai atau bermain air di pantai.

17. Buket Guha Jepang

area: Blang Panyang, Muara Satu, Kota Lhokseumawe

Buket Guha Jepang via IG @ eliskarlina4496

Buket Guha Jepang via IG @ eliskarlina4496

Objek wisata Buket Guha Jepang adalah situs peninggalan bersejarah di atas bukit di wilayah Blang Panyang. Tur gua ini dibuat selama pendudukan Jepang dan dibuat dengan bantuan ketajaman kerja paksa.

Bagi Anda yang suka sejarah, gua ini bisa menjadi tujuan wisata bersejarah yang kaya akan nilai sejarah di masa lalu. Ketika Anda mengunjungi gua ini, tentu saja Anda bisa membayangkan bagaimana peristiwa yang terjadi di gua ini selama pendudukan Jepang dapat menebak dan merasakan.

18. Waduk Pusong

area: Jl. Waduk Pusong, kota Lhokseumawe

Pusong reservoir melalui acehinfoweb.blogspotcom

Pusong reservoir melalui acehinfoweb.blogspotcom

Selain pantai, Aceh Utara juga memiliki wisata waduk yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata waduk Waduk Pusong ini. Reservoir ini adalah reservoir terbesar di Lhokseumawe. Waduk ini awalnya dibangun untuk mengendalikan banjir.

Namun seiring berjalannya waktu, waduk ini berubah menjadi objek wisata yang selalu sibuk dengan wisatawan. Diketahui bahwa luas waduk adalah 60 hektar, sehingga tidak mengherankan bahwa itu adalah waduk terbesar di Lhokseumawe.

Uniknya adalah bahwa satu sisi reservoir menjorok ke lautan, sehingga Anda bisa melihat lautan luas. Selain itu, ada pohon di area waduk ini yang tumbuh agar terlihat seperti pulau, memberikan kesan eksotis.

Jika Anda ingin sepenuhnya menikmati keindahan waduk Pusong ini, datang & malam. Karena Anda melihat warna lampu di malam hari yang memberikan keindahan bagi mereka yang melihatnya.

****

Demikian pernyataan keindahan tempat wisata di Aceh Utara yang bisa menjadi referensi untuk bepergian oleh Anda dan orang yang Anda cintai.

Jika Anda merencanakan perjalanan yang mengasyikkan dan menyenangkan, kunjungi Aceh Utara. Karena banyak keindahan alam yang siap memanjakan Anda dan mengejutkan Anda, sehingga perjalanan Anda dijamin tak terlupakan.

Jangan lewatkan: 18 Objek wisata terbaru di Lhokseumawe Aceh

Leave a Reply