Tempat wisata di Banyuwangi tidak lagi dipertanyakan. Panorama tersebut memberikan kesan yang sulit untuk dilupakan. Kota yang dikenal dengan Java sunrise ini memiliki panorama kelas dunia. Dengan fenomena alam, hanya ada dua di dunia ini.

Banyuwangi juga dikenal dengan berbagai festival budayanya. Pesona yang menarik adalah Tari Gandrung, salah satu tarian khas Banyuwangi. Hingga saat ini masih dilestarikan dan kegiatan ini diadakan hampir setiap tahun.

Desa adat juga menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa pilihan tempat wisata di banyuwangi yang kami rekomendasikan untuk anda. jangan lupa menikmati berbagai kuliner khas yang nikmat. kegembiraan membuat liburan Anda sempurna.

1. Siapkan Ijen

Wisata Banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/irsyall/

Wisata pertama di Banyuwangi yang kami rekomendasikan adalah Gunung Ijen. Dengan ketinggian 2.386 mdpl membuat pesona matahari terbit di tempat ini begitu mempesona. Hal lain yang tidak boleh dibiarkan, Anda adalah alasan api biru dibuat oleh oksigen pekat yang dicampur dengan kawah belerang.

Untuk menuju lokasi, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam 30 menit. Ada banyak warung dari base camp. Anda bisa memanfaatkannya untuk menikmati secangkir kopi atau kuah mie instan. Di base camp ini banyak orang yang menyewa masker dan tenda.

Masker merupakan item wajib yang tidak boleh dilewatkan. Karena bau belerang sangat menyengat. Selama perjalanan Anda akan bertemu dengan beberapa penambang belerang. Beri mereka jalan dulu karena beban berat yang harus mereka pikul.

Setelah melihat api biru Anda bisa naik dan melihat matahari terbit yang indah. Usahakan datang pada bulan Desember atau Mei. Dimana pemandangan matahari terlihat semakin mengesankan. Di pos 3 Anda juga akan menemukan warung, tempat terbaik untuk menikmati segelas teh hangat setelah matahari terbit.

2. Pantai Teluk Hijau

berwisata di Banyuwangi

foto: https://www.instagram.com/ravanarei/

Wisata di Banyuwangi memiliki keindahan yang luar biasa. Dimana view air lautnya hijau dan pasirnya putih. Terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, jaraknya kurang lebih 90 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Butuh waktu 2 jam sampai 4 jam.

Anda bisa menggunakan perahu dari pantai Rajegwesi atau kendaraan pribadi. Namun, sebaiknya mobil Anda parkir di Pantai Rajegwesi dan kemudian berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Untuk yang mau naik boat biayanya 45 ribu rupiah untuk bolak-balik. Perjalanan hanya 20 menit.

Keunikan dari tempat ini adalah adanya air terjun yang hanya setinggi 8 meter. Anda juga bisa melihat pesona karang yang menjulang tinggi yang menjadi salah satu spot foto terbaik di sini.

Tak jauh dari kawasan ini ada Pantai Batu. Benar, pasirnya berjajar rapi dengan bebatuan. Menurut warga sekitar, batuan tersebut merupakan hasil gelombang tinggi yang terjadi pada tahun 1994. Pasirnya hilang dan digantikan oleh bebatuan.

3. Bukit Mondoleko

tempat wisata di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/alannobita/

Objek wisata Banyuwangi ini terletak di Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon, di deretan pegunungan Raung. Hanya saja sebelum mencapai titik lokasi anda harus melalui persawahan, dan juga melalui aliran sungai yang cukup jernih dan bersih.

Berikut ini pohon beringin besar yang di bawahnya terdapat makam suci bernama Mbah Amin yang meninggal dunia pada tahun 1901. Jangan lupa siapkan kamera selfie karena ada banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa membawa air minum dan makanan untuk menuju tempat ini.

Pasalnya, warung-warung di sini hanya buka di akhir pekan. Ada juga jembatan bambu yang sangat instagrammable. Selain itu, Anda juga disuguhkan dengan penanaman bunga matahari yang menambah daya tarik kawasan ini. Selain itu anda bisa menikmati pesona tanaman strawberry terutama yang subur.

Tak jauh dari bukit tersebut terdapat sebuah goa peninggalan Jepang yang konon bisa menembus hingga pantai Grajagan. Sayangnya ditutup dengan gerbang besi karena sangat berisiko dan berbahaya.

4. Waduk Sidodadi Glenmore

tempat wisata di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/loveisthesaddestthing/

Tempat wisata banyuwangi ini terletak di desa Karangharjo kecamatan Glenmore. Ada banyak atraksi menarik yang bisa kamu simak dan cek di sini. Mulai dari ATV, berkeliling waduk dengan menggunakan perahu, dan bagi Anda yang hobi memancing tersedia tempat memancing, serta peralatan dan pakan yang bisa dibeli dan disewa.

Jika masih kurang, Anda juga akan disuguhi bebek air yang bisa Anda tendang sendiri bersama teman atau orang tersayang. Ada juga game yang lebih menantang bernama Flying Fox. Benar, titik pendaratan di pulau kecil di waduk ini. Seberapa bagus bukan?

Getarannya sendiri juga mendukung selfie, jadi Anda harus membawa kamera dan menangkap setiap sudut. Harga tiketnya hanya 5 ribu rupiah. Di sini juga terdapat berbagai jenis warung yang menawarkan menu makanan dan minuman khas.

Waktu terbaik menikmati waduk ini adalah pada sore hari. Dimana anda bisa menikmati sunset romantis yang tidak akan segera anda lupakan. Siang juga merupakan waktu terbaik karena matahari tidak terlalu terik. Ditutupi oleh pepohonan yang menjulang tinggi. Jadi lebih nyaman dan lebih puas.

Kunjungi juga -> 18 tempat wisata terbaru di Jember

5. Taman Nasional Baluran

tempat wisata di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/fauziam_/

Tempat wisata di Banyuwangi Jawa Timur ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo. Untuk tiket masuk mulai Rp 16.000 Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan disini. Berawal dari goa Jepang yang luasnya sekitar 12 meter.

Dahulu gua ini digunakan sebagai tempat penyimpanan amunisi perang. Di sini Anda juga bisa melihat burung merak berkeliaran. Jika Anda ingin melihat mereka menikah, datanglah dari Oktober hingga November. Selanjutnya, hutan cemara, dimana pintu masuk mengacu pada kondisinya sebagai terowongan.

Ada banyak hewan liar yang bisa Anda temukan di sini. Jika ingin melihat Jawa Afrika tidak salah jika mengunjungi Savana Bekol. Ada banyak kawasan satwa liar yang bisa Anda temukan, termasuk banteng jawa yang terancam punah. Ada lagi pantai Bama yang menarik karena Anda bisa menyaksikan perahu melintas.

Namun, Anda harus berhati-hati karena banyak monyet nakal yang siap menembak untuk dimakan. Atau Anda juga bisa melihat kawanan macan tutul. Ada juga mata air yang konon tidak pernah habis.

Dianjurkan untuk tidak memberi makan hewan liar dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Mengingat di kawasan ini terdapat hewan-hewan liar yang bisa menyerang Anda kapan saja.

6. Air Terjun Lider

tempat wisata terbaru di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/antonjian/

Tempat wisata terbaru di Banyuwangi ini memiliki pesona yang luar biasa. Hanya saja, kawasan tersebut tersembunyi di tengah hutan. Terletak di kaki gunung Raung. Berada di atas ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian 60 meter. Drainase airnya sangat deras, bahkan di musim kemarau pun sama.

Mencapai hal tersebut membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Anda harus melewati setidaknya 7 sungai. Dianjurkan untuk memeriksa kondisi cuaca terlebih dahulu. Karena banjir sering terjadi di daerah ini, kondisinya akan sangat berbahaya.

Siapkan juga tenaga karena harus naik turun bukit, jalanannya lumayan ekstrim. Namun, keindahan flora dan fauna akan menemani perjalanan Anda. Sekalipun sulit, dari awal hingga kedatangan di situs. Namun, Anda bisa menikmati pemandangan yang mengesankan seperti area cengkeh.

Jangan heran jika ada banyak pasir di sepanjang jalan, seiring letusan gunung meraung. Oleh karena itu, gunakan masker dan alat pelindung lainnya. Jangan lupakan kebutuhan logistik dan medis. Perjalanan tersebut memakan waktu kurang lebih 1 jam hingga 3 jam. Jadi cobalah ke sini sekitar jam 10 pagi. Jadi belum terlambat untuk pulang.

Artikel lainnya bisa dilihat di website -> sikidang yang berisi informasi lengkap tentang tempat wisata di indonesia yang sedang hits.

7. Puncak Asmoro

tempat wisata di banyuwangi jawa timur
foto: https://www.instagram.com/alvinsusastra/

Tempat wisata di Banyuwangi ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Tidak kalah dengan panorama lain di negeri matahari terbit jawa. Nama tersebut konon diambil dari kisah sepasang kekasih yang kandas di tempat ini. Luas areanya sendiri mencapai 1 hektar.

Berada di ketinggian 630 meter, Anda akan bisa melihat keindahan bunga matahari, tempat observasi, hingga pegunungan. Plus, kelezatan pohon pinus dan mahoni selat Bali juga memikat. Tak salah jika destinasi ini tak pernah sepi pengunjung yang suka selfie.

Untuk naik, Anda harus mendaki dulu. Anda bisa memilih rute mana yang Anda lalui di lingkungan pejalan kaki, dengan jalan yang landai namun memakan waktu lama. Atau Kacangan, yang treknya pendek tapi menanjak dan membutuhkan banyak tenaga.

Puncak Asmoro terletak di desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Fasilitas lain yang sudah ada di tempat ini adalah kedai kopi yang menawarkan berbagai jenis minuman hangat dan khas goreng. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah siang hari dan selama seminggu.

8. Hutan pinus Songgon

Tempat wisata anak-anak di Banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/cittywulan/

Objek wisata ini terletak di Dusun Sumberagung, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Tempat ini menawarkan keindahan hutan pinus yang terhampar di kaki Gunung Raung. Properti Perhutani dengan luas 97 hektar. 7 hektar sekarang digunakan untuk lahan wisata.

Harga tiketnya mulai dari 5 ribu rupiah. Di sini Anda akan melihat berbagai jenis wahana. Seperti paintball, jeep tour, safari kuda, arung jeram, flying fox dengan tarif mulai 20 ribu rupiah. Daya tarik lain yang bisa Anda nikmati adalah banyaknya spot foto.

Mulai dari area lampion, rumah pohon, gapura kayu, payung gantung. Anda juga bisa bersantai di hammock atau menikmati malam dengan mendirikan tenda di area camping yang telah disiapkan. Menariknya, Anda juga bisa menginap di rumah semut, tenda mini yang hanya cukup untuk 2 orang saja.

Kunjungi juga -> 17 tempat wisata terbaru di Jombang

9. Pantai Pulau Merah

tempat wisata keluarga di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/husnanatiqnizar/

Siapa yang tak kenal wisata di Banyuwangi ini. Lokasinya berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Untuk harga tiket mulai 10 ribu rupiah. Sebelum menjadi Pulau Merah, kawasan ini dikenal dengan sebutan Wringinpitu.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Contohnya selancar, tempat ini terkenal dengan ombaknya yang tingginya 3 sampai 5 meter. Acara selancar internasional sering diadakan. Untuk sewa peralatan atau ingin belajar dikenakan biaya 250 ribu rupiah selama 2 jam dan akan didampingi oleh instruktur.

Selain berselancar, Anda bisa memanfaatkan pesona yang menarik dengan menggunakan perahu dan menikmati suasana. Atau pergi ke bukit yang terlihat menjulang tinggi. Konon pergantian nama menjadi Pulau Merah berawal dari bukit ini. Karena memiliki tanah berwarna merah.

Anda bisa naik ke puncak dan melihat seluruh pantai dan matahari terbenam. Mengunjungi pura Tawang alun juga bisa jadi pilihan lain. Jika beruntung Anda bisa menyaksikan upacara tradisional Mekiyis. Sayangnya pura ini bukan untuk umum, kecuali saat ada upacara adat.

10. Rumah Kurcaci Glenmore

tempat-tempat menarik di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/rizalulala/

Memang, The Dwarf House di Glenmore masih menjadi idola para wisatawan yang membutuhkan tempat untuk berfoto selfie dan berkumpul dengan keluarga.

Ada banyak ornamen menarik khusus untuk anak-anak untuk Anda nikmati. Serunya lainnya adalah terdapat juga kafe yang menyajikan berbagai menu makanan mulai dari tradisional hingga western.

11. Hutan Djawatan

tempat liburan di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/advinadvina/

Hutan Djawatan merupakan alternatif wisata di Banyuwangi lainnya yang bisa Anda kunjungi. Kawasan ini sangat menarik untuk dikunjungi, tidak terlalu panas dan sangat sejuk. Apalagi jika Anda datang pada siang hari. Anda bisa menikmati banyak spot foto menarik. Mulai dari rumah pohon, hingga suasana hutan bak film lord of the ring.

Lokasi wisata ini terletak di Purwosari, Benculuk, Cluring. Untuk tiket masuknya mulai dari 5 ribu rupiah. Ada banyak wahana yang bisa Anda nikmati. Mulai dari naik gerobak, main ATV, dengan hadiah mulai dari 30 ribu saja. Disini juga terdapat cafe yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah selama seminggu dari pagi hingga sore hari. Karena banyak wisatawan yang datang dan pergi ke tempat ini saat liburan. Mencapai lokasi tidaklah sulit. Ikuti saja jalan menuju Alas Purwo ada banyak rambu yang bisa anda gunakan.

12. Desa Adat Osing

wisata budaya di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/barong.tresno_budoyo.kemiren/

Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan pesona alamnya, namun juga mempesona dengan budayanya. Anda bisa mengunjungi desa adat Osing yang terletak di Dusun Krajan, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Untuk sampai ke sini tidaklah sulit. Anda hanya perlu memandu kendaraan menuju jalur Gunung Ijen.

Dari sana sudah ada banyak rambu yang memudahkan untuk menuju titik lokasi tersebut. Daya tarik desa ini adalah hadirnya kopi khas Banyuwangi. Biasanya minuman ini bisa dinikmati di acara kopi sepuluh ewu. Di festival ini Anda bisa merasakan keramahan masyarakat.

Orang-orang di sini konon merupakan keturunan terakhir kerajaan Blambangan dan pendahulu kota ini. Tidak mengherankan, sebagian besar wilayah menganut agama Hindu. Coba datang saat panen padi, ada pertunjukan menarik seperti tradisi gedhogan. Memainkan alat musik diiringi angklung, genderang dan batang lesung dan alu.

Anda tidak perlu bertanya lagi tentang akomodasi. Anda bisa tinggal di rumah tradisional suku Osing. Dengan harga per malam mulai 300 ribu rupiah. Tak jauh dari sini disediakan warung yang menjual berbagai jenis oleh-oleh, kopi, dan pernak-pernik khas Osing.

13. Ekowisata Mangrove Bedul

tempat wisata alam di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/jaztien_prassetio/

Ekowisata Mangrove Bedul merupakan alternatif wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Banyak tempat menarik menunggu di sini. Misalnya view kawasan mangrove yang sejuk dan teduh. Anda bisa melewati hutan ini dengan satu gondola atau dua perahu sekaligus.

Merasa Berada di Sekitar Hutan Hujan Amazon. Luas areanya kurang lebih 1.350 hektar. Harganya mulai dari 200 ribu rupiah, dengan kapasitas 10 sampai 15 orang. Ada juga paket bird watching dengan biaya 260 ribu atau membayar 500 ribu rupiah untuk melihat penyu atau anakan.

Ada juga paket ke Padang Sadengan, Goa Istana, Pancur, Plengkung dengan tarif sekitar 2 juta rupiah. Buat kamu yang penyuka fotografi, jangan lupa bawa kamera beresolusi tinggi. Karena ada banyak tempat menarik untuk kamu nikmati.

Baca juga -> 20 Tempat Wisata Terbaru di Bojonegoro

14. Pantai Plengkung

daftar pantai di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/tunicolopez/

Salah satu spot surfing yang tidak pernah sepi wisatawan dari nusantara maupun dunia adalah Pantai Plengkung atau yang dikenal dengan G-Land. Daerah ini disebut-sebut sebagai tempat olahraga selancar di Asia Tenggara. Dapat menghasilkan gelombang setinggi 4 sampai 8 meter dengan panjang hampir 2 km.

Terdiri dari 3 level, untuk peselancar pemula disarankan untuk mencoba level pertama yang memiliki ketinggian 4 meter saja. Bagi Anda yang ingin belajar, instruktur tersedia di sini siap memberikan pelajaran berharga. Bukan hanya olahraga air.

Anda juga bisa melihat menara yang tidak jauh dari pantai. Dari sini, pemandangan alam Pantai Plengkung terlihat begitu indah dan menawan. Panorama lainnya adalah adanya sunrise yang terlihat cantik dengan kombinasi pasir putih.

Kegiatan lainnya termasuk memancing, menyelam, menjelajahi gua, dan melihat penyu penangkaran. Menariknya, fasilitas bermalam juga tersedia di sini. Dari bungalow, homestay, hotel, kamp hutan hingga resor. Karena banyak turis asing, kebanyakan mereka hanya menerima rupiah sebagai alat pembayaran.

15. Kalilo Banyuwangi

tempat wisata terbaru di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/rassya.aditya.bintang13/

Tren desa warna-warni di berbagai kota terus berlanjut di Banyuwangi. Kawasan ini terletak di Desa Singonegaran, Kabupaten Banyuwangi. Sebelum menjadi desa yang instagrammable. Tempat ini terlihat rusak dan tidak terawat. Setelah dibersihkan dan seluruh area rumah dicat dengan warna berbeda. Banyak turis datang ke sini untuk mengabadikan setiap momen.

Nama itu diambil dari sungai sepanjang 7 kilometer, yaitu Kalilo. Secara historis, sungai ini sangat jernih dan dapat dilalui dengan perahu karena cukup dalam. Namun, saat ini cukup dangkal karena banyaknya pencemaran dari limbah industri.

16. Taman Tak Terbatas Terracotta

wisata edukasi di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/cicik_mldiahh/

Siapa yang tidak kenal dengan Tari Gandrung, salah satu tarian tradisional Banyuwangi yang ditampilkan hampir setiap tahun. Hampir setiap acara selalu dibuka dengan pertunjukan kesenian tradisional ini. Nah, tidak hanya divisualisasikan, kesenian ini juga dilestarikan dalam bentuk taman.

Ada banyak patung penari yang bisa Anda lihat di sini. Dikatakan 1.000 di antaranya, menjadikannya ikon wisata baru. Menariknya, lokasi patung tersebut berada di areal persawahan bertingkat. Sehingga terlihat sangat cantik dan menawan. Tak hanya itu, beberapa tanaman endemik juga bisa Anda nikmati.

Ada juga amfiteater terbuka yang digunakan untuk melihat pertunjukan seni. Selain menawan dengan suasananya. Anda juga bisa melihat barisan pegunungan seperti Merapi, Ijen, Raung, Suket dan Meranti. Ada pula Selat Bali yang tak kalah mengesankan. Bahan pembuatannya dari gerabah yang memiliki filosofi yang membumi.

18. Taman Air Umbul Bening

tempat wisata di banyuwangi
foto: https://www.instagram.com/trisnaayuwulandari_/

Objek wisata ini terletak di Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore. Di tempat ini Anda bisa menikmati permainan air. Berenang dan berbagai atraksi menarik lainnya. Kedalaman kolam juga bervariasi, tempat ini memiliki sekitar 6 kolam. Anda juga bisa menikmati rumah segitiga dengan danau cinta besar sebagai latar belakang.

Juga tersedia bioskop 9D, super bowl dengan water boom, giant bowl dan spiral slide. yang mencapai 15 meter dengan area yang cukup luas membuat keseluruhan permainan yang disajikan terasa sangat menyenangkan. Kawasan ini juga ditumbuhi pohon palem, pohon kelapa dan berbagai tanaman hias.

Review sebelumnya -> 18 tempat wisata terbaru di bondowoso

Tempat wisata di Banyuwangi memiliki beragam panorama yang menarik. Keindahan alamnya tak tertandingi. Selain itu penghuninya juga ramah, menunya enak dan murah. Tidak ada alasan lain untuk tidak mengunjungi sunrise Jawa ini.

Daftar pantai di Jogja yang cocok untuk liburan akhir tahun



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply