Tempat wisata di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/pulungatmaja/

Tempat wisata di Bondowoso saat ini mulai berkembang ke arah yang positif. Keindahan alamnya terlihat luar biasa, seperti suguhan indah yang unik di dunia. Ada berbagai jenis festival yang bisa Anda nikmati. Begitu juga dengan sajian kulinernya yang beragam dan mampu membuat lidah Anda terombang-ambing.

Sisi lain Bondowoso yang sayang untuk dilewatkan adalah Bendi. Alat transportasi tradisional digunakan sejak zaman kuno. Ditarik di atas punggung kuda, seperti gerobak di Kota Yogyakarta. Anda bisa memanfaatkannya untuk berkeliling kawasan yang berjuluk Kota Pita ini.

Sebelum menjelajah, sebaiknya persiapkan secara fisik. Karena banyak sekali wisata alam yang membutuhkan stamina. Berikut adalah beberapa rekomendasi pilihan wisata terbaik yang dimiliki Bondowoso.

1. Kawah Wurung

Pergilah ke Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/arti.bintang/

Wisata di Bondowoso merupakan tujuan utama para wisatawan. Keindahannya luar biasa, pesona utamanya adalah kawasan kawahnya yang dikelilingi oleh berbagai jenis perbukitan sehingga cocok untuk mengabadikan kesempatan berfoto. Harga tiketnya mulai dari hanya 6000 rupiah saja.

Bagi Anda yang ingin datang dan menikmati pesonanya, disarankan untuk tidak terlambat. maksimal jam 3 sore. Perjalanan menuju tempat wisata sangat sulit dan membutuhkan perjuangan. Perjalanan malam berbahaya bahkan saat cuaca buruk karena hujan lebat.

Luas kawah Wurung sendiri mencapai 1000 hektar. Anda bisa melihat pesona sabana yang hijau dan mengesankan. Banyak penduduk lokal datang ke sini untuk memelihara hewan mereka. Ini bisa menjadi salah satu spot foto terbaik yang bisa Anda ambil.

Selain itu, bagian perbukitan yang naik turun menjadi pesona tersendiri. Tak heran, di sini banyak wisatawan yang melakukan prosesi foto menjelang pernikahan. Menariknya, Anda bisa melihat pemandangan berbeda di setiap musimnya. Jika Anda datang pada musim kemarau, Anda akan melihat daratan kuning yang indah.

Namun saat musim hujan, Anda bisa menikmati hamparan luas perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Tempat lain anda akan mendapatkan panorama lereng cinta, bukit cincin, dengan panorama hutan pinus, taman bunga dan perkebunan kopi.

Fasilitas lainnya termasuk permainan ATV, sepeda gunung, dan area berkemah. Jika ingin bermalam dengan mendirikan tenda maka akan dikenakan biaya tambahan. Jangan lupa bawa kantong plastik dan bawa kembali sampah yang anda bawa agar Kawah Wurung tetap bagus dan bersih selamanya.

2. Gunung Raung

wisata di Bondowoso

foto: https://www.instagram.com/panikadventure/

Wisata Bondowoso yang sayang untuk dilewatkan adalah pesona Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3334 meter. Sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur, tempat ini memiliki beberapa pesona yang sulit untuk dilupakan. Salah satunya adalah jalur shiratal Mustaqim.

Dimana anda harus menyeberang dengan tali di jalan sempit yang cukup untuk satu orang. Di sebelah kanan dan kiri adalah jurang yang menganga. Jalan ini paling menakutkan dan juga menegangkan. Siapapun yang pernah ke Raung akan membicarakannya tanpa henti.

Namun, setelah melewatinya, Anda akan sampai pada puncak sesungguhnya, titik tertinggi di Raung. Anda bisa melihat pemandangan indah dari sini. Untuk melewati rute Shiratal Mustaqim, sebaiknya pada siang hari. Karena jika perjalanan malam sangat berbahaya,

Kawasan ini juga memiliki kaldera terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora yang memiliki lebar 2 kilometer dan kedalaman hingga 500 meter. Sayangnya tidak ada sumber yang bisa Anda temukan selama pendakian. Oleh karena itu disarankan untuk membawa air minum minimal 7 liter.

Jika ingin mendaki gunung ini, Anda harus memenuhi beberapa syarat. Dengan asumsi KTP, surat keterangan sehat dari dokter, kemudian membayar simulasi sebesar 30 ribu rupiah. Perjalanan dari tiang menuju puncak membutuhkan waktu 8 jam hingga 11 jam pendakian / tergantung kecepatan berjalan anda. Rute pendakian Anda bisa dimulai dari Sumber Waringin atau Kalibaru.

3. Bukit Mahadewa

wisata alam terbaru di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/andi_bolang24/

Tempat wisata di Bondowoso ini memiliki keistimewaan yang luar biasa. Adapun pesona matahari terbit. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati pegunungan yang mengesankan. Ada Gunung Piramida Raung yang terlihat mata.

Disini anda bisa melihat banyak sekali hutan pinus yang mengelilingi perbukitan tersebut. Bukit Mahadewa terletak di Desa Kupang, Kecamatan Kurandami, Kabupaten Bondowoso. Jarak ke pusat kota kurang lebih 42 km. Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam 22 menit dengan kendaraan pribadi.

Untuk bisa menikmati semua hidangan di ketinggian 1000 mdpl, harganya sekitar 5000 rupiah. Ada banyak spot foto yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Fasilitas lainnya termasuk kafe yang menyajikan menu berbeda seperti kopi dan makanan khas Bondowoso.

4. Puncak P28

tempat wisata di bondowoso
foto: https://www.instagram.com/deviyauma/

Tempat wisata di Bondowoso ini terletak di Dusun Patirana, Desa Wonosari, Kecamatan Grujugan. Dari pusat kota Bondowoso dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Kawasan ini menjadi daya tarik wisata utama, jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat. Ada banyak rambu yang siap mengarahkan Anda ke lokasi.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam merupakan panorama yang tidak boleh dilupakan. Jangan lupa bawa kamera supaya bisa mengabadikan setiap momen menarik di sini. Anda juga bisa mengunjungi air terjun Patirana yang letaknya tidak jauh dari puncak.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah sekitar jam 3 sore. Anda bisa mendirikan tenda dan menikmati pesona malam hari yang tak kalah mengesankan. Anda bisa melihat Bima Sakti jika beruntung. Karena cuaca di sini seringkali tidak bagus, lebih berkabut daripada cerah.

Kunjungi juga -> 17 tempat wisata terbaru di Surabaya

5. Air Terjun Blawan

air terjun di bondowoso
foto: https://www.instagram.com/syaikhab/

Tempat wisata di Bondowoso Jawa Timur yang berjuluk Air Terjun Mini Bondowoso. Coba lihat bentuknya semakin lebar, pesonanya hampir sebanding dengan air terjun terbesar di dunia. Menariknya, Anda tidak perlu bingung karena rutenya masih satu arah menuju Kawah Ijen.

Untuk menikmatinya, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit. Tingginya mencapai 30 meter dengan warna kuning muda yang dipengaruhi oleh adanya kandungan belerang. Disini terdapat sebuah kolam yang bisa Anda manfaatkan untuk dinikmati.

Menurut kepercayaan warga, kolam tersebut pernah digunakan Damar Wulan untuk berendam sebelum melawan Minak Jinggo. Air terjun yang terletak di Rangkah Rejo, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol ini juga memiliki pemandian air panas. Jadi setelah bermain air dingin bisa langsung menikmati air panas. Harga tiketnya hanya 5 ribu rupiah.

6. Museum Kereta Api Bondowoso

tempat wisata di bondowoso
foto: https://www.instagram.com/dupudes/

Wisata di Jember ini merupakan bagian dari Kereta Api Indonesia. Di mana Anda masih bisa melihat bekas stasiun yang sekarang digunakan sebagai museum. Bertempat di Jl .. Imam Bonjol, Desa Kademangan, Kecamatan Bondowoso, dibangun pada tanggal 23 Juni 1893 oleh seorang arsitek Belanda.

Awalnya, Belanda membangun jalan raya dari Panarukan ke Kalisat yang digunakan untuk mengangkut berbagai barang penting. Namun, rel tersebut diperlebar untuk melayani rute Bondowoso – Surabaya yang biasa digunakan untuk mengangkut para pemburu.

Stasiun ini dikenal dengan insiden Mobil Maut, di mana 90 narapidana meninggal karena kepanasan di gerbong yang tidak memiliki ventilasi sama sekali. Berdasarkan sejarah tersebut, kawasan ini diresmikan sebagai museum pada 17 Agustus 2016.

Ada banyak koleksi yang bisa Anda nikmati di sini. Berisi slogan 40 yang pertama kali digunakan. Berusia ratusan tahun dan masih tersimpan rapi. Dan masih banyak lagi perlengkapan kereta api yang bisa Anda nikmati sejak zaman Hindia Belanda.

7. Arung Jeram Bosamba

arung jeram di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/ririzmareta/

Tempat wisata terbaru di Bondowoso ini membutuhkan pemacu adrenalin yang tinggi. Bagi Anda yang suka tantangan, tidak salah untuk mencoba. Terletak di desa Taman Krocok, di kabupaten Wonosari. Mengarungi Sungai Sampean baru yang cukup tenang saat musim kemarau, namun bila musim hujan tiba berpotensi menimbulkan banjir.

Jarak yang ditempuh kurang lebih 14 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam hingga 3 jam. Kami melewati 6 anak sungai dan 5 desa. Memiliki view yang menawan. Apalagi tentang titanic rock yang bentuknya hampir sama. Anda juga bisa melihat air terjun yang menawan dan gua kelelawar yang masih asli.

Anda tidak hanya bisa arung jeram di sini, tetapi juga permainan outgoing seperti paintball. Atau bisa juga bermalam di area camping yang disediakan, fasilitasnya sendiri cukup lengkap ada kamar mandi, ruang ganti dan makan siang bagi yang mengikuti kegiatan arung jeram.

8. Air terjun Solor

Tempat wisata di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/happy_pic19/

Wisata di Bondowoso ini terletak di Dusun Korandu, Desa Solor, Kecamatan Cermee. Pergi ke suatu titik lokasi tidaklah mudah. Kamu harus menempuh perjalanan jauh dulu. Namun, Anda bisa menikmati keindahan Solor. Kontur jalannya naik turun dan agak mulus. Jadi berhati-hatilah.

Harga tiketnya hanya 5 ribu rupiah. Memiliki ketinggian 30 meter. Di bawah air terjun Anda bisa menikmati kolam renang dengan kedalaman kurang lebih 8 meter. Dianjurkan untuk tidak mandi atau berenang di dalamnya. Nikmati saja area berbatu.

Review sebelumnya -> 17 tempat wisata terbaru di Gresik

9. Kawah gulma

wisata tersembunyi di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/adisusanto10/

Tak hanya menawan dengan pesona Kawah Wurung. Bondowoso juga memiliki keindahan lain yang patut Anda nikmati. Terletak di Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol. Perjalanan itu membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Untuk menuju lokasi Kawah Ilalang bisa menggunakan sepeda motor. Hanya saja, jangan gunakan matic. Pasalnya treknya tajam dan usahakan agar motor tetap fit agar tidak rusak di tengah jalan. Medan berpasir inilah yang membuat kondisi kendaraan menjadi sangat sulit.
Pesona utama tempat ini adalah perbukitan jerami yang mengesankan. Anda juga bisa melihat perkebunan warga. Saat melihat aktivitas mereka, ada oleh-oleh warga yang beruntung. Jangan lupa membawa air minum dan makanan, karena di kawah tidak ada warung.

Dari sini kamu bisa melihat pesona gunung ijen, gunung raung, bukit megasari, kamu juga bisa mendirikan tenda disini, hanya perlu ijin dari warga dusun dulu. Jangan lupa untuk mengembalikan dan membuang semua sampah Anda pada tempatnya.

10. Air Terjun Sulphur

Wisata Alam Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/yafiemiftahul/

Nama lain dari tempat ini adalah air terjun Kali Pahit. Terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Kawasan ini masih merupakan kawasan menuju Gunung Ijen. Ada hal menarik yang bisa Anda temukan di sini yaitu kandungan belerang yang cukup kuat.

Selain itu, berbagai spot foto juga tak kalah mengesankan. Dengan garis-garis tebing dan pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Dianjurkan untuk tidak terlambat. Pasalnya suasana di tempat ini sangat ramai dengan wisatawan yang ingin merasakan sensasi belerang.

Fitur unik lain yang bisa Anda temukan adalah air terjun yang lembut. Tingginya tidak lebih dari 5 meter dan alirannya cukup deras, dikenakan biaya 5 ribu rupiah untuk harga tiketnya. Usahakan untuk sampai ke puncak, Anda bisa melihat sungai mengalir dan pemandangan lebih mempesona. Dianjurkan untuk datang pada musim pancaroba, dimana aliran air masih cukup deras.

11. Situs megalitik Bondowoso

wisata sejarah di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/vino_ramadhani100/

Pesona Bondowoso lainnya adalah keindahan beberapa situs megalitik yang jumlahnya cukup banyak. Tersebar di lingkungan yang berbeda. Ada banyak benda bersejarah yang bisa Anda nikmati, mulai dari Sarkofagus, Menhir, Kamar Kuburan, Batu Dakon dan Dolmen. Jumlahnya sekitar 1123 buah.

12. Air terjun Tancak Kembar

wisata alam di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/linda_arisandy507/

Ikon wisata lain di Bondowoso adalah air terjun Tancak Kembar yang konon merupakan mitos penduduk setempat yang bisa membuat awet muda. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, tempat ini digunakan sebagai tempat pemandian Dewi Rengganis.
Terletak di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem, memiliki ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah jalur menuju lokasi tidak mudah. Jalurnya adalah makadam atau tangga. Jika Anda berkunjung setiap musim hujan, jalan ini menjadi licin.

Lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Jadi disarankan untuk mempersiapkan diri Anda untuk latihan sebelum pergi ke area tersebut. Daya tarik tempat ini adalah memiliki dua buah air terjun yang jaraknya sekitar 20 meter. Penduduk setempat juga percaya bahwa kedua sekte itu adalah perwujudan pria dan wanita.

Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 70 meter ini juga dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat melakukan ritual dengan berbagai sesaji dan untuk mengadakan persembahyangan dengan mandi langsung di bawah air terjun. Biasanya ritual ini akan ramai di bulan Muharram.

Disarankan saat berkunjung ke tempat ini, bawa barang sendiri dari rumah. Apalagi soal air minum, karena kamu tidak akan menemui satupun warung selama perjalanan. Namun, jangan lupa untuk mengembalikan sampah Anda dan membuangnya pada tempatnya.

Datang juga ke -> 24 Tempat Wisata Paling Seru di Mojokerto !!

13. Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso

18 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru
foto: https://www.anugerahkubah.com/

Bagi Anda yang beragama Islam, jangan lupa untuk mengunjungi masjid agung kebanggaan warga Bondowoso ini. Struktur bangunannya unik, artinya khususnya umat Islam wajib datang dan beribadah di sini. Terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Kulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Pertama kali dibangun pada tahun 1809 di atas tanah seluas 5.000 meter persegi dan luas bangunannya sendiri adalah 2.000 meter persegi. Mereka dikatakan menampung sekitar 6.000 orang percaya. Melakukan beberapa kali renovasi pada tahun 1967 dan 1971.

14. Hutan Tasnan

tempat wisata keluarga di bondowoso
foto: https://www.instagram.com/arifinseregar02/

Harga tiket wisata di Bondowoso ini adalah 15 ribu rupiah. Pesona utamanya adalah hutan pinus yang luar biasa indahnya. Suasananya terlihat impresif dengan beberapa spot foto yang sayang untuk dilewatkan. Hutan Tasnan juga dijadikan sebagai salah satu area favorit untuk prewedding.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati adalah keberadaan amfiteater dengan dekorasi natural dan lampu gantung yang mengesankan. Terletak di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Pesona lain yang tidak boleh dilewatkan termasuk gambar rumah pohon, ayunan kayu, dan tempat tidur gantung.

Tidak jauh dari hutan pinus Anda akan mendapatkan kolam renang. Memiliki dua kolam untuk anak-anak dan orang dewasa. Menariknya, air di sini sama sekali tidak mengandung kaporit. Jadi suasananya sangat segar, meski kondisinya tidak terawat.

Fasilitas lainnya antara lain mushola, tempat parkir mobil yang luas, stand jajanan pinggir jalan dengan beragam menu kuliner. Terdapat juga gazebo yang bisa digunakan sebagai ruang tunggu dan tempat istirahat. Tempat ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

15. Bukit Jabal Kirmit

Wisata terakhir Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/ecol_revival/

Pesona perbukitan tersebut konon merupakan rumah besar milik seseorang yang pertama kali menemukan kawasan ini. Untuk sampai ke lokasi, Anda harus melakukan yang terbaik. Pesona hijaunya terlihat mengesankan. Ada peternakan kuda dan rusa untuk Anda nikmati.

16. Perkebunan Kopi Kalisat Arabika

wisata anak di Bondowoso
foto: https://www.instagram.com/eronproperty/

Bagi Anda pecinta kopi, tidak ada salahnya berkunjung ke perkebunan kopi arabika yang ada di Desa Jampit. Luas areanya sekitar 4000 hektar dengan ketinggian 900 meter. Salah satu daya tarik yang harus dimiliki di sini adalah proses pembuatan bir dari awal hingga akhir.

Anda bisa melihat bagaimana cara memetiknya, memetik biji kopi yang baik dan buruk untuk diproses. Perhatikan biji kopi mengering dan digiling. Saat pertama kali masuk ke tempat ini, aromanya yang khas menggugah selera makan kopi.

Anda bisa meminumnya dan, sebagai suvenir, menjadikannya pesona lain karena tidak diizinkan meninggalkan area pemancingan, taman mawar, lapangan tenis, dan ruang pertemuan. Bagi Anda yang membutuhkan hunian, beberapa wisma tersedia di sini. Ada juga jalur sepeda atau perjalanan mobil.

17. Air terjun Gentongan

Tempat wisata di Bondowoso Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/bendottetapsangat/

Nama air terjun ini tidak terlalu terkenal untuk menuju kesana, anda harus berjalan kaki sekitar 1 km terlebih dahulu. Airnya berwarna biru kehijauan dan konon mengandung belerang, akibat rembesan kawah ijen. Oleh karena itu, jangan mendekat, karena percikannya akan menimbulkan efek gatal.

Nama gentongan diambil dari bahasa Madura yang artinya menggantung. Ini karena air terjun menggantung di atas tebing. Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman. Karena tidak ada toko yang buka di sepanjang jalan.

18. Lapangan Bondowoso

tempat wisata terbaru di bondowoso
foto: https://www.instagram.com/ojhie_achmedt/

Rekomendasi terakhir yang bisa kami berikan adalah Lapangan Bondowoso. Terletak di Kotakulon, Kecamatan Bondowoso. Tempat ini sangat cocok untuk pagi hari, & # 39; bisa dikunjungi dari sore hingga sore hari.

Biasanya banyak anak muda dan masyarakat sekitar yang datang pada Sabtu malam. Mereka menikmati sajian kuliner khas dari pedagang kaki lima. Rasanya yang enak dan bikin ketagihan. Selain itu, tersedia berbagai jenis spot foto menarik.

Anda juga bisa menikmati suasana yang sejuk dan asri. Biasanya Alun-Alun ini digunakan sebagai pusat aktivitas. Maka termasuk olah raga, jangan heran jika setiap Minggu pagi akan dipadati orang untuk jogging, bulu tangkis, sepak bola dan lainnya.

Bondowoso Square juga digunakan untuk berbagai jenis pertunjukan seni. Setiap Sabtu malam ada pertunjukan band indie atau kesenian tradisional yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa orang mengatakan Anda belum pernah ke Bondowoso jika Anda belum pernah ke Alun-Alun.

Review Sebelumnya -> Unggulan 12 Tempat Wisata Terbaik di Kediri

Tempat wisata di Bondowoso cukup banyak. Beberapa diteliti dengan baik, beberapa tidak. Keindahannya tidak ada duanya. Kota ini juga memiliki akomodasi yang cukup nyaman dengan berbagai fasilitas. Jadi, kapan kamu datang ke tempat ini?

Jelajahi tempat wisata terindah di Semarang



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply