Tempat wisata di Lhokseumawe – Penduduk Indonesia akrab dengan nama Lhokseumawe. Lokasi di wilayah Aceh selalu menjadikan Lhokseumawe menjadi sasaran wisatawan berlibur di Aceh.

Tetapi untuk itu Anda perlu tahu bahwa Lhokseumawe adalah kota besar di provinsi Aceh yang cukup jauh dari Banda Aceh. Namun, berbagai tempat wisata di Lhokseumawe sepertinya tidak pernah lepas dari wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Lhokseumawe.

Selain itu, jalur kota Lhokseumawe tampaknya merupakan jalur lalu lintas antara Kota Medan dan Kota Banda Aceh, sehingga tidak mengherankan jika banyak turis berkunjung.

Bagi Anda yang mengunjungi Lhokseumawe untuk pertama kalinya, mungkin agak bingung memilih tempat wisata untuk dikunjungi. Anda tidak perlu khawatir, karena tempat wisata di Lhokseumawe menyimpan banyak keindahan dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain wisata alam yang indah, Lhokseumawe juga menawarkan wisata sejarah wisata religi yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Lhokseumawe. Tempat wisata di daerah Lhokseumaweu yang dapat Anda kunjungi selama perjalanan Anda dijelaskan di bawah ini.

1. Pulau Seumadu

Pulau Seumadu via Wirahia.blogspotcom

Pulau Seumadu via Wirahia.blogspot.com

Objek wisata pertama di Lhokseumawe adalah pulau Seumadu. Di mana satu pulau ini memang sangat terkenal di wilayah Aceh karena keindahan panorama pulau yang tidak bisa diragukan.

Lokasi pulau Seumadu berada di ujung utara kota Lhoksuemawe dengan pemandangan pantai yang indah. Lokasi pulau ini juga tidak begitu jauh dari Kota Lhokseumawe atau sekitar 12 kilometer.

Begitu sampai di pulau ini Anda akan disambut oleh pantai-pantai berpasir putih yang begitu indah. Angin sepoi-sepoi yang berhembus sedikit membuat suasana lebih sejuk dan seolah-olah di langit. Uniknya di pulau ini ada juga jembatan kayu yang bisa berkontribusi pada keindahan panorama di Pulau Seumadu.

Apalagi suasana di pulau ini begitu tenang dan nyaman sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai. Anda tidak perlu khawatir jika ingin bepergian ke Pulau Seumadu, karena akses ke pulau ini cukup mudah dan lokasinya dekat dengan Pantai Rerte.

2. Bukit Goa Jepang (Blang Panyang)

Bukit Goa Jepang via Abulyutamaacid

Bukit Goa Jepang melalui Abulyutama.ac.id

Goa Goa Jepang adalah sebuah gua di atas bukit. Tempat wisata ini memang begitu klasik dan bersejarah sehingga akan memberikan kesan tersendiri ketika Anda mengunjunginya.

Saat Anda berada di gua ini, Anda bisa mengikuti jalur gua yang membawa Anda ke permukaan di sekitar laut. Gua ini dulunya digunakan oleh Jepang untuk bertarung di era kolonial.

Biaya masuk untuk gua ini sangat terjangkau, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menjelajahi sejarah bersama keluarga.

Goa, yang telah ada sejak 1942, memiliki masa lalu kelam bagi masyarakat Aceh. Gua buatan dengan ketinggian sekitar 200 meter ini memiliki 7 lorong. 3 di antaranya adalah koridor pertahanan yang mengarah langsung ke laut, sementara 4 lorong lainnya terletak di belakang gua yang berfungsi sebagai rute darurat.

Lokasi: Desa Blang Panyang, Distrik Muara Dua, Kota Lhokseumwe, Aceh

3. Taman Ngieng Jioh

Taman Ngieng Jioh via Kompascom

Taman Ngieng Jioh via Kompas.com

Tempat wisata ini adalah taman yang indah dan sangat cocok untuk digunakan sebagai lokasi foto. Taman Ngieng Jioh terletak di sebuah bukit dekat dengan kota Lhokseumawe.

Dengan lokasinya di daerah perbukitan, pemandangan di taman ini membuatnya sangat mempesona dan tentu saja memanjakan mata. Pemandangan kota Lhokseumawe terlihat jelas dari atas bukit, sehingga dijamin sangat berkesan.

Selain bisa melihat pemandangan alam yang indah, Anda dapat bersantai di taman ini sambil ditemani oleh pohon dan bunga yang tumbuh subur di taman.

Lokasi: Desa Blang Panyang, Distrik Muara Dua, Kota Lhokseumwe, Aceh.

4. Sungai Krueng Cunda

Sungai Krueng Cunda melalui Tribunnews

Sungai Krueng Cunda via Tribunnews.com

Tempat wisata yang satu ini memang sangat menarik dan Anda tidak boleh melewatkannya saat mengunjungi Lhokseumawe. Di mana tempat wisata ini adalah Sungai Krueng Cunda, yang memiliki keindahan berbeda dengan sungai pada umumnya.

Karena nampaknya sungai ini memiliki air asin karena alirannya berasal dari laut. Selain air asin, sungai ini juga memiliki pemandangan alam yang indah dan ada juga tanaman laut yang menghiasi sungai di sekitarnya. Dengan bepergian ke Sungai Krueng Cunda, kelelahan Anda secara alami akan hilang.

Selain melihat pemandangan, banyak turis mancing gratis di sungai ini. Namun untuk memancing, pengunjung biasanya harus menyewa perahu agar lebih mudah berjalan. Jika Anda tertarik mengunjungi Sungai Krueng Cunda, datanglah ke Jalan Merdeka Barat, Desa Cunda, Lhokseumawe.

5. Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang via Jaksabewoesiatcom

Pantai Ujong Blang via Jaksabewoesiat.com

Kota Lhokseumawe memang sangat terkenal dengan pantainya yang indah sehingga jika Anda mengunjungi Lhokseumawe, jangan lewatkan untuk berwisata kelautan.

Satu dengan mengunjungi Pantai Ujong Blang. Pantai ini adalah salah satu pantai yang sangat menarik di Lhokseumawe karena memiliki panorama laut yang sangat indah.

Angin sepoi-sepoi yang berhembus juga menambah suasana di pantai ini yang terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Untuk menuju Pantai Ujong Blang, Anda hanya perlu menempuh jarak 5 kilometer dari pusat Lhokseumawe.

6. Pantai Meuraksa

Pantai Meuraksa via Juliansabri.blogspotcom

Pantai Meuraksa via Juliansabri.blogspot.com

Pantai Meuraksa adalah salah satu pantai paling populer di Lhokseumawe sebelum tsunami 2004. Sejak Pantai Meuraksa dilanda tsunami Aceh pada 2004, pantai itu memang sudah cukup rusak sehingga berhenti bekerja sebagai tempat wisata.

Namun setelah beberapa saat pantai akhirnya digunakan kembali dan dapat dikunjungi oleh wisatawan. Suasana sejuk di sekitar pantai dan air laut yang biru mampu menciptakan suguhan yang begitu menakjubkan.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Pantai Meuraksa, datanglah ke Kabupaten Blang Mangat, Lhokseumawe.

7. Jeuleukat reservoir

Waduk Jeuleukat via notesaifan.wordpresscom

Reservoir Jeuleukat via Notessaifan.wordpress.com

Selain wisata pantai, Lhokseumawe juga memiliki wisata waduk yang tidak boleh Anda lewatkan. Waduk Jeuleukat adalah waduk yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan sejuk.

Wisatawan yang mengunjungi waduk ini biasanya ingin bersantai di tepi pantai. Tetapi ketika sore tiba, area waduk itu bahkan lebih ramai dikunjungi wisatawan.

Pengunjung juga dapat menyewa rakit untuk mengelilingi reservoir, sehingga akan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, waduk Jeuleukat juga memiliki karakteristik berupa bunga lotus yang berkontribusi terhadap keindahan waduk.

Lokasi: Jeuleukat, Blang Mangat, Jeuleukat, Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh

8. Taman Riyadhah

Taman Riyadhah via @jakazulham

Taman Riyadhah via @jakazulham

Jika Anda ingin bersantai di tengah Kota Lhokseumawe, datanglah ke Taman Riyadhah. Di mana taman ini adalah taman terbesar dan paling populer di Lhokseumawe.

Pada siang hari taman terasa begitu sejuk dan sejuk sehingga sangat cocok untuk bersantai. Selain itu, ada bunga dan rumput di area taman ini yang berkembang sehingga memberikan kontribusi untuk keindahan panorama di sekitar taman.

Anda tidak perlu khawatir tentang kebersihan, karena Taman Riyadhah selalu terawat dan dijaga kebersihannya. Namun pastikan Anda juga memastikan kebersihan saat Anda mengunjungi taman ini.

Wisatawan yang datang ke taman ini juga akan semakin dimanjakan oleh bangku-bangku di taman yang bisa digunakan untuk duduk oleh pengunjung. Di sekitar taman ada juga penjual makanan dan minuman yang memudahkan Anda jika Anda haus dan lapar.

area: Jl. Merdeka, Kuta Blang, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh

9. Pusat Islam Lhokseumawe

Islamic Center Lhokseumawe via Twitter @zwaraceh

Islamic Center Lhokseumawe via Twitter @zwaraceh

Masjid Islamic Center Lhokseumawe adalah salah satu masjid terbesar di Lhokseumawe. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1267 sehingga usia masjid sudah ratusan tahun.

Sebagai salah satu masjid terbesar, bangunan masjid ini tentu saja tidak kalah indahnya dengan gaya arsitektur dari Timur Tengah. Biasanya masjid terlihat lebih menakjubkan di malam hari dengan lampu hias di sekitar masjid.

Jika Anda tertarik dengan tur keagamaan di masjid Islam Lhkseumawe, datanglah ke Desa Simpang Empat, Banda Sakti, Lhokseumawe.

10. Waduk Pusong

Pusong reservoir melalui acehinfoweb.blogspotcom

Reservoir Pusong melalui acehinfoweb.blogspot.com

Lhokseumawe masih memiliki waduk yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi saat bepergian, yaitu waduk Pusong. Waduk Pusong sebenarnya adalah reservoir kecil di Lhokseumawe, tetapi selalu sibuk dengan wisatawan.

Saat malam tiba, pemandangan di waduk ini biasanya lebih indah dan tampak begitu romantis. Tentu saja, jika Anda ingin merasakan suasana romantis dengan pasangan Anda, jangan lupa untuk berhenti di Waduk Pusong.

Biasanya wisatawan yang datang ke waduk ini memilih untuk duduk di sekitar waduk sambil melihat pemandangan Masjid Islamic Center Lhokseumawe yang lampunya bersinar di malam hari.

Di waduk Pusong ini juga ada tempat untuk melihat pemandangan laut lepas, sehingga mata Anda pasti akan manja.

Lokasi: Jl. Waduk Pusong, Kota Lhokseumawe, Aceh

11. Buket dari Paloh Batee

Buket Paloh Batee via @ teukuaroel1990

Buket Paloh Batee via @ teukuaroel1990

Tempat-tempat wisata berikut di Lhokseumawe, yaitu Buket Paloh Batee, tidak lain adalah luasnya keindahan bukit yang memukau. Bukit-bukit ini dapat naik ke atas dan memberikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Dari kejauhan menjulang bukit dan ditumbuhi tanaman hijau dan pepohonan. Pemandangan indah dari Paloh Batee Buket menjadikan bukit ini menjadi tempat foto yang sangat diminati, terutama di kalangan anak muda.

Dari waktu ke waktu, banyak pengguna media sosial berbagi foto mereka di karangan bunga Paloh Batee, membuat tempat ini semakin populer.

12. Pantai Liburan

Foto Rerte Beach oleh Citra Rahman

Foto Rerte Beach oleh Citra Rahman

Jika Anda bepergian ke Lhokseumawe, Anda tidak boleh berhenti di Pantai Rerte. Pantai ini berada di sebuah pulau yang sangat indah dengan ombak dan pasir yang mencolok.

Pantai Rerte juga sering disebut pantai Seumadu, karena ada warung di pantai ini bernama Seumadu.

Selain menghadirkan keindahan pantai yang indah, Pantai Rerte juga memiliki wisata kuliner khas Aceh, yang selalu menjadi andalan wisatawan di Pantai Rumpang. Ada juga akomodasi yang cukup di pantai ini, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menginap.

Lokasi: kawasan wisata Runtung, Distrik Muara Satu, Lhokseumawe

13. Dermaga Pertamina Lhokseumawe

Dermaga Lhokseumawe Pertamina via Youtubecom

Dermaga Pertamina Lhokseumawe via Youtube.com

Ketika Anda mengunjungi Lhokseumawe, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak menjelajahi wisata bahari. Dalam hal ini Anda dapat mengunjungi area Dermaga Pertamina Lhokseumawe, dengan pantai-pantai yang indah dan matahari terbenam yang eksotis.

Ketika sore tiba, langit tampak kemerahan dalam kombinasi dengan bias laut yang tipis dan tenang seolah-olah suasana santai diciptakan yang menjadi semakin sempurna. Angin sepoi-sepoi yang berhembus dengan aroma khas laut membuat Anda merasa lebih nyaman saat bersantai di dermaga ini.

14. Pelabuhan Krueng Geukueh

Port Krueng Geukueh via Statusacehnet

Pelabuhan Krueng Geukueh via Statusaceh.net

Selain bersantai di dermaga Pertamina Lhokseumawe, Anda juga bisa bersantai sambil menikmati keindahan pemandangan laut dengan mengunjungi pelabuhan Krueng Geukueh.

Saat Anda berada di pelabuhan ini, Anda melihat kapal-kapal besar memasuki pelabuhan. Pelabuhan ini juga merupakan sektor penting bagi perekonomian di Lhokseumawe karena pengiriman barang yang berbeda dari arah yang berbeda.

Kehadiran kapal-kapal besar ini sebenarnya berkontribusi pada keindahan pemandangan di pelabuhan, terutama di malam hari.

15. Makam Putroe Neng

Makam Putroe Neng via Steemitcom

Makam Putroe Neng melalui Steemit.com

Kemudian Anda bisa mengunjungi jamuan bersejarah yang merupakan makam seorang wanita yang berasal dari Tiongkok dan kemudian memeluk Islam. Sebelumnya wanita itu sangat bersemangat untuk memerintah kerajaan di Aceh, tetapi pada akhirnya dia memutuskan untuk menjadi mualaf.

Wanita itu memiliki keindahan yang begitu menawan sehingga para bangsawan ingin melamar menjadi seorang wanita. Bahkan wanita itu menikah dengan 99 pria, tetapi suaminya akhirnya meninggal di malam pertama karena racun wanita itu.

Hingga akhirnya Syiah Syaikh Hudam berhasil menghilangkan racun dan kecantikan wanita itu memudar. Ada 11 kuburan di kompleks pemakaman ini, tetapi belum diketahui siapa yang dimakamkan di sana.

Tetapi ada batu nisan dengan huruf pallawa dengan Putroe Neng ditulis dengan batu nisan. Jika Anda tertarik mengunjungi Makam Putroe Neng, datanglah ke Jalan Merdeka atau sekitar 6 kilometer dari Kota Lhokseumawe.

16. Museum Malikussaleh

Museum Malikussaleh via Wikipediaorg

Museum Malikussaleh via Wikipedia.org

Museum ini adalah objek wisata bersejarah yang menyimpan berbagai bentuk peninggalan bersejarah di kerajaan dan era kolonial. Di mana jenis-jenis peninggalan yang disimpan di museum ini adalah uang, penggila seni, buku, saga, buku, dan sebagainya.

Saat berkunjung ke Museum Malikussaleh, wisatawan biasanya ditemani oleh pemandu yang menceritakan tentang sejarah peninggalan tersebut.

Museum, yang terletak di Jalan Mayjen Tengku Islamiah, mudah dijangkau karena akses jalannya yang bagus.

Saat mengunjungi museum ini Anda pasti akan kagum dengan benda-benda peninggalan bersejarah sejak abad ke-8. Tentu saja, berbagai peninggalan di museum ini sangat cocok untuk Anda yang suka sejarah.

17. Jalan Pantai Ulee

Jalan Pantai Ulee via Kompascom

Jalan Pantai Ulee via Kompas.com

Masih soal wisata bahari di Lhokseumawe, kali ini wisatawan akan diajak mengunjungi Pantai Jalan Ulee. Dimana pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis dengan pasir hitam-cokelat dan tepi pantai yang lebar.

Pantai Jalan Ulee tentu sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan aman untuk berenang. Di pantai Pantai Ulee ada juga penyewaan ban yang memungkinkan wisatawan untuk dengan mudah berenang di laut.

Pemandangan di pantai ini lebih indah dengan tebing pemecah ombak yang sangat cocok untuk foto spot. Meski demikian, fasilitas wisata di pantai ini masih kurang, namun pemandangannya dijamin memukau pemandangan.

18. Museum Kota Lhokseumawe

Museum Kota Lhokseumawe Foto Porch Indonesia

Museum Kota Lhokseumawe Foto Porch Indonesia

alamat: Jl. Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh

*****

Itulah rekomendasi tempat wisata di Lhokseumawe yang bisa menjadi referensi saat bepergian. Bagi Anda yang ingin liburan di Aceh, jangan lupa untuk mengunjungi Lhokseumawe, karena ada banyak surga wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini tentu unik yang mungkin tidak Anda temukan di daerah lain.

Jangan lewatkan: Daftar objek wisata terbaru di Sabang

Leave a Reply