Tempat wisata di Pidie Jaya – Aceh adalah provinsi yang terdiri dari banyak kabupaten atau kota, salah satunya adalah Kabupaten Pidie Jaya. Anda harus tahu bahwa Kabupaten Pidie Jaya adalah hasil dari distribusi Kabupaten Pidie.

Ketika Anda mengunjungi Pidie Jaya, Anda akan menemukan berbagai simbol keindahan alam di tempat-tempat wisata. Namun perlu Anda ketahui bahwa tempat wisata di Pidie Jaya tidak hanya berupa wisata alam, tetapi juga jenis wisata lainnya, seperti wisata budaya, wisata religius dan wisata kuliner.

Pidie Jaya memiliki modal di Meureudu dan terdiri dari delapan kabupaten. Lokasi yang dekat dengan Kabupaten Pidie tentu akan sangat mudah bagi Anda yang ingin singgah di Pidie Jaya saat berada di Kabupaten Pidie.

Pidie Jaya juga menjadi salah satu daerah yang terkena dampak bencana tsunami Aceh tahun 2000. Namun sekarang wilayah Pidie Jaya telah mengalami banyak perubahan dan perbaikan untuk menjadi daerah yang indah.

Dari sektor pariwisata, Pidie Jaya menawarkan banyak potensi wisata, yang memalukan ketika mati. Di bawah ini adalah daftar tempat wisata di Pidie Jaya yang dapat Anda kunjungi selama liburan Anda.

1. Pantai Kuthang

Lokasi: Sagoe, Kabupaten Trienggadeng, Pidie Jaya

Pantai Kuthang

Pantai Kuthang

Tempat wisata pertama di Pidie Jaya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Kuthang. Dimana pantai ini adalah salah satu tempat wisata populer di Pidie Jaya.

Uniknya adalah bahwa pantai ini memiliki nilai-nilai Islam yang sangat tinggi, sehingga di wilayah ini prioritas diberikan kepada keselamatan dengan penggerebekan untuk menyerang pengunjung yang melanggar nilai-nilai Islam.

Bahkan ketika Anda mengunjungi pantai ini, Anda tidak perlu khawatir, karena selama Anda tidak melanggar nilai-nilai Islam, Anda dapat dengan nyaman menikmati keindahan Pantai Khutang.

Pesona keindahan Pantai Khutang dapat dilihat pada ombak yang tidak begitu besar dan pantai berpasir yang terlihat begitu eksotis. Bagi Anda yang ingin berenang atau bermain pasir, tentu sangat aman.

Selain itu, ada juga warung dengan daun palem sagu di sekitar pantai yang bisa dijadikan tempat wisata kuliner. Tampilan kapal biru bisa menjadi tanda bahwa Anda berada di Pantai Khutang.

Selain berenang dan bermain dengan pasir, Anda bisa memancing di pantai ini dengan menyewa peralatan memancing. Jika Anda berkunjung pada hari-hari tertentu, Anda dapat menyaksikan Pekan Budaya Pidie Jaya di pantai ini.

2. Pantai Manohara

Lokasi: Desa Meunasah Balek Meureredu, Pidie Jaya

Pantai Manohara melalui keindahan touristalamaceh.blogspotcom

Pantai Manohara melalui keindahan touristalamaceh.blogspot.com

Selain Pantai Khutang, Pidie Jaya memiliki pantai-pantai indah lainnya, termasuk Pantai Manohara. Sebelum menjadi tempat wisata populer seperti sekarang, Pantai Manohara ditutup karena gempa dan menjadi tempat bagi unggas.

Namun kini Pantai Manohara semakin sibuk karena keindahan pemandangannya, itu tanpa diragukan lagi. Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Manohara, datanglah ke Desa Meunasah Balek Meureredu, Pidie Jaya.

Anda juga harus tahu bahwa pantai ini sebenarnya disebut Pantai Meurah Setia, tetapi pada akhirnya lebih terkenal sebagai Pantai Manohara. Di pantai ini ada juga penjual makanan di kafe-kafe di pantai.

Selain itu, ada fasilitas lain di pantai ini yang cukup untuk membuat kegiatan liburan Anda lebih nyaman. Dengan pepohonan hijau yang rapi di garis pantai, ini pasti akan memberikan perasaan sejuk dan indah saat Anda berlibur di pantai ini.

3. Pantai Pasi Aron

Lokasi: Jurong Binje, Sepanjang Buya, Pidie Jaya

Pantai Pasi Aron via IG @wikhdalmi

Pantai Pasi Aron via IG @wikhdalmi

Tempat wisata berikutnya adalah Pantai Pasi Aron dengan sejuta keindahan yang pasti akan mengejutkan Anda. Meski sempat tersapu habis oleh tsunami, namun pantai ini sepertinya tidak kehilangan pesona keindahannya.

Dimana pantai ini memiliki pantai berpasir hitam, terutama di sore hari, langit di pantai ini terlihat lebih eksotis. Pantai, yang terletak di distrik Panjang Buya, memang sudah dikenal karena pesonanya.

Pengunjung biasanya memilih sore hari untuk bersantai di pantai ini sambil menikmati matahari terbenam. Tentu saja pantai Pasi Aron ini sangat cocok untuk liburan keluarga atau bersama orang-orang terkasih.

4. Krueng Lhok Gop

Lokasi: Gampong Kumba, Bandar Dua, Pidie Jaya

Krueng Lhok Gop via IG @ emreza_putra

Krueng Lhok Gop via IG @ emreza_putra

Selain pantai, Krueng Lhok Gop tidak kalah menariknya dengan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pidie Jaya.

Tempat wisata ini adalah sungai alami dengan pemandangan hijau di sekitarnya dan ada bebatuan di sungai yang membuatnya lebih indah.

Lokasi Krueng Lhok Gop berada di Gampong Kumba, Bandar Dua, yang dapat dengan mudah dicapai. Air yang mengalir ke sungai ini memang cukup jernih dan terasa dingin. Wisatawan yang datang ke sungai ini biasanya memilih bermain air atau berenang.

Tentu saja, kombinasi air sungai dan panorama alam yang indah akan memastikan bahwa semua orang merasa betah untuk waktu yang lama di tempat wisata yang satu ini. Ketika musim panen tiba, masyarakat setempat biasanya akan mengadakan Khanduri Blang atau musim panen upacara Thanksgiving yang bisa Anda tonton.

5. Gunung air terjun Palang

Lokasi: Gunung Palang Desa Albah Lueng, Distrik Bandar Baru, Pidie Jaya

Air terjun Gunung Palang via Ig @ murididhalmury

Air terjun Gunung Palang via Ig @ murididhalmury

Tempat wisata berikutnya di Pidie Jaya adalah air terjun Gunung Palang. Dimana tempat wisata yang satu ini terletak di kawasan Gunung Palang, Desa Albah Lueng, Distrik Bandar Baru.

Karena lokasinya di daerah pegunungan, tidak mengherankan jika jika ingin pergi ke air terjun ini, dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang selama sekitar 3 jam untuk mendaki gunung.

Meskipun lelah selama perjalanan, semua itu terbayar jika Anda menyaksikan keindahan air terjun alami yang tak tertandingi. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga dapat mendirikan tenda di area air terjun Gunung Palang dan nikmati kopi atau teh di malam hari.

Jika Anda ingin berkemah di air terjun ini, Anda harus membawa peralatan dan persediaan yang cukup, karena fasilitas di daerah air terjun ini belum tersedia.

6. Masjid Kuta Batee Meureudu

Lokasi: Gp. Beuracan, Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya

Masjid Kuta Batee Meureudu via Acehplanetnet

Masjid Kuta Batee Meureudu via Acehplanet.net

Selain wisata alam, Pidie Jaya juga memiliki wisata religi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu masjid Kuta Batee Meureudu. Masjid ini memiliki nilai sejarah tinggi karena pembangunan masjid ini dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda pada 1620 Masehi

Ini menunjukkan bahwa masjid tersebut memang berusia ratusan tahun dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Namun pada tahun 1963 masjid ini direnovasi dan kemudian diubah namanya menjadi Masjid Iskandar Muda Kuta Batee. Anda tidak hanya dapat menyaksikan keindahan masjid ini, Anda juga dapat beribadah dan belajar sejarah.

7. Benteng Kuta Batee

Lokasi: Blang Mideun, Gampong Manyang Lancok, Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya

Benteng Kuta Batee

Benteng Kuta Batee

Setelah tur ibadah dan keagamaan ke Masjid Kuta Batee Meureudu, Anda juga dapat mengunjungi benteng Batee Kuta. Benteng ini juga dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1620 Masehi

Meskipun kondisi benteng terlihat tidak terawat, benteng itu pernah digunakan sebagai pertahanan batu dan protein yang dicampur dengan tepung ketan.

Ini dilakukan karena sebelumnya tidak ada semen sebagai perekat untuk bahan bangunan. Kunjungan ke benteng ini dijamin tidak akan kehilangan apa-apa, karena bentang alamnya yang sangat indah dan cocok untuk foto spot.

Kunjungi juga: 18 Objek wisata terbaru di Lhokseumawe Aceh

8. Pemakaman Perdagangan Malem

Lokasi: Pemukiman Tunong, Pengadilan Negeri, Meunasah Kumbang, Ulim, Kabupaten Pidie Jaya

Pemakaman Perdagangan Malem

Pemakaman Perdagangan Malem

Banyak pahlawan Aceh yang bertarung lebih awal untuk melawan penjajah di Indonesia, khususnya di wilayah Aceh. Untuk alasan ini sangat tepat bahwa layanan para pahlawan salah satunya diingatkan melalui Makam Perdagangan Malem.

Anda harus tahu bahwa Malem Dagang adalah seorang komandan hebat yang diproklamirkan oleh Sultan Iskandar Muda dalam serangan di Semenanjung Malaka.

Karena alasan ini, jalan Malem Dagang disimpan dalam bentuk kuburan di distrik Ulim. Wisatawan yang datang ke makam ini biasanya ingin berziarah sambil belajar sejarah.

9. Beras Briyani dan Martabak Kari

Lokasi: Meureudu, Pidie Jaya

Briyani Rice dan Martabak Curry via Tiket Travelling

Briyani Rice dan Martabak Curry via Tiket Travelling

Pidie Jaya juga memiliki hidangan kuliner yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja saat mengunjungi lingkungan ini. Dimana sajian kulinernya adalah nasi Briyani, yang merupakan sajian khas Pidie Jaya.

Beras briyani sebenarnya berasal dari India, tetapi karena mayoritas penduduk Meureudu berasal dari negara India. Mengenai kari martabak, itu adalah makanan khas Pidie Jaya yang memiliki rasa khas dan lezat.

Jika Anda ingin menikmati nasi briyani dan kari martabak, nikmati di restoran dan restoran di wilayah Kota Meureudu.

10. Kerajinan Pandan

Lokasi: Desa Buangan, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya

Kerajinan Pandanus melalui Tiket Traveling

Kerajinan Pandanus melalui Tiket Traveling

Pidie Jaya juga memiliki kerajinan yang sangat unik, kerajinan Seuke atau pandan. Untuk jenis kerajinan ini dihasilkan dari pandan, termasuk tikar, berbagai tas, dan sebagainya.

Jika Anda ingin membeli kerajinan pandan khas ini dari Pidie Jaya, datanglah ke Ulim, Trienggadeng, Meureudu dan kabupaten lainnya.

Jangan lewatkan: Objek wisata terbaru di Aceh Utara dan sekitarnya

11. Krueng Cubo

Lokasi: Desa Sarah Panyang, Distrik Bandarbaru, Pidie Jaya

Krueng Cubo via acehplanet

Krueng Cubo via acehplanet

Mungkin banyak orang berpikir bahwa tempat wisata yang satu ini kurang menarik. Namun, Krueng Cubo memiliki potensi wisata berupa sungai yang dijamin menarik untuk dikunjungi.

Namun karena keterbatasan infrastruktur dan kondisi akses, masih belum banyak pengunjung ke tempat wisata ini.

Krueng Cubo biasanya sangat populer dengan orang-orang yang suka memancing dan biasanya daerah sungai ini selalu penuh dengan nelayan. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke Krueng Cubo, maka tidak heran jika sungai ini sangat cocok sebagai tujuan wisata.

12. Bate Iliek

Lokasi: Gampong Meurah, Samalanga-Bireuen District (45 menit dari Pijay)

Bate Iliek melalui Tribunnews

Bate Iliek melalui Tribunnews

Batu Iliek adalah objek wisata berupa sungai dengan batu-batu besar dan air mengalir dan terasa sejuk. Biasanya air sungai mengalir dengan cepat ke laut ketika musim hujan tiba.

Selain menawarkan pemandangan spektakuler, sungai ini juga menjadi sumber irigasi bagi persawahan masyarakat setempat. Nama Bate Iliek sebenarnya disamakan dengan nama desa tempat sungai itu berada.

Biasanya jumlah pengunjung ke Bate Iliek akan meningkat ketika musim liburan tiba atau selama akhir pekan. Selain bisa menikmati keindahan sungai sambil bermain air, wisatawan dapat membeli makanan ringan atau minuman di warung di sekitar Sungai Bate Iliek.

Jenis kuliner yang disajikan jelas merupakan makanan khas Aceh yang dijamin enak dan menggoyang lidah Anda.

13. Masjid Tengku di Pucok Krueng

Lokasi: Pucok Krueng, Kec. Meureudu, Pidie Jaya

Masjid Tengku di Pucok Krueng via Singgahkemasjid

Masjid Tengku di Pucok Krueng via Singgahkemasjid

Tempat wisata berikutnya adalah Masjid Tengku di Pucok Krueng atau yang biasa disebut Masjid Kembar. Karena masjid ini adalah dua masjid yang berseberangan.

Kedua masjid ini memiliki keunikan tersendiri, sehingga terlihat sangat menarik. Salah satu dari dua masjid itu memiliki bangunan kayu bergaya nusantara tradisional dan sudah tua. Sementara bangunan masjid lainnya dibangun dari bahan beton sehingga tampak modern.

Kedua masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat berharga bagi masyarakat Pidie Jaya. Cuaca unik di kompleks masjid ini ada pot besar yang isinya air. Meskipun ketika diisi dengan air, guci itu kotor, tetapi setelah Anda mengambil air dari guci, air menjadi sangat jernih.

14. Taman kota Pidie Jaya

Lokasi: Balakang Pemkot, Gampong Cot Trieng, Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya

Taman Kota Pidie Jaya via Steemet

Taman Kota Pidie Jaya via Steemet

Jika Anda mengunjungi Pidie Jaya, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak berhenti di Taman Kota Pidie Jaya. Taman kota ini terletak di Meureudu dan sebagian besar dikunjungi oleh orang-orang muda yang hanya ingin bersantai atau sedang mencari foto.

Keindahan taman kota Pidie Jaya cukup mencengangkan dengan kolam dan bunga di sekitarnya. Bangunan di sekitar taman juga menambah pemandangan yang tidak kalah eksotis di taman kota ini.

Namun dalam hal memelihara taman, perhatian kurang diperhatikan dan termasuk juga akses jalan. Namun taman kota ini sangat cocok untuk mereka yang ingin bepergian sambil bersantai tanpa membayar.

15. Pantai Balemon

area: Dusun Balemon, Sagoe, Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya

Pantai Balemon

Pantai Balemon

Jika Anda mengunjungi desa Sagoe Trienggadeng, jangan lewatkan Pantai Balemon. Pantai Balemon biasanya merupakan tujuan wisata Islam di desa Sagoe.

Lokasi di Selat Malaka tentu akan berkontribusi pada daya tarik pantai ini. Air laut biru yang dipadukan dengan pasir pantai yang halus tentu akan berkontribusi pada keindahan panorama Pantai Balemon.

Ketika sore tiba, Anda dapat melihat eksotisitas matahari terbenam, sedikit cahaya menciptakan siluet pemandangan yang sangat indah.

16. Sabana Blang Raweu

Lokasi: Kabupaten Pidie Jaya

Sabana Blang Raweu via IG @boyhaqie

Sabana Blang Raweu via IG @boyhaqie

Objek wisata berikutnya adalah Sabana Blang Raweu, daerah yang didominasi oleh sabana dengan luas ribuan hektar. Area sabana ini juga dikelilingi oleh hutan primer dan sekunder yang berkelanjutan.

Selain sabana, kawasan ini juga berisi berbagai spesies hewan yang hidup di kawasan ini, termasuk rusa, babi hutan, dan rusa. Tetapi bisa memasuki area sabana tidak mudah karena keamanan kawasan hutan yang cukup ketat.

Bahkan area ini juga merupakan area keramat masyarakat setempat. Untuk memasuki daerah ini, prosesi ritual tradisional biasanya dilakukan terlebih dahulu.

17. Air terjun Ulim Pidie Jaya

Lokasi: Gunung Sala, Kabupaten Pidie Jaya

Air Terjun Ulim Pidie Jaya via Steemit

Air Terjun Ulim Pidie Jaya via Steemit

Tempat ini memiliki bentuk air terjun yang bisa dipandu dengan melewati hutan dan mendaki gunung. Meskipun sangat sulit untuk pergi ke air terjun ini, tetapi di sepanjang jalan Anda akan dimanjakan oleh keindahan alam berupa barisan pohon hijau yang rimbun.

Selain itu, ada juga deretan tebing, sabana dan hutan tropis yang memanjakan mata. Suara kicau burung di alam liar juga berkontribusi pada suasana indah saat menuju air terjun Ulim.

Ketika Anda tiba di air terjun Ulim, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan air terjun yang mengalir dengan cepat di antara bebatuan batu. Lansekap di sekitarnya, yang terlihat hijau, membuat Anda merasa lebih nyaman di air terjun ini.

18. Lada Krueng Lampoh

Lokasi: Pemukiman Beuracan, Meureudu, Pidie Jaya

Krueng Lampoh Lada via IG @ahlulfikri_

Krueng Lampoh Lada via IG @ahlulfikri_

Tempat wisata berikutnya di Pidie Jaya adalah Krueng Lampoh Lada, yang terletak di selatan Beuracan, Meureudu, pemukiman Pidie Jaya.

Wisata alam dalam bentuk sungai memiliki aliran air yang sangat jernih dengan suasana alami yang masih mempertahankan kealamian dan airnya, sehingga bagi mereka yang mencari tempat yang menyegarkan dengan suasana alam yang menenangkan, inilah salah satu tempat.

Jika Anda ingin basah di sini, jangan lupa ganti baju.

******

Demikian penjelasan dari daftar tempat wisata di Pidie Jaya yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Jika Anda ingin menjelajahi Pidie Jaya, pilih lokasi wisata yang dijelaskan di atas. Dengan begitu perjalanan Anda di Pidie Jaya akan lebih tak terlupakan dan tentunya tak kalah menyenangkan.

Mari kita juga melihat: 22 Objek wisata terbaru di Simeulue Aceh

Leave a Reply