Tempat wisata di Bukittinggi – Bukittinggi adalah salah satu kota di Sumatera Barat yang dikenal sebagai pusat tempat wisata, juga tempat berbelanja untuk berbagai keperluan sehari-hari, pakaian, aksesoris, makanan dan sebagainya.

Kota Bukittinggi sebagai kota terbesar kedua setelah Kota Padang, telah menjadi tujuan liburan bagi masyarakat Sumatera Barat dan bahkan luar negeri untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Ada begitu banyak tempat wisata di Bukittinggi yang pantas untuk kita kunjungi ketika kita mengunjungi kota "Menara Jam".

Tahukah Anda bahwa kota Bukittinggi pernah digunakan sebagai ibukota negara Indonesia pada masa pemerintahan darurat Indonesia. Kota ini terletak di ketinggian sekitar 909-941 meter di atas permukaan laut. Sehingga menjadikan kota ini memiliki udara yang sejuk, yaitu sekitar 16.1–24.9 ° C

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi selama beberapa hari, jangan lupa untuk memesan akomodasi online karena ketika Anda datang berlibur, hotel ini biasanya penuh sehingga Anda akan kesulitan menemukan akomodasi di sekitar pemandangan Bukittinggi.

Kami sekarang telah memungkinkan berbagai aplikasi pemesanan hotel dan pesawat melalui ponsel, jadi manfaatkan aplikasi ini untuk memaksimalkan liburan kami.

Tempat wisata di Bukittinggi Sumatera Barat

Kali ini Tempatwisataseu membawa Anda ke tempat-tempat wisata di Bukittinggi, Sumatera Barat. Kunjungan ke semua tempat wisata di Bukittinggi membutuhkan beberapa hari untuk menjadi nyaman. Jadi manajer merekomendasikan Anda memesan tempat tinggal.

Jelajahi tempat wisata lainnya di Sumatra: 32 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Bengkulu

Mari kita jelajahi tempat-tempat wisata berikut di Bukittinggi:

1. Obyek Wisata menara lonceng Bukittinggi

Objek wisata pertama di Bukittinggi adalah gadanguur. Menara jam adalah ikon kota Bukittinggi yang harus Anda kunjungi. Menara lonceng akan menjadi tempat pertemuan bagi wisatawan yang datang ke Bukittinggi.

Menara jam objek wisata Bukittinggi - tempat wisata di Bukittinggi

Obyek Wisata Menara Jam Bukittinggi

Lokasi jam gadang ini berada di area Taman Sabai Nan Aluih di seberang Istana Bung Hatta. Gadangklok sendiri adalah bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih ada dan terawat dengan baik.

Ukuran bangunan ini sekitar 13 × 4 meter. Sejumlah pohon telah ditanam di daerah sekitar jam Gadang sehingga terasa lebih teduh.

Rasanya tidak lengkap ketika Anda pergi ke Bukittinggi, jangan berhenti pada jam. Untuk membuat pengunjung betah, pemerintah Bukittinggi juga melengkapinya dengan kursi beton untuk bersantai. Taman Jam Gadang selalu sibuk, dari pagi, siang, sore hingga malam. Banyak orang tua dan muda selalu menggunakannya untuk bersantai. Banyak orang tua muda bahkan membawa anak-anak mereka ke sini untuk bermain siang.

Ada juga banyak penjual makanan di sekitar sini yang siap memanjakan lidah Anda.

2. Tur sejarah ke Fort de Kock

Objek wisata berikutnya di Bukittinggi adalah Fort de Kock, benteng Belanda yang berdiri di kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Daerah ini hanya berjarak sekitar 1 km dari pusat kota Bukittinggi, yaitu di daerah Jam Gadang, tepat di kanal Tuanku nan Renceh.

Tur sejarah ke Fort Fort de Kock

Tur sejarah ke Fort Fort de Kock

Bangunan ini sudah ada sejak 1825 dan didirikan oleh Kapten Bouer. Benteng Fort De Kock digunakan oleh tentara Belanda sebagai benteng orang-orang Minangkabau, terutama sejak pecahnya perang Paderi pada 1821-1837.

Benteng de de Kock adalah objek wisata bersejarah yang menarik di Bukittinggi yang dapat Anda kunjungi.

Kunjungi juga: 37 Objek Wisata di Aceh yang Mempesona Menarik untuk dikunjungi

3. Jembatan Limpapeh, Kota Bukittinggi

Anda juga dapat mengunjungi jembatan Limpapeh. Jembatan ini dibangun sekitar tahun 1995 dengan warna dominan kuning dan merah. Jembatan baja ini menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort Kock.

Jembatan Limpapeh, kota Bukittinggi

Jembatan Limpapeh, kota Bukittinggi

4. Objek Wisata Sianok Canyon Bukittinggi

Tempat wisata di Bukittinggi yang harus Anda kunjungi adalah ngarai canyok yang memanjang sekitar 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang ke Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman lembah hingga 100 meter dan lebar ngarai sekitar 200 meter .

Tempat wisata Ngarai Sianok Bukittinggi

Tempat wisata Ngarai Sianok Bukittinggi

Celah itu sendiri adalah salah satu fenomena alam yang menakjubkan, karena merupakan hasil dari pergerakan lempeng bumi dalam bentuk pengangkatan. Untuk geologi atau anak-anak bumi, mereka harus mengetahui fenomena ini dengan baik.

5. Tempat wisata sejarah lubang Bukittinggi Jepang

Sumur Jepang adalah objek wisata berikutnya di Bukittinggi yang harus Anda kunjungi. Objek wisata ini, warisan penjajahan Jepang, memiliki keunikan tersendiri.

Tempat wisata di lubang-lubang Jepang Bukittinggi

Tempat wisata di lubang-lubang Jepang Bukittinggi

Gua pekerja paksa memiliki panjang sekitar 1.470 meter dan terletak 40 meter di bawah ngarai Sianok. Ada 21 terowongan di sumur Jepang yang digunakan untuk menyimpan amunisi, ruang tamu, ruang pertemuan, ruang tahanan, ruang makan, dapur, ruang penyiksaan, ruang spionase, ruang penyergapan, penyergapan dan gerbang.

6. Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Di Bukittinggi Anda juga dapat mengunjungi Janjang Ampek Puluah atau dalam bahasa Indonesia, empat puluh tendangan.

Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Nama tangga panjang ampek puluah itu sendiri diberikan sesuai dengan jumlah langkah empat puluh. Ampek puluah cukup curam dengan ketinggian 25 cm. Tangga itu merah tua.

7. Saribu Tempat wisata panjang Koto Gadang Bukittinggi

Bagi yang ingin mengunjungi tembok Cina, kini bisa beralih ke tembok Cina Koto Gadang. Tembok Besar Koto Gadang adalah objek wisata di Bukittinggi yang wajib Anda kunjungi.

Obyek Janjang Saribu koto Gadang Bukittinggi

Obyek Janjang Saribu koto Gadang Bukittinggi

Sebelum Anda pergi ke sini, pastikan Anda secara fisik bugar, karena Anda harus pergi banyak tangga, seperti tembok besar di China sana.

Dinding ucapan terima kasih dari Koto Gadang ini meluas ke daerah di bawah ngarai Sianok. Langkah-langkah dalam bahasa daerah ini disebut Janjang Saribu, atau seribu langkah.

8. Museum Wisata Sejarah Bung Hatta Bukittinggi

Untuk menambah cinta ke Indonesia, Anda harus mengunjungi Museum Bung Hatta di kota Bukit Tinggi. Museum ini adalah tempat kelahiran Bung Hatta dengan luas lebih dari 1.000 m² yang dibebaskan oleh pemerintah kota Bukittinggi. Diperkirakan area tanah itu hanya sebagian dari tanah yang dulunya milik keluarga mendiang Bung Hatta.

Museum wisata sejarah Bung Hatta Bukittinggi

Museum wisata sejarah Bung Hatta Bukittinggi

Yayasan Pendidikan Nusantara Insights, yang mengelola Universitas Bunga Hatta dan merenovasi tempat kelahiran Bung Hatta pada bulan September 1994. Perencanaan dan pelaksanaan renovasi dipimpin oleh Kanselir Universitas Bung Hatta. Museum ini dikelola oleh Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Bukittinggi, yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Jika Anda berlibur bersama anak-anak, jangan lupa mengunjungi museum yang sangat bersejarah bagi pendiri bangsa kita.

9. Istana Bung Hatta di Bukittinggi

Selain tempat kelahiran Bung Hatta, ada juga Istana Bung Hatta di seberang Menara Jam Bukittinggi. Istana Bung Hatta memiliki halaman besar, hijau, indah dan sejuk yang dihiasi dengan pohon-pohon palem dan cemara. Dinding rendah dipagari di sekitar Istana Bung Hatta itu terbuka.

Istana Bung Hatta di Bukittinggi

Istana Bung Hatta di Bukittinggi

10. Taman alam dan budaya Kinanta

Taman dan budaya klan Kinantan atau yang lebih dikenal dengan komunitas "Kebun Binatang" adalah objek wisata di Bukittinggi yang harus Anda kunjungi.

Taman alam dan budaya Kinanta

Taman alam dan budaya Kinanta

Lokasi kebun binatang ini dapat dicapai dengan hanya berjalan di atas jembatan Limpapeh, tak lama setelah melihat Fort de Kock. Saat memasuki kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, Anda segera melihat kandang gajah, serta Rumah Tradisional Baanjuang yang digunakan sebagai museum.

Lokasi Kebun Binatang Bukittinggi adalah di Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Taman Alam dan Budaya Kinantan juga merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, dan satu-satunya di Sumatera Barat, dengan koleksi hewan terlengkap di pulau Sumatra.

Jadi rasanya sangat rugi jika Anda pergi ke Bukittinggi tetapi tidak datang ke kebun binatang ini. Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota Bukittinggi. Lebih tepatnya di Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Di atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat.

Bagaimana Anda tertarik melihat koleksi hewan di sini?

11. Rumah Tradisional Baanjuang Puti Bungsu Bukittinggi

Objek wisata berikutnya di Bukittinggi adalah Museum Rumah Tradisional Baanjuang. Bangunan bersejarah peninggalan kolonial ini didirikan pada tahun 1935 oleh Mondelar Counselor. Lokasi rumah tradisional ini berada di kawasan Taman Alam dan Budaya Kinantan / Benteng De Kock Bukittinggi.

Rumah tradisional Baanjuang Puti Bungsu Bukittinggi

Rumah tradisional Baanjuang Puti Bungsu Bukittinggi

12. Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang takuruang Objek wisata alam di Bukittinggi yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi berada di kawasan wisata ngarai Sianok. Namun, objek ini terletak di dekat ngarai Sabik.

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang Takuruang Bukittinggi

13. Berbelanja untuk kemeja Kapuyuak

Ketika saya pergi ke Bukittinggi, saya merasa tidak enak jika saya tidak membeli oleh-oleh dari Bukittinggi dengan kata-kata keren. Nah, oleh-oleh khas Bukittinggi dalam bentuk pakaian dapat ditemukan pada kaos Kapuyuak dengan desain keren.

Berbelanja baju Kapuyuak

Berbelanja baju Kapuyuak

Kapuyuak sendiri berarti lucu atau lucu. Terletak di Jalan Sudirman No. 19 D Bukittinggi dan Jalan Panorama 4 Bukittinggi. Tetapi meskipun mereka sudah memiliki 2 poin penjualan, penjualan online masih dilakukan melalui FB (Kaos Kapuyuak), Twitter (@kapuyuakkloting), Instagram (@kaoskapuyuak) dan situs web www.kapuyuak.id.

14. Wisata Belanja di Pasar Atas Bukittinggi

Jika Anda pergi ke Bukittinggi, jangan lupa untuk berbelanja di pasar Ateh atau pasar Bukittinggi terbaik di dekat jam gadang. Berikut banyak penjual makanan yang siap menggoyang lidah Anda. Ada banyak hidangan kuliner lezat di sini, tidak disebutkan satu per satu.

Wisata Belanja di Pasar Atas Bukittinggi

Wisata Belanja di Pasar Atas Bukittinggi

15. Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama adalah objek wisata berikutnya di Bukittinggi yang bisa Anda kunjungi. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, dekat dengan sumur Jepang dan menjadi salah satu tempat untuk melihat keindahan ngarai cyanok yang sangat fenomenal.

Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi

16. Objek wisata di Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Taman ngarai Maaram adalah salah satu tempat wisata terbaru di Bukittnggi yang pasti patut dikunjungi. Lokasi berada di belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Zouar Bukittinggi.

Memang, taman ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan dan oleh karena itu memerlukan sosialisasi besar-besaran untuk menjadi lebih terkenal.

Obyek Wisata Taman Ngarai Maitt Bukittinggi

Obyek Wisata Taman Ngarai Maitt Bukittinggi

Taman, dengan luas sekitar 1 ha, memiliki berbagai fasilitas mulai dari jalur berjalan di sekitar taman, fasilitas bermain anak-anak, panggung terbuka, dan yang paling menarik adalah jembatan penyeberangan yang menghadap ke ngarai Sianok yang luas yang berwarna hijau dan lebar. Karena jembatan penyeberangan ini berada tepat di tepi jurang. Catwalk ini terbuat dari rangka besi yang kuat dengan papan sebagai dasarnya. Sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan momen berharga dalam dititian ini dengan kesenangan selfie.

Tidak semua orang tahu di mana tempat ini. Bukan hanya wisatawan lokal atau asing, masyarakat adat Kota Bukittinggi masih belum tahu lokasi taman. Hanya warga yang tinggal di Kayu Kubu dan Desa Bukit Apit yang tahu pasti.

Tempat wisata di Bukittinggi dan sekitarnya

Berikut adalah beberapa tempat wisata di sekitar Bukittinggi yang Anda benar-benar tidak ingin lewatkan, karena tempat ini menyenangkan dan dekat dengan Bukittinggi:

17. Danau Maninjau

Yang pertama adalah Danau Maninjau yang sangat terkenal. Keindahan danau ini luar biasa, dikombinasikan dengan udara sejuk di sekitarnya, semua orang akan betah bermain-main di sekitar danau ini untuk waktu yang lama.

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Dari kota Bukittinggi, Danau Maninjau hanya berjarak sekitar 36 km. Wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi danau ini akan melihat jalan fenomenal yang berliku 44 atau dalam bahasa padang pasir yang disebut "memutar ampek ampek".

Artikel terkait lainnya: 65 tujuan wisata menarik di Lampung dikunjungi

18. Danau Tarusan Kamang

Tempat wisata berikutnya di sekitar Bukittinggi adalah tangang kamang. Inilah danau TANGANGANG yang sangat indah dan menawan. Jaraknya hanya sekitar 14 kilometer dari kota Bukittinggi. Lokasi berada di Jorong Halalang, Kamang Mudiak, Kamang Magek, Kabupaten Agam.

Danau Tarusan Kamang

Danau Tarusan Kamang

19. Puncak Lawang

Tujuan wisata lain di sekitar Bukittinggi yang pantas Anda kunjungi adalah puncak Lawang. Puncak Lawang menjadi salah satu tempat untuk menikmati ketinggian keindahan Danah. Lokasi puncak Lawang ini sekitar 22 km dari pusat kota Bukittinggi, melalui jalur ngarai Sianok. Perjalanan dimulai dari jalan Ngarai Atas, melewati Japang Hole dan Janjang Koto Gadang tour dan Sianok Canyon Panorama.

Puncak Lawang

Puncak Lawang

Perjalanan sekitar 10 km untuk mencapai persimpangan yang disebut Simpang Pisang. Pengemudi diharapkan mengikuti rute ini dengan hati-hati karena persimpangan telah diklasifikasikan sebagai bencana dengan tanah longsor dan jalannya agak sempit. Setelah Anda mematikan di Banana Junction, belok kanan.

Sekitar 4 km Anda akan mencapai persimpangan Matur di mana ada lapangan sepak bola. Anda pergi ke kanan, ada juga rambu-rambu di persimpangan jalan. Sekitar 2,3 km Anda akan bertemu persimpangan dan pasar tradisional. Anda tinggal belok kiri dan terus berjalan. Sekitar 4 km Anda akan bertemu Simpang Puncak Lawang dan Anda belok kanan dan Selamat Datang di Puncak Lawang. Bepergian melalui jalan ngarai ini, menghemat ± 7 KM lebih banyak daripada melalui Padang Luar.

Di sini Anda dapat menikmati berbagai wahana yang ditawarkan oleh manajer, dalam bentuk Flying Fox, Crossing the Tire Bridge, Paragliding. Untuk Game Flying Fox di Bandrol dengan anggaran Rp. 25.000 / org dan Game Lengkap Rp. 75.000 / org. Untuk paralayang sekitar ± Rp. 300.000 / org untuk satu penerbangan dengan durasi yang ditentukan.

Biaya untuk berpartisipasi dalam tur ini pada hari normal adalah Rp. 5.000 / org dan parkir motor Rp. 2.000 / org Untuk mobil sekitar Rp. 5.000 / unit. Pada hari libur seperti Idul Fitri, harga tiket masuk ke Rp naik. 15.000 / org dan parkir motor Rp. 3.000 / unit.

Seberapa menarik bukan? Ternyata ada banyak tempat wisata di Bukittinggi, Sumatera Barat, yang wajib dikunjungi saat liburan. Untuk bagian yang lebih menarik dari Sumatera Barat, mari kita jelajahi: 45 Objek Wisata di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi

Leave a Reply