Tempat wisata di Sumenep – Nama Kabupaten Sumenep memang tidak terlalu dikenal di dunia pariwisata nasional dan internasional. Namun, bukan berarti lingkungan ini tidak memiliki potensi wisata sama sekali, lho! Potensi wisata di Kabupaten Sumenep bahkan lebih luar biasa!

Seperti pusat wisata lainnya seperti Yogyakarta dan Bali, Sumenep menawarkan berbagai tempat wisata. Dari mulai wisata pantai, wisata pulau mini, juga dikenal sebagai tanggul, hingga wisata sejarah, semuanya dapat ditemukan di lingkungan ini.

Banyaknya tempat wisata di Sumenep terkait erat dengan daerah yang mencapai 2.093 kilometer persegi. Dibandingkan dengan Kabupaten lain di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep diklasifikasikan sebagai Kabupaten dengan wilayah terbesar.

Menurut informasi yang diterima dari situs web Wikipedia, nama kabupaten, yang dirayakan setiap tanggal 31 Oktober, berasal dari dua kata, kata "Sung" yang berarti lembah / lembah dan kata "eneb" yang berarti sedimen. Dalam kombinasi, artinya kurang lebih lembah yang mengendap / tenang. Memberi nama bukan tanpa alasan. Alasannya adalah karena pantai di Kab. Sumenep memiliki air yang tenang.

Tempat wisata di Sumenep Madura

Terutama bagi Anda yang ingin berjalan kaki dan berwisata di lingkungan sekitar dalam waktu dekat. Sumenep, berikut adalah beberapa tempat untuk bepergian di Sumenep yang direkomendasikan secara bebas dan cocok untuk Anda jadikan sebagai tujuan wisata Anda:

1. Gili Iyang

Lokasi: Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Biaya: 300-500 ribu per kapal

Gili Iyang via publishcontent.blogspotcom

Gili Iyang via publishcontent.blogspot.com

Area piknik pertama di Sumenep adalah Gili Iyang. Gili Iyang adalah pulau mini di Kab. Sumenep yang menawarkan udara tersehat di dunia.

Ya, menurut informasi yang beredar, pulau ini memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi (tidak hanya di Sumenep atau Indonesia, tetapi juga) di seluruh penjuru dunia.

Tidak hanya itu, tempat wisata di Sumenep ini juga memiliki pantai pasir putih yang sangat panjang dengan air pantai yang sangat bersih dan tenang.

Ketika Anda mengunjungi pulau mini ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan wisata yang menarik seperti berjemur di pantai, bermain air dan berenang, snorkeling, berkeliling pulau, berburu foto, menikmati matahari terbenam di sore hari , dan seterusnya.

Seberapa tertarik menginjakkan kaki di pulau ini?

Jika ini masalahnya, Anda harus siap untuk menghabiskan sedikit dalam untuk mendapatkan akses ke transportasi. Ya, karena pulau ini agak jauh dari Pulau Madura, untuk mencapai Gili Iyang Anda harus menyewa perahu tradisional dengan tarif yang layak untuk mengosongkan tas, yaitu sekitar 300 hingga 500 ribu rupee sekali jalan.

2. Gili Labak

Lokasi: Gili Labak, Distrik Talango, Kabupaten Sumenep

Biaya: 600.000,00 – Rp. 800,000.00 / perahu (maksimum untuk 15 orang)

Gili Labak melalui IG @ditasubi

Gili Labak melalui IG @ditasubi

Masih belum puas dengan keindahan pantai dan udara segar Gili Iyang? Tenang, Kabupaten Sumenep masih memiliki Gili Labak, yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, terutama bagi pecinta pantai.

Berbeda dengan garis pantai Gili Iyang, yang hanya dapat ditemukan di beberapa sisi pulau, garis pantai Gili Labak ada di hampir semua bagian pulau.

Hebatnya, seluruh pantai – benar-benar masih sangat bersih tanpa polusi. Air pantai juga terlihat sangat jernih dan bening kebiruan.

Beberapa daerah pesisir di tanggul masih memiliki daerah yang sangat bagus dengan terumbu karang. Daerah terumbu karang sangat cocok digunakan sebagai lokasi untuk kegiatan snorkeling.

Sayangnya, walaupun pulau ini menawarkan objek wisata yang sangat menarik, biaya yang dibutuhkan untuk mencapai pulau ini cukup mahal.

Harga sewa rata-rata untuk kapal (hingga 15 orang dapat digunakan) untuk Gili Labak adalah sekitar 600 ribu hingga 800 ribu rupiah. Biaya-biaya ini tidak termasuk makanan dan makanan.

Tetapi meskipun mahal, kompensasi yang ditawarkan Gili Labak benar-benar sangat proporsional! Intinya, kalaupun Anda harus merogoh kocek sedikit saja, Anda dijamin tidak akan menyesal mengunjungi pulau ini.

3. Gili Genting

Lokasi: Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep

Gili Genting via IG @ yusuf_e37

Gili Genting via IG @ yusuf_e37

Selain Gili Iyang dan Gili Labak, ada objek wisata lain dalam bentuk pulau mini, alias Gili, yang sangat dianjurkan untuk dikunjungi. Gili adalah Gili Genting.

Gili Genting menawarkan daya tarik utama berupa pantai yang sangat bersih dan alami. Nama pantai itu adalah Pantai Kahuripan.

Pantai Kahuripan memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. Tidak seperti kebanyakan pantai lain yang hanya menawarkan area pantai, Pantai Kahuripan juga menawarkan area dengan tebing dan terumbu karang yang sangat eksotis.

Tepi pantai ditutupi dengan pepohonan rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh.

Karena hembusan angin di sekitar pantai cukup cepat, Anda dijamin dapat duduk dengan nyaman di tepi pantai ini.

Jika bosan, Anda bisa menyewa perahu tradisional yang dimiliki oleh masyarakat setempat untuk menjelajahi pulau. Ya, meskipun biayanya sedikit mahal, pengalaman yang Anda dapatkan sangat proporsional.

4. Pulau Sapeken

area: kecamatan Sapeken, Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep

Biaya: 125 ribu per orang

Pulau Sapeken via IG @ bang.jep_

Pulau Sapeken via IG @ bang.jep_

Pulau Sapeken adalah salah satu pulau terluar di Kepulauan Madura. Pulau ini menawarkan daya tarik utama berupa area terumbu karang yang sangat besar.

Dikatakan bahwa hampir 50 persen dari total luas terumbu karang di Kepulauan Madura dan Kangean ada di wilayah pulau ini. Itulah mengapa pulau ini benar-benar sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat snorkeling.

Karena berada di ujung timur Kepulauan Madura, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pulau Sapeken cukup lama.

Jika Anda pergi dengan feri, ini akan memakan waktu sekitar 18 jam. Jika Anda menginginkannya cepat, Anda dapat menggunakan kapal cepat yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk melakukan perjalanan dengan jumlah sekitar 125.000 rupee per orang.

Meski panjang, Anda tidak perlu khawatir. Karena perjalanan Anda tidak terasa membosankan, panorama alam yang harus Anda lewati benar-benar sangat eksotis.

5. Pantai Lombang

Lokasi: Kec. Batang – Batang, Kab. Sumenep

Biaya: Rp. 7000.00

Pantai Lombang via IG @david_hikam

Pantai Lombang via IG @david_hikam

Pantai ini terletak di Kec. Batang – Batang, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur. Tempat berikutnya untuk pergi ke Sumenep adalah Pantai Lombang. Pantai Lombang adalah salah satu tempat wisata pantai paling favorit di Kab. Sumenep.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa garis pantai yang panjang dan lebar. Apalagi kondisi lingkungan di sekitar pantai ini masih sangat alami dan terjaga dengan baik.

Wilayah pesisir ini ditutupi oleh pohon-pohon udang yang subur dan hijau. Itu sebabnya Anda tidak perlu takut pada panas di sini, karena dapat mencari perlindungan di bawah pohon hijau di daerah pesisir.

Dibandingkan dengan beberapa tempat wisata sebelumnya, tempat wisata di Sumenep ini tergolong paling mudah dijangkau. Dari pusat kota Sumenep, pantai ini hanya berjarak sekitar 25 km dan dapat dicapai dalam waktu 20-30 menit dengan kendaraan bermotor.

Oh tidak hanya mudah diakses, tetapi biaya tiketnya juga cukup murah, lho. Untuk masuk, Anda hanya perlu membayar biaya 7.000 rupiah dan biaya parkir 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk mobil. Sangat murah kan?

6. Pantai Ambuten

Lokasi: Desa Ambutdan Barat, Distrik Ambuten, Kabupaten Sumenep

Biaya: Rp.7.000

Pantai Ambuten melalui mzrick27.blogspotcoid

Pantai Ambuten melalui mzrick27.blogspot.co.id

Ada lagi pantai indah di Sumenep yang terletak di desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Apakah Anda ingin mengambil foto dengan latar belakang area kares karang yang tergerus oleh ombak pantai? Jika demikian, Anda dapat mengunjungi Pantai Ambuten.

Di pantai ini terdapat area berbatu berongga (akibat ombak pantai yang tererosi) yang sangat cocok digunakan sebagai lokasi untuk mengambil foto.

Tidak seperti kebanyakan pantai di Kab. Sumenep lainnya, Pantai Ambuten, memiliki pasir pantai berwarna merah-coklat.

Apalagi ombaknya juga relatif tinggi.

Kabar baiknya, sampai artikel ini ditulis, pantai ini masih belum terkenal oleh wisatawan, sehingga statusnya adalah tempat wisata baru di Sumenep.

Itulah sebabnya kondisi alam di sekitar pantai ini masih sangat terawat dan jumlah pengunjung relatif rendah.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda hanya perlu membayar biaya 7 ribu rupee (termasuk biaya parkir untuk kendaraan).

7. Bukit Tinggi Daramista

Lokasi: Billa Troup, Desa Daramista, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep

Biaya: Rp.2000

Bukit Tinggi Daramista via IG @yussuf_al_maizar

Bukit Tinggi Daramista via IG @yussuf_al_maizar

Sama seperti Pantai Ambuten, Bukit Tinggi Daramista juga diklasifikasikan sebagai salah satu tempat wisata baru di Sumenep.

Bedanya, jika Pantai Ambuten tidak dikenal oleh wisatawan, Bukit Tinggi Daramista sudah dikenal oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar.

Tingginya minat wisatawan terhadap tempat wisata di Sumenep tidak lepas dari pemandangan alam dan spot foto yang menakjubkan.

Ya, selain memiliki udara sejuk, bukit ini juga memiliki pemandangan alam dan berbagai jenis tempat foto yang sangat menakjubkan.

Tidak hanya itu, dalam rangka menarik wisatawan, pengelola objek wisata ini juga telah menawarkan berbagai fasilitas wisata yang unik dan mempesona.

Dari pondok kecil hingga kolam buatan, semuanya dipasok oleh manajemen sebagai fasilitas pendukung.

Lagi asik, meski lokasinya ada di perbukitan, tapi akses ke lokasi itu benar-benar sangat mudah. Tiket masuknya juga sangat murah, yaitu hanya dua ribu rupiah per kendaraan.

Sangat keren!

8. Bukit Kapur Kombang

Lokasi: Desa Kombang, Kabupaten Talango, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur

Biaya: Rp.2000

Bukit Kapur Kombang via IG @ linda_megawati89

Bukit Kapur Kombang via IG @ linda_megawati89

Hanya dengan nama Anda sudah bisa menebak seperti apa tempat wisata di Sumenep?

Ya, objek wisata ini menawarkan lanskap berbukit kapur yang membentuk tebing.

Menurut informasi dari masyarakat setempat, bukit kapur ini dulunya merupakan area penambangan.

Karena sudah tidak produktif lagi, fungsinya sudah mulai bergerak dari daerah penambangan batu kapur ke kawasan wisata yang terbuka untuk umum.

Lansekap berbukit kapur Kombang dapat dilihat dari kejauhan sebagai bangunan kastil yang khas dari benua Eropa dan penuh dengan dinding artistik.

Di sini Anda dapat mencari foto di sore hari dengan latar belakang bukit kapur dan matahari terbenam.

Bagaimana Anda tertarik untuk datang ke sini? Jika demikian, jangan lupa untuk menyediakan dua ribu rupee per orang untuk tiket masuk!

9. Pantai Slopeng

Lokasi: Jl. Raya Ambuten No. 34, Ambuten, Trebung Ghetteng, Desa Sema'an, Kec. Dasuk, Kabupaten Sumenep

Biaya: Rp.5.000

Pantai Slopeng via IG @radhenstudios

Pantai Slopeng via IG @radhenstudios

Khusus bagi Anda yang ingin bepergian bersama keluarga dan anak-anak, ada tempat wisata untuk keluarga di Sumenep yang sangat menarik untuk dikunjungi. Nama tempat wisata tersebut adalah Pantai Slopeng.

Pantai Slopeng adalah pantai yang eksotis yang sangat cocok sebagai lokasi untuk bermain air dan pasir di pantai. Mengapa Karena pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang.

Tidak hanya itu, objek wisata ini juga memiliki garis pantai yang sangat panjang, yang mencapai 6 km dengan berbagai fasilitas wisata yang lengkap.

Di antara orang-orang Sumenep dan sekitarnya, pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata favorit selama liburan dan akhir pekan.

Jadi jangan heran jika jumlah wisatawan yang mengunjungi pantai ini bertambah selama liburan dan akhir pekan!

Untuk memasuki pantai ini, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk. Satu-satunya tarif yang dibebankan kepada wisatawan adalah biaya parkir kendaraan 5.000 rupee untuk sepeda motor dan 10 ribu rupee untuk kendaraan roda empat.

10. Kepulauan Masalembu

Lokasi: Kec. Masalembu, Kab. Sumenep, Madura

Kepulauan Masalembu via Yusufwolfskin.wordpresscom

Kepulauan Masalembu melalui Yusufwolfskin.wordpress.com

Tempat wisata berikutnya di Sumenep adalah Kepulauan Masalembu. Kepulauan Masa Lembu adalah pulau-pulau di Laut Jawa yang terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Masalembu, Masakambing dan Keroha.

Mirip dengan pulau-pulau mini di Kab. Sumenep, Madura lain, Kepulauan Masalembu juga memiliki area terumbu karang yang cukup luas.

Terlebih lagi, kepulauan ini dikatakan memiliki struktur yang cukup lengkap untuk keanekaragaman hayati habitat.

Dari mulai terumbu karang, telu, rumput laut, pantai pesisir, hingga daerah pusar Anda dapat menemukan semuanya di kepulauan ini.

Jadi jangan heran jika pulau-pulau ini berhasil menjadi salah satu stok ikan dan non-ikan pendukung di Kepulauan Madura.

Sayangnya, karena berbatasan langsung dengan laut lepas, wilayah pesisir di pulau-pulau ini cenderung memiliki ombak yang cukup tinggi, sehingga kurang cocok digunakan sebagai area bermain pasir atau berenang.

Namun secara umum, pulau-pulau tersebut masih sangat direkomendasikan untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata.

11. Pantai Sembilan

Lokasi: Jl. Raya Bringsang, Desa Bringsang, Kec. Giligenteng, Kabupaten Sumenep

Pantai Sembilan via IG @kades_bringsang

Pantai Sembilan via IG @kades_bringsang

Kami sebelumnya telah membahas objek wisata Gili Genting, yang terkenal dengan pantai Kahuripan, bukan?

Nah, selain Pantai Kahuripan, objek wisata tanggul juga memiliki pantai yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, lho! Nama pantai itu adalah Pantai Sembilan.

Pantai ini menawarkan fasilitas wisata seperti tempat foto, ATV, tempat berkemah, perahu pisang, dan berbagai fasilitas wisata menarik lainnya.

Untuk kondisi pantai itu sendiri, bisa dibilang masih tergolong sangat indah, bersih dan alami dengan ombak yang tenang.

Karena letaknya tepat di ujung Pulau Genting, pantai ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di sore hari.

Agar pengalaman tur Anda semakin lengkap saat Anda mengunjungi Gili Genting, jangan lupa untuk berhenti di pantai ini!

12. Pulau Mamburit

Lokasi: Sesa Mamburit, Distrik Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep

Pulau Mamburit melalui Quran-madura.blogspotcom

Pulau Mamburit melalui Koran-madura.blogspot.com

Objek wisata berikutnya di Sumenep adalah pulau Mamburit, yang terkenal dengan pantainya yang luar biasa.

Pulau ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan di Indonesia Timur, dengan pasir putih, air laut yang jernih dan terumbu karang yang indah.

Jadi bagi penduduk Jawa Timur Anda tidak perlu pergi jauh ke Lombok atau Bunaken, karena di Sumenep ada juga tempat menyelam atau mendengus yang tidak kalah indahnya.

Nah, untuk mencapai pulau Mamburit ini, Anda harus melakukan perjalanan melalui laut dari pelabuhan Batu Guluk, yang ada di Pulau Kangean, sekitar 20 menit. Pulau Mamburit juga merupakan dusun di desa Mamburit. Ini juga salah satu dari 126 pulau di Sumenep, dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni.

13. Taman Adipura, Kota Sumenep

Lokasi: Lingkungan Delama, Pajagalan, Kabupaten Sumenep

Objek wisata berikutnya di Sumenep yang kami rekomendasikan adalah kota Sumenep-kota adipura, yang sangat indah dan teduh. Anda dapat mengubah taman ini menjadi tempat nongkrong atau nongkrong sambil menikmati berbagai makanan ringan di sekitarnya.

Taman Adipura ini seperti sebuah oasis di tengah gurun, bagaimana tidak, suasana kota ini identik dengan polusi, panas dan gersang diselingi dengan taman-taman yang teduh dan indah. Di taman ini juga terdapat berbagai jenis bunga yang berkontribusi terhadap keindahan taman ini.

14. Masjid Agung Sumenep

Lokasi: Jalan Trunojoyo No.354, Bangselok, Malang, Dalem Anyar, Kabupaten Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep memiliki sejarah panjang yang telah menjadi ikon Kabupaten Sumenep. Masjid yang indah ini, identik dengan warna kuning, adalah pusat wisata religi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Masjid besar ini sangat menawan dan memiliki arsitektur yang indah. Terletak tepat di seberang alun-alun kota Sumenep.

15. Museum Keraton Sumenep

Lokasi: Jl Dr. Sutomo nomor 6, kabupaten Delama, Pajagalan, kota Sumenep

Museum Istana Sumenep melalui IG @wecaresumenep

Museum Istana Sumenep melalui IG @wecaresumenep

Sebelum kelahiran negara Indonesia, kami dilahirkan sebagai bangsa yang terdiri dari berbagai budaya dan sistem kerajaan, dan sekarang kami telah sepakat untuk bergabung di Indonesia.

Sekarang, sebagai negara yang kaya akan nilai-nilai historis, kita tidak bisa begitu saja melupakan nilai-nilai historis kita. Museum Istana Sumenep dapat menjadi tempat rekreasi bagi Anda dan keluarga untuk mengajari anak-anak nilai nilai sejarah.

Silakan datang ke museum ini yang berfokus pada Dr. Sutomo nomor 6, kabupaten Delama, Pajagalan, kota Sumenep. Museum ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Waktu pembukaan mulai pukul 7 pagi hingga 3:30 malam WIB. Jika Anda mengunjungi taman Adipura, Anda juga dapat mengunjungi museum ini. Jaraknya hanya sekitar 100 meter dari sana.

16. Pantai Badur

Lokasi: Desa Batu Putih, Kabupaten Sumenep

Pantai Badur via IG @khumairoelsyaf

Pantai Badur via IG @khumairoelsyaf

Ternyata masih ada pantai di Sumenep tempat kita bisa membuat tempat rekreasi, lho, yaitu pantai Badur. Pantai ini terletak di Desa Batu Putih, Kabupaten Sumenep. Memang pantai ini tidak terlalu terkenal karena terletak di daerah pedesaan, sehingga masih terlalu terekspos.

Namun sebenarnya pantai ini cukup dekat dengan pusat kota Sumenep, hanya sekitar 18 km, dan dibutuhkan sekitar 30 menit hingga 35 menit dari pusat kota Sumenep.

17. Air terjun Durbugan

Lokasi: Desa Aeng Merah, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep

Air terjun Durbugan via IG @ adityaprada8990

Air terjun Durbugan via IG @ adityaprada8990

Objek wisata berikutnya di Sumenep adalah air terjun, yang merupakan air terjun Durbugan yang memiliki perasaan menyenangkan dan santai untuk semua orang yang datang.

Air terjun ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata alam untuk merilekskan tubuh Anda yang lelah karena aktivitas yang padat selama minggu ini.

Air terjun di desa Aeng Merah, Batuputih, memiliki keindahan yang akan membuat Anda betah berlama-lama di sini, hanya untuk berfoto dan menikmati di kolam renang.

18. Tempat tidur lamun, menyaksikan pemandangan unik Pulau Sapudi

Lokasi: Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep

Padang Lamun Sapudi via IG @ sapudi.id

Padang Lamun Sapudi via IG @ sapudi.id

Objek wisata terakhir di Sumenep yang kami rekomendasikan adalah padang lamun yang terbentang luas di tepi air laut yang dangkal. Rumput lamun ini terlihat seperti tanaman rumput laut, tetapi ini berasal dari 6 flora yang berbeda. Oh ya sobat, di sini Anda juga dapat menunjukkan keindahan menikmati ikan kecil, terumbu karang dan hutan bakau di daerah ini.

19. Pantai Ropet

Lokasi: Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep

Pantai Ropet via IG @masdito_

Pantai Ropet via IG @masdito_

*****

Berapa Banyak Ternyata Ternyata Ke Tempat Wisata Di Sumenep. Sejauh liburan diperpanjang di luar negeri ketika hanya muncul di negara ini, keindahan alamnya tak tertandingi seperti di atas. Mari kita lestarikan pariwisata lokal sehingga menjadi lebih populer dan dikunjungi.

Demikian sekilas daftar tempat wisata di Sumenep yang kami rekomendasikan. Semoga ini bisa menjadi tempat liburan Anda dan keluarga tercinta.

Mari kita juga melihat: 22 Objek Wisata Paling Populer di Pamekasan Madura

Leave a Reply