Makanan khas Madiun memiliki rasa yang enak. Selain itu, kuliner yang ditawarkan juga menarik. Banyak wisatawan yang belum mengenal berbagai kuliner yang ada di Kota Madiun. Namun ada banyak makanan di sini yang patut dicoba.

Ada sajian kuliner dari dulu hingga sekarang. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan, jangan sampai mencicipi makanannya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang rasa dan sedikit sejarah kuliner Madiun.

Tentu memberikan ide makanan enak yang patut dicoba di Madiun. Bisa merangkai anggota keluarga bisa mengunjungi berbagai depo kuliner. Ini tentu akan membuat hari-hari Anda di sana lebih menyenangkan

Berikut daftar kuliner Madiun yang enak, yuk simak:

1. Brem Mirasa

Makanan khas Madiun yang enak
foto dari https://www.instagram.com/normarisnasari/

Meski Brem Mirasa kini sudah bisa dibeli secara online, namun jika berkunjung ke Madiun tidak ada salahnya, Anda bisa langsung membelinya. Sapu ini merupakan merek pertama di Madiun. Brem Mirasa sudah ada sejak 1950, masih eksis sampai sekarang.

Oleh-oleh khas ini sendiri terbuat dari sari beras ketan yang difermentasi. Bentuk makanan ini persegi dan agak pipih. Ditambah padat dan lapang, kompilasi dihancurkan secara instan. Warnanya kuning, saat dimakan rasanya sejuk di mulut. Itulah mengapa banyak anak menyukai makanan ini.

Harga Brem Mirasa saat membelinya di Madiun cukup murah. Yakni 5-15 ribu rupiah. Rasanya juga lebih beragam. Ada yang asli, strawberry, coklat, keju dan lain-lain. Anda juga bisa memilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena sapu ini tahan hingga 2 minggu.

2. Mimosa lemon

Kuliner khas Madiun yang nikmat

foto dari https://www.shopee.com/

Masih sama membuatnya segar. Kali ini ada minuman khas dari Madiun. Dia adalah Mimosa Lemon. Namanya cukup unik bukan? Minuman ini berbahan dasar lemon atau biasa disebut dengan lemon squash

Mimosa merupakan minuman masa lalu yang masih populer hingga saat ini. Sirup tersebut bahkan menyimpan kemasan lama dengan tulisan 'Mimosa Lemon Squash'.

Sebotol mimosa hanya bisa dibeli seharga 12 ribu rupiah, anda bisa minta pulang untuk dapat hadiah dirumah. Minum es batu di siang hari tentunya sangat segar. Bisa juga ditambahkan biji selasih, rasanya lebih segar. Selain itu, Anda juga bisa beraktivitas sebagai oleh-oleh.

3. Pentol Corah

Makanan Khas Madiun Murah
foto dari https://www.instagram.com/corahgoyang.id/

Keistimewaan Madiun lain dari Jawa Timur adalah pentol corah. Pentol adalah makanan yang terbuat dari pati dan diisi dengan potongan daging. Makanan ini populer di kalangan kelompok yang berbeda karena lezat. Tapi hanya gourmets yang pedas, karena rumor yang beredar sambal pentol ini memang pedas banget.

Jika ingin mencari kuliner ini tidak perlu susah-susah mencarinya karena di pinggir jalan anda akan menemukan makanan ini. Mereka hampir tidak ragu untuk menjual rumah itu.

Pentol unik ini memiliki lauk pauk. Seperti cakar, dan berbagai jenis kerupuk. Padahal cabai pentol ini selalu dinantikan para pecinta kuliner pedas. Harganya pun sangat terjangkau. Cuma 3 ribu rupiah saja sudah bisa menikmati satu porsi pentol.

4. Kue manco

Jajanan khas Madiun
foto dari https://www.instagram.com/jualsnacksurabaya/

Masih dengan jajanan yang bisa dibeli di Madiun. Diterbitkan kue cacat di sana. Biasanya dibeli di Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, kue ini memiliki rasa yang manis.

Padahal, kue ini merupakan jajanan keluarga kerajaan Gelang-Gelang di Dopolo Madiun. Makanan ringan yang sering disajikan oleh anggota istana keluarga kerajaan. Jadi di situlah produksi Manco Cakes berkembang.

Kue manco hanya bisa dibeli di Madiun, sering dikabarkan kue manco tidak bisa dibuat di kota lain. Jadi tentunya untuk membeli makanan ini harus ke Madiun.

Makanan ini terbuat dari tepung kentang yang terbuat dari donat yang direbus dan dikeringkan. Kemudian potong segitiga kecil-kecil lalu goreng hingga pecah. Kemudian kue ini ditambah dengan cairan gula aren, terakhir diaduk dan ditambah dengan perasa. Seperti rasa ketan, kacang tanah dan nasi.

Harga paketnya murah hanya 5-10 ribu rupiah saja. Kue manco bisa dinikmati sebagai camilan kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga -> 17 Hidangan Khas Gresik Terlezat

5. Keripik tempe

oleh khas madiun
foto dari https://www.instagram.com/tukutempe/

Tempe olahan tidak hanya digoreng atau dibakar. Tempe di Madiun dibuat dengan kentang goreng yang enak. Makanan ini dimainkan oleh kelompok yang berbeda. Renyah dan asin, snack ini sangat cocok untuk dijadikan camilan atau lauk.

Di Madiun, industri keripik tempe berlokasi di Jalan Wonosari. Sebenarnya ada beberapa tempat, tapi industri di Jalan Wonosari sangat bagus. Karena kentang gorengnya tipis, renyah, dan menggunakan tepung berbumbu. Seperti merica, bawang putih dan ketumbar. Buat keripik ini kaya rasa.

Makanan khas Madiun terbaru sangat cocok untuk nonton TV atau ngobrol bareng teman. Selain itu, ditemani teh manis akan lebih enak. Keripik ini juga bisa Anda jadikan sebagai teman perjalanan dan sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga.

6. Rujak Petis

rujak khas madiun
foto dari https://www.instagram.com/sartikareny/

Makanan khas Madiun Jawa Timur selanjutnya adalah rujak petis. Petis memang merupakan salah satu bumbu dapur khas Jawa Timur, termasuk Madiun. Memang benar rujak dibumbui dengan kacang tanah dan gula aren, namun di Madiun bumbu rujak berbahan dasar pasta.

Terasi ini menggunakan bahan-bahan seperti terasi, cabai, gula pasir, kacang tanah goreng dan pisang muda. Bahan ini lembut. Kemudian ditambahkan buah-buahan seperti nanas, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu dan tauge. Kemudian berbeda. Rujak petis pu siap dinikmati.

7. Kue berbentuk setengah lingkaran

kue khas madiun
foto dari https://www.instagram.com/dapoer_sikoko/

Apakah Anda ingin camilan manis? Jadi jika anda sedang berada di Madiun jangan sungkan untuk membeli semprong. Pasalnya kota ini adalah kota asli penghasil setengah tinggi. Semprong sendiri adalah biskuit.

Biskuit panjang berbentuk tabung dengan rasa manis dan gurih saat digigit. Bentuknya sebenarnya bermacam-macam pipa panjang atau segitiga datar. Kalau beli Madiun ukuran besar pilih yang berbentuk setengah lingkaran, tidak ada bahan pengawet.

Buat ini mudah hancur, jadi berhati-hatilah saat ingin pulang. Atau apakah Anda ingin makan saat bepergian. Harga semprong ini tidak terlalu mahal, sekotak semprong hanya bisa mencapai 20 ribu rupiah.

8. Lontong Tahu Telor

makanan khas madiun murah
foto dari https://www.instagram.com/madiunngemil/

Kalau di atas dibahas banyaknya jajanan di Madiun. Sekarang saya akan membahas makanan yang membuat Anda kenyang. Yaitu Lontong Tahu Telor dari Madiun. Anda tidak hanya akan kenyang, kuliner ini juga sangat enak. Bumbu kacang telur tahu lontong ini akan membuat Anda tidak bergerak.

Makanan khas Madiun yang paling enak ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi di siang hari, warung telur tahu lontong ini padat antrean. Makanan ini bisa ditemukan dimana-mana, tapi yang paling enak bisa ditemukan di sepanjang Jalan Merbabu, Madiun.

Lontong Tahu Telor berisi potongan lontong, kadang kupat. Kemudian potongan tahu goreng dan telur dadar. Anda juga bisa meminta telur telur sapi. Bumbu kecap ditambahkan dengan selai kacang. Rasanya asin dan sedikit manis dari kecapnya. Jadi tunggu apalagi, kalau mau jangan lupa pilih makanan yang satu ini.

Coba juga -> 14 masakan khas Kediri yang paling enak

9. Madumongso

jajanan khas madiun
foto dari https://www.instagram.com/dapoersikoko/

Jadi kembali ke snack. Di Madiun Anda juga bisa menemukan manisan lainnya. Ini Madumongso. Makanan ini berbahan dasar beras ketan hitam. Rasanya juga manis. Uniknya, sebelum makanan dibuat, ketan difermentasi terlebih dahulu. Sampai menjadi pita perekat.

Setelah menjadi pita perekat kemudian diolah dengan menambahkan gula pasir, santan dan nanas. Sebelum akhirnya dimasak sebagai dodol. Terakhir, madumongso dibungkus dengan kertas minyak warna-warni.

Madumongso memiliki filosofi tersendiri. Madu adalah cairan manis alami dari lebah, artinya mongso artinya dimakan. Jika dipadukan, madumongso merupakan makanan yang rasanya manis.

10. Dawet Suronatan

Minuman khas Madiun
foto dari https://www.instagram.com/janganlupentuk/

Masih dengan makanan manis. Yang ini bisa diminum. Dia adalah Dawet Suronatan. Minuman manis ini cocok diminum di hari yang hangat, tersedia untuk dinikmati dengan es dan minuman di bawah pohon. Benar-benar tunggu.

Dawet Suronatan adalah minuman tradisional yang dibuka di Suronatan, Madiun pada tahun 1962. Minuman ini sudah cukup tua, tapi kesegaran selalu nomor satu. Sekarang dawet ini sudah dijual oleh generasi ke-4.

Minuman ini juga unik dalam cara penyajiannya. Biasanya es dawet menggunakan gelas, dawet suronatan menggunakan mangkok kecil. Isiannya terdiri dari cendol, bubur sum sum, ketan hitam, dan tape singkong.

Harganya cukup murah hanya 8 ribu rupiah saja. Khas Madiun yang murah meriah ini bisa ditemukan di Jalan Merbabu. Tidak perlu antri lama, karena depotnya lumayan besar.

11. Soto Madiun

soto khas madiun
foto dari https://www.instagram.com/madiundelicious/

Ingin sesuatu yang segar tapi mengenyangkan. Bisa memilih Soto Madiun bisa jadi alternatif pilihan. Hampir di sepanjang Jalan Madiun banyak pedagang yang menjual makanan ini. Anda bisa mampir untuk sup sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Isian Soto Madiun terdiri dari ayam parut dan potongan telur rebus, lalu di atasnya diberi kaldu bening. Di sini juga Anda bisa memesan lauk tambahan seperti jeroan, kue, tahu, tempe dan lain-lain. Semua terpisah.

Harga seporsi soto madiun ini sekitar 15 ribu rupiah. Jika Anda menambahkan lauk tambahan, tentu Anda harus membayarnya sendiri.

12. Sate Ayam Ngepos

Sate ayam khas Madiun
foto dari https://www.dimnaaja.com/

Siapa yang tidak kenal sate? Makanan yang menjadi idola semua orang ini selalu menjadi incaran semua orang. Jangan khawatir dengan kompilasi Anda untuk Madiun, Anda masih bisa menemukan sate di sini. Sate asli Madiun adalah Sate Ayam Ngepos.

Sate ini agak sulit ditemukan hanya di satu tempat. Yakni, antara pasar Madiun Milir dan perempatan Ngepos Ponorogo. Pakan ini unik karena daging sate merupakan ayam kampung. Masak dengan bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar. Seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, kemiri, jinten, dan daun salam.

Selain itu bumbunya juga unik yaitu sambal kacangnya yang pedas ditumbuk kasar. Nah, biasanya satu porsi ditempatkan 25 ribu. Agak mahal, tapi itu sepadan, bukan? Padahal Pak Susilo Bambang Yudhoyono sering membeli sate ini.

Baca juga -> 12 Masakan Khas Jombang Terlezat

13. Bluder Cokro

oleh khas madiun
foto dari https://www.instagram.com/viedashop/

Dibutuhkan jajanan yang bisa dibawa pulang dari Madiun. Ini Bluder Cokro. Makanan ini sangat ikonik di kota Madiun karena selalu laris. Dijual di daerah Jalan Cokroaminato Madiun.

Bluder Cokro merupakan kue dengan cita rasa kolonial Belanda. Rasanya asli dan enak, serta tahan lama dan praktis untuk dibawa ke mana saja. Dari jajanan ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat.

Roti Cokro Bluder ini terbuat dari kombinasi adonan roti dan kue yang memberikan tekstur lembut saat disantap. Dagingnya empuk, dagingnya halus, dan warnanya kekuningan karena kuning telurnya yang lebih banyak menggunakan roti lain.

Roti ini juga terlihat lebih kering karena penggunaan metega yang lebih banyak. Bahan yang digunakan sederhana, hanya tepung terigu, telur, ragi, metega dan gula. Kalaupun sederhana, banyak ikatan yang ingin dibeli kembali.

Harga satu Bluder Cokro 8-10 ribu rupiah. Ada juga rasa yang berbeda seperti blueberry, nutella, nanas, strawberry bahkan isian daging sapi, serta potongan daging dan keju.

14. Nasi Pecel Madiun

kuliner khas madiun
foto dari https://www.instagram.com/eka_hartmann/

Menu makanan ini memang identik dengan Jawa Timur. Nasi, sayur, dan bumbu kacang adalah makanan yang terkenal. Saya belum mengunjungi Madiun. Di sana brine rice sangat mudah ditemukan.Sepanjang jalan Madiun terdapat depo yang menjual pecel Madiun.

Uniknya, pecel di sini memiliki varian pisang goreng, lalapan daun pepaya, dan undeng kelapa. Lalu tuangkan bumbu kacang. Dan disajikan dengan lemas. Harganya hanya 5 ribu rupiah.

Makanan khas Madiun yang murah meriah ini memiliki lauk pauk seperti rempeyek, rempeyek, tahu, tempe, telur asin, ampela, dan paru-paru goreng. Semua lauk diambil apa pun rasanya.

15. Kerupuk puli

jajanan khas madiun
foto dari https://wwwkitamadiun.blogspot.com/

Anda mungkin sering tidak memperhatikan kerupuk yang Anda makan. Gunakan saja sebagai lauk. Namun di Madiun, Anda akan menemukan kerupuk yang enak. Kota ini merupakan sentra produksi kerupuk puli.

Kerupuknya terbuat dari adonan tepung tapioka, sedangkan kerupuk puli dibuat dari beras. Rasanya juga enak. Kerupuk ini juga unik karena bentuknya yang persegi panjang dan warnanya yang kuning muda.

Jika Anda berkunjung ke Madiun Anda bisa membeli oleh-oleh khas Madiun terbaru ini. Karena kerupuk puli bisa memakan waktu lama dan bisa dipanggang kapan saja. Harganya sekitar 20 ribu rupiah per paket. Cukup murah bukan?

16. Sambel Pecel

Makanan khas madiun jawa timur
foto dari https://www.instagram.com/syibhia/

Masih ingin makan air asin, tapi dilema karena tidak bisa lagi tinggal di Madiun? Tenang saja, jamu pecel asli Madiun bisa kamu beli lalu beli di rumah. Campuran bumbu dengan saus pecel ini bisa dibeli di pusat oleh-oleh. Banyak yang jual sambal pecel.

Setelah sampai di rumah, yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan udara panas ke dalam kuah pecel yang kental. Kemudian digerus menjadi cairan. Kemudian masak sayuran dan aduk bumbu. Dengan cara ini Anda tetap bisa menikmati suasana Madiun di rumah Anda.

Baca Juga -> 12 Masakan Khas Sidoarjo Terbaru

17. Sego Jotos

20 Makanan khas Madiun Yang Paling Enak
foto dari https://www.instagram.com/kedai_cemeding/

Di antara sekian banyak makanan Madiun, nama kuliner ini punya nama yang unik. Yakni Sego Jotos. Dalam bahasa Jawa, Jotos berarti tinju, memukul dan memukul. Tapi tenanglah, makanan ini tidak akan membuat Anda terpukul.

Nama sego jotos terbuat dari kemasan yang dibuat menyerupai kepalan tangan. Hampir sebanding dengan angkringan nasi kucing di Jogja. Sebagian nasi ini berisi bihun, tempe tumis, telur, dan sambal. Tapi yang paling enak adalah sambalnya yang pedas.

Makanan khas Madiun yang paling enak ini memang pantas dibandrol dengan harga murah hanya 17 ribu rupiah saja yang puas dan puas. Tidak sulit untuk mendapatkan nasi ini karena sego jotos tersebar di seluruh penjuru kota Madiun.

18. Wedang Cemoe

minuman spesial madiun
foto dari https://www.instagram.com/madiundelicious/

Hujan cocok kalau minum hangat. Atau mengumpulkan malam yang sejuk terasa menyenangkan saat minum minuman panas. Nah, di Madiun ada minuman khas yang bisa bikin badan terasa hangat. Dia adalah Wedang Cemoe.

Minuman ini terbuat dari kelapa, kacang tanah goreng, dan irisan roti tawar. Lalu disajikan hangat. Karena santan digunakan, rasa minuman ini sangat manis.

Harga satu gelas hanya tiga ribu rupiah. Makanan khas Madiun yang murah meriah ini bisa ditemukan di warung pinggir jalan Madiun atau biasanya ada pedagang yang mengejar wisatawan. Tubuh Anda segera menghangat.

19. Lento Madiun

kuliner madiun
foto dari https://www.instagram.com/dapoersikoko/

Selain itu, ada kuliner yang sayang untuk dilewatkan saat berkumpul di Madiun. Ukurannya kecil dan terbuat dari singkong. Makanan ini pun mengundang warga Madiun. Lento adalah namanya.

Lento terbuat dari singkong yang diparut kasar, kemudian dipadukan dengan tempe basi kemudian dipanggang. Penjual tambahan telah menambahkan rawit. Mirip baker jagung, tapi rasanya beda karena bahannya beda.

Lento merupakan makanan ringan yang bisa ditemukan di pasar makanan jalanan atau depot makanan. Kalau ke Madiun biasanya disajikan sebagai tambahan lauk kuah. Tapi Anda juga bisa menikmatinya untuk bersenang-senang.

20. Ayam goreng madiun

makanan khas madiun paling enak
foto dari https://www.instagram.com/ayampanggangbumirah/

Hidangan ayam tidak ada habisnya. Di Madiun, ada ayam bakar Madiun yang rasanya enak. Karena Ayam Panggang Madiun lebih banyak mendapat bumbu, maka rasanya pun kaya. Makanan khas Madiun yang paling lezat ini juga memiliki banyak pilihan bumbu.

Ada bumbu dari rujak, kecap, ketumbar, madu, bawang merah dan lain-lain. Bisa memilih rasa mana yang ingin dimakan. Anda juga bisa memilih jenis ayam, ayam kampung atau ayam kampung. Tergantung selera.

Harga mulai dari 25 hingga 100 ribu rupiah. Potongan ayam pilihan. Ayam Bakar Madiun bisa ditemukan di Jalan Panorama, Tawangrejo dan Rejomulyo. Banyak pedagang yang menjual ayam legendaris ini.

Menerima berita Anda dapat membawa pulang camilan ini untuk dimakan di rumah. Kemasannya unik, ada yang menggunakan keranjang sebagai kemasannya.

Ulasan sebelumnya -> 20 makanan khas Bali terbaru

Makanan Khas Madiun mana yang tidak menggoda? Semuanya terdengar enak. Jadi setelah menyimak hal di atas jangan sungkan untuk mencoba yang berargumen. Atau bahkan seluruh makanan Anda, cobalah. Jangan menyesal tidak mencoba.

Jelajahi tempat wisata terindah di Semarang



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply