Tempat wisata di Kuningan bisa dijadikan solusi untuk mengisi akhir pekan. Benar, kota berjuluk kota kuda ini memiliki berbagai jenis keindahan dari alam, buatan manusia hingga kawasan bersejarah. Hampir semuanya memiliki pesona yang luar biasa, yang sayang untuk dilewatkan.

Penasaran dengan keindahan Kabupaten Kuningan? Kami akan membuat beberapa rekomendasi untuk tempat-tempat terbaik dan terindah. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat wisata tersebut. Karena menjaga kebersihan adalah tugas kalian agar tempat tersebut layak untuk dikunjungi pula.

1. Lembah Cilengkrang

tempat wisata di Kuningan terbaru
foto: https://www.instagram.com/taufik_cantigi/

Wisata pertama di Kuningan yang kami rekomendasikan ada di Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan. Fasilitas yang ditawarkan di tempat ini cukup memadai. Ada mushola, beberapa warung dengan menu kuliner yang enak dan menggiurkan.

Tiket masuknya sendiri hanya mulai dari Rp 10.000. Sebenarnya daerah ini buka sampai jam 4 pagi, tapi dalam cuaca buruk tutup lebih awal jam 2 siang. Dikhawatirkan longsor terkadang terjadi.

Di tempat ini terdapat banyak air terjun yang bisa anda nikmati. Maklum, memang masih berada di kawasan Gunung Ciremai. Anda juga bisa menikmati pemandian dengan kandungan belerang yang tinggi. Ada juga perlindungan untuk hewan langka seperti macan tutul, elang dan masih banyak lagi.

Namun, untuk menuju ke sana, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu. Akhirnya Anda bisa menikmati bumi perkemahan yang bisa menampung sekitar 50 tenda atau bahkan lebih. Jangan lupa membawa perlengkapan camping terutama baju hangat. Karena suhunya sampai & # 39; sangat dingin di pagi hari.

2. Gunung Ciremai

kuningan perjalanan

foto: https://www.instagram.com/zel.kaa/

Bagi yang suka tantangan. Tidak ada salahnya mendaki Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat. Dengan ketinggian 3.078 mdpl, tempat ini merupakan puncak ke-7 di Indonesia yang tidak pernah sepi pendaki.

Wisata Kuningan telah menjadi salah satu gunung teraktif di Indonesia sejak tahun 1600. Salah satu alasan mengapa Anda harus datang ke tempat ini adalah keberadaan pohon eidelweiss, surganya. Ada banyak jika Anda berkunjung pada bulan Agustus hingga September.

Ada 4 jalur untuk dipilih. Linggasana, Apuy, Linggarjati. dan palungan. Setiap tempat memiliki jalur yang berbeda. Butuh sekitar 10 jam untuk berada di puncak. Biaya berlangganan akan dikenakan Rp 50.000

Jika ingin mendaki Gunung Ciremai, tidak ada salahnya untuk memperhatikan sejumlah pantangan sebelum mendaki. Pertama, jangan mengeluh karena semakin Anda mengeluh, perjalanan Anda akan semakin sulit. Dilarang buang air kecil dan besar. Dan jangan lupa untuk menyapa di setiap pesan.

Sebelum berangkat kamu wajib menginjak bumi 3x sebagai syarat dan pertanda bahwa kamu tidak akan mengganggu. Percaya atau tidak, tidak ada salahnya terus melakukannya demi keamanan bersama.

3. Situs Purbakala Cipari

kuningan perjalanan terbaru
foto: https://www.instagram.com/dani.pwt.spt/

Tempat wisata Kuningan ini terletak di desa Cipari. Dalam perjalanan ke situs, Anda bisa melihat pemandangan hijau yang indah. Hijau persawahan memberikan suasana sejuk dan tentram. Anda akan disambut dengan batu hitam besar dan gundukan tanah yang terlihat seperti bukit.

Di sini Anda bisa melihat Menhir, batu besar berbentuk oval setinggi 2,5 meter. Luasnya mencapai 7000 meter persegi. Ada lagi sarkofagus, peti yang terbuat dari batu yang digunakan untuk menyimpan jenazah.

Ada dua kuburan batu untuk Anda nikmati. Benar, kuburan lainnya berisi beberapa perhiasan dan berbagai barang berharga lainnya. Mereka percaya ada kehidupan lain setelah kematian. Jadi semua jenazahnya dikuburkan.

Pada tahun 1971 tempat ini hanya seluas persawahan. Dia tidak sengaja menemukan gerabah, peralatan dapur, dan benda bersejarah lainnya saat mengerjakan tanahnya. Semua barang ini akhirnya dimasukkan ke dalam museum lama.

4. Desa wisata Sitonjul

Tempat wisata di Kuningan ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Nuansa pedesaan yang asri dan masih menjunjung tinggi budaya. Hampir semua yang Anda suka di sini masih sangat orisinal. Anda dapat menikmati berbagai jenis pekerjaan di pedesaan, seperti membajak sawah.

Sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan menarik berupa tanggul, Bendungan Katiga, Tegalan dan persawahan yang luas. Disini anda juga bisa melihat tarian khas Sunda Kuningan yang masih dibawakan dari generasi ke generasi.

5. Air terjun Palutungan

objek wisata di kuningan
foto: https://www.instagram.com/pesonakuningan/

Untuk menikmati kawasan ini dikenakan biaya Rp 15.000. Memiliki pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan ketinggian mencapai 20 meter. Anda bisa membawa tikar dan menikmati alam yang indah.

Tempat wisata di Kuningan, Jawa Barat ini juga menawarkan air yang bersih dan jernih. Sangat segar di kulit. Saat hujan, Anda bisa melihat pelangi di area puncak. Di bawahnya Anda bisa melihat kolam yang bisa digunakan untuk berenang dan berendam.

Bukan hanya untuk orang dewasa. Namun, bisa juga untuk anak-anak. Anda juga bisa berkemah di tempat ini. Jika tidak membawa tenda, Anda bisa menyewanya dengan harga Rp 100.000. Kegiatan lainnya, Anda juga bisa membuat hammock atau bermain ATV di trek yang tersedia.

Kamu juga bisa berfoto di atas tebing – yang menghadirkan spot-spot instagrammable dengan harga Rp 20.000. Dari segi fasilitas sih sudah cukup memadai, lho. Ada toilet, mushola, dan beberapa saung yang menyediakan makanan dan minuman khas sunda.

Kunjungi juga -> 18 tempat wisata di Sumedang

6. Telaga Nilam

tempat wisata di Kuningan
foto: https://www.instagram.com/bhanne_cassuma/

Talaga berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan Tempat wisata terbaru di Kuningan ini memiliki tiket masuk sebesar Rp 15.000. Keunggulan dari kawasan ini adalah adanya kolam yang banyak ikannya. Nama ikannya sendiri adalah Nilem, persis seperti nama tempatnya.

Pemandiannya sendiri bisa dikatakan memiliki air yang bersih dan sejuk. Untuk kedalaman dari 1 meter hingga 3 meter. Terdiri dari dua buah kolam renang. Yang pertama dangkal, dengan kedalaman hanya 1,5 meter. dan yang kedua dalam, karena dalamnya sampai 3 meter. jadi jangan sampai di tengah.

Jika Anda bukan perenang berpengalaman yang dapat beradaptasi dengan cepat dalam segala situasi. Di sini juga disediakan jembatan bagi Anda yang ingin menjelajahi kawasan telaga. Fasilitas yang cukup memadai antara lain gazebo, persewaan ban, toko suvenir dan beberapa warung makan yang menawarkan berbagai sajian lezat.

Jangan lupa bawa kamera bawah air. Karena Anda bisa menyelam ke dasar dan melihat pesona alga dan bebatuan. Airnya yang jernih membuat foto yang dihasilkan semakin menarik.

7. Kebun Raya Kuningan

perjalanan terbaru di kuningan
foto: https://www.instagram.com/emirvan_/

Kalau ada kebun raya di Bogor, maka di Kuningan juga sama. Terletak di Desa Padabeuhar, Sawah, Kuningan, Jawa Barat. Area seluas 156 hektar, memiliki hampir 23.000 koleksi tanaman, dan harga tiket masuk mulai dari Rp3.000 hingga Rp6.000.

Hal yang menarik untuk dinikmati adalah banyaknya batuan vulkanik yang menghiasi tempat ini. Udaranya sangat sejuk, karena terletak di ketinggian 870 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Ciremai. Ada banyak tempat yang bisa Anda nikmati, mulai dari taman endemik ciremai, taman bambu atau mengunjungi patung kuda dan transportasi.

Lihat betapa menawannya daerah ini. Anda juga akan melihat kemegahan Gunung Ciremai di depannya. Fasilitasnya terbilang lengkap, dengan mushola, toilet, bilik, dan ruang pertemuan. Kalau mau menginap. Berikut adalah area camping dan rumah yang didesain khusus.

8. Taman Cisantana

kuningan perjalanan terbaru
foto: https://www.instagram.com/sahrulr18_/

Tempat wisata di Kuningan ini memiliki icon berupa tebing batu yang biasanya dijadikan background untuk foto. Anda juga bisa menikmati kelopak bunga matahari di tengah taman.

Waktu terbaik untuk mengunjungi daerah ini adalah & # 39; pagi atau & # 39; pada malam hari. Untuk biaya masuk Rp 10.000

9. Taman Rekreasi Gunung

kolam kuningan
foto: Taman Rekreasi Gunung

Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah The Mountain Recreation Park. bertempat di Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jl. Raya Cirendang- Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Untuk tiket masuknya mulai dari Rp35.000 hingga Rp45.000.

Di sini Anda akan melihat berbagai jenis wahana. Ada yang gratis dan juga berbayar. Untuk pilihan gratis, ada Kora-kora, bioskop 3D dan 4D, Otoped, Battery car. Sedangkan untuk yang membayar ada Waterball, Mini ATV3, Mini Trairn, Pesawat Edukasi, Anting Ontang, Kereta Mini.

Kawasan ini memiliki water slide dengan ketinggian dan kecepatan tertentu. Fasilitas di sini juga bisa Anda pinjam berupa ban atau perahu karet. Ada juga ember tumpah dan jamur besar menghadirkan tetesan air hujan.
Ada juga zona keluar yang bisa digunakan untuk berkemah. Biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu kawasan ini akan dipenuhi dengan banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan Pramuka.

Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan antara lain kamar mandi, ruang ganti, dan beberapa kantin yang menyediakan makanan dan minuman. Cocok untuk anda yang lelah berenang kemudian menikmati apa yang disajikan disini.

10. Bukit Lambosir Setianegara

wisata alam kuningan
foto: https://www.instagram.com/citranuraenif/

Tempat wisata di Kuningan ini berada di ketinggian 849 meter di atas permukaan laut. Terletak di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Pesona Gunung Ciremai bisa kamu nikmati dari tempat ini. Sebelum Anda bisa melihatnya, Anda harus melakukan perjalanan seperti mendaki gunung.

Jalurnya sedikit menanjak, yang membutuhkan waktu 35 hingga 40 menit. Disini juga tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit. Saat malam hari, di bulan Agustus, banyak galaksi bisa dilihat di atas langit. Keindahannya tidak ada duanya.

Untuk tiket masuk Rp 11.000 ditambah Rp 3.000 bagi yang ingin menyewa penginapan. Jika ingin berkemah di sini biayanya Rp15.000. Anda hanya perlu membawa semua bahan tenda, peralatan masak, hingga kayu bakar sendiri dari rumah.

Kunjungi juga -> 18 tempat wisata di Purwakarta

11. Tujuh sumur di Cibulan

Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Ada sebuah objek wisata dengan aroma mistis, namun menarik untuk dikunjungi. Namanya Sumur Tujuh Cibulan. Secara historis, tempat ini merupakan peninggalan Prabu Siliwangi.

Airnya sangat menyegarkan, bisa diminum karena berasal dari mata air pegunungan asli. Ada seekor ikan baptis yang tidak diperbolehkan menangkapnya. Anda juga bisa mandi atau sekedar membasuh muka. Uniknya, ketujuh sumur ini memiliki nama yang berbeda-beda.

Ada Sumber Kemuliaan, Pemenuhan, Sukacita, Cirancana, Kemudahan, Penebusan, Cisadaan. Banyak yang percaya bahwa siapapun yang membawa air ke sini bisa membawa berkah.

12. Waduk Darma

perjalanan hits di tembaga
foto: https://www.instagram.com/imasgomes7/

Tempat wisata di Kuningan ini terletak di Desa Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Luasnya sendiri mencapai 425 hektar. Suasananya sangat sejuk karena dikelilingi oleh bongkahan pegunungan yang bisa Anda saksikan di tempat ini.

Banyak wahana yang disediakan di sini, seperti kolam renang khusus anak. Kapal motor untuk melewati waduk serta flying fox. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah pada sore hari. Di mana Anda bisa melihat pertunjukan senja yang romantis.

Kabin, penginapan, dan area camping juga disediakan di sini untuk Anda manfaatkan guna menikmati suguhan lezat di sini. Kendaraan lain yang bisa Anda gunakan adalah memancing. Banyak nelayan datang dan pergi dengan ikan yang mereka tangkap. Anda memang perlu membawa peralatan sendiri dari rumah.

13. Balong Suci Darmaloka

Jangan pulang dulu setelah menikmati waduk ini. Anda akan melihat panorama yang berbeda. Jaraknya hanya 1 km yaitu Balong Keramat Darmaloka Ada tiga sumber yang bisa Anda lihat. Konon katanya tiang ini merupakan warisan Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam di Jawa.

Saat hari Jumat malam, banyak jamaah yang akan datang. Mereka biasanya bermeditasi sekitar tengah hari hingga jam 3 pagi. Tempatnya ada di daerah belakang balong. Suasana di kawasan ini tenang. Namun cukup menarik dengan kehadiran ikan Kancra Bodas.

14. Museum Paseban Tri Panca Tunggal

museum di kuningan
foto: https://www.instagram.com/tria.kusumah/

Tempat wisata Kuningan ini terletak di Kampung Wage, Desa Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1840, didirikan oleh Pangeran Sadewa Madrais sebagai cagar budaya dengan bangunan beratap bertingkat, terdapat tiang besi dan kelopak di ujungnya. Hingga saat ini Museum Paseban Tri Panca Tunggal masih menyelenggarakan upacara adat yang disebut Seren Taun.

Ini adalah ungkapan terima kasih masyarakat Sunda atas panen yang melimpah. Di dalam gedung Anda dapat melihat ruangan yang berbeda seperti Jinem Room, Sri Manganti, Pagelaran, Dapur Ageng dan Megamendung. Bangunan ini direnovasi dua kali pada tahun 1971 dan 2007.
Anda tidak perlu membayar apapun untuk menikmati museum ini. Jam kerja mulai pukul 09.00 dan tutup pukul 22.00.

15. Curug Bangkong

air terjun di kuningan
foto: https://www.instagram.com/leliyajuleha_12/

Tempat wisata di Kuningan ini terletak di Kertawirama, Kecamatan Nusaherang. Menurut legenda masyarakat sekitar. Air terjun ini ditemukan oleh seorang pertapa bernama Wiria yang sedang mengembara. Ia tidak hanya bermeditasi tapi juga belajar cara membuat gula merah atau gula kawung.

Seiring waktu, Wiria menghilang, orang mengira dia telah berubah menjadi katak. Dalam bahasa Sunda, katak adalah katak. Karena itulah nama air terjun ini dinamakan Bangkong. Keunikan dari tempat ini adalah drainase airnya yang deras dan tidak akan pernah kering, bahkan di musim kemarau.

Ketinggian air terjun ini sendiri adalah 23 meter dengan lebar 3 meter. Jika beruntung kamu juga bisa melihat keindahan pelangi disini. Di bawah air terjun terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam.

Baca juga -> 15 Tempat Wisata Terbaru di Indramayu

16. Terapi Ikan Cigugur

tempat wisata di Kuningan
foto: https://www.instagram.com/ayyuarra/

Di komplek Balong Keramat Cigugur, Anda bisa menikmati terapi ikan langka yang katanya menyehatkan dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ada 6 kolam renang disini. 1 kolam sangat besar, 2 sedang dan 3 kecil, hanya setengah lingkaran.

Yang harus Anda lakukan hanyalah duduk di tepi kolam, memasukkan kaki ke dalamnya dan menikmati sensasi digigit ikan. Anda dapat memegang setrika yang disediakan. Namanya Nilem Mangut, yang ukurannya dua kali lipat dari ukuran normalnya.

Geli dan biasanya Anda langsung mengangkat kaki. Namun, kamu akan terbiasa meski masih merasakan sensasinya. Ikan ini memakan sel kulit mati di kaki. Beginilah cara sel kulit baru muncul. Selain kaki, kamu bisa berenang dengan mereka lho.

Dilengkapi dengan kolam dengan kedalaman 70 cm. Anda bisa menikmati dan merasakan sensasi berbeda. karena bukan hanya kaki Anda yang menjadi sasaran, tetapi seluruh tubuh. Menarik bukan?

17. Taman Alam Linggarjati

taman wisata alam di kuningan
foto: https://www.instagram.com/erniek_purnaningtyas/

Kawasan ini terletak di Desa Linggajati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk biaya masuk Rp 10.000. Atau tepatnya, terletak sekitar 500 meter dari gedung pertemuan bersejarah Perjanjian Linggarjati untuk Bangsa Indonesia.

Fasilitas yang bisa Anda nikmati cukup banyak. Ada mushola, warung makan, toilet, kamar mandi, ruang ganti, area keluar, bukit, pepohonan, kolam renang dan pemancingan. Luas taman ini kurang lebih 11,5 hektar. Dengan koleksi flora dan fauna yang mengesankan,

Udara yang sejuk menjadi daya tarik lain mengapa banyak wisatawan datang ke tempat ini. Tempat terbaik bagi Anda dan keluarga untuk menikmati hari Minggu yang cerah.

18. Taman Rekreasi Salsabila

Taman rekreasi ini menjadi salah satu pilihan warga Kuningan untuk menikmati liburan bersama keluarga. Ada beberapa atraksi seperti kolam, seluncuran air, ember raksasa dan air mancur yang membuat anak-anak menyukainya. Bukan hanya atraksi air.

Tempat wisata di Kuningan ini juga memiliki permainan seru seperti jungkat-jungkit. slide dengan ketinggian berbeda. Serta taman hijau yang bisa digunakan untuk permainan lainnya. Dari segi makanan, tempat ini menghadirkan restoran dengan konsep gubuk dan kolam pemancingan.

Tersedia banyak menu olahan ayam, ikan dan daging dengan harga yang relatif murah. Atau bisa juga memesan berbagai jenis kopi atau jajanan dari cafe yang sudah disediakan. Di dekat tempat ini juga terdapat hunian dengan kisaran harga 300 ribu hingga 1 juta rupiah.

19. Danau Kerang

tempat wisata di Kuningan

Nama Kerang sendiri berasal dari bahasa sunda yang artinya kerang. Memang di telaga ini banyak terdapat kerang yang bisa Anda temukan.

Untuk harga tiket masuk kamu mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Keunggulan kawasan ini adalah suasananya yang sangat tenang dan airnya sangat jernih.

20. Situ Cicerem

kuningan perjalanan terbaru
foto: https://www.instagram.com/fandyibrahim/

Perjalanan terakhir kami di Kuningan berakhir di Situ Cicerem. Sebuah danau dengan kejernihan air. Itu masih di kaki Gunung Ciremai. Keuntungan dari tempat ini adalah jumlah ikan mas yang banyak. Hanya saja tidak bisa diprovokasi. Anda akan disuguhi ayunan yang menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Jika ke tempat ini jangan lupa bawa perlengkapan yang cukup berupa kamera dan perbekalan. Menikmati keindahan di sebelahnya adalah yang paling menyenangkan. Objek wisata ini terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan.

Review Sebelumnya -> Daftar Wisata Majalengka Jawa Barat Yang Populer

Tempat wisata di Kuningan memang mencengangkan. Hampir semuanya memiliki keunggulan yaitu udaranya yang sejuk. Maklum, letaknya di kaki Gunung Ciremai. Bagi kamu yang belum pernah ke tempat ini, sebaiknya jadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi favorit keluarga.

Jelajahi tempat wisata terindah di Semarang



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply