Mencari tempat wisata di Dieng yang cocok untuk liburan keluarga? Seperti diketahui, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang bagus, termasuk Dataran Tinggi Dieng.

Ada banyak pilihan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke sana. Begitu Anda memasuki kawasan Dieng, Anda pasti akan dibuat takjub dengan berbagai atraksi yang ditawarkan Dieng.

Dieng selalu membuat pengunjungnya jatuh cinta dan ingin ke sana lagi dan lagi. Nah, bagi yang belum pernah ke sana dan penasaran dengan keindahannya, bisa menyimak informasinya berikut ini.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Dieng yang kekinian dan patut dijadikan referensi saat berkunjung ke Jawa Tengah:

1. Candi Arjuna

Tempat Wisata Dieng
Foto: https://www.instagram.com/setiyawan218/

Candi Arjuna merupakan tempat wisata di Dieng, Jawa Tengah yang sarat akan nilai sejarah. Bangunan candi Hindu ini merupakan candi tertua di Indonesia dan dibangun sekitar abad ke-8 M di daerah Batur, Banjarnegara.

Di kompleks Candi Arjuna juga terdapat empat candi lainnya yaitu Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Puntadewa dan Candi Sembrada. Dari deretan candi yang ada di kompleks tersebut, Candi Arjuna terletak di bagian paling utara.

Sayangnya, ketika Anda mengunjungi Candi Arjuna, Anda tidak akan menemukan arca atau arca yang sering Anda temukan di candi. Pasalnya, sebagian besar arca dan arca dari candi tersebut tersimpan di Museum Kailasa.

Di dalam candi terdapat beberapa arca lagi atau arca yang mungkin sudah mulai runtuh. Jika Anda pergi ke sana dengan anak kecil, pastikan mereka diawasi setiap saat agar tidak menemukan patung atau patung apa pun.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat bersejarah ini, jangan lupa membawa banyak air minum karena cuaca di sana cukup hangat. Selain itu, hindari mengunjungi pura pada siang hari agar tidak terlalu panas.

2. Sudut Pandang Tieng

wisata dieng

Foto: https://www.instagram.com/ervinerwin/

Pilihan tempat wisata Dieng Banjarnegara yang tak kalah menarik adalah sudut pandang Tieng di kawasan Sidorejo, Tieng, Wonosobo. Tempat ini menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara untuk menyaksikan matahari terbit dari ketinggian 1.789 meter di atas permukaan laut.

Di sebelah timur gardu pandang ini terdapat pemandangan perbukitan kebiruan, lengkap dengan selimut tipis kabut. Sedangkan di sebelah selatan terdapat pemandangan Gunung Sindoro yang sangat menyejukkan.

Di sebelah barat, Anda memiliki pemandangan Bukit Sikunir, Gunung Pakuwaja dan ladang hijau para petani. Anda juga bisa melihat jalan berliku yang mengarah ke desa tertinggi di pulau Jawa.

Selain untuk melihat matahari terbit, Tieng Viewpoint juga sering digunakan untuk menyambut tamu penting yang datang ke Kabupaten Wonosobo. Meski membutuhkan tenaga yang tidak sedikit untuk sampai ke sana, lokasi Tieng Viewpoint sangat mudah dijangkau.

3. Menjermeer

wisata di dieng
Foto: https://www.instagram.com/sigetong0/

Telaga Menjer juga merupakan salah satu tempat wisata alam di Dieng yang memiliki keindahan tak terbatas. Lokasi danau ini searah dengan lokasi Dieng dengan jarak 8 Km dari pusat kota Wonosobo.

Danau Menjer sendiri merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja. Danau dengan kedalaman 45 meter ini memiliki udara yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Di sana Anda bisa menyewa perahu seharga Rp. 15.000 untuk berkeliling danau selama sekitar satu jam. Sedangkan untuk memasuki kawasan Danau Menjer, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

Saat berkunjung ke sana, kenakan pakaian hangat agar tidak terlalu kedinginan. Dengan begitu Anda bisa menikmati sepenuhnya keindahan pemandangan di sekitar danau yang begitu indah dan menakjubkan.

Anda juga bisa memancing di sana dengan membawa peralatan memancing sendiri. Ikan di sana juga bervariasi dari ikan kecil hingga ikan besar.

4. Taman Air D'Qiano Dieng

tempat wisata di dieng
Foto: https://www.instagram.com/ricky_mariano/

Rekomendasi wisata Dieng selanjutnya adalah D'Qiano Waterpark Dieng yang terletak di kawasan Banjarnegara, Jawa Tengah. Di sana Anda bisa berenang sepuasnya di air hangat sambil menikmati permainan air yang tersedia.

D'Qiano menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga tercinta. Selain itu, air hangat alami memastikan anak-anak, remaja, dan orang dewasa merasa nyaman berendam lama.

Tempat ini juga menawarkan beberapa atraksi lain yang cukup menantang seperti flying fox, jembatan tali dan spider weep. Ada juga beberapa atraksi yang lebih santai seperti go-kart, Aral Latitude, ball pool, kereta mini dan banyak lainnya.

Selain kolam renang dan permainan, tempat wisata keluarga di Dieng ini juga menawarkan akomodasi yang nyaman dan berkualitas. Jadi setelah anda berenang anda bisa langsung menyewa salah satu kamar di D'Qiano Inn untuk beristirahat.

5. Praha

tempat wisata di dieng
Foto: https://www.instagram.com/rinirsb/

Gunung Prau atau disebut juga Gunung Prahu adalah sebuah gunung di Dataran Tinggi Dieng. Gunung ini menjadi batas antara empat kabupaten yaitu Batang, Kendal, Temanggung dan Wonosobo.

Puncak Gunung Prau berbentuk padang rumput yang luas membentang dari barat ke timur. Di puncak gunung terdapat bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan.

Sebagai puncak tertinggi di kawasan Dieng, Gunung Prau dikelilingi oleh beberapa puncak yang lebih rendah. Seperti Gunung Juranggrawah, Gunung Pangamun-amun, dan juga Gunung Sipandu.

Di lereng Gunung Prau terdapat hutan lebat yang masih endemik tanaman Semar Jawa dan pakis resam. Selain itu, di hutan Gunung Prau juga terdapat berbagai satwa seperti elang, harimau dan lain-lain.

6. Museum Kailasa

tempat wisata terbaru di dieng
Foto: https://www.instagram.com/aryadidarwanto/

Bagi yang penasaran dengan sejarah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Dieng. Maka kunjungan ke Museum Kailasa menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Dieng, Jawa Tengah.

Museum Kailasa terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Selain sejarah, di sana Anda dapat menemukan data tentang kehidupan masyarakat, sistem kepercayaan, budaya, serta flora dan fauna yang ada.

Museum yang menempati area seluas 560 meter persegi ini terdiri dari dua bangunan. Bangunan depan digunakan untuk menyimpan artefak lama, sedangkan bangunan belakang digunakan untuk menyimpan koleksi yang lebih beragam.

Museum Kailasa bisa menjadi alternatif edukasi tempat wisata anak-anak di Dieng. Di sana, orang tua bisa mengenalkan nilai-nilai sejarah kepada anak sejak dini untuk menambah pengetahuannya.

Kunjungi juga -> Tempat Wisata di Klaten, dimana anda bisa melihat destinasi terbaru dengan panorama yang indah.

7. Danau Cebong

wisata alam di dieng
Foto: https://www.instagram.com/titisbear/

Telaga Cebong adalah sebuah danau di Dataran Tinggi Dieng yang airnya digunakan untuk mengairi perkebunan sayuran di dekatnya. Alamat lengkapnya di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Udara disini sangat sejuk karena terletak di desa tertinggi di pulau jawa. Sebagian besar, area danau ini digunakan untuk berkemah bagi orang-orang yang ingin melihat matahari terbit keemasan dari bukit Sikunir.

Tempat ini merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung api purba. Disebut Danau Kecebong karena banyak katak hidup dan berkembang biak di sekitar danau pada zaman dahulu.

Meskipun tidak terlalu populer dibandingkan dengan tujuan wisata lainnya, Cebong ini layak untuk dikunjungi. Selain itu, pintu masuk ke lokasi ini sama atau searah dengan pintu masuk Bukit Sikunir.

8. Gua Semar

wisata terakhir di dieng
Foto: https://www.instagram.com/oktaandiansyah/

Gua Semar adalah salah satu objek wisata di Dieng yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Gua Semar konon dijaga oleh Nenek Semar, salah satu tokoh boneka Jawa.

Gua yang berada di ketinggian 2000 MDPL ini merupakan salah satu gua paling suci di Indonesia. Letaknya yang cukup tinggi dan berada di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon membuat pengunjung cukup sulit dijangkau.

Gua ini pernah digunakan sebagai tempat pertapaan raja Jawa dan juga mantan presiden ketiga Republik Indonesia, Suharto. Namun sayangnya tempat ini sangat sepi karena akses menuju kesana cukup sulit.

Pasalnya Gua Semar terkunci dengan pintu yang terkunci, sehingga harus menghubungi penjaga gua jika ingin masuk. Kemudian, untuk masuk ke kompleks gua ini, pengunjung harus membayar Rp. membayar 2.000.

9. Kawah Candradimuka

tur layanan terakhir
Foto: https://www.superadventure.co.id/

Masih dari Kabupaten Banjarnegara, ada satu tempat wisata di Dieng yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Kawah Candradimuka. Kawah Candradimuka sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak kawah aktif yang ada di kawasan Dieng.

Nama Candradimuka diambil dari sebuah nama tempat dalam cerita wayang Jawa. Sejauh ini kawah Candradimuka masih aktif, sehingga aktivitas kawah masih bisa terlihat.

Kawah ini memiliki sumber air yang diyakini masyarakat sekitar memiliki kekuatan magis. Sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan air dari kawah untuk berbagai keperluan.

Untuk menikmati panorama di Kawah Candradimuka, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk jam operasional atau tidak adalah 24 jam sehari.

10. Jalatunda Nou

wisata dieng banjarnegara
Foto: https://www.instagram.com/letsgetl0st__/

Mata air Jalatunda adalah mata air besar di daerah Banjarnegara, Wonosobo. Sebelum tiba di lokasi sumur, Anda akan disuguhi pemandangan alam perkebunan kentang dan perbukitan.

Mata air berdiameter 90 meter ini terbentuk saat letusan dahsyat Gunung Prau Tua, bersamaan dengan terbentuknya Dataran Tinggi Dieng. Sumur dengan air berwarna hijau yang terlihat segar ini memiliki kedalaman 100 meter.

Anda harus menaiki sekitar 257 anak tangga untuk sampai ke sumur raksasa ini. Jika Anda tidak terbiasa, Anda mungkin merasa sangat lelah, tetapi begitu Anda tiba, Anda dijamin akan senang dengan pemandangan di sekitarnya.

Nama Jalatunda sendiri diambil dari kata jala yang berarti adil dan penundaan yang berarti tidak dilakukan. Sehingga Jalatunda bisa diartikan sebagai lubang yang bisa memenuhi semua permintaan yang tertunda.

11. Bukit Sikunir

tempat wisata di dieng
Foto: https://www.instagram.com/resstreetphotography/

Apakah Anda ingin berburu matahari terbit? Pendakian Sikunir merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan jika berada di dekat Dieng. Tempat wisata di Dieng Jawa Tengah ini tidak jauh dari Danau Cebong yang berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai puncak bukit dengan 8 pemandangan gunung yang sangat bagus. Dari atas bukit Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dan lautan awan yang sangat menawan.

Selain itu, dari puncak Sikunir Anda juga bisa melihat keindahan Gunung Sindoro yang menjulang tinggi. Saat berkunjung ke sana, sebaiknya Anda mengenakan pakaian hangat karena udara di sana sangat dingin.

Usahakan mendaki Bukit Sikunir saat musim kemarau agar matahari terbit tidak tertutup kabut. Agar lebih puas, disarankan untuk mengunjungi objek wisata lain di kawasan Dieng.

12. Kawah Sikidang

tempat wisata di dieng jawa tengah
Foto: https://www.instagram.com/irshads_/

Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata alam paling ikonik di Dieng. Pasalnya, kawah ini merupakan kawah unggulan yang paling mudah dijangkau dan dinikmati dibandingkan kawah lain di Dieng.

Di sana, pengunjung bisa langsung menikmati aktivitas vulkanik yang tentunya seru dan menantang. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri karena tidak banyak kawah yang masih menunjukkan aktivitas vulkanik.

Posisi kawah Sikidang sendiri bisa sangat berbeda dengan kawah lainnya. Kawah lain umumnya terletak di atas gunung berapi, sedangkan Kawah Sikidang terletak di kawah datar.

Panorama fenomena alam yang akan Anda saksikan berupa semburan lumpur panas dan gas putih pekat yang mengepul di udara bebas. Untuk masuk ke Kawah Sikidang, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000.

13. Lebih Banyak Warna

Wisata Dieng Wonosobo
Foto: https://www.instagram.com/wandi_1787/

Wisata Dieng Wonosobo memang tidak pernah mengecewakan, termasuk Telaga Warna. Danau ini unik karena warnanya sering berubah-ubah, terkadang hijau dan kuning, biru dan kuning, atau bahkan berwarna-warni seperti pelangi.

Jarak danau ini dari pusat kota Wonosobo sekitar 30 Km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam. Danau yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut ini dikelilingi perbukitan tinggi yang menambah segar suasana lokasi.

Destinasi ini bisa dikatakan menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke kota cantik ini untuk berlibur. Karena setiap hari libur dan akhir pekan lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi atau sore hari. Pasalnya, saat memasuki sore hari kabut tebal akan menutupi area sekitar danau sehingga tertutup keindahannya.

Karena jalan menuju danau cukup berliku atau menanjak, pastikan kendaraan yang Anda gunakan untuk menuju ke sana dalam kondisi prima. Selain itu, di kanan dan kirinya terdapat ngarai yang cukup dalam.

Jika Anda tidak memiliki keberanian ekstra untuk mengendarai kendaraan sendiri, Anda dapat menggunakan transportasi umum yang tersedia.

Kunjungi juga -> Tempat Wisata di Sukoharjo yang kekinian dengan spot-spot instagramable.

14. Sabana

tempat wisata di dieng jawa tengah
Foto: https://sikidang.com/

Padang Savana Dieng menawarkan pemandangan yang memikat hati para pengunjungnya. Terletak di kaki Gunung Pangonan, Banjarnegara, sabana ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melarikan diri dari suasana perkotaan yang rumit.

Untuk mengikuti tour ini, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang, sebanyak yang Anda inginkan. Sedangkan untuk parkir Anda hanya membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Selain pemandangan yang segar dan kicauan burung pemenang, Padang Savana juga menawarkan sejumlah fasilitas lainnya. Mulai dari warung makan, warung logistik, base camp pendakian, mushola, toilet, pos pendakian dan area camping.

Jika Anda menyukai aktivitas alam, Anda bisa berkemah di sini dengan mendirikan tenda lalu bermalam. Selama Anda selalu berhati-hati dan Anda juga sadar akan segala sesuatu yang ada di alam.

Setiap sudut Padang Savana Dieng tidak boleh dilewatkan. Jadi usahakan untuk membawa kamera dengan memori yang cukup ketika Anda sampai di sana untuk mengabadikan setiap momen.

15. Danau Pengilon

tempat wisata di dieng yang wajib dikunjungi
Foto: https://www.instagram.com/achmad_noer_cholis/

Telaga Pengilon juga merupakan tempat wisata di Dieng yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Telaga Warna. Pasalnya, lokasi Telaga Pengilon tidak jauh dari Telaga Warna, hanya di sebelah selatan.

Karena namanya berarti "cermin" dalam bahasa Jawa, danau ini memiliki warna air yang sangat jernih. Namun secara ukuran, Telaga Pengilon sedikit lebih kecil dari Telaga Warna.

Jika Telaga Warna banyak mengandung belerang, maka Telaga Pengilon adalah tempat untuk menanam berbagai jenis ikan dan tanaman air. Selain itu, danau ini juga sering dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat pemancingan ikan dan sumber air pertanian.

Mitos yang beredar di Danau Pengilon adalah jika seseorang memiliki hati yang baik maka ia akan terlihat sangat tampan atau cantik. Namun, jika seseorang dengan hati yang buruk atau buruk mencerminkan di sana, itu terlihat jelek.

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat Dieng yang percaya dapat menemukan lebih banyak apa yang ada di hati seseorang yang terpantul di sana. Namun, mitos ini belum terbukti secara ilmiah.

16. Bukit Skuter Dieng

tempat wisata di dieng jawa tengah
Foto: https://www.instagram.com/ekameliaa_na/

Bukit Scooter adalah salah satu tempat wisata di Dieng yang paling banyak dikunjungi. Destinasi yang satu ini menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang bisa menawarkan ketenangan bagi pengunjung.

Bukit yang terletak di Batur, Banjarnegara ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Untuk masuk ke sana, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Dari bukit ini, Anda bisa melihat keindahan Candi Arjuna dari ketinggian dan asap dari Kawah Sikidang dengan jelas. Sehingga menjadikan tempat ini sebagai alternatif tujuan wisata romantis bersama pasangan tercinta.

Jika ingin lebih puas menikmati pemandangan di sekitar bukit, disarankan untuk berangkat lebih awal. Setelah puas di Scooter Hill, Anda bisa langsung melanjutkan liburan ke wisata terbaru di Dieng lain yang tidak begitu jauh.

17. Batu menghadap angin menderu

wisata alam di dieng
Foto: https://www.instagram.com/_niken25/

Batu Pandang Ratapan Angin adalah salah satu wisata Dieng terbaru di Desa Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo. Dari pusat kota jarak wisata ini kurang lebih 27 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Batu Pandang Angin Ratapan sendiri merupakan tumpukan batu karang yang membentuk tebing-tebing eksotis. Selain itu, kawasan ini dipenuhi dengan pemandangan hijau yang menyegarkan.

Dari sudut pandang ini, pengunjung dapat melihat keindahan Danau Warna yang menakjubkan dari ketinggian. Selain itu, pemandangannya yang sangat sejuk juga bisa dijadikan sebagai tempat berfoto.

Untuk masuk ke objek wisata ini Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang. Selain itu, pengelola juga menawarkan penyimpanan helm hanya dengan Rp. 2.000.

18. Kawah Sileri

tempat wisata di dieng jawa tengah
Foto: https://www.instagram.com/andysunu/

Kawah vulkanik aktif lainnya berada di kawasan Dieng, tepatnya di Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara. Kawah ini merupakan kawah yang paling aktif dan pernah beberapa kali meletus.

Selain itu, kawah ini juga merupakan kawah tertinggi di Dataran Tinggi Dieng. Yang membuat semakin menarik adalah kawah ini memiliki permukaan air yang terus mengeluarkan asap putih.

Saat berada di dekat Kawah Sileri, suasana akan terasa sangat hangat karena uap selalu berasal dari air yang menyelimuti kawah. Kemudian air mengalir ke sungai kecil yang terletak di sebelahnya.

Bepergian ke kawah bisa disebut aktivitas yang luar biasa karena pengunjung dapat melihat deru bumi dan uap panas. Apalagi pemandangan di sekitarnya masih sangat alami dengan pepohonan hijau dan perbukitan yang menjulang tinggi.

19. Danau Merdada

tempat liburan keluarga di Dieng
Foto: https://www.instagram.com/snso.fyan/

Danau lain di kawasan Dieng yang tidak boleh Anda lupakan untuk dikunjungi adalah Danau Merdada. Danau yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara ini merupakan danau terbesar di Dieng.

Perlu diketahui bahwa di Telaga Merdada tidak ada mata air, semua airnya adalah penampungan air hujan. Maka tak heran jika air di danau ini mengering saat musim kemarau.

Danau dengan luas sekitar 25 ha ini dikelilingi oleh dua bukit yang indah, yaitu Bukit Pangonan dan Bukit Semurup. Nama Merdada sendiri mengacu pada kata “dada” yang artinya luas atau luas.

Danau Merdada buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore WIB untuk masyarakat umum. Untuk masuk ke sana, Anda hanya membayar tarif yang cukup murah yaitu Rp 5.000 per orang.

20. Air Terjun Sikarim

wisata alam dieng
Foto: https://www.instagram.com/zamzuri06/

Di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, terdapat sebuah air terjun yang sangat indah yaitu Curug Sikarim. Air terjun ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam tetapi juga menyuguhkan suara alam yang menenangkan.

Tidak mudah untuk mencapai air terjun yang berjarak 12 km dari pusat kota Wonosobo. Pasalnya, kondisi jalan menuju Curug Sikarim sangat berkelok, berlubang dan naik turun.

Meski perjalanannya cukup menantang, namun ada pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Sehingga lelah selama perjalanan akan terobati dengannya.

Setibanya di Curug Sikarim, pengunjung disuguhi pemandangan air yang mengalir deras di tebing yang tingginya sekitar 15 mil. Udara di sekitar air terjun ini sangat dingin sehingga Anda perlu mempersiapkan tubuh sebelum berangkat ke Curug Sikarim.

Review sebelumnya -> Tempat wisata di Tegal wajib untuk dicoba dikunjungi dan dijelajahi.

21. Candi Bima

tempat wisata di dieng
Foto: https://www.instagram.com/imfaerhlyaaa/

Selain Candi Arjuna, Anda juga bisa menemukan beberapa candi lain di kawasan Dieng, antara lain Candi Bima. Tepatnya, lokasi ini berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Candi ini cukup unik karena arsitekturnya memiliki kemiripan dengan beberapa candi di India. Pintu masuk Candi Bima berada di sisi timur dengan atap yang mirip dengan Shikara dan berbentuk seperti mangkok berbentuk mangkok.

Pada bagian atapnya terdapat relung-relung dengan relief utama yang biasa disebut "kudu". Atap candi terdiri dari 5 tingkat dimana bentuk setiap tingkat mengikuti lekuk tubuh, semakin tinggi semakin kecil.

Langit-langit candi berbentuk kerucut dan menyerupai piramida. Sedangkan di Candi Bima terdapat tembok berupa pagar yang mengelilingi candi.

Banyaknya tempat wisata di Dieng pasti akan membuat kamu bingung mau mengunjungi yang mana. Namun, jika Anda memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi semuanya.

Agar waktu liburan lebih tertata, ada baiknya Anda membuat jadwal liburan dan daftar tempat yang akan dikunjungi. Jadi saat Anda sedang berlibur, yang perlu Anda lakukan hanyalah mewujudkan rencana yang tertulis di jadwal dan jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen liburan.

Vlog Perjalanan Bulan Madu Dieng



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2021 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply