Tempat wisata di Pidie – Nama Kabupaten Pidie memang tampak akrab bagi masyarakat Aceh dan luar Aceh. Pidie adalah kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar kedua di provinsi Aceh.

Ibukota Pidie, Sigli, tidak lain adalah daerah dengan ekonomi yang tumbuh cepat dan cukup besar. Selain potensi, Pidie juga menawarkan banyak tempat wisata terbaik yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di Pidie. Tentu saja, tempat wisata di Pidie tidak kalah indahnya dengan tempat wisata lainnya di wilayah Aceh.

Ketika Anda berbicara tentang tempat-tempat wisata di Pidie, Anda tidak boleh hanya melewatkan tempat-tempat wisata terbaik yang dijamin lengkap.

Mari kita juga melihat: 18 tempat rekreasi paling populer di Pidie Jaya

Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata religi yang tersedia di Pidie dan bisa Anda kunjungi dengan mudah. Masing-masing tempat wisata ini unik dan tentu saja menawarkan fasilitas yang akan membuat Anda merasa di rumah dan nyaman.

Jika Anda ingin pergi berlibur ke Pidie tetapi tidak tahu tempat wisata mana yang dapat Anda kunjungi, informasi berikut disediakan mengenai tempat wisata.

1. Mata air panas Beungga

Lokasi: Desa Blang Ubue, Pemukiman Beungga, Tangse, Pidie

Mata air panas Beungga

Mata air panas Beungga

Tempat wisata pertama di Pidie yang bisa Anda kunjungi adalah wisata air panas Beungga. Di mana dengan mengunjungi tempat wisata ini Anda dapat menikmati tur yang menyenangkan dan tentu saja menyegarkan tubuh Anda.

Sesuai namanya, objek wisata ini menawarkan wisata mata air panas alami. Lokasi Pemandian Air Panas Beungga berada di kaki Gunung Barisan, sehingga menawarkan udara yang sejuk dan indah.

Ketika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda dapat menikmati perasaan mandi air hangat yang menyegarkan tubuh Anda.

Jika Anda mandi di air hangat, itu akan terasa lebih menyenangkan karena pemandangan di sekitar pemandian air panas dikelilingi oleh alam hijau yang mempesona. Tampak deretan perbukitan hijau dan memanjakan mata.

Jika Anda suka mengambil foto, jangan lewatkan momen indah di Sumber Air Panas Beungga dengan mengabadikannya di foto.

2. Monumen Tsunami Kota Sigli

Lokasi: Desa Kuala Pidie, Kecamatan Kota Sigli, kabupaten Pidie

Monumen Tsunami Kota Sigli

Monumen Tsunami Kota Sigli via steemit

Tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 tampaknya meninggalkan kenangan dan kesedihan yang mendalam. Ukuran besar tsunami yang telah merenggut ratusan ribu nyawa kini telah ditangkap dan dikenang sebagai monumen Tsunami Sigli.

Ketika Anda memasuki museum ini, Anda bisa mengingat kembali sejarah kelam peristiwa besar yang terjadi beberapa tahun lalu.

Jika Anda ingin mengunjungi monumen tsunami, datanglah ke pantai Pelang atau lebih tepatnya di selatan Sigli square.

Tidak dapat bepergian sendiri, di tempat wisata ini Anda dapat mempelajari dan menambahkan informasi tentang tsunami. Monumen ini juga memiliki dua lantai dan berisi berbagai koleksi untuk memperingati tsunami. Ada pilar dengan arsitektur Arab yang membuat bangunan monumen ini lebih indah.

Mari kita juga melihat: Daftar objek wisata terbaru di Sabang

3. Air terjun Tangse

Lokasi: Jalan Beureuneun-Geumpang, Distrik Tangse, Kabupaten Pidie

Air terjun kusut

Air terjun kusut

Objek wisata berikutnya adalah air terjun Tangse, yang menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan dan menakjubkan. Lokasi air terjun ini berada di hutan dan pegunungan, sehingga lanskap di sekitar air terjun terasa lebih baik.

Spot Air Terjun Tangse sangat populer di kalangan wisatawan dan sangat cocok untuk dikunjungi untuk relaksasi. Suasana sejuk dan alam yang tenang dapat membuat Anda lebih nyaman untuk tinggal di air terjun ini.

Tur di Tangse Falls menjadi lebih menarik ketika Anda mengundang orang atau keluarga terdekat untuk berlibur bersama untuk menikmati keindahan air terjun Tangse.

4. Pesona Puncak Kule

Lokasi: Batee Kecataman, Pidie

Pesona puncak Kule

Pesona puncak Kule

Jika Anda ingin melihat luasnya pemandangan alam yang memanjang lebar dan indah, datanglah ke Pesona Puncak Kule. Tempat-tempat wisata menawarkan pemandangan spektakuler dan memanjakan mata.

Jika Anda penasaran dengan mantra Puncak Kule, datanglah ke Kabupaten Batee, tidak jauh dari kota Sigli. Dari ketinggian air laut yang kebiru-biruan itu tampaknya dipadukan dengan pemandangan alam yang indah di sekelilingnya. Saat cuaca cerah, Anda melihat langit biru yang dihiasi awan putih yang membuat semua orang terpesona.

5. Pantai dansa Mantak

Lokasi: Mantak Raya, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie

Pantai Tari Mantak

Pantai Tari Mantak

Berbicara tentang pariwisata di wilayah Aceh tidak dapat dilihat secara terpisah dari wisata bahari. Dimana salah satu wisata bahari di daerah Pidie adalah Pantai Mantak Tari.

Nama pantai ini sangat unik dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Ketika Anda tiba di Pantai Mantak Tari, Anda dapat melihat panorama alam yang indah dan membenamkan diri di pantai berpasir abu-abu.

Ombak pantai yang bergulung ke air laut tenang, tenang dan berkontribusi pada keindahan pantai ini. Suasana di pantai Mantak Tari terasa lebih baik dengan pepohonan hijau di sekitar pantai.

Angin sepoi-sepoi membuat suasana rileks dan santai. Saat sore tiba, pemandangannya semakin indah dengan matahari terbenam dengan rona yang membuat langit kemerahan.

6. Ujong Pi

Lokasi: Distrik Muara Tiga, Pidie

Ujong Pi via IG @ihan

Ujong Pi via IG @ihan

Tempat wisata berikutnya di Pidie adalah Ujong Pi. Tempat wisata di Ujong Pi menawarkan pesona wisata dalam bentuk derma yang indah dan mie selera tuna yang lezat.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dari Sigli ke Ujong Pi, Anda dapat melakukan perjalanan 40 menit. Dermaga Ujong Pi terlihat sangat panjang sehingga lebih mudah bagi wisatawan yang ingin lebih menikmati pemandangan laut dan tidak hanya dari garis pantai.

Di sekitar dermaga ada juga bebatuan yang bisa dijadikan lokasi berenang. Bahkan, fungsi dermaga ini adalah sebagai tempat bagi para nelayan untuk mengikat, tetapi karena berada di pantai yang dangkal, ia tidak berfungsi tetapi menjadi potensi wisata yang menjanjikan.

7. Menara air Belanda di blok bengkel

Lokasi: Blok Gampong Bengkel, Kabupaten Kota Sigli, Pidie

Menara Air Belanda di Blok Bengkel

Menara Air Belanda di Blok Bengkel via Sinarpidie

Objek wisata berikutnya yang tak kalah unik di Pidie adalah Dutch Water Tower di blok Bengkel. Di mana lokasi menara air berada di pusat perbelanjaan Pidie Supermarket, Siglie.

Menara air Belanda adalah bangunan dengan ketinggian sekitar 20 meter. Dikatakan bahwa di masa lalu pembangunan menara air dilakukan selama pendudukan pemerintah Belanda-India.

Di dinding depan bangunan menara juga ada tulisan dan bertuliskan 26-8-1945. Tidak bisa ditangkap sebagai nama jalan, Jalan Menara Air, menara ini juga menjadi tujuan wisata sejarah yang unik di wilayah Pidie, meskipun sejarah menara belum jelas.

8. Makam Tengku Abdullah Di Tiro

Lokasi: Desa Pante Garot, Distrik Indra Jaya, Pidie

Makam Tengku Abdullah Di Tiro via Tribunnews

Makam Tengku Abdullah Di Tiro via Tribunnews

Selain menghadirkan obyek wisata alam, Pidie juga memiliki wisata religi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kuburan Tengku Abdullah Di Tiro yang tidak lain adalah ayah dari Tengku Tjhik Di Tiro.

Di kuburan ini Anda bisa melakukan ziarah dan wisata religi sambil mendengarkan kisah perjuangan Tengku Abdullah Di Tiro untuk rakyat Aceh.

9. Lingkaran Kuwieng

Lokasi: Hutan Hagu, Kabupaten Padang Tiji, Pidie

Lingkaran kuwieng

Lingkaran kuwieng

Tempat wisata yang satu ini tentunya menawarkan panorama alam yang sangat bagus dan kejutan. Kuwieng Circle adalah ngarai dengan aliran air hijau jernih dan dinding batu.

Kombinasi ini dapat menciptakan pemandangan alam yang indah. Untuk sampai ke lingkaran Kuwieng, cukup sulit untuk melewati hutan dan jalan tanah.

Namun perjalanan yang penuh tantangan sepertinya membuahkan hasil jika Anda menyaksikan keindahan yang mempesona dari lingkaran Kuwieng.

10. Masjid Po Teumeureuhom (Mutiara Barat)

Lokasi: Kota Sigli, Kabupaten Pidie

Masjid Po Teumeureuhom (Mutiara Barat)

Masjid Po Teumeureuhom (Mutiara Barat)

Masjid Po Teumeureuhom adalah salah satu masjid tua di daerah Pidie. Lokasi masjid ini juga tidak jauh dari Kota Sigli.

Selain menjadi masjid tua, masjid ini juga memiliki desain arsitektur yang indah. Biasanya pengunjung yang datang ke masjid ini fokus pada ibadah atau wisata religi.

11. Guha Tujuh (Laweung)

Lokasi: Jalan Banda Aceh KM 100, Laweung, Muara Tiga, Pidie

Guha Tujuh (Laweung)

Guha Tujuh (Laweung)

Bagi Anda yang menyukai keindahan alam, jangan lewatkan Guha Tujuh atau Laweung. Gua yang satu ini terletak di Jalan Banda Aceh KM 100, Laweung, Muara Tiga, Pidie.

Tentu saja gua yang satu ini memiliki pesona yang menarik untuk ditemukan. Sebaba rupanya gua ini sangat panjang dan memiliki stalagmit dan stalaktit yang sangat indah.

Meski diketahui bahwa itu sangat panjang, namun sejauh ini tidak ada yang tahu pasti ukuran gua ini. Untuk menuju Guha Tujuh, perjalanan ekstrem diperlukan karena kondisi jalan masih berlubang.

Bagi Anda pecinta pemandangan alam, gua ini mungkin menjadi pilihan tepat untuk bepergian dan menjelajahi keindahan alam.

Mari kita lihat: 18 Objek wisata terbaru di Lhokseumawe Aceh

12. Rafting Tangse

Lokasi: Tangse, Pidie

Arung jeram

Arung jeram

Jika Anda mengunjungi Pidie, jangan lewatkan Tangse Rafting. Karena arung jeram ini menawarkan sensasi yang merangsang adrenalin dan cocok untuk menghilangkan rasa lelah.

Arung jeram di Sungai Geumpang akan semakin sulit dirasakan dengan kehadiran batu-batu besar dan aliran air sungai yang sangat deras.

Kombinasi keindahan alam di sekitar sungai dan aliran sungai yang datang sangat dekat tentu akan merangsang adrenalin Anda. Jika Anda ingin menikmati arung jeram ini, Anda harus menggunakan layanan panduan profesional.

Karena aliran sungai memang cukup berbahaya, diperlukan panduan agar perjalanan arung jeram Anda tetap aman dan nyaman.

13. Krueng Geunie

Lokasi: Desa Lhok Keutapang, Distrik Tangse, Pidie

Krueng Geunie

Krueng Geunie

Kemudian Anda dapat mengunjungi tur Krueng Geunie saat Anda berada di Pidie untuk menyelesaikan liburan Anda. Krueng Geuni menawarkan pemandian alami di Tangse.

Daerah ini memiliki aliran sungai yang jernih dengan bebatuan yang cukup besar dan indah. Tidak heran jika Krueng biasanya sangat cocok sebagai resor tepi laut alami yang menakjubkan.

Karena keadaan aliran air yang jernih dan bersih, Anda bisa merasakan perasaan mandi dengan air jernih dan segar. Jika Anda berada di area hutan yang hijau dan lebat, Anda tentu akan betah bermain air panjang di Krueng ini.

14. Waduk Padang Tiji Rajui

Lokasi: kaki Lembah Sulawah, Padang Tiji, Pidie

Waduk Padang Tiji Rajui

Waduk Padang Tiji Rajui

Saat berlibur ke Pidie, jangan lewatkan reservoir Rajui Padang Tiji. Dimana waduk ini adalah bendungan irigasi yang sering digunakan sebagai tujuan wisata.

Lokasi waduk Padang Tiji Rajui berada di kaki Lembah Sulawah, Padang Tiji. Waduk ini biasanya digunakan untuk mengairi sawah milik masyarakat di berbagai kabupaten, yaitu Padang Tiji, Laweung, Grong-Grong, Bate dan Delima.

Waduk yang dibangun sejak 2013 ini memang sering dikunjungi masyarakat, terutama pada sore hari. Biasanya pengunjung ke waduk ini ingin menikmati pemandangan dan udara segar. Untuk memasuki reservoir Padang Tiji Rajui, Anda tidak perlu membayar biaya masuk atau gratis.

15. Pantai Pelangi

Lokasi: Desa Tanjong Harapan, Kecamatan Kota Sigli, Pidie

Pantai Pelangi via Pidiekabgoid

Pantai Pelangi via Pidiekab.go.id

Pidie memiliki beberapa pantai yang indah dan indah, salah satunya adalah Pantai Pelangi. Dimana pantai ini berada di pinggir Kota Sigli atau tepatnya di depan Aula Bupati Pidie.

Lokasi yang dekat dengan paviliun berarti bahwa penduduk setempat sering menyebutnya pantai paviliun. Pantai Pelangi memiliki keindahan yang begitu memesona dengan air laut biru, ombaknya yang bergulung dan langit yang begitu jernih.

Saat berada di pantai ini, Anda bisa menikmati angin yang membuat pikiran terasa santai. Pantai Pelangi sangat cocok untuk bersantai karena ada bangku di sekitar pantai yang dapat digunakan pengunjung saat makan.

16. Masjid Abu Beureueh

Lokasi: Beuruenuen, Kecamatan Mutiara, Pidie

Masjid Abu Beureueh via Twitter

Masjid Abu Beureueh via Twitter

Masjid ini dikenal sebagai masjid Baitul A & la Lil Mujahidin di Beureunuen, Mutiara, Pidie. Masjid ini dibangun atas prakarsa Tgk. Muhammad Daud Beureueh, yang dibangun pada tahun 1950.

Namun, selama proses pembangunan masjid, ada juga berbagai ketegangan dari yayasan. Partai mengklaim bahwa pengelolaan masjid sepenuhnya dilakukan oleh yayasan.

Namun dengan sejumlah pertemuan ketegangan akhirnya mulai menghilang. Masjid Abu Beureueh selesai dibangun pada tahun 1980 dan memiliki sejarah yang sangat berharga dengan makam Muhammad Daud Beureuh. Makam itu dipagari secara sederhana di bagian belakang masjid.

Jangan lewatkan: 27 Objek wisata terbaru di Bireuen Aceh

17. Garam Sassy

Lokasi: Desa Cebrek, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie

Lancang Garam via Analisadaily

Lancang Garam via Analisadaily

Bepergian ke Pidie tidak hanya untuk melihat keindahan tempat-tempat wisata, tetapi juga untuk mengunjungi rumah-rumah produksi garam. Salah satunya adalah Garam Lancang di desa Cebrek, di distrik Simpang Tiga atau sekitar 10 kilometer dari Sigli.

Di mana Lancang Garam adalah desa petani garam di wilayah Pidie. Tidak heran ada banyak kolam ikan, tanah kosong dan gubuk di daerah Lancang Garam atau disebut sassy.

Namun di tempat itu warga desa Cebrek mengolah garam. Rumah produksi garam di daerah ini selalu dibuat sama, sehingga menjadi unik. Saat bepergian Anda bisa belajar mengolah garam yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

18. Pinto Dam Sa

Lokasi: Distrik Tiro / Treuseb, Kabupaten Pidie

Bendungan Pinto Sa melalui Tribunnews

Bendungan Pinto Sa melalui Tribunnews

Tempat wisata lain di Pidie yang dapat Anda kunjungi saat berlibur adalah Bendungan Pinto Sa. Dimana bendungan ini merupakan sumber air irigasi bagi masyarakat Tiro dan sekitarnya.

Biasanya ketika akhir pekan atau hari libur nasional tiba, bendungan penuh dengan turis. Tidak mengherankan jika bendungan ini menjadi salah satu tujuan wisata paling penting di wilayah Pidie.

Sungai Hulu, yang terletak di bukit Gampong Blang Rukui, memiliki pemandangan alam yang indah. Ada bebatuan kerak yang terletak di tepi sungai dan diapit oleh pepohonan hijau.

Udara sejuk dan segar seolah-olah Anda merasa lebih nyaman menikmati panorama alam di bendungan ini. Anda tidak perlu khawatir, karena sungai ini cenderung miring dan dipenuhi dengan batu gunung di sungai.

19. Gunung Peut Sagoe

Lokasi: daerah Meureudu, Kabupaten Pidie

Gunung Peut Sagoe via Youtube

Gunung Peut Sagoe via Youtube

Jika Anda suka mendaki, tidak ada salahnya menaklukkan gunung Puet Sague. Gunung berapi ini berdiri kokoh dengan empat puncak, yang tingginya mencapai 2801 m.

20. Gunung Taleuk

area: Hutan, Tiro / Truseb, Kabupaten Pidie

Gunung Taleuk melalui Acehkini

Gunung Taleuk melalui Acehkini

Selain gunung sagu peut, Anda juga bisa mencoba menaklukkan gunung Taleuk. Gunung ini memiliki sabana yang indah sehingga Anda tidak akan bosan di sini.

21. Teuraceu Angên Beungga

Lokasi: Krueng Seukeuk, Tangse, Kabupaten Pidie

Teuraceu Angên Beungga via Pidiekabgoid

Teuraceu Angên Beungga via Pidiekab.go.id

Objek wisata terakhir di Pidie adalah air terjun (Teuraceu) Angên (Wind). Dalam bahasa Indonesia, air terjun ini berarti air terjun yang ditiup angin. Dinamai setelah air terjun angin karena angin kencang yang dihasilkan oleh tekanan udara dan air terjun yang tinggi.

*****

Demikian penjelasan tempat wisata di Pidie yang bisa menjadi pilihan saat liburan di Pidie. Anda tidak perlu bingung dengan informasi di atas jika ingin menjelajah berlibur ke Pidie. Karena ada banyak tempat wisata menarik dan terbaik yang dapat Anda kunjungi di Pidie untuk liburan yang lebih berkesan.

Mari kita juga melihat: 22 tempat rekreasi terbaru di Simeulue Aceh

Leave a Reply