Tempat wisata di Simeulue – Provinsi Aceh memang menawarkan sejuta keindahan mempesona yang tampaknya sangat sayang jika Anda lewatkan. Begitu juga jika Anda datang ke Simeulue, yang masih di wilayah Aceh.

Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengetahui nama daerah ini, tetapi Anda harus tahu bahwa Simeulue adalah sebuah kabupaten yang terletak di pulau Simeulue, di provinsi Aceh.

Pulau Simeulue adalah pulau kecil yang terpisah dari Pulau Sumatra. Ini membuat Simeulue bebas dari berbagai konflik dan menyelamatkan sejuta keindahan di tempat-tempat wisata. Tempat wisata di Simeulue menawarkan kekayaan alam yang eksotis dan menjadi magnet wisata dari berbagai arah.

Bagi yang ingin mengunjungi Simeulue, buatlah jarak sekitar 150 kilometer dari pantai barat Aceh. Simeulue sendiri juga merupakan kabupaten dari Pemekaran dari Aceh Barat yang terjadi sekitar tahun 1999.

Karena lokasinya dikelilingi oleh pantai yang masih sangat alami, tidak mengherankan jika Simeuleu sangat cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan atau pada hari libur nasional.

Jika Anda penasaran untuk menjelajahi keindahan Simeulue, jangan lewatkan mengunjungi tempat wisata Simeulue yang dijamin menyenangkan dan tak terlupakan.

Jangan lewatkan: 18 Objek wisata terbaru di Lhokseumawe Aceh

Bagaimana Anda bisa sampai ke Simeulue?

Kabupaten ini, yang terdiri dari 41 pulau, berjarak sekitar 105 mil laut dari Meulaboh, Aceh. Diukur dari Tapak Tuan, jarak dari Simeulue mencapai 85 mil laut.

Untuk mencapai ini, Anda harus terlebih dahulu terbang ke Medan dari daerah asal Anda. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan penerbangan terobosan dengan pesawat Cessna atau Foker dengan harga tiket Rp. 500.000 hingga Rp. 750.000. Waktu perjalanan dari Medan ke Simeulue adalah sekitar 1 jam 10 menit.

Meskipun membutuhkan upaya ekstra, wisatawan dari berbagai daerah dan bahkan negara lain ingin melakukan yang terbaik untuk mengatasi gelombang yang menantang di sini.

Tidak hanya penggemar selancar, alam yang indah dan dunia bawah laut yang menawan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah untuk datang ke sini dengan sengaja.

Untuk peselancar ada setidaknya delapan titik strategis untuk berselancar, yaitu pantai Nancala, Matanurung Busung, Alus-alus, Salur, La & ayon, Pulau Batu Berlayar, Pulau Mincau dan Pulau Teupah. Bagi pelancong yang bukan ahli selancar, Anda bisa menikmati keindahan laut dengan snorkeling.

Lokasi menyelam yang sangat bagus adalah Pulau Siumat, Teupah Barat, dan Simeulue Timur.

Meskipun merupakan daerah kecil, tetapi untuk transportasi dan akomodasi di daerah ini mungkin cukup maju. Ada penginapan atau bahkan resort yang bisa menjadikan Anda tempat menginap yang nyaman.

Selain itu, jika perut Anda bergemuruh, Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak kios di pinggir jalan yang secara alami menyajikan ikan segar dan lezat dengan harga Rp. 7.000 hingga Rp. 20.000 per piring.

Tempat wisata terbaru di Simeulue

Sebagai referensi untuk liburan Anda, berikut ini akan menjelaskan tempat wisata di wilayah Simeulue yang harus Anda ketahui.

1. Pulau Siumat

Lokasi: Pulau Siumat, Distrik Simeulue Timur, Distrik Simeulue

Pulau Siumat

Pulau Siumat

Tempat wisata pertama di Simeulue adalah Pulau Siumat. Di mana satu pulau ini menghadirkan surga kecantikan yang tidak dapat Anda lewatkan. Khusus bagi Anda yang ingin berlibur atau berbulan madu bersama pasangan, Pulau Siumat adalah pilihan yang tepat.

Karena pulau ini menawarkan suasana romantis. Keadaan teritori pulau, yang masih damai dikombinasikan dengan pemandangan alam yang indah, akan memastikan bahwa semua orang akan merasa betah di Pulau Siumat untuk waktu yang lama.

Pulau Siumat sendiri sebenarnya adalah pulau kecil yang menawarkan keindahan luar biasa. Bahkan jika Anda mengunjungi pulau ini, Anda mungkin merasa seolah-olah berada di pulau pribadi.

Air laut yang biru dan jernih dikombinasikan dengan tebing dan bukit-bukit hijau alami memberikan perasaan yang berbeda ketika Anda berada di Pulau Siumat.

2. Danau Air Tawar Teluk Dalam

Lokasi: Desa Kuala Bakti, Kabupaten Teluk Dalam, Simeulue

Danau Air Tawar Teluk Dalam

Danau Air Tawar Teluk Dalam

Meskipun lokasi Simelue dikelilingi oleh pantai, lingkungan ini juga memiliki potensi wisata berupa danau air tawar Teluk Dalam. Biasanya danau ini juga dikenal dengan Danau Lawik Tawar.

Jika Anda penasaran untuk mengunjungi danau ini, datanglah ke desa Kuala Bakti, Teluk Dalam, Kabupaten Simelue. Danau ini memiliki panjang sekitar 800 meter dan lebar 500 meter. Ketika dibawa dari pusat Kota Sinabung ke danau ini, jaraknya sekitar 53 kilometer.

Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau sekilas sebagai lukisan pemandangan yang menawan. Udara sejuk dalam kombinasi dengan alam yang indah akan menjadi kombinasi yang sangat baik untuk dikunjungi.

3. Pulau Tepi

Lokasi: Lamerem, Distrik Alafan, Simeulue

Pulau Tepi via IG @miftahuljannaherhasy

Pulau Tepi via IG @miftahuljannaherhasy

Pesona keindahan pantai-pantai di kawasan Simeulue ini memang tidak diragukan lagi karena memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa.

Demikian pula, ketika Anda mengunjungi Pulau Tepi, Anda dapat merasakan perasaan wisata bahari dikombinasikan dengan wisata alam yang memanjakan mata Anda.

Pulau Tepi tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang indah, tetapi juga dunia bawah laut yang tidak kalah eksotis. Bagi Anda yang menikmati snorkeling atau menyelam, Pulau Tepi memiliki situs menyelam terbaik yang memalukan jika Anda melewatkannya.

Air laut yang bersih dan jernih memastikan bahwa keindahan alam pulau bawah laut Tepi terlihat jelas saat snorkeling atau menyelam.

4. Siambong-Ambong Alafan Stone

Lokasi: Desa Umpan Lubuk, Distrik Alafan, Simeulue

Siambaong-Ambong Alafan Stone

Siambaong-Ambong Alafan Stone

Batu Siambong-Ambong Alafan adalah tempat wisata di Desa Lubuk Bait, Distrik Alafan. Tempat wisata ini sangat populer di Instagram karena terkait erat dengan pesona batu yang memanjang ke pantai seolah-olah itu adalah jembatan yang rusak.

Tentu saja keindahan batu alam menjadi pemandangan yang sangat eksotis untuk Anda kunjungi saat berada di Simeuleu. Uniknya, dari batu berbentuk jembatan Anda bisa melihat batu Siambong-ambong yang tidak jauh dari jembatan batu.

Pesona keindahan batu yang seolah terbaring di tengah air laut ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak turis yang datang untuk mengambil foto di atas batu lalu mengunggah ke akun media sosial mereka.

Meski kian populer, namun objek wisata Batu Siambong-ambong Alafan masih memiliki fasilitas wisata terbatas karena pengelolaannya yang belum maksimal. Namun pesona keindahan tempat wisata ini dijamin membuatnya menakjubkan dan tak terlupakan.

5. Pantai Labuhan Bakti

Lokasi: Desa Labuhan Bakti, Distrik Teupah Selatan, Siemeulue

Pantai Labuhan Bakti via Ig @ mamurdimila

Pantai Labuhan Bakti via Ig @ mamurdimila

Masih terkait wisata bahari di Simeulue, kali ini Anda diajak mengunjungi Pantai Labuhan Bakti. Dimana pantai ini adalah pantai yang menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis.

Karena Pantai Labuhan Bakti memiliki pemandangan laut biru yang dihiasi ombak, pasir putih, dan pepohonan di sekitar pantai yang berkontribusi pada suasana yang lebih bagus.

Bahkan ketika Anda berada di pantai ini, Anda bisa merasakan nuansa yang begitu romantis sehingga Pantai Labuhan Bakti juga cocok untuk dikunjungi bersama pasangan.

Lokasi Pantai Labuhan Bakti juga tidak jauh dari Pantai Thiland, yang sangat populer di daerah Simeulue. Jika Anda penasaran dengan keindahan Pantai Labuhan Bakti, datanglah ke Kabupaten Simeulue Timur atau bisa diambil dari Kota Sinabang selama 1 jam.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa melihat keindahan dunia bawah laut di pantai ini, yang dijamin akan mengejutkan Anda ketika Anda menjelajahinya.

6. Pantai Thailand

Lokasi: Desa Labuhan Bakti, Kabupaten Teupah Selatan

Pantai Thailand melalui IG @ Makmurdimila

Pantai Thailand melalui IG @ Makmurdimila

Pantai ini memiliki nama yang unik, yaitu Pantai Thailand. Meski bernama Pantai Thailand, namun pantai ini adalah pantai di Indonesia di Kabupaten Simeulue.

Selain memiliki nama yang unik, pantai ini juga menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan karena terletak di teluk yang melengkung.

Warna air laut hijau Tosca yang dipadukan dengan pantai berpasir putih merupakan kombinasi yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Jika Anda penasaran dengan keindahan pantai Thailand, datanglah ke Desa Labuhan Bakti, Distrik Teupah Selatan, atau bisa sejam dari Kota Sinabang.

7. Pantai Pasir Tinggi

Lokasi: Distrik Teupah Selatan, Simeulue

Ketika mengunjungi Simeuleu, tidak lengkap jika Anda tidak menjelajahi keindahan pantai, termasuk pantai Pasir Tinggi.

Pantai ini juga tidak jauh dari pantai Labuhan Bakti di kabupaten Teupah Selatan. Pantai Pasir Tinggi menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih.

Hembusan angin dan air laut yang biru menciptakan perasaan yang begitu alami dan dijamin akan memanjakan mata Anda. Uniknya, pantai Pasir Tinggi terletak di antara dua pantai, Pantai Labuhan Bakti dan Pantai Alus-Alus, menjadikan ini salah satu pantai yang lebih eksotis.

8. Pantai Ganting

Lokasi: Desa Kuala Makmur, Distrik Simeulue Timur, Simeulue

Pantai Ganting

Pantai Ganting

Pantai Ganting adalah salah satu tempat wisata dengan pemandangan alam yang tidak kalah menarik dari pantai Simeulue lainnya.

Saat berada di Pantai Ganting, Anda akan melihat deretan pohon kelapa dan pasir putih di tepi samudra biru. Saat Anda berada di Pantai Ganting, pemandangan Pulau Siumat juga bisa dilihat dari pantai ini, sehingga memberikan sensasi yang begitu indah.

Jika Anda penasaran dengan pesona keindahan Pantai Ganting, datanglah ke desa Kuala Makmur atau sekitar 11 kilometer dari Kota Sinabang. Ketika sore tiba, Pantai Ganting terlihat eksotis dan romantis, memberikannya pengalaman yang tak terlupakan.

9. Pantai Busung

Lokasi: Desa Busung, Distrik Teupah Tengah

Pantai Busung via Putramaha

Pantai Busung via Putramaha

Pantai Busung adalah salah satu pantai indah di Simeulue yang tidak boleh Anda lewatkan. Bahkan pantai ini disebut-sebut sebagai tempat selancar terbaik yang juga tidak jauh dari Kota Sinabang.

Pantai Busung memiliki ombak yang sangat indah dan pantai berpasir yang membuat pemandangan lebih menarik. Lokasi Pantai Busung dekat dengan Labuan Bajau, Desa Busung, Distrik Teupah Tengah.

Pantai Busung tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, tetapi juga dunia bawah laut yang tidak kalah indahnya untuk dijelajahi. Di dunia bawah laut pantai ini Anda bisa melihat berbagai jenis hewan laut, termasuk ambelik.

Pantai Busung juga memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap mulai dari tempat makan, ruang sholat, toilet, dan sebagainya. Kondisi pantai yang bersih tentu akan membuat wisatawan lebih nyaman dan nyaman untuk berlama-lama di Pantai Busung.

10. Pantai Nancala

Lokasi: Desa Nancala, Teupah Barat, Kabupaten Simeulue

Pantai Nancala via Gwsindonesia

Pantai Nancala via Gwsindonesia

Ketika Anda berbicara tentang keindahan maritim di Simeulue, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak berhenti di Pantai Nancala. Dimana pantai ini disebut-sebut sebagai surga keindahan di Kabupaten Simeulue.

Pantai ini memang sering mengalami pasang surut dan juga menjadi lokasi selancar yang menarik dan terbaik di wilayah Simeulue.

Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih, karang yang terjadi saat pasang surut dan ombak yang indah. Yang juga terlihat adalah bukit-bukit di sekitar Pantai Nancala yang menjadikan lanskap sempurna di pantai ini.

Sebagai lokasi selancar terbaik, tidak heran jika Pantai Nancala selalu sibuk dengan wisatawan. Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Nancala, datanglah ke Desa Nancala, Teupah Barat, Kabupaten Simeulue. Anda tidak perlu khawatir, karena fasilitas di pantai ini cukup lengkap, sehingga Anda dijamin nyaman dan nyaman.

11. Pulau Mincau

Lokasi: Teupah Barat, Simeulue

Pulau Mincau

Pulau Mincau

Tempat wisata berikutnya di Simeulue, Pulau Mincau, adalah sebuah pulau yang terpisah dari Pulau Simeulue, tetapi masih termasuk dalam Kabupaten Simeulue.

Pulau Mincau juga berbatasan dengan Pulau Tapah dengan menawarkan keindahan yang menakjubkan. Jika Anda mengunjungi Pulau Mincau, datanglah ke Teupah Barat, Simeulue. Ketika Anda berada di Pulau Mincau, Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan indah, tetapi juga keindahan dunia bawah laut.

Wisatawan biasanya dapat snorkeling untuk menjelajahi keindahan alam Pulau Mincau bawah laut. Untuk pergi ke Mincau, wisatawan dapat naik speed boat atau perahu dan kemudian Anda akan melihat sepotong pasir putih dengan air laut jernih di Mincau.

12. Air terjun Danau Lembah Putra Jaya

Lokasi: Desa Putra Jaya, Kabupaten Simeulue Tengah, Aceh

Air terjun Danau Lembah Putra Jaya

Air terjun Danau Lembah Putra Jaya

Jika Anda ingin menikmati wisata alam lain selain wisata pantai, Simeulue menawarkan danau lembah Air Terjun Putra Jaya.

Lokasi objek wisata ini berada di Desa Putra Jaya, Simeulue Tengah. Tempat wisata ini menyajikan keindahan air terjun dan danau dengan air yang sangat jernih dipadukan dengan pemandangan hutan yang rimbun.

Kondisi air di danau ini sangat dingin dan dihiasi bebatuan, sehingga terlihat sangat unik. Lokasi Danau Lembah Danau Putra Jaya adalah pedalaman, sehingga tidak mengherankan bahwa akses ke tempat wisata ini cukup sulit dijangkau.

13. Makam Teungku telah berakhir

Lokasi: Teluk Simeulue, Kuta Padang, Distrik Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue

Makam Teungku pada akhirnya

Makam Teungku pada akhirnya

Selain wisata alam yang indah, Simeulue juga memiliki objek wisata sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan. Di mana wisata sejarahnya adalah makam Teungku Diujung di Teluk Simeulue.

Teungku Diujung sebenarnya memiliki nama asli Teungku Khalilullah, tetapi penduduknya sering dijuluki Teungku Diujung. Dia adalah seorang penyebar agama Islam di wilayah Pulau Simeulue dan juga seorang siswa dari Sheikh Burhanudin Ulakan.

Saat mengunjungi kompleks pemakaman ini, Anda dapat melihat pemakaman Teungku Diujung yang terpelihara dengan baik dan lokasi di sekitar pepohonan, sehingga tampaknya sangat sunyi.

14. Pantai berpasir merah

Lokasi: Desa Putra Jaya, Distrik Simeulue Tengah, Simeulue

Pantai berpasir merah

Pantai berpasir merah

Pantai Pasir Merah adalah pantai dengan pasir merah dan terletak di Desa Putra Jaya, Simeulue Tengah.

Pantai ini memang terlihat unik dan berbeda karena warna pantai yang berpasir merah dan menjadi lebih merah setelah hujan. Jika Anda beruntung ketika mengunjungi pantai ini, Anda akan melihat kura-kura bertelur di sekitar Pantai Pasir Merah.

15. Pulau Taman Raja Rayo

Lokasi: Pulau Taman Raja Rayo, Distrik Teupah Tengah, Simeulue

Pulau Taman Raja Rayo

Pulau Taman Raja Rayo

Tempat wisata ini adalah bukti dari fenomena alam yang menarik. Di masa lalu, pulau itu hampir hilang karena aus. Namun setelah tsunami yang melanda Aceh, pulau itu muncul kembali.

Sekarang Pulau Taman Raja Rayo dikelola dengan baik, menjadikannya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Anda tidak perlu ragu dengan masalah fasilitas, karena terdapat fasilitas wisata yang lengkap di pulau ini, mulai dari hotel, ruang sholat, kafe, restoran, dll.

16. Pantai Alus-Alus

Lokasi: Teupah Selatan, Simeulue

Pantai Alus-Alus

Pantai Alus-Alus

Tempat wisata berikutnya di Simeulue adalah Pantai Alus-Alus di wilayah Teupah Selatan. Pantai Alus-Alus adalah lokasi yang sangat cocok untuk berselancar karena ombak di pantai ini cukup tinggi dan tidak ada karang.

Dengan menawarkan keindahan di Pantai Alus-Alus, tidak heran jika pantai ini merupakan kejuaraan selancar internasional yang besar dengan peserta dari berbagai negara dengan total 70 negara.

17. Pantai Tunggul Indah

Lokasi: Desa Busung, Simeulue Timur, Kab. Simeulue

Pantai Tunggul Indah

Pantai Tunggul Indah

Pantai Tunggul Indah adalah pantai yang indah dengan batu-batu besar setelah gempa bumi dan tsunami pada tahun 2004.

Pemerintah Kabupaten Simeulue juga telah memulihkan tempat wisata ini dengan membuat fasilitas pendukung dan fasilitas wisata.

Apalagi pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis dan ketika sore tiba, pesona keindahan matahari terbenam terlihat begitu eksotis. Jika Anda mengunjungi Pantai Tunggul Indah, datanglah ke Desa Busung, Simeulue Timur.

18. Pantai Matanurung

Lokasi: Desa Matan Urung, Kec. Simeulue Timur, Simeulue

Foto pantai Matanurung via Antara

Foto pantai Matanurung via Antara

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pantai Matanurung adalah salah satu tempat selancar paling menantang. Pantai ini harus dimasukkan dalam daftar tempat wisata Simeulue untuk dikunjungi oleh peselancar.

Di sini Anda dapat merasakan sensasi ombak panjang bergulung (Barel Tabung Panjang) yang dicari para peselancar dunia.

Kunjungi juga: Tempat wisata di Aceh Utara dan sekitarnya

19. Pantai Batu Berlayar

Lokasi: Distrik Teupah Selatan, Siemeulue

Pantai Batu Berlayar, Aceh

Pantai Batu Berlayar, Aceh

Tempat berbatu berikutnya di Simeulue adalah pantai berbatu yang berlayar. Wow, nama pantai ini sangat unik. Memberi nama pantai ini ternyata memiliki sejarahnya, lho.

Kono, sebelumnya Peri Bumi juga mengatakan alias di sana, begitu batu itu ada di tengah laut dan semua orang melihat dari kejauhan, batu itu terlihat seperti berlayar di ombak.

Sekarang, sejak tragedi gempa dan tsunami di Aceh, air laut telah mengundurkan diri sehingga kita dapat mengunjungi batu hanya dengan berjalan kaki.

20. Pantai Kuala Makmur

Lokasi: Desa Kuala Makmur, Distrik Simeulue Timur, Simeulue

Pantai Kuala Makmur

Pantai Kuala Makmur

Pantai Kuala Makmur, 11 km dari Kota Sinabang, juga indah. Selain koral, pasirnya juga indah di sekelilingnya.

21. Teluk Sibigo

Lokasi: Teluk Sibigo, Siemeulue Barat Kec

Teluk Sibigo melalui rafimoerdani.wordpresscom

Teluk Sibigo melalui rafimoerdani.wordpress.com

Teluk Sibigo yang terlihat seperti danau. Di sekitar teluk, pemukiman penduduk dari barat teluk ditumbuhi bakau hijau.

22. Pulau Pinang

Lokasi: Desa Sambai, Kabupaten Teluk Dalam, Simeulue

Pulau Pinang via Fexploresimeuluecom

Pulau Pinang melalui Fexploresimeulue.com

Tempat wisata terakhir di Simeulue yang kami rekomendasikan adalah Pulau Pinang. Pulau kecil ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Gili Trawangan di Lombok sana.

Untuk mencapai Pulau Pinang ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor dari Kota Sinabang, dari pelabuhan Sambai ke Pulau Pinang sekitar 15 menit menggunakan perahu nelayan atau yang biasa disebut "Robin".

Di pulau ini Anda akan melihat betapa indahnya ciptaan Tuhan dengan pasir putih dan air laut yang jernih, dan ikan-ikan kecil akan menemani Anda saat snorkeling.

***

Itulah penjelasan tentang referensi tempat wisata di Simeulue yang dapat memperluas wawasan Anda untuk liburan ke Simeulue. Karena penjelasan di atas Anda tidak perlu bingung lagi jika Anda ingin pergi berlibur ke Simeulue. Karena ada banyak tempat wisata terbaik yang dapat Anda kunjungi dan tentunya tak terlupakan.

Jangan lewatkan: 27 Objek wisata terbaru di Bireuen Aceh

Leave a Reply