Tempat wisata di Lamongan bisa menjadi alternatif tujuan wisata saat liburan panjang tiba. Kabupaten di Jawa Timur yang terletak di pesisir utara ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Namanya sendiri diambil dari nama seorang tokoh besar saat itu yaitu Ranggahadi atau yang dikenal dengan Mbah Lamong.

Nama tersebut diberikan karena Ranggahadi adalah sosok yang penyayang, sabar dan santun dalam mengajarkan ajaran Islam kepada seluruh masyarakat. Dalam perjalanannya, daerah ini memiliki budaya yang berbeda seperti tari dan musik. Keduanya adalah alat terbaik untuk menyebarkan ajaran Islam Sunan.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Lamongan terbaru yang layak dikunjungi:

1. Monumen Van der Wijck

tempat wisata di lamongan
foto: https://www.instagram.com/astrid_ucrid/

Kapal Van der Wijck menjadi cikal bakal berdirinya PELNI di Indonesia. Menjadi perahu termewah pada masanya. Memiliki berat tonase lebih dari 2,5 ton dan lebar kurang lebih 13,5 meter.

Perjalanan terakhirnya dari Bali ke Semarang, mampir dulu di Surabaya sebelum tenggelam di perairan Lamongan.

Pemerintah Hindia Belanda membangunnya atas rasa terima kasih kepada penduduk setempat, terutama para nelayan.

Karena dalam pengerjaannya, seluruh awak kapal dan jumlah penumpang membantu sekitar 250 orang. Hanya ada satu aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini, yaitu mengambil foto dari berbagai sudut. Monumen ini bisa ditemukan di Jalan Tuban – Gresik.

2. Pantai Kutang

berwisata ke lamongan

foto: https://www.instagram.com/thariq_almubarak/

Memang nama tempat wisata ini cukup unik, konon sejarah penamaannya digunakan karena banyak orang menemukan bra di kawasan mangrove. Memang suasana tempat ini berbeda dengan yang lain.

Cantik banget, adem, banyak area untuk selfie dan foto. Jadi jangan lupa bawa kamera pribadi agar tidak melewatkan beberapa momen.

Anda bisa mengunjungi hutan bakau atau bersantai di hammock. Hanya saja, untuk fasilitas lainnya belum terlalu diperhatikan. Tidak tersedianya warung makan dan minum.

Jadi Anda harus membawanya sendiri dari rumah. Jangan lupa bawa keset agar momen kekeluargaan anda bisa dirasakan, dan buang sampah pada tempatnya.

3. Kebun Binatang Maharani

berwisata di Lamongan
foto: https://www.instagram.com/lindaboudiman_27/

Ada juga wisata edukasi yang disiapkan saat Anda berkunjung ke Lamongan. Kebun Binatang Maharani, dengan berbagai macam pemandangan hewan yang menarik, bisa menjadi pesona yang menyenangkan. Ada juga museum fosil, jadi semua hewan langka, mati dan punah disimpan di museum.

Salah satu hewan langka yang ada di museum adalah beruang putih. Harga tiket masuk termahal Rp 150 ribu.

Selain hewan, Anda dan keluarga akan disuguhi berbagai atraksi unggulan seperti istana bawah laut, bajak laut, kolam ikan, rumah kaca, hingga pendopo Wali Songo.

Jelajahi pohon Trinil

tempat wisata di lamongan
foto: https://www.instagram.com/di_rna_d/

Dilihat dari bentuknya, memang terlihat seram, seperti di film horor dimana banyak setan membuat rumah dari pohon.

Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi, banyak wisatawan yang mulai mengunjunginya dan melihatnya sebagai sebuah tempat, sayang untuk ditinggalkan tanpa dipamerkan di media sosial.

Alasan lain banyak pengunjung datang adalah lokasinya yang hampir menyerupai salah satu tempat di film Harry Potter, Whomping Willow. Sebelum menjadi objek wisata dan menjadi ikon baru Wisata Lamongan. Pohon trinil ini dimanfaatkan burung sebagai tempat singgah.

Masyarakat setempat menggunakannya untuk mencari burung. Karena bentuknya yang sangat unik dengan akar yang bermacam-macam. Bagaimanapun, setiap pemburu telah melestarikannya. Hingga kawasan tersebut banyak dikunjungi.

Makanya, warga sekitar memanfaatkannya sebagai lokasi wisata. Beberapa dari mereka bahkan menggunakannya sebagai tempat prewedding.

5. Waduk Gondang

objek wisata di lamongan
foto: https://www.instagram.com/aldiar__16/

Wisata berikut ini tersembunyi di Kecamatan Sugio, menurut cerita pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Salah satu daya tarik kawasan ini adalah adanya berbagai jenis atraksi air seperti bebek air, gambar dengan berbagai jenis boneka dan masih banyak lagi.

Panorama selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah berbagai jenis binatang seperti monyet hitam, rusa hingga ulat bulu.

Bagi yang ingin berkemah, pihak pengelola telah menyediakan kamar khusus. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitar jam 3 sore karena Anda bisa menikmati keindahan dari sore hingga senja hari.

Kunjungi juga -> 18 tempat wisata terbaru di Banyuwangi

6. Gunung Ratu Lamongan

Tempat wisata di Lamongan Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/meshi.elima/

Situs Gunung Ratu merupakan kawasan yang wajib Anda kunjungi jika Anda menyukai sejarah. Karena Anda bisa melihat keseluruhan cerita tentang Gajah Mada di sini.

Bahkan, di sini juga terdapat makam ibu Gajah Mada. Hanya saja untuk mencapai titik tertinggi makamnya cukup sulit, karena harus menaiki ratusan anak tangga.

Menurut sejarahnya, Wisata Gunung Ratu inilah tempat lahirnya gubernur terbaik Majapahit. Ia lahir dari seorang ibu bernama Idreswari.

Istri pendiri kerajaan terbesar di Indonesia, Raden Wijaya. Saat saya sampai di tempat ini suasananya sangat sejuk dan asri. Untuk menikmatinya, Anda harus membayar Rp 5.000.

7. Masjid Sendang Duwur

Tempat wisata keluarga di Lamongan
foto: https://www.instagram.com/noeng_aja/

Inilah masjid tertua di Lamongan yang digunakan tidak hanya untuk peribadahan tetapi juga sebagai akulturasi budaya Hindu dan Budha.

Arsitekturnya cukup unik karena berbentuk seperti rumah Joglo. Memiliki atap yang menyerupai meru pada bangunan candi Hindu, sedangkan gapura masuknya menyerupai Candi Bentar.

Hingga saat ini masjid ini masih memiliki tradisi seperti penebusan. Masjid Sendang Duwur akan ramai beberapa hari sebelum bulan Ramadhan. Banyak warga sekitar yang berziarah ke makam Sunan Sendang Duwur.

Ia adalah sosok yang disegani dan orang pertama yang menyebarkan ajaran Islam di Lamongan.

8. Pantai Katak

wisata pantai di Lamongan
foto: https://www.instagram.com/bintangaurel/

Lokasi objek wisata ini berada di kawasan Paciran. Nama objek wisata ini diambil dari beberapa bebatuan yang bentuknya mirip katak.

Secara historis, situs ini pernah digunakan sebagai situs pengamatan NASA pada tahun 1983 pada saat terjadi gerhana matahari total. Salah satu atraksi yang sulit untuk dilewatkan adalah keberadaan sunset dan sunrise.

Anda dapat menikmati kedua pesona tersebut secara bersamaan. Selain itu sudah terdapat berbagai jenis wahana permainan yang menarik seperti long boat, banana boat, Jet Coaster dan masih banyak lagi. Dengan harga menikmatinya mulai dari Rp 50.000, Anda sudah bisa memainkannya secara liar.

9. Simpan Mas Tugu

Tempat wisata anak-anak di Lamongan
foto: https://www.instagram.com/neng_unnie/

Wisata Lamongan ini terletak di Desa Tugu. Daya tarik kawasan ini cukup banyak. Selain dari sudut pandang yang berbeda untuk foto, Anda juga bisa menikmati kolam renang di antara Gunung Kapur.

Ditambah dengan tulisan kekinian yang bikin baper, memberikan kesan kekinian, tak heran banyak anak muda yang datang dan berfoto selfie untuk kata-kata tersebut.

Untuk harga tiket masuknya Rp 30 ribu. Fasilitas yang disediakan cukup banyak, mulai dari gazebo, tempat ibadah, toilet, tempat parkir yang cukup luas, taman bermain dan area kuliner. Banyak menu makanan khas disajikan di sini.

Hampir semua rasanya enak, jadi Anda tidak perlu membawa bekal dari rumah. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada siang hari pada jam 3 sore.

10. Bendungan Babat

Tempat wisata di Lamongan terbaru
foto: https://www.instagram.com/devinaelvaretta/

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Daya tarik tempat ini adalah banyak sudut selfie yang bisa digunakan.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati, seperti toilet dan beberapa restoran. Waktu terbaik mengunjungi bendungan ini adalah pada sore hari menikmati senja yang akan segera turun.

Kunjungi juga -> 18 tempat wisata terbaru di Jember

11. Masjid Agung Lamongan

tempat menarik di Lamongan
foto: https://www.instagram.com/maulanasakti1216/

Sejarah Islam di kota ini sangat kental, tidak heran banyak masjid yang didirikan. Seperti Masjid Agung Lamongan.

Menjadi ikon wisata religi yang tidak pernah sepi pengunjung. Konstruksinya dikenal pada tahun 1908 dan menggabungkan dua unsur sekaligus, yaitu Jawa dan Islam.

Memiliki kubah tiga bagian, dalam hal ini menandakan bahwa bangunan tersebut mencerminkan keimanan, Islam dan ihsan.

Serta bentuk lambang Islam dan budaya Nusantara yang lekat dengan agama Hindu dan Budha sehingga diterima dengan baik. Bangunan itu dipertahankan dengan cara ini selama renovasi. Tidak pernah berubah.

Untuk menuju tempat ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menuju ke alun-alun kota. Tak jauh dari situ ada gedung cantik ini.

Kedekatannya dengan pusat kota merupakan tata letak yang telah diajarkan sejak lama. Tepatnya, pada masa pembangunan Kerajaan Banten.

12. Gunung Pegat

wisata hits di lamongan
foto: https://www.instagram.com/rudybahatiyanusa/

Memang, keberadaan Gunung Kapur menjadi viral di kalangan masyarakat Lamongan. Karena keindahannya tidak akan tergantikan sama sekali.

Untuk menuju lokasi, Anda bisa menaikinya dengan bus atau dengan angkutan dari Terminal Babat. Tarifnya hanya Rp5 ribu. Daya tarik utama kawasan ini adalah pesona matahari terbit dan terbenam.

Bentuknya yang sangat unik membuatnya mendapat julukan Ngarai Hijau Lamongan. Jangan lupa bawa kamera agar tidak ketinggalan setiap momen.

Secara historis, ketika ada kerja paksa, dia membangun jalan. Para pekerja harus memotong gunung agar berbagai jenis kendaraan dapat menyeberanginya.

13. Makam Sunan Drajat

wisata religi di Lamongan
foto: https://www.instagram.com/lamongantourism/

Tur berikut ini untuk mengenang bagaimana Sunan Drajat mengembangkan dan menyampaikan ajaran Islam kepada seluruh masyarakat.

Anda bisa pergi berziarah setiap hari. Biasanya pada hari Kamis dan Jum'at dan pada waktu-waktu tertentu jamaah datang untuk salat.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti tempat parkir, toilet dan berbagai tipe sudut selfie terbaik. Warung-warung makan sudah ada di kawasan tersebut, banyak menu yang tersedia mulai dari soto hingga gorengan.

Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa mengambil jalan utama menuju Jalan Sumberwudi, Kecamatan Paciran.

14. Wego Lamongan

Tempat wisata di Lamongan Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/frdiafri_/

Wego adalah singkatan dari Gondang Outbound Education Tour. Tiket masuk mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 110 ribu. Sesuai dengan paket yang dipilih. Luasnya yang mencapai 23 hektar, Anda bisa menemukan banyak hal di tempat ini. Apalagi bagi yang suka selfie. Salah satu ikon terbaik adalah Boeing 737.

Banyak permainan yang disediakan, mulai dari berenang dengan kedalaman kolam 95 hingga 140 cm. Dilengkapi dengan tempat pengumpulan dan perosotan.

Tidak jauh dari kolam ada tempat untuk menyewa pelampung dan toko. Anda juga bisa bermain di atas perahu di atas perahu dayung yang dilengkapi dengan jaket pelampung untuk keselamatan.

Perahu tersebut hanya bisa digunakan untuk 4 orang. Menikmati selfie tidak hanya di pesawat. Ada juga taman dan jembatan cinta yang telah dicat untuk memberikan tampilan kontemporer.

Jangan lupa untuk menikmati asyiknya perjalanan keluar dengan berbagai macam permainan, serta nikmati serunya tidur di tenda dan masih banyak lagi permainan yang bisa dimainkan disini.

15. Tlogo Sadang

wisata terakhir di lamongan
foto: https://www.instagram.com/bendottetapsangat/

Tempat wisata di Lamongan ini terletak di Desa Bluri. Dari penampakannya tidak jauh berbeda dengan wisata di Madura yaitu Bukit Jaddih. Dengan tebing kapur dan danau yang hijau.

Memang bekas tambang batu kapur tersebut sudah lama tidak dimanfaatkan dan terbengkalai hingga masyarakat setempat berusaha untuk merawatnya.

Hingga terbentuklah kawasan wisata instagrambal. Tak heran jika banyak turis yang kerap menjadikannya sebagai venue favorit untuk prewedding.

Selain itu, Anda bisa melihat beberapa bangunan menarik di sekitar danau. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah pada sore hari karena matahari tidak terlalu terik.

Baca juga -> 16 tempat wisata terbaru di Sragen

16. Pantai Kemantren

tempat wisata alam di lamongan
foto: https://www.instagram.com/niya.rahayu/

Wisata di Lamongan tidak pernah ada habisnya. Selain menarik karena pesona sejarahnya. Kota Soto kali ini memiliki pantai yang eksotis. Wisatawan lain bahkan menyebutnya Maladewa Lamongan. Mencapai pantai Kemantren tidaklah sulit, hanya membutuhkan waktu 2 jam dari alun-alun desa.

Banyak fasilitas yang disediakan di sini, seperti tempat ibadah. Selain bermain air dan pasir pantai. Pengunjung juga bisa mengunjungi makam ayah Sunan Giri yaitu Syekh Maulana Ishaq. Anda tidak perlu khawatir tentang makanan dan minuman. Masih di pinggir pantai terdapat berdiri warung makan dengan berbagai macam hidangan ikan. Dijamin menggoda.

17. Museum Seni Islam

Tempat wisata terbaru di Lamongan ini semakin membuktikan bahwa Lamongan adalah kota muslim yang tak tergantikan. Keberadaan museum seni ini menunjukkan bahwa ajaran berbagai jenis Sunan masih mengakar sejak lama hingga saat ini. Saat masuk, itu dibagi menjadi beberapa zona.

Anda bisa melihat peradaban Islam melalui video pendek berdurasi 15 menit. Menceritakan bagaimana Nabi Muhammad SAW membawakan ajaran tersebut, gambaran singkat tentang Arab di masa lalu, dan bagaimana penyebaran ajaran agama tersebut telah menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia selama ini.

Di zona selanjutnya, Anda bisa melihat peninggalan Kerajaan Islam dari seluruh dunia. Termasuk sejarah yang paling menarik untuk diceritakan, yaitu Kekaisaran Ottoman, Turki. Sebagai yang terbesar di dunia selama 600 tahun, ia mampu memerintah di banyak tempat. Di zona terakhir Anda bisa melihat diorama para pelaut muslim Tionghoa. Masjid Agung Banten dan toko Persia.

18. Pemandian Air Panas Brumbung

Dusun Tapenas memiliki kawasan yang menarik dan unik, namanya Pemandian Air Panas Brumbung. Menurut cerita lama, banyak warga yang memanfaatkannya sebagai tempat mendapatkan air untuk minum, mandi, dan mencuci pakaian. Mereka kemudian menjadi sakit karena air bisa berubah warna dan rasa.

Sunan Drajat kemudian membantu warga dengan cara menempelkan tongkat di area tersebut. Selain itu, air menjadi jernih dan tidak berasa. Sunan kemudian memerintahkan warga untuk membersihkan kolam tersebut. Karena kejadian tersebut, masyarakat percaya bahwa mandi di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

19. Museum Sunan Drajat

wisata murah di lamongan
foto: https://www.instagram.com/yunisiswandiati/

Sunan Drajat memang menjadi sosok yang terdepan dalam menyebarkan ajaran Islam di tanah Lamongan. Sosoknya sangat dihormati oleh semua orang. Tak heran, beberapa orang mendirikan museum tersebut.

Ada berbagai macam relik di sana. Misalnya, kendang yang digunakan di Masjd Al-Mubarak dibuat pada abad ke-15 dengan bahan kayu cabai atau cabai.

Ada juga chef gamelan pencampur singo. Dulu, Sunan dipukul untuk berbagai acara tertentu. Alquran, kain tenun dengan motif burung phoenix dan singa. Bagian museum ini dibuka pada tanggal 30 Maret 1992.

20. Alun-Alun Lamongan

Tempat wisata di Lamongan terbaru
foto: https://www.instagram.com/arrohmanul_karim/

Tempat wisata di Lamongan ini paling baik digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Luasnya sekitar 4900 meter.

Direnovasi dan baru dibuka pada tanggal 30 Desember 2019. Dilengkapi dengan berbagai macam atraksi khusus untuk anak seperti perosotan, tes ketangkasan.

Ada juga bianglala yang bisa digunakan untuk bersenang-senang bersama anak-anak. Terdiri dari 18 kabin dan dapat menampung hingga 72 orang.

Ada pula taman baca dengan berbagai jenis buku, mulai dari pendidikan hingga novel. Di kawasan ini, berbagai kuliner enak ditawarkan dan dijamin enak.

Baca juga -> 18 Tempat Wisata Terbaru di Banyuwangi

21. Makam Dewi Sekardadu

tempat piknik di lamongan
foto: https://www.instagram.com/fajarhw/

Jejak sejarah Islam di kota Soto tidak akan pernah habis jika terus ditelusuri. Salah satunya adalah Dewi Sekardadu. Dia adalah ibu kandung Sunan Giri. Bangunannya sangat sederhana, berbentuk Joglo, lebarnya hanya 64 meter. Warna bangunan dan keramiknya sama yaitu putih.

Menurut cerita, Ibu Sunan Giri adalah putri raja kerajaan Blambangan. Saat dia kecil dia sakit. Dengan kesepakatan, Maulana Ishaq bisa menyembuhkannya dan menikahi Dewi Sekardadu. Namun, saat dia hamil 4 bulan. Maulana Ishaq diusir dari Kerajaan karena rajanya setengah hati dalam memeluk Islam.

Setelah melahirkan anaknya, akhirnya Dewi Sekardadu memutuskan untuk membuang anaknya ke laut, karena kerajaan penuh dengan bayi laki-laki yang akan dibunuh. Setelah anak itu lari. Dia dan para pengikutnya yang setia memutuskan untuk mencari suaminya. Hingga akhirnya dia singgah di desa Gondang dan meninggal disana.

22. Pantai Lagoen Camporjo

Pantai selanjutnya adalah Lagoen Camporjo yang terletak di Kecamatan Paciran, jarak ke pusat kota kurang lebih 39 kilometer. Ia memiliki pasir dengan butiran yang agak kasar, tepatnya seperti kerikil.

Karena itu, jangan lupa pakai sepatu. Ombaknya yang relatif tenang sehingga cocok untuk berenang atau bermain.

23. Makan Sunan Sendang Duwur

Tempat wisata di Lamongan Jawa Timur ini sering dikunjungi oleh banyak peziarah terutama di bulan Ramadhan. Makam tersebut adalah Sunan Sendang Duwur yang bernama asli Raden Nur Rahmat dan wafat pada tahun 1535. Seluruh area lebih artistik karena Anda dapat melihat bentuk gapura seperti Candi Bentar.

Nuansanya sangat kental Hindu. Keunikan lain dari kawasan ini adalah adanya sumur Sumur Giling. Musim semi dikatakan tidak pernah habis, meski telah diambil alih oleh beberapa generasi. Masyarakat setempat pun percaya bahwa sumur ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membuat awet muda.

24. Gua Maharani

tempat bermain anak-anak di Lamongan
foto: https://www.instagram.com/tiffanyoctavianty/

Objek wisata yang terletak di Pengadilan Negeri Panciran ini konon ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penggali. Keindahan alam stalagmit dan stalaktit memang membuat takjub semua orang.

Lokasinya tidak jauh dari Kebun Binatang Maharani. Itu terlihat mengesankan karena penampilannya yang ringan. Pesonanya sebanding dengan yang ada di Gua Carlsbad Prancis dan Gua Altamira di Spanyol.

25. Wisata bahari di Lamongan

tempat wisata di lamongan
foto: https://www.instagram.com/kecilllllllllllll/

Destinasi terakhir yang masuk dalam rekomendasi kami adalah wisata bahari di Lamongan. Tempat ini menawarkan berbagai macam atraksi yang menarik, seru dan mendebarkan. Cocok untuk kamu yang suka memompa adrenalin. Ada dua jenis permainan, air dan non-air. Lokasinya ada di Jalan Panciran.

Harganya bisa disesuaikan dengan jenis permainannya. Mulai dari Rp. 5 ribu sampai dengan Rp. 200 ribu saja. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat hari kerja atau hari kerja. Karena lokasinya yang agak sepi. Mencoba berbagai jenis wahana pasti menyenangkan.

Review Sebelumnya -> 20 Tempat Wisata Terbaru di Bojonegoro

Ada banyak tempat wisata di Lamongan yang bisa dikunjungi dan dijadikan sebagai destinasi liburan terbaik di Jawa Timur. Anda bisa mengunjunginya satu per satu. Karena banyak pelajaran berharga dan kesenangan bisa didapatkan di sini. Saat disuruh memilih, mau kemana dulu?

Vlog Wisata Kebun Buah Bejen yang baru dibuka



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2021 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply