Tempat wisata di Demak bukan hanya wisata sejarah, lho. Selain itu, kabupaten yang namanya pernah menjadi salah satu kerajaan besar ini juga menawarkan wisata alam dan wisata keluarga.

Seperti kita ketahui bersama, di antara orang Indonesia, terutama orang-orang di luar Jawa, Demak lebih dikenal sebagai kerajaan daripada sebagai kabupaten.

Bukan tanpa alasan ini terjadi karena di meja sekolah Indonesia orang-orang Indonesia memang diperkenalkan ke Demak sebagai salah satu kerajaan Islam yang telah mengalami kemuliaan.

Nah, terlepas dari semua itu, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa informasi tentang beberapa tempat wisata di Demak, Jawa Tengah, yang menarik untuk dikunjungi.

Kami segera menyiapkan daftar lengkap berikut ini khusus untuk Anda:

Tempat wisata di Demak yang wajib Anda kunjungi

Khusus bagi Anda yang tinggal di Kabupaten Demak dan sekitarnya atau yang ingin segera mengunjungi Kabupaten Demak, berikut adalah beberapa tempat wisata di Demak yang dapat Anda coba kunjungi di waktu luang Anda:

1. Masjid Agung Demak

alamat: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak

Masjid Agung Demak via Akarnews

Masjid Agung Demak via Akarnews

Tempat liburan pertama di Demak adalah Masjid Agung Demak. Masjid Agung Demak sebenarnya bukan tempat wisata.

Hanya saja, karena memiliki sejarah panjang dan bentuk yang unik, masjid ini sering dikunjungi wisatawan hanya untuk melihat-lihat, beristirahat, mengambil foto dan tentu saja untuk beribadah.

Menurut data historis, Masjid Agung Demak adalah salah satu peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah yang masih dipertahankan.

Diperkirakan masjid ini berusia berabad-abad. Menariknya, meski sudah "tua", gaya arsitektur masjid ini tetap dipertahankan.

Gaya arsitektur yang digunakan di masjid itu sendiri agak "anti-mainstream".

Alih-alih atap kubah seperti kebanyakan masjid lainnya, masjid ini memiliki bentuk tiga piramida yang khas masyarakat Jawa.

Dilaporkan, penggunaan atap tiga piramida memiliki filosofi, yang merupakan simbol Islam, iman dan Ihsan.

Selain atapnya, masjid ini juga memiliki berbagai bagian bangunan yang tidak kalah menarik. Misalnya di tengah ruangan. Di bagian ini ada 4 pilar guru yang diduga dibuat langsung oleh Wali Songo. Selain itu, ada juga 8 pilar yang menopang teras masjid, hadiah dari Raja Majapahit, ayah Sultan Fatah.

Fitur lain yang tidak kalah menarik untuk dilihat adalah pemesinannya. Menurut cerita yang beredar, operasi ini merupakan pertanda tahun pembuatan masjid ini, di mana intrik dibandingkan dengan angka 1, intrik dibandingkan dengan angka 4, intrik intrik sebagai nomor 0, dan intrik intrik sebagai angka 1, sehingga jika digabungkan 1401 menjadi Saka, tahun di mana masjid didirikan.

Jika referensi dibuat untuk tahun di mana masjid ini didirikan, maka dapat dipastikan bahwa masjid ini adalah masjid tertua di Indonesia.

Lalu bagaimana? Sangat menarik bukan?

Jika Anda tertarik mengunjungi masjid ini, lokasinya ada di desa Kauman, Kelurahan Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Masjid ini terbuka untuk umum 24 jam sehari dan dapat dikunjungi tanpa harus membayar uang.

2. Museum Masjid Agung Demak

alamat: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak

Museum Masjid Agung Demak via Javaloka

Museum Masjid Agung Demak via Javaloka

Setelah mengunjungi Masjid Agung Demak, jangan lupa untuk berhenti di Museum Masjid Agung Demak, yang terletak tepat di sebelah Masjid Agung Demak.

Museum ini adalah salah satu museum agama Islam terlengkap di Indonesia.

Di sini Anda dapat melihat berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan penyebaran Islam di era Wali Songo, seperti drum pertama dari Masjid Agung Demak, pintu asli Masjid Agung Demak, laras Campa , miniatur masjid, serat, buku tulisan tangan para suci, dll.

Selain benda-benda dari era Wali Songo, ada juga lampu dari sisa-sisa Paku Buwono dan Alquran kuno, lengkap dengan 30 juz, yang disimpan dalam kondisi baik.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bentuk bangunan Masjid Agung Demak dari waktu ke waktu, di Museum Masjid Agung Demak Anda juga dapat melihat ilustrasi bangunan Masjid Agung Demak sejak itu. pertama kali didirikan hingga saat ini.

Singkatnya, Museum Masjid Agung Demak tidak terlalu luas. Namun, karena tata ruang yang rapi, museum ini berhasil menampung koleksi benda-benda bersejarah yang cukup besar.

Bagaimana Anda tertarik mengunjungi museum ini?

Maka Anda dapat mengunjungi museum ini setiap hari alih-alih gratis.

3. Makam Sunan Kalijaga

alamat: Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak

Makam Sunan Kalijaga melalui Nasirullahsitam

Makam Sunan Kalijaga melalui Nasirullahsitam

Masih tidak beranjak dari lokasi Masjid Agung Demak, ada tempat lain di jalan-jalan Demak yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu makam Sunan Kalijaga.

Makam Sunan Kalijaga berada di lokasi yang persis sama dengan Masjid Agung Demak.

Anda dapat mengunjungi makam ini untuk berziarah ke makam Sunan Kalijaga, salah satu orang yang berkontribusi paling banyak untuk menyebarkan Islam di Jawa.

Karena jasa yang luar biasa, Sunan Kalijaga sangat dihormati oleh orang Jawa. Ini terbukti dari banyaknya jumlah wisatawan yang melakukan ziarah ke makamnya.

Nah, jika Anda ingin berpartisipasi dalam ziarah ke makam Sunan Kalijaga, Anda dapat mengunjungi kapan saja Anda inginkan tanpa banyak peninggalan.

Jika Anda sudah membawa benda pusaka, Anda harus meninggalkannya di pos keamanan di pintu masuk masjid.

Untuk pintu masuknya sendiri, karena makam ini masih merupakan lokasi dengan Masjid Agung Demak, Anda dapat mengunjunginya tanpa membayar biaya masuk.

4. Makam raja Demak

Alamat: Desa Kauman, Desa Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak

Makam Raja Demak melalui Srikayakoe.wordpresscom

Makam Raja Demak melalui Srikayakoe.wordpress.com

Tempat rekreasi berikutnya di Demak adalah makam Raja Demak. Seperti halnya kerajaan lain (seperti Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta), kerajaan Demak juga memiliki area khusus yang berfungsi sebagai tempat pemakaman bagi raja dan kerabat mereka.

Lokasi makam raja Demak terletak di utara Masjid Agung Demak, di desa Kauman, Demak.

Di lokasi kompleks pemakaman ini ada beberapa makam penting orang di kerajaan Demak, yaitu makam Pangeran Trenggono, makam Raden Patah, makam Syaikh Maulana Magribi, makam Arya Penangsang, dll.

Untuk mencapai lokasi makam raja Demak, setelah memasuki kompleks Masjid Agung Demak Anda bisa berjalan ke serambi untuk mencuci. Di sana Anda akan menemukan dua lorong yang menuju langsung ke Museum Masjid Agung Demak dan mengarah ke kiri ke Makam Raja Demak.

Dengan status kompleks pemakaman raja yang dijaga ketat oleh wali, tempat ini selalu terawat dengan baik.

Kemudian, selain mengunjungi makam raja-raja, Anda juga bisa duduk di paviliun di sini di Paseban, mengunjungi makam Kasepuhan dan Kanoman, dll.

5. Pantai Morosari

alamat: Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak

Pantai Morosari

Pantai Morosari – Tempat wisata di Demak

Seperti yang kami sebutkan di atas, Kabupaten Demak menawarkan tidak hanya kaya akan objek wisata sejarah dan agama, tetapi juga banyak objek wisata alam, termasuk salah satu objek wisata pantai Morosari.

Pantai Morosari terletak di Distrik Sayung.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa hutan bakau yang tertata rapi dan jembatan panjang yang menjorok ke laut.

Ketika Anda mengunjungi pantai ini, ada dua kegiatan wisata yang sangat baik yang dapat Anda lakukan, yaitu di sekitar kawasan hutan bakau dan menikmati matahari terbenam & siang hari.

Selain dua kegiatan wisata utama di atas, Anda juga bisa berburu foto, berenang, bermain air, dan memancing.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah bahwa saat mengunjungi pantai ini Anda tidak dapat bermain pasir di tepi pantai. Alasannya adalah bahwa pantai ini sama sekali tidak memiliki pasir yang dapat digunakan untuk bermain pasir seperti di kebanyakan pantai lainnya.

Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas. Semua persediaan yang Anda butuhkan untuk kegiatan wisata Anda di pantai ini, seperti tempat makan, parkir, ruang sholat, toilet, tempat berlindung, dll., Semuanya tersedia.

Bagaimana Anda tertarik mengunjungi pantai ini? Jika demikian, Anda dapat mengunjungi pantai ini 24 jam tanpa henti kapan pun Anda mau.

Untuk mendapatkan pengalaman perjalanan terbaik, kami sarankan Anda mengunjungi siang hari. Mengapa Karena pada sore hari panorama seringkali lebih indah dan langit juga tidak terlalu panas.

Oh ya, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah penerimaan. Karena biaya masuk ke Pantai Morosari Demak cukup terjangkau, hanya Rp. 5.000 per orang.

6. Hutan bakau dari Morosari

alamat: Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak

Hutan bakau Morosari via Bentengkampus

Hutan bakau Morosari via Bentengkampus

Kami berbicara tentang Pantai Morosari sebelumnya, kan? Nah, tidak jauh dari pantai ada tempat menarik lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu hutan bakau Morosari.

Hutan Mangrove Morosari dan Pantai Morosari sebenarnya adalah dua tempat wisata yang berbeda.

Hanya saja, karena kedekatannya, pengelola kedua tempat wisata ini akhirnya sepakat untuk membuat paket wisata.

Secara umum, hutan bakau Morosari menawarkan daya tarik utama yang tidak berbeda jauh dari kebanyakan hutan bakau di daerah lain.

Di sini Anda dapat berjalan melalui hutan bakau dengan berjalan di jembatan yang tersedia.

Jika Anda beruntung, Anda akan melihat kawanan yang hidup di kawasan hutan ini.

Pada hari-hari normal, hutan bakau Morosari buka 24 jam sehari tanpa henti untuk umum.

Hanya saja, untuk mendapatkan pengalaman wisata yang optimal, kami sarankan Anda mengunjungi tempat ini & siang, terutama jika cuaca cerah / kering.

Pada saat-saat ini, panorama matahari terbenam terlihat lebih jelas dan lebih indah.

Oh dia, karena agak jauh dari lokasi Pantai Morosari, kami sarankan Anda menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi hutan bakau ini. Atau, jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih mengasyikkan, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi perahu tradisional yang ditawarkan oleh banyak penduduk setempat.

Satu hal yang perlu diingat ketika Anda mengunjungi hutan bakau ini adalah untuk selalu mengenakan pakaian sopan dan mereka yang tidak muhrim tidak boleh berpegangan tangan, karena ada kuburan salah satu orang penting yang tidak jauh dari lokasi hutan bakau ini di Demak, yaitu Sheikh Abdullah Mudzakir,

7. Pantai Tirangan

Alamat: Desa Babalan, Kab. Demak

Pantai Tirangan

Pantai Tirangan melalui Inet

Tempat wisata berikutnya di Demak adalah pantai Tirangan. Pantai Tirangan terletak di Desa Babalan, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Seperti Pantai Morosari, pantai ini juga menawarkan daya tarik utama berupa hutan bakau dan jembatan yang menjorok ke laut, perbedaannya adalah Pantai Tirangan memiliki pantai berpasir yang bisa digunakan untuk berjemur, bermain pasir, dll.

Jika Anda menyukai makanan laut, maka Pantai Tirangan adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Alasannya adalah jika Anda datang pada waktu yang tepat, Anda dapat bertemu dengan para nelayan yang baru saja kembali dari memancing.

Nelayan biasanya membawa berbagai ikan segar yang bisa dibeli dengan harga murah.

Seperti sejumlah objek wisata di Demak, Pantai Tirangan juga buka 24 jam non-stop untuk wisatawan umum.

Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah di sore hari, tepat sebelum matahari terbenam.

Oh ya, untuk sampai ke lokasi pantai ini, Anda harus naik perahu. Untuk menyewa Anda harus bernegosiasi dengan pemilik kapal sendiri.

8. Pantai Marina

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kec. Tawang Sari, Kota Semarang

26 Tempat Wisata di Demak Paling Hits yang Wajib dikunjungi saat Liburan

Tempat wisata berikut di Demak adalah Pantai Marina. Pantai Marina terletak di kota Semarang. Ya, pantai ini berada di kota Semarang.

Namun karena keindahannya yang luar biasa dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kab. Demak, pantai ini juga menjadi salah satu keindahan komunitas wisata Demak.

Secara umum, pantai ini menawarkan daya tarik utama yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya.

Garis pantainya cukup panjang dan luas dengan pasir putih bersih dan halus.

Karena kondisi airnya sendiri masih terbilang bersih dan jernih dengan ombak yang tidak setinggi itu.

Karena kondisi alam yang baik, pantai ini diklasifikasikan sebagai salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Demak.

Di akhir pekan banyak orang Demak mengunjungi pantai ini bersama keluarga mereka untuk bersantai setelah seminggu beraktivitas.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di pantai ini cukup banyak. Bermain air, berjemur, bermain pasir, berburu foto, memancing, semuanya mungkin di pantai ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari, tepat sebelum matahari terbenam.

Biasanya saat matahari terbenam ini sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berburu foto.

Beberapa dari mereka juga menggunakannya untuk mengambil foto pre-wedding!

Bagaimana Anda tertarik mengunjungi pantai ini?

Jika demikian, Pantai Marina ada di Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kec. Tawang Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pantai ini buka 24 jam sehari tanpa henti dengan biaya masuk sebesar Rp. 3.000 per orang.

Sangat murah kan?

9. Pusat kerajinan batik

Alamat: Kabupaten Wedung, Kab. Demak

Pusat Kerajinan Batik melalui Handicraft Indonesia

Pusat Kerajinan Batik melalui Handicraft Indonesia

Seperti Jogja dan Solo, meskipun mereka tidak memiliki status sebagai kota Batik, Demak juga memiliki banyak pengrajin batik.

Para pengrajin batik terkonsentrasi di sini di daerah-daerah tertentu.

Jika mau, Anda bisa mengunjungi salah satu pusat pengrajin batik di Kota Wali.

Nantinya Anda tidak hanya bisa melihat proses pembuatan kain batik secara langsung, tetapi juga belajar cara membuat batik yang bagus dan bagus.

Jika mau, Anda juga dapat membeli kain batik, baik untuk penggunaan pribadi atau untuk oleh-oleh dengan harga yang relatif lebih murah daripada di tempat lain.

Oh, dia cuma informasi, kain batik yang diproduksi oleh pengrajin batik di Demak memiliki ciri khas tersendiri, terutama pada motifnya.

Salah satu motif batik khas Demak yang sangat populer di kalangan penggemar batik adalah motif Masjid Agung Demak.

Lalu bagaimana? Apakah Anda ingin datang ke pusat kerajinan batik di Kabupaten Demak?

Jika demikian, Anda dapat mengunjungi Distrik Wedung, Kab. Demak, Jawa Tengah pada hari kerja dan jam kerja.

Jika Anda hanya melihat-lihat, Anda tidak membayar apa-apa. Tetapi jika Anda ingin belajar, ada beberapa pengrajin batik yang menawarkan layanan belajar yang juga membebankan jumlah tertentu.

10. Pusat Kerajinan Kaligrafi

Alamat: Desa Tembiring, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak

Pusat Kerajinan Kaligrafi via inet

Pusat Kerajinan Kaligrafi via inet

Tempat wisata berikut di Demak adalah Pusat Kerajinan Kaligrafi.

Demak memiliki status sebagai kota penjaga dan juga dikenal karena kerajinan kaligrafinya yang luar biasa.

Kaligrafi yang dibuat oleh pengrajin di Demak dikenal karena kualitas dan keindahan bentuk patungnya.

Dikatakan bahwa karena kualitasnya sangat bagus, menurut informasi yang didistribusikan oleh produk kaligrafi dari pengrajin Demak, mereka telah berhasil menembus pasar luar negeri.

Nah, jika Anda seorang penggila atau pengumpul kaligrafi, Anda harus punya waktu untuk mengunjungi Pusat Kerajinan Kaligrafi saat berkunjung ke Demak.

Di sana Anda akan melihat langsung proses pembuatan kaligrafi dari awal hingga akhir dan siap untuk dijual.

Selain itu, Anda juga dapat membeli berbagai jenis kaligrafi dengan harga yang relatif lebih murah daripada harga normal.

Bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk sampai ke pusat kerajinan dan hanya ingin membeli kaligrafi sebagai suvenir, Anda dapat mendekati Masjid Agung Demak, tempat para pengrajin kaligrafi menawarkan karya seni mereka.

Tetapi jika Anda ingin melihat proses pembuatan kaligrafi segera, Anda dapat meluncur ke daerah Kampung Tembiring, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Biasanya, pengrajin kaligrafi bekerja pada hari kerja dari & # 39; pagi-pagi sampai & # 39; larut malam. Tetapi untuk galeri itu akan berfungsi hingga & # 39; malam.

11. Brown Canyon

Alamat: Desa Koban Batur, Kec. Mranggen, Kab. Demak

Brown Canyon melalui Tribunnews

Brown Canyon melalui Tribunnews

Ketika Anda mendengar nama objek wisata ini, apa yang Anda dapatkan pertama kali?

Tur Green Canyon di Amerika, kan?

Ya, objek wisata ini disebut Brown Canyon karena menyerupai penampilan objek wisata Green Canyon di Amerika.

Bedanya, jika Green Canyon kehijauan, Brown Canyon di Demak berwarna coklat. Itu sebabnya nama telah diubah dari "Hijau" menjadi "Coklat".

Di sini Anda melihat panorama alam tebing kecoklatan yang sangat eksotis.

Kabarnya, area tebing di tempat ini dulunya merupakan lokasi penambangan. Kemudian, setelah itu tidak menguntungkan, manajemen akhirnya meninggalkan lokasi tambang. Dan karena sisa-sisa tambang terlihat bagus, wisatawan lokal akhirnya mulai datang sebagai lokasi untuk mengambil foto.

Secara umum, ketika mengunjungi objek wisata ini tidak ada banyak kegiatan wisata menarik yang bisa Anda lakukan. Tetapi jika Anda seorang penggemar fotografi, objek wisata ini sangat cocok untuk Anda.

Tempat ini terbuka untuk umum 24 jam sehari, jadi Anda bisa mengunjunginya kapan pun Anda mau.

Namun demikian, kami sarankan Anda mengunjungi tempat ini, siang sebelum matahari terbenam, untuk mendapatkan panorama terbaik.

12. Kolam renang Polaris Demak

Alamat: Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Demak

Kolam renang Polaris Demak

Kolam renang Polaris Demak

Khusus bagi Anda yang gemar berenang dan bermain air, jangan lupa mengunjungi objek wisata kolam Polaris Demak saat mengunjungi Demak.

Objek wisata ini terletak di Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Demak, Jawa Tengah.

Meskipun memiliki status kolam renang, tempat wisata ini dilengkapi dengan berbagai jenis permainan air yang Anda tahu! Sebut saja slide lurus dan slide berputar. Pengunjung dapat menikmati dua wahana permainan air secara gratis – sama banyaknya.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda tidak perlu khawatir. Mengapa Karena kolam ini sangat ramah keluarga dan anak.

Ini dibuktikan dengan adanya dua jenis kolam renang, yaitu kolam renang khusus untuk orang dewasa dan kolam renang khusus untuk anak-anak.

Oh he, selain menawarkan permainan air, objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap, lho!

Dari kursi, tempat persembunyian, toilet ke masjid, semuanya diurus oleh manajer.

13. Wisata delima dan delima merah muda

Lokasi: desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari dan Mranak

Wisata Agro Belimbing dan Delima via Potensijateng

Wisata Agro Belimbing dan Delima via Potensijateng

Tempat wisata berikut di Demak adalah Belimbing Agro Tourism dan Delima.

Kabupaten Demak tidak hanya terkenal dengan batik dan kaligrafi, tetapi juga sebagai salah satu pusat produksi belimbing dan jambu biji delima merah.

Kabarnya, hasil kebun Jambu Belimbing dan Delima di Kabupaten Demak telah dipasarkan di berbagai wilayah di Indonesia.

Nah, jika Anda mau, Anda dapat mengunjungi bagian dari agrowisata Belimbing dan Pink Delima di Kab. Demak.

Di sana Anda akan melihat langsung proses memanen dan memelihara kebun belimbing.

Anda juga bisa memetik buah sendiri di kebun.

Jika mau, Anda juga bisa membeli buah dari Carambola dan delima merah untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Atau, jika Anda menyukai pertanian, Anda dapat membeli biji belimbing dan jambu delima untuk ditanam di rumah.

Satu hal yang pasti, jika Anda membeli buah atau biji dari pohon belimbing dan jambu delima di Pusat Wisata Agro Belimbing dan Demak Delima Merah, harga yang harus Anda bayar jauh lebih murah daripada jika Anda membelinya di luar Demak.

Bagaimana Anda tertarik mengunjungi tempat ini? Jika demikian, ada beberapa kawasan agrowisata yang bisa Anda kunjungi, yaitu di Desa Wonosari, Desa Tempuran, Desa Mranak, Desa Sidomulyo dan Desa Betotan.

14. Pusat Kerajinan Tambourine

Alamat: Jalan Raya Bonang Demak, Karangmlati, Kabupaten Demak, Kabupaten Demak

26 Tempat Wisata di Demak Paling Hits yang Wajib dikunjungi saat Liburan

Anda tentu akrab dengan rebana, kan?

Baik percaya atau tidak, Kabupaten Demak adalah salah satu pusat kerajinan rebana terbesar di Indonesia.

Jadi jangan lupa untuk berhenti pada kunjungan ke Demak di pusat kerajinan rebana di Karangmlati, Kec. Demak.

Di pusat kerajinan rebana Anda dapat melihat langsung proses pembuatan instrumen rebana dan drum dari awal hingga selesai.

Selain itu, Anda juga bisa mengenal sejarah marawis dan rebana (dalam bentuk fungsi, nama dan filosofi yang disertakan) dari para pengrajin secara langsung.

Jika mau, Anda juga dapat membeli rebana dengan label harga yang miring dengan benar.

15. Kuil Hok Tek Bio

Alamat: Jalan Siwalan No 3, Bintoro, Kec. Demak

Hok Tek Bio-temple via situs wisata-com

Klenteng Hok Tek Bio via ditempatwisata.com

Anda bisa menjadikan candi ini tempat ibadah bagi orang Konghucu sebagai tujuan liburan. Tempat ini cukup unik dan para pendiri dan penatua di kuil ini tidak keberatan dibuka untuk umum.

16. Pantai Istambul Glagah

Alamat: Desa Tambakbulusan, Kabupaten Karangtengah, Demak

Pantai Glagah Wangi Istambul

Pantai Istambul Glagah via Inet

Tempat liburan berikutnya di Demak adalah Pantai Glagah Wangi Istambul.

Glagah Wangi Istambul Beach terletak di Kec. Karang Tengah, tepatnya di desa Tambak Bulusan, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Pantai ini adalah salah satu tempat wisata baru di Demak yang belum populer di kalangan wisatawan.

Meski belum populer, daya tarik pantai ini sungguh luar biasa.

Dibandingkan dengan beberapa objek wisata pantai di daerah Demak lainnya, pantai ini cenderung memiliki ombak yang paling bersahabat untuk keluarga dan anak-anak.

Karena ombaknya yang bersahabat, tepi pantai aman digunakan sebagai tempat bermain pasir dan air.

Sayangnya, karena masih baru, objek wisata ini masih sangat minim fasilitasnya. Bahkan akses jalan menuju lokasinya masih relatif tidak cukup untuk dilewati.

Namun, pantai ini secara umum tergolong sangat layak dan menarik untuk dikunjungi, selama Anda mau dan mampu memenuhi semua kebutuhan Anda (dalam bentuk makanan, minuman, dll.).

Pada hari-hari normal, objek wisata ini terbuka untuk umum 24 jam non-stop.

Untuk memasuki pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk akses.

Yang harus Anda lakukan hanyalah biaya parkir Rp. 7.500 dan Rp. 15.000 per orang (opsional).

17. Pohon air Niagara

Alamat: Petengan Selatan, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak

Niagara Waterboom via Gramhanet

Air pohon Niagara melalui Gramha.net

Selain berbagai kolam renang dan taman air di atas, masih ada berbagai alternatif tempat wisata yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain air di Demak. Tempat wisata semacam itu adalah Niagara Waterboom, yang terletak di Area Petengan Selatan, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Status sebagai taman air, objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai jenis permainan air yang cukup menarik.

Dari kendaraan geser ke tumpangan kue tumpah, semuanya tersedia dan dapat dinikmati oleh pengunjung.

Tempat wisata keluarga di Demak ini biasanya bekerja setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menikmati semua fasilitas yang tersedia. Berikan saja biaya masuk sebesar Rp. 15.000 per orang, Anda dapat menikmati semua fasilitas yang tersedia sesuka hati Anda.

18. Wisata Mangrove Morodemak

Alamat: Desa Purworejo, Kabupaten Bonang, Demak

Wisata Mangrove Morodemak dalam hitungan detik

Wisata Mangrove Morodemak dalam hitungan detik

Wisata Mangrove Morodemak adalah salah satu tempat wisata baru di Demak yang belum terkenal oleh wisatawan.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa hutan bakau yang dikelola sedemikian rupa sehingga ada banyak tempat bagus untuk mengambil foto.

Jika Anda adalah orang biasa yang suka menampilkan foto di Instagram, objek wisata ini sangat bagus untuk Anda.

Lokasi objek wisata Mangrove Morodemak ada di DK. Tambak Pintu, Area Sawah, Morodemak, Bonang, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Pada hari-hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 4 malam.

Karena masih baru, tiket masuk ketika artikel ini ditulis masih gratis.

19. Taman Ria Demak

Alamat: Desa Katonsari Gg. Mawar 1, Kec. Demak, Kab. Demak

Taman Ria Demak melalui polisi nasional

Taman Ria Demak melalui polisi nasional

Taman Ria Demak adalah tujuan wisata keluarga di Demak yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal.

Taman ini menawarkan daya tarik utama berupa taman bermain dan berenang untuk keluarga.

Menariknya, jika sebagian besar taman hiburan lain dibangun dengan gaya arsitektur modern, taman hiburan ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa.

Itulah sebabnya taman ini tidak hanya cocok sebagai tempat untuk berenang dan bermain, tetapi juga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat memotret foto.

Lokasi Taman Ria Demak berada di Desa Katonsari, Gg. Mawar 1, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

20. Tradisi Yunani tentang pasar khas Demak

Alamat: Desa Kadilangu, Demak

Tradisi Grebeg Demak Pasar Khas melalui egokil.blogspotcom

Tradisi Grebeg Demak khas pasar via egokil.blogspot.com

Tradisi Grebekse Pasar sebenarnya bukan tempat wisata.

Karena unik, tradisi ini ditunggu oleh wisatawan, terutama yang dari luar Jawa.

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh pemerintah setempat di bulan Dzul-Hijjah, tepatnya pada Dzulhijjah ke-9.

Implementasi tradisi pasar Grebek akan dimulai dengan prosesi kerucut dari paviliun kabupaten ke area Masjid Agung Demak.

Sesampainya di Masjid Agung Demak, panitia akan mengadakan acara pengajian.

Setelah itu, pengunjung dapat menikmati kerucut Songo yang tersedia di serambi masjid.

Hari berikutnya (Dzulhijah ke 10) program berlanjut ke sesi teratas.

Pada hari itu, Bupati dan stafnya akan didampingi oleh puluhan tentara Patang dari Masjid Agung Demak ke daerah Kadilangu untuk melakukan upacara jamasan.

Upacara Jamasan sendiri merupakan upacara tradisional untuk memandikan peninggalan wali dan kerajaan Demak.

Meski menarik, acara ini sayangnya hanya diadakan setahun sekali. Untuk itu, jika Anda ingin mengikutinya, suka atau tidak, Anda harus datang ke Demak pada Dzulhijjah 9-10 tahun depan.

21 Desa Wisata Tlogoweru

Alamat: Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak

Desa Wisata Tlogoweru melalui Klikalkautsar3.blogspotcom

Desa Wisata Tlogoweru melalui Klikalkautsar3.blogspot.com

Kemudian Anda dapat mengunjungi desa wisata Tlogoweru. Mengapa desa ini menarik untuk dikunjungi? Awalnya petani sangat marah karena hama terhadap tanaman padi di masyarakat.

Akhirnya petani menyapu tulah tikus ini dengan memelihara burung hantu. Tidak tanggung-tanggung, sampai artikel ini diterbitkan, setidaknya 200 burung hantu dipelihara oleh masyarakat.

Dan nampaknya, dengan banyak petani yang memelihara burung hantu ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sini.

Wisatawan dapat melihat berbagai spesies burung hantu di desa Tlogoweru, dan sebagian besar spesies adalah spesies tyto alba. Oh ya, teman, ada juga burung hantu yang tumbuh di sini.

22. Pantai Surodadi

Alamat: Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak

Pantai Surodadi via imgrum-net

Pantai Surodadi via imgrum.net

Objek wisata berikutnya di Demak adalah pantai Surodadi. Nama pantai ini berasal dari nama desa ini dan memiliki hutan bakau yang menarik yang bisa kita kunjungi.

Anda akan dimanjakan oleh hutan bakau hijau yang sejuk. Sempurna untuk memasukkan waktu liburan Anda.

Pantai Surodadi cukup sepi dan memiliki garis pantai yang bergulir, sehingga sangat menyenangkan untuk bermain pasir atau mengejar.

23. Kedungmutih Pengurangan ekowisata

Alamat: Desa Kedungmutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak

Ekowisata Reduksi Kedungmutih via Youtube

Ekowisata Reduksi Kedungmutih via Youtube

Objek wisata berikutnya di Demak adalah Reduction Ecotourism (Rumah Pendidikan Silvofishery). Ekowisata ini adalah objek wisata alam dan pendidikan dalam bentuk hutan bakau mini.

Awalnya ekowisata ini merupakan tempat untuk membibitkan tanaman bakau, namun seiring berjalannya waktu dikembangkan menjadi ekowisata yang menarik bagi kita sambangi.

Disini Anda bisa melacak pelacakan yang sengaja dibuat oleh pengelola. Jalur ini memiliki beberapa spot selfie kekinian yang akan membuat acara narsismu semakin maksimal. Ada backgroud love, kupu-kupu, hingga papan tulisan dengan kata-kata yang unik.

24. Desa Wisata Banyumeneng

Alamat: Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak

Desa Wisata Banyumeneng via Kcdnews

Desa Wisata Banyumeneng via Kcdnews

Tempat wisata di Demak selanjutnya adalah desa wisata Banyumeneng yang menawarkan keindahan panorama ala dari ketinggian.

Anda bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian perbukitan, karena memang desa ini berada di wilayah perbukitan.

Anda jua bisa mencoba olahraga yang menguji adrenalin berupaya paralayang yang menantang. Oh ya, untuk mencoba olahraga menantang ini, kamu yang masih pemula bisa didampingi instruktur kok.

Selain menikmati keindahan alam dan mencoba olahraga yang memicu adrenalin kamu juga bisa mengunjungi pasar tumpah yang diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu.

25. Alun-alun Simpang Enam Demak

Alamat: Jalan Sultan Fatah No. 41, Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak

Alun-alun Simpang Enam Demak via Twitter

Alun-alun Simpang Enam Demak via Twitter

Alun-alun Demak juga bisa kamu jadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan lho. Alun-alun yang berada di pusat kota Demak ini menjadi tempat nongkrong favorit anak-anak muda.

Lokasinya yang berhadapan dengan Masjid Agung ini sering dijadikan lokasi event-event besar juga. Tempatnya yang luas membuat orang senang kumpul-kumpul di alun-alun ini. Kalau malam hari, kamu bisa menikmati berbagai kuliner plus hiburan air mancur menari yang unik.

26. Taman Love

Alamat: Jalan Raya Welahan Km. 33, Cangkring, Desa Mulyareja, Kab. Demak

Taman Love via Youtube

Taman Love via Youtube

Taman love ini merupakan taman yang dibuat oleh anak-anak muda kreatif guna memanfaatkan lahan kosong yang tidak terkelola dengan baik.

Berkat sentuhan tangan kreatif, lahan kosong ini kemudian disulap menjadi spot kekinian yang kece abis. Taman ini dilengkapi dengan ayunan, gardu pandang, gazebo, dan kolam. Walaupun sederhana, namun tempat ini tidak kalah kecenya dengan spot wisata lainnya lho.

*****

Demikianlah ulasan mengenai daftar tempat wisata di Demak yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi rekreasi anda selanjutnya.

Mari kita juga melihat: Keindahan candi Semarang Gedong Songo

Leave a Reply