Tempat wisata di Bireuen – Bireuen adalah sebuah kabupaten di provinsi Nangroe Aceh Darusaalam. Bireuen juga memiliki modal dengan nama yang sama dengan kabupaten. Lokasi Bireuen berjarak sekitar 223 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh.

Meskipun nama Bireuen masih belum seterkenal kabupaten lain di Aceh, tampaknya kabupaten ini menawarkan keindahan alam yang mengejutkan. Tentu saja keindahan alam dapat ditemukan ketika mengunjungi tempat-tempat wisata di Bireuen.

Selain memiliki keindahan alam, Bireuen juga menawarkan pesona budaya, variasi kuliner hingga keramahan penduduk yang pasti akan membuat perjalanan liburan Anda di Bireuen semakin seru dan menyenangkan.

Bagi mereka yang suka bepergian, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Bireuen. Terutama saat bepergian untuk menjelajahi Aceh, Anda tidak diperbolehkan mengunjungi Bireuen.

Biruen menawarkan surga keindahan alam yang memanjang dari wisata air terjun, wisata pantai hingga perjalanan sungai. Selain beberapa tempat wisata ini, tentu saja ada banyak keindahan yang bisa Anda temukan di Bireuen. Di bawah ini adalah gambaran umum dari daftar tempat-tempat wisata di Bireuen yang menarik untuk dikunjungi selama liburan ke Aceh.

Mari kita juga melihat: Daftar objek wisata terbaru di Sabang

Tempat wisata di sebagian besar kunjungan Bireuen

Anda tentu tidak sabar untuk menjelajahi Bireuen, bukan? Segera di sini ada daftar tempat wisata di Bireuen yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi:

1. Nikmati kealamian air terjun Ceuraceu

Lokasi: Desa Samagadeng, Pandrah, Bireuen

Air Terjun Ceuraceu via Steemitcom

Air terjun Ceuraceu melalui Steemit.com

Objek wisata pertama di Bireuen adalah air terjun Ceuraceu di desa Samagadeng, Pandrah, Bireuen. Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota Bireuen. Tidak berbeda dengan air terjun pada umumnya, objek wisata ini menawarkan keindahan alam dan keindahan luar biasa.

Ketika Anda mengunjungi air terjun ini, Anda dapat menikmati suara air yang jatuh di tebing. Anda bisa bermain air di bawah air terjun atau di kolam renang yang pastinya akan memberikan perasaan segar dan sejuk.

2. Pantai Peuneulet Baroh

Lokasi: Desa Peuneulet Baroh, Distrik Simpang Mamplam, Bireuen

Peuneulet Baroh Beach melalui Ardigaleri.wordpresscom

Peuneulet Baroh Beach melalui Ardigaleri.wordpress.com

Objek wisata berikutnya, pantai Peuneulet, adalah salah satu pantai terindah di daerah Bireuen. Karena pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dan mempesona. Tidak heran pantai ini telah menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Bireuen.

Air laut biru jernih dan pasir putih yang indah di pantai pasti akan memanjakan mata Anda. Ombaknya yang cukup besar juga membuat pantai ini sering digunakan untuk berselancar.

Jika Anda penasaran dengan keindahan Pantai Peuneulet Baroh, datanglah ke Desa Peuneulet Baroh, Distrik Simpang Mamplam atau sekitar 38 kilometer dari pusat Kota Bireuen. Pesona keindahan pantai ini tentu bukan sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda datang ke Bireuen.

3. Pantai Kuala Raja

Lokasi: Desa Kuala Raja, Distrik Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh

Pantai Kuala Raja via Steemitcom

Pantai Kuala Raja melalui Steemit.com

Berikut ini masih terkait dengan wisata pantai di Bireuen, yaitu pantai Kuala Raja. Dimana pantai ini adalah salah satu yang paling indah, indah dengan panorama alamnya yang eksotis.

Pesona pantai Kuala Raja bahkan lebih mencengangkan dengan keberadaan pulau-pulau kecil di mulut sungai. Bagi Anda yang menikmati wisata bahari, pantai Kuala Raja ini adalah jawaban yang tepat untuk memanjakan Anda.

Jika Anda berangkat dari kota Bireuen, jarak dari pantai adalah sekitar 5 kilometer. Tentu saja, lokasinya dekat dengan Anda juga dapat melakukan perjalanan dengan transportasi umum.

Selain panorama alam yang indah ini, Anda juga bisa melihat berbagai penyu di pantai ini bertelur di malam hari. Tentu saja keunikan ini membuat pantai Kuala Raja sesekali lebih ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk menikmati berbagai atraksi di pantai ini, wisatawan cukup membayar tiket masuk Rp. 5.000 saja. Oh ya, ada juga taman bermain anak-anak, lho. Jadi liburan bersama anak menjadi lebih seru.

4. Pantai Krueng pada bulan Juli dan Ujong Blang

Lokasi: desa Ujong Blang dan Krueng Juli, Kuala, Bireuen

Pantai Krueng Juli dan Ujong Blang melalui Suara1996.blogspot

Pantai Krueng July dan Ujong Blang via Suara1996.blogspot.com

Jika Anda mengunjungi Bireuen, Anda akan dimanjakan oleh keindahan pantai, termasuk yang ada di Pantai Krueng Juli dan Ujong Blang.

Pantai-pantai di desa Ujong Blang dan Krueng Juli, Kuala, Bireuen diberi nama sesuai desa tempat pantai itu berada. Saat Anda mengunjungi pantai ini, Anda bisa melihat garis pantai yang begitu panjang dan lebar.

Keindahan akan terasa lebih sempurna dengan deretan ombak. Juga di pantai ini ada fasilitas yang cukup untuk membuat wisatawan nyaman, sehingga liburan ke pantai ini dijamin lebih tak terlupakan.

5. Pemandian Batee Iliek

Lokasi: Kecamatan Samalanga

Pemandian Batee Iliek via headerimaging.blogspot

Batee Iliek Baths melalui headerimaging.blogspot.com

Selain wisata pantai, Bireuen juga menawarkan wisata berenang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah pemandian Batee Iliek yang menawarkan kesegaran alami dan suasana yang sangat menyenangkan. Tidak heran pemandian ini adalah salah satu yang menakjubkan dan sangat populer di kalangan wisatawan.

Sementara di pemandian ini Anda bisa melihat pemandian yang dihiasi bebatuan dengan ukuran berbeda. Anda juga melihat alam yang hijau dan memberi kesan sangat dingin di pemandian.

Anda harus tahu bahwa pemandian Batee Iliek juga tidak jauh dari objek wisata Air Terjun Samalanga karena lokasinya di kecamatan Samalanga.

6. Istilah Pantai

Lokasi: MASJING TERMOSAL, TERMINAL, Kabupaten Bireuen

Term Beach melalui Tribunnewscom

Term Beach melalui Tribunnews.com

Masih soal wisata pantai di Bireuen, kali ini Anda juga bisa mengunjungi Term Beach. Pantai ini sangat sibuk dengan wisatawan, terutama ketika liburan tiba.

Jika Anda penasaran dengan pantai TERRA, datanglah ke desa masjid TERRA, TERRA, Bireuen. Pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang indah, tetapi juga pohon-pohon pinus di sekitar pantai yang menambah kesan sejuk.

Selain pasir pantai yang bergulung dan angin, suasana di Term Beach semakin membuat Anda semakin betah. Biasanya di dekat pantai Term ada banyak pedagang yang mudah menjual air kelapa, salad Aceh hingga jenis makanan ringan lainnya.

Ini membuat area Term Beach menjadi tempat pertemuan yang cocok. Biaya masuk ke Term Beach cukup terjangkau dengan IDR 5.000 per orang. Istilah pantai dapat memberikan Anda suasana yang tenang, sehingga sangat cocok untuk bersantai.

7. Air terjun Samalanga

Lokasi: Desa Alue, Distrik Samalanga, Distrik Bireuen, Aceh

Air terjun Samalanga via Steemitcom

Air terjun Samalanga via Steemit.com

Air Terjun Samalanga dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan indah. Lokasi air terjun ini memang tersembunyi dan menawarkan pesona luar biasa.

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun ini, datanglah ke Desa Alue, Distrik Samalanga. Tetapi untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melakukan pendakian melalui hutan berbukit. Dibutuhkan setidaknya 1,5 jam untuk mencapai air terjun.

Selain menemukan air terjun, Anda akan melihat bebatuan unik di daerah ini dan beberapa bahkan dalam bentuk piramida. Meskipun Anda harus melakukan perjalanan yang panjang dan panjang, pertempuran terbayar ketika Anda melihat keindahan air terjun Samalanga.

Selain menikmati pemandangan, Anda bisa berenang di kolam di bawah air terjun. Bentuk air terjun yang miring ini ternyata menjadi keindahan tersendiri bagi wisatawan yang datang ke air terjun Samalanga.

8. Krueng Simpo

Lokasi: Jalan Negara Bireuen-Takengon atau 18 km selatan kota Bireuen

Krueng Simpo via Panoramiocom

Krueng Simpo melalui Panoramio.com

Krueng Simp atau Sungai Simpo adalah salah satu pilihan tujuan wisata yang dapat Anda kunjungi di Bireuen. Biasanya sungai ini sering digunakan sebagai tempat bersantai di akhir pekan atau hari libur.

Apalagi Anda bisa mandi atau berenang di sungai ini karena juga merupakan lokasi pemandian. Sungai Simpo memiliki sungai dengan lingkungan alami dan hijau sejuk.

Sungai ini juga berbatu-batu, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai. Fasilitas di sekitar sungai juga tergolong lengkap, mulai dari toilet, kamar mandi, penjual makanan dan minuman.

9. Pantai Calok Samalanga dan Mamplam

Lokasi: Desa Calok, Kecamatan Pandarah, Bireuen

Calok Samalanga Beach dan Mamplam via Wisatadirektoricom

Pantai Calok Samalanga dan Mamplam melalui Wisatadirivitas.com

Pantai ini berada di unit Radar Angkatan Udara, jadi tidak mengherankan jika cukup tertutup. Namun tidak ada salahnya melakukan perjalanan di pantai ini sambil melakukan berbagai kegiatan menarik mulai dari memancing, berenang, snorkeling dan menyelam.

Ketika Anda tiba di Calok Samalanga dan Pantai Mamplam, Anda akan dimanjakan oleh keindahan alam dan udara segar. Hamparan pantai yang luas dikombinasikan dengan bebatuan dan bukit tentu akan menjadi perpaduan yang sangat menarik dari tempat-tempat wisata.

Jika Anda ingin menjelajahi pantai ini, sewalah perahu nelayan di pantai. Saat Anda berada di tengah laut, Anda bisa melihat keindahan terumbu karang di dasar laut. Terumbu karang juga merupakan habitat bagi ikan kecil, sehingga terlihat lebih menakjubkan.

10. Ulee Kareung

Lokasi: Desa Ulee Kareung, Kec Persimpangan mamplam, Bireuen

Ulee Kareung via Portalsatu

Ulee Kareung via Portalsatu.com

Tempat wisata berikutnya di Bireuen adalah Ulee Kareng. Di mana Ulee Kareung adalah sebuah desa yang terletak di pantai. Pemandangan laut yang indah seolah masih tersembunyi, membuat wisatawan semakin penasaran untuk mengunjunginya.

Ulee Kareung memiliki pantai yang masih asli dan dataran luas yang dihiasi oleh ombak bergulir. Para nelayan biasanya melihat bolak-balik ke laut di pantai ini. Wisatawan yang datang ke pantai ini dapat bersantai atau bermain air.

Ketika sore tiba, suasana di Ulee Kareung lebih eksotis dengan pemandangan matahari terbenam. Juga jangan lupa untuk menikmati kopi Aceh yang biasanya ditawarkan oleh banyak kedai kopi di sekitar pantai Ulee Kareung.

11. Rumoh Teungku Chik di Awe Geutah

Lokasi: Gampong Awe Geutah Peusangan Siblah Krueng, Bireuen

Rumoh Teungku Chik di Awe Geutah via Visitacehdarussalam.blogspot

Rumoh Teungku Chik di Awe Geutah via Visitacehdarussalam.blogspot.com

Jika Anda mengunjungi Bireuen, jangan lewatkan wisata bersejarah Rumoh Tengku di Awe Geutah. Tempat wisata ini adalah peninggalan Tengku Chik Abdurrahim yang adalah pendeta yang sangat terkenal di daerah Bireuen.

Rumah ini diperkirakan berumur 500 tahun dan memiliki nilai sejarah yang berasal dari abad ke-13. Rumoh Tengku di Awe Geutah menawarkan keunikan dalam hal ukiran yang unik dan barang-barang unik dan antik.

Ketika Anda memasuki Rumoh Tengku, Anda dapat merasakan suasana yang berbeda dan seolah itu membawa Anda kembali ratusan tahun yang lalu. Karena banyak benda-benda antik ditemukan, tempat wisata ini juga menjadi lebih sibuk dengan wisatawan.

12. Air terjun Le Rhop

Lokasi: Desa Rhe Ie, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen

Air terjun Le Rhop via IG @skin_tajan

Air terjun Le Rhop via IG @skin_tajan

Tempat wisata berikutnya yang dapat Anda kunjungi saat berada di Bireuen adalah Air Terjun Le Rhop. Dimana air terjun ini sering dikenal sebagai air terjun multi-level yang menawarkan udara terbuka dan pemandangan alam yang tidak kalah menarik.

Lokasi air terjun ini berada di desa Le Rhop, Distrik Samalanga. Bireuen. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus berjalan sekitar 2 jam. Tapi perjalanan terbayar jika Anda menyaksikan keindahan air terjun multi-level yang sangat jernih.

Air terjun yang cepat dikombinasikan dengan alam yang sangat hijau di sekitarnya pasti akan menenangkan pikiran Anda dan untuk sementara waktu melupakan hal-hal yang membuat Anda lelah.

13. Air Terjun Piramida

Lokasi: Desa Alue Barat, Kecamatan Samalanga, Bireuen

Air Terjun Piramida melalui Acehtimecom

Air Terjun Piramida melalui Acehtime.com

Jika Anda mengunjungi Bireuen, terutama di kecamatan Samalanga, jangan lewatkan air terjun piramida. Karena air terjun ini memiliki bentuk unik yang terlihat seperti piramida, maka tidak heran jika air terjun ini sering disebut air terjun piramida.

Keindahan air terjun dalam kombinasi dengan lingkungan alam yang indah dan tanaman hijau tentu akan berkontribusi pada suasana yang akan membuat Anda merasa di rumah di air terjun ini untuk waktu yang lama.

14. Tempat tidur Panglima

Lokasi: Desa Suka Tani, Kecamatan July, Bireuen

Komandan Cot melalui Steemkrcom

Komandan Cot melalui Steemkr.com

Tempat wisata Cot Panglima atau Puncak Pangliam adalah objek wisata di distrik Juli atau terletak pada kilometer 29 dari jalan Bireuen – Takengon. Puncak Panglima biasanya digunakan sebagai tempat istirahat oleh pengguna jalan.

Ketika Anda berada di puncak ini, Anda melihat panorama alam yang indah dan udara sejuk. Namun agak disayangkan, karena daerah ini agak berubah karena pelebaran jalan oleh pemerintah.

Bahkan, bukit ini pernah dihancurkan oleh pasukan KNIL Belanda saat ekspedisi ke Tanoh Gayo.

15. Pantai Laot Lapang

Lokasi: Desa Lingka, Gandapura, Bireuen

Pantai Laot Lapang via Suara1996.blogspotcom

Pantai Laot Lapang via Suara1996.blogspot.com

Bireuen tampaknya menghadirkan keindahan tanpa henti dari tempat-tempat wisata bahari, termasuk Pantai Laot Lapang. Pantai ini terletak di desa Lingka, Gandapura, Bireuen.

Pantai ini adalah salah satu objek wisata utama di Bireuen yang dapat Anda kunjungi, terutama di akhir pekan atau hari libur nasional. Tetapi jika Anda menginginkan suasana yang lebih tenang, datanglah pada hari kerja.

Akses ke Pantai Laot Lapang cukup mudah, jadi Anda tidak perlu khawatir. Ketika Anda berada di pantai ini, Anda melihat ombak di lautan luas dan pepohonan di pantai yang memberikan perasaan sejuk.

Ada juga bebatuan di dekat pantai yang akan memberikan keindahan ketika Anda mengunjungi pantai ini.

16. Pantai Reuleng Manyang

Lokasi: Kecamatan Pandrah, Bireuen

Pantai Reuleung Manyang via Steemit

Pantai Reuleung Manyang via Steemit.com

Jika Anda mengunjungi Bireuen, jangan lewatkan wisata bahari, termasuk Pantai Reuleng Manyang. Pantai di Kecamatan Pandrah memang sangat indah dan tidak kalah menarik dari pantai lainnya di Bireuen.

Unik di sekitar pantai ini tidak ada banyak pantai berpasir. Namun banyak tebing dan bebatuan yang menambah eksotisme ke kawasan pantai ini. Air laut kehijauan yang dihiasi ombak memecah tebing pantai membuat perjalanan liburan Anda di pantai ini semakin menyenangkan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Reuleng Manyang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi karena akses ke jalan cukup mudah.

Jangan lewatkan: 18 Objek wisata terbaru di Lhokseumawe Aceh

Objek wisata kuliner di Bereun

Oh ya sobat, setelah Anda menyela berbagai tempat wisata di Bireun di atas, Anda harus lelah dan lapar, yah, untuk menopang perut Anda yang sudah main-main, di sini kami merekomendasikan tempat wisata kuliner di Bereun yang bisa Anda kunjungi:

17. Sate matang yang khas

area: Kota Matang Geuleumpang, Kabupaten Bireuen

Mate Satay via Kemanaajaboleeh

Mate Satay via Kemanaajaboleeh.com

Sate matang ini tidak kalah dengan sate Padang. Satire matang dari Bireuen memiliki rasa yang khas. Sate yang dijual memiliki saus kacang yang unik, lengkap dengan porsi kaldu seperti gule yang sangat lezat dan siap untuk Anda coba lagi. Silakan kunjungi daerah tersebut Kota Matang Geuleumpang, Kabupaten Bireuen,

18. Bireuen Periksa Bakpao Mie

Bakpao Mie Periksa Bireuen melalui Travellingyukcom

Bakpao Mie Periksa Bireuen melalui Travelingyuk.com

Selain sate, Anda juga harus mencoba mie pangsit. Mie pangsit ini diproses dengan bumbu khusus, lengkap dengan topping ayam, irisan daun bawang, sawi hijau dan tauge yang pertama kali dimasak. Anda tidak diminta untuk mencicipi, Anda tambahkan lagi sampai Anda puas.

19. Membintangi kopi hitam

Lokasi: Jl. T. Hamzah di depan Paviliun Bireun Aceh.

20. Mie Apilin Pangsit

Lokasi: 0,81 km dari Kota Juang, lebih tepatnya terletak di Bireuen di seberang Gereja Metodis Bireun di Aceh.

21. Bireuen Partee

Lokasi: 1.93 KM dari Kota Juang, Jl. Bireuen – Takengon Km. 1.2 Cot Meurak Bireun Aceh.

22. Ayam Lepaas

Lokasi: 0,91 KM dari Kota Juang, Jl. Medan – Banda Aceh, Pulo Ara Bireun Aceh.

23. Kopi. Dalam

Lokasi: 1,23 km dari Kota Juang, Jl. Bendahara T. Hamzah, Bireun Aceh.

24. Warung Habiby

Lokasi: 1,16 km dari Kota Juang, di Jalan Gayo Alun Alun Kota Juang Bireuen Bireuen NAD.

25 Chobbless Resto & Cafe

Lokasi: 1,23 km dari Kota Juang, Jl. T. Hamzah Bendahara Jl. BIREUEN RUMAH SAKIT FAUZIAH Bireun Aceh.

26. Bengkupi

Lokasi: 0,44 km dari Kota Juang, Jl. Medan-B. Acce. Geulanggang Bireuen

27. Kedai Kopi UK 88

Lokasi: 1,22 km dari Kota Juang, Jl. T. Hamzah Bendahara No.27-29 Depan Aula Bupati Bireun Aceh.

****

Sekian ulasan tempat wisata di Bireuen yang bisa menambah referensi Anda untuk berlibur. Jika Anda berencana bepergian atau berlibur ke Aceh, singgahlah di Bireuen, yang pasti akan menawarkan tempat wisata terbaik. Selain itu, keindahan alam yang masih sangat alami memberi Anda perasaan dimanjakan oleh keindahan alam yang menakjubkan.

Jangan lewatkan: Tempat wisata di Aceh Utara

Leave a Reply