Liburan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang karena merupakan waktu yang tepat untuk bersantai. Ada beberapa tempat wisata di Nganjuk yang menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga, teman atau sendiri.

Nganjuk adalah sebuah kota yang termasuk dalam provinsi Jawa Timur. Tempat ini menyimpan kekayaan alam yang sangat indah dan objek wisata yang menarik, mulai dari situs sejarah hingga cagar budaya. Eksotisme kota yang disebut juga dengan Kota Angin ini akan memukau wisatawan dan membuat mereka betah berlama-lama. Anda yang ingin ke Nganjuk tentunya harus mengunjungi beberapa destinasi favorit masyarakat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Nganjuk yang harus ada dalam daftar kunjungan kapal pesiar Anda selanjutnya:

1. Air Terjun Sedudo

tempat wisata di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/deajenglarasati/

Menghabiskan waktu liburan tidak akan pernah gagal ketika Anda mengunjungi tempat wisata alam. Air terjun Sedudo menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan pemandangan yang eksotis dan suasana yang asri.

Tempat yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri karena lokasinya yang sering menjadi tempat pelaksanaan ritual bulan Suro oleh masyarakat dan pengunjung. Ini menambah nilai sakral, namun wisatawan tetap bisa menikmatinya.

Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut, jadi jangan heran jika kondisinya sangat dingin. Wisatawan bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di tempat yang asik atau sekedar menikmati indahnya suasana di sini.

2. Bukit Songgong Watu

jalan-jalan di nganjuk

Foto: https://www.instagram.com/hannsamuyama/

Bagi Anda yang menyukai alam dan ketinggian, Anda harus mencoba datang ke bukit Songgong ini. Pemandangan yang indah dipagari dengan deretan perbukitan, pegunungan dan kota Nganjuk yang terlihat kecil dari kejauhan.

Bukit Watu Songgong, seperti namanya, memiliki keunikan berupa bebatuan yang tersusun. Lokasi tempat ini langsung berada di lereng Gunung Wilis yang memberikan kesan sejuk.

Pemandangan hijau yang disajikan akan menyegarkan mata Anda. Jangan lupa untuk mengambil foto yang bagus di spot-spot foto yang mengusung konsep kekinian.

3. Air Terjun Sumber Manik

tur malas
Foto: https://www.instagram.com/davidksdt/

Air terjun Sumber Manik terletak di desa Blongko, Kec. tidur sebentar. Dengan ketinggian sekitar 35 meter Anda mendapatkan suguhan air terjun bebas yang menciptakan keindahan tersendiri.

Warna air di Sumber Manik memiliki warna yang kontras. Air putihnya yang terlihat serasi, berpadu dengan segarnya hijaunya pepohonan di sekitar membuat pemandangan menjadi eksotis.

Panorama alam ini dulunya merupakan tempat pertapaan Damarwulan dari kerajaan Majapahit. Untuk menuju Air Terjun Sumber Manik juga membutuhkan perjuangan dan tantangan, namun semuanya terbayar lunas saat tiba.

4. Kuil Dewa

tempat wisata di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/asli.nganjuk/

Anda bisa memulainya dengan pilihan wisata sejarah dengan mengunjungi Candi Lor. Ini adalah situs yang mengandung nilai sejarah asli karena pemerintah tidak pernah menyentuhnya sehingga tetap indah dan asri.

Candi Lor merupakan candi tertua di kota Nganjuk. Dengan begitu, pecinta wisata sejarah harus datang dan melihat langsung sisa-sisa peradaban kuno ini.

Keindahan dan keunikan Candi Lor bisa Anda abadikan dengan kamera. Untuk mengenang momen tersebut, wisatawan juga bisa berfoto di spot-spot yang bagus, seperti area akar pohon.

5. Air Terjun Roro Kuning

air terjun roro kuning
Foto: https://www.instagram.com/vfs_project/

Masih dengan suasana alam yang sejuk dan menyegarkan, Anda bisa datang ke air terjun Roro Kuning. Suasana asri dan suara gemericik air memberikan perasaan yang menenangkan pikiran.

Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun atau memilih piknik bersama keluarga atau teman. Ada sejumlah fasilitas yang bisa Anda gunakan seperti gazebo, kolam renang dan lain-lain.

Lokasi tempat wisata alam Air Terjun Roro Kuning berada di Desa Bajulan Kecamatan Loceret. Selain berfoto-foto keren, wisatawan juga bisa pergi ke penangkaran rusa untuk melihat lebih dekat hewan yang satu ini.

6. Candi Ngetos

Candi Ngetos
Foto: https://www.instagram.com/irwanfirmino98/

Rekomendasi wisata di Nganjuk Jawa Timur selanjutnya adalah Candi Ngeos. Situs sejarah dari kerajaan Majapahit ini menawarkan cerita yang tidak pernah hilang dari waktu ke waktu dan dilestarikan sampai sekarang.

Candi Ngetos terletak di Jalan Raya Ngetoss, Selopuro, Kecamatan Ngetos. Pada zaman dahulu, tempat ini merupakan bangunan peristirahatan Raja Haya Wuruk untuk terakhir kalinya.

Para wisatawan dapat mengambil gambar dari berbagai sudut candi yang terlihat tidak berubah dan tetap kokoh. Selain itu, untuk bisa datang ke Pura Ngeos tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

7. Putri Musim Semi Wilis

Putri Musim Semi Wilis Wil
Foto: https://www.instagram.com/infathoni/

Destinasi refreshing berikutnya adalah Sendang Putri Wilis. Suara gemericik air akan menenangkan tubuh dan pikiran sehingga bisa melepas penat sejenak.

Keindahan pemandangan semakin terasa melalui deretan pepohonan hijau yang asri dan menyejukkan mata. Bagi pecinta fotografi, Anda bisa berfoto dengan angle yang bagus.

Suasana musim semi yang asri dan sejuk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau orang tersayang. Lokasinya berada di Desa Ngliman, Sawahan dan tidak sulit untuk menuju ke sana karena banyak papan petunjuk.

8. Goa Margo Tresno

Gua Margo Tresno
Foto: https://www.instagram.com/april_yulius18/

Bagi Anda yang masih ingin menjelajahi benda-benda bersejarah, ada baiknya mengunjungi Gua Margo Tresno. Selain menyimpan cerita sejarah penting, goa ini juga memiliki keindahan yang bagus.

Terletak di distrik Ngluyu, Anda akan disuguhi pemandangan indah dan asri yang menciptakan suasana sejuk. Gua Margo Tresno juga memiliki sisi magis yang membuat para pengunjung terpacu adrenalinnya saat memasuki lorong gelap.

Tempat Goa Margo Tresno yang terletak di tengah hutan belantara memberikan kesan mistis dan sakral. Suasana yang asri bisa menjadi tempat untuk menenangkan pikiran dan melepaskan penat sejenak.

Kunjungi juga -> Tempat Wisata di Tegal yang sangat bagus untuk anda kunjungi dan temukan keseruannya.

9. Monumen Jenderal Sudirman

Monumen Jenderal Sudirman
Foto: https://www.instagram.com/lupiana137/

Tempat bernilai sejarah selanjutnya adalah Tugu Jenderal Sudirman. Pengunjung dapat menyaksikan patung pahlawan yang gagah berani dan pemandangan alam yang indah, bersih dan tertata rapi.

Monumen ini memiliki daya tarik tersendiri karena kisah sejarah dimana para pahlawan berperang melawan penjajah. Oleh karena itu, objek ini menjadi objek yang paling banyak dikunjungi ketika Anda datang ke Nganjuk.

Wisatawan bisa berfoto atau selfie. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, antara lain parkir, kamar mandi, mushola, restoran dan masih banyak lainnya.

10. Pura Kerta Bhuwana

tempat wisata terbaru di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/dindaynrt_/

Pilihan wisata di Nganjuk yang bertema budaya adalah Pura Kerta Bhuwana. Destinasi ini memiliki daya tarik tersendiri karena keindahan bangunan candi dan suasana sekitarnya yang menawan.

Tempat wisata ini menjadi salah satu favorit wisatawan saat berkunjung ke Nganjuk. Maka tidak heran jika di awal musim liburan banyak pengunjung yang datang dari berbagai kota lain bahkan dari luar negeri.

Lokasi menuju Pura Kerta Bhuwana yang terletak di Dusun Cukrik, Desa Bajulan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Aksesnya juga mudah dengan sejumlah petunjuk arah atau penunjuk arah.

11. Museum Pertanian Anjuk

Museum Pertanian Anjuk
Foto: https://www.instagram.com/chalsyess/

Berbicara tentang wisata sejarah tidak lengkap tanpa membahas museum. Di Nganjuk terdapat Museum Anjuk Ladang, tempat menyimpan artefak sejarah.

Wisata museum semakin hari semakin antusias. Bahkan, Anda dapat menemukan hal-hal unik dan menarik dari masa lalu sehingga tidak hanya belajar, tetapi juga rekreasi edukatif.

Beberapa temuan benda masa lalu di Kota Nganjuk tertata rapi dan tersimpan di Museum Anjuk Ladang. Beberapa koleksinya antara lain arca, arca, prasasti, guci, wayang kulit, jam dan lain-lain yang berisi informasi sejarahnya.

12. Taman WIlis Pandan

kebun pandan willis
Foto: https://www.instagram.com/umi_kulsum4073/

Bagi anak muda, Taman Pandan Wilis merupakan objek wisata yang populer di Nganjuk, dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga dan bersantai. Itu sebabnya pengunjung selalu datang terutama saat masa liburan.

Suasana di taman ini sangat sejuk dengan semilir angin yang sepoi-sepoi. Panorama yang disajikan juga indah, memungkinkan pengunjung untuk berfoto atau berswafoto.

Fasilitas favorit di Taman Pandan Wilis adalah jogging track yang bagus dengan latar belakang pemandangan Gunung Pandan dan Wilis. Suasana semakin memesona di malam hari dengan pantulan cahaya lampu.

13. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

tempat wisata anak di nganjuk
Foto: http://irfanngk.web.unej.ac.id/

Salah satu tempat wisata favorit bagi keluarga adalah taman. Di Nganjuk terdapat Taman Rekreasi Anjuk Ladang yang terletak di kawasan sekitar Stadion Anjuk Ladang Kota Nganjuk.

Taman Rekreasi Anjuk Ladang memiliki pemandangan yang indah dan indah dan merupakan tempat wisata keluarga di Nganjuk. Terdapat sejumlah fasilitas, seperti jogging track, kolam renang dewasa dan anak-anak, koleksi satwa, hingga toko suvenir.

14. Watu Lawang

tempat wisata di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/riznal.febryan/

Watu Lawang merupakan tempat wisata alam yang ada di Desa Ngliman, Kec. bidang. Lokasinya sangat dekat dengan destinasi populer lainnya di Nganjuk seperti Air Terjun Sedudo dan Pegunungan Wilis.

Tempat ini memberikan pemandangan yang super bagus dan indah. Saat pertama kali datang, pengunjung akan disambut oleh bebatuan besar dan spot foto yang populer, Sarang Burung Raksasa.

Mengunjungi Watu Agung sangat mudah karena aksesnya yang baik dengan beberapa pemandu yang akan memudahkan wisatawan yang datang. Untuk masuk Anda harus membayar tiket sebesar Rp. 6.000 dan biaya parkir.

15. Waduk Putukrejo

waduk putukrejo
Foto: https://www.instagram.com/mas_sugiharto/

Tempat wisata yang unik adalah Waduk Patukrejo. Waduk ini dulunya memiliki fungsi utama sebagai pengairan persawahan warga sekitar, hingga kini menjadi objek wisata.

Keindahan Waduk Putukrejo sangat menarik untuk memberikan kesan hangat saat bercengkrama dengan keluarga atau teman. Tidak ketinggalan sejumlah fasilitas seperti kapal, bebek dan jogging trail.

Waduk Putukrejo menawarkan suasana damai dan tenang, terutama saat senja mulai turun. Banyak sekali anak muda atau pasangan yang datang untuk menghabiskan waktu disini karena suasananya yang romantis.`

16. Taman air legendaris Kertosono

wisata di Nganjuk, Jawa Timur
Foto: https://www.instagram.com/nganjukhitskekinian/

The Legend Waterpark Kertosono merupakan taman bermain air yang selalu ramai dikunjungi pengunjung saat momen liburan tiba. Suasananya sangat bagus dengan dekorasi dan desain yang menarik dan menawarkan kenyamanan.

Para pengunjung, terutama anak-anak, akan senang dengan berbagai atraksi air. Mengusung tema Dinosaurus memberikan karakter unik tersendiri pada objek wisata The Legend Waterpark ini.

Ada sejumlah atraksi yang bisa dinikmati pengunjung, mulai dari kolam anak-anak hingga dewasa. Seluncuran air, sungai malas, kolam ombak, dan seluncuran super menyenangkan. Ada atraksi lain yang tak kalah menantang yaitu Rumah Hantu dan Seni Dino 3D.

17. Gua Dali

jalan-jalan di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/deni_namaku/

Wisata alam terus memukau wisatawan, salah satu tempat indah di Nganjuk adalah Gua Dali. Lokasinya berada di Bukit Goa Dali atau Alas Patu di Desa Sumber Klampok, Loceret.

Destinasi wisata alam ini bisa dibilang belum terlalu banyak orang yang mengetahuinya. Hal ini terjadi karena akses menuju lokasi cukup jauh dengan medan terjal dan jalan berbatu.

Meski akses menuju lokasi kurang bagus, goa Dali tetap 'layak'. untuk mengunjungi. Perjalanan yang sulit segera terbayar dengan pemandangan hutan yang indah dan Gua Dali yang misterius.

Kunjungi juga -> Tempat Wisata di Dieng yang sangat recommended untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang tersayang.

18. Kuil Hok Yoe Kiong Ki

wisata di Nganjuk, Jawa Timur
Foto: https://www.instagram.com/mazt_dhediiy/

Kelenteng Hok Yoe Klong adalah tempat ibadah yang dibangun oleh Soen Boen Lee. Tidak hanya sebagai tempat sembahyang, kini klenteng dibuka sebagai objek wisata yang selalu dipadati pengunjung.

Kelenteng Hok Yoe Kong memiliki daya tarik berupa bangunan yang memiliki desain dengan warna dominan merah. Selain itu, terdapat sebuah gapura yang penuh dengan ornamen Cina yang sangat unik.

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi pengunjung, mulai dari halaman klenting, bangunan utama, altar, dan lain sebagainya. Pagoda ini juga terkenal dengan sarang semut hitamnya yang usianya lebih tua dari pagoda itu sendiri.

19. Waduk Perning

wisata alam di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/roziqmoo_/

Jika anda mencari tempat wisata di Waduk Perning, anda akan dibawa ke Selopark Nganjuk. Tidak hanya pemandangan waduk yang menyegarkan, tetapi juga bunga berwarna-warni yang indah.

Taman bunga ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto atau selfie dengan background yang bagus. Untuk menikmati segarnya air, Anda bisa berenang di kolam renang atau mata air yang sejuk.

Di kawasan Waduk atau Taman Selo Nganjuk ini dekat dengan beberapa spot kuliner yang dijamin bikin ketagihan. Berwisata di taman ini akan membawa pengalaman dan kepuasan tersendiri.

20. Batu Gandul Ngluyu

wisata keluarga di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/nonirobinawan/

Kawasan hutan Nganjuk memiliki panorama yang menyegarkan mata dan jiwa. Salah satu objek yang populer di dalamnya adalah Watu Gandul Ngluyu yang penuh dengan mitos.

Akses menuju Watu Gandul Ngluyu bisa dibilang cukup sulit dengan jalan yang berkelok-kelok. Namun, selama perjalanan, pengunjung mendapatkan pemandangan indah hutan rimbun yang sangat segar.

Jika Anda melihat bongkahan batu berukuran super menempel di tebing, Anda sudah sampai di Watu Gandul Ngluyu. Keunikan ini membuat wisatawan rela melakukan perjalanan yang sulit untuk melihat fenomena luar biasa ini.

21. Air Terjun Gedangan

Air Terjun Gedangan
Foto: https://www.instagram.com/mohandriprasetyo/

Pilihan tempat wisata di Nganjuk selanjutnya adalah Air Terjun Gedangan. Kota Angin tidak pernah berhenti menawarkan tempat wisata berupa air terjun yang indah.

Air Terjun Gedangan berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Air Terjun Sedudo. Aksesnya berupa jalan berbatu dan cukup sempit sehingga kendaraan seperti mobil tidak bisa lewat.

Objek ini belum banyak terjamah oleh masyarakat yang menjadikan alamnya sangat indah dengan panorama yang indah dan mempesona. Air terjun ini sangat indah dengan panorama sekitarnya yang sangat bagus.

22. Bukit Salju Ngetos

tempat wisata anak di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/ananda_tama11/

Bukit Salju Ngetos merupakan tempat wisata di Nganjuk yang cukup unik seperti namanya. Tempat ini berbentuk seperti bukit dengan banyak pohon di hutan pinus dengan perasaan sejuk.

Lokasi bukit ini berjarak sekitar 45 km dari kota Nganjuk. Pengunjung bisa bersantai dengan duduk di gazebo, rumah pohon dan berfoto di spot-spot keren. Selain itu, ada tempat bersejarah untuk menyimpan senjata Belanda dan sumber air Banyu Towo.

Akses ke situs Bukit Salju Ngeos mudah dengan petunjuk rute. Terletak di Pegunungan Wilis, destinasi ini bisa menjadi pilihan tepat untuk rekreasi keluarga.

23. Air Terjun Sri Gunting

Air Terjun Sri Gunting
Foto: https://tanya Answer.idntimes.com/

Air terjun di Nganjuk memiliki panorama indah yang selalu memukau wisatawan. Salah satunya adalah air terjun Sri Gunting yang memiliki 3 air terjun bertingkat dengan ketinggian yang berbeda.

Pengunjung dapat dengan mudah mencapai lokasi ini di kecamatan Sawahan karena masih berada di kawasan yang sama dengan air terjun Sedudo. Namun, tidak ada petunjuk yang jelas sehingga Anda harus berhati-hati atau bertanya kepada orang-orang saat bepergian.

Perjalanan menuju lokasi dilakukan dengan berjalan kaki karena tidak dapat diakses oleh kendaraan. Begitu sampai, Anda langsung disambut oleh suara air terjun yang menyegarkan dan suasana hijau hutan yang sejuk.

24. Air Terjun Pring Jowo

Air Terjun Pring Jowo
Foto: https://www.instagram.com/rizkiadi_19/

Air Terjun Pring Jowo merupakan objek wisata alam baru di Dusun Salam, Desa Blongko. Jika perjalanan dari Kota Nganjuk, maka jarak yang ditempuh sekitar 10 km.

Akses menuju destinasi ini cukup sulit, khas pegunungan di kawasan Hutan Pring Jowo. Bentuk air terjun ini cukup unik yaitu zigzag dengan model berkelok-kelok dan tingginya 30 meter.

Wisatawan dimanjakan dengan pilihan dengan suasana sejuk dan menenangkan dari air terjun yang mengalir. Ada sejumlah aktivitas seru seperti berfoto, berenang di kolam renang atau sekadar menikmati keindahan alam yang luar biasa ini.

25. Gedung Juang 45 Nganjuk

wisata alam
Foto: https://www.instagram.com/noliek_cjdw/

Di Nganjuk juga ada tempat liburan keluarga yang bagus, Gedung Juang 45. Ada beberapa tempat bermain anak tentang sejarah angkatan bersenjata Indonesia.

Anak-anak pasti akan betah di sini karena taman bermain yang luas. Selain itu, terdapat fasilitas seperti toilet, rest area, tempat parkir, area kuliner, Wi-Fi, dan lain sebagainya.

Terletak di Jl. dr.Sutomo No.6, Kauman, Nganjuk yang berada di tengah kota memudahkan akses. Ruang terbuka hijau juga disediakan yang berfungsi untuk mengasah ketangkasan anak.

26. Waduk Oro-Oro Ombo

tempat wisata di nganjuk jawa timur
Foto: https://direktoripariwisata.id/

Perjalanan murah dengan kepuasan pemandangan indah adalah memilih datang ke Waduk Oro-Oro Ombo. Lokasinya di Kecamatan Ngotos.

Kawasan ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Panorama waduk yang luas membentang dengan latar belakang pepohonan dan perbukitan hijau yang rimbun.

Waduk ini dibangun pada tahun 2010 dan memiliki fungsi untuk membudidayakan ikan nila. Penduduk setempat menjadi turis yang sering datang ke lokasi ini untuk melihat keindahannya.

Previous review -> Tempat Wisata di Bangkalan yang lagi hits di Jawa Timur dan anti mainstream.

27. Air Terjun Singokromo

tempat wisata di nganjuk
Foto: https://www.instagram.com/tholibi/

Air terjun lain di Nganjuk yang wajib Anda kunjungi adalah air terjun Singokromo. Berada di area yang sama dengan air terjun Sedudo dengan jalan menanjak sekitar 500 meter.

Dengan jalan yang belum sepenuhnya beraspal, pengunjung harus berhati-hati. Namun, selama perjalanan Anda akan ditemani oleh pemandangan yang memesona dan bunga mawar yang harum.

Air terjun Singokromo memiliki kemisteriusan yang masih bertahan hingga saat ini. Sehingga banyak orang yang percaya bahwa air di sini dapat mengobati berbagai penyakit.

Dari rekomendasi tempat wisata di Nganjuk ini bisa menjadi referensi Anda untuk menghabiskan waktu liburan. Dengan berbagai pilihan tema mulai dari wisata alam, budaya hingga sejarah akan memberikan suasana yang menyenangkan.

Rencanakan liburan Anda dengan baik agar dapat mengunjungi tempat-tempat yang Anda inginkan. Persiapkan berbagai kebutuhan agar momen liburan ini menjadi yang paling tak terlupakan. Selamat berlibur!.

Vlog Perjalanan Bulan Madu Dieng



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2021 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply