Apakah ada rencana untuk pulang tahun ini? Pulang tidak pulang, tidak masalah. Yang paling penting adalah berkumpul bersama keluarga dan berteman dengan orang-orang terkasih. Sambil mengumpulkan, tidak ada salahnya merencanakan liburan keluarga di tujuan liburan Lebaran 2020.

Ada banyak tempat wisata populer yang dapat Anda kunjungi selama liburan Lebaran tahun 2020. Pada kesempatan ini, Difa Wisata memberikan 30 rekomendasi untuk tujuan liburan terbaik untuk kembali ke Jakarta, Surabaya dan Solo. Ingin tahu? Mari kita simak bersama.

Daftar Isi

A. Tujuan liburan di Jakarta

Ketika Lebaran, Jakarta menjadi salah satu rute liburan Lebaran yang populer untuk 2020. Banyaknya penduduk Jakarta yang kembali ke rumah mereka membuat ibukota Indonesia diam. Ini adalah peluang besar untuk bepergian di Jakarta tanpa merasakan lalu lintas! Ini dia rekomendasi liburan Idul Fitri di Jakarta.

1. Kota Tua, surga bangunan bersejarah di Jakarta

Tempat wisata populer: Tujuan liburan mudik di Jakarta

Sumber: Instagram pnj.mobilephoto

Anda harus mengunjungi tujuan liburan bersama keluarga Anda di Jakarta. Kota tua adalah oasis bangunan bersejarah. Suasana klasik akan memanjakan Anda jika Anda ingin mengambil foto. Ada beberapa museum di kota tua yang wajib Anda kunjungi. Misalnya Museum Fatahillah, Museum Boneka, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Maritim.

Selain mengambil foto, Anda juga dapat menikmati atraksi unik seniman jalanan di wilayah tersebut. Bisa juga menyewa sepeda dan berwisata keliling kota tua. Jika Anda lapar, pergilah ke sejumlah kafe unik di kota tua. Misalnya, selama kota tua, Batavia Cafe, Kopi Tak Tak Kie dan Historia Food & Bar. Menikmati makanan di pinggir jalan juga sama lezatnya!

2. Pelabuhan Sunda Kelapa, wilayah pesisir di Jakarta

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Bonnyrahmat Instagram

Tempat wisata di Jakarta ini sangat cocok untuk orang-orang yang suka mengambil foto di daerah pesisir. Di pelabuhan Sunda Kelapa ada banyak kapal pinisi raksasa di jangkar di dermaga. Bukankah kamu hanya ingin mengambil foto? Ada perahu yang bisa dikendarai. Anda dan keluarga Anda dapat menikmati pemandangan laut dan penduduk dari atas kapal. Liburan Lebaran 2020 tentu akan lebih berkesan.

3. Pantai Ancol, liburan yang menyenangkan bersama keluarga

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram _yalestari

Pantai Ancol adalah tujuan wisata yang sangat terkenal di Jakarta. Kunjungi di sini sebagai rumah liburan untuk keluarga dan kerabat. Di sini Anda dapat bermain di pantai, membangun istana pasir, atau sekadar piknik. Makan makanan sambil memandangi laut harusnya asik. Di sore hari pemandangan di sini menjadi jauh lebih indah karena ada matahari terbenam. Jangan lupa foto siluetnya!

4. Taman Wisata Alam Angke Kapuk, mengenal bakau

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram osheaanggara_

Tujuan liburan pulang ke rumah di Jakarta ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Sambil menikmati pemandangan jembatan kayu yang indah, hutan bakau dan gubuk kayu kecil instagenik, Anda dapat belajar pada saat yang sama betapa pentingnya melindungi laut pada anak-anak. Foto yang diambil di lokasi ini selama Idul Fitri harus keren ABIS!

Anda dan keluarga Anda juga dapat mempelajari jenis-jenis tanaman bakau saat Anda berlayar melalui hutan dengan perahu. Belajarlah untuk menanam bakau di Kapok Nature Angke Park.

5. Monumen Nasional, ikon ibukota Jakarta

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram _putput_

Liburan di Jakarta tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi Monas. Ikon untuk kota Jakarta ditugaskan oleh Presiden Soekarno. Wisatawan dari luar Jakarta sangat senang datang ke sini. Anda juga bisa berlatih sambil belajar sejarah, kamu tahu, Jangan lupa untuk mengambil foto liburan Idul Fitri bersama keluarga Anda di latar belakang Monas.

6. Pelajari budaya Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram esterinaputri

TMII adalah tujuan liburan yang populer di Jakarta. Taman dengan ringkasan lengkap budaya Indonesia ini sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika liburan bersama anak-anak dan keluarga besar. Dijamin menyenangkan!

Tempat wisata Jakarta juga dilengkapi dengan berbagai tempat wisata untuk permainan anak-anak. Ada kolam renang, kereta gantung, kereta mainan, dan sebagainya.

7. Mainkan sesuka hati Anda dengan keluarga di Dufan

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram Agatadvena

Siapa yang belum pernah ke Dufan di sini? Jika itu masalahnya, liburan Lebaran 2020 harus datang ke sini. Dufan memiliki beragam wahana yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Mulai dari wahana anak-anak hingga permainan ekstrem yang menguji nyali Anda. Meskipun harga mengakui Dufan selama Idul Fitri akan naik, Anda tidak akan menyesalinya.

8. Seribu pulau, wisata pantai yang indah di Jakarta

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram mandalaforsa

Bosan dengan hiruk pikuk kota? Ayo, pergi ke seribu pulau. Wisata pantai di Jakarta sangat buruk sepadan untuk mengunjungi keluarga besar Anda. Banyak pilihan pulau yang bisa Anda tuju untuk liburan lebaran. Misalnya Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung atau Pulau Pramuka.

Tidak hanya untuk bersantai, Anda dan keluarga juga bisa bermalam di sana. Mainkan sesuka hati Anda di Kepulauan Seribu bersama keluarga atau teman Anda selama liburan. Jangan lupa untuk menyiapkan permainan untuk membuat liburan lebih menyenangkan!

9. Liburan lebaran di kebun binatang Ragunan

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram indriamp

Kebun Binatang Ragunan, didirikan pada tahun 1864, telah dipertahankan hingga saat ini. Undang keluarga besar Anda untuk liburan yang pulang ke rumah di sini. Koleksi hewan di Ragunan akan mencapai 2000, kamu tahu, Wow! Selain melihat dan mengenal berbagai jenis hewan, tempat wisata populer di Jakarta ini juga sangat cocok untuk piknik.

10. Museum Taman Prasasti, koleksi indah batu nisan tua

Tempat wisata populer di Jakarta

Sumber: Instagram rigbymordecay

Apakah Anda ingin merasakan sensasi liburan Idul Fitri lainnya? Datang saja ke Museum Taman Prasasti. Ini adalah situs peninggalan Belanda, benda yang dikumpulkan di sini adalah pemakaman kuno atau kuburan mini dari 27 provinsi di Indonesia. Tujuan liburan Idul Fitri di Jakarta ini juga memiliki koleksi mobil jenazah antik.

 

Promo Tiket ke Jakarta

 

B. Libur Mudik Lebaran di Surabaya

Selain Jakarta, Surabaya adalah rute kembali populer lainnya. Bagi Anda yang pergi ke Surabaya, ada banyak tempat wisata populer yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Ini adalah tujuan liburan Lebaran 2020 di Surabaya yang harus Anda kunjungi.

11. Monumen pahlawan dan museum 10 November

Tempat wisata populer: Tujuan liburan mudik di Surabaya

Sumber: Instagram ardha_ney

Tujuan liburan Lebaran ini adalah kebanggaan masyarakat Surabaya. Peringatan ini dibuat untuk mengingatkan kita akan jasa seorang pahlawan yang merebut kemerdekaan dari para pengganggu. Monumen Pahlawan dengan bentuk kuku terbalik ini memiliki lekukan pada tiangnya, sering disebut “Canalures”.

Di dalam monumen setinggi 41,15 meter ini terdapat Museum 10 November. Museum 10 November dibangun untuk mengklarifikasi keberadaan Monumen Pahlawan. Koleksi sejarah pertempuran heroik disimpan di museum pada 10 November 1945.

12. Jembatan Suramadu, ikon Surabaya yang terkenal

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Surabaya

Sumber: Instagram deddyasnanto

Jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura adalah tujuan wisata populer untuk Lebaran. Panjang jembatan di atas perairan Selat Madura adalah sekitar 5.500 meter. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, seperti berburu foto, mencari kerang, naik perahu atau menyeberangi jembatan. Saatnya datang ke ikon Surabaya ini ketika Anda pergi ke Lebaran 2020.

13. Ciputra Waterpark, forum air terbesar di Surabaya

Tempat wisata populer: Tujuan liburan mudik di Surabaya

Sumber: Instagram sheillapriscillia

Ciputra Waterpark adalah objek wisata air terbesar di Surabaya. Ukuran 5 hektar dan memiliki petualangan Sinbad bertema dongeng. Anak-anak suka bermain di tempat wisata ini di Surabaya. Taman Air Ciputra memiliki beberapa tempat wisata menarik seperti Sinbad’s Playground, Pantai Syracuse, Marina Lagoon dan Tartarus Pool.

14. Seorang Buddha dengan empat wajah ditutupi dengan emas murni

Tempat wisata populer: Tujuan liburan mudik di Surabaya

Sumber: Instagram revoziepo

Di sudut pantai Ria Kenjeran adalah tempat wisata populer di Surabaya, patung Buddha dengan empat wajah. Patung ini diperhatikan oleh MURI sebagai salah satu patung tertinggi di Indonesia. Patung Buddha terdiri dari wajah kesehatan dan kedamaian, wajah hubungan baik, wajah kebahagiaan dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

Gambar ini terlihat indah karena bahannya ditutupi dengan emas murni yang diimpor dari Thailand. Setelah Anda puas dengan foto-foto di sini, Anda bisa langsung menuju ke tepi pantai Ria Kenjeran bersama keluarga.

15. House of Sampoerna, museum Dji Sam Soe dan pabrik rokok

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Surabaya

Sumber: Instagram novafafala

Ini adalah pabrik rokok Sampoerna pertama. Bangunan Belanda ini dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee (pendiri Sampoerna). Hingga saat ini, tempat wisata di Surabaya ini masih aktif memproduksi rokok Dji Sam Soe.

Anda dan keluarga Anda dapat belajar tentang sejarah pabrik rokok ini di kawasan wisata rumah Sampoerna. Museum ini menampilkan berbagai koleksi seperti korek api, mesin cetak, lukisan, kendaraan tua. Menariknya, pengunjung diperbolehkan melihat proses pembuatan rokok. Tidak buruk untuk menambah wawasan.

16. Lihat hewan langka di kebun binatang Surabaya

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Surabaya

Sumber: Instagram Kaoishere

Kebun Binatang Surabaya sudah ada sejak pemerintah Belanda di Indonesia. Namun demikian, lokasi telah diubah tiga kali di daerah Wonokromo. Pengunjung ke kebun binatang ditemani beberapa pengunjung panduan yang bertujuan memberi arahan dan menawarkan pengetahuan tentang hewan.

Koleksi Kebun Binatang Surabaya cukup menarik, seperti harimau Sumatra, naga Komodo dan singa Afrika. Jika Anda menyukai binatang, ajari anak Anda untuk tidak menunggang hewan selama kunjungan, ya.

17. Pantai Kenjeran, Surabaya Tur keluarga murah

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Surabaya

Sumber: Instagram ardiyancs

Dengan tiket masuk mulai dari Rp. Dengan 15.000 / orang, Pantai Kenjeran adalah salah satu tempat wisata murah di Surabaya. Daerah ini dibagi menjadi dua, yaitu Pantai Kenjeran Baru dan Pantai Kenjeran Lama (Pantai Ria Kenjeran). Kedua pantai menawarkan pengalaman dan pesona yang berbeda. Di pantai tua Kenjeran, Anda dapat menikmati pemandangan pantai berpasir yang menawan.

Sedangkan di Pantai Ria Kenjeran, lebih cocok untuk olahraga dan jalan-jalan. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, seperti bermain di tepi pantai, naik perahu ke Pulau Pasir, memancing dan membeli oleh-oleh.

18. Wisata Eco Mangrove Wonorejo, Wisata Alam Surabaya

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Surabaya

Sumber: Instagram djihan_y

Lokasi wisata Surabaya tidak jauh dari Bandara Juanda. Jauh dari hiruk pikuk kota, pengunjung dapat melihat keindahan pohon bakau secara langsung dengan berjalan di atas jembatan kayu yang dibangun di atas air. Tempat wisata ini juga menawarkan penyewaan perahu bagi pengunjung yang ingin berkeliling.

19. Pasar Malam Karnaval Suroboyo, Surabaya Night Tours

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Surabaya

Sumber: Instagram beapzeezy3

Ajak keluarga besar Anda untuk liburan Lebaran 2020 di Suroboyo Carnival Night Market. Tur malam hari ini dimulai pukul 3:00 sore dan ditutup pada 11:00 malam. Harga tiket saat ini hari kerja adalah Rp. 20.000 dan saat ini akhir pekan 25.000 Harga untuk satu tiket adalah sekitar Rp. 60.000 untuk hari kerja dan Rp. 70.000 untuk akhir pekan,

Ada lebih dari 50 jenis drive game yang tersedia di sini. Sebut saja Roda Ferrish (Gondola), tes Aero, Rodeo, dan Glow In the Park. Tidak hanya kendaraan, Anda dan keluarga juga dimanjakan dengan jutaan lampu di sekitar Taman Karnaval Suroboyo.

20. Suasana Jepang di hutan bambu Keputih, Surabaya

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Surabaya

Sumber: Instagram vivalanabil

Di daerah Sukolilo, ternyata daerah ini dulunya adalah TPA, kamu tahu, Ajaib, Keputih Bamboo Hutam diubah menjadi lokasi wisata yang sebanding di luar negeri. Koleksi pohon bambu yang sangat rindang instagrammable sangat dicintai oleh para penggemar fotografi. Tak heran banyak pasangan mengambil foto prewedding DI SINI.

Panoramanya hampir sama dengan hutan Sagano di Jepang. Liburan lebaran bersama keluarga di sini harus sangat menyenangkan. Dengan luas 8,5 hektar dan empat rute eksplorasi Anda dapat menikmati banyak di sini. Pendaftaran juga gratis.

 

Promo Tiket ke Surabaya

 

C. Tempat wisata di Solo

Solo, tujuan wisata populer di Jawa Tengah, memiliki banyak tempat wisata. Liburan Idul Fitri di Solo diwarnai dengan nuansa budaya yang kental, sejarah, kelezatan kuliner, dan belanja super murah. Segera dengarkan 10 lokasi favorit Liburan Idul Fitri di Solo yang tidak boleh Anda lewatkan.

21. Grojogan Sewu Tawangmangu, Wisata Air Terjun Solo

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram mr_edis

Grojogan Sewu adalah tujuan wisata alam solo di lereng Gunung Lawu. Air terjun dengan ketinggian sekitar 81 meter ini memiliki dua pintu masuk, yaitu jalur atas dan bawah. Jika Anda melewati barisan paling atas, Anda harus menuruni tangga. Sementara itu, pengunjung melewati jembatan yang terkenal karena mitos cinta.

Banyak monyet liar berkeliaran di sekitar air terjun. Udara di sini sangat dingin dan sejuk. Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan mandi karena banyak batu dan kerikil jatuh dari atas. Tidak hanya menikmati keindahan air terjun, Anda dan keluarga juga bisa naik Arung Jeram Mini atau flying fox, Jangan lupa mencicipi sate kelinci terkenal di sekitar Grojogan Sewu.

22. Keraton Surakarta atau Keratonan Kasunanan Solo

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram azzahrah.zkh

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada tahun 1744. Meskipun pengunjung terbuka untuk pengunjung, mereka tidak diizinkan masuk ke rumah Raja Pakubuwono. Wisatawan hanya diperbolehkan memasuki paviliun besar di dalam Sasana Sewaka.

Dalam tur Solo ini Anda dan keluarga Anda dapat melihat pertunjukan tari dan gamelan. Wisatawan juga dapat mengunjungi museum di area istana. Ada banyak koleksi kerajaan yang bisa Anda lihat, seperti kereta, usungan, patung, dan senjata kuno.

23. Belajar membuat Batik di Kampoeng Batik Laweyan

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram shilviadcahyani

Kampoeng Batik Laweyan adalah salah satu pusat batik tertua di Solo. Itu tidak jauh dari stasiun Purwosari. Desa ini telah menjadi ikon batik-Solo sejak abad ke-19. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai pembuat dan pedagang batik.

Anda tidak hanya membeli batik untuk oleh-oleh, Anda juga dapat melihat atau mengikuti proses pembuatan batik tempat kerja membuat batik. Ada kursus membatik dalam waktu singkat, ada juga pelatihan membatik intensif. Selain belajar membatik, jalan-jalan di gang juga sangat menyenangkan.

24. Pasar Klewer, pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram kecuali cahaya

Klewermarkt adalah pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah. Terletak di sebelah Istana Surakarta Hadiningrat. Pasar ini sangat cocok untuk dikunjungi untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Solo. Pilihannya banyak karena ada sekitar 2.211 kios di sini. Jika Anda membeli dalam jumlah besar, harganya cukup besar. Pastikan Anda datang ke sini ketika Anda pergi ke Solo, ya.

25. Candi Mangkunegaran, istana yang indah di Kota Solo

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram bagusharryadi

Kata “pura” dalam bahasa Jawa memiliki arti istana atau kerajaan, Pura Mangkunegaran adalah pusat budaya dan seni di Solo. Istana ini memiliki beberapa koleksi berharga yang konon berasal dari kerajaan Mataram dan Majapahit.

Didirikan pada 1757, wisatawan akan ditemani panduan ketika Anda mengelilingi gedung ini. Segera setelah Anda memasuki gerbang, Anda akan disambut dengan paviliun bergaya Jawa-Eropa. Paviliun ini sering digunakan untuk pertunjukan tari dan boneka. Wisatawan juga dapat memasuki Pringgitan, tempat keluarga kerajaan tinggal dan tempat menyimpan barang-barang kerajaan.

26. Cetho, kuil mistis dan romantis di lereng Gunung Lawu

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram caesadhanisa

Candi Cetho adalah candi Hindu di Kabupaten Karanganyar yang wajib Anda kunjungi. Candi di lereng Gunung Lawu berada di ketinggian, sehingga langit sangat sejuk dan berkabut. Untuk mencapai Kuil Cetho, Anda harus melewati perkebunan teh rakyat. Jangan meminta pandangan, itu sangat romantis dan menenangkan mata.

27. Candi Sukuh, sebuah kuil Hindu seperti bangunan Maya

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram melanda

Candi Sukuh adalah candi Hindu yang diperkirakan akan dibangun pada akhir abad ke-15 Masehi. Terletak di lereng Gunung Lawu. Kuil ini dianggap kontroversial karena representasi eksplisit dari seks manusia dalam beberapa tokohnya. Namun bentuknya sangat unik karena mirip dengan bangunan Maya di Meksiko atau warisan budaya Inca di Peru.

28. Pasar Triwindu, Surga atau Barang Antik Solo

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram datukwahyu

Pasar Triwindu Solo mengkhususkan diri dalam menjual berbagai barang antik dengan kondisi baik. Karakteristik ini menjadikannya bagian dari wisata budaya di kota Solo. Didirikan pada tahun 1939, popularitas pasar ini bahkan telah mencapai luar negeri. Banyak hal vintage yang dapat Anda temukan di sini. Dimulai dengan lemari, cermin, lampu, koin tua, piring, dan perabotan lainnya.

29. Ribuan koleksi batik di Museum Batik Danar Hadi

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram vinawijayantibridal

Museum Batik Danar Hadi, juga sering disebut rumah Danar Hadi, didirikan pada tahun 1967. Dari luar, bangunan ini terlihat megah dan indah dengan pepohonan yang rimbun. Konon, museum ini memiliki lebih dari 10.000 lembar kain. Karena memiliki koleksi batik yang besar, museum ini telah memasuki MURI, kamu tahu,

Mayoritas batik yang dikumpulkan adalah milik pribadi H. Santosa Doellah. Namun, ada juga produk batik dari lelang, hadiah dan batik buatan tempat kerja Danar Hadi.

30. Berbelanja suvenir Batik di Desa Batik Kauman

Tujuan liburan Lebaran Mudik di Solo

Sumber: Instagram putriarianas

Lokasi Kampung Batik Kauman cukup strategis karena dikelilingi oleh jalan-jalan protokol Kota Solo. Batik yang diproduksi di sini berbeda dengan batik Jogja dan Pekalongan. Batik dari tempat ini memiliki lebih banyak motif dan warna-warna cerah. Sangat cocok untuk dibeli oleh-oleh dari Solo. Bepergian ke sini bersama keluarga tentu saja meninggalkan pengalaman yang berharga.

 

Promosi tiket ke Solo

 

Itulah 30 tempat wisata populer yang harus Anda kunjungi saat liburan Lebaran tahun 2020. Ayo bagikan, berlangganandan komentar di blog Difa Wisata, jadi Anda tidak perlu bingung mencari kiat dan inspirasi liburan. Jangan lupa memesan tiket lebaran di Difa Wisata, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promosi. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply