Tempat wisata di Sabang – Orang Indonesia mungkin tahu nama Kota Sabang. Dimana lokasi Kota Sabang di sisi barat negara Indonesia adalah dalam bentuk pulau dan Pulau Weh adalah pulau terbesar di Sabang.

Sabang juga merupakan salah satu zona ekonomi bebas karena berbatasan langsung dengan pulau Sumatra. Keadaan Kota Sabang dalam bentuk pulau membuat daerah ini sangat potensial dalam hal pariwisata. Bahkan pesona keindahan Sabang juga menjadikan Sabang sebagai lokasi penyelenggara Acara berlayar Indonesia pada tahun 2017.

Acara maritim adalah yang terbesar di Indonesia dan tentunya akan menjadi magnet bagi wisatawan. Selain acara tersebut, banyak tempat wisata di Sabang yang masih menarik untuk dikunjungi selama liburan di Sabang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kota Sabang memang dikenal dengan panorama alamnya yang indah. Selain wisata laut, Sabang menghadirkan keindahan lain yang akan mengejutkan semua orang.

Landmark paling populer di Sabang

Jika Anda bosan dengan tempat wisata yang sama, rencanakan liburan ke Sabang. Untuk menambah referensi Anda untuk liburan ke Sabang, tempat-tempat wisata berikut di Sabang akan dijelaskan bahwa Anda harus mengunjungi:

1. Pantai Ujung Kareung

area: Desa Meulee, Kota Sabang, Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam

Pantai Ujung Kareung via @wahyumhdrizki

Pantai Ujung Kareung via @wahyumhdrizki

Objek wisata pertama di Sabang adalah Pantai Ujung Kareung. Dimana pantai ini merupakan pantai yang belum banyak dikenal oleh para wisatawan, tidak mengherankan jika pantai ini masih sangat alami.

Pesona keindahan Pantai Ujung Kareung tidak hanya keindahan pantainya saja, tetapi juga hiasan batu koral di sepanjang pantai. Biasanya pantai ini dikunjungi oleh wisatawan yang suka berfoto karena panorama yang sangat indah.

Bagi Anda yang suka menyelam atau snorkeling, Pantai Ujung Kareung telah menghiasi dunia bawah laut dengan batu koral yang menawan.

Selain itu, wisatawan yang mengunjungi pantai ini juga bisa memancing, tetapi harus membawa perlengkapan sendiri. Anda pasti akan merasa betah dengan berbagai penawaran kecantikan yang ditawarkan Pantai Ujung Kareung.

2. Pulau Weh

area: Pulau weh, Sabang

Pulau Weh melalui Serempak

Pulau Weh melalui Serempak.id

Jika Anda mengunjungi Sabang, jangan lewatkan Pulau Weh. Pulau terbesar di Sabang juga merupakan tujuan wisata favorit bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Lokasi Pulau Weh berada di ujung barat Indonesia dan memiliki air laut biru jernih. Dengan air laut yang jernih di Pulau Weh, wisatawan yang datang pasti akan terpesona.

Ketika Anda mengunjungi Pulau Weh, Anda harus mengunjungi tur andalannya, Pantai Iboh. Turis yang mengunjungi Pulau Weh sering melakukan ini sering menyelam untuk menjelajahi keindahan dunia bawah laut.

Untuk sampai ke Pulau Weh, wisatawan memiliki akses ke jalan mudah melalui pelabuhan Ulee Lheue dengan feri.

3. Pantai Anoi Itam

area: Desa Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

Pantai Anoi Itam via @hajarwahab

Pantai Anoi Itam via @hajarwahab

Tempat wisata berikutnya di Sabang adalah Pantai Anoi Itam. Pantai ini memiliki pantai pasir hitam, sehingga nama pantai ini disebut anoi, yang berarti pasir dan itam berarti hitam.

Meskipun tidak memiliki pasir putih, pasir di Pantai Anoi Itam yang membuat pantai ini lebih menakjubkan. Dikatakan bahwa pasir hitam di pantai ini berasal dari gunung berapi aktif di Pulau Weh.

Anda tidak perlu khawatir, karena pantai ini masih sangat aman untuk dikunjungi wisatawan. Wisatawan yang mengunjungi pantai ini tidak hanya dapat menikmati pemandangan, tetapi juga berenang, mandi, bersantai dan menikmati pemandangan pantai dari atas bukit hijau.

4. Pantai Sumur Tiga

area: Jl. H. Agus Salim, 1st Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

Pantai Sumur Tiga via @berangan_trip

Pantai Sumur Tiga via @berangan_trip

Pantai Sumur Tiga adalah pantai dengan garis pantai terpanjang di wilayah Sabang. Pantai ini memiliki pasir putih dan halus dan ombaknya cukup besar. Ketika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan disuguhi panorama alam yang sangat indah.

Karena pantai ini menghadap ke sisi timur Pantao Sumur Tiga dengan dekorasi matahari terbit yang indah di pagi hari. Selain melihat pemandangan pantai sambil bersantai, wisatawan juga bisa berjalan dan berenang di pantai.

Jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner di Sumur Tiga Resto untuk menikmati dapur sambil memandangi laut.

Pantai yang terdaftar di Desa Perkotaan Ie Meule, Kabupaten Sukajaya, Sabang, harus dimasukkan dalam daftar tempat wisata berikut di Sabang.

5. Pulau Rubiah

area: Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang

Pulau Rubiah melalui @albar_rusman

Pulau Rubiah melalui @albar_rusman

Tampaknya Sabang tampaknya memiliki keindahan alam yang tak ada habisnya, seperti itu di Pulau Rubiah. Seperti namanya, makam Cut Nyak Rubiah ditemukan di pulau ini.

Hal ini membuat pulau ini sering dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur di Sabang. Selain itu, Pulau Rubiah juga memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan dan dunia bawah laut yang tak kalah menakjubkan.

Tidak heran seseorang yang mengunjungi Pulau Rubiah segera ingin terjun ke dunia bawah laut. Di dunia bawah laut pulau ini Anda bisa menemukan ikan hias kecil dan terumbu karang yang sangat indah.

Meskipun Pulau Rubiah tidak berpenghuni, Anda masih dapat menemukan penjual makanan dan minuman di pulau ini.

Jika Anda menyelam nanti, Anda dapat menemukan ikan yang indah dan lucu mulai dari ikan Bendera, ikan Kepe-Kepe, ikan warna, ikan Blue Botana, ikan Sersan, ikan Kerapu, ikan Besar, Kerang, ikan Putri Bali dan banyak lagi lebih lanjut.

6. Pantai Iboih

lokasi: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Pantai Iboih via @ardianastuti

Pantai Iboih via @ardianastuti

Seperti dijelaskan di atas, Pulau Weh memiliki tujuan andalan, Pantai Iboih. Dimana pantai ini adalah tujuan wisata favorit bagi wisatawan yang mengunjungi Sabang.

Pantai Iboih memiliki air laut biru jernih. Wisatawan yang datang ke Pantai Iboih biasanya memilih untuk berenang, menyelam dan snorkeling.

Untuk masalah peralatan menyelam dan snorkeling Ada banyak tempat sewa tempat Anda dapat menyewa snorkeling juga menyelamSelain itu, wisatawan juga dapat menikmati panorama pantai dengan mengendarai perahu motor.

Tetapi bagi wanita yang terbaik adalah mematuhi aturan dengan tidak mengenakan pengendara sepeda atau pakaian renang ketika mereka mengunjungi pantai ini, karena mayoritas penduduknya adalah Muslim. Jika ingin bermalam, sudah ada banyak akomodasi di sekitar pantai homestay untuk pondok.

Oh ya, catatan penting bagi wisatawan yang datang dilarang mengenakan bikini, karena wilayah Aceh memiliki peraturan yang melarang wisatawan dan masyarakat menggunakan bikini di tempat umum. Apalagi pantai ini juga tidak diizinkan untuk digunakan pada hari Kamis dan Jumat.

7. Danau Aneuk Laot

lokasi: Kelurahan Aneuk Laot, Kabupaten Sukakarya, Kota Sabang

Danau Aneuk Laot melalui @arta_travel

Danau Aneuk Laot melalui @arta_travel

Selain memiliki wisata laut yang sangat bagus, Sabang juga memiliki objek wisata alam lainnya, yaitu Danau Aneuk Laot. Dimana danau ini terletak di desa Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Luas danau ini meliputi 37,5 hektar dan merupakan salah satu danau penting di Pulau Weh. Karena tampaknya ini lebih banyak digunakan untuk menyediakan air PDAM dan merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat setempat.

Namun bagi wisatawan yang ingin berwisata ke danau ini, ia dimanjakan oleh pemandangan danau yang sangat imersif. Selain itu, udara di danau ini sangat segar, sehingga memberikan perasaan nyaman. Saat sore tiba, pemandangan danau bahkan lebih baik, sehingga akan mengejutkan semua orang.

8. Air terjun lelaki jantan

area: Desa atau Gampong Pria Laot, Sabang, Aceh

Male Laot Waterfall melalui @ bugis.traveler

Male Laot Waterfall melalui @ bugis.traveler

Sabang juga memiliki wisata air terjun yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Di mana ada wisata air terjun yang disebut Air Terjun Male Laot yang terletak di bagian selatan Pulau Weh atau sekitar 12 kilometer dari Kota Sabang.

Kondisi air terjun ini memang sangat alami karena letaknya di tengah hutan dan dikelilingi oleh perbukitan berbatu. Pemandangan air terjun ini semakin terlihat unik dengan keberadaan reservoir dengan air dengan kedalaman 1-2 meter dan panjang 10 meter.

Kolam renang dapat digunakan oleh wisatawan sebagai resor tepi laut. Suasana berenang di kolam lebih mengasyikkan dengan ikan kecil dari Garra Rufa atau moonfish di kolam. Menurut penduduk setempat, ikan ini bermanfaat untuk terapi penyakit karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati di dekat telapak kaki.

Dengan cara ini, penggantian sel kulit mati akan lebih cepat karena enzim dari air liur ikan. Datanglah ke Air Terjun Laot Men untuk membuktikannya.

9. Gunung Jaboi

area: Pulau Weh, Sabang

Gunung berapi Jaboi melalui piyohdesign

Gunung berapi Jaboi melalui piyohdesign

Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berbau petualangan, kunjungi Gunung Jaboi. Dimana gunung ini adalah gunung berapi aktif di Pulau Weh dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Jika Anda ingin mendaki gunung ini, ada jalur trekking yang sangat mudah dan menawarkan pemandangan alam yang bagus. Ada bebatuan gunung putih yang terlihat kaya kontras tetapi menambah pemandangan di Gunung Jaboi.

10. Pantai Tapak Gajah

area:

Pantai Tapak Gajah via @ heaven.nusantara

Pantai Tapak Gajah via @ heaven.nusantara

Nama pantai memang cukup unik, tetapi sampai sekarang masih belum diketahui dari mana nama Pantai Tapak Gajah. Namun keindahan pantai ini sudah tidak salah lagi. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini dari Kota Sabang, dibutuhkan sekitar 5 menit.

Biasanya wisatawan yang mengunjungi pantai ini memilih snorkeling untuk melihat keindahan kehidupan bawah laut. Selain itu, ada juga semak rimbun di sekitar pantai, sehingga bisa memberi nuansa berbeda.

11. Pantai Gapang

area: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Foto Gapang Beach oleh Julien Puyhardy

Foto Gapang Beach oleh Julien Puyhardy

Pantai Gapang adalah pantai di Sabang yang terletak di daerah terpencil, namun perjalanan panjang ke pantai ini dijamin akan dibayar. Karena pantai ini memiliki panorama yang sangat bagus dan suasana yang sangat damai.

Ketika Anda berada di Pantai Gapang, wisatawan dapat menyaksikan perahu nelayan tradisional yang bersandar. Pantai ini memiliki garis pantai terpanjang di wilayah Sabang dan terhubung langsung ke lautan luas. Air laut yang jernih membuat wisatawan mudah melihat ikan-ikan kecil berenang di laut.

12. Pantai Kasih

Lokasi: Kuta Ateueh, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

Pantai Kasih melalui tur Anda

Pantai Kasih melalui Wisatamu.com

Saat mengunjungi Sabang lebih baik singgah di Pantai Kasih karena jaraknya tidak begitu jauh dari Kota Sabang hanya sekitar 5 menit. Ketika Anda tiba di Pantai Kasih, Anda bisa duduk di bangku di pantai sambil menikmati angin.

Biasanya ketika sore tiba, pantai menjadi semakin ramai oleh wisatawan untuk melihat keindahan matahari terbenam sambil bersantai & siang.

13. Bukit Sabang

area: Desa Barat, Sukakarya, Sabang City

Bukit Sabang

Bukit Sabang

Jika Anda ingin melihat keindahan kota dan Teluk Sabang dari atas, datang saja ke Bukit Sabang.

Bukit Sabang sebenarnya adalah nama hotel di daerah perbukitan. Namun masyarakat setempat akhirnya mengambil inisiatif untuk membuat pos pengawasan yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk menyaksikan keindahan Kota Sabang.

14. Gua Sarang

area: Paya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

Gua Sarang via @febbykhairuna (kiri), @ muhammadramazan8 (kanan)

Gua Sarang via @febbykhairuna (kiri), @ muhammadramazan8 (kanan)

Jika Anda ingin melihat keindahan alam seperti di Raja Ampat, maka Sabang juga memilikinya, Gua Sarang. Sekilas tentang Gua Sarang mirip dengan Raja Ampat karena memiliki bukit berhutan yang indah. Gua ini juga merupakan sarang burung walet dan ada sekitar tujuh gua di kaki tebing dan bukit yang dilindungi.

Uniknya adalah bahwa tujuh gua itu kokoh di laut biru di Pulau Weh, sehingga keindahan pemandangannya tak diragukan lagi. Apalagi lokasi gua ini juga berbatasan dengan Samudera Hindia, sehingga pemandangannya menjadi lebih memukau.

15. Monumen Nol Kilometer

area: Iboih Ujong Ba & u 39 Desa Desa, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang

Monumen Zero Kilometer melalui @zahratul_ilmina

Monumen Zero Kilometer melalui @zahratul_ilmina

Monumen Zero Kilometer memang merupakan ikon kota Sabang yang tidak boleh Anda lewatkan selama liburan Anda di Sabang. Lokasi Monumen Zero Kilometer berada di kawasan hutan, sehingga Anda dapat menemukan monyet-monyet yang berkeliaran bebas selama perjalanan.

Monumen ini memiliki ketinggian 43,6 meter dan memiliki empat pilar pendukung. Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas, karena sudah ada banyak tempat di sekitar monumen ini untuk makan, toko cinderamata dan toilet.

16. Benteng bunker Jepang

area: Anoe Itam, Sukajaya, Sabang

Benteng bunker Jepang melalui Pulauweaceh

Benteng bunker Jepang melalui Pulauweaceh.com

Secara geografis, posisi kota Sabang sangat strategis sehingga mudah bagi Jepang untuk membangun benteng di wilayah ini.

Uniknya, benteng yang dibangun oleh Jepang adalah benteng bawah tanah yang sama sekali berbeda dari benteng pada umumnya. Lokasi benteng bunker Jepang terletak di daerah pantai di Pulau Weh, tetapi yang jelas terlihat adalah benteng di dekat pantai Anoi Itam.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh masyarakat setempat, benteng ini memiliki banyak lorong bawah tanah yang mengarah ke daerah yang pernah digunakan sebagai pusat komando.

17. Mata air panas Keuneukai

Mata Air Panas Keuneukai melalui Hijrahjeiji.blogspot

Sumber Air Panas Keuneukai melalui Hijrahjeiji.blogspot.co.id

area: Desa Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang

Seperti dijelaskan di atas, Sabang masih memiliki gunung berapi aktif, Gunung Jaboi. Dimana sumber mata air panas berasal dari gunung berapi yang bisa dijadikan tujuan wisata.

Sebagai sumber air panas, wisatawan yang mengunjungi pemandian ini dapat mandi secara alami untuk meregangkan otot tubuh mereka. Suasana mandi air hangat bahkan lebih menyenangkan dengan pemandangan pantai yang begitu menawan.

Sumber air panas ini berada di desa Keuneukai Kec. Sukajaya terletak di selatan Pulau Weh. Wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi pemandian air panas ini karena Anda dapat menggunakan transportasi umum di kota Sabang dari pusat kota.

18. Sirui hidrotermal

area: Desa Iboih, Kec. Sukakarya, Sabang

Sirui Hidrothermal via @ajeng_kroff

Sirui Hidrothermal via @ajeng_kroff

Sirui Hidrothermal adalah tempat wisata yang unik karena menyajikan area gunung berapi yang merupakan laut. Ketika Anda mengunjungi Sirui Hidrothermal, Anda bisa menyelam dan menyaksikan gelembung keluar dari kawah kecil.

Ada juga ikan kecil yang berkontribusi pada keindahan tempat wisata bawah laut. Keindahan Sirui Hidrothermal selalu membuat tempat wisata ini tercengang oleh para wisatawan yang datang.

19. Pulau Klah

Pulau Klah

Pulau Klah

area: Desa Krueng Raya, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Masih di daerah Sabang, Anda bisa mengunjungi Pulau Klah, yang terletak di sebelah barat Pulau Weh. Tentu saja, pulau yang satu ini sangat indah dan menawan, sehingga sangat cocok untuk liburan yang mengasyikkan dan menyenangkan.

Saat mengunjungi pulau ini Anda bisa merasakan suasana damai dengan suguhan pantai pasir putih yang bersih. Ada juga terumbu karang dan ikan yang berenang di antara terumbu karang.

Keindahan ini tampaknya terjadi secara alami karena lokasi Pulau Klah di area rotasi dan pertemuan air laut yang masuk dan keluar. Meskipun masih belum terlalu populer, Pulau Klah memiliki akomodasi dan bungalow yang dapat disewa oleh wisatawan.

20. Monumen I Love Sabang

Tugu I Love Sabang via travelsabang.wordpress

Tugu I Love Sabang melalui travelsabang.wordpress.com

area: Cot Ba & u, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

21. Pantai Teupin Layeu

Pantai Teupin Layeu via Detikaceh

Pantai Teupin Layeu via Detikaceh.com

area: Sekitar 22 kilometer barat laut kota Sabang

22. Pantai berpasir putih

Pantai berpasir putih melalui Insyiahacid

Pantai berpasir putih melalui Insyiah.ac.id

area: Paya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

23. Pantai Paneuh

Foto Paneuh Beach oleh Zulkifli Saputra

Foto Paneuh Beach oleh Zulkifli Saputra

lokasi: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

24. Pantai Jaboi

Pantai Jaboi via @ diansyahputra_99

Pantai Jaboi via @ diansyahputra_99

area: Desa Jaboi, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

25. Pantai Arun

Pantai Arun melalui Kompas

Pantai Arun melalui Kompas.com

area: Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

26. Pantai Batee Dua

Pantai Batee Dua via Hikayatbanda

Pantai Batee Dua melalui Hikayatbanda.com

area: Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

27. Pantai Mata Ie Sabang

Pantai Ie Sabang Beach melalui Ome2aceh.blogspot

Pantai Mata Ie sabang melalui Ome2aceh.blogspot.co.id

area: Ujong Kareung, Kota Sabang, Aceh

28. Pantai Pandan Keramat

Pantai Pandan Keramat via Bolehtanya

Pantai Pandan Keramat via Bolehtanya

area: ateuh, sukakarya, sabang

29. Pulau Seulako

Pulau Seulako melalui @im_as_cool

Pulau Seulako melalui @im_as_cool

Lokasi: Pulau Rubiah, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

30. Mercusuar Balohan

Mercusuar Balohan Foto oleh Hery IT

Mercusuar Balohan Foto oleh Hery IT

area: Desa Balohan, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

31. Mercusuar Meulee

Iule Lighthouse of Meulee Foto oleh Musliono mellynia

Iule Lighthouse of Meulee Foto oleh Musliono mellynia

area: Jl. Coastal Long Beach, Tj. Jaya, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

32. Mercusuar Ujong Asam

Foto Mercusuar Ujong Asam oleh Cekmint Flotilla

Foto Mercusuar Ujong Asam oleh Cekmint Flotilla

area: Kuta Barat, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

*****

Itulah penjelasan tempat wisata di Sabang yang bisa menjadi referensi untuk liburan yang mengasyikkan. Jika Anda ingin merasakan serunya liburan lain di ujung barat Indonesia, rencanakan kunjungan ke tempat-tempat wisata di atas. Dengan cara ini liburan Anda menjadi lebih tak terlupakan dan tak terlupakan.

Jangan lewatkan: 37 Objek wisata yang mempesona di Aceh

Leave a Reply