Tempat wisata di Bangkalan – Bangkalan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sangat kaya akan wisata alam. Kabupaten ini, terletak di Pulau Madura, menawarkan tempat wisata penting dalam bentuk wisata alam pegunungan, wisata pantai dan wisata kuliner.

Kab. Bangkalan memiliki total luas sekitar 1.260 km persegi. Wilayah ini dibagi menjadi 18 kecamatan, 8 kecamatan dan 273 wilayah desa.

Lokasi Kabupaten Bangkalan berada di sisi barat Pulau Madura. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan kota Surabaya.

Jembatan Suramadu, jembatan terpanjang di Indonesia, pintu masuk dan keluar berada di kabupaten ini.

Salah satu budaya khas lokal yang sangat terkenal adalah Karapan Sapi, yang ada ratusan tahun yang lalu dan masih dipertahankan sampai sekarang.

Mengunjungi tempat wisata menarik di Bangkalan

Jika Anda berencana untuk mengunjungi daerah Bangkalan atau setidaknya berhenti dalam waktu dekat, berikut adalah beberapa pemandangan menarik di Bangkalan yang dapat Anda coba kunjungi:

1. Bukit kapur Arosbaya

Batu kapur Arosbaya melalui Egieligius

Batu kapur Arosbaya melalui Egieligius

Bukit Kapur Arosbaya terletak di Buduran, Arosbaya, Kab. Bangkalan, Jawa Timur. Bukit ini dulunya merupakan tambang batu kapur. Belakangan, setelah aktivitas penambangan batu kapur berhenti di bukit ini, bukit itu berubah menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Panorama yang dilayani oleh bukit kapur cenderung sedikit berbeda dari panorama yang dilayani oleh sebagian besar bukit kapur. Jika sebagian besar bukit kapur lainnya menawarkan panorama berwarna keputihan, Bukit Kapur Arosbaya menawarkan nuansa cokelat yang indah.

Di tengah-tengah daerah berbukit ini banyak sisa-sisa ukiran dengan bentuk yang unik. Sisa gambar sering digunakan oleh wisatawan sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

Umumnya tidak banyak kegiatan wisata menarik yang bisa dilakukan di tempat ini. Di bukit ini, pengunjung hanya dapat melihat sekeliling area sambil mengambil foto dengan latar belakang bukit yang eksotis.

Dari segi fasilitas, Bukit Kapur Arosbaya masih tergolong fasilitas minimum. Karena itu, ketika mengunjungi bukit ini jangan berharap bahwa Anda dapat menikmati serangkaian fasilitas lengkap!

Tiket masuk ke objek wisata Arosbaya Bukit Kapur dikategorikan sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 saja. Di luar biaya ini, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi juga akan membayar biaya parkir Rp. 3.000 untuk mesin dan Rp. 20.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Bukit Kapur Jaddih

Lokasi: Desa Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan

Bukit Kapur Jaddih via IG @indoflshlightjatimid

Bukit Kapur Jaddih via IG @indoflshlightjatimid

Melompat ke daerah Socah, ada objek wisata Bukit Jaddih yang menawarkan daya tarik utama dalam bentuk lanskap perbukitan kapur yang sangat eksotis.

Sama seperti Bukit Arosbaya, Bukit Jaddih juga merupakan tambang batu kapur.

Perbedaannya adalah bahwa jika lanskap di Bukit Arosbaya tampak "berantakan" dan kurang terorganisir, lanskap di Bukit Jaddih benar-benar tertata dengan baik.

Bahkan di beberapa tempat bentuk lansekap sengaja dibentuk sehingga terlihat rapi dan menyenangkan.

Jika Anda seorang penggemar dunia fotografi, Bukit Jaddih adalah objek wisata yang cocok untuk Anda. Di bukit ini Anda dapat mengambil berbagai jenis foto di tempat-tempat menarik di bukit ini.

Oh he, bukit ini juga cocok digunakan sebagai tempat mengambil foto pre-wedding, lho!

Seberapa menarik bukan?

Jika Anda ingin mengunjungi bukit ini, lokasinya berada di wilayah Parseh, Socah, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

Anda tidak perlu membayar biaya masuk untuk memasuki Lokasi Bukit Jaddih. Satu-satunya biaya yang harus Anda bayar adalah biaya parkir Rp. 5.000 saja.

3. Bukit Geger Bangkalan

area: Desa Geger, Kec. Keributan, Kab. Bangkalan

Bukit Geger Bangkalan via IG @mampirmadura

Bukit Geger Bangkalan via IG @mampirmadura

Objek wisata berikutnya di Bangkalan adalah Bukit Galan Guger. Bukit Geger terletak di Desa Geger, Kec. Keributan, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

Bukit ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama matahari terbit yang indah di kawasan Bangkalan.

Di kalangan anak muda Bangkalan, objek wisata ini tergolong sangat terkenal. Alasannya, selain memiliki panorama yang sangat indah, lokasi objek wisata ini juga mudah diakses.

Untuk panorama sendiri, tempat ini menawarkan, selain matahari terbit, daerah dengan tebing kuno yang telah diperkirakan ada sejak zaman kuno.

Jika Anda seorang penggemar dunia arkeologi, tempat ini benar-benar suatu keharusan bagi Anda.

4. Mercusuar di kayu salib

area:

Mercusuar Sembilangan via IG

Mercusuar Sembilangan via IG

Mercusuar Sembilangan terletak di wilayah Sembilangan, Kab. Bangkalan, Madura. Mercusuar ini adalah salah satu saksi bisu dari kontrol pemukim Belanda di Indonesia, khususnya Bangkalan dan daerah sekitarnya.

Menurut data historis, mercusuar Sembilangan pertama kali didirikan pada tahun 1879. Pendirinya adalah seorang pemimpin kolonial Belanda bernama Z.M Willem III.

Mercusuar ini dulu berfungsi sebagai titik pemantauan. Belakangan posisinya menjadi lebih condong sebagai tempat wisata yang penuh nilai sejarah.

Umumnya tidak banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di tempat ini.

Namun, karena nilai sejarahnya yang tinggi, tempat ini masih harus dikunjungi, terutama bagi mereka yang suka belajar sejarah.

5. Hidup Kemuning Beach

Lokasi: Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan

Operasi Pantai Kemuning via IG @miftahikmaaah

Operasi Pantai Kemuning via IG @miftahikmaaah

Objek wisata berikutnya di Bangkalan adalah Pantai Siring Kemuning. Pantai Siring Kemuning terletak di garis utara Pulau Madura.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa pantai berpasir putih yang bersih dan luas.

Karena lokasi pantai ini berada di bagian utara Pulau Madura, ombak di pantai ini biasanya tenang dan ramah. Itulah sebabnya pantai ini sangat cocok digunakan sebagai tempat bermain air dan berenang.

Apalagi pantai ini juga sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk berjemur dan menikmati matahari terbenam di malam hari.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda harus mengambil rute utara (bukan jalan tengah) ketika memasuki Pulau Madura. Jalan menuju ke daerah Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Sebaliknya, jika Anda mengambil jalur tengah, Anda tidak akan melewati daerah Bangkalan.

6. Pantai Rongkang

Lokasi: Desa Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan

Pantai Rongkang via IG @hajid_arif

Pantai Rongkang via IG @hajid_arif

Anda tentu akrab dengan Jembatan Suramadu, bukan? Nah, tempat wisata di Bangkalan yang akan kita bahas adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan jembatan yang fenomenal.

Nama objek wisata ini adalah Pantai Rongkang. Pantai ini terletak di Kec. Kwanyar, tepatnya di Desa Kwanyar Barat, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Dari pusat kota Bangkalan, pantai ini berjarak sekitar 35 km ke selatan.

Secara umum, Pantai Rongkang menawarkan daya tarik utama yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan objek wisata pantai pada umumnya.

Hal-hal menarik yang ditawarkan oleh pantai ini sebenarnya ada di jembatan Suramadu.

Dari pantai ini Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang jembatan Suramadu yang fenomenal.

Untuk kondisi alam di sekitar pantai itu sendiri, secara praktis masih cukup bersih dan indah.

7. Pantai Sembilan

area: Desa Sambilangan, Kab. Bangkalan

Pantai Sembilan via IG @hairul_rosikin

Pantai Sembilan via IG @hairul_rosikin

Sebelumnya kita berbicara tentang objek wisata bernama Lighthouse Nine, kan? Nah, objek wisata ini sebenarnya bagian dari pantai yang akan kita bahas ini.

Berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Bangkalan, Pantai sembilan menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam yang menjadi ciri khas daerah pesisir yang masih sangat bersih dan alami.

Karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota, pantai ini telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Bangkalan.

Ketika mengunjungi pantai ini, wisatawan dapat melakukan sejumlah kegiatan wisata menarik seperti berjemur di pantai, bermain air, memancing, menikmati berbagai olahan kuliner di warung makan yang tersedia, mengunjungi mercusuar Sembilangan, berayun, dll.

Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas bisnis. Karena hampir semua fasilitas wisata yang Anda butuhkan tersedia di sini.

Lokasi sembilan pantai di Kec. Bangkalan, tepatnya di desa Sambilangan, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Pantai ini terbuka untuk umum 24 jam sehari.

Untuk masuk, pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk dan hanya perlu membayar biaya parkir 3000 rupee untuk kendaraan roda empat dan 2000 rupee untuk kendaraan roda dua.

8. Mount Lanterns Hospitality

area: Desa Daleman, Kec. Galis, Kab. Bangkalan

Bukit Lantern Beramah via IG @ rwdewi

Bukit Lantern Beramah via IG @ rwdewi

Bukit Lantern Beramah adalah salah satu tempat wisata baru di Bangkalan yang sedang dilanda kaum muda.

Daya tarik wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa pesona alam yang khas dari dataran tinggi yang menakjubkan, bersama dengan pengintai yang dikemas dengan berbagai dekorasi lentera.

Di tempat ini Anda bisa menikmati udara sejuk khas dataran tinggi sambil melihat keindahan lingkungan alam.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil foto dengan latar belakang pemandangan alam di sekitar pengintai yang disediakan oleh manajer.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak foto instagenik, kami sarankan Anda mengunjungi bukit ini di pagi hari ketika matahari baru saja mulai naik.

Apa yang akan kamu lakukan Tertarik pada foto di bukit ini?

Jika demikian, lokasi Lentera berada di desa Daleman, Kec. Galis, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

9. Taman Pendidikan Mangrove Labuhan

area: Desa Labuhan, Kec. Sepuluh, Kab. Bangkalan

Taman Pendidikan Mangrove Labuhan via IG @joko_wedi

Taman Pendidikan Mangrove Labuhan via IG @joko_wedi

Objek wisata berikutnya di Bangkalan adalah Manguve Education Park Labuhan.

Seperti beberapa daerah lain di Jawa Timur, Bangkalan juga memiliki kawasan hutan bakau yang dikelola sebagai tujuan wisata.

Perbedaannya adalah bahwa jika sebagian besar hutan bakau di daerah lain saja tidak menawarkan nilai edukasi (langsung), hutan bakau untuk pariwisata di Bangkalan dapat mengatasi hal itu.

Ya, dipersenjatai dengan fasilitas pendidikan manajer, objek wisata ini tidak hanya menghadirkan unsur pariwisata, tetapi juga unsur pendidikan bagi wisatawan yang datang.

Belakangan, saat berkunjung ke hutan bakau ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahannya, tetapi juga mempelajari berbagai hal terkait lingkungan, terutama di hutan bakau.

Untuk kegiatan wisata sendiri juga terbilang tidak monoton seperti kegiatan wisata di sebagian besar hutan bakau lainnya.

Jika di sebagian besar hutan bakau di daerah lain, pengunjung hanya bisa berjalan di sekitar kawasan hutan bakau, pengunjung tidak hanya bisa menjelajahi kawasan hutan bakau di sini, tetapi juga bermain kolam sentuhan, menjelajahi perairan dengan kano, menonton burung di menara mengamati burung, berkemah di perkemahan yang tersedia, dll.

Bagaimana kegiatan wisata yang ditawarkan oleh tempat ini sangat menyenangkan dan menyenangkan?

Nah, jika Anda tertarik untuk datang ke hutan bakau ini, lokasinya ada di Desa Labuhan, Kec. Sepuluh, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

10. Alun – Bangkalan square

area: Jl. K.H. Abdul Karim, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

Bangkalan Square, Flickr

Bangkalan Square, Flickr

Berbicara tentang kegiatan wisata di suatu daerah tentu tidak lengkap jika alun-alun belum dibahas.

Ya, karena sebagian besar wilayah di Indonesia memiliki wilayah kuadrat (yang hampir selalu digunakan oleh wisatawan di daerah tersebut sebagai tempat wisata), itu tidak kalah ketika datang ke daerah di Indonesia tanpa kuadrat untuk mengunjungi.

Alun – Alun Bangkalan terletak di Jl. K.H. Abdul Karim, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Secara keseluruhan, Bangkalan Square cukup bagus, bersih dan rapi.

Untuk menghadirkan suasana sejuk, pemerintah kabupaten. Bangkalan telah menghasilkan area taman yang cukup luas. Taman ini ditata sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang unik.

Biasanya alun-alun ini selalu digunakan oleh anak muda di lingkungannya sebagai salah satu tempat nongkrong di Bangkalan.

Selain itu, ada juga orang yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk berlatih persiapan kuliner atau berburu.

Sebagai objek wisata negara, Alun-alun Bangkalan dapat dikunjungi secara gratis. Apalagi waktu operasionalnya juga tidak terbatas.

11. Kolam renang Tretan

area: Desa Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

Kolam renang Tretan via IG @isroatulazizah

Kolam renang Tretan via IG @isroatulazizah

Setelah bosan mengunjungi berbagai tempat wisata di Bangkalan di atas, Anda bisa bersantai di kolam Tretan.

Kolam ini agak minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu lebar.

Sekalipun Anda hanya ingin berenang sambil bersantai, kolam ini masih cukup layak dan memadai.

Apalagi fasilitasnya juga cukup lengkap.

Dari tempat duduk yang dilengkapi dengan teras atap, ruang ganti, hingga kamar mandi dan ruang sholat, semuanya tersedia di sini.

Bagaimana tertarik berenang di kolam ini? Jika demikian, maka lokasinya berada di Desa Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

12. Kolam renang Goa Pote

area: Desa Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan

Kolam renang Goa Pote via IG @yoga_rusmayro

Kolam renang Goa Pote via IG @yoga_rusmayro

Selain kolam renang Tretan, ada objek wisata lain berupa kolam renang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Bangkalan. Nama kolam itu adalah kolam Goa Pote.

Berbeda dengan kolam renang Tretan yang mengusung konsep modern seperti kebanyakan kolam renang pada umumnya, kolam renang Goa Pote cenderung memakai konsep kolam renang alami.

Apalagi kolam ini tidak hanya menawarkan daya tarik berenang.

Lebih dari itu, tempat ini juga menawarkan berbagai kegiatan wisata lainnya seperti wisata gua, arung jeram, dll.

Jika Anda seorang musafir biasa yang gemar berburu foto, kolam renang ini sangat cocok untuk Anda sambangi. Alasannya adalah karena tempat ini memiliki banyak tempat foto yang sangat bagus dan instan.

Jadi apa Tertarik berenang dan berkeliling di lokasi kolam renang ini? Jika demikian, Anda dapat meluncur ke lokasi di Dusun Jakan, Desa Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

13. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

area: Desa Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

Taman Rekreasi Kota Bangkalan via IG @cuwie_binjuri

Taman Rekreasi Kota Bangkalan via IG @cuwie_binjuri

Taman Rekreasi Kota Bangkalan adalah salah satu tempat wisata di Bangkalan yang sangat populer dengan wisatawan di daerah tersebut.

Taman rekreasi ini terletak di desa Mlajah, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Seperti kebanyakan taman rekreasi pada umumnya, taman rekreasi Bangkalan dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan permainan.

Dari taman bermain anak-anak, kolam renang, ke sana / lebih untuk memancing, semuanya tersedia di taman rekreasi ini.

Uniknya adalah, meski dilengkapi dengan fasilitas lengkap, pengelola taman tidak secara otomatis membebankan biaya masuk yang mahal.

Itulah sebabnya taman ini dapat dikategorikan sebagai salah satu tempat wisata murah di Bangkalan, Madura.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu luang dan / atau akhir pekan bersama anggota keluarga, taman ini sangat disarankan untuk Anda.

14. Museum Cakraningrat

area: Jl. Sukarno Hatta No. 40, Kota Bangkalan

Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat

Objek wisata berikutnya di Bangkalan adalah Museum Cakraningrat. Museum Cakraningrat adalah museum yang sangat penting bagi kota Bangkalan.

Di museum ini tersimpan berbagai macam benda antik dari Istana Bangkalan, seperti gamelan, gong, alat perang, dll.

Kemudian, ketika Anda mengunjungi museum ini, Anda tidak hanya dapat melihat benda-benda unik di dalamnya, tetapi juga informasi dan pengetahuan tentang sejarah kerajaan Bangkalan.

Jika Anda tertarik untuk datang ke sini, lokasi museum ini berada di Jl. Sukarno Hatta No. 40, Kota Bangkalan, Jawa Timur.

15. Taman Bangkalan Paseban

area: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

Taman Paseban Bangkalan via IG @ulfachuzn

Taman Paseban Bangkalan via IG @ulfachuzn

Taman Paseban Bangkalan adalah salah satu tempat wisata baru di Bangkalan yang dikelola langsung oleh pemerintah daerah.

Taman ini menawarkan berbagai tempat wisata yang cocok untuk hampir semua umur.

Siang hari, udara di sekitar taman terasa sejuk dan nyaman. Hal ini diduga dengan adanya pohon rindang di daerah tersebut.

Selain keren, taman ini juga bersih dan rapi!

Fasilitasnya juga cukup lengkap. Dari tempat duduk, tempat berlindung, toilet hingga tempat parkir dan tempat makan, semuanya tersedia di sini.

Oh dia, biasanya dari siang hingga sore hari di sekitar taman ini ada banyak pedagang yang menjual berbagai jenis olahan kuliner khas Madura.

Untuk itu, jika Anda ingin mencicipi betapa lezatnya masakan khas Madura yang disiapkan, taman ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Anda.

Lokasi Taman Paseban berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Taman ini terbuka untuk umum 24 jam sehari, jadi Anda bisa mengunjunginya kapan pun Anda mau.

16. Wisata Aer Mata Arosbaya

area: Desa Buduran, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan

Wisata Aer Mata Arosbaya via Plat-m

Wisata Aer Mata Arosbaya via Plat-m.com

Area piknik berikutnya di Bangkalan adalah Pariwisata Aer Mata Ibu Arosbaya. Aer Mata Wisata Ibu Arosbaya terletak di desa Buduran, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Tempat ini menawarkan daya tarik utama berupa wisata religi ke makam Isrti Raden Cakraningrat.Bakraningrat sendiri adalah raja Bangkalan yang sangat dihormati oleh bangsanya.

Kabarnya, tempat ini didirikan dengan tujuan untuk memperingati dan menghormati istri Raja Cakraningrat, yaitu Sarifah Ambani. Dia adalah wanita yang penurut dan taat yang sangat mencintai Raja Cakraningrat.

Kemudian, saat berkunjung ke tempat ini, pengunjung dapat mengunjungi sumber kehidupan selain makam istri Raden Cakraningrat. Menurut kepercayaan masyarakat di sekitar sumur, air dipercaya membuat orang yang mengkonsumsinya muda.

17. Air terjun Kokop

area: Daerah Koalla, Durjan, Kokop, Kab. Bangkalan

Air terjun Kokop via Wisatamadura

Air terjun Kokop via Wisatamadura.com

Selain memiliki banyak tempat wisata sejarah, Kab. Bangkalan juga memiliki objek wisata air terjun, lho! Salah satunya adalah Air Terjun Kokop yang terletak di Koalla, Durjan, Kokop, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Air Terjun Kokop adalah objek wisata baru di Bangkalan yang belum terkenal oleh wisatawan.

Air terjun ini masih sangat alami dan belum tersentuh oleh banyak tangan manusia.

Tingginya cukup normal. Tetapi aliran air terlihat bersih dan segar seperti air dari daerah pegunungan.

Hingga artikel ini ditulis, objek wisata ini masih sangat minim fasilitasnya. Jalan akses masih berupa jalan.

Karena itu, jika Anda ingin berkunjung ke sini, jangan lupa membawa bekal! Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, karena tempat ini tidak memiliki petugas kebersihan khusus.

18. Wisata religi dari Sarimuna Boat Syaichona Moh. Cholil

area: Desa Telaga Biru, Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan

Sarimuna Boat Syaichona Moh. Cholil melalui Pulaumadura

Sarimuna Boat Syaichona Moh. Cholil melalui Pulaumadura

Tempat wisata berikut di Bangkalan adalah Sarimuna Syaichona Boat Obyek Wisata Religi Moh. Cholil

Syaichona Moh. Cholil adalah salah satu ulama besar yang membantu menyebarkan Islam di Madura.

Nah, objek wisata yang akan kita bahas adalah objek wisata tempat kapal dari Syaichona Moh. Cholil disimpan.

Lokasi objek wisata ini adalah di desa Telaga Biru, Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Jika Anda ingin mempelajari sejarah dan pada saat yang sama mengambil langkah keagamaan, tempat ini baik untuk Anda kunjungi.

19. Air terjun Batu Raja Manitan

area: Dusun Runggarung, Desa Banyubunih, Kec. Galis, Kab. Bangkalan

Air terjun Batu Raja Manitan via IG @potretmadura

Air terjun Batu Raja Manitan via IG @potretmadura

Air Terjun Batu Raja Manitan adalah salah satu air terjun terindah di Madura. Air terjun ini menawarkan panorama unik dan umumnya berbeda dari kebanyakan air terjun.

Jika sebagian besar air terjun biasanya memiliki aliran yang segera "jatuh" atau bahkan menyelam ke daerah pupuk / danau di bawah, aliran dari air terjun ini benar-benar mengalir di tebing di mana pohon-pohon ditumbuhi.

Secara umum, air terjun ini tergolong tidak terlalu tinggi. Namun keadaannya sangat bersih. Aliran airnya juga terasa sejuk dan segar.

Sayangnya, pada waktu-waktu tertentu, terutama selama musim kemarau panjang, aliran air di air terjun ini biasanya akan mati.

Itu sebabnya kami menyarankan Anda untuk datang di musim hujan jika Anda ingin datang ke air terjun ini.

Lokasi itu sendiri berada di Dusun Runggarung, Desa Banyubunih, Kec. Galis, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

20. Pemandian Sumber Pocong

area: Dusun Karang Anyar, Desa Pocong, Kec. Tragah, Kab. Bangkalan

Sumber Pocong mandi melalui IG @fatahjustit (kiri) dan @ekagee

Sumber Pocong mandi melalui IG @fatahjustit (kiri) dan @ekagee

Langit tersembunyi di Bangkalan. Mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan objek wisata ini yang akan kita bahas.

Ya, terlepas dari kenyataan bahwa itu memiliki nama yang agak menyeramkan, tetapi sebenarnya tempat ini menawarkan daya tarik wisata yang sangat indah, area berenang alami dengan air yang sangat jernih.

Bahkan air yang paling jernih di tempat ini terlihat jelas pada ikan yang hidup di sini.

Sayangnya, pemandian ini tidak dikelola sama sekali hingga artikel ini. Itu sebabnya fasilitasnya sangat minim dan bahkan akses ke jalan masih belum jelas.

Lokasi resor Sumber Pocong terletak di Dusun Karang Anyar, Desa Pocong, Kec. Tragah, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Jika Anda ingin mengunjungi pemandian ini, Anda dapat berkendara ke Pocong Village. Ketika kami tiba di sana, kami sarankan Anda bertanya kepada masyarakat sekitar, mengingat jalan akses yang tidak jelas.

21. Masjid Sunan Cendana

area: Derah Ketetang, Kwanyar, Kab. Bangkalan

Masjid Sunan Cendana via Laduni

Masjid Sunan Cendana via Laduni.id

Masjid Sunan Cendana adalah objek wisata religi di Bangkalan yang sangat terkenal. Masjid ini terletak di Derah Ketetang, Kwanyar, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur memiliki bentuk konstruksi yang unik.

Ya, jika sebagian besar masjid umumnya dibangun dengan atap kubah, masjid ini akan dibangun dengan atap kerucut.

Selain memiliki bentuk "tidak biasa", masjid ini juga merupakan lokasi makam Sunan Cendana lho! Ia adalah cucu Sunan Ampel, yang diyakini telah dilahirkan dengan berbagai manfaat.

Ya, kecuali Anda dapat beribadah di masjid ini, Anda juga dapat melakukan ziarah ke makam-Nya.

Jika mau, Anda juga bisa mengunjungi halaman masjid ini hanya untuk melihat-lihat barang-barang antik yang ada, karena salah satunya adalah drum raksasa yang dibuat menggunakan suku Cendana.

22. Goa Alam Goa Aren

area: Desa Ketetang, Kec. Kawanyar, Kab. Bangkalan

Wisata alam Goa Aren via Google

Wisata alam Goa Aren via Google

Objek wisata berikutnya di Bangkalan adalah wisata alam Goa Aren. Wisata Aren Goa terletak di Desa Ketetang, Kec. Kawanyar, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

Gua ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama stalagmit dan stalaktit eksotis yang terbentuk secara alami.

Jika Anda menyukai petualangan di luar ruangan, gua ini sangat bagus untuk Anda jadikan tujuan wisata, mengingat keadaan yang benar-benar masih satu dengan alam.

23. Masjid Agung Bangkalan

area: Jl. KH. Moh. Kholil, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan melalui situs budaya

Masjid Agung Bangkalan melalui situs budaya

Selain masjid Sunan Cendana, ada bangunan masjid ikonik lainnya di Bangkalan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Masjid adalah Masjid Agung Bangkalan.

Masjid Agung Bangkalan terletak di Jl. KH. Moh. Kholil, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

Masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Bangkalan.

Seperti masjid Sunan Cendana, atap masjid tidak memiliki bentuk kubah seperti masjid pada umumnya. Karena gaya masjid ini adalah gaya tradisional Jawa.

Selain beribadah, ketika Anda mengunjungi masjid ini, Anda bisa melihat-lihat bangunan masjid ini, yang omong-omong penuh dengan nilai artistik.

Dari bentuk bangunan dan gaya arsitektur hingga dekorasi dalam bentuk ukiran khas daerah Madura, semuanya dapat Anda temukan di masjid ini.

Sangat menarik bukan?

24. Gunung Lumut

area: Jaddih, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

Gunung Lumut melalui Sewadrone

Gunung Lumut melalui Sewadrone

Objek wisata berikutnya di Bangkalan adalah Gunung Lumut. Gunung Lumut terletak di Jaddih Barat, Socah, Jaddih, wilayah Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

Gunung ini disebut "Gunung Lumut" karena daerahnya ditutupi oleh tanaman lumut.

Secara umum gunung ini menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam khas dataran tinggi yang penuh dengan udara sejuk.

Apalagi karena letaknya di daerah pedesaan, gunung ini sangat cocok dijadikan lokasi menyalurkan hobi bersepeda.

Hingga artikel ini ditulis, Gunung Lumut masih minim fasilitas.

Karena panorama alamnya sangat indah, bukit ini tetap direkomendasikan untuk dikunjungi, terutama oleh mereka yang suka mengunjungi objek wisata alam.

25. Pusat Batik Tanjung Bumi

Lokasi: Desa Paseseh, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan

Pusat Batik Tanjung Bumi via Infobatics

Sentra Batik Tanjung Bumi via Infobatik.id

Pusat Batik adalah tempat berikutnya untuk merekomendasikan oleh-oleh. Anda dapat mengunjungi pusat Batik Tanjung Bumi, yang berjarak sekitar 40 km atau 1 jam perjalanan dengan mobil.

Selain bisa mengambil batik, Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik Madura di sini. Lokasi yang strategis dan akses jalan yang baik menjadikan pusat Batik ini layak bagi Anda untuk masuk dalam daftar tempat wisata di Bangkalan yang menarik untuk kita jelajahi.

26. Stadion Kerapan Sapi R.P Moh. Noer

area: Dusun Bajik, Kel. Bancaran, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Madura

Stadion R. Kerapan Sapi Moh. Noer via Jawapos

Stadion R. Kerapan Sapi Moh. Noer via Jawapos

Seperti yang kami sebutkan di atas, Bangkalan memiliki seni tradisional yang terkenal di seluruh negeri yang disebut Kerapan Sapi.

Nah, jika Anda berasal dari luar daerah, sangat disayangkan jika Anda tidak melihat acara balap sapi khas di daerah Bangkalan.

Untuk melihat balap banteng itu sendiri, waktu tidak selalu bisa. Ini karena balapan sapi hanya diadakan pada waktu-waktu tertentu.

Namun, tempat tender biasanya tidak bergerak. Salah satu lokasi berlangganan yang sering digunakan sebagai tempat acara perlombaan adalah Kerapan Sapi R.P. Stadion Moh Noer.

Stadion ini terletak di Dusun Bajik, Kel. Bancaran, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Jika Anda ingin melihat ras Anda, kami sarankan Anda untuk datang ke sana.

27. Kolla Langgundi

area: Desa Ujung Pring, Dusun Lagundi, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan

Kolla Langgundi via Sportourism

Kolla Langgundi via Sportourism

Kami sudah membahas atraksi kapal Syaichonna Cholil sebelumnya, kan? Nah, atraksi yang akan kita bahas juga terkait dengan daya tarik kapal.

Terletak di Desa Ujung Pring, Dusun Lagundi, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Jawa Timur, Obyek Wisata Kolla Langgundi menawarkan daya tarik utama berupa wisata religi dan pendidikan bagi anak-anak.

Lokasi tempat ini tidak jauh dari makam Syaichonna Cholil.

Turis biasanya datang ke tempat ini untuk beristirahat dan mandi setelah mengunjungi makam Syaichonna Cholil.

Selain bisa mandi dan bermain air, pengunjung juga bisa mendapatkan banyak informasi mengenai sejarah dan agama.

28. Benteng Erfprins

Lokasi: Jalan KS Tubun, Kelurahan Pejagan, Kabupaten Bangkalan

Warisan warisan melalui lokasi budaya

Warisan warisan melalui lokasi budaya

Objek wisata berikutnya di Bangkalan adalah benteng Erfprins. Benteng Erfprins, juga dikenal sebagai Benteng Erfprins, adalah situs bersejarah dan saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda.

Benteng ini didirikan pada masa pemerintahan Raja William I, yaitu berkisar antara 1817 hingga 1848.

Pada saat itu benteng itu sengaja didirikan oleh penjajah Belanda sebagai benteng.

Namun, ketika Sekutu kalah dalam Perang Dunia Kedua, kendali benteng ini difokuskan pada rakyat Indonesia.

Sejak itu, benteng ini telah menjadi dasar pertahanan rakyat Indonesia melawan penjajah, apakah itu penjajah Belanda atau penjajah Jepang.

Benteng ini dulunya memiliki fasilitas luar biasa. Sayangnya benteng ini telah ditinggalkan oleh pasukan kita dari waktu ke waktu, sehingga kondisi fasilitas saat ini sangat minim dan cenderung kurang terpelihara.

Jika Anda ingin melihat langsung seperti apa benteng ini, itu ada di daerah Pejagan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Jawa Timur.

29. Pasar Ki Duwur yang lemah

Lokasi: Jalan Perdana Kusuma, Mlajah, Bangkalan

De zwakke Ki-markt Duwur Bangkalan via Ahmadramadhan.wordpresscom

De zwakke Ki-markt Duwur Bangkalan via Ahmadramadhan.wordpress.com

Als je naar Bangkalan gaat, vergeet dan niet te stoppen bij de Ki Lemah Duwur-markt. Pasar ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Bangkalan.

Pasar ini dibuka tiap hari. Anda bisa menemukan berbagai keperluan harian, sentra kuliner hingga oleh-oleh. Jadi kurang lengkap rasanya kalau ke Bangkalan tanpa membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk kerabat. Lokasi pasar ini ada di Jalan Halim Perdana Kusuma, Mlajah.

30. Bangkalan Plaza

Lokasi: Jalan Perdana Kusuma, Mlajah, Bangkalan

Bangkalan Plaza

Bangkalan Plaza

Kalau pasar ki lemah duwur merupakan pasar tradisional, maka anda bisa mengunjungi bangkalan plaza kalau mau berbelanja di tempat yang lebih modern.

Memang, Bangkalan Plaza ini tidak sebesar plaza-plaza lain di kota besar seperti yang ada di Surabaya atau Jakarta, namun lebih dari cukup untuk memenuhi berbagai keperluan masyarakat Bangkalan.

Tempat ini cocok untuk sekedar “cuci mata” atau untuk mencari ganjalan perut lho. Lokasinya ada di Jalan Perdana Kusuma, Mlajah, dekat dengan Pasar Ki Lemah Duwur.

Tempat Wisata Kuliner di Bangkalan

Kalau kita sudah keliling seharian ke berbagai tempat wisata di Bangkalan di atas, kini saatnya kita mengulas wisata kuliner Bangkalan yang layak untuk kita coba:

31. Topak Ladhe

Lokasi: Pasar Senen, Bangkalan

Topak Ladhe via Matamaduranews

Topak Ladhe via Matamaduranews.com

Kuliner Bangkalan pertama yang mesti kita cobain adalah Topak Ladhe yang merupakan makanan khas yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan kental yang nikmat dan gurih.

Topak Ladhe yang dinikmati dengan potongan lontong dijamin akan membuat lidah anda bergoyang. Anda bisa menikmati makanan ini di pasar senen Bangkalan. Di sana banyak penjual yang menjual makanan yang satu ini.

32. Nikmatnya Tajin Sobih

area: Jl.RE Martadinata No.24 Bangkalan

Tajin Sobih via Yukepo

Tajin Sobih via Yukepo.com

Kuliner Bangkalan berikutnya yang mesti anda jajal adalah tajin sobih yang merupakan bubur khas Madura. Sebenarnya tajin sobih ini mirip dengan bubur pada umumnya, hanya saja tajin sobih ini memiliki rasa gurih manis karena di dominasi oleh bahan-bahan makanan yang manis. Anda bisa menikmati makanan yang lezat ini di Jl.RE Martadinata No.24 Bangkalan Madura Jawa Timur.

33. Nasi Serpang Madura

Lokasi: Jl. Panglima Soedirman, Kota Bangkalan

Nasi Serpang Madura via Bangkalankita

Nasi Serpang Madura via Bangkalankita.com

Kuliner khas Bangkalan yang mesti anda cobain berikutnya adalah nasi seroang yang rasanya super duper uenak. Ada bumbu khusus yang membuat cita rasa nasi serpang ini luar biasa.

Nasi serpang ini bisa anda nikmati dengan lauk berupa ikan dan daging di tambah dengan Kerupuk Rambak Bambu rujak yang akan menggoyang lidah anda.

Silahkan datang saja ke Jl. Panglima Soedirman di Bangkalan untuk mencoba nikmatnya nasi serpang ini.

34. Sate Madura

Lokasi: Bangkalan

Sate Madura via Jendelakuliner

Sate Madura via Jendelakuliner.com

Kalau sate yang satu ini pasti sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Bagaimana tidak, sate Madura ini ada di hampir semua wilayah Indonesia, bahkan sampai ke pedesaan juga.

Bahkan ada juga yang bukan orang Madura jual sate Madura, karena mereka pinjam nama sate Madura yang sudah sangat terkenal itu. tentunya.

Nah, kalau sudah ke Bangkalan, jangan sampai anda tidak menjajal sate Madura ya. Anda bisa mencoba Sate Madura ini di banyak tempat di Bangkalan, salah satunya di Alun-alun Bangkalan.

35. Sop Kaldu Kokot

Lokasi: Jalan Arif Rahman No.13, Timur Kota Bangkalan

Sop Kaldu Kokot via Junantoherdiawan

Sop Kaldu Kokot via Junantoherdiawan.com

Kuliner Bangkalan berikutnya yang layak anda cobain selanjutnya adalah sop kaldu kokot yang terbuat dari kacang hijau yang diracik dengan bumbu rempah rempah dan dicampur dengan kikil.

Sop kaldu kokot ini berbeda dengan sop pada umumnya, terutama karena sop yang satu ini saat disajikan biasanya ditambah dengan ulekan kacang ataupun bumbu petis. Kalau anda tertarik dengan kuliner yang satu ini, silahkan datang saja ke jalan arif rahman no.13 disebelah timur kota.

36. Bebek Sinjai

Lokasi: Jl. Raya Ketengen No. 45, Bangkalan

Bebek Sinjai via bearlittleworld.wordpresscom

Bebek Sinjai via bearlittleworld.wordpresscom

Bagi anda pecinta kuliner yang terbuat dari daging bebek, maka bebek sinjai ini harus anda cobain. Bebek sinjai merupakan salah satu kuliner Bangkalan yang terkenal karena kenikmatannya.

37. Soto Mata Sapi

Lokasi: Jalan Raya Burneh, Kota Bangkalan

Soto Mata Sapi via Ksmtour

Soto Mata Sapi via Ksmtour

Kuliner Bangkalan terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda adalah soto mata sapi. Soto mata sapi? Kok sepertinya ekstrim sekali ya?

Memang soto mata sapi ini sangat unik, bahkan aneh tapi kalau soal rasa jangan ditanya, dijamin bakal membuat lidah ada bergoyang.

Soto mata sapi ini diracik dengan bumbu rahasia dan disajikan dengan irisan danging sapi. Kalau anda penasaran dengan kuliner yang satu ini, anda bisa datang ke jalan raya burneh di kota bangkalan.

****

Hoe Ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Bangkalan bukan, maka kulinernya enak-enak lagi. Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin menjelajahi objek wisata Bangkalan tersebut bukan? Tunggu apalagi, segera persiapkan ransel anda.

Mari kita juga melihat: 17 Tempat Wisata di Sampang Madura Terbaru

Leave a Reply