Tempat wisata di Karanganyar – Karanganyar adalah salah satu bupati di provinsi Jawa Tengah, sekitar 14 km dari kota Surakarta. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 800 km persegi yang terbagi menjadi 17 kecamatan dan 177 kecamatan.

Menurut informasi yang kami terima dari situs web Wikipedia, Kab. Karanganyar berasal dari dukuh di daerah ini. Pada saat itu, Raden Mas Said, yang menjabat sebagai Mangkunagara I, berhasil menyimpulkan perjanjian baru setelah mengkonsumsi wahyu istana dalam bentuk crane.

Dalam perjanjian baru ia berhasil mendapatkan stabilitas untuk menjadi penguasa wilayah Karang. Karena "Anyar" dalam bahasa Jawa yang baru, kota itu kemudian dinamai Karanganyar.

Secara geografis, Kab. Karanganyar terletak di daerah dataran rendah di daerah Lembah Sungai Solo. Meskipun demikian, beberapa bagian dari lingkungan ini juga terletak di dataran tinggi, yaitu di Pegunungan Lawu.

Karena lokasi geografisnya, Kab. Karanganyar memiliki berbagai jenis tempat wisata. Satu-satunya tempat wisata yang tidak dimiliki oleh lingkungan ini adalah wisata pantai, mengingat lokasinya di tengah-tengah daratan dan tidak langsung di laut.

Tempat wisata di Karanganyar Menarik untuk dikunjungi

Apakah Anda merencanakan tur di Karanganyar? Berikut adalah beberapa tempat wisata di Karanganyar yang dapat Anda sertakan dalam daftar tujuan di sana:

1. Grojogan Sewu

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Air terjun Grojogan Sewu Karanganyar via Inet

Air terjun Grojogan Sewu Karanganyar via Inet

Objek wisata pertama di Karanganyar adalah Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terletak di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Kalisoro, wilayah Tawangmangu.

Tempat ini disebut Grojogan Sewu (berasal dari bahasa Jawa yang berarti "seribu air terjun") karena aliran air yang sangat besar.

Secara keseluruhan, air terjun Grojogan Sewu memiliki panorama yang sangat indah. Selain kondisi alam di sekitar lokasi air terjun ini juga tergolong masih sangat bersih dan indah.

Pada waktu-waktu tertentu, daerah di sekitar lokasi air terjun ini sering diserbu oleh kawanan monyet yang sebenarnya tinggal di kawasan hutan di sekitar air terjun.

Untuk mencapai air terjun Grojogan Sewu, diperlukan upaya ekstra yang cukup besar. Ya, untuk mencapai area di bawah air terjun, Anda harus mendaki sekitar 1.200 anak tangga.

Kedengarannya memang melelahkan, tetapi dalam praktiknya Anda tentu tidak akan merasa lelah sama sekali, mengingat panorama dan kondisi alam di sekitar air terjun ini yang sangat ramah.

Oh dia masih sedikit berhantu menurut informasi yang beredar di air terjun Grojogan Sewu, lho!

Itu sebabnya kami menyarankan Anda untuk selalu menjaga sikap dan perilaku Anda ketika ingin pergi ke sini.

2. Air terjun Jumog

Lokasi: Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar

Air terjun Jumog via Kompas

Air terjun Jumog via Kompas

Tidak jauh dari Curug Grojogan Sewu ada objek wisata lain berupa air terjun yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Nama objek wisata adalah Air Terjun Jumog.

Meski berdekatan, Air Terjun Jumog tidak seterkenal Air Terjun Grojogan Sewu.

Meskipun air terjun ini memiliki panorama yang tidak kalah bagusnya dengan air terjun Grojogan Sewu. Apalagi jumlah langkah untuk mencapai lokasi air terjun ini tidak sebanyak jumlah langkah untuk mencapai air terjun Grojogan Sewu.

Memang, untuk ketinggian dan drainase air, Air Terjun Jumog tidak setinggi dan sebesar Air Terjun Grojogan Sewu. Namun secara umum air terjun ini tetap terlihat bagus dan indah! Dan kabar baiknya, di musim perayaan, air terjun ini biasanya jauh lebih nyaman untuk dikunjungi, mengingat jumlah pengunjung yang tidak seramai air terjun Grojogan Sewu.

Lokasi Air Terjun Jumog terletak di desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Air terjun Pringgodani

Lokasi: Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Wisata Air Terjun Tawangmangu Wisata Pringgodani

Wisata Air Terjun Tawangmangu Wisata Pringgodani

Area piknik berikutnya di Karanganyar adalah air terjun Pringgodani.

Air terjun Pringgodani terletak di kaki Gunung Lawu di kabupaten Blumbang. Dari terminal bus Tawangmangu, air terjun ini hanya berjarak sekitar 4 km.

Dibandingkan dengan dua air terjun sebelumnya, air terjun Pringgodani memiliki drainase air yang jauh lebih besar. Apalagi tingkat ketinggiannya juga jauh lebih tinggi dan mencapai 100 meter.

Sayangnya, akses ke lokasi air terjun ke artikel ini masih sangat sulit.

Karena aksesnya yang sangat sulit, mayoritas wisatawan yang datang ke air terjun ini biasanya tidak datang langsung ke dasar air terjun. Sebagian besar dari mereka hanya datang ke daerah Sendang Pengantin untuk sekadar menikmati panorama indah air terjun ini dari atas.

Jika Anda seorang traveler biasa yang suka berpetualang, perjalanan ke air terjun ini tentu akan membuat Anda merasa sangat menarik.

4. Danau Madirda

Telaga Madirda melalui amzngargoyoso.blogspotcom

Telaga Madirda melalui amzngargoyoso.blogspot.com

Telaga Madirda terletak di Ngargoyoso, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Danau ini adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Karangnyar yang sangat bagus untuk dijadikan tempat bersantai dan lelah.

Di sini Anda dapat bersantai di tepi danau untuk menikmati udara sejuk khas dataran tinggi dan "cuci mata" dengan melihat-lihat area yang penuh dengan panorama indah.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar, Danau Madirda adalah danau suci yang sering digunakan sebagai lokasi untuk melakukan ritual keagamaan oleh umat Hindu.

Diduga di danau ini ada batu yang dulunya merupakan lokasi tepat Retno Anjani yang ditangkap saat kelahiran pertunjukkan boneka Hanoman.

Jika Anda seorang turis biasa yang suka mempelajari keanekaragaman budaya, kami sarankan Anda mengunjungi danau ini pada waktu-waktu penting agama Hindu. Dengan cara ini Anda dapat menikmati tidak hanya keindahan alam danau, tetapi juga berbagai wisata budaya.

5. Agrowisata Amanah

alamat: Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM. 34, 3, RT. 01/03, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Amanah Agro Wisata melalui Jitunews

Amanah Agro Wisata melalui Jitunews

Amanah Agro Tourism adalah tujuan wisata keluarga yang sangat populer di Karanganyar. Agrowisata ini menawarkan berbagai tawaran wisata yang sangat menarik, baik untuk anak-anak – bahkan untuk orang dewasa.

Khusus untuk anak-anak – agrowisata dilengkapi dengan berbagai jenis wahana khusus untuk anak-anak.

Khusus untuk remaja dan dewasa, agrowisata ini telah menciptakan area keluar yang dapat digunakan untuk meningkatkan kohesi dan kerja sama kelompok.

Apalagi bagi Anda yang ingin belajar, di agrowisata ini Anda juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang dunia pertanian, peternakan dan perkebunan lho!

Sangat keren bukan?

6. Astana Giribangun

Lokasi: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar

Astana Giribangun via Travellingyuk

Astana Giribangun via Travellingyuk

Objek wisata berikutnya di Karanganyar adalah Astana Giribangun. Astana Giribangun adalah kompleks pemakaman milik keluarga besar Presiden Republik Indonesia ke-2, Bapak Suharto.

Seperti kita ketahui bersama, Bapak Suharto, sebagai Presiden Republik Indonesia ke-2, serta Presiden dengan masa jabatan terpanjang di Indonesia, memiliki kesan tersendiri pada masyarakat Republik Indonesia.

Nah, jika Anda salah satu dari mereka yang terkesan dengan penampilannya, Anda dapat mengunjungi rumah duka hanya untuk berziarah dan berjalan-jalan.

Kemudian, selain dapat melihat makam Pak Suharto, Anda dapat melihat makam keluarganya di kompleks pemakaman ini, seperti Ny. Tien Suharto dan beberapa kerabat dekat lainnya.

7. Perkebunan teh Kemuning

Lokasi: Ngargoyoso, Kemuning, Kab. Karanganyar

Perkebunan teh Kemuning via Pigilagi

Perkebunan teh Kemuning via Pigilagi

Perkebunan teh Kemuning adalah "daerah puncak" Kab. Karanganyar. Ya, jika Kab. Bogor memiliki daerah Puncak dengan pemandangan panorama perkebunan teh yang eksotis, Kab. Karanganyar memiliki perkebunan teh Kemuning dengan panorama alam yang serupa.

Perkebunan teh Kemuning terletak di wilayah Ngargoyoso, Kemuning, Kab. Karanganyar.

Di area perkebunan teh ini ada tempat yang bagus yang dilanda kaum muda, yaitu Rumah Ndoro Dark Tea. Rumah itu dibangun menggunakan gaya arsitektur khas dari kincir angin Belanda. Pengunjung biasanya menggunakan rumah sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

8. Agrowisata Sondokoro

Lokasi: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Karanganyar

Agritourisme Sondokoro via IG @ cuphe_syifha

Agritourisme Sondokoro via IG @ cuphe_syifha

Agrowisata Sondokoro adalah salah satu tempat wisata populer di Karanganyar. Tempat ini menawarkan berbagai wahana permainan yang sangat menarik, seperti area outgoing, flyingfoz, water tree, dll.

Salah satu wahana paling populer di tempat ini adalah naik kereta tua yang memungkinkan Anda melakukan perjalanan melalui area tersebut.

Selain itu, ada juga taman binatang mini dengan banyak hewan langka.

Jika Anda ingin mengunjungi agrowisata ini, lokasinya ada di sekitar pabrik Gula Tasikmadu, Kab. Karangnyar, Jawa Tengah.

9. Taman Ria Balekambang

Lokasi: Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Taman Ria Balekambang melalui Rentalmainansolo

Taman Ria Balekambang melalui Rentalmainansolo

Taman Ria Balekambang tidak jauh dari air terjun Grojogan Sewu. Taman ini menawarkan berbagai fasilitas wisata yang sangat menarik seperti studio lukisan, lapangan tenis, kolam renang, Tembok Besar, Hollywood Hill, Menara Eiffel dan gerbang. Arch de Triomphe Prancis, candi Borobudur, piramida Mesir, sphinx, dan patung Merlion di Singapura.

Ada banyak villa dan hotel yang bisa disewa di sekitar taman ini. Jika Anda ingin bepergian di daerah ini, kami sarankan Anda menghabiskan satu atau dua malam. Selain itu, lokasinya ada di kawasan wisata Tawangmangu, jadi kita perlu menyiapkan lebih banyak waktu untuk membuat liburan lebih menyenangkan.

Selain itu, ada banyak atraksi permainan lainnya di sini seperti taman bermain, arena outbound dan rubah terbang, ATV, dll. Yang akan membuat liburan Anda lebih dingin.

10. Candi Cetho

Lokasi: Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Candi Cetho melalui Kompas

Candi Cetho melalui Kompas

Candi Cetho adalah candi kuno dari kerajaan Majapahit. Lokasi candi ini berada di Kec. Jenawi, tepatnya di Desa Gumeng, Dusun Ceto, Kab. Karanganyar.

Secara umum, candi ini memiliki sekitar sebelas teras, yang semuanya berada di lahan bertingkat.

Di kompleks candi ini ada sebidang tanah untuk salah satu leluhur di Dusun Cetho, Ki Ageng Krincing Wesi.

Jika mau, Anda bisa mengunjungi area petilasan untuk berziarah atau hanya melihat-lihat area.

Kuil ini sendiri terletak di ketinggian sekitar 1.496 meter DPL, jadi ketika Anda berkunjung ke sini, Anda merasakan udara sejuk yang merupakan ciri khas pegunungan.

Jadi bagi Anda yang tidak tahan dingin, pastikan Anda membawa trailer, jika Anda masih sendirian, jangan lupa membawa mantel tebal dan kacamata ke realitas pahit yang menjadi mata Anda. ditandatangani untuk menutupi. 😀

Pura ini sangat indah, lho, terutama nilai artistik candi yang dipadukan dengan keindahan panorama alam, sungguh mempesona

Oh ya, teman, ketika Anda memasuki area kuil, Anda harus mengenakan pola berpola hitam putih di sekitar pinggang.

11. Candi Sukuh

Lokasi: Desa Gumeng, Kec. Jenawi, Karanganyar

Candi Sukuh

Candi Sukuh

Masih di Desa Gumeng, Kec. Jenawi, ada bangunan candi tua lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Nama bangunan candi lama adalah Candi Sukuh.

Candi Sukuh adalah candi yang sangat unik. Bentuk candi kuno ini umumnya tidak menyerupai sebagian besar bangunan candi kuno Indonesia dan menyerupai bangunan Maya di Meksiko dan Inca di Peru.

Ada berbagai patung erotis di sekitar bangunan candi ini yang diyakini sebagai simbol kesuburan. Karena unik, candi ini sangat cocok digunakan sebagai latar belakang untuk foto.

12. Mandi Sapta Tirta Pablengan

Lokasi: Desa Pablengan, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar

Pemandian Sapta Tirta Pablengan via IG @Indonesia_kaya

Pemandian Sapta Tirta Pablengan via IG @Indonesia_kaya

Pemandian Sapta Tirta Pablengan berlokasi di Desa Pablengan, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar. Sama seperti namanya, pemandian ini memiliki tujuh sumber, yang masing-masingnya diharapkan menawarkan manfaat.

Diduga sumber mata air keempat di pemandian ini, yang merupakan sumber urin, dapat membantu usus untuk menyembuhkan penyakit rematik, gatal dan berbagai penyakit kulit.

Di sisi lain, pegas ketujuh dapat membantu menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan organ internal seperti diabetes, penyakit ginjal, TBC, hati, dll.

Menariknya, meskipun dapat menawarkan banyak manfaat, tiket masuk untuk mandi ini benar-benar sangat murah, yaitu hanya 3.000 rupee per orang.

13. Alun – Alun Karanganyar

alamat: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Alun - Alun Karanganyar melalui Tribunnews

Alun – Alun Karanganyar melalui Tribunnews

Alun – Alun Karanganyar terletak tepat di pusat kota Karangnyar. Tempat ini adalah salah satu tempat pertemuan favorit di Karanganyar yang penuh dengan berbagai fasilitas.

Di sini Anda bisa duduk dan bersantai sambil menikmati berbagai olahan kuliner.

Jika bosan, Anda bisa berkeliling ke alun-alun dengan sepeda hias sewaan.

Atau Anda juga dapat mengambil foto dengan latar belakang Fountain Park dekat Elephant Park.

14. Bukit Paralayang

Lokasi: Desa Segoro Gunung, kabupaten Ngargoyoso, Karanganyar

Bukit Paragliding via Kayangaanyarkabgoid

Bukit Paralayang via Kayangaanyarkab.go.id

Bukit Paralayang terletak di desa Gunung Segoro, tidak jauh dari perkebunan teh kemuning. Bukit ini adalah salah satu tempat terbaik yang bisa dikunjungi untuk menikmati panorama matahari terbenam, juga disebut matahari terbenam di sore hari.

Jika Anda ingin datang ke sini, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim kemarau ketika langit cerah.

15. Reservoir Reservoir

Lokasi: Lalung, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Lalung reservoir melalui IG @ perdanabagusk

Lalung reservoir melalui IG @ perdanabagusk

Tempat wisata berikut di Karanganyar adalah Reservoir Reservoir. Seperti Bukit Paralayang, waduk Lalung juga bagus untuk digunakan sebagai tempat untuk menikmati keindahan matahari terbenam saat senja.

Selain itu, waduk yang bertindak sebagai waduk air dan pengontrol irigasi di Karanganyar juga sangat cocok untuk dijadikan tempat kegiatan memancing.

Lokasi waduk ini berada di Desa Lalung, Karanganyar.

Sampai artikel ini ditulis, waduk ini masih diklasifikasikan sebagai salah satu tempat wisata baru di Karanganyar, jadi jangan heran jika fasilitas wisata masih belum lengkap.

16. Bukit Kampung Bukit Sekipan

Lokasi: Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Karanganyar

Kampung Halloween Bukit Sekipan melalui Siscasolo.blogspotcoid

Kampung Halloween Bukit Sekipan melalui Siscasolo.blogspot.co.id

Kampung HalloweenBkitSekipan terletak di Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, tepatnya di daerah Bukit Sekipan. Desa ini menawarkan daya tarik utama berupa area desa bertema halo yang dihiasi pernak-pernik yang berbau horor.

Selain itu, desa wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area memancing, taman bermain, kolam renang, arena outgoing, restoran, dll.

Jika Anda suka film horor, tempat ini benar-benar suatu keharusan untuk Anda!

17. Bagian atas Gunung Lawu

Lokasi: daerah perbatasan Magetan dan Karanganyar

Puncak Gunung Lawu via IG @ Lutfanaji

Puncak Gunung Lawu via IG @ Lutfanaji

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, jangan lupa menapakkan kaki di atas Gunung Lawu saat berkunjung ke Karanganyar!

Jalur pendakian pertama berjalan melintasi daerah perbatasan Magetan dan Karanganyar, yang juga merupakan perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Titik awal pendakian gunung ini disebut Cemoro Sewu. Sedangkan titik akhir pendakian disebut Cemoro stable.

Kebanyakan pendaki gunung biasanya mulai mendaki gunung ini di malam hari. Tujuannya adalah untuk mendapatkan panorama matahari terbit di pagi hari.

18. Perjalanan romantis ke Hope Hill

Lokasi: Jalan Dawang Tawang, Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar

Perjalanan romantis ke Hope Hill via Compass

Perjalanan romantis ke Hope Hill via Compass

Jika Anda mencari tempat wisata romantis di Karanganyar, kenaikan bukit ini adalah salah satu pilihan terbaik.

Hill of Hope atau Hill of Hope menawarkan pemandangan indah yang bisa Anda nikmati bersama pasangan tercinta.

Lokasi Hope Hill berada di Lawu Selatan. Dimana berada di puncak bukit yang termasuk dalam wilayah desa Wonorejo.

Di sini Anda dapat menikmati pemandangan sambil mengambil foto di berbagai tempat foto yang telah sengaja diambil dengan latar belakang bentangan Gunung Lawu Selatan yang memanjang ke sisi selatan Gunung Lawu.

Ada tempat "I Love You" yang harus Anda buat di tempat foto, di mana tempat itu berbentuk kapal. Tidak hanya cantik dan instagramable.

Dengan pemandangan indah ditambah udara sejuk, liburan Anda dan pasangan akan memberikan perasaan yang sangat romantis. Jadi jangan sampai ketinggalan, teman.

19. Ular Goasari Ngargoyoso

Lokasi: Desa Punthukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Ular Goasari Ngargoyoso

Ular Goasari Ngargoyoso

Apakah Anda suka liburan di sungai? Nah, wahana buatan Karanganyar itu bisa Anda jadikan alternatif untuk liburan, yaitu ular Goasari.

Seperti biasa, Anda diundang untuk berlayar menyusuri sungai dengan bantuan ban di mobil Anda dan dilengkapi dengan helm dan jaket pelampung.

Wahana tubing di Karanganyar terletak di desa Punthukrejo. Kendaraan ini menabrak Anda, terutama bagi anak-anak kecil dan bahkan orang dewasa yang juga tertarik mencoba merasakan sensasi turun sungai dengan bantuan ban dalam.

20. Berhenti di Rumah Atsiri Indonesia

Lokasi: Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar

Mampirlah ke Rumah Atsiri Indonesia melalui Jejakbocahilang

Mampirlah ke Rumah Atsiri Indonesia melalui Jejakbocahilang.wordpress.com

Minyak atsiri atau minyak atsiri memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Nah, jika Anda penasaran dengan tanaman mana yang bisa disuling dalam minyak atsiri, Anda bisa datang ke rumah Atsiri Indonesia.

Di rumah volatile Indonesia ini ada berbagai jenis tanaman yang merupakan bahan baku minyak atsiri. Rumah Atsiri pernah menjadi pabrik koperasi Indonesia-Bulgaria yang mengolah minyak esensial dari bahan utama citronella atau citronella.

Dari pusat kota, hanya sekitar 41 km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit.

21. Bukit Mongkrang

Lokasi: Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar

Bukit Mongkrang via IG

Bukit Mongkrang via IG

Objek wisata berikutnya di Karanganyar adalah bukit mengkrang di sisi selatan Gunung Lawu. Anda dapat mengubah bukit ini menjadi tempat untuk berjalan di akhir pekan atau pada hari libur nasional.

Untuk mencapai puncak, Anda dapat mendaki dari Telogo Dlingo, dekat Cemara Kandang. Di atas Anda melihat panorama indah dari utara yang sangat menakjubkan.

Di layanan keindahan Gunung Lawu, naik 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Juga terlihat asap belerang naik dari Kawah Lawu, Candradimuka. jika Anda melihat ke sisi barat, Anda mendapatkan tampilan yang tidak kalah indahnya. Saat cuaca cerah, Anda bisa melihat keindahan pegunungan lain yang tertata rapi di kaki langit barat.

22. Rumah Hobbit di lembah Semilir

Lokasi: Dusun Milir RT 001 / RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar

Rumah Hobbit Lembah Semilir via Ngetripyuk

Rumah Hobbit Lembah Semilir via Ngetripyuk

Banyak rumah hobbit telah muncul belakangan ini, terutama setelah film Lord of the Ring di seluruh dunia, dan Karanganyar juga memiliki kisahnya sendiri.

Jika Anda berada di desa Kemuning, cobalah melewati rumah hobbit di lembah yang lapang. Selain mengambil foto di Hobbit House, Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang indah di sekitar Lembah Sumilir. Ditambah keteduhan dan pepohonan yang indah membuat area ini semakin indah

23. Air terjun Parang Ijo

Lokasi: Mlinggur, Girimulyo, Distrik Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Air terjun Parang Ijo via vatatpringadicom

Air terjun Parang Ijo via vatatpringadi.com

objek wisata alam lain di Karanganyar yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu air terjun Iarang di Girimulyo. Air terjun ini mudah diakses, tidak seperti kebanyakan air terjun yang tersembunyi.

Air terjun Parang Ijo cocok bagi Anda untuk membuat rekreasi keluarga di Karanganyar selama akhir pekan atau musim liburan.

Selain menjadi basah di kolam, Anda juga dapat mencoba drive game flying fox atau nikmati keindahan alam dari sudut pandang.

24. Grojogan Jero Jurang

Lokasi: Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar

Grojogan Jurang Jero melalui Berita Acara

Grojogan Jurang Jero melalui Berita Acara

Anda juga dapat menggunakan Grojogan atau Jero Gorge untuk membuat area piknik di Karanganyar. Lokasi air terjun ini agak tersembunyi, sehingga dibutuhkan upaya ekstra untuk sampai ke sini.

Jadi bagi mereka yang suka petualangan, Anda bisa membuat pilihan ini. Petualangan yang mengasyikkan di sepanjang jalan setapak menambah air terjun eksotis yang jauh dari kesibukan kota.

25. Air terjun Sewawar

Lokasi: Dusun Nu, Desa Trengguli, Distrik Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Air terjun Sewawar via Sideka

Air terjun Sewawar via Sideka

Masih berupa air terjun yang sejuk, Anda juga bisa mengunjungi air terjun sawawar untuk mengisi waktu liburan Anda. Air terjun, yang juga jauh dari kota, memiliki daya tarik berupa pesona air terjun yang masih perawan dan alamnya indah.

26. Air terjun yang menggoda

Lokasi: Dusun Nu, Desa Trengguli, Distrik Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Air terjun yang menggoda via Ngargoyoso

Air terjun yang menggoda via Ngargoyoso

Nah, air terjun yang memikat ini berada di sebelah air terjun sewawar, jadi tidak lengkap jika kita tidak datang ke sini.

27. Kedung Pengaron

Lokasi: Banaran, Desa Selomoro, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Kedung Pengaron via Krjogja

Kedung Pengaron via Krjogja.com

Lalu Anda bisa pergi ke piring uap. Disebut sendiri Kedung Pengaron karena dua cekungan di hulu sungai terlihat seperti "Karon" atau tempat memasak nasi. Aliran airnya cukup deras dan hangat di pagi hari, sehingga cocok untuk acara basah atau sekadar untuk rileks tubuh.

28. Kedung Sriti

Lokasi: Pancot, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Kedung Sriti via Pusatinformasi

Kedung Sriti via Pusatinformasi.xyz

Selain itu, masih merupakan air terjun alami di Karanganyar, yaitu Kedung Sriti, di mana Anda harus pergi ke air terjun ini dengan melakukan perjalanan yang cukup menantang, dengan menuruni tebing.

Pertempuran di sepanjang tebing ini akan terbayar ketika kita mencapai surga tersembunyi ini. Anda mendapatkan pemandangan indah dari air terjun eksotis setinggi 10-15 meter di depan mata Anda.

29. Bukit Sekipan

Lokasi: Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Bukit Sekipan via Kmstour

Bukit Sekipan via Kmstour

Bukit ini termasuk kawasan rekreasi di Karanganyar lengkap. Bisa dibilang tempat wisata terintegrasi. Karena di bukit Sekipan ini terdapat banyak wahana wisata yang bisa kita coba, mulai dari pohon air dengan wisata permainan yang menarik, taman, rumah halloween, arena keluar dengan jembatan goyang, flying foxdan trampolin.

Ada juga miniatur Ka'bah, area melempar jumrah, area untuk menyimpan, dll. Yang akan membuat liburan Anda di Bukit Sekipan menjadi lebih menyenangkan.

Jadi liburan ke flutter hill pasti akan sangat menyenangkan, lho.

30. Watu Kandang

Lokasi: Karangbangun, Kanton Matesih, Kabupaten Karanganyar

Watu Kandang

Watu Kandang melalui situs budaya Indonesia

Jika Anda mencari tempat bersejarah di Karanganyar, perumahan adalah salah satunya. Kasus Watu dianggap sudah ada sejak zaman megalit kuno.

31. Taman Tenggir

Lokasi: Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Taman Tenggir via Tribunnews

Taman Tenggir via Tribunnews

Mengisi liburan dengan mengunjungi taman terpadu akan sangat menyenangkan, terutama jika taman air dirancang dengan konsep kontemporer.

Taman Tenggir adalah taman bermain dengan atraksi alam yang terpengaruh. Lokasinya berada di kaki Gunung Lawu, sehingga akan terasa sejuk dan indah.

Anda dapat menjelajahi tempat ini dan mencoba sepeda terbang, rumah Honai khas Papua, tempat tidur terbang, air terjun malaikat, pos pengawasan dan rumah pohon, kolam renang, permadani, hingga taman bunga instagenik.

32. Waduk Gondang

Lokasi: Sidomulyo, Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar

Waduk Gondang melalui Solopos

Waduk Gondang melalui Solopos

Meski merupakan waduk, waduk Gondang ini juga menarik bagi kita untuk mengisi liburan. Khusus bagi mereka yang suka mengambil foto, berikut ini adalah jembatan batik unik yang dapat digunakan untuk membuat foto.

33. Rumah Pohon Anyep

Lokasi: Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar

Rumah Pohon Anyep melalui Jatengprovgoid

Rumah Pohon Anyep via Jatengprov.go.id

34. Puri Taman Saraswati

area: Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Puri Taman Saraswati via Pediatrip

Puri Taman Saraswati via Pediatrip

35. Kuil Kethek

area: lereng lawu, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Candi Kethek via IG @ aquatravel_cz

Candi Kethek via IG @ aquatravel_cz

36. Jembatan Selfie

area: Wilayah Sawah / Kebun, Anggrasmanis, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Jembatan selfie via Kabarebralink

Jembatan selfie via Kabarebralink

37. Taman Pancasila

area: Jl. Lawu, Dompon, Karanganyar, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Taman Pancasila melalui Visitklaten

Taman Pancasila melalui Visitklaten

38. Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar

area: Dusun Sukuh, Berjo, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar via IG @ windi_widiwati15

Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar via IG @ windi_widiwati15

39. Museum Manusia Dini Cluster Dayu

area: Dayu, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar

Museum Manusia Dini Cluster Dayu

Museum Manusia Dini Cluster Dayu

40. Pohon air Tirta Guwo Indah

Lokasi: Kadipeso, Sumberejo, Kerjo, Kabupaten Karanganyar

Pohon air Tirta Guwo Indah via Infocilangkap

Pohon air Tirta Guwo Indah via Infocilangkap

41. Taman air mancur laser

alamat: Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Taman air mancur laser

Taman air mancur laser

42. Jalan Tembus Tawangmangu

Alamat: Tawangmangu, Karanganyar

Jalan Tembus Tawangmangu via IG @trip_ID

Jalan Tembus Tawangmangu via IG @trip_ID

43. Goa Tlorong

alamat: Kebun, Lempong, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Goa Tlorong melalui Pariwisata

Goa Tlorong melalui Pariwisata

44. Gua Cokro

Lokasi: Desa Jenawi, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Goa Cokro melalui Kompas

Goa Cokro melalui Kompas

alamat: Desa Jenawi, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

45. Bintang Park

alamat: Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Taman Bintang via explorekabkaranganyar

Taman Bintang via explorekabkaranganyar

****

Bagaimana, tidak banyak tempat wisata di Karanganyar yang ribut. Jadi tunggu apa lagi, siapkan ransel Anda segera untuk menjelajahi salah satu tempat wisata di atas.

Semoga bisa menjadi referensi untuk liburan Anda bersama orang-orang terkasih. Jangan lewatkan: 23 Objek Wisata di Sukoharjo, Jawa Tengah Terbaru

Leave a Reply