Tempat wisata di Pandeglang – Nama Pandeglang yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya, tetapi beberapa dari Anda mungkin tidak tahu persis di mana Pandeglang berada. Anda harus tahu bahwa Pandeglang sebenarnya adalah wilayah administrasi provinsi Banten.

Dimana wilayah Pandeglang memiliki bentang alam berupa pantai, perkotaan, pedesaan dan pegunungan. Bahkan ada beberapa desa di Pandeglang dalam bentuk pulau-pulau kecil dan mengambang di laut.

Menurut berita yang telah muncul, pulau-pulau kecil juga memiliki pemandangan indah yang sangat cocok sebagai tujuan wisata Anda.

Namun tidak hanya itu nampak bahwa tempat wisata di Pandeglang sangat beragam dan dijamin memberikan kesan dan kenangan yang tak terlupakan.

Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata di Pandeglang dan ingin mengunjungi daerah ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena akses ke dan rute ke Pandeglang cukup mudah, sehingga mereka dapat diakses dari berbagai daerah, terutama dari wilayah Jakarta.

Anda tidak hanya dapat menggunakan mobil pribadi, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum dalam bentuk bus antarkota yang siap membawa Anda ke Pandeglang. Ketika Anda tiba di Pandeglang, tentu saja Anda akan dimanjakan oleh berbagai tempat wisata yang tidak hanya indah tetapi juga menawarkan pesona yang mungkin tidak Anda temukan di daerah lain.

Sebagian besar objek wisata di Pandeglang

Sebagai salah satu kabupaten di Banteng, tampaknya Pandeglang memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat indah dan tidak kalah dengan daerah lain.

Dimana wisata alam berupa wisata bahari, wisata gunung hingga wisata air terjun. Masing-masing tempat wisata di Pandeglang menyajikan keunikan dan keindahan masing-masing dan sayang sekali jika Anda melewatkannya saat mengunjungi Pandeglang.

Mari kita juga melihat: 27 tempat wisata di Tangerang Selatan

Bagi Anda yang menyukai keindahan alam, berikut ini akan menjelaskan rekomendasi alat pariwisata di Pandeglang yang bisa menjadi referensi.

1. Pulau Peucang

Pulau Peucang via @ yohaannaa26

Pulau Peucang via @ yohaannaa26

Objek wisata alam di Pandeglang ini berada di Jalan Panaitan tepatnya di Kabupaten Sumur. Untuk sampai ke Pulau Peucang, Anda harus melakukan perjalanan ke Dermaga Sumur dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal selama sekitar 2-3 jam.

Namun perjalanan membayar ketika Anda tiba di Pulau Peucang. Saat Anda menjejakkan kaki di Pulau Peucang, Anda akan melihat hamparan pantai yang indah dipadukan dengan air laut biru jernih, pasir putih, dan perbukitan hijau di sepanjang pantai.

Tentu saja, pemandangan itu menjadi kombinasi mata yang sangat memanjakan. Anda tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya di pulau itu, seperti hiking, snorkeling, dan melihat gerombolan rusa.

Selain rusa, Anda juga dapat bertemu monyet ekor panjang, burung merak, dan burung merak hijau di pulau ini, yang termasuk dalam spesies langka.

2. Pulau Umang

Pulau Umang via Putri

Pulau Umang via Putri

Pulau Umang adalah tempat wisata dengan suasana sejuk dan damai dan dipadukan dengan pemandangan laut yang indah. Tidak heran pulau ini sangat cocok untuk pengantin baru bagi pasangan yang baru menikah.

Keindahan Pulau Umang juga didukung oleh fasilitas dan layanan eksklusif yang membuat wisatawan lebih nyaman untuk tinggal di pulau ini. Untuk pergi dari Kabupaten Pandeglang ke Pulau Umang, Anda harus menyeberangi lautan dengan speedboat hanya sekitar 8 menit.

alamat: Sumberjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten

3. Pulau Dua

Pulau Dua via Bantentravel

Pulau Dua via Bantentravel

Keadaan alam Pandeglang membuktikan bahwa wilayah ini memiliki banyak pulau, termasuk satu, Pulau Dua. Pulau ini membentang lebih dari 30 hektar dan menawarkan pemandangan laut lepas yang indah.

Terlepas dari tujuan wisata, pulau ini ternyata menjadi lokasi berbagai spesies cagar alam yang dilindungi. Bahkan ratusan jenis burung dari berbagai negara juga sering terlihat di pulau ini.

Pesona keindahan Pulau Dua akan terasa lebih sempurna saat burung-burung beterbangan bebas di atas laut biru. Pulau Dua bukan hanya lokasi suaka burung, tetapi juga vegetasi hutan mangrove dari berbagai spesies dan ada juga tanaman hutan hujan tropis yang menjadi ekosistem di pulau ini.

4. Pulau Badul

Pulau Badul via @ujungkulon_adventure

Pulau Badul via @ujungkulon_adventure

Pulau Badul adalah pulau kecil yang terletak di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon. Meskipun pulau ini kecil dan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki, keindahannya pasti akan mengejutkan Anda.

Karena pulau ini terlihat seperti bukit pasir di tengah laut dan terlihat kering. Ada semak yang tumbuh di tengah pulau.

Meskipun perahu tidak bisa bersandar di Pulau Badul, pengunjung masih bisa berenang hingga 25 meter untuk mencapai pulau ini. Merasa lelah setelah berenang akan terbayar dengan pemandangan indah yang mungkin tidak pernah Anda temukan.

Lokasi: Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten

5. Pantai Carita

Tempat wisata paling terkenal Pantai Carita di Banten

Tempat wisata paling terkenal Pantai Carita di Banten

Pantai Carita adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan Gunung Krakatau yang begitu fenomenal. Pantai di pantai barat wilayah Pandeglang rupanya juga berhadapan dengan Selat Sunda.

Keadaan ini memastikan bahwa Pantai Carita memiliki ombak yang tidak sebesar dan keadaan pantai yang landai. Untuk menuju Pantai Carita, Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau bus dan mikrobus. Ketika Anda tiba di Pantai Carita, Anda melihat hamparan pantai yang indah.

Jadikan wisata Anda di Pantai Carita semakin lengkap dengan snorkeling untuk melihat taman bawah laut yang sama indahnya. Tidak hanya snorkeling, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain di pantai ini, seperti banana boat, jet ski, dan selancar.

area: Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten

Lihat lebih banyak: Keindahan Pantai Carita di Banten

6. Pantai Hideung

Pantai Hideung via @rialetariani

Pantai Hideung via @rialetariani

Pantai ini adalah objek wisata alam dengan pemandangan pantai yang indah yang masih sangat alami.

Lokasi Pantai Hideung tidak jauh dari pantai Tanjung Lesung, sehingga memudahkan Anda jika ingin berlayar di Pandeglang.

Namun jalan menuju Pantai Hideung cukup menantang dan membuat Anda lebih waspada. Meskipun kesulitan jalan, itu terbayar dengan keindahan alam Pantai Hideung yang benar-benar memanjakan mata.

Lokasi: Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

7. Pantai Tanjung Lesung

Berjalan-jalan di sepanjang pantai Tanjung Lesung

Berjalan-jalan di sepanjang pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung adalah pantai berpasir putih dengan ombak kecil di Pandeglang. Uniknya adalah pantai ini memiliki bentuk lesung yang ditekuk menjadi beras.

Meski merupakan lokasi wisata bahari, namun di kawasan pantai Tanjung Lesung ada juga beberapa bagian yang ditutupi dengan pephononan hijau dan ada jembatan kayu yang memanjang di tengah laut.

Dari jembatan panjang Anda bisa lebih jelas menikmati pemandangan laut. Selain menikmati pemandangan, Pantai Tanjung Lesung menawarkan berbagai kegiatan menarik, mulai dari memancing, perahu pisang, jet ski hingga voli pantai.

Bagi Anda yang suka menyelam, Anda diizinkan untuk melihat dari dekat taman bawah laut Pantai Tanjung Lesung.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten

8. Taman Nasional Ujung Kulon

Objek Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Banten

Objek Wisata Taman Nasional Ujung Kulon di Banten

Taman Nasional Ujung Kulon adalah situs yang dilindungi untuk konservasi badak yang kini semakin punah. Taman nasional di Pandeglang memang sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga, sementara anak-anak diajak.

Karena di Taman Nasional Ujung Kulon Anda dapat mempelajari berbagai flora dan fauna yang khas Indonesia untuk bayi. Sebagian besar flora dan fauna di taman nasional ini adalah spesies yang dilindungi.

Dengan tempat-tempat wisata di Pandeglang dalam bentuk Taman Nasional Ujung Kulon, cinta akan alam dan upaya untuk melestarikan alam pada tahap awal, terutama untuk anak-anak, diharapkan.

Lokasi: Kabupaten Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten.

9. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter via Travvelingyuk

Sungai Cigenter via Travvelingyuk

Sungai ini terletak di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, yang bisa menjadi tujuan wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Saat mengunjungi Sungai Cigenter, Anda dapat menikmati pengalaman perahu di sungai yang menggerakkan adrenalin. Sensasi yang pasti menyenangkan dan menantang akan memungkinkan Anda untuk rileks.

Dengan pemandangan alam yang begitu indah di Sungai Amazon, tidak heran jika Sungai Cigenter selalu disibukkan oleh wisatawan.

10. Curug Putri Tahura

Curug Putri Tahura via @ngurahsuwisno

Curug Putri Tahura via @ngurahsuwisno

Anda harus tahu bahwa Putri Tahura Curug memiliki kontur alami yang menyerupai Green Canyon di Ciamis. Karena ada sungai di air terjun Putri Tahura yang diapit oleh tembok batu raksasa.

Air sungai berwarna hijau dengan cipratan putih, sehingga menjadi gradasi warna yang indah. Untuk pergi ke air terjun Putri, Anda harus berenang di sepanjang sungai atau Anda juga bisa menggunakan kendaraan hias.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan sekitar 5 menit berjalan kaki dan Anda akan disambut dengan pemandangan indah Curug Putri.

Lokasi: Kabupaten Pulosari dan Kabupaten Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

11. Curug drum

Curug Gendang via Wisatabanten

Curug Gendang via Wisatabanten

Air terjun di desa Sukarame ini memang jarang dikunjungi wisatawan. Namun air terjun ini nampaknya memiliki ketinggian 7 meter, terlihat begitu indah karena kombinasi dinding-dinding batu yang mengelilingi air terjun.

Yang lebih unik, suara drainase air dari air terjun ini terdengar seperti alat musik tradisional Jawa yaitu drum atau drum. Selain menikmati keindahan alam di sekitar air terjun, Anda bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti berenang, berenang, dan melompat dari tebing ke genangan di bawah air terjun.

12. Curug Ciajen Twin

Curug Ciajen Kembar via @muhamadsubana

Curug Ciajen Kembar via @muhamadsubana

Air terjun ini terletak di dekat area Pantai Carita. Untuk alasan ini, ketika Anda mengunjungi Pantai Carita, Anda harus berhenti di air terjun Ciajen Kembar.

Karena air terjun ini menawarkan air terjun yang dingin dan sejuk. Tentu saja pemandangan alam di sekitar air terjun Ciajen Twin tidak kalah indahnya, sehingga membuat Anda lebih nyaman untuk berlama-lama di air terjun ini.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi. Air yang jatuh dari ketinggian langsung disambut oleh batu yang keras sehingga menghasilkan dua air terjun yang berdampingan seperti air terjun pengantin di sejumlah tempat di Pulau Jawa.

Bagi Anda yang mencari tempat wisata di Pandeglang dalam bentuk shower, air terjun ini memungkinkan Anda untuk membuat pilihan. Apalagi air terjunnya masih sangat alami dan Anda tentu betah di sini.

Lokasi: Desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten

13. Curug Sawer Pandeglang

Curug Sawer Pandeglang via Tribunnews

Curug Sawer Pandeglang via Tribunnews

Bagi Anda yang mencintai alam, terutama air terjun, jangan lewatkan air terjun Sawer Pandeglang. Karena air terjun ini memiliki bentuk air terjun yang unik yang terbagi dua, yaitu di atas dan di bawah. Air terjun bagian atas memiliki ketinggian 25 meter dan air terjun bagian bawah memiliki ketinggian 7 meter.

Lokasi: Kanton Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten.

14. Curug Cimanggung

Curug Cimanggung via @ugiii__

Curug Cimanggung via @ugiii__

Air Terjun Cimanggung adalah salah satu air terjun di Kabupaten Carita. Air terjun ini rupanya masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dan tidak banyak terpapar media.

Namun Curug Cimanggung menawarkan pemandangan alam yang begitu indah dan masih terasa sangat alami.

Apalagi drainase airnya tidak terlalu deras dan air jatuh dari tebing yang cukup tinggi sehingga membuat tirai putih yang besar. Tentu saja selama perjalanan ke Curug Cimanggung Anda bisa merasa tenang sambil kehilangan kepenatan.

Lokasi: Desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

15. Rawa Dano

Rawa Dano via Bantenprov

Rawa Dano via Bantenprov

Rawa Dano adalah salah satu tempat wisata di wilayah Pandeglang yang masih jarang disentuh orang. Objek wisata ini menyuguhkan wisata alam berupa hutan belantara dan danau yang mendominasi kawasan ini.

Tidak hanya ditumbuhi oleh berbagai spesies flora, daerah rawa Dano juga merupakan hasil dari berbagai spesies fauna, terutama monyet. Ketika Anda mengunjungi rawa Dano ini, Anda dapat menyaksikan monyet melompat langsung dari pohon ke pohon.

Ada juga sekitar 250 burung yang hidup di daerah ini dan kadang-kadang terlihat di pepohonan. Anda juga memiliki pilihan untuk turun danau dengan perahu kayu sambil menikmati pemandangan di sekitar danau. Tetapi Anda harus berhati-hati karena ada kawanan ular dan buaya di daerah ini yang tiba-tiba bisa lewat.

16. Torong Mata air panas Torong

Pemandian air panas dari Kampong Torong via @nufusjaelani

Pemandian air panas dari Kampong Torong via @nufusjaelani

Wisata alam di Pandeglang sepertinya tak ada habisnya untuk dijelajahi, termasuk objek wisata mata air panas Kampong Torong.

Objek wisata ini terletak di desa Sukamanah, Kadu Hejo, Pand Tergantung atau sekitar 5 kilometer dari Jalan Raya Pandeglang Labuan.

Sebagai lokasi air panas, tempat ini ternyata bukan sekadar lokasi rekreasi. Tetapi juga bisa digunakan sebagai lokasi untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga penyakit tulang.

Tempat wisata ini juga menawarkan taman bermain untuk anak-anak, serta kolam renang besar yang membuat pengunjung lebih nyaman.

Lokasi: Desa Sukamanah, Kadu Hejo, Ketergantungan bangunan, Banten.

17. Pemandian Cikoromoy

Pemandian Cikoromoy via @ rizkido_27

Pemandian Cikoromoy via @ rizkido_27

Selain pemandian air panas Torong Torong, tampaknya ada wisata pemandian air panas lain di Pandeglang, pemandian cikoromoy.

Dimana lokasi pemandian ini adalah pemandian alami yang sangat populer di Pandmate. Bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga, tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat.

Selain dapat digunakan sebagai pemandian, kolam air panas ini memiliki pemandian alami. Di mana ada pasir dan batu di dasar kolam, membuatnya menjadi dasar kolam yang jernih dan indah.

Lokasi: Desa Kadubungbung, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten.

18. Mata air panas Cisolong

Sumber Air Panas Cisolong via Travel

Sumber Air Panas Cisolong via Travel

Tur sumber air panas ini terletak di desa Sukamanah, Kadu Hejo, Pandeglang. Untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda tidak perlu khawatir karena lokasinya tidak jauh dari Kota Pandeglang.

Sebagai lokasi sumber air panas, banyak wisatawan datang untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Pengunjung ke pemandian air panas Cisolong percaya bahwa pemandian air panas di Gunung Karang ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Tidak hanya untuk orang dewasa, pemandian ini juga memiliki kolam renang khusus untuk anak-anak, sehingga mereka dapat menikmati kesenangan dari mandi air panas yang sehat.

19. Desa domba

Desa domba melalui Inet

Desa domba melalui Inet

Kampung Domba adalah tujuan wisata alam di Pandeglang, yang terletak di desa Cinyurup, Juhut, Karang Tanjung, Pandeglang.

Lokasi Desa Domba persis di lereng Gunung Karang di kawasan hutan lindung. Saat berada di Desa Domba, Anda akan melihat pemandangan alam pegunungan yang unik yang masih sangat alami dan tidak kalah indah dari Puncak-Bogor.

Untuk sampai ke Desa Domba, Anda hanya perlu menempuh 20 menit dari alun-alun kota Pandeglang. Tentunya Lamb Village sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai bersama orang-orang terdekat.

20. Gunung dan kawah Pulosari

Kawah dan gunung Pulosari via @aansunguan

Kawah dan gunung Pulosari via @aansunguan

Gunung Pulosari adalah gunung di kabupaten Pulosari Pandeglang. Dimana gunung ini memiliki ketinggian 1.346 meter di atas permukaan laut dan didekorasi dengan pemandangan alam yang indah.

Di gunung ini ada rute pendakian bagi mereka yang suka mendaki gunung. Pendakian gunung dari desa Cilentung biasanya dimulai dengan perjalanan 2-3 jam.

Alamat: Desa Cilentung, Kanton Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten

21. Wisata Taman Air CAS

Wisata CAS Water Park melalui @Caswaterpark

Wisata CAS Water Park melalui @Caswaterpark

Objek wisata alam ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Meskipun CAS Water Park menawarkan berbagai tur permainan dan permainan air, pemandangan di sekitar CAS Water Park dijamin akan menjadi pesta bagi mata.

Udara sejuk sepertinya membuat semua orang bersantai lebih nyaman di tempat wisata yang satu ini. Sambil bersantai, Anda juga bisa mencicipi berbagai hidangan lezat yang memanjakan lidah.

Lokasi: Jl. AMD Lintas Timur, Cikole, Sukaratu, Majasari, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Wisata sejarah di Pandeglang

Tidak hanya memiliki berbagai objek wisata alam yang indah, Pandeglang juga memiliki banyak situs bersejarah yang memalukan jika Anda melewatkannya.

Tur sejarah dapat dibuktikan dengan banyak bangunan tua di daerah Pandeglang. Diperkirakan beberapa bangunan telah dibangun sejak zaman kolonial Belanda.

Untuk menambahkan referensi ke tempat wisata di Pandeglang, ikuti rekomendasi wisata sejarah di Pandeglang di bawah ini yang harus Anda ketahui.

22. Bekas bangunan Pendopo, kabupaten Saketi

Bekas gedung Pendopo di distrik Saketi

Bekas gedung Pendopo di distrik Saketi

Bangunan di Jalan Raya Labuhan, Purwasari, Kabupaten Saketi, Pandeglang memang terlihat tidak terawat dengan baik.

Bahkan ada beberapa bagian bangunan yang rusak. Meskipun bangunan ini memiliki atap berbentuk limas dan merupakan lokasi kantor kecamatan.

Karena gaya arsitektur yang khas, bangunan ini memiliki arti penting bagi ilmu pengetahuan, karena bentuk atap piramida pernah digunakan dalam model rumah dari tahun 1874.

23. Bekas gedung direktur Belanda

Bekas bangunan penjaga Belanda melalui lokasi budaya

Bekas bangunan penjaga Belanda melalui lokasi budaya

Bangunan ini terletak di Jalan Alun-alun Barat Menes, Pandeglang dan merupakan bangunan tua dari bekas bangunan lingkungan Belanda.

Bangunan yang telah dimasukkan ke dalam jenis bangunan kolonial ini memang terlihat unik dan masih ada. Diperkirakan bangunan itu dibangun sekitar tahun 1848 dengan desain bangunan yang unik.

24. Bangunan Pendopo Distrik Menes

Distrik Gedung Pendopo Menes

Distrik Gedung Pendopo Menes

Bangunan di Jalan Alun-alun Timur Menes, Pandeglang, sekarang menjadi bangunan multifungsi. Awalnya bangunan ini dulunya digunakan sebagai bangunan resmi Bupati Caringin, tetapi sekarang merupakan bangunan multifungsi.

Yang unik dari paviliun ini adalah bahwa bangunan ini adalah salah satu bangunan tua yang masih berada di bawah bangunan kolonial. Diperkirakan bahwa paviliun ini dibangun sekitar tahun 1848.

Desain bangunan Pendopo adalah perpaduan arsitektur kolonial dan lokal. Di bagian depan bangunan ada juga dua belas bangunan joglo berbentuk pilar, sehingga terlihat begitu unik.

25. Bekas bangunan Menedanan Menedangan

Bekas bangunan Menedanan Menedanan via Humaspdg

Bekas bangunan Menedanan Menedanan via Humaspdg

Bangunan yang terletak di Jalan Alun-alun Timur Menes, Pandeglang, diperkirakan dibangun sekitar tahun 1848. Bangunan, yang masih berdiri kokoh, adalah kombinasi dari arsitektur lokal dan kolonial.

Selain bagian depan bangunan ada juga dua bangunan tambahan, yaitu foyer dan berupa koridor dan terintegrasi dengan bangunan utama.

26. Gedung Penjara Pandeglang

Gedung Penjara Pandeglang via Gpswisataindonesia

Gedung Penjara Pandeglang via Gpswisataindonesia

Gedung Lembaga Pemasyarakatan LP Pandeglang terletak di Jalan Letnan Bolang, Pandeglang. Bangunan, yang dimulai pada 1918, memiliki permukaan 40 x 40 meter persegi.

Bangunan LP ini digunakan oleh Belanda pada masa pemerintahannya untuk menjatuhkan sanksi pidana. Di mana sebelum 1917 di Indonesia masih belum diketahui tentang penjara.

Keberadaan hukuman pidana adalah perspektif kaum liberal. Meskipun usianya sudah seabad, bangunan ini masih berdiri kokoh di kompleks salam. Tapi ada perubahan di port, jadi lebih aman.

Wisata religius di Pandeglang

Pandeglang memang tampaknya tanpa henti menghadirkan berbagai tempat wisata terbaik untuk wisatawan baik dari Pandeglang, Banten maupun daerah lain.

Tidak hanya berupa hiburan dan wisata edukatif, nampaknya tempat wisata di Pandeglang juga menawarkan wisata religi. Wisata religius tentu saja dapat berkontribusi pada wawasan Anda tentang nilai-nilai agama dan budaya. Di bawah ini Anda akan menemukan referensi tempat-tempat wisata keagamaan di Pandeglang yang perlu Anda ketahui.

27. Batu Alquran

Koran batu via Campurcom

Koran batu via Campurcom

Batu Alquran terletak di Kabupaten Pandeglang di kaki Gunung Karang. Batu Alquran sendiri merupakan situs wisata religi berupa tempat ziarah dengan sejarah.

Karena penamaan Batu Alquran berasal dari batu besar yang dibaca Alquran di tempat itu. Tetapi jika Anda memperhatikan, Anda tidak akan melihat tulisan di sisi batu.

Tetapi orang-orang percaya bahwa hanya orang-orang tertentu dengan ilmu pengetahuan tinggi dapat melihat tulisan di atas batu. Bahkan ada cerita unik yang berkembang di masyarakat yang menyatakan bahwa batu itu digunakan untuk mencegah aliran air yang masih mengalir dari tanah.

Tidak berhenti sampai di situ, masyarakat juga meyakini bahwa lokasi batu ini adalah tumpuan Syekh Maulana Mansyuruddin yang akan pergi ke Baitullah.

Dikatakan bahwa menurut masyarakat setempat, hanya dengan menjejakkan kaki di lokasi itu bisa Sheikh Maulana langsung menuju ke Mekah. Selain kisah unik tentang batu Alquran, tampaknya situs wisata religi ini memiliki air yang mengalir jernih dan dapat digunakan oleh pengunjung.

28. Makam Sheikh Maulana Mansyuruddin

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin melalui Tribunnews

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin melalui Tribunnews

Setelah berkunjung ke Batu Quran, Anda harus mampir dan berziarah ke makam Syekh Maulana Mansyuruddin. Lokasinya memang di kaki gunung, menjadikan makam ini lebih eksklusif.

Berdasarkan sumber yang dijelaskan, Syekh Maulana Mansyuruddin menjelaskan bahwa dia berasal dari Jawa Timur. Namun belau adalah sosok yang berkontribusi terhadap penyebaran doktrin Islam di wilayah Banten Selatan.

Meski tidak banyak orang dari Syekh Maulana yang tahu malam ini, tetapi tidak ada yang salah ketika Anda berkunjung ketika Anda datang ke Pandeglang.

29. Makam Sheikh Abdul Jabar

Makam Sheikh Abdul Jabar melalui ziarah

Makam Sheikh Abdul Jabar melalui ziarah

Masih tentang ziarah kuburan, kali ini wisata religius di Pandeglang melalui kunjungan ke makam Sheikh Abdul Jabar. Lokasi persis kuburan berada di daerah Kampung Pasir Kecapi, Pegadungan, Karangtanjung, Pandeglang.

Nama Syekh Abdul Jabar memiliki peran penting dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama dengan Sultan Syarif Hidayatullah. Jika Anda ingin mengunjungi makam ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal, karena area pemakaman ini hanya dapat menampung sekitar 20 orang per kunjungan.

Karena alasan ini, jika Anda ingin berziarah bersama kelompok, cobalah bersikap teratur dan kondusif untuk mengetahui aturan yang berlaku.

Lokasi: Kampung Pasir Kecapi, Pegadungan, Karangtanjung, Pandeglang

Tempat wisata lainnya di Pandeglang

Berikut adalah tempat wisata tambahan di Pandeglang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, mari kita lihat!

30. Pantai Ciputih

Pantai Ciputih via Bantenwisata

Pantai Ciputih via Bantenwisata

Lokasi: Desa Kertamukti, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

31. Pantai Matahari Carita

Pantai Matahari Carita via @frhnfauziyah_fujii

Pantai Matahari Carita via @frhnfauziyah_fujii

Lokasi: Desa Sukanagara, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

32. Citaman Springs

Citaman Springs melalui @ suhendar6448

Citaman Springs melalui @ suhendar6448

Lokasi: Jl. Raya Jiput, Sukasari, Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten

33. Curug Cinoyong

Curug Cinoyong via @ imammuizd12

Curug Cinoyong via @ imammuizd12

Alamat: Cinoyong, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten

34. Air terjun Ciajeung

Air terjun Ciajeung via IG

Air terjun Ciajeung via IG

Alamat: Cinoyong, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten

35. Pasir Peuteuy

Sand Peuteuy via @ gilanxx_fr13nd5

Sand Peuteuy via @ gilanxx_fr13nd5

Alamat: Pasirpeuteuy, Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten

37. Pulau Liwungan

Pulau Liwungan via Vieamie

Pulau Liwungan via Vieamie

alamat: Citeureup, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten

38. Pantai Bugel, Mega Camara

Bugle Mega Camara Beach melalui @muhamadnursodik

Bugle Mega Camara Beach melalui @muhamadnursodik

Alamat: Banyuasih, Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten

39. Bukit Padi

Bukit Padi via @muhamadnursodik

Bukit Padi via @muhamadnursodik

Alamat: Bukit Padi, Ds. Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten

40. Pulau Kelapa Carita

Pulau Kelapa Carita via @ nona.dhila

Pulau Kelapa Carita via @ nona.dhila

alamat: Jalan Raya Carita Labuan KM 3.8, Caringin, Labuan, Caringin, Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten

41. Turbak Outbound & Adventure

Turalak Outbound & Adventure melalui @turalakleuwibumi

Turalak Outbound & Adventure melalui @turalakleuwibumi

Alamat: Jl. Mandalawangi, Curuglemo, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten

42. Pantai Daplangu

Pantai Daplangu via @afganfazri

Pantai Daplangu via @afganfazri

alamat: Taman Nasional Jalan Ujung Kulon, Cipenaga, Sumur, Tunggaljaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten

43. Pulau dayung

Pulau Oar via Wisatabanten

Pulau Oar via Wisatabanten

Alamat: Kertajaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten

44. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan melalui @obik_farm

Pulau Panaitan melalui @obik_farm

Alamat: Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten

45. Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi via @idhammaulanayusuf

Curug Leuwi Bumi via @idhammaulanayusuf

Alamat: Desa Turalak, Desa Ramea, Kabupaten Mandalawangi, Pandeglang, Banten

******

Itulah informasi tentang rekomendasi tempat wisata di Pandeglang yang harus Anda kunjungi. Banyaknya daya tarik Pandeglang akan semakin memanjakan Anda saat berkunjung ke lingkungan ini.

Tentu Anda tidak perlu lagi bingung ketika memilih tujuan wisata, karena Pandeglang menawarkan tempat wisata paling lengkap. Masing-masing tempat wisata ini tentunya memiliki karakter dan kekuatan yang unik yang akan membuat tur Anda lebih berkesan dan berkesan.

Jangan lewatkan juga: 42 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Serang Banten

Leave a Reply