Tempat wisata di Purbalingga – Purbalingga adalah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini sangat terkenal dengan industri kreatifnya di bidang mobil (dalam bentuk damper) yang telah berhasil memasuki pasar internasional.

Secara total, kabupaten ini mencakup area seluas sekitar 777 km persegi, dibagi menjadi 18 kecamatan dan 239 desa.

Ibukota Kab. Purbalingga adalah kota Purbalingga. Lokasi kabupaten ini berada di tengah pulau Jawa, jadi jangan heran jika kabupaten ini tidak memiliki garis pantai sama sekali.

Di bagian utara Kab. Purbalingga berbatasan dengan Kab. Pemalang. Di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kab. Bandjarnegara. Dan di sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kab. Banyumas.

Seperti halnya sebagian besar wilayah kabupaten di provinsi Jawa Tengah, Kab. Purbalingga juga memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Dari mulai situs wisata alam, situs wisata buatan dalam bentuk tur permainan, hingga situs wisata bersejarah semuanya tersedia di lingkungan ini.

Karena jumlah tempat wisata yang cukup banyak, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan lingkungan ini salah satu tujuan wisata alternatif Anda selama musim liburan.

Mengunjungi objek wisata menarik di Purbalingga

Bagi Anda yang tinggal di lingkungan tersebut. Purbalingga dan sekitarnya apakah Anda berencana berlibur ke Kab. Purbalingga, berikut adalah beberapa tempat wisata di Purbalingga yang bisa Anda coba kunjungi:

1. Owabong Taman air

Lokasi: Jl. Raya Owabong No 1, Hamlet 2, Bojongsari, Kab. Purbalingga

Tiket: Rp.18.000 per hari kerja dan Rp.23.000 per akhir pekan

Taman Air Owabong via caridestinasiwisata.blogspotcoid

Taman Air Owabong via caridestinasiwisata.blogspot.co.id

Area piknik pertama di Purbalingga adalah Owabong. Owabong adalah salah satu tempat wisata terkenal di Purbalingga.

Berbekal puluhan drive game yang ditawarkan, objek wisata ini menarik banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Total ada lebih dari 10 perjalanan kendaraan yang bisa dinikmati di lokasi ini. Dari pohon air, kolam renang, flying fox, lazyriver, jet coster, hingga teater 4D dan go-cart, semuanya tersedia di sini.

Objek wisata Owabong terletak di Jl. Raya Owabong No 1, Hamlet 2, Bojongsari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Atraksi ini buka setiap hari mulai jam 6 pagi dan tutup pada jam 6 malam.

Fasilitas pendukung:

  • Zona Istirahat Banyan
  • Zona istirahat pallanta
  • Pallanta AWD
  • Zona Istirahat Cottage Pesisir
  • Km Kabetshu Restaurant
  • Restoran Banyan
  • Hapus Coffe Shop
  • Leleson Cafe
  • mushola
  • Restoran dan food court
  • Ruang ganti dan kamar mandi
  • Nyaman kecil bersih
  • Pusat perbelanjaan dan suvenir

2. Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas

Lokasi: Desa Purbayasa, RT 03 RW 02, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga

Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas via caridestinasiwisata.blogspotcoid

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas via caridestinasiwisata.blogspot.co.id

Bagi sebagian orang, belajar sering dianggap kegiatan yang sangat membosankan.

Tetapi apa yang terjadi jika kegiatan pembelajaran dilakukan di luar ruangan, lengkap dengan berbagai jenis tur permainan? Kegiatan belajar yang dilakukan tentu tidak akan terasa membosankan kan?

Nah, mungkin itulah konsep yang coba ditawarkan oleh tempat wisata di Purbalingga yang satu ini.

Nama tempat itu adalah Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas. Di sini wisatawan (terutama anak-anak) dapat mempelajari berbagai hal tentang flora dan fauna.

Dari mengenal ikan di area aquariumseaworld, belajar mengenali kawanan burung, melihat atraksi burung merak, berkomunikasi langsung dengan burung beo, semuanya dimungkinkan di taman wisata ini.

Jika bosan, pengunjung dapat mengayuh perahu di area yang tersedia. Atau jika ingin tahu lebih banyak, pengunjung dapat mengunjungi museum tiga dimensi yang sarat sains.

Lalu bagaimana? Sangat menarik bukan?

Lokasi Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas terletak di wilayah Purbayasa, Padamara, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Taman ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore dan dapat dikunjungi dengan membayar tiket masuk seharga 20.000 rupee.

Jika Anda ingin bermain pedalo atau memasuki museum tiga dimensi, Anda harus membayar tiket tambahan sebesar 10.000 rupee untuk setiap lokasi.

3. Taman bunga Kutabawa

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kab. Purbalingga

Taman bunga Kutabawa

Taman bunga Kutabawa

Tempat berikutnya di Purbalingga adalah Taman Bunga Kutabawa. Taman Bunga Kutabawa terletak di Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Taman ini menawarkan daya tarik utama berupa taman bunga yang telah dirancang agar terlihat cantik dan eksotis.

Selain itu, pengelola taman bunga ini juga telah menyediakan sejumlah spot foto yang mutakhir dan sangat instagramable.

Meski tidak terlalu luas, tapi taman bunga ini dilengkapi dengan taman kelinci, lho!

Jika mau, Anda bisa datang ke taman kelinci untuk sekadar melihat-lihat dan mengambil foto sambil memberi makan kawanan kelinci di sana.

Taman Bunga Kutabawa buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore.

Untuk memasuki taman, pengunjung harus membayar tiket masuk 10.000 rupee per orang.

Jika Anda ingin memasuki taman kelinci, pengunjung menerima tiket tambahan dengan jumlah yang sama. Tiket masuk tambahan termasuk harga wortel yang nantinya bisa dimasukkan ke kelinci yang ada di sana.

4. Wisata alam Desa Dwarf

Lokasi: daerah Krajan, Serang, Karangreja, Kab. Purbalingga

Wisata alam desa Dwarf via rendyandriyantocom

Wisata alam Dwarf Village melalui rendyandriyanto.com

Anda tentu akrab dengan film The Hobbit, kan?

Film dari negara barat ini berhasil menjadi salah satu film terlaris (box office) dan menyebarkan virus rumah hobbit di hampir setiap sudut dunia, termasuk di Indonesia.

Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah Purbalingga dan penasaran dengan rumah hobbit, Anda bisa mengunjungi objek wisata alam Desa Kurcaci di Krajan, Serang, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Di sini Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang rumah hobit. Selain itu, ada juga beberapa spot foto yang disediakan oleh manajemen untuk wisatawan yang datang ke sini.

Menurut informasi yang kami dapatkan di situs Wikipedia, objek wisata yang sebenarnya buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 5 malam.

Namun, jika Anda ingin datang ke sini, waktu terbaik untuk pergi adalah selama musim liburan.

Mengapa Karena jumlah pengunjung yang datang selama periode liburan sangat besar, dan untuk mengatasinya, manajemen biasanya akan meningkatkan tempat foto yang tersedia.

Ini berbanding terbalik dengan ketika di luar musim liburan di mana foto yang tersedia secara lokal cenderung kurang diperhatikan oleh manajemen.

5. Wisata Agro Lembah Asri

Lokasi: daerah Krajan, Serang, Karangreja, Kab. Purbalingga

Wisata Agro Lembah Asri Serang via wspamungkas-purbalingga.blogspotcoid

Agro Wisata Lembah Asri Serang via wspamungkas-purbalingga.blogspot.co.id

Tempat wisata berikut di Kabupaten Purbalingga adalah Wisata Agro Lembah Asri Serang. Wisata Agro Lembah Asri Serang adalah salah satu tempat wisata populer di Purbalingga yang hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Objek wisata ini menawarkan berbagai tempat wisata seperti perjalanan memetik buah, perjalanan taman bunga, perjalanan hutan pinus, perjalanan bermain, naik ATV, dan sebagainya.

Lokasi Wisata Agro Lembah Asri Serang berada di Krajan, Serang, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Daya tarik ini sebenarnya dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 malam. Tapi tetap saja, jika Anda ingin datang ke sini, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara Juli dan November, selama musim memetik stroberi.

Oh dia, karena berada di dataran tinggi, objek wisata ini biasanya hampir selalu diganggu hujan. Selain itu, akses jalan yang harus dilintasi untuk mencapai lokasi agrowisata juga tergolong sangat curam. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan pakaian dan kendaraan yang cocok yang benar-benar bagus jika Anda ingin datang ke sini!

6. Jembatan Cinta Purbalingga

Lokasi: Desa Wisata Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga

Jembatan Cinta Purbalingga via IG @tiarapamula

Jembatan Cinta Purbalingga via IG @tiarapamula

Jembatan Cinta Purbalingga terletak di Desa Wisata Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Jembatan ini adalah salah satu tempat wisata di Purbalingga yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan.

Di sini Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang jembatan berbentuk hati. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitarnya yang bebas polusi dan masih sangat alami.

Sebagai informasi, jembatan dibuat di objek wisata ini menggunakan bahan terpenting dalam bentuk bambu.

Penggunaan bahan bambu bukan tanpa alasan, yaitu sebagai sarana untuk mempromosikan berbagai jenis produk kerajinan yang dibuat oleh pengrajin lokal yang terbuat dari bambu.

Hingga artikel ini dibuat, objek wisata ini dapat dikunjungi tanpa henti kapan saja selama 24 jam. Untuk masuk, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang dan Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah 7.000 rupiah.

7. Taman Sanggaluri Purbalingga

Lokasi: Jl. Raya Taman Reptil, Dusun II, Kutasari, Kab. Purbalingga

Taman Sanggaluri Purbalingga via Jumantocom

Taman Sanggaluri Purbalingga via Jumanto.com

Tempat wisata di Kab. Purbalingga berikutnya adalah Taman Sanggaluri. Taman Sanggaluri adalah salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Purbalingga.

Tempat wisata ini menawarkan tempat wisata paling penting dalam bentuk museum reptil, museum uang dan permainan anak-anak.

Di sini pengunjung dapat memperoleh berbagai jenis pengetahuan tentang flora, fauna, dan sejarah.

Selain itu, ada juga tempat wisata untuk berbagai hewan seperti berang-berang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Taman Sanggaluri Purbalingga berada di Jl. Raya Taman Reptil, Dusun II, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Taman buka setiap hari dari jam 8 pagi di pagi hari dan tutup sebelum tengah hari, yaitu jam 5 sore

8. Golaga – Goalawa Purbalingga

Lokasi: Wilayah Gunung Slamet, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Goalawa via IG @furqoni_aziz

Goalawa via IG @furqoni_aziz

Golaga – Goalawa Purbalingga adalah salah satu tujuan wisata favorit di Purbalingga yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa gua bawah tanah yang sangat eksotis, wahana dan taman terbuka hijau.

Khusus untuk gua bawah tanah sendiri, bisa dibilang sangat ramah turis.

Mengapa Karena tidak seperti kebanyakan objek wisata gua di daerah lain yang belum dilengkapi dengan pencahayaan yang baik dan akses jalan, gua ini dilengkapi dengan pencahayaan dan akses jalan juga sangat baik.

Untuk taman terbuka hijau itu sendiri, sampai artikel ini ditulis, masih dalam tahap pengembangan di mana manajemen saat ini menawarkan berbagai lokasi wisata seperti taman hiburan, atraksi air, dll.

Lokasi Golaga – Goa Lawa terletak di desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Hamlet IV, Siwarak, Purbalingga, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 malam dengan tiket masuk 10.000 yang terjangkau pada hari kerja dan 15.000 pada hari libur dan akhir pekan.

9. Desa wisata Panusupan

Lokasi: Dusun II, Panusupan, Kec. Rembang, Purbalingga

Desa Wisata Panusupan melalui Travellingyuk

Desa Wisata Panusupan melalui Travellingyuk

Sebelumnya kami menyebutkan tempat wisata yang disebut Jembatan Cinta, kan? Nah, objek wisata yang akan kita bahas adalah lokasi di mana Jembatan Cinta berada.

Panusupan Tourism Village terletak di Kec. Rembang, Dusun II, Panusupan, Purbalingga, Jawa Tengah.

Desa wisata ini menawarkan berbagai atraksi utama, seperti gardu induk untuk melihat keindahan alam Purbalingga dari atas, air terjun / air terjun, jembatan cinta, dan pusat kerajinan bambu.

Salah satu tujuan wisata favorit yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi desa ini adalah Bukit Ardilawet.

Bukit ini terletak di atas ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak bukit ini, wisatawan harus berjalan sekitar 15 menit.

Jika Anda ingin mengunjungi desa ini, Anda bisa datang setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 malam.

Penerimaan gratis. Tetapi jika Anda ingin memasuki tujuan wisata di desa (karena salah satunya adalah jembatan cinta), Anda harus membayar biaya masuk dengan jumlah yang berbeda – jika tidak.

10. Bukit Mertelu

Lokasi: Distrik Sangkanayu, Mrebet, Kab. Purbalingga

Bukit Mertelu via Detik

Bukit Mertelu via Detik

Objek wisata berikutnya di Purbalingga adalah Bukit Mertelu. Bukit Mertelu adalah salah satu tempat terbaik yang dapat dikunjungi untuk menikmati keindahan alam Kab. Purbalingga dari atas.

Di bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan alam sambil menghirup udara sejuk khas dataran tinggi.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil foto di beberapa tempat foto yang disediakan oleh manajer atau bersantai di ayunan gantung (dalam bentuk tempat tidur gantung).

Status sebagai tempat wisata baru di Purbalingga, Bukit Mertelu masih belum banyak dikenal di kalangan wisatawan.

Jika Anda ingin datang ke bukit ini, lokasinya dekat dengan Sangkanayu, Mrebet, Kab. Purbalingga.

Tiket masuknya sangat murah, yaitu hanya 5.000 rupee termasuk biaya parkir untuk sepeda motor. Jika Anda ingin menyewa ayunan gantung, Anda membayar sewa 3000 rupiah.

Sangat murah kan?

Namun perlu diingat, untuk mencapai area puncak bukit ini, Anda harus berjalan melalui medan perjalanan.

Tetapi pertempuran yang harus Anda habiskan segera dihargai (dengan pemandangan yang sangat indah) bagaimana Anda sampai ke puncak bukit ini!

11. Alun – Purbalingga square

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga

Alun - Alurb Purbalingga via caridestinasiwisata.blogspotcom

Alun – Alurb Purbalingga via caridestinasiwisata.blogspot.com

Alun – Alurb Purbalingga adalah salah satu tempat pertemuan di Purbalingga yang hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Sama seperti alun-alun di daerah lain, Purbalingga Square juga berada di tengah-tengah daerah, yaitu di Jl. Jendral Sudirman, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Di sini Anda dapat duduk & bersantai di sore hari sambil membeli makanan ringan yang berbeda dari pedagang kaki lima.

Sebagai fasilitas umum, alun-alun ini dapat dikunjungi 24 jam tanpa henti kapan saja. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi alun-alun ini adalah & # 39; di pagi hari dan & # 39; di malam hari saat matahari tidak terlalu panas.

Oh hei, pada waktu-waktu tertentu alun-alun sering dijadikan lokasi untuk mengadakan acara yang Anda tahu!

12. Mandi Tirta Marta Situ di desa wisata Karangcegak

Lokasi: Dusun I, Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga

Situasikan Pemandian Tirta Marta di Desa Wisata Karangcegak via IG @dededempul

Situasikan Pemandian Tirta Marta di Desa Wisata Karangcegak via IG @dededempul

Objek wisata berikutnya di Purbalingga adalah Pemandian Situ Tirta Marta Karangcegak. Pemandian Situ Tirta Marta adalah pemandian alami di daerah pedesaan.

Kolam-kolam ini mengandalkan aliran air yang datang langsung dari sumber. Karena itu, jangan heran jika air dalam bak ini benar-benar sangat bersih dan jernih.

Di sini Anda dapat mandi, berenang, dan menikmati sebanyak yang Anda inginkan. Jika Anda mau, Anda juga dapat mengambil foto di bawah air, mengingat kondisi air di pemandian ini, yang sangat jernih.

Untuk mendukung kegiatan wisata di sini, pengelola tempat ini telah menyediakan berbagai fasilitas wisata yang lengkap, seperti kamar mandi, ruang ganti, warung makan, dll.

Lokasi Pemandian Situ Tirta Marta berada di Dusun I, Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk 5.000 rupee.

Jika Anda ingin menyewa band, pengunjung hanya perlu membayar sewa 5.000 dan jika Anda ingin mengambil foto di bawah air, Anda harus membayar 150 ribu rupee.

13. Puncak Sendaren

Lokasi: Dusun Karang Gedang, Desa Panusapan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Puncak Sendaren via IG @ auliafusi23

Puncak Sendaren via IG @ auliafusi23

Khusus bagi Anda yang mencari foto kontemporer, Anda dapat mengunjungi salah satu tempat foto instagramable di Purbalingga.

Di sini Anda dapat mengambil foto di jembatan bambu yang menempel di tebing dengan latar belakang panorama alam Purbalinga dari ketinggian bukit.

Lokasi tempat foto ini ada di Jl. Ardi Lawet, Dusun I, Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Lokasinya cukup jauh dan medannya cukup menantang. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan kendaraan prima jika Anda ingin datang ke sini.

14. Desa Wisata Serang

Lokasi: Karangreja, Gerdu, Kec. Serang, Kab. Purbalingga

Wisata Desa Wisata Serang Memikat

Wisata Desa Wisata Serang Memikat

Objek wisata berikutnya di Purbalingga adalah Desa Wisata Serang. Desa Wisata Serang terletak di Karangreja, Gerdu, Serang, Purbalingga, Jawa Tengah.

Lokasi desa wisata ini tidak jauh dari lokasi objek wisata Goa Lawa yang telah kita bahas sebelumnya.

Di desa ini Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti memetik stroberi, taman kerdil, tempat istirahat yang sejuk, air terjun, dll.

Sebagai desa wisata, Desa Serang dilengkapi dengan fasilitas wisata yang sangat memadai.

Anda tidak perlu takut "kesengsaraan" ketika mengunjungi desa ini.

15. Jembatan Pelangi Rembang

Lokasi: Dusun Sumingkir, Desa Bantar Barang, Kec. Rembang, Purbalingga

Jembatan Pelangi Rembang via Youtube

Jembatan Pelangi Rembang via Youtube

Tempat foto lain di Purbalingga yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu jembatan Pelangi Rangi.

Jembatan ini disebut jembatan pelangi karena catnya dibuat berwarna-warni seperti pelangi.

Sayangnya, kondisi jembatan saat ini tidak sebagus dan seindah sebelumnya karena kurangnya perawatan.

Namun objek wisata umumnya terletak di dusun Sumingkir, Desa Bantar Barang, Kec. Rembang, Purbalingga masih menarik untuk dikunjungi!

16. Purbasari Pancuran Mas

Lokasi: Jl. Purbalingga – Klampok, Purbayasa, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga

Purbasari Pancuran Mas di Ohayo.co.id

Purbasari Pancuran Mas di Ohayo.co.id

Tujuan wisata berikutnya di Purbalingga adalah Purbasari Pancuran Mas. Purbasari Pancuran Mas juga dikenal sebagai Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas adalah taman wisata yang penuh nilai pendidikan.

Taman ini menawarkan berbagai tempat wisata yang cocok untuk hampir semua umur.

Dari taman bermain anak-anak, akuarium, booming air, kolam renang, kastil burung, diorama binatang, taman buah naga, tur, konservasi rusa, hingga bioskop 3D, semuanya tersedia di sini.

Tersedia beragam wahana, bisa dibilang taman ini adalah salah satu tempat wisata keluarga di Purbalingga yang sangat direkomendasikan.

Jika Anda ingin bermain ke taman ini, lokasinya ada di Jl. Purbalingga – Klampok, Purbayasa, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Taman ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 malam dengan tiket masuk 20.000 rupee per orang (tidak termasuk tiket untuk teater tiga dimensi dan tiket untuk perjalanan perahu di atas air).

17. Curug Sumba

Lokasi: Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Curug Sumba via Kmstour

Curug Sumba via Kmstour

Curug Sumba adalah salah satu tempat wisata baru di Purbalingga yang belum terkenal oleh wisatawan.

Air terjun ini menawarkan daya tarik utama berupa area air terjun yang dikeringkan dengan air pirus (Tosca hijau) yang sangat bersih dan jernih.

Seperti kebanyakan air terjun di daerah lain, ada kolam / kedung di bagian bawah air terjun ini yang dapat digunakan untuk mudah berendam, berenang dan bermain air.

Sekalipun Anda tidak bisa berenang, Anda bisa bermain di taman atau bersantai di area saung yang sengaja disediakan oleh pengelola kepada para wisatawan yang datang.

Sampai artikel ini ditulis, Curug Sumba masih dalam pengembangan. Namun air terjun itu berada di daerah Kemojing, Desa Tlahab, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga ini dapat dikunjungi setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5.30 malam.

Untuk masuk, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk 3000 rupee per orang dan biaya parkir kendaraan 2.000 rupee per kendaraan.

18. Wisata Agribisnis Serang

Lokasi: Jl. Raya Serang, Desa Krajan, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga

Wisata agribisnis di Serang melalui Tribunnews

Wisata agribisnis di Serang melalui Tribunnews

Wisata Agribisnis Serang terletak di Jl. Raya Serang, Desa Krajan, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Tempat ini menawarkan daya tarik utama berupa perjalanan memetik stroberi dan berbagai spot foto yang sangat instagramable.

Buka 24 jam sehari tanpa henti, pengunjung dapat mengunjungi tempat ini kapan saja tanpa harus membayar tiket masuk.

Namun, jika Anda ingin mengambil foto di tempat foto yang tersedia, pengunjung akan dikenai biaya nanti.

Oh ya, jika Anda ingin menikmati kegiatan wisata memetik buah, pastikan Anda datang ke tempat ini selama musim panen, oke?

19. Bukit Cilik – Igir Wringin

Lokasi: Desa Wisata Bantarbarang, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga

Bukit Cilik - Igir Wringin via IG @liarhmwt

Bukit Cilik – Igir Wringin via IG @liarhmwt

Tempat wisata berikut di Purbalingga adalah Bukit Cilik – igir Wringin. Bukit Cilik – Igir Wringin terletak di desa wisata Bantarbarang, Dusun II, Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Bukit ini adalah salah satu tempat wisata yang direkomendasikan bagi Anda yang sedang mempersiapkan kegiatan hiking.

Meski tidak terlalu tinggi, namun aktivitas berjalan di bukit ini terasa cukup melelahkan dan tentu saja mengasyikkan.

Setelah Anda tiba di puncak bukit, Anda dapat mengambil foto di berbagai tempat foto menarik yang disediakan oleh manajer.

Bukit ini bisa dikunjungi kapan saja. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini di musim panas atau ketika matahari membakar, dan ingat ketika hujan, jalan akses yang harus ditempuh biasanya sangat sulit.

20. Wisata Botania Garden (Bogar)

Lokasi: Area Karangcengis, RT 01 RW 07, Kab. Purbalingga

Wisata Kebun Botania via RRI

Wisata Kebun Botania via RRI

Khusus bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan wisata di bidang memetik buah, di Karangcengis, tepatnya di RT 01 RW 07, Kab. Purbalingga ada objek wisata Taman Botania yang menawarkan perjalanan memetik buah murah.

Di sini Anda dapat memilih berbagai jenis buah di taman ini, seperti buah jeruk, kristal gava, dll.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas terapi ikan yang juga disediakan oleh manajemen.

Untuk berpartisipasi dalam atraksi ini, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar 7.500 rupee per orang. Tiket masuk termasuk air minum berukuran sedang.

21. Puncak Sibarat

Lokasi: Kawasan Hutan Gunung Wulded, Bawahan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga

Puncak Sibarat melalui YouTube

Puncak Sibarat melalui YouTube

Khusus bagi Anda yang menikmati jalan-jalan dan fotografi, ada objek wisata baru di Purbalingga bernama Puncak Sibarat, yang menawarkan panorama alam yang luar biasa eksotis.

Objek wisata ini terletak di Kawasan Hutan Gunung Wulded, Liège, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Untuk mencapai puncak Sibarat, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari tempat parkir.

Sesampainya di area puncak, pengunjung akan disambut dengan alam yang sangat indah dan berbagai spot foto yang benar-benar instagramable.

Jika Anda lapar, yang harus Anda lakukan adalah memesan makanan di warung di bukit.

22. Curug Nini

Lokasi: Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga

Curug Nini via IG @ dimas.hy

Curug Nini via IG @ dimas.hy

Curug Nini adalah air terjun kecil di Desa Cipaku, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Air terjun ini menawarkan daya tarik utama berupa aliran air yang segar dan jernih. Di bagian bawah air terjun adalah air terjun yang hanya bisa digunakan untuk berenang dan berenang.

Jika Anda mencari tempat yang tepat untuk bersantai sementara Anda lelah di akhir pekan, Anda dapat menjadikan air terjun ini sebagai alternatif yang cocok.

23. Air terjun Curintang

Lokasi: Desa Tlahab Lor, Kutabawa, Karangreja, Kab. Purbalingga

Curug Silintang via IG @endonip

Curug Silintang via IG @endonip

Curug Silintang terletak di desa Tlahab Lor, Kutabawa, Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Air terjun ini adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Purbalingga yang belum terkenal oleh wisatawan.

Sampai artikel ini ditulis curug yang memiliki kadar air terjun berbeda, masih belum digarap sebagai tempat wisata resmi.

Itulah sebabnya air terjun mistis adalah tempat bintang jatuh dapat dikunjungi 24 jam tanpa henti kapan saja.

24. Bukit Njelir

Lokasi: Dusun II Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga

Bukit Njelir melalui Tribunnews

Bukit Njelir melalui Tribunnews

Bagi Anda yang menikmati hiking dan berkemah, ada objek wisata di Purbalingga bernama Bukit Njelir yang sangat menarik untuk didaki.

Bukit ini terletak di Dusun II Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Secara umum, area hiking yang harus dilintasi untuk mencapai bukit cukup menantang.

Pendaki biasanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 – 4 jam waktu pendakian sebelum mereka mencapai puncak bukit. Dari puncak bukit ini, gunung Slamet terlihat jelas.

Oh ya, orang-orang di sekitar bukit juga sangat ramah! Jadi walaupun masih ada fasilitas minimal, Anda tidak perlu ragu untuk datang ke bukit ini!

25. Taman Cinta Talagening Bobotsari

Lokasi: Dusun III, Talagening, Kec. Bobotsari, Kab. Purbalingga

Taman Cinta Talagening Bobotsari via Datawisata

Taman Cinta Talagening Bobotsari via Datawisata

Taman Cinta Talagening Bobotsari terletak di Dusun III, Talagening, Bobotsari, Purbalingga. Taman ini menawarkan berbagai tempat foto, yang sebagian besar adalah tema cinta.

Pada pembukaan pertama taman ini terlihat sangat bagus. Namun belakangan ini situasinya mulai agak mengkhawatirkan. Namun secara umum taman ini tetap direkomendasikan untuk dikunjungi.

26. Curug Duwur (Bumisari)

Lokasi: Jl. Raya Pagutan – Bumisari Km 7, Bojongsari, Kab. Purbalingga

Curug Duwur via Instapurbalingga.blogspotcoid

Curug Duwur via Instapurbalingga.blogspot.co.id

Curug Duwur terletak di Jl. Raya Pagutan – Bumisari Km 7, Bojongsari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Air terjun ini dikatakan sebagai salah satu air terjun terbersih dan terindah di kabupaten ini. Purbalingga.

Meskipun tidak terlalu tinggi, air terjun ini memiliki aliran air yang sangat jernih.

Apalagi genangan / kedung di bagian bawah juga cukup lebar, sehingga bisa digunakan untuk lokasi berenang.

Tidak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat lapangan terbuka hijau yang luas. Lapangan dapat digunakan sebagai lokasi untuk kegiatan keluar.

27. Curug Combat

Lokasi: Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Kab. Purbalingga

Curug Tempuran via IG @robbywardana

Curug Tempuran via IG @robbywardana

Objek wisata berikutnya di Purbalingga adalah Curug Tempuran. Curug Tempuran terletak di Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Air terjun ini adalah salah satu tempat wisata baru di Purbalingga yang masih terjaga dengan baik.

Ini dibuktikan dengan kondisi yang masih sangat alami. Bahkan perairan alami dari perairan di sekitar air terjun ini, banyak komunitas di sekitarnya menjadikannya tempat untuk memancing.

Pada hari normal air terjun ini dapat dikunjungi 24 jam tanpa henti. Namun waktu terbaik untuk datang ke air terjun ini adalah di pagi hari ketika kondisi di sekitarnya tidak sepanas itu.

28. Desa liburan Gunung Wuled

Lokasi: Dusun Junior, Desa Tanyatan, Gunung Wuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga

Desa Wisata Gunung Wuled melalui IG @ Kompel

Desa Wisata Gunung Wuled melalui IG @ Kompel

Desa Wisata Gunung Wuled terletak di Dusun Bawahan, Desa Tanyatan, Desa Gunung Wuled, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Desa ini menawarkan berbagai tempat wisata alam yang sangat menarik seperti air terjun dan hutan pinus.

Salah satu tempat wisata paling terkenal di desa ini adalah Taman Sudirman. Taman ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi untuk kegiatan outgoing dan camping.

29. Museum uang Purbalingga

Lokasi: Jl. Raya Kutasari-Tobo, Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Museum Uang Purbalingga viaView.co.id

Museum Uang Purbalingga viaView.co.id

Tempat wisata di Purbalingga ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Di sini Anda dapat melihat berbagai jenis koleksi uang, baik uang Indonesia maupun uang dari negara lain.

Museum Uang Purbalingga terletak di Jl. Raya Kutasari – Tobo, Dusun II, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Tempat ini dapat dikunjungi setiap hari mulai jam 8 pagi & pagi sampai jam 5 pagi & # 39; di sore hari.

30. River World Purbalingga

Lokasi: Jl. Karangturi Purbayasa, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga

River World Purbalingga via Purbalinggakabgoid

River World Purbalingga via Purbalinggakab.go.id

River World Purbalingga adalah salah satu taman paling populer untuk wisata keluarga di Purbalingga.

Taman air ini terletak di Jl. Karangturi Purbayasa, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai jenis permainan air yang sangat menarik seperti slide dan ember yang tumpah.

River World Purbalingga buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 6 malam dan dapat dikunjungi dengan tiket masuk yang harganya terjangkau.

31. Ardi Lawet Petilasan Syeh Jambu Karang

Lokasi: Kabupaten Panusupan Bantarbarang, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga

Ardi Lawet Petilasan Syeh Jambu Karang via Jelajahnegeriku.blogspotcoid

Ardi Lawet Petilasan Syeh Jambu Karang via Jelajahnegeriku.blogspot.co.id

Ardi Lawet Petilasan Syeh Jambu Karang terletak di Daerah Panusupan Bantarbarang, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah.

Tempat ini merupakan tempat penting bagi masyarakat Purbalingga, yaitu lokasi Makam Syeh Jambu Karang, salah seorang tokoh penting yang sangat berjasa bagi masyarakat Purbalingga.

Untuk mengenang jasa beliau, banyak masyarakat Purbalingga yang sengaja datang ke Petilasan beliau untuk berziarah.

Ya walaupun medan perjalanan yang harus dilalui tergolong cukup berat dan melelahkan (karena jauh dan agak terjal), namun nilai sejarah dan panorama alam yang ditawarkannya benar – benar sangat sebanding kok!

32. Bukit Kelir

Lokasi: Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Bukit Kelir via Youtube

Bukit Kelir via Youtube

Tempat wisata di Purbalingga berikutnya adalah bukit kelir yang menawarkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian sekitar 1.300 Mdpl.

Bukit ini layak anda jadikan tempat trekking untuk semua kalangan, bahkan untuk pemula yang baru mau belajar mendaki.

Dari ketinggian bukit anda dapat menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan yang sangat menakjubkan. Selain itu anda juga bisa berburu sunrise disini.

33. Watu Geong

Lokasi: Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga

Bukit Watu Geong via IG @maolana_riley

Bukit Watu Geong via IG @maolana_riley

Selain bukit kelir, anda juga bisa mendaki watu Geong yang hanya memiliki ketinggian sekitar 580 Mdpl. Bukit yang tidak terlalu tinggi ini juga menawarkan pemandangan alam nan indah dan mempesona.

Dari puncaknya, anda akan disuguhkan pemandangan kawasan Rembang dan sekitarnya. Wisatawan yang datang akan disuguhkan panorama sunset yang sangat mempesona. Direkomendasikan untuk datang ke watu geong ini pada saat sedang kemarau.

34. Curug Ciputut

Lokasi: Desa Serayu Larangan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga

Curug Ciputut via Travelingyuk

Curug Ciputut via Travelingyuk

Satu lagi ari terjun yang bisa kamu jadikan tempat menghabiskan waktu liburanmu, yakni curug ciputut yang terletak di desa Seayu Larangan.

Air terjun ini akan terus mengalirkan airnya meskipun sedang kemarau panjang. Bagi anda yang berjiwa petualang, maka curug ini mesti masuk dalam daftar destinasi liburan di Purbalingga selanjutnya.

Untuk mencapai curug yang kece ini, kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra karena medannya yang terjal dan sulit.

35. Curug Tuntung Laut

Lokasi: Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga

Curug Tuntung Laut

Curug Tuntung Laut

Masih berupa air terjun, ada curug tuntung laut yang masuk dalam rekomendasi kami untuk anda kunjungi selanjutnya. Air terjun ini memang belum populer, karena lokasinya yang terpencil sehingga belum banyak wisatawan yang mengenali air terjun ini.

Suasana alam di sekitar air terjun tuntung laut ini masih sangat asri dan juga sepi dari pengunjung maka sangat cocok buat menenangkan diri.

36. Museum Jenderal Soedirman

Lokasi: Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Museum Jenderal Soedirman via Indoplaces

Museum Jenderal Soedirman via Indoplaces

Siapa sih yang tidak kenal Penglima Besar Jendral Soedirman? Nama beliau begitu harum dan sangat ditakuti oleh penjajah Belanda dan Jepang.

Jangan lupa untuk para orang tua mengingatkan para anak-anaknya akan kehebatan pahlawan mereka dimasa lampau.

Buat ortu yang mau liburan di Purbalingga, silahkan kunjungi replika rumah beserta isi-isinya seperti lampu minyak, lemari, kursi dan lain-lain. Dulunya museum ini sengaja dibangun sebagai pengingat jasa Jendral Soedirman untuk negara Indonesia ini.

37. Kolam Renang Walik Purbalingga

Lokasi: Desa Dusun Walik, Desa Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Kolam Renang Walik Purbalingga via caridestinasiwisata.blogspotcoid

Kolam Renang Walik Purbalingga via caridestinasiwisata.blogspot.co.id

Tempat wisata di Purbalingga berikutnya adalah berupa kolam renang yang cocok untuk kamu yang mau basah-basahan. Kolam renang tertua di Purbalingga ini memang kalah pamor dari Owabong water park.

Kolam renang ini hanya ditujukan untuk tempat liburan anak saja. Selain ada kolam renang, ada juga wahana lain untuk menghibur anak-anak disini mulai dari patung-patung binatang, burung hantu, dan juga berbagai macam fasilitas lain sebagai pendukung.

38. Sungai Watu Mujur

Lokasi: Dusun Batur, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Sungai Watu Mujur via GI @fatrotulrahma

Sungai Watu Mujur via GI @fatrotulrahma

Tempat wisata di Purbalingga selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah wahana watu Mujur. Wahana berupa sungai yang dipermak menjadi tempat rekreasi ini menawarkan wisata air yang keren.

Oh ya sob, kalau datang ke tempat ini jangan lupa untuk membawa kamera anti air ya, jadi kamu bisa mengabadikan momen sepuasnya tanpa takut terkena air.  Untuk harga tiket masuk wisata ini hanya sekitar Rp. 7.000.

39. Arung Jeram Sungai Klawing

Lokasi: Hulu Sungai Gunung Slamet , Kabupaten Purbalingga

Arung Jeram Sungai Klawing via IG @iwan_ardiann

Arung Jeram Sungai Klawing via IG @iwan_ardiann

Buat kamu yang doyan dengan olahraga ekstrim, maka arung jeram sungai klawing mesti kamu taklukan. Air sungai yang jernih plus arus yang cukup menantang cukup membuat detak jantung terasa lebih cepat dibuatnya.

Pengelola arung jeram ini cukup profesional sehingga bisa dibilang fasilitas penunjang wahana hiburannya cukup lengkap. Adapun paket lengkapnya mulai dari air mineral, snak, welcome drink, makan, transportasi lokal dan masih banyak lagi lainnya.

40. Usman Janatin City Park

Lokasi: alan A. Yani No.57 Purbalingga Kidul, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga

Usman Janatin City Park via caridestinasiwisata.blogspotcom

Usman Janatin City Park via caridestinasiwisata.blogspot.com

Nama usman janatin mungkin jarang terdengar di telinga kita. Usman Janatin merupakan salah satu pahlawan Nasional kita yang dihukum gantung di Singapura pada 17 Oktober 1968.

Usman Janatin ini mendapatkan tugas khusus dari Soekarno untuk meledakkan gedung Mac Donald House di Singapura, yang saat itu menjadi komponen kawasan Malaysia. Atas jasa dan pengorbanannya Usman Janatin mendapatkan gelar pahlawan dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

41. Puncak Telkom Pratin

Lokasi: Kutabawa, Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Puncak Telkom Pratin via Jalanwisata

Puncak Telkom Pratin via Jalanwisata

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi objek wisata puncak telkom pratin yang menawarkan pemandangan menakjubkan dari atas ketinggian bukit.

Selain menawarkan pemandangan indah, dari puncak telkom ini jamu juga bisa merasakan sejuknya udara dan semilir hembusan angin yang membuat pikiran riletks. Gardu pandang puncak telkom ini bisa menjadi spot poto kece lho.

Buat kamu yang ingin melupakan kisah bersama mantan, coba aja datang kesini, sembari menanti sang surya tenggelam di ufuk barat.

42. Puncak Batur Purbalingga

Lokasi: Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga

Puncak Batur Purbalingga via IG @adityabagussantoso

Puncak Batur Purbalingga via IG @adityabagussantoso

Masih berupa objek wisata perbukitan, puncak batur juga bisa kamu masukkan dalam destinasimu di Purbalingga  selanjutnya.

Untuk mencapai puncak batur ini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup menantang. Terdapat 3 pos utama yang dijadikan tempat istrahat. Butuh sekitar 2 ½ jam untuk mencapai puncak. Namun, begitu sampai puncak maka rasa penakmu akan sirna seketika.

Kamu akan disuguhkan pemandangan cantik plus udara sejuk yang menggelitik kalbu.

43. Pojok Kayangan

Lokasi: Desa Tamasya Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga

Pojok Kayangan

Pojok Kayangan

Kayangan atau dalam bahasa perwayangannya juga dikenal dengan sebutan nirwana ini ada lho di Purbalingga. Sesuai dengan namanya, pojok kayangan juga menawarkan pemandangan indah yang menawan.

Lokasi pojok kayangan ini ada di Desa Tamasya Panusupan. Pojok kayangan ini menawarkan spot instagremmable untuk anda. Anda akan diajak untuk mengabadikan momen dengan latar pohon-pohon dan barisan gunung.

Terdapat warung untuk jajan juga gazebo serta WC. Jadi tidak butuh persiapan berlebih sekiranya mau ke sini. Untuk karcis masuknya Rp. 3.000/orang dan parkir Rp. 2.000/motor.

44. Wisata Pring Wulung

Lokasi: Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga

Wisata Pring Wulung via Ig @roidah_meilani

Wisata Pring Wulung via Ig @roidah_meilani

45. River Tubing Klawing

Lokasi: Desa Onje, keamatan Mrebet, kab.Purbalingga

River Tubing Klawing via IG !klawingrivertubing

River Tubing Klawing via IG !klawingrivertubing

46. Lampion Tengah Sawah

Lokasi: Gunungwuled, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga

Lampion Tengah Sawah via IG @dwijuni.26

Lampion Tengah Sawah via IG @dwijuni.26

47. Bendungan Slinga

Lokasi: Slinga, Kaligondang, Kabupaten Purbalingga

Bendungan Slinga via IG @id_banyumili

Bendungan Slinga via IG @id_banyumili

48. Highland Serang

Lokasi: Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Highland Serang via Ig @serang_highland

Highland Serang via Ig @serang_highland

49. Desa Wisata Sikopyah

Lokasi: Serang, Karangreja, Purbalingga

Desa Wisata Sikopyah via Dinporapar Purbalingga

Desa Wisata Sikopyah via Dinporapar Purbalingga

****

Itulah sedikit informasi mengenai tempat wisata di Purbalingga yang bisa kami bagikan untuk Anda. Akhir kata, selamat jalan – jalan di Purbalingga dan semoga perjalanan wisata Anda di kabupaten ini terasa menyenangkan ya! Oh ia, jangan lupa bagikan pengalaman wisata Anda di sini melalui kolom komentar di bawah ya!

Jangan lewatkan: 23 Tempat Liburan di Sukoharjo Jawa Tengah Terbaru

Leave a Reply