Candi Plaosan – Dunia pariwisata di Indonesia selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan asing. Berbagai jenis atraksi dapat ditemukan di Indonesia, yang terkenal dengan kekayaan alam dan warisan sejarahnya.

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi dengan banyak objek wisata yang indah dan menakjubkan. Salah satu objek wisata di provinsi Jawa Tengah adalah Candi Plaosan.

Candi ini adalah contoh dari objek wisata di Indonesia yang menyaksikan perubahan zaman. Objek wisata ini merupakan bukti sejarah peradaban kerajaan Mataram kuno di masa lalu.

Candi Plaosan melalui IG @wahyupujias

Candi Plaosan melalui IG @wahyupujias

Lokasi candi Plaosan

Candi ini terletak di Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Karena terletak di perbatasan antara wilayah khusus Yogyakarta dan Jawa Tengah, candi ini sering disebut sebagai salah satu candi di wilayah khusus Yogyakarta.

Nah, bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu liburan dengan bepergian ke Jawa Tengah atau kawasan Yogyakarta yang istimewa, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengunjungi candi yang indah ini.

Struktur dan tata letak candi

Area wisata ini terletak di tengah sawah, membuatnya menyenangkan untuk dilihat dan cocok untuk mengunjungi siang hari.

Kawasan wisata Candi Plaosan dikelilingi oleh parit persegi panjang dengan ukuran 440 meter x 270 meter. Saluran ini memiliki kedalaman 2,5 meter.

Tidak jauh dari parit, ada pagar di sekitarnya. Pagar persegi panjang itu digunakan sebagai pembatas untuk area candi dengan area sekitarnya.

Untuk memasuki area candi, ada pintu masuk di sebelah timur. Sebagai informasi, candi Plaosan dibagi menjadi dua wilayah, yaitu candi Plaosan Lor dan Kidul.

1. Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Lor berarti candi Plaosan Utara dalam bahasa Indonesia. Sesuai namanya, candi ini terletak di bagian utara kawasan wisata ini.

Saat Anda mengunjungi candi utara, ada dua pasang patung di depan pintu masuk. Gambar-gambar ini disebut gambar Dwarapala, yang keduanya saling berhadapan. Kedua gambar memiliki panjang yang sama dengan panjang manusia yang sebenarnya.

Namun, gambar-gambar ini bersila dan tangan mereka memegang tongkat sementara tangan kirinya berada di atas lutut kiri. Klub itu akan menjadi senjata militer di masa lalu.

Berjalan tidak jauh dari patung-patung, ada teras batu persegi di pelataran utara. Teras batu dianggap sebagai tempat untuk berkorban dengan deretan rongga batu di sekitarnya.

Teras dikatakan sebagai bangunan kayu di masa lalu dan patung Buddha Dhyani dapat ditemukan di dasar batu. Enam stupa besar juga dapat ditemukan di pengadilan utara. Anda juga dapat menemukan teras batu yang lebih kecil di selatan kuil Plaosan Lor.

Di kompleks candi Lor ada dua bangunan candi utama dengan dua tingkat. Dua candi paling penting menghadap ke barat dan ada pagar batu di sekitarnya.

Pagar batu juga dikelilingi oleh candi perwara. Ada 174 kuil yang sesuai yang dapat Anda temukan di sini. Candi Perwara terdiri dari 58 candi kecil dan 116 bangunan dalam bentuk stupa.

Sementara itu, di utara dan selatan, tujuh kuil juga telah didirikan di setiap sisi candi utama. Anda juga akan menemukan di timur candi utama terdapat 19 candi yang tertata rapi di sana.

Di sebelah barat candi utama ada gerbang berupa gerbang paduraksa. Gerbang Paduraksa memiliki atap dengan deretan mahkota kecil sebagai hiasan.

Sebagai informasi tambahan, bangunan di candi induk itu sendiri memiliki ketinggian sekitar 60 cm tanpa koridor yang mengelilingi tubuhnya.

Ada juga tangga yang mengarah ke gerbang, di mana kepala naga telah ditempatkan di pangkalan sebagai hiasan. Struktur gerbang itu sendiri dihiasi dengan patung-patung yang dihiasi dengan bunga dan sulur-sulur.

Di sisi lain, dinding luar candi utama dihiasi dengan relief. Relief biasanya menunjukkan pria dan wanita berdiri tegak. Ukuran relief umumnya hampir seukuran orang.

Pembagian, relief di dinding utama di selatan tampaknya mewakili laki-laki, dan kuil utama di utara tampaknya menggambarkan seorang wanita.

Memasuki candi utama, interior bangunan terbagi menjadi enam kamar, tiga kamar di lantai bawah dan tiga kamar lainnya berada di lantai dua. Lantai yang berdekatan dengan dua tingkat ini sebenarnya telah menghilang, tetapi dindingnya masih dapat dilihat pada instalasi lantai sebelumnya.

Di ruang tengah ada tiga patung Buddha yang duduk berbaris di padadmasana dan menghadap ke gerbang. Sementara itu, dinding kiri dan kanan ruangan melihat ceruk yang dianggap sebagai tempat penerangan.

Niche terletak di antara relief Kuwera dan Hariti dan di kiri dan kanan di pintu masuk utama ada pintu yang menghubungkan ke ruang samping.

2. Candi Plaosan Kidul

Candi Plaosan Kidul pertama kali ditemukan pada tahun 1909 oleh seorang arkeolog dari Eropa, yaitu Ijzerman yang berasal dari Belanda. IJzerman menemukan candi Plaosan Kidul dengan 16 candi kecil yang rusak.

Candi Plaosan Kidul terletak di sebelah selatan Candi Plaosan Lor, yang terpisah dari jalan raya. Daerah Kidul ini hanya candi perwara yang masih kuat, sementara candi utama telah berubah menjadi reruntuhan.

Restorasi dan penggalian dilakukan pada Mei 2003. Hingga saat ini, candi Plaosan Kidul masih dalam restorasi dan belum banyak informasi yang dapat diekstraksi.

Sejarah candi Plaosan

Candi Plaosan memiliki kisah sejarah yang menarik untuk dipelajari. Itulah sebabnya banyak turis sering datang untuk mempelajari sejarah yang tersimpan di kuil.

Kuil itu sendiri dibangun pada masa Kerajaan Mataram Lama di bawah pemerintahan Raja Rakai Pikatan yang berasal dari dinasti Sanjaya. Raja Rakai Pikatan adalah raja yang memerintah pada 840-856 AD.

Ini diperkuat oleh bukti dari prasasti Sri Kaluhuran yang dibuat sekitar 842 Masehi.

Kuil ini dibangun oleh Rakai Pikatan, seorang Hindu. Rakai Pikatan membangun kuil untuk istri tercintanya, Pramodyawardani.

Pramodyawardani dikenal sebagai penganut Buddha. Itulah sebabnya Rakai Pikatan membuat kuil ini untuk istrinya berdasarkan cinta yang tulus sebagai tempat ibadah. Itulah sebabnya candi bersejarah ini memiliki gaya pengaruh Hindu dan Budha.

Konon, hubungan kedua pasangan agama yang berbeda itu tidak disetujui oleh kedua keluarga. Namun, karena kekuatan cinta sejati berhasil membuat kedua keluarga memberkati hubungan itu.

Itu sebabnya Anda bisa mendengar cerita tentang mitos pasangan yang datang ke kuil Plaosan, sehingga hubungan akan berlangsung lama. Tapi sekali lagi, itu masih mitos.

Objek wisata candi Plaosan

Berikut ini beberapa tempat wisata yang dapat Anda temukan:

1. Ikuti bait suci

Anda bisa berjalan di sepanjang puing-puing di kuil Plaosan. Kuil Lor dan Candi Kidul keduanya menawarkan tempat menarik untuk mengikuti kuil.

Lokasi yang dekat dengan candi Prambanan, candi Sewu, candi Sambisari, dan candi Sojiwan menjadikan candi ini tempat yang tepat untuk mengikuti candi.

Jika Anda haus setelah mengikuti kuil atau melewati Kuil Plaosan, ada toko kecil di area parkir sepeda motor. Kios ini terletak di sebelah timur kuil, yang bisa menjadi tempat yang cocok untuk membeli minuman.

2. Matahari terbenam dan matahari terbit

Keindahan matahari terbenam di kuil Ploasan via IG @ novemlawalata

Keindahan matahari terbenam di kuil Ploasan via IG @ novemlawalata

Kuil ini adalah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang benar-benar menyukai suasana matahari terbenam dan matahari terbit, maka Anda harus mencoba merasakan suasana di Candi Plaosan.

Lokasi candi di tengah sawah membersihkan pandangan Anda untuk melihat aktivitas matahari terbit dan terbenam.

Siluet dan bayangan candi ketika menyaksikan matahari terbit dan terbenam menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

3. Tempat foto

Meskipun Candi Plaosan adalah daerah wisata bersejarah, daerah ini menawarkan tempat-tempat foto yang menarik dan unik untuk dicoba.

Kawasan wisata candi tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Jadi, Anda dapat dengan bebas mengambil foto tanpa khawatir akan terkena "bom foto" orang lain.

Candi Plaosan juga merupakan tempat foto terbaik bagi Anda yang menyukai latar belakang bangunan bersejarah. Banyak wisatawan mengunjungi kawasan wisata candi Plaosan untuk mengambil foto latar belakang candi.

Jika Anda berjalan ke utara area wisata kuil, Anda akan menemukan tempat foto dengan ornamen berwarna-warni di jalan kecil di tengah sawah. Warga diharapkan membuat spot foto ini untuk wisatawan yang berkunjung.

4. Bersepeda

Daerah Candi Plaosan adalah tujuan yang baik untuk bersepeda. Seperti dijelaskan di atas, lokasi candi, yang tidak jauh dari candi-candi di sekitarnya, yaitu Candi Prambanan, Candi Sewu dan Candi Sambisari, cocok untuk digunakan sebagai tempat bersepeda.

Bagi Anda yang ingin menikmati langit malam di daerah perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mencoba bersepeda dari candi Prambanan ke candi Plaosan.

Anda juga akan menemukan beberapa turis asing melakukan kegiatan serupa, yaitu bersepeda dari candi Prambanan ke candi Plaosan.

Lokasi candi di tengah sawah dengan aspal yang sudah bagus merupakan daya tarik bagi orang-orang dengan latar belakang berbeda untuk bersepeda di sana.

Keindahan kuil Ploasan melalui shutterstock

Keindahan kuil Ploasan melalui shutterstock

Cara mencapai candi Plaosan

Jika Anda ingin mengunjungi candi Plaosan, ada berbagai cara untuk sampai ke sana. Kawasan wisata ini cukup dalam dari Jalan Raya Solo-Jogja dan tidak dilintasi oleh angkutan umum seperti bus.

Namun, akses ke candi ini tidaklah sulit. Ada dua cara untuk pergi ke candi, yaitu dari Solo dan dari Yogyakarta.

1. Dari Solo

Jika Anda berangkat dari Solo, Anda bisa naik bus besar ke Jogja. Mintalah sopir atau kondektur untuk turun di candi Prambanan.

Setelah Anda turun di Candi Prambanan, Anda dapat menyewa taksi motor atau taksi yang tersedia di dekat pasar Prambanan untuk menuju ke Candi Plaosan. Anda juga dapat menggunakan ojek online atau ojek online untuk membawa Anda ke Candi Plaosan.

2. Dari Yogyakarta

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, Anda dapat menggunakan Bus TransJogja dalam perjalanan ke Prambanan. Sudah ada halte bus TransJogja di area strategis kota Jogja yang dapat Anda gunakan untuk bepergian dengan transportasi umum.

Jika sudah tiba di Prambanan, Anda bisa menggunakan jasa ojek atau taksi seperti yang disebutkan di atas.

3. Per kendaraan pribadi

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju Prambanan melalui Jalan Raya Solo-Jogja.

Jika Anda datang dari arah Yogyakarta, Anda dapat belok kiri setelah menemukan lampu merah di area Candi Prambanan. Jika Anda berangkat dari Solo, Anda harus terlebih dahulu menemukan lampu merah candi Prambanan dan kemudian berbelok ke kanan.

Anda kemudian dapat melanjutkan lurus sampai Anda melihat Candi Plaosan dan belok kanan setelah melihat candi.

Warisan budaya

Warisan budaya melalui Inet

Jam buka dan tiket masuk untuk Candi Plaosan

Candi Plaosan dapat dikunjungi setiap hari karena kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.30 WIB.

Harga tiket Candi Plaosan masih relatif murah dan bersahabat dengan kantong semua kalangan. Anda hanya perlu Rp. 3000 harus dibayarkan sebagai biaya masuk untuk kawasan wisata ini.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan transportasi pribadi, biaya parkir akan dikenakan biaya. Tarif parkir sepeda motor hanya ditetapkan sebesar Rp. 2.000, sedangkan untuk mobil dikaitkan dengan Rp. 5.000.

Dengan kurang dari Rp 10.000, Anda dapat memasuki kawasan wisata bersejarah ini.

Kiat untuk mengunjungi kuil Plaosan

Berikut beberapa tips untuk liburan yang lebih mengasyikkan

1. Bawa barang yang dibutuhkan

Anda tidak perlu membawa banyak barang saat mengunjungi daerah wisata kuil, terutama untuk tidak membawa dua atau lebih koper penuh.

Itu karena kuil itu masih membumi dan itu akan membuat Anda sulit untuk memakai banyak dari barang-barang ini.

2. Persiapkan tubuh yang bugar

Pergi berlibur dengan tubuh yang sehat dan bugar adalah sesuatu yang diinginkan semua orang. Jika Anda berlibur dengan kondisi tubuh yang tidak sehat, ini mengurangi stres saat liburan.

Karena itu, sebelum Anda mengunjungi Candi Plaosan untuk mengikuti candi, Anda disarankan untuk menjaga kesehatan Anda agar tubuh tetap bugar.

3. Mempersiapkan biaya cadangan

Kuil ini menawarkan wisata murah, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan sesuatu yang tidak dapat diprediksi. Kiat-kiat ini berguna untuk mencegah dan menangani peristiwa yang tidak diinginkan.

Salah satu cara untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan adalah dengan menyiapkan lebih banyak uang atau untuk memesan biaya.

***

Demikian ulasan tentang kuil Ploasan yang bisa kami tinjau untuk Anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk liburan Anda bersama orang terkasih.

Mari kita juga melihat: Keindahan candi Semarang Gedong Songo

Leave a Reply