DifaWisata.com – Air terjun Tancak Kembar adalah air terjun di Bondowoso di lereng Gunung Argopuro dan penuh dengan cerita mistik. Menurut penduduk setempat, setiap orang yang mandi di air terjun ini tetap awet muda. Itu karena Dewi Rengganis biasa mandi di air terjun ini.

Great Twin Tancak Twin Falls

Air terjun ini memiliki ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Uniknya, debit air yang mengalir ke air terjun ini tidak pernah berkurang volumenya, bahkan saat musim kemarau. Dapat dikatakan bahwa Air Terjun Kembar Tancak masih perawan, karena masih belum tersentuh oleh tangan manusia. Mengingat lokasinya yang agak terpencil, bangunan jarang ditemukan di daerah ini. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 jam dari desa terakhir. Karena jalan akses untuk kendaraan tidak memungkinkan.

Berjalanlah ke air terjun Tancak ganda

Jalan

Sesampainya di lokasi, semua kelelahan akibat dari perjalanan penuh peperangan akan terbayar oleh keindahan air yang mengalir di antara tebing dan pepohonan rimbun dari atas, air terjun Tancak Kembar.

Twin twin waterfall Pictures

Panorama air terjun Tancak Kembar

Karena keindahan panorama alam yang ditawarkan, air terjun ini tidak pernah ditinggalkan oleh pengunjung, terutama selama liburan. Meskipun akses jalannya kurang mendukung dan medannya cukup menantang, antusiasme wisatawan tidak berkurang sama sekali. Untuk seseorang musafir benar-benar apa yang mereka cari.

Sejarah / Asal Air Terjun Twin Tancak

Air Terjun Tancak Kembar dimotivasi oleh kisah Dewi Rengganis, seorang wanita cantik yang merupakan puteri Majapahit. Dikatakan bahwa begitu Dewi meninggalkan kerajaan karena suatu alasan. Dan tempat pelarian yang dipilih oleh dewi adalah Gunung Argopuro. Menurut masyarakat setempat, dewi ini adalah penjaga gerbang Gunung Argopuro.

Dalam kehidupan sehari-harinya, Dewi Rengganis mandi di air terjun di lereng Gunung Argopuro, air terjun Tancak Kembar. “Tancak” berarti air terjun di Indonesia, jadi kembar Tancak berarti air terjun kembar. Memang ada dua air terjun di samping satu sama lain, dan jarak di antara mereka hanya 20 meter.

Karena air terjun ini sering digunakan oleh Dewi Rengganis sebagai resor tepi laut, dikatakan bahwa siapa pun yang mandi akan terlihat muda ke air terjun ini. Ketika wanita terlihat lebih baik dan ketika pria terlihat lebih baik.

Lokasi air terjun Tancak Kembar

Lokasi wisata air terjun ini berjarak 5 km dari pusat Kota Bondowoso, tepatnya di desa Andungsari, kabupaten Pakem, kabupaten Bondowoso. Jalan aksesnya sempit dan jalannya berada di area persawahan dan hutan yang sangat sepi dari pengemudi.

Jalan menuju air terjun dengan tancel ganda

Akses jalan

Tertarik pada benda-benda alam yang menantang? ditaklukkan Air terjun Twin Tancak!

Lihat peta Air Terjun Tancak Kembar di Google Map.

Leave a Reply