Curug Mariuk, Wisata Air Terjun Indah Nan Memukau di Bogor

0
118
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamulya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Sensasi berenang di bawah air terjun dengan air yang sangat jernih dan menyegarkan tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Curug Mariuk. Merupakan air terjun sangat indah di Bogor yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan para traveler. Karena memiliki pemandangan air terjun yang indah dan menjadi spot foto menarik untuk dibagikan ke Instagram.

Jika biasanya Kita berwisata ke Puncak Bogor untuk mencari pemandangan gunung, Kebun Teh, atau Pemandian Air Panas. Mungkin berkunjung ke sebuah Curug atau Air Terjun bisa menjadi pilihan menarik yang bisa Anda pertimbangkan. Karena suasana dan pemandangan di sebuah air terjun juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan spot wisata alam lainnya.

Karena itu disini, Kami akan mengajak Anda yang masih bingung untuk mencari spot wisata alam untuk berlibur di Bogor yang tidak biasa, yaitu di Curug Mariuk. Karena itu silahkan simak penjelasan berikut tentang daya tarik, alamat dan rute, tiket masuk dan jam operasional, fasilitas serta aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar air terjun.

Harga Tiket Masuk Curug Mariuk

Tiket Curug Mariuk
Photo by Google Maps nadhif zakhruf

Untuk harga tiket masuk ke Curug Mariuk setiap pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang saat sampai di pos pintu masuk dan setelah sampai di tempat parkiran, Anda akan dikenakan tarif parkir sepeda motor Rp 5.000.

Untuk jam operasional dari Curug indah di Bogor ini 24 jam, jadi kita bisa mengunjunginya kapanpun. Tetapi waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari. Karena jika kesiangan maka di perjalanan menuju ke Curug suasananya bisa terlalu panas. Jika terlalu sore, takutnya kemalaman di perjalanan pulangnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Curug Mariuk
Photo by Instgaram Titi

Untuk bisa mengunjungi Curug Mariuk, Anda bisa datang ke Desa Sukamulya yang berada di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jika Anda pernah ke Curug Hordeng, lokasinya tidak jauh dari curug eksotis tersebut. Atau lokasi dari Curug ini bisa dengan mudah diakses melalui Jalur Pendakian Gunung Kuta.

Jika Anda berangkat dari Jakarta jaraknya sekitar 50 Km, jika berangkat dari Depok jaraknya 35 km dan jika Anda berangkat dari Kota Bogor jaraknya sekitar 30 km. Umumnya para wisatawan yang ingin mengunjungi Curug satu ini menggunakan jalur melalui Citereup, kemudian dilanjutkan ke Sentul ataupun ke Kota Jonggol.

Daya Tarik Wisata Curug Mariuk

Daya Tarik Curug Mariuk
Photo by Instgaram Tuh Fatul Atfal

Berlokasi di Desa Sukamulya, Curug Mariuk menjadi pilihan terbaik untuk wisatawan yang ingin menikmati sebuah panorama alam yang indah dengan beragam daya tarik, diantaranya:

1. Jalur Trekking Cocok untuk Berjiwa Petualang

Jika Anda adalah orang yang memiliki jiwa petualang, mengunjungi sebuah objek wisata alam dengan trekking yang cukup ekstrim pastinya lebih membuat Anda lebih tertantang untuk mengunjungi objek wisata tersebut. Karena itu, Curug Mariuk bisa dikatakan lebih cocok untuk wisatawan yang memiliki jiwa petualang. Karena jalur untuk bisa sampai ke lokasi Curug cukup ekstrim dan bisa memakan waktu sekitar 40 menit sampai 1 jam dengan berjalan kaki.

Jalan untuk sampai ke lokasi Curug berliku-liku dan cukup terjal, ditambah kanan kiri dari jalur tracking adalah tebing dan jurang. Anda akan banyak menemukan tanjakan dan turunan yang berliku, jadi pastikan saat datang kesini Anda menggunakan sepatu atau alas kaki yang tidak licin saat digunakan.

Yang menarik di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam hamparan pepohonan yang hijau yang menyejukan, semakin dekat dengan area air terjun maka akan semakin terdengar suara deburan dari air terjunnya. Sebelum sampai di air terjun, Anda juga harus menyusuri sungai kecil yang ada disini.

2. Pesona Keindahan Curug Mariuk yang Menawan

Setelah Anda melakukan perjalanan yang cukup melelahkan sekitar 40 menit sampai 1 jam perjalanan dengan tracking yang cukup menantang. Anda akan disajikan pesona keindahan dari air terjun yang sangat menawan. Pastinya keindahan dari Curug ini berbeda dan tidak pernah Anda lihat sebelumnya. Suasana yang sejuk dan alami serta air terjun yang jernih memberikan kepuasaan sendiri saat Anda berada tepat di dekat air terjun ini.

Bisa dibilang Curug Mariuk di Bogor masih sangat alami, karena lokasinya berada di jauh dari perkampungan dan medan yang harus dilalui untuk sampai kesini cukup ekstrim. Disini Anda dapat menikmati kolam di bawah air terjun yang sangat jernih berwarna kebiruan. Jadi Anda dapat langsung menceburkan diri untuk berenang atau berendam di kolam ini untuk melepas lelah dan kepenatan dari aktivitas sehari-hari.

Jika Anda membawa kamera underwater, Anda juga bisa mengambil foto atau video sambil menyelam dengan gambar yang jelas. Karena air yang ada di air terjun ini sangat jernih, sehingga dijamin Anda akan mendapatkan foto dan Vlog perjalanan wisata yang bagus dan memuaskan.

3. Menikmati Alam yang Masih Alami

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lokasi dari Curug Mariuk yang indah di Bogor ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tidak hanya di lokasi air terjunnya saja, selama perjalanan menuju ke lokasi air terjun, kita akan disajikan keindahan alam yang masih alami dan sangat asri.

Anda dapat menikmati keindahan alam disini dengan berfoto di dekat air terjun, di bebatuan sungai yang ada di air terjun, atau di spot lainnya dengan pemandangan alam yang masih sangat alami. Selain dengan bermain air dan berenang, untuk lebih puas untuk menikmati alam yang ada disini, Anda juga bisa bermalam atau camping dengan mendirikan tenda di sekitar kawasan air terjun.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Curug Mariuk
Photo by Instgaram MZ_A 

1. Berenang di Kolam Air Terjun

Aktivitas menarik yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Curug Mariuk adalah berenang di bawah kolam atau telaga yang ada di bawah air terjun. Dengan memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan tentunya membuat siapa saja yang melihatnya akan langsung menceburkan diri disini. Tetapi pastikan Anda yang ingin berenang disini benar-benar bisa berenang, karena kedalaman kolam ini bisa lebih dari 1 meter.

Untuk yang tidak bisa berenang sebaiknya hanya berenang dipinggiran kolam yang dangkalnya saja, karena jika nekat mendekat di kolam yang dekat dengan air terjun bisa membahayakan diri sendiri. Arus dari air terjun disini tidak terlalu besar, sehingga nyaman untuk wisatawan yang ingin berenang. Di sisi kanan kiri kolam juga terdapat beberapa batuan yang bisa digunakan untuk duduk-duduk ataupun bersantai.

Disini juga terdapat beberapa batu menyerupai tebing yang cukup tinggi, biasanya beberapa wisatawan ada yang suka melompat dari bebatuan ini ke kolam di sekitar air terjun. Dijamin Anda akan menikmati berenang yang seru dan menyenangkan di air yang jernih dan menyegarkan yang ada disini.

2. Bersantai di Sekitar Curug

Jika wisatawan tidak ingin berenang dan menceburkan diri ke kolam, maka mereka masih bisa menikmati kolam di sekitar Curug Mariuk dengan hanya bersantai di beberapa batuan yang ada disini. Dengan suara air terjun jatuh dan gemericik air sungai disini, dan suasana alam yang tenang dan damai membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Untuk lebih menikmati sensasi bersantai di Curug, wisatawan dapat menceburkan kakinya saja di pinggiran kolam yang dangkal sambil mendengar suara alam yang menenangkan hati. Dijamin wisatawan yang datang ke Curug indah ini akan merasa betah dan ingin berlama-lama menikmati suasana alamnya yang ada disini.

3. Berfoto Dengan Nuansa Alam

Tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto di suasana alam yang indah dengan latar belakang air terjun yang keren yang ada di Desa Sukamulya. Jadi pastikan saat datang ke Curug Mariuk, baterai ponsel atau baterai kamera dalam keadaan penuh, atau untuk membackup baterai ponsel disarankan untuk membawa powerbank. Sehingga nantinya ketika ingin berfoto di beberapa spot yang ada disini, tidak akan kehabisan baterai ponsel ataupun baterai kamera.

Berfoto yang paling menarik disini adalah berfoto dengan latar belakang air terjun ataupun berfoto selfie dengan menggunakan kamera anti air saat berenang di kolam yang berada di bawah air terjun. Dan untuk menghasilkan foto-foto yang keren dan tidak ada orang lain terlihat saat berfoto pastikan datang kesini tidak saat waktu liburan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Curug Mariuk

Fasilitas Curug Mariuk
Photo by Google Maps Engkong

Untuk fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun sudah cukup lengkap karena terdapat tempat parkir, terdapat beberapa warung di area parkir, di jalur tracking ke curug dan di lokasi curug, terdapat beberapa bangku di tracking untuk beristirahat saat perjalanan. Terdapat gubug juga di dekat curug yang bisa digunakan untuk meletakan barang atau pakaian saat wisatawan ingin bermain air.

Demikian ulasan singkat mengenai Curug Mariuk yang menawan di Kabupaten Bogor. Semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa mendapatkan gambaran tentang suasana dan bagaimana perjalanan untuk dapat sampai ke lokasinya. Dan yang terpenting saat mengunjungi Curug yang ada di Desa Sukamulya ini, tubuh Anda dalam kondisi sehat dan kuat. Karena Anda nantinya harus menempuh perjalanan cukup jauh untuk berjalan kaki bolak balik.

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow