Gunung Batu Jonggol, Menikmati Panorama Eksotis dari Ketinggian di Bogor

0
132
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Jika Anda ingin belajar mendaki gunung maka menjelajah Gunung Batu di Jonggol Bogor adalah pilihan yang tepat, karena gunung ini hanya memiliki ketinggian 875 Mdpl. Jadi jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati keseruan mendaki sebuah gunung tetapi tidak terlalu tinggi maka mendaki gunung ini adalah pilihan yang tepat.

Walaupun ketinggian gunung cantik ini tidak lebih dari 1000 Mdpl, tetapi medan untuk mencapai puncaknya bisa dikatakan cukup terjal, dan harus memanjat bebatuan yang ada disini jika ingin sampai ke puncaknya. Yang unik dari gunung yang berada di Bogor ini adalah bentuk puncak yang tidak meruncing tetapi bentuknya memanjang dan datar.

Jadi bagaimana cara mengunjungi Gunung Batu ini, berapa harga tiket masuknya dan ada daya tarik serta aktivitas menarik apa saja yang dapat dilakukan pengunjung? Semua pertanyaan tentang Gunung Batu ini akan kami jelaskan lengkap di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Batu Jonggol

Tiket Gunung Batu Jonggol.jpg1
Photo by Google Maps Just tryd

Jika Anda tertarik untuk menikmati pemandangan alam yang tersaji di gunung yang terletak di Desa Sukamakmur, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dan biaya pendakian Rp 5.000 per orang. Untuk tarif berkemah atau camping ada tambahan biaya lagi sebesar Rp 5 5.000 per orang. Untuk tiket parkir di kawasan kaki gunung ini adalah Rp 15.000 per kendaraan.

Harga tiket masuk ini sangat murah untuk kita bisa menikmati panorama alam yang menawan dan belum tentu kita temukan di tempat lain. Untuk jam operasionalnya sendiri dibuka selama 24 jam, karena ini adalah salah satu wisata pendakian sehingga kita bisa kesini di jam berapapun yang kita inginkan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Gunung Batu Jonggol
Photo by Google Maps Lathif Baska

Alamat dari lokasi Gunung Batu Jonggol bisa Anda temukan di Kampung atau Desa Sukaharja yang ada di Kecamatan Sukamakmur yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Karena belum banyak angkutan umum yang dapat mengantarmu menuju ke lokasi, sebaiknya saat ingin kesini Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda berangkat dari Kota Bogor ke gunung yang berada di Kecamatan Sukamakmur, jaraknya kurang lebih 1 setengah jam perjalanan. Untuk rute perjalanan bisa melalui Jonggol atau melalui Citeureup.

Untuk rute perjalanan dari melalui Jonggol dari Cibubur Junction Anda arahkan ke jalan alternatif Cibubur. Kemudian masuk ke arah Cileungsi, lanjutkan perjalanan ke arah Jonggol dan masuk ke Kampung Mangker untuk memulai perjalanan ke Gunung Batu.

Jika melalui jalur Citeureup maka Anda bisa berangkat dari Cibinong dan arahkan perjalanan ke Citeureup. Setelah itu lanjutkan ke Tajur dan lanjutkan perjalanan ke Desa Sukamakmur. Sesampainya di desan ini bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan gunung.

Daya Tarik Wisata Gunung Batu Jonggol

Daya Tarik Gunung Batu Jonggol
Photo by Instgaram dull_lee22

Saat mengunjungi kawasan Gunung Batu, wisatawan dapat menikmati beragam daya tarik yang menjadi ciri khasnya, seperti:

1. Tempat Berlatih Pendaki Pemula

Untuk pendaki pemula yang baru pertama kali ingin naik gunung, mendaki Gunung Batu Jonggol adalah pilihan yang tepat. Pertama karena gunung ini memiliki ketinggian tidak lebih dari 1000 mdpl atau hanya sekitar 875 mdpl, sehingga waktu tempuh perjalanan tidak perlu memakan waktu berhari-hari untuk sampai ke puncaknya.

Selain itu medan atau trek mendaki di gunung ini juga tidak terlalu sulit tetapi cukup menantang untuk dijelajahi oleh pemula. Karena medan pada jalur pendakian hanya berupa tanah kering yang berdebu, tetapi saat musim hujan jalur pendakian bisa menjadi licin dan becek. Selain medan tanah, terdapat juga medan bebatuan yang harus dilalui, dan yang paling menantang disini adalah terdapat medan batu vertikal yang harus didaki seperti memanjat tebing dengan menggunakan tali.

Jalur pendakian di gunung ini juga cukup sempit, sehingga hanya muat untuk berjalan satu pendaki saja. Jika berpapasan dengan pendaki lain badan harus sedikit dimiringkan agar bisa dilalui oleh dua orang. Disepanjang perjalanan pendaki juga akan disuguhi semak-semak yang tinggi di kanan kirinya. Waktu pendakian untuk sampai ke puncak membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 90 menit dengan berjalan kaki.

2. Pemandangan di Puncak Gunung yang Indah

Gunung Batu Jonggol memiliki pemandangan yang indah di puncaknya, sehingga rasa lelah selama pendakian akan terbayarkan saat sampai di puncaknya. Saat berada di puncak wisatawan akan melihat pemandangan hamparan daratan yang sangat luas berwarna hijau yang memanjakan mata.

Saat cuaca sedang cerah, maka wisatawan dapat melihat dengan jelas panorama dari Gunung Gede Pangrango dan Gunung Pancar dari puncak. Selain itu, dari puncak gunung juga nampak jelas atap-atap rumah dari rumah penduduk sekitar. Saat berada di puncak wisatawan juga akan disandingkan dengan bebatuan dan rerumputan hijau yang cocok untuk dijadikan spot foto yang keren dengan latar belakang yang sangat indah.

3. Puncak Bayangan

Sebelum sampai di Puncak Gunung Batu, pendaki akan singgah terlebih dahulu di tempat yang bernama Puncak Bayangan. Tempat ini diberi nama Puncak Bayangan karena mirip dengan puncak aslinya, Puncak Bayangan dapat ditemukan setelah kurang lebih 2 tanjakan pertama. Kemudian akan ada sebuah jalur terbuka dengan kondisi batuan cadas, ketika Anda menyusuri jalan setapak maka Anda akan menemukan lokasi dari Puncak Bayangan.

Di Puncak Bayangan, Anda dapat terlebih dahulu beristirahat sejenak disini sebelum melanjutkan perjalanan ke kawasan puncak gunung yang asli. Di Puncak Bayangan, Anda juga dapat berfoto-foto dengan pemandangan yang tidak kalah menarik seperti yang ada di puncak. Setelah itu, Anda harus melanjutkan pendakian ke jalur menuju ke puncak yang lebih ekstrim karena jalurnya mencapai kemiringan sampai 90 derajat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Gunung Batu Jonggol
Photo by Instgaram Dany Rahman Syabildin

1. Menikmati Pemandangan dari Puncak Gunung

Aktivitas menarik di Gunung Batu, tentunya menikmati pemandangan alam dari puncaknya. Tidak mungkin jika kita tidak mengunjungi lokasi puncak jika sudah berada di kawasan gunung ini. Anda akan rugi jika tidak sekalian mendaki sampai ke puncaknya, karena waktu perjalanan untuk mencapai puncak hanya sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

Di puncak gunung, wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah dari kota Bogor di ketinggian 875 mdpl. Saat langit sedang cerah dan cuaca mendukung, kita dapat melihat panorama yang indah dari Gunung Gede Pangrango dan Gunung Pancar dengan cukup jelas.

Spot foto terbaik tentunya saat kita berada di puncak, karena ada banyak rerumputan dan bebatuan yang bisa menjadi objek foto menarik. Ditambah lagi dengan latar pemandangan gunung-gunung disekitarnya yang menawan.

2. Camping di Gunung Batu

Selain mendaki sampai ke puncak, penunjung juga dapat menikmati susana yang tenang dan damai dengan bermalam di kawasan Gunung Batu. Wisatawan dapat mendirikan tenda untuk menginap di kawasan gunung, tetapi kita harus membayar tiket camping dan meminta izin kepada petugas terlebih dahulu.

Untuk berkemah juga tidak bisa menampung banyak wisatawan, karena tempat untuk mendirikan tenda hanya bisa menampung sekitar 10 tenda. Jika Anda ingin berkemah di kawasan gunung, sebaiknya Anda mempersiapkan semua perbekalan camping yang cukup dari rumah. Karena di kawasan gunung tidak ada sumber mata air yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil air.

Aktivitas Seru Gunung Batu Jonggol
Photo by Instgaram Nadia Ulfa

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Seperti pada gunung pada umumnya, banyak wisatawan yang datang kesini ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise dari atas Puncak. Jika wisatawan ingin menikmati sunrise disini. Maka bisa bermalam terlebih dahulu di kawasan Gunung Batu, kemudian di pagi hari sebelum matahari terbit, mulai melakukan pendakian ke puncak.

Sehingga momen matahari terbit bisa didapatkan dengan lebih sempurna. Jika hanya ingin melihat sunset, maka wisatawan bisa berkunjung di sore hari dan melakukan pendakian ke Puncak. Pemandangan Sunset dan Sunrise di kawasan puncak juga tidak kalah indah dengan gunung lainnya.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Batu

Fasilitas Gunung Batu Jonggol
Photo by Google Maps Ferri Yanto S

Jika berbicara tentang fasilitas yang tersedia, kawasan gunung ini tergolong masih kurang memadai. Karena Gunung Batu tidak seramai dan populer seperti beberapa gunung lainnya di Bogor yang menjadi tujuan pendakian. Untuk fasilitas umum yang bisa kita temukan hanyalah area parkir kendaraan yang terletak di kaki gunung.

Disini terdapat beberapa warung di dekat area parkir, tetapi warung ini tidak buka selama 24 jam karena tutup di jam 10 malam. Untuk harga makanan dan minuman di warung ini bisa dikatakan cukup mahal, jika Anda ingin berhemat sebaiknya Anda membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri dari rumah atau mampir di minimarket sebelum sampai ke lokasi pendakian.

Itulah beberapa hal menarik seputar Gunung Batu yang manawan di Jonggol, Bogor. Saat berkunjung, perlu lebih waspada karena Anda akan melalui jalur yang cukup menantang untuk sampai ke puncak.

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow