Pantai Bajul Mati, Pantai Indah dengan Panorama Alam Memukau di Malang

0
143
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Umbulrejo, Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

Masih membahas salah satu tempat wisata di Malang yang memiliki panorama alam yang indah yaitu Pantai Bajul Mati. Pantai ini bisa dikatakan baru beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Malang dan sekitarnya untuk tempat berlibur.

Walaupun sebenarnya pantai cantik ini sudah ditemukan dari abad ke 19. Menurut cerita atau legenda dari masyarakat setempat, dahulu saat pertama kali ditemukan di pantai ini terdapat Buaya mati, sehingga sampai sekarang nama pantai ini terkenal dengan nama Bajul Mati. Walaupun nama pantainya terdengar mengerikan, tetapi panorama alamnya benar-benar akan memanjakan siapa saja yang datang kesini.

Daya Tarik Wisata Pantai Bajul Mati

Daya Tarik Pantai Bajul Mati Malang
Photo by Google Maps Andreas Matulandi

1. Jembatan Bajul Mati Yang Unik

Sebelum sampai ke lokasi pantainya, wisatawan akan melewati sebuah jembatan yang memiliki arsitektur yang unik dan artistik. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Bajul Mati menyempatkan untuk berfoto di jembatan ini. Jika Anda sudah sampai di jembatan ini, artinya kamu sudah memasuki kawasan pantai.

2. Memiliki Muara Sungai yang Indah

Pantai ini merupakan salah satu pantai di selat jawa yang memiliki muara sungai. Di muara sungai ini wisatawan bisa bermain air dan berenang. Muara ini adalah tempat pertemuan air sungai yang tawar dengan air laut yang asin. Sehingga di tempat ini kita dapat melihat fenomena alam pertemuan dua perairan yang berbeda.

3. Baru Karang yang Mirip Buaya

Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah batu karang yang memiliki bentuk yang unik, bentuk karang yang memanjang ini menyerupai Buaya. Saat malam hari dan tidak ada penerangan, dari kejauhan batu karang ini tampak seperti seekor buaya raksasa. Menurut cerita masyarakat setempat, batu karang yang menyerupai buaya ini adalah jelmaan dari buaya putih yang mati saat melawan Nyi Roro Kidul di pantai ini.

4. Spot Camping

Karena memiliki garis pantai yang cukup panjang, menjadikan kawasan pantai ini menjadi spot camping yang pas. Saat ini banyak wisatawan yang ingin menikmati suasana alam Pantai Bajul Mati yang lebih lama dengan mendirikan tenda di sekitaran pantai.

Saat bermalam disini suasananya sepi dan tenang, ditambah dengan pemandangan pantai yang indah akan membuat liburanmu terasa lebih menyenangkan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pantai Bajul Mati Malang
Photo by Google Maps Fera

Tertarik untuk berwisata ke Pantai Bajul Mati, Anda bisa datang ke Malang, Provinsi Jawa Timur, tepatnya ada Desa Gajahrejo yang berada di Kecamatan Gedangan. Akses ke pantai ini juga relatif mudah karena sudah beraspal dan bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk yang berangkat dari pusat Kota Malang bisa menempuh perjalanan dengan waktu sekitar 3 jam dan menempuh jarak sekitar 61 km. Dari kota Malang lakukan perjalanan ke arah Turen, setelah itu melanjutkan perjalanan ke arah Sumbermanjing Wetan.

Lurus terus sampai menjulur ke Pantai Sendang Biru, setelah sampai di pertigaan belok ke arah kanan menuju ke Pantai Goa Cina dan Bajul Mati. Pada rute ini pantainya dapat ditemukan setelah kamu sampai di Jembatan Bajul Mati.

Harga Tiket Masuk Pantai Bajul Mati

Tiket Pantai Bajul Mati Malang
Photo by Google Maps Aniq Satya

Untuk yang tertarik mengunjungi Pantai Bajul Mati yang ada di Malang ini, tiket masuknya sangat murah hanya RP 10 ribu per orang, dan untuk parkir motor Rp 5 ribu dan mobil Rp 10 ribu. Untuk jam operasional pantai di Malang ini tidak ada, sehingga bisa dikunjungi selama 24 jam.

Selain menikmati pantai ini hanya sampai sore hari, untuk yang suka menikmati suasana pantai malam hari bisa menginap di kawasan pantai dengan mendirikan tenda.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Pantai Bajul Mati Malang
Photo by Google Maps sjy liem

1. Menikmati Panorama Pantai

Pantai yang berada di Malang ini memiliki panorama alam yang sangat indah dari pasir pantainya dan lautnya yang menawan. Kita dapat melihat pemandangan yang keren dari pulau-pulau karang yang berada di kawasan pantai. Selain itu, terkadang kita juga bisa berjumpa dengan penyu yang sedang singgah di pantai.

Menikmati panorama di pantai ini yang terbaik adalah saat pagi atau sore hari. Karena ombak di pantai juga tidak terlalu besar dan garis pantainya juga akan lebih luas karena air sedang surut.

2. Melihat Pelepasan Penyu di Area Konservasi Penyu

Kawasan Pantai Bajul Mati terdapat konservasi penyu, ada sekitar 100 butir telur penyu yang bisa dihasilkan di pantai ini setiap musimnya. Telur penyu yang ditemukan di pantai ini akan dikonservasi di penangkaran.

Setelah menetas, penyu akan dilepaskan kembali ke lautan. Sehingga jika beruntung kita dapat melihat proses pelepasan penyu yang dilakukan oleh Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC). Waktu pelepasan penyu ini biasanya dilakukan pada sore hari.

3. Menikmati Sunset

Pantai Bajul Mati memiliki pemandangan matahari terbenam yang tidak kalah cantiknya dibandingkan pantai lainnya yang berada di Malang. Wisatawan dapat menikmati suasana senja yang romantis dari bibir pantai.

Suasana matahari terbenam di pantai ini benar-benar akan sangat berkesan dan meninggalkan sebuah kenangan yang tak terlupakan. Saat momen sunset, biasanya pantai ini akan lebih ramai pengunjung. Terkadang juga ada fotografer profesional yang sengaja datang ke pantai ini untuk mengabadikan momen sunset yang indah.

Aktivitas Seru Pantai Bajul Mati Malang
Photo by Google Maps Dina Sari Putri

4. Bermain di Tepi Pantai

Pantai yang berada di Malang ini memiliki garis pantai yang cukup luas, sehingga wisatawan dapat leluasa untuk bermain pasir bersama anak-anak, atau melakukan aktivitas seru lainnya seperti bermain voli pantai ataupun sepak bola.

Tekstur pasir pantai yang lembut dan padat ini membuat pengunjung tidak perlu takut terluka saat melakukan berbagai aktivitas di sekitar Pantai Bajul Mati. Karena ombak di pantai ini yang terbilang cukup besar, maka tidak disarankan untuk melakukan aktivitas bermain ombak apalagi berenang di laut. Sehingga wisatawan hanya bisa melakukan aktivitas bermain pasir pantainya saja, demi keamanan berwisata.

5. Berjalan-Jalan di Pantai

Memiliki garis pantai sekitar 1 kilometer, membuat pantai ini sangat cocok dijadikan untuk spot berjalan-jalan yang seru dan menyenangkan. Anda yang datang bersama pasangan bisa berjalan-jalan tanpa alas kaki sambil bercerita dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Semilir angin pantai dan deburan ombak akan mengiringi langkahmu saat berjalan-jalan menyusuri pantai. Di seberang laut, Anda dapat melihat sebuah pulau karang berukuran besar dan jika dilihat sekilas bentuk batu karang tersebut mirip biaya mati.

6. Camping

Aktivitas menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata di Pantai Bajul Mati adalah camping. Wisatawan bisa camping di kawasan pantai cantik ini dengan mendirikan tenda untuk bermalam. Saat ingin melakukan camping disini, sebaiknya membawa tenda dan semua peralatan camping sendiri dari rumah. Karena saat ini, disini belum terdapat penyewaan tenda dan perlengkapan camping.

Saat malam tiba, suasana akan menjadi sunyi dan lebih tenang, langit yang luas juga akan memancarkan bintang-bintang yang tampak sangat jelas. Dengan panorama malam yang indah dan menangkan ini pastinya akan membuat suasana camping menjadi lebih berkesan.

Fasilitas Wisata di Pantai Bajul Mati

Fasilitas Pantai Bajul Mati Malang
Photo by Google Maps A. Khoirul Fathoni

Berbicara tentang fasilitas yang tersedia di Pantai Bajul Mati bisa dikatakan kurang lengkap. Karena saat ini masih sedikit warung wisata yang ditemui disini. Untuk toilet dan kamar mandi juga sudah tersedia. Lahan parkir bisa dikatakan cukup luas untuk parkir motor dan mobil.

Sudah ada beberapa Gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai dan laut. Terdapat juga camp area untuk yang ingin bermalam di Pantai Bajul Mati. Karena bisa dikatakan fasilitasnya yang masih cukup terbatas, sehingga saat berkunjung ke pantai ini sebaiknya menyiapkan perbekalan sendiri dari rumah. Di hari biasa umumnya warung wisata yang ada di pantai tidak buka, sehingga wisatawan tidak akan bisa menemukan penjual makanan dan minuman.

Walaupun fasilitasnya yang masih terbatas, tetapi bisa dikatakan Pantai Bajul Mati adalah salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan untuk Anda yang ingin berlibur dan mencari sebuah ketenangan. Jika tidak suka keramaian, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai cantik yang ada di Malang ini tentunya adalah saat hari biasa bukan hari libur.

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Pasang Iklan Gratis JualanBarang.com adalah situs jual beli online dan pasang iklan gratis. Dimana anda bisa menjual produk/jasa dan barang bekas anda disini secara gratis.

arrow