Tujuan wisata di Yogyakarta selalu asik untuk dikunjungi. Terutama di bagian selatan Yogyakarta, Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang turut memeriahkannya. Pesona menarik dari Pantai Jog Tunggal Pok adalah garis tebing karang yang menjulang tinggi seperti benteng dan melindungi pantai ini dari keramaian dunia luar.

Bisa dibilang bahwa tebing tinggi dan tebing tegak lurus memiliki potensi untuk panjat dinding seperti di Pantai Siung. Memang, dinding koral yang tingginya sekitar 50 meter dapat dikembangkan sebagai arena panjat adrenalin itu.

Namun tidak seperti Pantai Siung yang memiliki banyak jalur resmi, memanjat tembok di Pantai Pok Tunggal Jogja membutuhkan nyali dan lebih banyak keterampilan. Bisa dibilang, tebing di pantai ini hanya cocok untuk yang berpengalaman. Apalagi karena belum ada jalur pendakian resmi hingga sekarang.

Salah satu pantai di Yogyakarta, pantai Pok Tunggal Jogja yang menawan dengan semua pesonanya.
Salah satu pantai di Yogyakarta, pantai Pok Tunggal Jogja yang menawan dengan semua pesonanya.

Pantai Pok Tunggal Jogja adalah pantai di Yogyakarta yang masih berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Yang menyenangkan, berkunjung ke Pantai Gunungkidul Jogja juga bisa mengunjungi dua pantai lainnya sekaligus. Yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Karena pantai ini berada di antara dua pantai.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pantai Pok Tunggal Jogja memiliki panorama indah pasir putih dan bukit karst. Teman teman dapat menjelajahi sisi unik Pantai Pok Tunggal di Yogyakarta.

Misalnya, di sisi timur dan barat pantai Jogjakarta, Pok Tunggal diapit oleh tebing-tebing yang menjulang. Meskipun pantai keren di Jogja ini bisa dibilang telah diklasifikasikan sebagai pantai baru, pantai ini telah menjadi terkenal sejak diperkenalkan ke publik pada tahun 2012. Jadi sudah lama sejak pantai yang indah ini terkenal.

Payung penuh warna ini adalah salah satu keunggulan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta.
Payung penuh warna ini adalah salah satu keunggulan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta.

Pemandangan indah memang membentang di sepanjang pantai Pok Tunggal di Jogja. Pantai pasir putih luas dengan ombak biru menerjang bagaikan sihir bagi pengunjung yang datang. Suasana sejuk untuk liburan.

Biasanya, wisatawan yang mengunjungi pantai di Jogja dapat memanfaatkan momen liburan mereka dengan menikmati bermain ombak pantai sambil sesekali bergaya atau berfoto selfie di depan kamera. Di Pantai Pok Tunggal, Jogja, ada juga Pohon Duras (Pok Tunggal) yang teduh.

Maka pohon ini menjadi ikon keberadaan pantai ini sebagai gantinya. Karena itu, pohon yang dikatakan sulit tumbuh ini dijaga dengan sangat baik oleh penduduk setempat. Tidak ada yang bisa memanjat pohon ini.

Selain itu, kebersihan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta masih sangat terawat. Bahkan untuk menjaga kebersihan pantai, dikenakan denda Rp10.000 karena terjebak dalam sampah. Jangan lakukan itu, oke?

Memegang tenda, berkemah di Pantai Pok Tunggal juga OK :)
Memegang tenda, berkemah di Pantai Pok Tunggal juga OK 🙂

Tidak jauh dari pantai, ada juga mata air tawar dari sungai di bawahnya. Selain menjadi salah satu keunikan pantai, mata air tawar di pantai ini juga digunakan sebagai sumber air bagi masyarakat setempat. Meski begitu, teman-teman wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pok Tunggal Jogja juga dapat melihat kehadiran musim semi ini.

Pemandangan pantai Pok Tunggal di Jogja benar-benar membuat semua orang tenang. Tips menikmati sepenuhnya pemandangan pantai adalah menikmatinya dari bukit sebelah barat pantai. Bisa juga dinikmati dari balik bukit tebing ke arah timur.

Selain itu, jika Anda adalah teman yang beruntung, Anda akan menemukan beberapa primata liar di sekitar pantai. Dan jika Anda bosan menjelajah, teman bisa menikmati pantai dengan berenang sebanyak mungkin di pinggir pantai. Pasir pantai di sini cukup lembut dan cukup aman untuk berenang.

Bahkan lokasinya jauh dari Yogyakarta, Pantai Pok Tungal Jogja merupakan fasilitas yang cukup lengkap, sebanding dengan Pantai Kuta di Bali. Selain itu, pengelola pantai telah berkembang dengan baik di Pantai Pok Tunggal karena banyaknya pengunjung domestik dan asing. Anda dapat dengan mudah menemukan warung makan atau tempat istirahat gazebo di pantai ini.

Menjelang sore di Pantai Pok Tunggal, Jogjakarta juga sangat mempesona.
Menjelang sore di Pantai Pok Tunggal, Jogjakarta juga sangat mempesona.

Tarif untuk menyewa gazebo atau payung sendiri masih relatif murah. Gazebo atau payung dengan kapasitas dua hingga tiga orang disewa dengan harga Rp20.000. Bagi teman-teman pelancong yang ingin bermalam, Anda bisa bermalam di Pantai Pok Tunggal di Jogja dengan menyewa tenda kubah di sini. B

Biaya untuk menyewa kubah tenda adalah IDR 60.000. Bahkan jika mereka yang tidak suka tinggal di tenda dapat tinggal di sini di akomodasi yang berbeda. Ada juga toilet umum di wilayah pesisir yang harganya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Lokasi dan cara menuju Pantai Pok Tunggal di Jogja

Lokasi pantai ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota terdekat, Wonosari berjarak sekitar 50 km. Dibutuhkan sekitar 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta itu sendiri.

Koordinat GPS: S8 ° 9 & 20 ″ E110 ° 37 & # 39; 17 ″

Ayo berlibur ke Pantai Pok Tunggal, Jogja!
Foto pantai Pok Tunggal Yogyakarta yang sangat menawan!

Cara pergi ke pantai Pok Tunggal dari Yogyakarta

Yogyakarta – Imogiri – Panggang – Jalan Saptosari – Tepus – Ikuti petunjuk arah ke Pantai Baron – Jalan persimpangan sebelum Pantai Baron belok kiri ke Pantai Indrayanti – Persimpangan di Area Pantai Indrayanti belok kiri ke jalan aspal – Pos Retribusi – beberapa meter ke kanan dari jalan ada tanda "Pantai Pok Tunggal" – ikuti jalan berbatu ke lokasi pantai Pok Tunggal yang ditandai oleh pohon Duras di sebelah kanan pintu masuk.

Bagaimana menuju ke Pantai Pok Tunggal dari arah Solo

Solo – Prambanan – Belok kiri di persimpangan di Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari – Patuk -> Sambipitu – Hutan Bunder – Wanagama – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Monumen BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus – Pok Tunggal.

Tips perjalanan ke Pantai Yogyakarta Pok Tunggal

Untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan, perhatikan beberapa tips penting untuk perjalanan ke pantai di Jogja!

  • Pastikan untuk membawa tabir surya atau tabir surya sehingga kulit tidak terbakar bahkan jika Anda bermain di pantai untuk waktu yang lama.
  • Sekalipun perjalanan ke pantai cukup jauh, persiapkan tubuh Anda agar tetap bugar.
  • Kami menyarankan Anda pergi berlibur ke pantai ini bersama teman atau keluarga. Disarankan membawa persediaan dan tikar untuk bersantai di pantai.
  • Membawa makan siang Anda sendiri dan kemudian makan di piknik di pantai akan sangat menyenangkan.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengambil foto selama liburan Anda di pantai ini.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply