DifaWisata.com – Benteng Marlborough Bengkulu adalah benteng terbesar di Asia, yang notabene adalah warisan pemerintah Inggris beberapa tahun yang lalu pada masa penjajahan. Benteng ini awalnya berfungsi sebagai pertahanan. Namun seiring berjalannya waktu gedung ini telah berubah fungsinya menjadi pusat perdagangan.

Benteng Marlborough memiliki kekuatan sendiri karena desain bangunan benteng tidak hanya langka, tetapi juga asli tanpa renovasi besar, desain khas di abad ke-17. Kedekatannya dengan lokasi bangunan tua ini dengan pantai menjadikan perpaduan antara alam dan budaya yang berjalan secara dinamis.

Lokasi Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough bukan hanya tempat wisata, tetapi juga dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan penelitian sejarah. Setiap turis yang mengunjungi situs bersejarah ini dapat meluangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Paderi dan Pantai Zakat, tidak jauh dari Benteng Marlborough.

Ada jembatan yang sangat unik di sekitar Benteng Marlborough. Dimana jembatan ini memiliki bentuk ekor yang bisa dilepas berpasangan. Bentuk bangunan dinding eksteriornya masih alami, terlihat seperti parit.

Fungsi kamar dan bangunan di Benteng Marlborough

benteng

Benteng atau Benteng Malrborough

benteng

Bastion adalah bangunan luar biasa di setiap sudut bangunan. Fungsi bangunan ini adalah untuk menyerang musuh dengan tidak menunjukkan dirinya.

Revaline

Revaline Fort Marlborough

Revaline

Revaline adalah bangunan di atas parit dengan tiga sudut. Bangunan itu terhubung ke sebuah benteng melalui jembatan.

Ruang penahanan

Ruang tahanan Fort Marlborough

Ruang penahanan

Ruang tahanan adalah salah satu coran paling menakutkan dari Benteng Marlborough Bengkulu. Kamar ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung tahanan selama masa kolonial.

Gudang senjata

Benteng Persenjataan Malrboroug

Gudang senjata

Gudang senjata oleh pemerintah Inggris, termasuk meriam.

Beberapa senjata

Meriam Fort Marlborough

meriam

Senjata sisa Inggris yang digunakan untuk perang saat itu. Ada 4 senjata yang ditempatkan di tempat terpisah, yaitu dua senjata ditempatkan di utara dan dua lainnya di timur.

Terowongan

Terowongan Kastil Marlborough

Terowongan

Di dalam Benteng Marlborough ada sebuah terowongan dengan lebar 2 meter dan panjang sekitar 6 meter. Terowongan ini dibangun di bawah tanah dan berfungsi sebagai jalur aman ke dan dari benteng. Dikatakan bahwa terowongan ini awalnya didasarkan pada berita yang beredar. Bahkan ujung terowongan memiliki beberapa cabang yang berakhir di pantai Paderi, pantai Zakat dan Istana Gubernur. Dan seiring berjalannya waktu, terowongan ini tertutup oleh tanah dan yang tersisa hanya sepanjang 6 meter.

tips: Waktu untuk membaca cerita sejarah yang telah dirangkum di lokasi wisata, dan melihat peninggalan sejarah penting lainnya untuk menambah pengetahuan.

Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough adalah peninggalan pemerintah Inggris ketika mendominasi wilayah Bengkulu. Bangunan ini didirikan pada 1713 hingga 1719 oleh East India Company (EIC) dan gubernur saat itu adalah Joseph Collet.

Nama "Marlborough" sendiri berasal dari nama bangsawan imperialis Inggris yang bernama lengkap Duke of Marlborough I. Pemerintah Inggris menduduki daerah ini pada waktu itu pada 1685 hingga 1825, atau sekitar 25 tahun.

Bentang alam Marlborough Bengkulupada pada awalnya dibangun di atas bukit dan dikatakan sebagai benteng terkuat di antara bangunan kolonial Inggris lainnya.

Misteri Benteng Marlborough

Misteri Benteng Marlborough

Misteri Benteng Marlborough

Sudah menjadi rumor umum bagi masyarakat Bengkulu tentang kisah-kisah aneh yang sering terjadi di Benteng Marlborough, di mana penyimpangan sering terjadi yang masih menjadi misteri.

Jadilah fleksibel

Beberapa pengunjung yang berjalan mengakui bahwa mereka sering ditunjukkan sosok seorang pemuda dengan kaki diikat dan pasung. Kondisi dan kondisi bawah tanah Fort Marlborough memang lembab, dan menurut para ahli supranatural lokasi lembah memang sering menjadi tempat perlindungan bagi makhluk halus.

Suara Langkah Kaki

Tidak hanya para pengunjung yang memasuki Benteng Marlborough Bengkulu mengakui bahwa mereka sering didengar oleh suara langkah kaki. Ini seperti seseorang berjalan, tetapi ketika Anda melihatnya tidak ada orang.

Bau busuk

Selain penampilan makhluk halus dan langkah kaki, misteri yang paling dialami oleh setiap pengunjung yang datang adalah bau busuk. Bau busuk yang dihasilkan menyerupai bangkai binatang. Namun kenyataannya, tidak ada bangkai tunggal di gedung Benteng Marlborough Bengkulu.

Pintu tautan okultisme

Berdasarkan berbagai isu yang beredar, dikatakan bahwa di Benteng Marlborough, Bengkulu adalah pintu menuju dunia magis. Ada 3 pintu masuk yang tersebar di berbagai lokasi, yaitu di bawah jembatan, ruang penjara dan gerbang masuk.

& # 39; Mungkin & # 39; hanya kejadian-kejadian aneh yang sering kali mengisyaratkan peristiwa masa lalu.

Lokasi Benteng Marlborough

Benteng Marlborough terletak di pusat kota Bengkulu, tepat di jalan Bencoolen. Lokasi bangunan tua ini berbatasan dengan Pantai Paderi dan Pantai Zakat Bengkulu.

Akses ke lokasi sangat mudah, karena ada berbagai jenis transportasi, baik melalui darat, laut, dan udara.

Rute menggunakan transportasi udara;

Bandara Fatmawati => Pasar Panorama => Alun-alun / Fort MarlBorough

Rute dengan bus;

Terminal Sungai Hitam => Prapto / Pasar Panorama => Alun-alun / Fort MarlBorough

Rute keberangkatan dari Kota Bengkulu;

Kota Bengkulu => Jalan Sudirman => Jalan Bencoolen => Benteng Marlborough

Tidak jauh dari lokasi ada hotel yang tidak jauh dari Tugu square. Hotel ini diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

tips: Pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian tebal atau tersedia tabir surya untuk melindungi diri dari panas matahari ketika mereka berada di atas benteng.

Harga tiket masuk ke Fort MarlBorough: Rp.2.500

Catatan: Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu

Lihat lokasi Benteng Marlborough Bengkulu di Google Map

Leave a Reply