Sudahkah Anda berkemah di Pantai Greweng? Pencarian suasana liburan terkadang membutuhkan ide cemerlang. Tidak selalu mudah, karena suasana yang membosankan hanya membuat liburan kurang optimal. Bagi Anda yang masih memiliki semangat petualangan, mengapa tidak mencoba liburan di luar ruangan? Bukan hanya itu, tetapi di alam yang benar-benar menawarkan lingkungan yang segar.

Pantai Greweng terletak di pantai yang tersembunyi. Suasana yang disajikan cukup tenang, didominasi oleh ombak dan suara burung pantai. Tidak diragukan lagi Anda akan tertarik, merasakan perbedaan yang signifikan antara dunia rutinitas Anda sejauh ini dan apa yang baru saja Anda rasakan ketika Anda tiba di pantai.

Ketika Anda berhenti di pantai ini, Anda merasa bahwa pantai ini cukup terpencil. Dengan bukit-bukit hijau yang mengapit pantai dan pasir putih yang lembut, rasanya seperti Anda bertemu dengan beberapa teman terbaik Anda, pantai yang tenang ini menjadi tempat yang tepat untuk bercerita atau berbagi kegembiraan.

Bahkan di pantai ini ada batu karst yang membentuk gua. Konon di gua ini Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Sukarno dulu dipenjara selama tujuh hari tujuh malam. Namun terlepas dari itu, tidak jarang bagi orang yang tahu pantai ini datang dengan peralatan berkemah dan memasang tenda di sekitar gua kosong.

Berkemah di alam tersembunyi, Pantai Greweng! via @luxfy_azmi
Berkemah di alam tersembunyi, Pantai Greweng! via @luxfy_azmi

Biasanya suatu kelompok terdiri dari beberapa orang atau mungkin sebuah keluarga. Beberapa membawa gitar, tenda, tikar, dan cukup makanan dan minuman untuk disimpan selama mereka tinggal di pantai. Di malam hari mereka menyalakan api dengan terlebih dahulu membeli kayu dari penduduk setempat. Kayu untuk api unggun dijual seharga Rp 10.000.

Fasilitas tersedia di Pantai Greweng

Untungnya, Pantai Greweng, yang awalnya memiliki sedikit fasilitas, dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet untuk MCK dan warung makan. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu untuk meminta izin pergi ke toilet di rumah warga, atau berjalan terlalu jauh ke Pantai Wediombo, misalnya.

Sementara itu, keberadaan gerai makanan tidak berarti Anda tidak perlu lagi membawa makan siang, karena ada kalanya Anda hanya bisa mengandalkan persediaan makanan, seperti pada malam hari.

Fasilitas tersedia di Pantai Greweng. @jogjakartaid
Fasilitas tersedia di Pantai Greweng. @jogjakartaid

Namun, untuk mencapai pantai alami ini, Anda juga perlu bersiap untuk kondisi fisik Anda. Jangan coba masuk ke kondisi fisik yang kurang bagus, karena jarak antara tempat parkir dan pantai cukup sepi. Bayangkan, dalam keadaan flu parah, Anda menarik bantalan sambil membawa ransel. Ladang penduduk dan bukit karst yang tinggi, bahkan ketika Anda tiba di pantai, Anda akan segera bersemangat dengan suasana yang menyenangkan.

Bagaimana menuju ke Pantai Greweng

Lokasi pantai ini cukup tersembunyi oleh bebatuan karst. Untuk itu Anda benar-benar harus memperhatikan rambu-rambu di jalan, atau memperhatikan arah yang ditunjukkan oleh penduduk setempat.

Arah Bagaimana menuju ke Pantai Greweng @ exploredolan.id
Arah Bagaimana menuju ke Pantai Greweng @ exploredolan.id

Pantai ini berbatasan dengan pantai Wediombo sebagai titik awal. Tepatnya eralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Dari kota Jogja, kirim dulu kendaraan Anda via Wonosari ke Pantai Wediombo. Setelah melewati Semanu, lanjutkan melalui pasar Munggi ke Balong. Di persimpangan Balong, berkendara dengan mobil ke Jepitu, lalu menuju Pantai Wediombo.

Nah, di pantai ini Anda harus memarkir kendaraan dan kemudian terus berjalan menuju Pantai Jungwok. Sekitar 20 menit dari jalan setapak, Anda akan kembali ke pertigaan dan belok kiri menuju jalan menuju Pantai Sedahan. Anda juga dapat menggunakan panduan lokasi Pantai Greweng di Googlemaps di sini.

Harga tiket masuk ke Pantai Greweng

Untuk memasuki Pantai Greweng, pengunjung harus membayar tiket Rp 10.000 per orang. Selama parkir, sepeda motor ditetapkan menjadi Rp3.000, atau Rp5.000 saat menginap. Untuk mobil, tarif IDR 5.000 atau IDR 10.000 berlaku untuk masa inap.

Harga tiket masuk ke Pantai Greweng. via @glngnp_
Harga tiket masuk ke Pantai Greweng. via @glngnp_

Tips perjalanan ke Pantai Greweng

Di bawah ini adalah tips perjalanan ke Pantai Greweng, sehingga liburan Anda di sini lebih menyenangkan.

  • Dengan mengklik, suasananya juga sangat mengasyikkan sehingga Anda dapat menyalakan satu sama lain dan tentu saja saling menjaga. Itulah kesenangan hidup di alam.
  • Ketika tubuh berkeringat dan terkena panas, air sangat penting.
  • Jangan lupa membawa payung, jas hujan, dan jaket di malam hari dan mengantisipasi cuaca buruk.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply