Kapan waktu terbaik untuk Labuan Bajo? Tur keliling Indonesia ini memang luar biasa. Terletak di pantai barat pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, kota kecil ini telah menjadi tujuan wisata populer di Indonesia. Selain memiliki pulau, pantai, dan taman laut yang indah, pariwisata Labuan Bajo menjadi semakin istimewa karena merupakan habitat bagi komodo.

Siapa yang tidak kenal dengan komodo? Spesies kadal terbesar di dunia hanya dapat bertahan hidup di pulau-pulau Indonesia, seperti Komodo, Flores, Gili Motang, Padar dan Rinca. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan di sini, Anda perlu tahu dan mencari waktu terbaik untuk pergi ke Labuan Bajo agar liburan lebih sempurna.

Jika Anda tahu waktu perjalanan terbaik untuk Labuan Bajo, Anda juga akan mendapatkan pengalaman liburan terbaik. Syukur dapat menghemat biaya liburan dengan tiket pesawat murah ke Labuan Bajo. Ayo, lihat apa yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan tur ke Labuan Bajo.

1. Januari hingga Maret, waktu terbaik untuk melihat festival di Labuan Bajo

Waktu terbaik untuk Tur Labuan Bajo - Festival Komodo

Sumber: Instagram lelly_cornelia

Waktu terbaik untuk melihat berbagai festival menarik di Labuan Bajo adalah Januari-Maret. Pada bulan Januari atau Februari, festival Reba biasanya diadakan di Labuan Bajo. Festival reba adalah pesta komunitas Langa tradisional di Kabupaten Ngada.

Acara besar ini diadakan untuk menyatakan terima kasih kepada Sang Pencipta. Festival ini juga untuk menunjukkan penghormatan kepada leluhur agar diberkati dengan kekayaan dan panen yang baik. Puncak reba biasanya berlangsung selama tiga hari penuh dan diisi dengan berbagai upacara dan kegiatan ritual.

Acara dimulai dengan pengumpulan berbagai jenis tanaman, seperti tanaman pangan dan ternak. Kemudian terus menerima tamu, menari, membaca mitos asli dan memuji akar ubi. Pesta reba diadakan pada awal Desember hingga Februari di hampir semua desa suku Ngada. Datanglah dari Januari hingga Maret jika Anda ingin melihat festival Reba di Labuan Bajo.

Waktu terbaik untuk Tur Labuan Bajo - Festival Komodo

Sumber: idayrost Instagram

Selain Reba ada juga Festival komodo pada bulan Maret. Festival Komodo diadakan di Kabupaten Manggarai Barat. Salah satu atraksi paling menarik dalam acara ini adalah patung Komodo dan parade Tari Caci, simbol kedewasaan lelaki Flores. Festival ini bahkan lebih menarik karena panitia juga mengadakan kompetisi fotografi, bola voli pantai, kompetisi perahu dayung, pertunjukan kecantikan Komodo, lokakarya, pameran kerajinan tangan dan pertunjukan seni musik. Meriah!

2. April-Mei, Pemandangan Sempurna di Labuan Bajo

Waktu terbaik untuk Tur Labuan Bajo

Sumber: Minyak enilo Instagram

April adalah waktu terbaik bagi Labuan Bajo untuk melihat keindahan laut. Langit cerah, bukit-bukitnya subur dan hijau dan laut biru menawarkan pemandangan yang sempurna untuk bersantai. Banyak wisatawan saat ini bepergian ke Labuan Bajo karena alamnya yang sangat ramah. Kamu bisa menyelam naik perahu untuk menjelajahi keindahan Laut Labuan Bajo dengan tenang.

Pada bulan Mei, vegetasi di Labuan Bajo mulai menguning. Lagi bagus, cuacanya sangat jernih dan bersih. Bahkan, sepotong pasir di bawah laut bisa dilihat dari permukaan. Sangat menyenangkan untuk berjalan di sekitar pantai yang indah di Labuan Bajo. luar biasa sungguh, sungguh!

Ketika bulan Juni tiba, Anda dapat menonton pertunjukan tinju tradisional di Labuan Bajo. Orang menyebutnya Sagi atau Etu tinju. Meskipun dalam bentuk kompetisi, tidak ada hadiah untuk diperebutkan dalam tinju ini. Orang Labuan Bajo menganggapnya sebagai ungkapan terima kasih atas semua berkah yang diberikan nenek moyang mereka sepanjang tahun.

3. Juli-September, musim kawin Komodo

Waktu terbaik untuk melihat wisata Komodo di Labuan Bajo

Sumber: Unsplash

Ingin tahu waktu terbaik bagi Labuan Bajo untuk melihat komodo? Datang pada bulan Juli-September. Rentang bulan adalah musim kawin naga. Karenanya, binatang langka ini sangat mudah ditemukan di Taman Nasional Loh Liang.

Apakah Anda ingin bertemu naga? Juli dan Agustus adalah waktu yang tepat untuk pergi ke Labuan Bajo. Naga Komodo telah menikah selama periode itu. Hewan-hewan ini karenanya sangat mudah ditemukan di Taman Nasional Loh Liang.

4. Oktober hingga Desember, waktu terbaik untuk melihat berbagai jenis ikan

Waktu terbaik untuk Tur Labuan Bajo

Sumber: Instagram jhonhenriano

Waktu terbaik untuk Labuan Bajo menyelam dan saksikan keindahan kehidupan bawah laut di bulan Oktober. Cuacanya relatif cerah, ombaknya tenang dan udaranya sejuk. Anda tidak perlu lagi meminta pemandangan bawah laut, ini luar biasa! Berbagai jenis ikan tampak menari di antara terumbu karang yang indah. Jadi kamu bisa puas menyelam atau snorkeling,

Pada bulan Desember mulai berubah lagi di Labuan Bajo. Sering hujan di malam hari. Ikan juga mulai malu untuk muncul ke permukaan. Namun, Anda masih dapat mengabaikan ini dengan melakukan ini menyelam atau snorkeling siang hari.

Itulah waktu terbaik Labuan Bajo yang harus Anda ketahui. Ayo segera pesan tiket pesawat ke Labuan Bajo untuk menikmati keindahan alam Indonesia Timur yang menakjubkan. Jangan lupa berlangganan dan respons blok Difa Wisata untuk informasi terbaru tentang bepergian, Cari, pesan, perjalanan!

Pesan tiket untuk Labuan Bajo

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply