Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Curug Muara Jaya bisa menjadi pilihan yang menarik saat Anda sedang mencari destinasi wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Majalengka. Untuk Anda yang suka menjelajah wisata air terjun pastinya tidak asing dengan curug ini, karena lokasinya memiliki panorama alam yang memanjakan mata.

Curug di Majalengka ini juga dikenal dengan nama lain Curug Apuy yang berada di lereng Gunung Ciremai. Yang menarik dari air terjun disini tergolong dalam jenis air terjun Cascade atau air terjun bertingkat. Air Terjun ini memiliki 2 tingkatan, yang pertama memiliki ketinggian 60 meter dan untuk yang kedua air terjunnya memiliki ketinggian 13 meter.

Selain keunikan air terjun bertingkat, apa saja daya tarik lainnya yang membuat Curug Muara Jaya menjadi sangat populer dan menarik perhatian wisatawan saat hari libur?

Harga Tiket Masuk Curug Muara Jaya

Tiket Curug Muara Jaya
Photo by Instgaram Slamat Riyadi

Untuk harga tiket masuk ke Curug Muara Jaya bisa dikatakan murah dan terjangkau yaitu Rp 15.000 untuk tiket orang dewasa dan untuk tiket anak-anak sebesar Rp 5.000. Untuk yang ingin melakukan camping di sekitar air terjun ini, maka harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 20.000 per orang.

Jika Anda ingin berkunjung ke Air Terjun cantik desa Argapura maka Anda bisa datang dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam. Jadi bisa dikatakan Anda bisa menikmati suasana pemandangan indah dari air terjun ini dari pagi, siang, sore dan malam hari.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Curug Muara Jaya
Photo by Google Maps Gustav Subagio

Jika Anda sudah memiliki gambaran bahwa berwisata ke Curug Muara Jaya memanglah seru dan menyenangkan. Maka Anda bisa datang ke Desa Argamukti yang berada di Kecamatan Argapura yang masuk dalam Kabupaten Majalengka. Jika ingin berkunjung ke air terjun ini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Karena jika Anda menggunakan kendaraan umum, masih sangat jarang ada yang sampai langsung ke lokasi Curug.

Pengunjung yang berangkat dari pusat Kota Majalengka, maka harus menempuh jarak sekitar 23 kilometer. Untuk rute perjalannya yang bisa dilalui yaitu dari Kota Majalengka arahkan perjalanan ke Kota Kecil yang berada di Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Desa Argalingga, kemudian lanjutkan perjalanan ke Desa Argamukti.

Daya Tarik Wisata Curug Muara Jaya

Daya Tarik Curug Muara Jaya
Photo by Instgaram Endar Nugrahá

Air Terjun yang ada di lereng Gunung Ciremai ini memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan destinasi alam lainnya di Majalengka, diantaranya:

1. Air Terjun Bertingkat yang Indah

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, daya tarik utama dari Curug Muara Jaya adalah dari air terjunnya itu sendiri. Karena air terjun disini memiliki jenis Cascade atau air terjun bertingkat. Secara keseluruhan tinggi dari air terjun sangat tinggi karena tingginya mencapai 73 meter.

Pada tingkat pertama atau air terjun utama memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 60 meter dengan dinding tebing berbatu. Sedangkan pada tingkat kedua, air terjunnya lebih pendek karena hanya memiliki tinggi sekitar 13 meter.

Hal yang membuat curug ini menjadi lebih indah karena dikelilingi oleh banyak pepohonan yang menjulang tinggi yang menyajikan suasana dan udara yang sejuk. Untuk aliran sungai dari air terjun ini cukup deras, jadi sebaiknya wisatawan lebih berhati-hati saat menyusuri sungai yang ada disini.

2. Dikelilingi Hutan nan Asri

Daya tarik selanjutnya yang bisa Kita temukan di Curug Muara Jaya adalah lokasi air terjunnya yang masih sangat alami dan asri karena berada di tengah lembah di dalam hutan. Tetapi walaupun berada di tengah hutan, lokasi air terjun ini mudah untuk dijangkau.

Hal ini karena pihak pengelola wisata sudah menyediakan fasilitas jalan dengan ratusan anak tangga, sehingga wisatawan dapat dengan mudah masuk ke hutan dan mengikuti track untuk bisa sampai ke air terjunnya. Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini secara langsung dari dekat, wisatawan harus menuruni tangga dengan jumlah anak tangga sekitar 350.

Setelah selesai menuruni anak tangga, wisatawan akan tiba di sebuah pelataran yang cukup luas. Di pelataran ini tersedia fasilitas wisata yang cukup lengkap seperti mushola, toilet, area bermain, tempat istirahat dan juga panggung hiburan yang biasanya digunakan untuk menampilkan beberapa even.

Sesampainya di bawah, wisatawan akan melihat hamparan hutan dari Gunung Cermai yang masih sangat hijau dan rindang. Sehingga suasana disini sangat terasa kental dengan suasana dingin dan sejuknya sebuah pegunungan. Jadi rasa lelah menuruni tangga akan hilang dengan sekejap setelah melihat pemandangan yang sangat indah di sekitar.

3. Tempat Relaksasi dan Piknik

Pada Curug Muara Jaya tingkat paling bawah terdapat sebuah area kering terbuka yang bisa dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau rombongan wisata. Wisatawan dapat menikmati makanan dan minuman perbekalan yang dibawa dari rumah ataupun yang dibeli dari penjual yang ada di sekitar curug. Jadi sambil menyantap makanan dan minuman, wisatawan bisa sambil menikmati pemandangan air terjun dan alam yang sangat indah dan menenangkan disini.

Selain itu, jika wisatawan kurang puas hanya sebentar menikmati keindahan alam yang ada disini. Wisatawan yang datang kesini juga diperbolehkan untuk melakukan camping atau berkemah di area ini. Tetapi jika ingin melakukan camping ada biaya tambahan sebesar 20 ribu per orang. Wisatawan dapat mendirikan tenda di dekat curug di tingkat yang kedua. Saat camping wisatawan juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada dan dapat dipastikan dijamin keamanannya oleh pihak pengelola.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Curug Muara Jaya
Photo by Instgaram Risma Sumyati

1. Bermain Air di Dekat Air Terjun

Wisatawan dapat melakukan aktivitas menarik seperti bermain air di dekat air terjun Mura Jaya. Wisatawan yang datang kesini dapat menikmati kesegaran dari air kolam yang ada di bawah ataupun di air terjun atas. Baik di air terjun atas ataupun air terjun bawah, keduanya memiliki seruan masing-masing. Tetapi kebanyakan wisatawan paling sering bermain air di kolam yang ada di curug atas.

2. Mengajak Anak Bermain

Di Air Terjun Muara Jaya terdapat spot untuk bermain anak, sehingga untuk wisatawan yang datang kesini bersama keluarga terutama yang membawa anak-anak. Anda dapat bermain bersama sang buah hati tercinta di area bermain yang ditempatkan di tengah perjalanan saat menuju curug.

Aktivitas Seru Curug Muara Jaya
Photo by Instgaram MoE Aris

3. Hunting Foto Dengan View yang Indah

Karena saat ini kamera hp sudah memiliki kualitas kambar yang bagus, mengabadikan foto di air terjun menjadi hal yang wajib untuk dilakukkan. Wisatawan dapat mencari spot terbaik untuk berfoto selfie atau foto dengan latar belakang air terjun yang indah, baik di air terjun atas ataupun di air terjun bawah.

Selain berfoto dengan latar belakang air terjun, Anda juga dapat menemukan spot foto lainnya yang disediakan oleh pengelola, ataupun di tempat lain seperti di aliran sungai, di bebatuan dekat air terjun, di sepanjang perjalanan menuju air terjun ataupun di tempat lain di kawasan Curug Muara Jaya.

4. Camping di Kawasan Curug

Untuk Anda yang suka mendaki atau suka berpetualang di alam, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di Curug Muara Jaya lebih lama dengan menginap atau camping disini. Pengelola wisata telah menyediakan area khusus bagi wisatawan yang ingin melakukan camping di dekat curug. Jadi Anda akan benar-benar merasakan keindahan alam dengan lebih puas disini dan merasakan hidup menyatu dengan alam.

Fasilitas Wisata di Curug Muara Jaya

Fasilitas Curug Muara Jaya
Photo by Instgaram Endar Nugrahá

Jika Anda bertanya tentang fasilitas apa saja yang ada di Curug Muara Jaya, tentunya semua fasilitas umum layaknya di tempat wisata sudah ada lengkap disini. Anda dapat menemukan area parkir yang luas, terdapat banyak wc atau toilet umum, ada sebuah mushola dan ada warung makanan dan minuman yang mudah ditemukan disini.

Fasilitas umum lainnya yang menunjang kemudahan akses ke tempat wisata seperti anak tangga dengan pegangan tangan, jalan setapak, area bermain anak dan panggung untuk menampilkan kegiatan kesenian dan even juga sudah bisa kita temukan disini.

Itulah beberapa hal menarik tentang Curug Muara Jaya yang hits di Majalengka. Semoga informasi daya tarik, alamat dan rute lokasi, harga tiket serta fasilitas yang ada disini dapat memberi Anda referensi yang bermanfaat sebelum mejelajah curug cantik ini.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply