DifaWisata.com – Danau Ronggojalu Probolinggo adalah kapal pesiar di danau dengan panorama alam yang sangat indah. Selain sebagai objek wisata, danau ini juga digunakan sebagai sumber air bersih yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri penduduk setempat. Kapasitas air di danau ini mencapai 3000 liter setiap hari dan air yang ada berasal dari sumber murni dari alam.

Wisata Rekreasi Danau Ronggojalu Probolinggo

Karena kualitas airnya sangat bersih dan alami, air di Danau Ronggojalu tidak hanya digunakan untuk fasilitas industri, tetapi juga sebagai penyediaan kebutuhan air minum dan irigasi sawah penghuni.

Selain panorama mempesona dan suasana di lokasi yang sangat dingin, di Danau Ronggojalu Probolinggo ada juga berbagai wahana dan berbagai fasilitas yang memadai. Salah satu wahana paling favorit di Danau Ronggojalu adalah kolam renang anak-anak yang dilengkapi dengan sabuk apung, punjung untuk duduk dan bersantai, dan kedai makanan yang menjual makanan ringan khas Probolinggo.

Gazebo Danau Ronnggojalu

gudang kebun

Jadi ketika wisatawan mengunjungi tempat ini, mereka tidak hanya bisa menikmati panorama danau, tetapi juga bermain di kendaraan yang sangat menghibur.

Sejarah / Asal Danau Ronggo Jalu

Gambar Danau Ronggojalu Proboliinggo Leces

Panorama danau Ronggojalu

Kisah pembentukan Danau Ronggojalu diawali oleh perang saudara antara seseorang bernama Ki Ronggo dan saudaranya sendiri, Ki Jalu. Perselisihan itu dimotivasi oleh perebutan wilayah. Ada pertempuran besar antara kedua orang. Di tengah perang yang memanas, sesosok ajaib Kyai tiba-tiba muncul. Dan kyai berencana untuk menghentikan perang antara saudara dan saudari.

Penyihir Kyai berusaha meyakinkan Ki Ronggo dan Ki Jalu dengan berjalan di tengah tanah kosong dan menusuk sebatang tongkat. Kemudian Kyai Sakti memberi tahu Ki Ronggo dan Ki Jalu. “Siapa pun yang dapat menarik steker yang terhubung adalah pemilik tanah kosong.”

Peluang pertama dibuat oleh Ki Jalu, di mana ia melakukan yang terbaik untuk menarik tongkat dari Kyai Sakti. Tetapi usaha Ki Jalu sia-sia, karena dia tidak bisa menarik tongkat. Giliran berikutnya dilakukan oleh Ki Ronggo, tetapi hasilnya juga tetap nol.

Karena kedua bersaudara itu tidak bisa menarik tongkat, Kyai Sakti-lah yang menariknya sendiri. Fenomena aneh tiba-tiba terjadi ketika Kyai Sakti mengeluarkan tongkat yang terhubung dengannya. Segera setelah tongkat dilepas, air tanah tiba-tiba muncul. Hingga air menjadi danau dan pada saat yang sama Ki Ronggo dan Ki Jalu tenggelam.

Karena cerita itu, danau ini disebut danau Ronggojalu.

Ada dua kuburan oranye tepat di tepi danau. Makam ini berdiri di bawah pohon dan dikelilingi oleh pagar yang sedikit rusak. Dan penduduk di sekitar dua makam ini mungkin adalah makam Ki Ronggo dan Ki Jalu.

Tiket masuk untuk Danau Ronggojalu, Probolinggo

Danau Ronggojalu selalu penuh dengan pengunjung, terutama saat liburan. Tempat wisata ini sangat populer, karena selain letaknya yang strategis juga harga tiketnya sangat bersahabat.

Harga tiket hanya untuk Danau Ronggojalu Rp. 5.000 / orang,

Catatan: Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu

Alamat Lokasi Danau Ronggojalu

Lokasi danau ini tidak jauh dari pusat kota Probolinggo, yang memakan waktu sekitar 30 menit jika Anda berangkat dari Alun Probolinggo. Danau Ronggojalu tepatnya terletak di Desa Tegalsiwalan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Bagaimana Tertarik dengan keindahan Danau Ronggojalu Probolinggo? atau kamu ingin bermain dengan wahana yang ada? luangkan waktu sejenak untuk berhenti di tur ini ketika Anda mengunjungi Probolinggo.

Leave a Reply