Difa Wisata.com – Jika Anda ingin merasakan Pantai Kuta dengan suasana Jawa, teman baik adalah teman yang mencoba mengunjungi Pantai Sepanjang di desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Ya, Mengunjungi Pantai Teman-teman Anda akan merasa seperti Anda berada di Pantai Kuta, yang masih sepi seperti dulu. Bisa dibilang pantai ini tergolong pantai baru di Yogyakarta.

Nama Pantai Sepanjang tidak hanya nama, tetapi kata "Sepanjang" diberikan karena merupakan fitur pantai ini dengan garis pantai yang panjang. Bahkan salah satu pantai dengan garis pantai terpanjang dari semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana di pantai juga sangat alami. Cocok untuk siapa saja yang menyukai suasana pantai alami.

Selamat Datang di Pantai Sepanjang!
Selamat Datang di Pantai Sepanjang!

Pantai Sepanjang dapat menjadi pantai yang sangat baik di Yogyakarta. Di sepanjang garis pantai Pantai Sepanjang dihiasi dengan pohon-pohon palem dan gubuk-gubuk tertutup daun kering untuk beristirahat. Terumbu karang di daerah pasang surut pantai masih terawat dengan baik. Laut biru adalah bukti bahwa air laut di Pantai Sepanjang tidak terlalu tercemar. Dengan suasana seperti itu, Pantai Sepanjang adalah salah satu pantai yang penuh dengan potensi wisata di Yoggyakarta.

Suasana unik tercipta saat air laut di Pantai Sepanjang surut. Ketika ini terjadi, teman-teman pelancong bisa menyaksikan batu-batu muncul di sepanjang pantai yang landai. Karang adalah tempat tinggal dan habitat berbagai hewan laut. Tidak heran Anda dapat dengan mudah menemukan bintang laut, rumput laut, bulu babi, kerang, ikan kecil dan rumput laut di rongga atau lubang di bebatuan.

Matahari terbenam di Sepanjang Pantai, Gunungkidul, Yogyakarta.
Matahari terbenam di Sepanjang Pantai, Gunungkidul, Yogyakarta.

Air surut juga biasanya digunakan oleh penduduk setempat untuk berburu rumput laut, kerang, dan lainnya untuk dimakan sendiri atau untuk diproses lebih lanjut dan dijual kembali. Ada juga beberapa gubuk yang ditutupi dengan daun kering di beberapa tempat di sekitar pantai dan menawarkan berbagai makanan dan minuman dengan berbagai makanan laut.

Uniknya, ada juga tempat bersejarah di dekat Pantai Sepanjang. Nama situs bersejarah itu sendiri adalah Banyusilay. Sesuai namanya, Banyusinggi ini berarti mencuci dengan air. Memang, tempat ini berbentuk seperti mata air yang pernah digunakan untuk mandi atau mencuci. Dikatakan bahwa penatua beringin ini pernah digunakan oleh orang-orang kudus untuk memandikan warisan. Sayangnya, situs bersejarah ini sekarang hanya tersisa dalam bentuk sumur kering yang ditutupi dengan tanaman liar.

Lokasi Sepanjang pantai terletak di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, wilayah khusus Yogyakarta. Pantai ini juga tidak jauh dari beberapa pantai terkenal di Yogyakarta. Misalnya, pantai terdekat berjarak sekitar 1 km, yaitu Pantai Kukup di sebelah timur dan pantai di sebelah barat, Pantai Drini.

Di sepanjang pantai dekat.
Di sepanjang pantai dekat.

Akses ke Pantai Sepanjang cukup mudah, rute publik dari pusat kota Yogyakarta cukup jelas. Jalan menuju ke Pantai Sepanjang kira-kira sebagai berikut: Yogyakarta – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lapangan Uddara TNI AU Gading Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – T persimpangan ke area Pantai Baron di timur – Pintu masuk ke Pantai Kukup masih timur – sejauh Pantai Sepanjang. (Peta lokasi pantai Sepanjang).

Harga tiket tidak terlalu mahal dan tiket ini sudah termasuk dalam paket wisata 8 pantai. Yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pulang Syawal dan Pantai Poktunggal. Biaya masuknya adalah IDR 4.000. Meskipun fasilitas di pantai Sepanjang cukup lengkap. Seperti restoran dan beberapa tempat menginap dapat disewa untuk bermalam di pantai ini.

Fasilitas di Pantai Sepanjang sudah cukup.
Fasilitas di Pantai Sepanjang sudah cukup.

Catatan: Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata alam seperti Pantai Sepanjang di Yogyakarta. Sementara itu, kereta api ke Yogyakarta dapat dicapai dengan kereta api dari beberapa kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dari negara seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply