Embung Nglanggeran Yogyakarta, danau air raksasa di gunung berapi purba ini memiliki pesona yang luar biasa – Bagi Anda yang cukup up to date dengan perkembangan informasi destinasi wisata baru tentunya sudah tidak asing lagi dengan kawasan Gunungkidul di Yogyakarta.

Sebuah kawasan yang terkenal dengan hawanya yang hangat dengan berbagai macam pegunungan karst yang kering, maka tidak heran jika terdapat pantai-pantai yang indah dan eksotis di sekitarnya.

Namun pesona Gunungkidul tak hanya sebatas keindahan pantainya saja. Gunungkidul juga memiliki banyak pesona dengan berbagai pilihan seperti air terjun, gunung berapi, dan gua yang berbeda untuk dikunjungi.

Apakah itu semuanya ?! Tentu tidak, Gunungkidul punya sudut lain yang bisa memikat hati. (Baca Juga: Inilah 11 Primadonna Baru Untuk Wisata Jogja Di Gunungkidul)

Embung Nglanggeran, Kolam Air Raksasa di Gunung Berapi Purba

Embung Nglanggeran Yogyakarta, danau air raksasa di gunung berapi purba ini memiliki pesona yang luar biasa, bisa menjadi tempat fotogenik
Bisa jadi tempat fotogenik (sumber)

Bernama Embung Nglanggeran, terletak di kawasan Gunung Pendem, Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Embung Nglanggeran sebenarnya adalah sebuah kolam raksasa atau penampung air yang dibangun di atas bukit sekitar 500 meter di atas permukaan laut, mengukir sebuah bukit yang berbatasan dengan gunung berapi Nglanggeran kuno.

Nama tempat wisata ini sebenarnya adalah "Kebun Buah Nglanggeran" karena berfungsi sebagai taman buah dan diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Sultan Hamengku Buwono X.

Namun selain adanya kolam air raksasa di puncaknya, petunjuk arah menuju tempat wisata ini biasanya menggunakan nama Nglanggeran Embung, sehingga banyak orang yang sekarang lebih suka menyebutnya dengan Nglanggeran Embung.

BACA JUGA: Berburu spot selfie unik di Bukit Pangguk

Lokasinya di atas bukit!

Danau air raksasa yang berada di atas bukit ini menjadi daya tarik wisata yang unik.
Danau air raksasa yang berada di atas bukit ini menjadi daya tarik wisata yang unik. melalui Instagram @deviwidiyanti

Selain menikmati keindahan pemandangan alam sekitar dan pantulan langit di Danau Embung Nglanggeran, Anda juga bisa menikmati berbagai pesona wisata lainnya di tempat ini, seperti: Kawasan Kebun Buah Nglanggeran, Nglanggeran Purba Gunung Api, Kawasan Menara Kota, Awan Putih Di Atas Kota Wonosari, Pemandangan indah desa Nglanggeran serta keindahan fenomena sunrise dan sunset.

(Baca Juga: Tujuh Tempat Epik Menikmati Cahaya di Sekitar Yogyakarta)

Matahari terbenam dari tempat ini sangat indah!

pesona sunset di embung nglanggeran
pesona sunset di Embung Nglanggeran (sumber)

Embung atau artinya danau air buatan berfungsi untuk mengawetkan air dari berbagai sumber seperti mata air dan menampung air hujan sehingga berada di atas bukit.

Embung Nglanggeran bisa ditempuh dalam 1 jam dari kota Jogja. Karena Gunung Api Purba Nglanggeran pada awalnya populer, Anda dapat pergi ke sini terlebih dahulu karena Embung Nglanggeran hanya berjarak sekitar 1,5 km dari gunung berapi purba ini.

Kondisi jalan yang tidak terlalu lebar menyulitkan bus kecil sekalipun untuk memasuki kawasan embung sehingga lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor.

Terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap di objek wisata ini, seperti gerbang keamanan danau, tempat parkir yang luas, toilet yang nyaman, warung makan, gazebo dan tempat duduk yang bervariasi, serta jalan raya yang terbentang di sekitar pantai.

Embung Nglanggeran Yogyakarta dari udara
Embung Nglanggeran Yogyakarta dari udara melalui akun Instagram @novallio_rfl

Bagi anda yang sangat tertarik atau berencana untuk datang kesini dilarang keras untuk berenang atau menyelam di embung dan tidak membuang apapun. Selamat menikmati keindahannya, selamat berlibur! (Baca Juga: Salut Masih Matahari Pagi, Kejar Matahari Terbit di Borobudur)

Cara menuju embung nglanggeran juga merupakan rute yang bisa ditempuh dari kota yogyakarta

Embung Nglanggeran Yogyakarta bisa dilihat dari kejauhan
Embung Nglanggeran Yogyakarta bisa dilihat dari kejauhan melalui akun Instagram @triasnainggolan

Anda bisa memulai perjalanan dari perempatan Ring Road Ketandan dan menyusuri jalan Yogya-Wonosari yang berjarak sekitar 15 km. Dari lampu lalu lintas di Piyungan, ambil jalan lurus menanjak menuju Bukit Bintang atau Hargo Dumilah. Sekitar 500 meter dari Bukit Bintang Anda akan menemukan Bukit Patuk, sebuah persimpangan di atas sebuah bukit.

BACA JUGA: Keseruan liburan ke Bukit Lintang Sewu di akhir pekan

Di persimpangan ini, belok kiri menuju Desa Ngoro-Oro. Sekitar 3 mil dari perempatan, Anda akan sampai di bagian TV dan menara penyiaran yang dikenal sebagai Kota Menara. Silakan berkendara perlahan karena sekitar 300m ada kantor Puskesmas Patuk II di sebelah kanan jalan.

Tepat di depannya ada pertigaan, di sini Anda akan menemukan jalan ke atas. Pergilah ke arah yang benar dan lanjutkan sejauh kurang lebih 1 km, maka anda akan langsung menemukan tempat parkir gunung api Nglanggeran. Lokasi Embung Nglanggeran Yogyakarta juga bisa anda temukan di Google Maps disini.

Embung Nglanggeran Yogyakarta, danau air raksasa di gunung berapi purba ini memiliki pesona yang luar biasa
Embung Nglanggeran Yogyakarta, sebuah telaga air raksasa di gunung berapi purba ini memiliki banyak sekali pesona lewat akun Instagram @giswagama.

Jadi bagaimana? Tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata di Jogja berupa embung keren ini? Jika ada kesempatan, mampirlah!

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply