DifaWisata.com – Gunung Gede Pangrango adalah gunung di Taman Nasional. Ada 2 puncak yang dimiliki gunung ini, yaitu puncak Gede dengan ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut dan puncak Pangrango dengan ketinggian 3.019. tetapi lokasi kedua puncak ini terhubung, di mana mereka terhubung melalui perantara Kandang Badak dengan ketinggian 2.393 meter di atas permukaan laut.

Citra Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango: Flora dan Fauna

Gunung ini pertama kali ditahbiskan pada tahun 1980. Keadaan alami gunung ini cukup unik dan memiliki karakter tersendiri, tidak heran kalau tempat ini digunakan sebagai tempat penelitian oleh para peneliti. Gunung ini tidak hanya unik, tetapi juga melestarikan berbagai ekosistem seperti Savana, Alpin Sub, Montana, Montana Sub, Marsh dan Danau. Montana Sub adalah jenis ekosistem di mana berbagai jenis pohon besar dan tinggi terjadi. Alpin Sub adalah jenis ekosistem di mana terdapat hamparan rumput yang sangat luas.

Wilayah ini tidak hanya kaya akan flora, tetapi juga kaya akan fauna. Fauna yang cukup beragam yang dapat ditemukan di daerah ini adalah burung. Di mana ada 251 spesies burung di gunung ini. Beberapa spesies burung langka juga dapat ditemukan di wilayah ini, seperti Burung Hantu dan Elang Jawa.

Aturan untuk mendaki gunung Gede Pangrango

Jika Anda berencana untuk mendaki Gunung Gede Pangrango Peak, ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui. Sehingga perjalanan Anda akan berjalan lancar tanpa, tentu saja, mengalami hambatan yang tidak diinginkan. Berikut beberapa aturan yang harus diikuti ketika mendaki ke puncak Gunung Gede Pangrango:

  • Climbers harus melapor ke pintu masuk dan keluar dari pejabat
  • Dilarang memberi makan hewan
  • Dilarang membawa hewan atau tumbuhan ke lokasi
  • Dilarang berjalan di luar jalur yang ditentukan
  • Lakukan segala sesuatu yang berpotensi menyalakan api
  • Jangan merusak / memetik tanaman di situs
  • Dilarang memakai alat musik dan radio
  • Jangan membuat kekacauan
  • Dilarang menghapus fasilitas dan infrastruktur di situs

Lokasi Gunung Gede Pangrango

Gunung ini berada di Jawa Barat, tepatnya di Jl. Cibodas, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Rute yang harus ditempuh untuk mencapai tur ini juga tidak terlalu sulit. Jika Anda berencana untuk mendaki gunung ini, pastikan tubuh Anda bugar.

lihat Peta Gunung Gede Pangrango di Google Map.

Leave a Reply